10 Rekomendasi Jangka Terbaik untuk Pelajar SD (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jangka Terbaik untuk Pelajar SD (Terbaru Tahun 2018)

Bagi orang tua yang memiliki anak, pastinya ingin menyiapkan segala keperluan sekolah anaknya sebaik mungkin mulai dari seragam, sepatu, tas, hingga alat tulis. Salah satu alat tulis yang mulai diperkenalkan di SD (sekolah dasar) adalah jangka. Agar nyaman dan aman digunakan, para orang tua harus memilih jangka terbaik untuk anak mereka dilihat dari segi fungsi dan keamanan.

Lalu, jangka seperti apakah yang harus dipilih para orang tua untuk anak-anak mereka? Tenang, kami akan menjelaskan cara memilih jangka dengan mempertimbangkan segi fungsi dan keamanannya. Selain itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi jangka terbaik yang bisa Anda pilih untuk buah hati Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih jangka untuk pelajar SD

Dalam memilih jangka, para orang tua harus betul-betul teliti agar anak-anak bisa menggunakannya dengan mudah dan aman. Berikut ini kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jangka. Pilihlah jangka yang sesuai untuk anak Anda agar anak Anda semakin menikmati pelajaran di sekolah.

Pilihlah jangka yang menggunakan pensil

Pilihlah jangka yang menggunakan pensil

Karena belum terbiasa, terkadang anak-anak tidak bisa mengontrol tekanan saat menggunakan jangka sehingga jangka cepat patah. Untuk menghindari masalah tersebut, kami menyarankan Anda untuk memilih jangka yang menggunakan pensil untuk anak Anda.

Jangka yang menggunakan pensil membuat mudah diraut kembali apabila patah. Selain itu, anak Anda juga dapat mengatur penempatan pensil supaya panjangnya sesuai dan nyaman digunakan. Jangka seperti ini mudah didapat di pasaran dan harganya pun sangat terjangkau.

Pilihlah jangka yang kedua kakinya sulit direnggangkan

Pilihlah jangka yang kedua kakinya sulit direnggangkan 

Menggunakan jangka memang susah-susah gampang khususnya bagi anak-anak. Ada saja kesulitan yang dihadapi saat menggunakan jangka, salah satunya adalah kaki jangka yang mudah berubah karena longgar. Saat menggunakan jangka seperti ini, anak-anak akan sulit membuat lingkaran dengan ukuran yang pas karena ukuran lingkaran dapat berubah saat kaki jangka bergeser.

Oleh karena itu, pilihlah jangka yang kedua kakinya tidak mudah direnggangkan. Jangka yang kedua kakinya cukup kencang, memudahkan anak-anak mengukur jari-jari lingkaran yang tepat sesuai arahan guru di kelas. Gawat bukan kalau nilai matematika anak Anda dikurangi hanya karena salah memilih jangka?

Pilihlah jangka yang kuat dan aman

Pilihlah jangka yang kuat dan aman  

Anak-anak biasanya perlu menggunakan jangka mulai dari SD sampai SMP. Karena digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama, kami menyarankan Anda untuk membeli jangka yang terbuat dari logam karena lebih kuat dan awet untuk digunakan. Walaupun jangka tersebut terkesan mahal, Anda justru telah berhemat karena cukup membelinya sekali, tetapi dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Poin penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jangka adalah segi keamanannya. Salah satu kaki pada jangka memiliki jarum kecil yang cukup tajam dan bisa membahayakan. Jarum tersebut berfungsi sebagai titik tumpu untuk membentuk lingkaran yang sempurna, tetapi bisa melukai tangan anak Anda apabila digunakan dengan ceroboh. Oleh karena itu, pilihlah jangka yang jarumnya tumpul, bisa ditutup, atau disembunyikan saat tidak digunakan.

10 Rekomendasi jangka terbaik untuk pelajar SD

Berikut ini adalah 10 produk jangka terbaik yang telah kami pilihkan untuk Anda. Pilihlah jangka yang dijual set bersama peralatan matematika lainnya untuk anak Anda yang berada di kelas 4-6 SD, dan jangka satuan untuk anak Anda yang berada di kelas lebih kecil karena mereka belum membutuhkan peralatan lainnya tersebut.

10. Joyko Jangka dengan Pensil Mekanik MS-75

10. Joyko Jangka dengan Pensil Mekanik MS-75

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp 6.500

Mudah membentuk garis lingkaran yang tipis dan rapi dengan pensil mekanik

Dibandingkan pensil biasa, jangka dengan pensil mekanik dapat membuat garis lingkaran lebih tipis dan rapi. Akan tetapi, Anda perlu memberitahu anak Anda bahwa menggunakan jangka jenis ini harus hati-hati karena pensil tersebut mudah rusak dan isinya mudah patah. Oleh karena itu, jangka ini direkomendasikan untuk anak-anak yang sudah terbiasa menggunakan pensil mekanik.

Dalam satu set sudah terdapat jangka dengan pensil mekanik dan isi pensilnya sehingga Anda bisa berhemat karena Anda tidak perlu lagi membeli isi pensil secara terpisah. Selain itu, harga jangka ini pun sangat murah dan tersedia dalam tiga warna menarik yang bisa dipilih, yaitu hijau tosca, pink, dan ungu.

9. Staedtler School Compass 550-55

9. Staedtler School Compass 550-55 

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 60.000

Mudah mengukur jari-jari lingkaran dengan jangka yang dilengkapi penggaris

Jangka biasanya dijual bersamaan dengan benda lain yang mendukung, seperti jangka satu ini yang dijual satu set beserta penggaris. Dengan adanya penggaris tersebut, anak-anak tidak perlu repot mencari penggaris lagi untuk mengukur jari-jari lingkaran sesuai arahan guru di kelas. Tugas matematika di sekolah pun terasa semakin mudah.

Pada salah satu kaki jangka terdapat lubang dan sekrup untuk menempatkan pensil. Anak-anak dapat menempatkan alat tulis lain, seperti pensil warna, pulpen, atau pensil mekanik. Oleh karena itu, jangka ini direkomendasikan untuk anak-anak yang suka membuat lingkaran dengan beragam warna atau alat tulis lain dengan ketebalan garis yang berbeda-beda.

8. SDI Compass Set 0603A

8. SDI Compass Set 0603A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 37.000

Jangka set komplet dengan pensil, rautan, penghapus, dan empat jenis penggaris

Jangka keluaran SDI ini sangat komplet karena dalam satu set terdapat jangka, pensil, rautan, penghapus, dan empat jenis penggaris. Empat penggaris tersebut terdiri dari penggaris 15 cm, penggaris segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, dan busur. Biasanya, pelajar SD mulai membutuhkan empat jenis penggaris tersebut di kelas 4-6.

Oleh karena itu, jangka ini sangat direkomendasikan untuk pelajar SD yang sedang duduk di kelas 4-6. Selain itu, Anda juga bisa berhemat karena tidak perlu membeli penggaris secara terpisah. Kelebihan lain dari jangka ini adalah awet digunakan dan tidak mudah patah karena jangka terbuat dari besi.

7. Joyko Jangka Set MS-87

7. Joyko Jangka Set MS-87

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 12.500

Jangka menarik dengan warna hijau tosca dan biru laut

Tidak mau kalah dengan merek SDI, Joyko juga menyediakan jangka set komplet yang terdiri dari jangka, pensil, rautan, penghapus, dan empat jenis penggaris. Seperti SDI, jangka ini juga direkomendasikan untuk anak Anda yang sedang duduk di bangku SD kelas 4-6 dan menyenangi peralatan sekolah yang lebih colorful.

Jangka set dari Joyko ini harganya cukup terjangkau dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hijau tosca dan biru. Untuk mengindari bahaya tertusuk jarum jangka, harap peringati anak Anda untuk memasukkan jangka ke tempatnya saat tidak digunakan.

6. Staedtler School Compass 550-55BK

6. Staedtler School Compass 550-55BK

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 40.000

Awet digunakan berkat bahan logam

Pada bagian cara memilih kami telah menyarankan Anda untuk memilih jangka yang terbuat dari logam karena awet digunakan. Oleh karena itu, kini kami merekomendasikan jangka yang terbuat dari logam keluaran Staedtler untuk Anda yang mengutamakan daya tahan. Jangka yang awet bisa digunakan dalam waktu lama mulai dari SD hingga SMP.

Dalam jangka set ini sudah terdapat jangka dan pensil yang bisa langsung digunakan. Anak-anak dapat membentuk lingkaran atau mengukur jarak pada peta dengan mudah. Kedua kaki jangka ini juga sulit direnggangkan sehingga anak-anak bisa membuat lingkaran dengan ukuran yang sesuai.

5. Maped Essentials Jangka Set

5. Maped Essentials Jangka Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 24.200

Mudah dipakai dengan desain ergonomis

Jika jangka pada umunya terlihat kaku, jangka dari Maped ini terlihat sangat stylish. Desain jangka ini sengaja dibuat ergonomis agar mudah digunakan. Dalam satu setnya, Anda sudah mendapatkan jangka, pensil, penghapus, rautan, serta empat jenis penggaris.

Jangka ini sangat direkomendasikan untuk anak Anda yang menginginkan jangka yang mudah dipegang dan digunakan. Kualitas jangka ini juga tidak perlu diragukan lagi karena terbuat dari logam sehingga awet dan tidak mudah patah. Anak-anak juga tidak akan kesulitan menggunakan jangka ini karena kaki jangkanya tidak mudah longgar.

4. Maped Study Compass CO119410

4. Maped Study Compass CO119410

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 22.750

Simpel adalah yang terbaik

Kali ini kami menampilkan jangka sederhana dari Maped yang terdiri dari satu buah jangka dengan pencil holder dan satu buah pensil. Jangka ini direkomendasikan untuk anak-anak yang menginginkan jangka berdesain simpel. Anak-anak bisa mengganti alat tulis sesuai selera mereka karena jangka ini memang didesain fleksibel dan cocok untuk alat tulis apa pun.

Kelebihan lainnya dari jangka ini adalah mata jarumnya yang menjorok ke dalam dan tidak terlalu menonjol sehingga cukup aman untuk anak-anak. Saat digunakan, kedua kaki jangka juga tidak cepat longgar sehingga sangat nyaman digunakan oleh siapa pun terutama anak-anak.

3. Maped Kid’z Compass

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp 11.599

Jangka yang aman untuk anak usia dini

Maped Kid’z didesain khusus dengan jarum jangka yang tumpul dan menjorok ke dalam sehingga sangat aman untuk anak-anak. Pensil yang digunakan pada jangka ini juga didesain simpel dan aman, Anda tidak perlu repot lagi memasukkan pensil ke pencil holder. Oleh karena itu, jangka ini sangat direkomendasikan untuk anak yang baru belajar menggunakan jangka.

Jangka ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hijau, ungu, dan biru. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan warna kesukaan anak Anda agar ia semakin semangat belajar menggunakan jangka. Untuk jangka sebaik ini, harga yang ditawarkan sangat murah sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak memilih jangka ini.

2. Deli Pen-Style Design Compass

2. Deli Pen-Style Design Compass

Lihat produk ini di Lazada 

Harga: Rp 32.000

Jangka unik dengan desain layaknya pena

Untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan jangka, brand Deli menciptakan jangka yang didesain menyerupai pena. Saat tidak digunakan, jarum dan mata pena bisa ditutup sehingga jauh lebih aman dibandingkan dengan jangka biasa.  Jangka ini direkomendasikan untuk segala usia termasuk anak-anak karena aman dan mudah digunakan.

Kelebihan lain dari jangka ini adalah harganya yang terjangkau dan tersedia dalam dua warna, yaitu hijau tosca dan abu-abu. Dalam setiap pembelian jangka ini sudah terdapat isi pensil untuk persediaan jika pensil habis. Kemudian, anak Anda dapat membuat lingkaran dengan maksimum diameter 27 cm dengan jangka ini.

1. Maped Compass Set for Kids

1. Maped Compass Set for Kids

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 598.000

Jangka praktis, lengkap, dan aman

Di urutan ditempati jangka set komplet dari Maped yang didesain khusus untuk anak-anak. Semua kriteria yang kami jabarkan dalam cara memilih jangka terbaik untuk anak-anak terdapat pada jangka ini. Selain komplet dengan pensil, rautan, penghapus, dan empat jenis penggaris, jangka ini sangat aman karena jarumnya didesain menjorok ke dalam dan tumpul.

Harga yang ditawarkan jangka ini memang cukup mahal mengingat jangka set ini adalah produk impor dari luar negeri. Akan tetapi, kualitas dan tingkat keamanannya sebanding dengan harga yang Anda bayarkan. Tentunya Anda ingin memberikan fasilitas terbaik untuk anak Anda, bukan?

Kesimpulan

Kini jangka untuk pelajar SD memiliki beragam desain menarik dan warna. Akan tetapi, para orang tua juga harus memperhatikan segi keamanan agar tidak membahayakan. Tidak kalah penting jangka yang dipilih harus sesuai dengan karakter anak Anda sehingga anak Anda nyaman menggunakannya.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memilih jangka terbaik untuk anak Anda yang duduk di bangku SD. Dengan menggunakan jangka yang tepat, anak-anak akan mudah mengikuti instruksi guru di kelas dan mudah memahami pelajaran.