10 Rekomendasi Pelindung Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pelindung Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang kerap bepergian, pelindung koper atau cover koper bukan sekadar aksesori. Pelindung koper berfungsi melindungi koper dari goresan, kotoran, dan air hujan. Selain itu juga bisa sebagai penanda koper ketika mengambil bagasi pesawat di bandara. Bisa juga sebagai pembeda ketika Anda pergi dengan banyak orang sehingga tidak tertukar dengan orang lain.

Kebanyakan pelindung koper terbuat dari bahan vinil transparan. Tampilannya pun sangat sederhana karena hanya memenuhi fungsinya saja. Namun sekarang ini pelindung koper dirancang dengan beragam motif yang menarik perhatian. Bukan sekadar sebagai pelindung koper, akan tetapi juga bagian dari fashion. Selain motif, ada beberapa hal yang Anda pertimbangkan sebelum membeli pelindung koper. Berikut ini rekomendasi pelindung koper terbaik dan bagaimana cara memilihnya.

Daftar isi

Manfaat pelindung koper

Sebelum mengetahui bagaimana cara memilih pelindung koper yang sesuai, Anda harus tahu dulu apa manfaat dari pelindung koper. Desain pelindung koper yang lucu atau imut bisa menjadi ciri khas koper Anda jika berada di tempat umum. Bukan itu saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dari manfaat pelindung koper.

1. Efek waterproof

1. Efek waterproof

Salah satu fungsi utama pelindung koper adalah efek waterproof atau tahan air. Tidak semua koper yang ada di pasaran itu tahan air. Air bisa saja masuk dari sela-sela ritsleting. Air sangat mungkin masuk dari beberapa bagian koper terutama antara tubuh dan rangka.

Jika air masuk ke dalam koper, maka fungsi koper yang semula untuk melindungi pakaian akan percuma. Pelindung koper dengan bahan waterproof adalah solusi untuk mencegah air masuk ke dalam koper. Apalagi jika Anda melakukan perjalanan ketika musim hujan.

2. Mencegah adanya goresan dan noda

2. Mencegah adanya goresan dan noda

Koper Anda pasti pernah mengalami perlakuan kurang menyenangkan saat masuk ke bagasi pesawat. Petugas bandara seringkali melempar koper ketika memasukkan ke bagasi. Hal ini lumrah terjadi di beberapa bandara baik di dalam maupun luar negeri. Kondisi yang demikian sangat memungkinkan koper tergores atau penyok. Bisa juga terkena noda dari benda yang dibawa oleh penumpang lain.

Pelindung koper befungsi untuk melindungi koper dari goresan, noda, dan benturan dengan benda lain. Jika ingin koper Anda awet, maka Anda bisa menggunakan cover koper sebagai pelindung.

3. Mencegah terjadinya pencurian

3. Mencegah terjadinya pencurian

Bukan hanya melindungi dari air atau goresan, pelindung koper juga mengantisipasi pencurian isi koper. Pencuri pun pasti akan kesulitan jika akan menjebol koper yang diberi pelindung. Layanan pembungkus koper di bandara juga bertujuan untuk melindungi koper dari kerusakan dan pencurian. Tentu akan lebih hemat jika Anda menggunakan pelindung koper dibanding membungkus koper di bandara. Padahal tujuannya sama-sama untuk melindungi koper.

Cara memilih pelindung koper

Pelindung koper sangat praktis, karena bisa dilipat sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota, tidak rugi untuk memiliki pelindung koper. Apa saja yang harus kita perhatikan dalam memilih pelindung koper? Berikut panduan cara memilih pelindung koper yang sesuai.

Pelindung dengan bahan yang melar

Pelindung dengan bahan yang melar

Ada beberapa jenis bentuk dan ukuran koper bergantung pada pabrik dan desainnya. Pelindung koper yang tersedia pun bisa dipilih dari tiga jenis ukuran yaitu S, M, dan L. Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran pelindung dengan besar kecilnya koper Anda. Sebaiknya memilih pelindung yang menutupi seluruh bagian koper, jangan sampai ada bagian koper yang terlihat meski pada bagian bawah saja.

Untuk pelindung koper dengan bahan yang bisa melar (stretchy) biasanya menggunakan bahan spandex yang memiliki karakter fleksibel mengikuti bentuk benda yang ditutupinya. Bisa juga digunakan untuk koper dengan ukuran yang sedikit berbeda dari ukuran pelindung. Ukuran pelindung yang sesuai tentu akan membuat tampilan koper terlihat lebih rapi. Selain itu juga tidak mudah dibuka paksa karena terbungkus rapat. Pelindung koper yang rapat akan mencegah isinya berhamburan jika koper terlempar.

Memiliki efek tahan air

Memiliki efek tahan air

“Waterproof effect” merupakan salah satu fitur utama dalam memilih pelindung koper. Sekarang ini sangat sulit diprediksi kapan hujan akan turun. Sebagai antisipasi jika bepergian, sebaiknya Anda memakai pelindung koper tahan air untuk mengamankan barang bawaan Anda.

Hanya saja pelindung koper yang tahan air desainnya tidak fashionable karena terbuat dari bahan nilon atau vinil. Kurang cocok untuk digunakan di bandara atau ketika Anda bepergian dengan banyak orang, karena warnanya yang polos sehingga sulit untuk menandai. Selain itu pelindung koper jenis ini kurang sesuai untuk Anda yang mengedepankan penampilan.

Pilih yang bisa Anda cuci

Pilih yang bisa Anda cuci

Pilihlah pelindung koper yang mudah dibersihkan dan dicuci. Tentu tidak enak dipandang jika pelindung koper Anda terlihat kotor. Apalagi salah satu tujuan menggunakan pelindung adalah untuk mencegah terjadinya goresan dan noda pada koper. Tidak lucu jika koper Anda bersih namun penutupnya kotor. Bisa saja Anda memilih pelindung koper sekali pakai, namun tentu itu akan lebih boros.

Anda harus jeli karena ada beberapa jenis penutup yang tidak bisa dicuci karena bisa menyebabkan perubahan warna dan bentuk. Pencuciannya pun sebetulnya sangat mudah, jika tidak bisa dicuci barangkali Anda bisa membersihkannya dengan kain lap secara berkala.

Pilih apakah bisa dipindai menggunakan X-Ray

Pilih apakah bisa dipindai menggunakan X-Ray

Petugas bandara akan memeriksa barang bawaan Anda menggunakan mesin X-Ray sebelum masuk ke bagasi. Ada saja orang yang menutupi seluruh bagian koper untuk mencegah goresan dan kotoran, namun tidak terdeteksi oleh mesin pemindai. Jika hal ini terjadi, maka akan merepotkan karena petugas bandara akan meminta Anda untuk membongkar koper.

Penutup ini memang dibikin untuk tujuan melindungi koper. Namun demikian bukan berarti kita tidak menjaganya dengan baik. Sebisa mungkin Anda juga harus menjaga dari benda yang dapat menggores atau mengotori pelindung koper Anda.

10 Rekomendasi pelindung koper terbaik

Memilih pelindung koper bukan hanya harga dan desainnya saja, akan tetapi juga kualitas bahan jadi pertimbangan. Berikut ini 10 rekomendasi pelindung koper terbaik.

10.  Best Ito Luggage Pelindung Koper

10. Best Ito Luggage Cover Koper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 35.000

Mudah dicuci dan dilipat

Merek ini bisa jadi pilihan untuk melindungi koper Anda dari goresan atau barang hilang. Terbuat dari bahan non-woven yang mempunyai karakter elastis sehingga bisa menutupi seluruh bagian koper Anda dengan sempurna. Pelindung koper ini mudah dicuci dan dilipat, sehingga Anda tidak perlu repot merawatnya.

Anda juga tidak kesulitan memasangnya, selain elastis terdapat perekat di bagian bawah untuk mengencangkan. Untuk tampilan memang hanya tersedia warna-warna polos tanpa motif seperti hitam, biru, pink, dan cokelat. Untuk mempercantik penampilan, Anda bisa menambah aksesori untuk mencirikan koper milik Anda. Bisa digunakan untuk semua kalangan baik tua ataupun muda.

9.  Sefabet Pelindung Koper

9. Sefabet Pelindung Koper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 59.000

Cocok untuk koper si kecil

Sefabet Pelindung Koper terbuat dari bahan non-woven yang elastis dan tahan lama. Cocok untuk menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melindungi koper kesayangan Anda. Sayangnya produk ini tidak tahan air, sehingga fungsinya hanyalah untuk menghindarkan koper dari goresan benda tajam dan antisipasi barang hilang atau tercecer.

Pelindung koper ini mudah dilipat, sehingga mudah disimpan Ada empat warna yang bisa jadi pilihan, yaitu orange, biru, hijau, dan biru muda. Warna-warna pastel dan motif yang lucu ini sangat cocok untuk dipasang di koper anak-anak atau remaja. Hadiah yang menarik untuk si kecil bukan?

8. PVC Transparan Pelindung Koper

 8. PVC Transparan Pelindung Koper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 106.000

Bisa digunakan berulang kali

Pelindung koper ini terbuat dari plastik PVC berkualitas. Kendati terbuat dari plastik namun pelindung koper ini tahan lama dan dapat digunakan berulang kali. Harganya memang lebih mahal, jika dibanding dengan pelindung koper yang terbuat dari spandex atau polyester. Namun, lebih hemat jika dibanding Anda menggunakan jasa wrapping di bandara.

Untuk pemakaiannya pun sangat mudah, terdapat lubang untuk handle koper dan roda sehingga tidak mengganggu pergerakkan roda. Anda pun dapat mencuci dan membersihkan pelindung koper ini dengan mudah. Pelindung koper ini bisa digunakan untuk semua kalangan baik tua ataupun muda.

7. Lalang Cover Koper Elastis

7. Lalang Cover Koper Elastis

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 59.000

Lindungi koper dari sayatan benda tajam

Pelindung koper merek ini terbuat dari spandex sehingga bisa menyesuaikan bentuk benda yang ditutupinya. Selain itu pelindung koper ini juga tahan terhadap benda tajam, karena sifat kain yang elastis sehingga tidak mudah terkoyak. Tersedia tiga ukuran yaitu S untuk koper 18-20 inci, M untuk koper 22-24 inci, dan L untuk ukuran 26-30 inci. Ada empat warna yang bisa jadi pilihan yaitu hitam, kuning, merah, biru.

Pelindung koper ini memang dirancang polos alias tidak bermotif. Anda bisa mengkreasikan pelindung koper Anda dengan aksesori lain seperti menambahkan bordir nama atau gambar. Keuntungan dari pelindung koper polos adalah Anda bebas mix and match dengan outfit yang dikenakan. Cocok untuk Anda yang suka mempadukan warna pakaian dengan tas atau sepatu.

6. OEM Ocean Pelindung Koper

6. OEM Ocean Pelindung Koper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 187.000

Banyak motif ceria untuk mempercantik penampilan

Pelindung koper merek ini berbahan spandeks dan poliester yang mampu membungkus rapat koper Anda. Bukan hanya bahan yang elastis, terdapat zipper di bagian bawah untuk mengamankan koper Anda. Itu juga bertujuan untuk memudahkan pemasangan. Terdapat lubang untuk handle koper di bagian atas dan samping.

Pelindung koper bukan hanya untuk melindungi koper dari air, goresan, benda tajam, atau noda. Selain fungsi utama tersebut cover koper juga bisa untuk gaya alias penampilan. Jika Anda mempedulikan penampilan, Anda bisa memilih pelindung cover ini karena memiki banyak motif yang unik dan warna-warna pastel yang cerah. Motif pilihannya memang terkesan kekanak-kanakan, tetapi tidak masalah jika Anda percaya diri memakainya.

5. MR Luggage Cover Protector Elastic

5. MR Luggage Cover Protector Elastic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 97.000

Pelindung koper antidebu dan tahan air

Jika Anda menginginkan pelindung koper lebih awet dan mudah dibersihkan, produk ini cocok untuk Anda. Bukan hanya waterproof, pelindung koper ini juga antidebu sehingga lebih awet dan mudah dibersihkan. Anda hanya perlu membersihkan bagian yang kotor dengan lap atau mencucinya secara berkala. Terdapat lubang di bagian handle dan roda, sehingga memudahkan Anda ketika memasang dan membawa koper.

Untuk merek ini bisa tersedia koper berukuran 22-26 inci. Motif warna yang polos membuat Anda terlihat simple dan easy going. Dari segi kualitas, pelindung koper ini juga bisa diandalkan karena terdapat tali dan perekat sehingga koper Anda lebih compact dan tidak mudah terlepas.

4.  Ultimate Premium Pelindung Koper OR 11-01

4. Ultimate Premium Pelindung Koper OR 11-01

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 116.900

Bukan sekadar melindungi koper tapi juga fashionable

Anda bisa memilih pelindung koper ini jika ingin motif yang stylish dan lucu. Bukan sekadar fashionable, pelindung koper ini juga melindungi koper Anda dengan maksimal. Pelindung koper ini terbuat dari polyester dan spandex, sehingga tidak mudah melar ataupun mengkerut. Selain itu pelindung koper ini juga tahan air dan tidak membekas jika terkena noda.

Ada beragam motif yang bisa jadi pilihan, mulai dari motif kartun, shabby atau flora dengan warna-warna pastel yang ceria. Sangat cocok untuk Anda yang suka tampil fashionable dan percaya diri. Untuk merek ini bisa digunakan untuk koper ukuran 22-26 inci.

3. Blesumme Stretchable Elastis Travel Luggage

3. Blesumme Stretchable Elastis Travel Luggage

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 142.000

Pelindung koper yang sesuai untuk anak muda

Sebagai variasi, Anda bisa saja memiliki lebih dari satu pelindung koper. Jika ingin mengoleksi pelindung bermotif lucu, Anda bisa memilih pelindung koper merek Blessume. Bahan yang elastis membuat pelindung koper ini mudah dilepas pasang. Lebih memudahkan dengan adanya zipper di bagian bawah untuk mengencangkan penutup.  Pelindung koper ini tahan air sehingga barang bawaan Anda tidak akan basah meski terkena tumpahan air.

Perawatannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencucinya secara berkala. Istimewanya, cover koper ini bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Warna menarik dengan berbagai pilihan motif yang lucu ini sangat sesuai untuk anak-anak karena memberikan kesan ceria.

2. Sinokal Luggage Cover Pelindung 3D

2. Sinokal Luggage Cover Pelindung 3D

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 141.000

Desain unik, bikin makin percaya diri

Pelindung koper ini layak jadi pilihan, karena bukan hanya unik akan tetapi juga dibikin dari bahan yang berkualitas tinggi yaitu poliester. Selain itu bahanya juga fleksibel sehingga tidak mudah melar meski sudah lama digunakan.  Selain terdapat lubang pada bagian handle dan roda, pelindung koper ini juga dilengkapi dengan ritsleting di bagian bawah sehingga koper Anda lebih terlindungi.

Desain produk ini terbilang unik. Bukan cover print biasa, namun pelindung koper ini didesain tiga dimensi. Pilihan motifnya unik sehingga Anda akan mudah mengenalinya ketika berada di bandara atau tempat umum. Cocok untuk Anda suka tampil beda, eksklusif, dan elegan. Ada empat ukuran yaitu S, M, L dan XL yang dapat melindungi koper berukuran 18 inci sampai 32 inci. Menarik bukan?

1. Premium Sarung Koper Elastis Flamingo

1. Premium Sarung Koper Elastis Flamingo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 128.000

Pelindung koper dengan desain ekslusif

Pelindung koper ini terbuat dari poliester dan spandex kualitas premium. Kedua bahan tersebut memiliki karakter elastis, tahan air, mudah dibersihkan, tidak mudah tergores benda tajam, dan tahan bahan kimia. Karakter bahan yang elastis tersebut, membuat pelindung ini mudah dipasang dan mengikuti bentuk koper. Bukan hanya kualitas bahan yang premium saja, menariknya desain pelindung koper ini juga unik sehingga layak jadi pilihan.

Bagi Anda yang suka dengan motif natural, Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan. Desain flamingo, menjadikan pelindung ini eksklusif dan membuat pemakainya makin percaya diri. Cocok digunakan oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Selain itu desain yang unik juga membedakan koper Anda dengan orang lain sehingga  tidak bingung mencari koper Anda.

Kesimpulan

Ada banyak jenis  pelindung koper yang bisa Anda pilih. Mulai dari bahan, ukuran, sampai desain yang lucu dan unik. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai. Selain itu tentu saja Anda juga mempertimbangkan harga. Jika dihitung, harga pelindung koper ini akan lebih murah jika dibandingkan Anda menggunakan jasa pembungkus di bandara.

Anda juga bisa saja memiliki lebih dari satu pelindung agar tidak bosan dengan moeitf yang itu-itu saja. Desain yang menarik dan unik juga bisa menjadi pembeda koper Anda dengan orang lain. Tentu saja Anda juga bisa tampil fashionable dengan desain koper yang ciamik. Bagaimana apakah Anda sudah memiliki bayangan pelindung koper mana yang Anda incar? Jika sudah, selamat berbelanja!