mybest
Aksesori koper

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Travelling
  3. Perlengkapan travelling
  4. 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024)

Bagi Anda yang kerap bepergian, pelindung koper atau luggage cover tentu bukanlah sekadar aksesori. Pelindung koper adalah penutup yang berfungsi melindungi koper agar tidak tergores. Saat ini, tersedia pelindung koper dengan bahan dan desain menarik seperti merek Passport dan Kalibre. 

Karena desainnya yang memesona, cover koper juga menjadi bagian dari fashion saat traveling. Jika Anda sedang mencari pelindung koper yang bagus, jangan lewatkan artikel ini! Kami akan mengulas tips serta rekomendasi luggage cover terbaik untuk Anda. Artikel ini juga telah ditinjau oleh tour consultant kami, Farianty Gunawan. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Farianty Gunawan
Pakar
Travel agency's owner & tour consultant
Farianty Gunawan

Farianty mengawali karier di bidang pariwisata sejak lulus D3 bidang Tours and Travel di Stiepar Yapari Bandung tahun 1992. Setelah itu, ia melanjutkan studi S1 tahun 2012. Farianty menekuni dunia tour leader sejak tahun 1996 dan sudah membawa group tour ke berbagai belahan dunia. Pada 2015, Farianty membuka pelayanan Travel Agency bersama beberapa rekannya di Jakarta hingga kini. Kegemarannya melakukan perjalanan dan berbagi pengalaman membawanya lulus sebagai trainer bersertifikat BNSP Indonesia Januari 2022. Pengalamannya juga ditayangkan pada channel YouTube dan tulisan di Kompasiana.

Profil Farianty Gunawan
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Manfaat pelindung koper

Manfaat pelindung koper

Pelindung koper dapat melindungi koper dari goresan, noda, dan benturan ringan. Jika ingin koper Anda awet, cobalah memakai cover koper. Selain itu, pelindung koper dengan bahan waterproof juga dapat mencegah air atau cairan masuk ke dalam koper. Terlebih ketika melakukan perjalanan pada musim hujan, sarung koper yang antiair akan menyelamatkan barang bawaan Anda dari basah. 


Desain luggage cover yang unik juga bisa menjadi ciri khas koper Anda. Jadi, ketika antre mengambil koper di conveyor belt bandara, koper Anda pun tidak mudah tertukar. Apalagi jika koper Anda memiliki model yang pasaran, menambahkan cover akan membuat koper Anda terlihat standout!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelindung koper

Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih pelindung koper? Berikut ini, panduan memilih pelindung koper yang telah kami rangkum untuk Anda!

1

Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih ukuran cover yang pas dengan koper Anda. Biasanya, pelindung koper memiliki ukuran dalam satuan inci ataupun S, M, L, dan XL


Jika Anda memiliki koper berukuran 24 inci, pilihlah pelindung koper dengan ukuran 24 inci pula. Jika pelindung koper memiliki ukuran S, M, L, dan XL, silakan memeriksa kembali keterangan konversi ukuran dari tiap produk. 

2

Pertimbangkan keunggulan tambahan yang dimiliki

Agar makin fungsional digunakan, banyak pelindung koper dilengkapi berbagai keunggulan tambahan. Produk yang memiliki bahan yang elastis, handel, atau pengunci layak Anda pertimbangkan.

Pelindung berbahan elastis, lebih mudah dilepas pasang

Pelindung berbahan elastis, lebih mudah dilepas pasang

Beberapa pelindung koper mungkin memiliki selisih ukuran dengan produk koper tertentu. Perbedaan ukuran tersebut membuat pelindung koper berbahan non-stretch kurang pas ketika dipasang. 


Bahan pelindung koper yang elastis atau stretchy lebih fleksibel mengikuti bentuk benda yang ditutupinya. Ini bisa menjadi solusi untuk menanggulangi adanya selisih ukuran antara cover dan koper yang bervariasi. Selain itu, bahan elastis juga mudah dilipat dalam ukuran ringkas sehingga mudah dibawa atau disimpan.


Perhatikan pula kecocokan antara pelindung koper dengan bahan koper. Koper berbahan soft case dengan banyak kantong lebih sulit dipasangkan pelindung koper bahan elastis. Saat dipasangkan pun, bentuk koper jadi terlihat tidak beraturan karena bahannya.

Pelindung dengan fitur pengunci, koper menjadi lebih aman

Pelindung dengan fitur pengunci, koper menjadi lebih aman

Secara umum, fungsi pelindung koper terbagi menjadi dua macam. Pertama, yang berfungsi untuk menyelimuti koper saja. Kedua, yang berfungsi sebagai sarung sekaligus pengaman. Koper dengan fungsi pengaman dilengkapi dengan pengunci atau pengikat, baik berupa pengait seperti gambar di atas maupun kunci kombinasi.


Agar koper Anda ekstra aman, pilihlah pelindung koper yang dilengkapi fitur pengunci atau pengikat. Anda dapat memilih pengikat model gesper, perekat velcro, ritsleting, gembok, dan lainnya. Koper dengan fitur pengunci akan lebih kencang dan pas menyelimuti bodi koper Anda


Sayangnya, koper dengan cover berpengaman yang tipis ini tetap memiliki kemungkinan disobek menggunakan gunting. Jadi, saat memilih cover pengaman mari pastikan pula bahan yang dipakai.

Pelindung dengan lubang handel, memudahkan saat menenteng koper

Pelindung dengan lubang handel, memudahkan saat menenteng koper

Memiliki pelindung koper yang dilengkapi lubang handel pada sisi atas dan samping koper tentu sangat penting. Namun, tidak semua merek atau seri memiliki lubang untuk handel di bagian samping. Biasanya, pelindung koper memiliki lubang handel untuk bagian atas saja.


Produk dengan lubang handel yang lengkap tentu akan memudahkan Anda ketika hendak menenteng koper. Jadi, periksalah dengan teliti sebelum membeli pelindung koper idaman Anda, ya.  

3

Periksa daya tahan bahan akan air

Periksa daya tahan bahan akan air
Memiliki pelindung koper berbahan waterproof merupakan suatu kelebihan tersendiri. Menggunakan cover antiair sebetulnya tidak bisa melindungi koper 100% dari resapan air. Hal tersebut karena bagian handel dan bagian bawah roda yang cenderung terekspos. Namun, memakai cover berbahan antiair akan membantu koper Anda terhindari dari percikan air dan noda.

Katun non-woven waterproof dan polyurethane merupakan bahan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan fungsi tahan air. Cara membersihkan bahan waterproof adalah dengan mengelapnya menggunakan handuk atau lap basah. Dengan begitu, air dan noda yang menempel pada permukaan cover akan hilang dengan mudah.

4

Cek bisa tidaknya produk dicuci

Cek bisa tidaknya produk dicuci

Salah satu tujuan menggunakan pelindung adalah untuk mencegah terjadinya goresan dan noda pada koper. Tentu tidak enak dipandang jika pelindung koper Anda terlihat kotor. Jadi, pilihlah pelindung koper yang mudah dibersihkan dan dicuci. 


Anda dapat mencuci pelindung koper dengan mesin cuci atau mencuci manual dengan tangan. Bisa saja Anda memilih pelindung koper sekali pakai, tetapi tentu akan lebih boros. Anda harus jeli karena ada beberapa produk yang tidak bisa dicuci sehingga bisa menyebabkan perubahan warna dan bentuk. 


Selain pelindung koper, kami memiliki ulasan lain terkait aksesori koper lainnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelengkap koper, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi pelindung koper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh pelindung koper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Farianty Gunawan.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Ito

Luggage Cover

Ito Luggage Cover 1

Rp12.700

Lebih Murah

Luggage cover yang tahan terhadap goresan benda tajam

2

Sarung Koper Transparan Antiair

 Sarung Koper Transparan Antiair 1

Rp18.500

Agak Murah

Pelindung koper transparan, tonjolkan desain asli koper Anda

3

Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak

 Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak 1

Rp49.000

Agak Murah

Makin artistik berkat motif abstrak

4

Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis

 Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis 1

Rp87.000

Menengah

Motif mata garang untuk menakuti pencuri

5

Kalibre

Luggage Cover994063999

Kalibre Luggage Cover 1

Rp149.000

Agak Mahal

Desain minimalis dengan perlindungan maksimal

6

Polo Fans

Sarung Koper

Polo Fans  Sarung Koper 1

Rp65.000

Menengah

Model klasik dan elegan, bahan tebal tahan goresan

7

Lanwain London

Sarung pelindung koper kartun lucu

Lanwain London Sarung pelindung koper kartun lucu 1

Rp138.500

Agak Mahal

Motif karakter lucu, cocok untuk Anda yang berkarakter fun dan ceria

8

Reborn LC

Luggage Cover - Sarung Koper

Reborn LC Luggage Cover - Sarung Koper  1

Rp195.000

Agak Mahal

Koper bisa dibuka tutup tanpa harus melepas pelindung koper

9

Sarung koper warna polos

 Sarung koper warna polos 1

Rp85.000

Menengah

Sarung koper polos dengan ekstra lubang untuk pegangan koper

10

Passport

Sarung Koper London

Passport  Sarung Koper London 1

Rp199.900

Agak Mahal

Motif London, cocok untuk penggemar kota tertua di Brittania Raya

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ItoLuggage Cover

Luggage Cover 1
Sumber: shopee.co.id
Luggage Cover 2
Sumber: shopee.co.id
Luggage Cover 3
Sumber: shopee.co.id
Luggage Cover 4
Sumber: shopee.co.id
Luggage Cover 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp12.700
Lebih Murah
Harga referensi
Rp12.700
Lebih Murah

Luggage cover yang tahan terhadap goresan benda tajam

Kelebihan:
  • Mudah disimpan karena dapat dilipat dalam ukuran yang ringkas

Kekurangan:

  • Pengunci bawah koper memakai perekat velcro yang dapat menurun daya rekatnya seiring usia pemakaian

Terbuat dari bahan non-woven, luggage cover keluaran Ito ini dapat meminimalkan terjadinya goresan benda tajam. Jika sedang tidak dipakai, produk ini bisa dilipat dengan mudah. Warna dan desainnya pun simpel sehingga cocok digunakan untuk semua kalangan, baik tua maupun muda.


Bagian ujung bawah koper ini juga dilengkapi perekat velcro sehingga dapat menyelimuti bodi koper dengan kencang. Namun, Anda juga perlu ingat bahwa cover koper dengan perekat velcro lama kelamaan akan turun daya rekatnya. Meski begitu, jika Anda mencari pelindung koper waterproof dengan harga terjangkau, produk ini layak dijadikan pertimbangan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Sarung Koper Transparan Antiair

Harga referensi
Rp18.500
Agak Murah

Pelindung koper transparan, tonjolkan desain asli koper Anda

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan plastik mika yang antiair

Kekurangan:

  • Menggunakan pengunci velcro yang lama-kelamaan dapat berkurang daya rekatnya


Cover koper ini terbuat dari plastik mika sehingga dapat melindungi koper Anda dari air. Produk ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak ingin menutupi motif orisinal koper Anda. Selain itu, pilihan ukuran plastik pembungkus koper ini juga lengkap, mulai dari 18 inci hingga 28 inci. Harga pelindung koper ini pun sangat terjangkau, lho! 

No.3

Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak

Harga referensi
Rp49.000
Agak Murah

Makin artistik berkat motif abstrak

Kelebihan:

  • Memakai bahan polyester yang stretchy dan mudah dipasang ke bodi koper
  • Bisa dicuci
  • Ada dua buah lubang untuk handel koper

Kekurangan:

  • Elastisitas bahan akan berkurang seiring dengan usia pemakaian (rawan melar)

Berkat motifnya yang abstrak, pelindung koper ini mampu membuat koper Anda terlihat makin estetik. Apabila Anda ingin membuat koper Anda terlihat lebih menawan, beralihlah ke produk ini. Berbahan polyester spandex yang stretchy, Anda juga bisa dengan mudah melepas pasang cover koper ini. Tidak hanya elastis, sarung pelindung koper ini juga mudah dicuci, lho!

No.4

Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis

Harga referensi
Rp87.000
Menengah

Motif mata garang untuk menakuti pencuri

Kelebihan:

  • Memiliki lubang handel pada bagian atas dan samping
  • Bagian bawah memakai pengunci ritsleting dan buckle clip

Kekurangan:

  • Elastisitas bahan dapat berkurang seiring dengan umur penggunaan 

Didesain dengan gambar sorot mata garang, cover koper ini mampu memberikan efek visual yang seolah berkata, "Jangan sentuh koperku!" Memiliki lubang handel pada bagian atas dan samping, koper Anda pun tetap mudah diangkat dengan penutup koper ini. Untuk mempertegas kesan garang demi mencegah kehilangan koper di bandara, bungkus koper ini bisa jadi solusinya.

No.5

KalibreLuggage Cover994063999

Harga referensi
Rp149.000
Agak Mahal

Desain minimalis dengan perlindungan maksimal

Kelebihan:

  • Warna hitam polos, cocok untuk Anda yang menyukai desain simpel
  • Berbahan durable spandex, lebih kukuh dan elastis

Kekurangan:

  • Koper tanpa ornamen ini cenderung rawan tertukar dengan koper lain jika tidak diberi penanda tambahan

Pelindung koper waterproof keluaran Kalibre ini memang dirancang polos alias tidak bermotif. Tentunya produk ini cocok untuk Anda yang menyukai desain simpel atau monokrom. Anda juga bisa mengkreasikan cover koper ini dengan menambahkan patch, bordir nama ataupun gambar. Dengan begitu, Anda dapat mengenali koper Anda tanpa khawatir tertukar.

No.6

Polo Fans Sarung Koper

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Model klasik dan elegan, bahan tebal tahan goresan

Kelebihan:

  • Bahan tebal dan tahan goresan
  • Model klasik, memberi kesan elegan dan eksklusif

Kekurangan:

  • Hanya tersedia ukuran 20 inci dan 24 inci

Sarung koper Polo Fans ini memiliki desain yang klasik, minimalis, dan berkesan elegan. Menggunakan material cotton non-woven yang tebal, Anda tak perlu khawatir koper kesayangan Anda akan tergores saat dipakai traveling. Selain menawarkan durability, material ini pun terkenal lembut sehingga tidak meninggalkan goresan pada koper. 


Sayangnya, sarung koper ini hanya tersedia untuk ukuran 20 inci dan 24 inci. Selain itu, bahan ini tidak antiair sehingga kami sarankan untuk berhati-hati bila Anda akan menggunakannya ke tempat yang basah.

No.7

Lanwain LondonSarung pelindung koper kartun lucu

Harga referensi
Rp138.500
Agak Mahal

Motif karakter lucu, cocok untuk Anda yang berkarakter fun dan ceria

Kelebihan:

  • Motif karakter yang menggemaskan 
  • Pilihan warnanya beragam

Kekurangan:

  • Tidak disarankan dicuci dengan mesin cuci

Momen traveling bersama si kecil akan lebih menyenangkan bila Anda memiliki pelindung koper yang satu ini. Pelindung koper ini memiliki tampilan visual lucu dan pilihan warna cerah yang akan membawa keceriaan tersendiri. 


Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan jatuh hati dengan desainnya. Anda yang memiliki pembawaan fun dan ceria pasti cocok menggunakannya. Koper ini pun tersedia dalam ukuran kecil hingga besar. Pilih saja yang sesuai dengan ukuran koper Anda.

No.8

Reborn LCLuggage Cover - Sarung Koper

Harga referensi
Rp195.000
Agak Mahal

Koper bisa dibuka tutup tanpa harus melepas pelindung koper

Kelebihan:

  • Zipper utama sarung koper ini menggunakan brand YKK yang terkenal bagus mutunya
  • Koper bisa dibuka tutup tanpa harus melepas pelindung koper
  • Berbahan mika tebal pada bagian depan dan belakang, serta bahan scuba elastis pada bagian samping

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan cutting ujung ritsleting kurang rapi 

Apakah Anda termasuk orang yang kurang sreg menggunakan pelindung koper karena repot ketika mau membuka kembali koper Anda? Hal itu tidak akan terjadi jika Anda memilih sarung koper yang satu ini. Produk ini memiliki ritsleting di sekeliling area depannya sehingga koper Anda bisa dibuka tutup tanpa harus melepas pelindung kopernya. 


Produk ini mengombinasikan mika tebal pada bagian depan dan kain scuba elastis pada bagian samping. Dengan begitu, tampilan koper modis Anda akan tetap terekspos, sedangkan bagian sampingnya akan tetap terlindungi. 

No.9

Sarung koper warna polos

Harga referensi
Rp85.000
Menengah

Sarung koper polos dengan ekstra lubang untuk pegangan koper

Kelebihan:
  • Ukuran beragam, mulai dari ukuran S hingga XL
  • Terdapat dua lubang handel

Kekurangan:

  • Hanya tersedia pilihan warna polos

Sarung koper polos ini tersedia dalam berbagai pilihan ukuran sehingga pas untuk Anda yang memiliki ukuran koper bervariatif. Ada ukuran S dengan dimensi 18–20 inci sampai ukuran XL dengan dimensi 27–30 inci. Produk ini memiliki dua lubang handel sehingga dapat menyesuaikan letak handel pada koper kesayangan Anda.


Lebih lanjut, cover koper yang satu ini memiliki delapan varian warna yang beragam. Pilihan warnanya pun mencolok sehingga mudah ditemukan. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan warna yang Anda sukai.
No.10

Passport Sarung Koper London

Sarung Koper London 1
Sumber: shopee.co.id
Sarung Koper London 2
Sumber: shopee.co.id
Sarung Koper London 3
Sumber: shopee.co.id
Sarung Koper London 4
Sumber: shopee.co.id
Sarung Koper London 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp199.900
Agak Mahal
Harga referensi
Rp199.900
Agak Mahal

Motif London, cocok untuk penggemar kota tertua di Brittania Raya

Kelebihan:

  • Motif menarik dan ikonik
  • Bahan elastis dan tebal

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu lubang di bagian atas untuk handel koper

Produk satu ini ditujukan bagi anda yang menyukai produk dengan landmark kota atau negara tertentu, terutama kota London. Sarung koper ini menggunakan motif yang menjadi ikon kota london, seperti Tower Bridge, Menara Big Ben, dan Istana Buckingham.


Produk ini terbuat dari bahan polyester dan premium spandex. Tak hanya elastis, bahannya pun tebal sehingga tak perlu khawatir koper Anda tergores. Sayangnya, sarung koper ini hanya memiliki satu lubang di bagian atas untuk handel dan ukurannya pun kecil. 

Tips tambahan seputar pelindung koper

Tips tambahan seputar pelindung koper

Jika Anda berencana memakai pelindung koper untuk koper kesayangan Anda, harap perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan pelindung koper tersebut dapat dipindai dengan mesin sinar-X.
  • Pastikan Anda memilih pelindung koper yang tidak merepotkan dan gampang dilepas pasang. Jika terdapat pengecek barang di bandara, Anda pun tidak kerepotan membuka tutup koper.

Baca juga rekomendasi koper lainnya di sini

Traveling terutama jarak jauh tentu membutuhkan performa koper yang bandel dan berkualitas. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli koper President, Polo, atau bahkan koper berdesain modis. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Cover koper biasanya digunakan untuk melindungi koper premium dan koper kesayangan dari goresan. Selain melindungi koper Anda, pelindung koper juga membuat tampilan koper Anda eye-catching. Ada banyak jenis pelindung koper yang bisa Anda pilih, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. 


Ukuran pelindung koper pun bermacam-macam. Jika koper Anda berukuran 22 inci, silakan pilih juga koper berukuran 22 inci. Terakhir, gunakanlah tips beserta rekomendasi di atas sebagai acuan menemukan produk yang Anda cari.

5 Rekomendasi Pelindung Koper terbaik

No. 1: ItoLuggage Cover

No. 2: Sarung Koper Transparan Antiair

No. 3: Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak

No. 4: Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis

No. 5: KalibreLuggage Cover994063999

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Travelling
  3. Perlengkapan travelling
  4. 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.