1. TOP
  2. >
  3. Travelling
  4. >
  5. Perlengkapan travelling
  6. >
  7. 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pelindung Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Bagi Anda yang kerap bepergian, pelindung koper atau luggage cover tentu bukanlah sekadar aksesori. Pelindung koper adalah penutup yang berfungsi melindungi koper agar tidak tergores. Saat ini, tersedia pelindung koper dengan bahan dan desain menarik seperti merek Passport dan Kalibre. 

Karena desainnya yang memesona, cover koper juga menjadi bagian dari fashion saat traveling. Jika Anda sedang mencari pelindung koper yang bagus, jangan lewatkan artikel ini! Kami akan mengulas tips serta rekomendasi luggage cover terbaik untuk Anda. Artikel ini juga telah ditinjau oleh tour consultant kami, Farianty Gunawan. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-28-2022
Pakar
Travel agency's owner & tour consultant
Farianty Gunawan

Farianty mengawali karier di bidang pariwisata sejak lulus D3 bidang Tours and Travel di Stiepar Yapari Bandung tahun 1992. Setelah itu, ia melanjutkan studi S1 tahun 2012. Farianty menekuni dunia tour leader sejak tahun 1996 dan sudah membawa group tour ke berbagai belahan dunia. Pada 2015, Farianty membuka pelayanan Travel Agency bersama beberapa rekannya di Jakarta hingga kini. Kegemarannya melakukan perjalanan dan berbagi pengalaman membawanya lulus sebagai trainer bersertifikat BNSP Indonesia Januari 2022. Pengalamannya juga ditayangkan pada channel YouTube dan tulisan di Kompasiana.

Profil Farianty Gunawan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat pelindung koper

Manfaat pelindung koper

Pelindung koper dapat melindungi koper dari goresan, noda, dan benturan ringan. Jika ingin koper Anda awet, cobalah memakai cover koper. Selain itu, pelindung koper dengan bahan waterproof juga dapat mencegah air atau cairan masuk ke dalam koper. Apalagi ketika melakukan perjalanan pada musim hujan, sarung koper yang antiair akan menyelamatkan barang bawaan Anda dari basah. 


Desain luggage cover yang unik juga bisa menjadi ciri khas koper Anda. Jadi, ketika antre mengambil koper di conveyor belt bandara, koper Anda pun tidak mudah tertukar. Apalagi jika koper Anda memiliki model yang pasaran, menambahkan cover akan membuat koper Anda terlihat standout!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelindung koper

Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih pelindung koper? Berikut ini, panduan memilih pelindung koper yang telah kami rangkum untuk Anda!

① Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih ukuran cover yang pas dengan koper Anda. Biasanya, pelindung koper memiliki ukuran dalam satuan inci ataupun S, M, L, dan XL


Jika Anda memiliki koper berukuran 24 inci, pilihlah pelindung koper dengan ukuran 24 inci pula. Jika pelindung koper memiliki ukuran S, M, L, dan XL, silakan memeriksa kembali keterangan konversi ukuran dari tiap produk. 

② Pertimbangkan keunggulan tambahan yang dimiliki

Agar makin fungsional digunakan, banyak pelindung koper dilengkapi berbagai keunggulan tambahan. Produk yang memiliki bahan yang elastis, handel, atau pengunci layak Anda pertimbangkan.

Pelindung berbahan elastis, lebih mudah dilepas pasang

Pelindung berbahan elastis, lebih mudah dilepas pasang

Beberapa pelindung koper mungkin memiliki selisih ukuran dengan produk koper tertentu. Perbedaan ukuran tersebut membuat pelindung koper berbahan non-stretch kurang pas ketika dipasang. 


Bahan pelindung koper yang elastis atau stretchy lebih fleksibel mengikuti bentuk benda yang ditutupinya. Ini bisa menjadi solusi untuk menanggulangi adanya selisih ukuran antara cover dan koper yang bervariasi. Selain itu, bahan elastis juga mudah dilipat dalam ukuran ringkas sehingga mudah dibawa atau disimpan.


Perhatikan pula kecocokan antara pelindung koper dengan bahan koper. Koper berbahan soft case dengan banyak kantong lebih sulit dipasangkan pelindung koper bahan elastis. Saat dipasangkan pun, bentuk koper jadi terlihat tidak beraturan karena bahannya.

Pelindung dengan fitur pengunci, koper menjadi lebih aman

Pelindung dengan fitur pengunci, koper menjadi lebih aman

Secara umum, fungsi pelindung koper terbagi menjadi dua macam. Pertama, yang berfungsi untuk menyelimuti koper saja. Kedua, yang berfungsi sebagai sarung sekaligus pengaman. Koper dengan fungsi pengaman dilengkapi dengan pengunci atau pengikat, baik berupa pengait seperti gambar di atas maupun kunci kombinasi.


Agar koper Anda ekstra aman, pilihlah pelindung koper yang dilengkapi fitur pengunci atau pengikat. Anda dapat memilih pengikat model gesper, perekat velcro, ritsleting, gembok, dan lainnya. Koper dengan fitur pengunci akan lebih kencang dan pas menyelimuti bodi koper Anda


Sayangnya, koper dengan cover berpengaman yang tipis ini tetap memiliki kemungkinan disobek menggunakan gunting. Jadi, saat memilih cover pengaman mari pastikan pula bahan yang dipakai.

Pelindung dengan lubang handel, memudahkan saat menenteng koper

Pelindung dengan lubang handel, memudahkan saat menenteng koper

Memiliki pelindung koper yang dilengkapi lubang handel pada sisi atas dan samping koper tentu sangat penting. Biasanya, pelindung koper hanya memiliki lubang handel untuk bagian atas saja. 


Tidak semua merek atau seri memiliki lubang untuk handel di bagian samping. Produk dengan lubang handel yang lengkap tentu akan memudahkan Anda ketika hendak menenteng koper. Jadi, periksalah dengan teliti sebelum membeli pelindung koper idaman Anda, ya.  

③ Periksa daya tahan bahan akan air

Periksa daya tahan bahan akan air
Memiliki pelindung koper berbahan waterproof merupakan suatu kelebihan tersendiri. Menggunakan cover antiair sebetulnya tidak bisa melindungi koper 100% dari resapan air karena bagian handle dan bawah roda akan tetap terekspos. Namun, memakai cover berbahan antiair akan membantu koper Anda terhindari dari percikan air dan noda.

Katun non-woven waterproof dan polyurethane merupakan bahan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan fungsi tahan air. Cara membersihkan bahan waterproof adalah dengan mengelapnya menggunakan handuk atau lap basah. Dengan begitu, air dan noda yang menempel pada permukaan cover akan hilang dengan mudah.

④ Cek bisa tidaknya produk dicuci

Cek bisa tidaknya produk dicuci

Salah satu tujuan menggunakan pelindung adalah untuk mencegah terjadinya goresan dan noda pada koper. Tentu tidak enak dipandang jika pelindung koper Anda terlihat kotor. Jadi, pilihlah pelindung koper yang mudah dibersihkan dan dicuci. 


Anda dapat mencuci pelindung koper dengan mesin cuci atau mencuci manual dengan tangan. Bisa saja Anda memilih pelindung koper sekali pakai, tetapi tentu akan lebih boros. Anda harus jeli karena ada beberapa produk yang tidak bisa dicuci sehingga bisa menyebabkan perubahan warna dan bentuk. 


Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelengkap koper, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini. 

10 Rekomendasi pelindung koper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh pelindung koper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Farianty Gunawan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ito

Luggage Cover

Ito Luggage Cover 1枚目

Murah, tetapi tidak murahan!

2

Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis

 Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis 1枚目

Motif mata garang untuk menakuti pencuri

3

Premium Luggage Cover Elastic

 Premium Luggage Cover Elastic 1枚目

Bukan sekadar melindungi, melainkan juga fashionable

4

Sarung Koper Transparan Antiair

 Sarung Koper Transparan Antiair 1枚目

Pelindung koper transparan, tonjolkan desain asli koper Anda

5

Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak

 Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak 1枚目

Makin artistik berkat motif abstrak

6

Logu Sarung Koper Travel Kartun Lucu

 Logu Sarung Koper Travel Kartun Lucu 1枚目

Motif karakter lucu, pilihan ukurannya banyak pula

7

Kalibre

Luggage Cover

Kalibre Luggage Cover 1枚目

Desain minimalis dengan perlindungan maksimal

8

Luggo

Luggage Cover

Luggo Luggage Cover 1枚目

Pilihan warna yang beragam dengan fitur kunci TSA

9

Luggage Cover Bebas Custom Desain

 Luggage Cover Bebas Custom Desain 1枚目

Bisa request design sesuka hati, asyik!

10

Passport

Sarung Koper Eiffel

Passport  Sarung Koper Eiffel 1枚目

Motif Eiffel, untuk penggemar kota Paris yang romantis

Perincian produk
Close
No.1

Murah, tetapi tidak murahan!

Terbuat dari bahan non-woven, luggage cover keluaran Ito ini dapat meminimalkan terjadinya goresan benda tajam. Jika sedang tidak dipakai, produk ini bisa dilipat dengan mudah. Warna dan desainnya simpel, cover koper ini cocok digunakan untuk semua kalangan baik tua maupun muda.

Bagian ujung bawah bungkus koper ini juga dilengkapi perekat velcro sehingga dapat menyelimuti bodi koper dengan kencang. Namun, Anda juga perlu ingat bahwa cover koper dengan perekat velcro lama kelamaan akan turun daya rekatnya. Apabila Anda mencari pelindung koper waterproof dengan harga terjangkau, produk ini wajib Anda miliki. 

No.2

Fendy Eye Sarung Pelindung Koper Elastis

Mulai dari Rp108.750,00

Motif mata garang untuk menakuti pencuri

Didesain dengan gambar sorot mata garang, cover tas koper ini diklaim mampu memberikan efek seram pada koper Anda. Dengan begitu, orang yang berniat mencuri koper Anda pun akan berpikir dua kali. 


Memiliki lubang handle pada bagian atas dan samping, koper Anda pun tetap mudah diangkat dengan penutup koper ini. Untuk mempertegas kesan garang demi mencegah kehilangan koper di bandara, bungkus koper ini bisa jadi solusinya.

No.3

Premium Luggage Cover Elastic

Mulai dari Rp125.000,00

Bukan sekadar melindungi, melainkan juga fashionable

Anda bisa memilih pelindung koper kualitas impor ini jika menyukai desain chic dan stylish. Selain fashionable, pelindung koper ini juga mudah dilepas pasang karena bahannya yang fleksibel.

Luggage cover ini mempunyai beragam motif menarik dengan warna mencolok yang bisa Anda jadikan pilihan. Tentunya, momen berfoto bersama koper saat liburan akan makin ciamik dengan pelindung koper fashionable ini!

No.4

Sarung Koper Transparan Antiair

Mulai dari Rp25.000,00

Pelindung koper transparan, tonjolkan desain asli koper Anda

Cover koper antiair ini terbuat dari plastik mika. Apabila plastik mika tidak terlalu tebal, maka Anda bisa mengakalinya dengan mengindari koper dari gesekan benda tajam. Terkadang, pinggiran dan tempelan aluminium bisa merobek plastik mika yang tipis dengan mudah.


Produk ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak ingin menutupi motif orisinal koper Anda. Selain itu, pilihan ukuran plastik pembungkus koper juga lengkap, mulai dari 18 inci hingga 28 inci. Harga pelindung koper ini pun sangat terjangkau, lho! Tunggu apalagi? Segera checkout produk berkualitas ini sebelum kehabisan. 

No.5

Sarung Pelindung Koper Motif Abstrak

Mulai dari Rp54.000,00

Makin artistik berkat motif abstrak

Berkat motifnya yang abstrak, pelindung koper ini mampu membuat koper Anda terlihat makin estetik. Apabila Anda ingin membuat koper Anda terlihat lebih menawan, beralihlah ke produk ini. 


Berbahan poliester yang melar, Anda juga bisa dengan mudah melepas pasang cover koper ini. Tidak hanya elastis, sarung pelindung koper ini juga mudah dicuci, lho! Jadi, koper Anda dijamin senantiasa bersih dan terhindar dari goresan. 

No.6

Logu Sarung Koper Travel Kartun Lucu

Mulai dari Rp94.250,00

Motif karakter lucu, pilihan ukurannya banyak pula

Momen traveling bersama si kecil akan lebih menyenangkan bila Anda memiliki pelindung koper yang satu ini. Pelindung koper ini memiliki tampilan visual lucu dan pilihan warna terang yang akan membawa keceriaan tersendiri. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa jatuh hati dengan desainnya. Tersedia mulai dari ukuran kecil hingga besar, pilih saja sesuai kebutuhan Anda.

No.7

KalibreLuggage Cover994063999

Mulai dari Rp149.000,00

Desain minimalis dengan perlindungan maksimal

Pelindung koper waterproof keluaran Kalibre ini memang dirancang polos alias tidak bermotif. Tentunya produk ini cocok untuk Anda yang menyukai desain simpel atau monokrom. Anda juga bisa mengkreasikan cover koper ini dengan menambahkan patch, bordir nama ataupun gambar. Dengan begitu, Anda dapat mengenali koper Anda tanpa khawatir tertukar.

No.8

Pilihan warna yang beragam dengan fitur kunci TSA

Sarung atau cover koper ini tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 20 inci, 24 inci, dan 28 inci. Bila Anda menginginkan pelindung koper yang awet, antidebu, dan tahan air, produk ini cocok untuk Anda. Anda hanya perlu membersihkan bagian yang kotor dengan lap atau mencucinya secara berkala.

Lebih lanjut, cover koper merek Luggo ini memiliki empat varian warna yang beragam. Pilihan warnanya pun eye-catching sehingga mudah ditemukan. Pelindung koper ini juga bisa diandalkan karena dilengkapi fitur kunci TSA yang akan membuat Anda worry-free selama perjalanan!
No.9

Luggage Cover Bebas Custom Desain

Mulai dari Rp125.000,00

Bisa request design sesuka hati, asyik!

Ketika membeli cover koper yang satu ini, Anda bisa membuat desainnya secara custom. Dengan begitu, Anda bisa memberikan foto, gambar, atau logo apa saja untuk dicetak pada pelindung koper ini. 


Tersedia mulai size 19 inci hingga 32 inci, Anda jadi makin mudah menentukan ukurannya sesuai koper Anda. Bila Anda ingin memiliki pelindung koper tas berdesain unik dan tak ada duanya, pilihlah sarung koper custom ini. 

No.10

Passport Sarung Koper Eiffel

Mulai dari Rp269.000,00

Motif Eiffel, untuk penggemar kota Paris yang romantis

Jika Anda menyukai produk dengan motif landmark suatu kota, produk ini adalah pilihan terbaik. Khususnya untuk Anda yang menyukai kota Paris, mungkin akan tertarik dengan pelindung koper bermotif Eiffel yang satu ini.


Produk ini terbuat dari bahan spandeks premium sehingga dapat mengikuti bentuk koper dengan mudah. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi dengan lubang handel di bagian samping. Kendati demikian, produk ini tetap patut dipertimbangkan karena memiliki fitur pengunci berupa kunci kombinasi. Koper Anda pun jadi makin aman!

Cek bisa tidaknya pelindung koper dipindai menggunakan X-ray

Cek bisa tidaknya pelindung koper dipindai menggunakan X-ray

Jika Anda berencana memakai pelindung koper untuk koper kesayangan Anda, harap perhatikan hal-hal berikut ini. Pastikan pelindung koper tersebut dapat dipindai dengan mesin sinar-X. Pengecek barang di bandara (terutama penerbangan internasional) mengharuskan Anda membuka isi koper. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih pelindung koper yang tidak merepotkan dan gampang dilepas pasang

Baca juga rekomendasi koper lainnya di sini

Traveling terutama jarak jauh tentu membutuhkan performa koper yang bandel dan berkualitas. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli koper President, Polo, atau bahkan koper berdesain modis. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Cover koper biasanya digunakan untuk melindungi koper premium dan koper kesayangan dari goresan. Apabila harga koper Anda tergolong sedang, Anda juga bisa mempertimbangkan membeli koper baru sehingga bisa berganti model dan warna.

Akan lebih praktis pula membeli luggage cover yang bisa dicuci. Ada banyak jenis pelindung koper yang bisa Anda pilih, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Gunakanlah tips beserta rekomendasi di atas sebagai acuan menemukan produk yang Anda cari.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer