1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan kucing
  6. >
  7. 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair.


Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.

Diperbaharui 06-17-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan. drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Profil drh. Bella Fortuna
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih shampo untuk kucing

Produk sampo kucing seperti apa yang seharusnya Anda pilih? Agar lebih jelas, perhatikanlah poin-poin di bawah ini!

① Pilih shampo yang diformulasikan khusus untuk kucing

Pilih shampo yang diformulasikan khusus untuk kucing

Kami tidak menyarankan Anda menggunakan sampo anjing atau manusia untuk digunakan oleh kucing. Hal ini karena kucing, anjing, dan juga manusia memiliki pH kulit yang berbeda. Penggunaan sampo yang salah bisa berdampak kepada munculnya iritasi pada kucing peliharaan Anda. 


Karena itu, pilihlah sampo yang diformulasikan khusus untuk kucing. Namun, lain halnya jika Anda juga memiliki anjing, Anda bisa memilih sampo yang dapat digunakan oleh anjing dan kucing.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing memiliki struktur lapisan kulit yang berbeda dengan manusia. Kucing memiliki kelenjar keringat yang lebih sedikit. Jika kita memberikan sampo sembarangan, kulit kucing akan menjadi kering dan bulunya menjadi kering dan kusam. Kulit adalah pertahan pertama tubuh kucing. Jika pertahanan pertama rusak, akan timbul permasalahan di kulit.

② Gunakan shampo berbahan alami, organik, atau tanpa zat aditif

Gunakan shampo berbahan alami, organik, atau tanpa zat aditif

Kucing Anda mungkin rentan terhadap berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh alergi atau stres. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih produk sampo agar kondisi kulitnya tidak bertambah buruk akibat peradangan.


Kami menganjurkan Anda memilih sampo kucing yang berbahan alami, organik, atau tanpa zat aditif. Sebaliknya, hindari sampo yang mengandung surfaktan buatan atau bahan kimia lain yang memicu reaksi alergi.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Sampo kucing biasanya diformulasikan khusus dengan bahan pilihan yang aman berdasarkan kebutuhan kulitnya. Bahan aditif akan membuat kulit menjadi sensitif dan timbul reaksi alergi, seperti gatal, bulu rontok, dan kemerahan di kulit.

③ Cek shampo yang memiliki efek deodoran

Cek shampo yang memiliki efek deodoran

Sampo kucing digunakan untuk berbagai alasan, misalnya menghilangkan bau pesing atau membersihkan kotoran di tubuh kucing. Nah, daripada memilih sampo dengan tambahan pewangi, sebaiknya pilih sampo yang memiliki efek deodoran. 


Zat yang terkandung di dalamnya akan menekan bau pada tubuh kucing sehingga membuat Anda merasa nyaman. Itulah sebabnya sampo semacam ini sangat direkomendasikan untuk kucing yang senang bermain di luar rumah.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Banyak merek sampo kucing yang menambahkan komposisi deodoran dalam kandungannya. Deodoran sendiri memiliki banyak manfaat dibandingkan parfum. Deodoran mampu menyerap bau tanpa menimbulkan iritasi kulit.

④ Pertimbangkan shampo tanpa pewangi berlebihan

Pertimbangkan shampo tanpa pewangi berlebihan

Anda mungkin ingin memilih sampo kucing dengan wewangian yang kuat sesuai selera Anda. Tahan dahulu keinginan ini! Faktanya, kucing merasa nyaman dengan bau tubuhnya sendiri dan cenderung stres saat mencium wewangian yang tajam. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan kucing mengusapkan bau tubuh mereka ke lingkungan sekitar untuk menandai teritorial mereka.


Meski Anda memilih sampo yang minim wewangian sekalipun, beberapa kucing masih memiliki penciuman yang sensitif. Supaya lebih aman, sebisa mungkin pilih sampo yang tidak berbau atau hanya mengandung sedikit wewangian.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing yang dimandikan biasanya cenderung mengalami stres. Hal ini terjadi karena dia bertemu dengan air dan tidak nyaman dengan bau sampo yang terlalu wangi dan menyengat.

⑤ Sesuaikan ukuran shampo dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran shampo dengan kebutuhan

Anda perlu menyesuaikan ukuran sampo kucing yang hendak dibeli dengan kebutuhan kucing peliharaan masing-masing. Jika Anda cukup rutin memandikannya, pilihlah produk berukuran besar. Sebaliknya, pilihlah ukuran yang lebih kecil jika Anda jarang memandikan kucing.


Umumnya, Anda perlu mengeramasi kucing sekali dalam sebulan, khususnya untuk kucing berbulu putih, lebat, keriting, dan jenis hairless. Kucing jenis lainnya cukup dikeramasi satu hingga dua kali setahun, terutama jika ia sangat kotor atau mengalami siklus berahi. Jadi, pilihlah sampo yang sesuai dengan frekuensi memandikan kucing dan cocok dengan jenis kucing Anda, ya.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Aktivitas memandikan kucing sebaiknya dilakukan dua kali dalam satu bulan. Karena jika sering dimandikan, lapisan kulit akan menjadi kering. Hal tersebut akan merusak pertahanan kulit luar sehingga mudah terkena penyakit kulit seperti iritasi, bulu rontok, dan kemerahan. 


Gunakan sampo sesuai masalah kesehatan kulitnya. Jika kucing terkena jamur, pilihlah sampo dengan formulasi antijamur. Begitu juga saat kucing memiliki kutu, ketombe, bulu rontok, pilih sampo sesuai kebutuhan.

10 Rekomendasi shampo kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shampo kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Clever Solutions

Anti Flea & Tick Shampoo

Clever Solutions Anti Flea & Tick Shampoo 1枚目

Shampo antikutu, antijamur, dan antibakteri

2

Raid-All

Smooth Touch Cat Shampo

Raid-All Smooth Touch Cat Shampo 1枚目

Lengkap dengan kondisioner, membersihkan sekaligus melembutkan bulu anabul

3

Olive Care

Shampo Kucing Oil Free Degreaser

Olive Care Shampo Kucing Oil Free Degreaser 1枚目

Shampo antirontok sekaligus dapat mengembangkan bulu secara alami

4

Raid-All

Medicated Cat Shampoo

Raid-All Medicated Cat Shampoo 1枚目

Lindungi kucing kesayangan dari masalah kulit iritasi

5

Kittenspark

I’m Organic Daily Care Cat Shampoo

Kittenspark I’m Organic Daily Care Cat Shampoo 1枚目

Formulasi antikusut, cocok untuk kucing tipe long hair

6

M-Pets

Shampoo Kucing Disinsectization

M-Pets Shampoo Kucing Disinsectization 1枚目

Medicated shampoo untuk mencegah dan mengobati luka, ruam, dan gatal

7

Maxima

Mousse Waterless Foam Shampoo / Cat Dry Shampoo

Maxima Mousse Waterless Foam Shampoo / Cat Dry Shampoo 1枚目

Waterless shampoo, solusi memandikan kucing tanpa drama

8

Bioline

Cat Shampoo Especially Mild Care

Bioline Cat Shampoo Especially Mild Care 1枚目

Ekstrak kamomilnya membuat bulu tampak berkilau dan sehat

9

Bio-Groom

Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Bio-Groom  Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo 1枚目

Bebas sabun, tetapi efektif menghilangkan bau!

10

Espree

Bright White Cat Shampoo

Espree Bright White Cat Shampoo 1枚目

Shampo organik spesial untuk kucing berbulu putih

Perincian produk
Close
No.1

Clever SolutionsAnti Flea & Tick Shampoo

Mulai dari Rp30.000,00

Shampo antikutu, antijamur, dan antibakteri

Apabila kucing Anda sering menggaruk tubuhnya, bisa saja hal ini karena kutu atau parasit lainnya. Oleh karena itu, produk ini wajib masuk dalam daftar belanja Anda. Sampo ini diformulasikan dengan bahan-bahan yang efektif membasmi kutu, jamur, serta bakteri. 


Ulangi pemakaian sampo ini tiap tiga hingga tujuh hari sekali. Dengan demikian, tak hanya kulit yang sehat, bulu anabul Anda pun tampak lembut dan lebat.

No.2

Raid-AllSmooth Touch Cat Shampo

Mulai dari Rp119.000,00

Lengkap dengan kondisioner, membersihkan sekaligus melembutkan bulu anabul

Produk ini diklaim sebagai produk dwifungsi yang bisa dijadikan sampo sekaligus kondisioner untuk kucing. Produk ini mengandung surfaktan yang diklaim lembut dan anti-iritasi, tetapi mampu membersihkan dengan baik.

Kondisionernya bekerja melembutkan dan melembapkan, sedangkan samponya membersihkan dan membuat bulu kucing tampak sehat berkilau. Kombinasi formula penolak UV, vitamin E, dan vitamin B5 berkhasiat sebagai anti-inflamasi. Jika Anda menyukai kepraktisan, produk ini tidak boleh Anda lewatkan.
No.3

Olive CareShampo Kucing Oil Free Degreaser

Mulai dari Rp88.000,00

Shampo antirontok sekaligus dapat mengembangkan bulu secara alami

Olive Care merupakan produk sampo kucing asal Prancis. Produk yang akan kami perkenalkan kali ini adalah varian sampo degreaser-nya. Manfaat sampo kucing ini adalah untuk mengurangi minyak berlebih pada kucing tanpa membuatnya kering. Selanjutnya, sampo ini juga berkhasiat membuat bulu kucing tampak mengembang indah secara alami. 


Hal yang tak kalah penting adalah khasiat sampo dalam mengurangi kerontokan bulu kucing. Jika kucing Anda berkulit sensitif, produk ini juga aman dipakai. Makin sempurna lagi, produk ini bisa digunakan untuk new born hingga adult cat. 

No.4

Raid-AllMedicated Cat Shampoo

Mulai dari Rp37.500,00

Lindungi kucing kesayangan dari masalah kulit iritasi

Medicated Cat Shampo dari Raid-All ini baik bagi kucing Anda yang mengalami masalah gatal, fungus, bakteri, dan iritasi kulit. Selain itu, formula triclosan dan salicylic acid-nya berfungsi sebagai antibakteri yang dianjurkan dokter hewan untuk mengatasi masalah kulit. Sebagai catatan, produk ini dapat digunakan untuk kucing dengan usia di atas 6 minggu.
No.5

KittensparkI’m Organic Daily Care Cat Shampoo

Mulai dari Rp54.000,00

Formulasi antikusut, cocok untuk kucing tipe long hair

Merek I’m Organic atau sering disebut IMO menjadi salah satu produk perawatan kucing yang populer di Indonesia. Sampo ini direkomendasikan bagi Anda yang menyukai produk organik dan alami. Sampo ini mengandung bahan alami asli Indonesia seperti buah kelapa dan sari kedelai. 


Selain itu, produk ini juga memiliki formula antikusut sehingga ideal untuk melembutkan bulu kucing. Jika kucing Anda termasuk yang memiliki bulu panjang dan lebat sehingga mudah kusut, coba pertimbangkan sampo ini.

No.6

M-PetsShampoo Kucing Disinsectization

Mulai dari Rp69.000,00

Medicated shampoo untuk mencegah dan mengobati luka, ruam, dan gatal

Luka, ruam, dan gatal pada kucing bisa disebabkan karena kutu, tungau, atau parasit lainnya. Nah, apabila Anda mencari sampo antibakteri untuk kucing peliharaan Anda, cobalah produk ini. Sampo ini efektif mencegah sekaligus mengobati luka dan ruam pada kulit kucing Anda yang sensitif.

Sampo ini mengandung bahan-bahan alami, seperti margosa extract, jojoba oil, lavender oil, dan citronella oil. Kesehatan kucing Anda pun dapat terjamin dengan baik!
No.7

MaximaMousse Waterless Foam Shampoo / Cat Dry Shampoo

Mulai dari Rp60.000,00

Waterless shampoo, solusi memandikan kucing tanpa drama

Produk ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin grooming kucing secara cepat tanpa air. Apabila kucing Anda takut air, dry shampoo bertekstur mousse ini bisa dijadikan pilihan. Sampo tanpa bilas ini juga ideal untuk membersihkan beberapa bagian tubuh saja, misalnya saat kucing Anda habis dari toilet. 

Cara pakainya pun mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan produknya beberapa pump, lalu mengusapkannya merata ke tubuh kucing. Tanpa perlu dibilas, gunakan handuk kering untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal. 
No.8

BiolineCat Shampoo Especially Mild Care

Mulai dari Rp62.000,00

Ekstrak kamomilnya membuat bulu tampak berkilau dan sehat

Apakah Anda ingin bulu kucing Anda tampak berkilau dan sehat? Produk inilah jawabannya! Diproses dengan teknologi Jerman, sampo dari Bioline dibuat dengan pengawasan dan rekomendasi dari dokter hewan profesional. 


Kesehatan bulu dan kulit kucing akan terpelihara berkat formula yang lembut dan rendah iritasi dari ekstrak kamomil. Satu botol saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kucing Anda setiap bulannya.

No.9

Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Mulai dari Rp147.400,00

Bebas sabun, tetapi efektif menghilangkan bau!

Sampo yang kami rekomendasikan berikutnya merupakan sampo untuk anak kucing (kitten shampoo). Di antara produsen perawatan hewan peliharaan terbaik, Bio-Groom dikenal memiliki bahan alami yang aman. Sampo berbahan soap-free ini direkomendasikan oleh para top breeder dan professional groomer

Kandungan deodorannya dapat mengontrol bau tubuh kucing dan tidak meninggalkan residu kimia penyebab iritasi. Produk ini bekerja membersihkan bulu pada anak kucing tanpa menghilangkan lapisan minyak pelindung yang ada di kulitnya. Karena bahannya soap-free, sampo ini lebih mudah dibilas. Memandikan kucing yang hiperaktif pun jadi lebih hemat waktu!

No.10

EspreeBright White Cat Shampoo

Mulai dari Rp183.000,00

Shampo organik spesial untuk kucing berbulu putih

Memiliki kucing berbulu putih memang terkadang membuat deg-degan. Pasalnya, bulunya yang putih lebih rawan kotor saat ia bermain. Untuk itu, Anda butuh sampo khusus untuk kucing berbulu putih. Sesuai namanya, produk ini direkomendasikan untuk kucing berbulu putih. Sampo ini diformulasikan dengan lidah buaya organik, jojoba, dan kondisioner berbahan dasar kelapa. 

Produk ini mampu membersihkan secara lembut dan mengembalikan warna bulu asli kucing Anda. Selain itu, produk ini mengandung bahan-bahan alami sehingga Anda tidak perlu mencemaskan keamanannya. Bahannya yang lembut menjaga kulit dan bulu kucing Anda dari kekeringan dan kerontokan.

Tips mengeramasi kucing dengan baik

Tips mengeramasi kucing dengan baik

Sebelum mengeramasi kucing, potong terlebih dahulu kukunya dan sisir bulunya secara merata. Dengan begitu, Anda bisa mengeramasi kucing dengan lembut tanpa perlu khawatir tersangkut bulunya yang kusut. Selanjutnya, basahi tubuh kucing dengan air hangat bersuhu sekitar 36 derajat Celsius dan gosok sampo hingga berbusa.


Setelah itu, bilas tubuh kucing hingga tidak ada sampo yang tertinggal, lalu keringkan dengan handuk. Anda juga dapat mengeringkannya dengan pengering rambut, terutama jika kucing Anda memiliki bulu yang panjang dan lebat.


Apabila kucing sulit untuk dimandikan, kemungkinan suhu airnya tidak pas atau ada bunyi yang mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengatur suhu dan tekanan air. Namun, jika kucing masih menolak dimandikan, Anda dapat menggunakan dry shampoo dan bak mandi khusus hewan peliharaan.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Tips memandikan kucing:

  1. Potong kuku kucing untuk mengantisipasi cedera saat mencakar kita.
  2. Bersihkan telinganya menggunakan baby oil. Tuangkan baby oil pada kapas lalu bersihkan telinganya perlahan secara bergantian.
  3. Bersihkan kotoran mata dan hidung menggunakan tisu yang lembut.
  4. Sisir bulu kucing yang menggumpal.
  5. Tutup telinga kucing dengan kapas saat akan mandi. Jika telinga kemasukan air, kucing akan terkena otitis.
  6. Mulai mandikan kucing dengan membasahi tubuhnya menggunakan air hangat agar kucing merasa nyaman. Usahakan memandikan kucing di wastafel.
  7. Pegang bawah leher agar mudah di-handling.
  8. Tuangkan sampo kucing secukupnya kemudian ratakan ke seluruh tubuh menggunakan tangan dengan lembut. Hindari penggunaan sikat karena menyebabkan bulu rontok.
  9. Bilas dengan air hangat secara perlahan.
  10. Keringkan dengan kanebo yang bisa mempercepat penyerapan air dari bulu kucing.
  11. Letakkan kucing di kandang kecil untuk kemudian dikeringkan menggunakan blower atau hairdryer.

Tips dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna

Tips dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna

Memandikan kucing sebaiknya cukup dua kali dalam satu bulan. Hindari memandikan kucing saat sedang sakit karena bisa membuat stres. Ketika kucing sedang stres, imun kucing menurun yang kemudian bisa memperburuk keadaan kucing. 


Hindari menjemur kucing setelah mandi di bawah sinar matahari. Sebaiknya gunakan hairdryer untuk mengeringkan bulu kucing. Kucing yang sedang bunting tidak boleh dimandikan. Untuk kucing yang baru divaksin sebaiknya melakukan grooming dua minggu setelah vaksin.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk kucing di sini

Selain sampo, kami juga mempunyai rekomendasi produk lainnya untuk kucing, seperti sikat gigi, baju, vitamin, dan lainnya. Beberapa produk tersebut mungkin sedang Anda butuhkan. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Memilih sampo kucing memang terasa sulit pada awalnya. Namun, jika sudah mendapatkan produk yang cocok, kegiatan memandikan kucing akan jauh lebih mudah. Selain itu, memandikan kucing akan menciptakan interaksi yang menyenangkan antara pemilik dan kucing kesayangannya.


Karena hewan peliharaan adalah bagian dari keluarga, pilihlah sampo yang efektif menjaga kesehatan dan kebersihan kulitnya. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda, ya. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer