10 Rekomendasi Chukka Boots Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Chukka Boots Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

Chukka boots adalah jenis sepatu bot yang serasi digunakan baik bersama dengan pakaian resmi maupun kasual. Terdapat berbagai variasi chukka boots berdasarkan model, warna, bahan, dan harga. Hal ini mungkin membuat sebagian dari Anda bingung menentukan pilihan.

Kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi chukka boots khusus pria, dari merek Clarks, Dr. Martens, dan Timberland. Produk rekomendasi kami cukup bervariasi dan dapat Anda beli di toko online. Namun, sebelumnya kami akan memberikan tips dalam memilih chukka boots. Ayo, simak bersama!

Daftar isi

Apa itu chukka boots?

Apa itu chukka boots?

Sekitar abad ke-19, chukka boots adalah sepatu yang digunakan di pertandingan olahraga polo. Istilah chukka boots mengacu pada sepatu bot berbahan kulit setinggi pergelangan kaki yang biasanya memiliki 2-3 lubang tali. Ada banyak variasi chukka boots, tetapi secara umum karakteristiknya sama, yaitu sebagai berikut:

  • Bentuk eye-catching yang tingginya sampai ke pergelangan kaki dan memiliki 2-3 lubang tali,
  • Bagian ujungnya membulat dan datar,
  • Bagian sekeliling punggung kaki (vamp) dan bagian belakang tungkai bawah kaki (quarter), masing-masing terbuat dari selembar kulit, dan
  • Bagian solnya memiliki lapisan bahan kulit tipis.

Serupa dengan model chukka boots, terdapat pula desert boots. Bedanya, sepatu bot model ini menggunakan sol yang terbuat dari bahan karet dan crepe (karet lembut berkerut). Jadi, desert boots memiliki kesan yang lebih kasual dibandingkan chukka boots.

Cara memilih chukka boots untuk pria

Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai poin cara memilih chukka boots berdasarkan dari segi bahan dan ukuran. Bagi Anda yang masih bingung memilih chukka boots yang cocok dengan gaya fashion Anda, jadikan penjelasan kami sebagai referensi!

Suede atau kulit? Pilih chukka boots berdasarkan bahannya

Suede atau kulit? Pilih chukka boots berdasarkan bahannya

Bahan kulit terlihat menarik berkat finishing-nya yang mengilat. Sementara itu, bahan suede (kain halus seperti beledu) memiliki corak yang unik dan model yang menarik. Karena keunggulan itulah kedua bahan ini digunakan pada chukka boots.

Jika masih bingung, pilihlah bahan sepatu yang sesuai dengan gaya busana harian Anda. Bagi Anda yang cenderung berbusana semiformal seperti celana dan jaket kain, kami merekomendasikan chukka boots berbahan kulit. Sedangkan untuk Anda yang lebih sering tampil kasual, pilihlah chukka boots berbahan suede.

Pilih ukuran yang lebih besar atau lebih kecil?

Pilih ukuran yang lebih besar atau lebih kecil?

Banyak orang berpendapat bahwa sebaiknya memilih ukuran sepatu bot yang lebih kecil dari ukuran kaki. Alasannya karena bahan kulit akan melar beberapa milimeter jika sepatu sering digunakan. Apakah pendapat ini benar?

Bahan kulit memang akan bertambah melar beberapa milimeter saat digunakan. Hal ini membuat Anda merasa seperti sedang memakai sepatu yang berukuran 0,5 cm lebih besar. Memakai chukka boots yang kekecilan hanya akan membuat kaki sakit dan terluka. Di sisi lain, Anda akan kesulitan berjalan dengan boots yang kebesaran. Boots yang kekecilan ataupun kebesaran tentunya tidak nyaman digunakan.

Oleh sebab itu, pilihlah sepatu berukuran pas. Hal ini direkomendasikan karena Anda akan nyaman menggunakannya. Namun, berhati-hatilah karena ukuran kaki dalam masa pertumbuhan akan cepat bertambah besar sehingga Anda perlu membeli sepatu baru.

Panjang dan lebar ukuran sepatu dapat berbeda tergantung dari kebijakan produsennya. Meskipun nomor ukurannya sama, besarnya bisa berlainan antara satu produk dengan produk lainnya. Jadi, bacalah review pengguna sebelum memilih produk yang Anda inginkan.

10 Rekomendasi chukka boots terbaik untuk pria

Berikut ini kami memberikan rekomendasi chukka boots yang dapat Anda beli di toko online. Silakan pilih produk yang sesuai dengan gaya busana Anda. Selamat memilih!

10. Sauqi Chukka Boots

10. Sauqi Chukka Boots

Lihat produk ini Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 240.000

Sepatu berdesain vintage dengan kenyamanan yang mirip sneakers

Produk yang satu ini tidak memiliki hak seperti chukka boots pada umumnya. Jadi, Anda dapat mengenakannya senyaman sepatu sneakers. Bahannya terbuat dari kulit sapi premium yang dilapisi wax (crazy horse) sehingga sepatu terlihat mengilat.

Sementara itu, kualitas bahan sol karet dan insole yang bagus juga membuat Anda nyaman memakainya. Dengan semua keunggulan tersebut, sepatu bot ini cocok digunakan oleh semua pengguna dari berbagai rentang umur.

Bahan Kulit
Ukuran EU 39-44

9. Piede Vintage Cap Toe Chukka Boots

9. Piede Vintage Cap Toe Chukka Boots

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 795.000

Jahitan sol rapi karena dijahit manual dengan tangan

Piede merupakan merek sepatu asal Bandung. Produk dari Piede ini dibuat handmade dan unggul dari segi kualitas jahitannya yang rapi. Sol bawahnya terbuat dari bahan crepe yang ringan dan dijahit dengan konstruksi stichdown yang terlihat klasik.

Bahan utamanya terbuat dari kulit lembut dan elastis sehingga fleksibel mengikuti kontur kaki saat digunakan. Untuk menambah nilai estetika, Piede menggunakan benang suede untuk menjahit bagian kulit dengan sol. Apabila Anda mencari produk fungsional sekaligus berseni, chukka boots ini cocok untuk Anda.

Bahan Kulit
Ukuran EU 40-44

8. Sperry Top Sider Gold Cup Chukka Boots

8. Sperry Top Sider Gold Cup Chukka Boots

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 916.000

Bagian jari kaki lebar, bergerak pun jadi lebih bebas!

Bagi Anda yang ingin melangkah lebih leluasa dan ringan, produk ini adalah pilihannya. Sperry Top Sider Gold Cup Chukka Boots memiliki bentuk unik dengan empat lubang tali. Keunikan lainnya adalah bagian depan sepatu yang berbentuk lebar. Jadi, pergerakan jari kaki Anda lebih nyaman dan tidak sakit.

Bahan Tidak disebutkan
Ukuran EU 40-42

7. Timberland Waterproof Chukka Boots

7. Timberland Waterproof Chukka Boots

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.643.000

Kaki nyaman dan kering berkat teknologi anti-fatigue dan waterproof

Timberland adalah perusahaan busana outdoor yang membuat produk berkualitas. Produk chukka boots dari mereka, menggunakan bahan kulit berteknologi antiair, tetapi tidak membuat kaki gerah. Dengan begitu, meskipun jalanan becek, kaki Anda tetap kering dan nyaman.

Di bagian sol, Timberland menggunakan teknologi Anti-Fatigue. Teknologi tersebut memungkinkan sepatu menyerap getaran sehingga kaki tidak sakit saat banyak berjalan. Bagi Anda yang menginginkan sepatu sarat teknologi, sepatu bot ini cocok untuk Anda.

Bahan Nubuck leather
Ukuran EU 37-49

6. Andre Valentino Faruq

6. Andre Valentino Faruq

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.301.000

100% leather upper pas untuk fashion style yang resmi

Produk lokal asal Jakarta ini terbuat dari bahan 100% leather upper. Artinya, seluruh bagian atas sepatu (vamp, quarter, dan tongue) terbuat dari kulit. Sepatu ini cocok dipakai untuk Anda yang memakai outfit bergaya resmi seperti pakaian kantor. Modelnya lebih berkesan formal dibandingkan chukka boots pada umumnya.

Bahan Kulit
Ukuran EU 36-40

5. Joey Footwear Joey Guzel

5. Joey Footwear Joey Guzel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 165.000

Sepatu dengan bobot dan harga yang sama-sama ringan

Kulit chukka boots ini terbuat dari bahan sintetis sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan produk lainnya. Meskipun tidak sekuat kulit asli, kulit sintetis memiliki bobot yang ringan. Kaki Anda dijamin tidak terlalu lelah saat berjalan dengan sepatu bot ini.

Sementara itu, solnya terbuat dari bahan karet antiselip. Anda tidak akan mudah tergelincir saat memakai boots ini di permukaan yang licin. Bagi Ada yang ingin nyaman beraktivitas dengan sepatu kulit berharga terjangkau, boots ini cocok untuk Anda.

Bahan Kulit sintetis
Ukuran EU 39-43

4. Guten Inc Puntondas Nappa Brown

4. Guten Inc Puntondas Nappa Brown

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 683.000

Tampil mewah indoor maupun outdoor dengan sepatu mengilat

Guten Inc adalah produk asal Bandung dengan produk yang kekinian. Produk sepatu terpopulernya untuk kategori boots adalah Puntondas Nappa Brown. Bahan sepatunya terbuat dari 100% genuine nappa leather yang lembut dan mengilat. Jadi, kesan mewah langsung terlihat begitu Anda mengenakannya.

Jika Anda menginginkan produk domestik kelas atas yang tetap mewah dipakai indoor maupun outdoor, boots ini dapat dipilih. Bahan outsole-nya terbuat dari karet GT. Karet jenis ini mampu mencegah sol cepat abrasi meski sering dipakai di jalanan yang kasar dan berbatu.

Bahan Nappa leather
Ukuran EU 40-45

3. Clarks Bushacre 2 Boot

3. Clarks Bushacre 2 Boot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.595.000

Desain iconic dengan bahan suede yang sejuk

Dengan bentuk yang mirip chukka boots, desert boots pertama kali dipopulerkan oleh merek Clarks. Bushacre 2 adalah classic style desert boots yang menggunakan outsole berbahan karet fleksibel. Dengan demikian, tipe ini memiliki traksi yang lebih “menggigit“ dibandingkan crepe sole.

Lalu, bentuk dan upper material berbahan suede yang populer sejak tahun 1940-an sebagai ciri Clarks tetap dipertahankan. Bahannya membuat kaki Anda senantiasa sejuk karena bersirkulasi udara. Jika Anda menginginkan sepatu bot yang adem dengan desain melegenda, kami merekomendasikan boots ini.

Bahan Suede
Ukuran EU 40-49

2. Red Wing Heritage Beckman Chukka Boots

2. Red Wing Heritage Beckman Chukka Boots

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.950.000

Sepatu versatile untuk gaya simpel nan sophisticated

Chukka boots dengan dua lubang tali ini memiliki kulit yang tebal sehingga tidak mudah rusak. Bagian ujung sepatunya cukup lebar agar kaki Anda tidak kesempitan. Jadi, Anda pun dapat bergerak dengan leluasa.

Jika Anda menyukai model chukka boots sederhana, tetapi elegan, produk ini jawabannya. Bahan kulit yang mengilat dengan warna cokelat tua menambah kesan stylish untuk gaya busana kasual dan semiformal. Sepatu ini juga menggunakan sol berbahan karet yang tahan air sehingga dapat dipakai pada hari hujan.

Bahan Kulit
Ukuran EU 41-44

1. Dr. Martens Lea Grizzly

1. Dr. Martens Lea Grizzly

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.038.000

Hardcore boots yang awet dipakai sehari-hari

Dr. Martens Lea Grizzly merupakan sepatu bot tahan banting untuk pemakaian harian. Dengan menggunakan bahan heavyweight leather, produk ini sangat awet dipakai. Kontras dengan kulit luarnya yang “hardcore“, bahan dalamnya justru lembut dan nyaman karena dilapisi busa di bagian ankle.

Bagian solnya menggunakan signature, air-cushioned sole. Udara yang terdapat di dalam sol tersebut nyaman menopang kaki Anda saat berdiri, berjalan, ataupun berlari. Kami merekomendasikan produk indestructible ini bagi para heavy users yang memakai sepatu bot untuk aktivitas sehari-hari.

Bahan Heavyweight leather
Ukuran EU 40-47

Baca juga rekomendasi produk sepatu terbaik untuk pria lainnya!

Tidak hanya chukka boots, masih banyak sepatu pria lainnya yang dapat membuat penampilan Anda lebih fashionable. Jika Anda tertarik, silakan cek artikel berikut ini!

Kesimpulan

Demikian tips mengenai cara memilih chukka boots dan rekomendasi beberapa produk chukka boots terbaik untuk kaum pria. Mulai dari produk berbahan kulit yang berkualitas tinggi hingga boots yang terbuat dari bahan suede, semuanya bisa Anda pilih sesuai gaya fashion Anda.

Kenyamanan ketika digunakan, ukuran, desain, atau modelnya merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam memilih chukka boots. Jadikan rekomendasi produk dari kami sebagai pedoman memilih sepatu bot idaman Anda. Gunakan boots favorit Anda untuk melengkapi gaya stylish, British gentlemen!