• 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu cara melindungi mata dan area di sekitarnya saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Namun, banyak orang yang bingung dalam mencari kacamata yang paling efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti-UV agar Anda dapat menemukan produk yang ideal sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai brand yang sudah tidak asing lagi, seperti Ray-Ban, dan Oakley. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi kulit Anda dari radiasi UV penyebab bintik hitam!
  • Pembaharuan terakhir: 03 Februari 2021
  • 56.734 Views
Daftar isi

Cara memilih kacamata anti-UV

Saat membeli kacamata anti-UV, Anda mungkin akan menanyakan rekomendasi kepada penjaga toko. Namun, terkadang informasi dari penjaga tidak cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Atau ketika Anda ingin membeli kacamata anti-UV lewat Internet, adakalanya informasi yang diberikan sangat terbatas. Akibatnya Anda tidak bisa mengetahui secara pasti seberapa kuat kacamata tersebut mampu menangkal dan menghalau sinar UV.
Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa informasi yang dapat Anda gunakan untuk memilih kacamata anti UV.

Pilih berdasarkan keterangan angka yang tertera

Hal yang paling penting dalam memilih kacamata dengan kinerja anti-ultraviolet yang tinggi adalah dengan melihat nilai numerik yang ditunjukkan. Akan tetapi, semakin tinggi performanya, biasanya harganya juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikannya dengan budget yang Anda siapkan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai poin-poin informasi yang tertulis pada kacamata anti-UV!

Perhatikan persentase UV-cut yang menunjukkan banyak sinar ultraviolet yang dapat dihalau

Perhatikan persentase UV-cut yang menunjukkan banyak sinar ultraviolet yang dapat dihalau
Persentase UV-cut adalah angka yang menunjukkan jumlah sinar ultraviolet yang dapat dihalau suatu kacamata anti-UV. Ini artinya kacamata dengan kemampuan UV-cut 80% mampu menghalangi 80% sinar ultraviolet agar tidak masuk mengenai mata Anda. Semakin tinggi persentase UV-cut, semakin tinggi pula kemampuannya untuk menghalau masuknya radiasi sinar ultraviolet. Saat ini produk dengan tingkat penghalau ultraviolet 100% pun telah mulai dijual di pasaran.

Cek tingkat transmitans sinar UV-nya

Cek tingkat transmitans sinar UV-nya
Istilah “transmitans ultraviolet” mungkin sedikit membingungkan karena seolah sinar UV diteruskan ke area sekitar mata. Transmitans ultraviolet menunjukkan seberapa banyak sinar UV yang menembus lensa kacamata. Berbeda dengan persentase UV-cut, pilihlah nilai transmitans UV yang rendah. Ini berarti hanya sedikit sinar UV yang akan mengenai area sekitar mata Anda. Jika angka transmitans ultraviolet suatu produk adalah 20%, berarti sekitar 80% sinar ultraviolet dapat dihalau oleh kacamata tersebut.
Saat ini produk kacamata dengan transmitans ultraviolet kurang dari 0,1% juga sudah beredar di pasaran. Produk semacam itu bisa dikatakan memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam menghalau radiasi sinar UV.

Perhatikan keterangan gelombang sinar ultraviolet yang bisa dihalau

Perhatikan keterangan gelombang sinar ultraviolet yang bisa dihalau
Di antara kacamata anti-UV yang beredar di pasaran, ada yang menunjukkan keterangan “UV400”. Standar ini pertama kali digunakan di Australia di mana sinar ultravioletnya sangat kuat. Angka 400 menunjukkan panjang gelombang yang berarti Anda bisa menghalau sinar ultraviolet dengan panjang gelombang hingga 400 nm (nanometer).
Panjang gelombang sinar ultraviolet dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu UV-A (315 – 400 nm), UV-B (280 – 315 nm), dan UV-C (200 – 280 nm). Dengan kata lain, kacamata yang mampu menghalau hingga 400 nm menunjukkan bahwa produk tersebut bisa digunakan untuk semua jenis sinar ultraviolet. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih kacamata anti-UV yang memiliki keterangan UV400.

Pilih kacamata dengan warna lensa yang tidak terlalu pekat

Pilih kacamata dengan warna lensa yang tidak terlalu pekat
Orang-orang cenderung memilih kacamata anti-UV dengan lensa yang warnanya pekat atau gelap karena mengira kemampuan anti-ultravioletnya lebih tinggi. Namun, sebenarnya warna yang semakin gelap justru akan menjadikan lensa tersebut lebih mudah menyerap sinar ultraviolet. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih produk yang warna lensanya tidak terlalu pekat.
Mengapa kacamata dengan lensa berwarna lebih gelap dikatakan lebih mudah menyerap sinar ultraviolet? Hal ini karena pupil mata memiliki mekanisme untuk melebar saat berada di tempat yang gelap guna menyerap cahaya. Jadi, bila Anda mengenakan kacamata anti-UV dengan warna gelap, pupil mata akan melebar untuk menyerap cahaya lebih banyak. Akibatnya, sinar ultraviolet juga lebih mudah masuk ke dalam mata.
Dengan mempertimbangkan mekanisme ini, pilihlah lensa dengan warna yang tidak terlalu pekat jika Anda ingin menekankan fungsi anti-ultraviolet. Namun, jika Anda mengutamakan fitur untuk menghalau cahaya yang menyilaukan, pilihlah kacamata dengan lensa berwarna gelap.

Pilih kacamata dengan desain lensa yang cukup besar

Pilih kacamata dengan desain lensa yang cukup besar
Jika Anda menginginkan fitur anti-UV yang maksimal, pilihlah kacamata dengan ukuran lensa yang cukup besar. Sinar ultraviolet tidak hanya datang dari arah depan, tetapi juga dari atas dan samping. Jika lensa kacamata berukuran kecil, Anda tidak akan bisa menutupi bagian atas, bawah, kiri, atau kanan. Ada kemungkinan Anda akan terkena sinar ultraviolet dari arah tersebut. Oleh karena itu, pilihlah kacamata anti-UV yang lensanya cukup besar dan mampu menutupi area mata dengan baik dari berbagai arah.
Kacamata anti-UV juga hadir dalam berbagai bentuk. Ada beragam pilihan kacamata yang lensanya besar dengan bentuk frame yang sesuai. Namun, karena frame dapat memberikan kesan yang bervariasi pada wajah orang yang memakainya, ada baiknya jika Anda mengenali bentuk wajah sendiri sebelum memilih kacamata anti-UV yang diinginkan.

10 Rekomendasi kacamata anti-UV terbaik

Setelah menjelaskan tentang cara memilih kacamata anti-UV, selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Karena memfokuskan pada fungsi anti-UV, kami memilih produk-produk yang memiliki kemampuan tinggi dalam menghalau sinar ultraviolet!
10
UV-cut100%
UV400Tidak disebutkan
9
UV-cutTidak disebutkan
UV400
8

HDCRAFTER ZT008

Mulai dari Rp 175.000,00

UV-cutTidak disebutkan
UV400
7

EsoGoalSunglasses

Mulai dari Rp 76.000,00

UV-cut100%
UV400UV-A, UV-B
6

OakleyFrogskins (Asia Fit)

Mulai dari Rp 1.750.000,00

UV-cut100%
UV400
5
UV-cutTidak disebutkan
UV400
4
UV-cut100%
UV400Tidak disebutkan
3

Revo Baseliner Crystal Grey

Mulai dari Rp 4.448.000,00

UV-cut100%
UV400
2
UV-cut100%
UV400Tidak disebutkan
1
UV-cut100%
UV400

Tabel perbandingan produk kacamata anti UV terbaik

Gambar produk
1
Oakley Holbrook 1

Oakley

2
Ray-Ban Erika Color Mix 1

Ray-Ban

3
Revo  Baseliner Crystal Grey 1

Revo

4
Ray-Ban New Wayfarer Classic 1

Ray-Ban

5
Police Tide Fishing Polarized Sunglasses 1

Police

6
Oakley Frogskins (Asia Fit) 1

Oakley

7
EsoGoal Sunglasses 1

EsoGoal

8
HDCRAFTER  ZT008 1

HDCRAFTER

9
Bruno Dunn 6560 Sunglasses 1

Bruno Dunn

10
Vivid Dream Kacamata Anti UV 1

Vivid Dream

Nama produk

Holbrook

Erika Color Mix

Baseliner Crystal Grey

New Wayfarer Classic

Tide Fishing Polarized Sunglasses

Frogskins (Asia Fit)

Sunglasses

ZT008

6560 Sunglasses

Kacamata Anti UV

Keunggulan

Gaya klasik untuk memberikan fashion statement pada penampilan Anda!

Visual lebih jernih dan mengurangi ketegangan pada mata

Tetap menempel stabil menemani aktivitas outdoor Anda!

Lensa G-15 dengan tingkat kejernihan gambar yang tinggi!

Kacamata lensa hitam dengan visual warna yang jelas

Teknologi lensa antidistorsi dengan bentuk frame sesuai wajah orang Asia

Dilengkapi bantalan hidung berbahan silicone yang nyaman

Pilihan berbagai warna lensa yang dapat disesuaikan dengan mood

Ringan dan nyaman, aksesori wajib saat keluar rumah!

Kacamata anti-UV buatan tangan pengrajin profesional

Harga mulai dariRp 95.000,00Rp 375.000,00Rp 4.448.000,00Rp 544.000,00Rp 103.800,00Rp 1.750.000,00Rp 76.000,00Rp 175.000,00Rp 139.000,00Rp 250.000,00
UV-cut100%100%100%100%Tidak disebutkan100%100%Tidak disebutkanTidak disebutkan100%
UV400Tidak disebutkanTidak disebutkanUV-A, UV-BTidak disebutkan
Tautan produk

Dapatkah lensa polarisasi menghalau sinar UV?

Dapatkah lensa polarisasi menghalau sinar UV?
Saat mencari informasi tentang kacamata anti-UV, Anda mungkin akan menemukan produk dengan keterangan “kacamata ini menggunakan lensa polarisasi sehingga dapat menghalau sinar ultraviolet.” Jika ada deskripsi seperti itu, sebaiknya Anda memeriksanya dengan baik karena ada fakta bahwa sinar ultraviolet tidak bisa dihalau hanya dengan lensa polarisasi saja.
Kacamata anti-UV bisa menghalau sinar ultraviolet karena terbuat dari bahan yang misalnya dapat menyerap sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet tidak bisa dihalau oleh lensa polarisasi saja. Tentunya ada produk kacamata dengan lensa polarisasi yang juga memiliki fungsi penghalau sinar UV, dan ada juga produk yang menggunakan gabungan lensa polarisasi dengan lensa anti-UV.
Oleh karena itu, tetap periksa persentase UV-cut dan transmitans ultraviolet dari suatu produk terlebih dahulu untuk memastikan kinerja anti-UV dari kacamata yang akan Anda pilih.

Baca juga rekomendasi kacamata hitam untuk road bike di sini!

Selain kacamata anti-UV untuk pemakaian sehari-hari, terdapat juga kacamata hitam khusus untuk olahraga road bike. Kacamata tersebut sangat efektif untuk melindungi mata dari debu, angin, dan tentunya sinar ultraviolet. Jika Anda tertarik, silakan baca artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Selain untuk memberi perlindungan terhadap kulit di sekitar area mata, penggunaan kacamata anti-UV juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata itu sendiri. Dengan mencegah masuknya sinar ultraviolet ke dalam mata, kita bisa mengurangi dampak yang bisa muncul akibat sinar ultraviolet.
Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih kacamata anti-UV yang paling sesuai dengan kebutuhan pemakaian dan budget yang Anda miliki, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Baik mantel atau ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Jangan dilewatkan, ya!
    Perlengkapan outdoor
    134.159 Views
  • 10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom maupun orang awam. Namun sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop ruang angkasa agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Baileshi, Celestron, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih teleskop luar angkasa dan rekomendasi produk terbaik yang bisa jadi pertimbangan. Bacalah dengan saksama dan temukan teleskop yang tepat untuk Anda. 
    Perlengkapan outdoor
    43.183 Views
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Walkie-talkie adalah alat komunikasi yang dapat menghubungkan dua penerima atau lebih dalam waktu bersamaan melalui gelombang radio. Alat ini sangat berguna sebagai pengganti ponsel. Pada sejumlah kegiatan ketika sinyal ponsel tidak bisa menjangkau medan, walkie-talkie menjadi penyelamat.Walkie-talkie biasanya dipakai untuk berkoordinasi bersama tim saat melakukan pengawasan kerja lapangan, touring, berkemah, dan lain sebagainya. Beberapa merk ternama seperti Motorola dan Xiaomi juga membuat produk walkie-talkie terbaik versi mereka. Jika Anda penasaran mengenai tips memilih produk walkie-talkie yang bagus, silakan simak artikel berikut!
    Perlengkapan outdoor
    16.714 Views
  • 10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang banyak merek outdoor gear memproduksi carrier yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan Arei. Mereka juga memproduksi tas carrier wanita. Tidak hanya itu, harga tas carrier sangat bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal.Sesuaikanlah kapasitas carrier dengan lama perjalanan Anda. Untuk perjalanan 1–2 hari, gunakanlah tas carrier 35 liter hingga 50 liter. Tas carrier 60 liter dan 70 liter untuk perjalanan 3–5 hari. Sementara itu, carrier 80 liter ke atas untuk perjalanan yang lebih lama. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
    70.756 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang ada di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas cooler box terbaik dari berbagai merek, seperti Rubbermaid, LION STAR, Coleman, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, mari baca artikel ini sekarang juga!
    Perlengkapan outdoor
    28.400 Views
  • 10 Rekomendasi Nesting Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Nesting Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk Anda yang suka mendaki gunung, nesting menjadi perlengkapan yang tidak boleh terlewatkan. Nesting atau cooking set merupakan perlengkapan wajib untuk memenuhi asupan makanan saat berada di gunung. Ada berbagai bentuk dan merek nesting yang tersedia di pasaran, mulai dari Consina, Naturehike, dan lainnya. Tiap-tiap nesting memiliki keunggulannya masing-masing. Nesting tabung untuk merebus, ceper untuk menumis, tipe wajan untuk menggoreng, dan lainnya. Agar tidak keliru memilih nesting, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda ketahui beserta rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
    24.535 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori