10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Salah satu cara melindungi mata dan area di sekitarnya saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Namun, banyak orang yang bingung dalam mencari kacamata yang paling efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti-UV agar Anda dapat menemukan produk yang ideal sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai brand yang sudah tidak asing lagi, seperti Ray-Ban, dan Oakley. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi kulit Anda dari radiasi UV penyebab bintik hitam!

Daftar isi

Cara memilih kacamata anti-UV

Saat membeli kacamata anti-UV, Anda mungkin akan menanyakan rekomendasi kepada penjaga toko. Namun, terkadang informasi dari penjaga tidak cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Atau ketika Anda ingin membeli kacamata anti-UV lewat Internet, adakalanya informasi yang diberikan sangat terbatas. Akibatnya Anda tidak bisa mengetahui secara pasti seberapa kuat kacamata tersebut mampu menangkal dan menghalau sinar UV.

Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa informasi yang dapat Anda gunakan untuk memilih kacamata anti UV.

Pilih berdasarkan keterangan angka yang tertera

Hal yang paling penting dalam memilih kacamata dengan kinerja anti-ultraviolet yang tinggi adalah dengan melihat nilai numerik yang ditunjukkan. Akan tetapi, semakin tinggi performanya, biasanya harganya juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikannya dengan budget yang Anda siapkan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai poin-poin informasi yang tertulis pada kacamata anti-UV!

Perhatikan persentase UV-cut yang menunjukkan banyak sinar ultraviolet yang dapat dihalau

Perhatikan persentase UV-cut yang menunjukkan banyak sinar ultraviolet yang dapat dihalau

Persentase UV-cut adalah angka yang menunjukkan jumlah sinar ultraviolet yang dapat dihalau suatu kacamata anti-UV. Ini artinya kacamata dengan kemampuan UV-cut 80% mampu menghalangi 80% sinar ultraviolet agar tidak masuk mengenai mata Anda. Semakin tinggi persentase UV-cut, semakin tinggi pula kemampuannya untuk menghalau masuknya radiasi sinar ultraviolet. Saat ini produk dengan tingkat penghalau ultraviolet 100% pun telah mulai dijual di pasaran.

Cek tingkat transmitans sinar UV-nya

Cek tingkat transmitans sinar UV-nya

Istilah “transmitans ultraviolet” mungkin sedikit membingungkan karena seolah sinar UV diteruskan ke area sekitar mata. Transmitans ultraviolet menunjukkan seberapa banyak sinar UV yang menembus lensa kacamata. Berbeda dengan persentase UV-cut, pilihlah nilai transmitans UV yang rendah. Ini berarti hanya sedikit sinar UV yang akan mengenai area sekitar mata Anda. Jika angka transmitans ultraviolet suatu produk adalah 20%, berarti sekitar 80% sinar ultraviolet dapat dihalau oleh kacamata tersebut.

Saat ini produk kacamata dengan transmitans ultraviolet kurang dari 0,1% juga sudah beredar di pasaran. Produk semacam itu bisa dikatakan memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam menghalau radiasi sinar UV.

Perhatikan keterangan gelombang sinar ultraviolet yang bisa dihalau

Perhatikan keterangan gelombang sinar ultraviolet yang bisa dihalau

Di antara kacamata anti-UV yang beredar di pasaran, ada yang menunjukkan keterangan “UV400”. Standar ini pertama kali digunakan di Australia di mana sinar ultravioletnya sangat kuat. Angka 400 menunjukkan panjang gelombang yang berarti Anda bisa menghalau sinar ultraviolet dengan panjang gelombang hingga 400 nm (nanometer).

Panjang gelombang sinar ultraviolet dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu UV-A (315 – 400 nm), UV-B (280 – 315 nm), dan UV-C (200 – 280 nm). Dengan kata lain, kacamata yang mampu menghalau hingga 400 nm menunjukkan bahwa produk tersebut bisa digunakan untuk semua jenis sinar ultraviolet. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih kacamata anti-UV yang memiliki keterangan UV400.

Pilih kacamata dengan warna lensa yang tidak terlalu pekat

Pilih kacamata dengan warna lensa yang tidak terlalu pekat

Orang-orang cenderung memilih kacamata anti-UV dengan lensa yang warnanya pekat atau gelap karena mengira kemampuan anti-ultravioletnya lebih tinggi. Namun, sebenarnya warna yang semakin gelap justru akan menjadikan lensa tersebut lebih mudah menyerap sinar ultraviolet. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih produk yang warna lensanya tidak terlalu pekat.

Mengapa kacamata dengan lensa berwarna lebih gelap dikatakan lebih mudah menyerap sinar ultraviolet? Hal ini karena pupil mata memiliki mekanisme untuk melebar saat berada di tempat yang gelap guna menyerap cahaya. Jadi, bila Anda mengenakan kacamata anti-UV dengan warna gelap, pupil mata akan melebar untuk menyerap cahaya lebih banyak. Akibatnya, sinar ultraviolet juga lebih mudah masuk ke dalam mata.

Dengan mempertimbangkan mekanisme ini, pilihlah lensa dengan warna yang tidak terlalu pekat jika Anda ingin menekankan fungsi anti-ultraviolet. Namun, jika Anda mengutamakan fitur untuk menghalau cahaya yang menyilaukan, pilihlah kacamata dengan lensa berwarna gelap.

Pilih kacamata dengan desain lensa yang cukup besar

Pilih kacamata dengan desain lensa yang cukup besar

Jika Anda menginginkan fitur anti-UV yang maksimal, pilihlah kacamata dengan ukuran lensa yang cukup besar. Sinar ultraviolet tidak hanya datang dari arah depan, tetapi juga dari atas dan samping. Jika lensa kacamata berukuran kecil, Anda tidak akan bisa menutupi bagian atas, bawah, kiri, atau kanan. Ada kemungkinan Anda akan terkena sinar ultraviolet dari arah tersebut. Oleh karena itu, pilihlah kacamata anti-UV yang lensanya cukup besar dan mampu menutupi area mata dengan baik dari berbagai arah.

Kacamata anti-UV juga hadir dalam berbagai bentuk. Ada beragam pilihan kacamata yang lensanya besar dengan bentuk frame yang sesuai. Namun, karena frame dapat memberikan kesan yang bervariasi pada wajah orang yang memakainya, ada baiknya jika Anda mengenali bentuk wajah sendiri sebelum memilih kacamata anti-UV yang diinginkan.

10 Rekomendasi kacamata anti-UV terbaik

Setelah menjelaskan tentang cara memilih kacamata anti-UV, selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Karena memfokuskan pada fungsi anti-UV, kami memilih produk-produk yang memiliki kemampuan tinggi dalam menghalau sinar ultraviolet!

10. Vivid Dream Kacamata Anti UV

10. Vivid Dream Kacamata Anti UV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Kacamata anti-UV buatan tangan pengrajin profesional

Vivid Dream memproduksi kacamata anti-UV dengan kualitas terpercaya yang dibuat secara handmade oleh pengrajin ahli. Lensa yang digunakan berbahan polycarbonate yang merupakan bahan plastik khusus dengan daya tahan 10 kali lipat dibandingkan lensa plastik biasa!

Selain itu, lensa pada kacamata ini juga bebas distorsi dan sangat ringan sehingga nyaman dikenakan dalam waktu lama. Dengan lensa yang sangat kuat hingga dijuluki “antipeluru” ini, Anda tidak perlu khawatir lensanya akan rusak jika tidak sengaja menjatuhkannya.

UV-cut 100%
UV400 Tidak disebutkan

9. Bruno Dunn 6560 Sunglasses

9. Bruno Dunn 6560 Sunglasses

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 139.000

Ringan dan nyaman, aksesori wajib saat keluar rumah!

Kacamata dengan desain klasik yang satu ini menggunakan material metal alloy untuk bagian frame-nya sehingga kokoh dan ringan. Bila Anda menginginkan sensasi seperti tidak memakai kacamata, produk ini layak untuk dicoba!

Produk yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita ini menggunakan lensa yang dapat menghalau semua gelombang sinar ultraviolet. Didesain dengan frame berbentuk persegi berwarna hitam yang elegan, produk ini merupakan aksesori yang wajib dibawa saat keluar rumah, termasuk saat Anda akan berkendara!

UV-cut Tidak disebutkan
UV400

8. HDCRAFTER ZT008

8. HDCRAFTER ZT008

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 195.000

Pilihan berbagai warna lensa yang dapat disesuaikan dengan mood

Penggunaan bahan kayu pada bagian frame kacamata anti-UV yang satu ini membuatnya sangat unik sehingga layak dijadikan pilihan untuk melengkapi fashion Anda. Selain itu, produk ini juga menawarkan berbagai macam warna lensa yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Meski terlihat seperti kacamata mainan, kacamata anti-UV ini menggunakan lensa berbahan polycarbonate yang terkenal kuat dan awet. Bobotnya juga sangat ringan sehingga sangat tepat untuk menemani berbagai kegiatan outdoor Anda!

UV-cut Tidak disebutkan
UV400

7. EsoGoal Sunglasses

7. EsoGoal Sunglasses

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 95.000

Dilengkapi bantalan hidung berbahan silicone yang nyaman

Jika Anda menyukai desain kacamata yang feminin, Esogoal Sunglasses adalah jawabannya! Dengan bingkai logam dan aksen bunga pada kedua sisi lensa menjadikan produk ini terkesan cantik, unik, dan mewah untuk memberikan nuansa elegan pada penampilan Anda.

Dengan lensa non-polarized yang cukup besar dan transparan, produk ini mampu melindungi area mata dari radiasi sinar UV sehingga Anda dapat menikmati pemandangan dengan jelas. Kacamata ini juga dilengkapi dengan nose pads berbahan silicone agar saat bersentuhan dengan hidung terasa lebih nyaman dan stabil.

UV-cut 100%
UV400 UV-A, UV-B

6. Oakley Frogskins (Asia Fit)

6. Oakley Frogskins (Asia Fit)

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.399.000

Teknologi lensa antidistorsi dengan bentuk frame sesuai wajah orang Asia

Lensa yang digunakan pada Oakley Frogskins yang satu ini mengadopsi teknologi HDO (high definition optics) yang meminimalisasi refraksi sehingga objek yang terlihat tidak akan mengalami distorsi. Lensa kacamata ini juga didesain mampu menghalau 100% sinar UV dan memiliki transmisi cahaya sebesar 12%.

Lensanya terbuat dari bahan polycarbonate, menjadikan kacamata ini terlihat santai, tetapi tetap kuat dan tahan terhadap benturan. Dengan frame yang telah disesuaikan untuk bentuk wajah orang Asia, kacamata ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki wajah bulat dan oval.

UV-cut 100%
UV400

5. Police Tide Fishing Polarized Sunglasses

5. Police Tide Fishing Polarized Sunglasses

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 312.500

Kacamata lensa hitam dengan visual warna yang  jelas

Police Tide Fishing Polarized Sunglasses merupakan kacamata anti-UV dengan model lensa cermin yang terpolarisasi sehingga efektif untuk menghalau cahaya yang menyilaukan bagi mata. Dengan ukuran lensa yang besar, kacamata ini akan melindungi area sekitar mata secara maksimal!

Meski memiliki lensa bewarna hitam, kacamata ini tetap dapat memberikan warna visual yang jelas. Selain itu, kacamata yang didesain sesuai untuk semua bentuk wajah ini juga sangat nyaman karena tidak akan menekan wajah terlalu kuat.

UV-cut Tidak disebutkan
UV400

4. Ray-Ban New Wayfarer Classic

4. Ray-Ban New Wayfarer Classic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.480.000

Lensa G-15 dengan tingkat kejernihan gambar yang tinggi!

Warna hitam klasik dari Ray-Ban New Wayfarer Classic menawarkan bingkai yang lebih kecil sehingga memberikan kesan bentuk mata yang lebih lembut. Dilengkapi dengan frame berbahan nylon menjadikan produk ini nyaman saat dikenakan.

Lensa dengan warna solid hijau kristal yang dipilih untuk melengkapi kacamata ini merupakan jenis lensa G-15 yang mampu memberikan tingkat kejernihan dan perlindungan tinggi pada mata Anda. Lensa ini bekerja dengan menghalau cahaya warna biru serta memberikan visual kontras warna yang lebih alami.

UV-cut 100%
UV400 Tidak disebutkan

3. Revo Baseliner Crystal Grey

3. Revo Baseliner Crystal Grey

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.448.000

Tetap menempel stabil menemani aktivitas outdoor Anda!

Dibingkai frame bergaya modern dengan bahan super ringan dan nyaman, Revo Baseliner Crystal Grey merupakan pilihan tepat untuk menemani aktivitas outdoor Anda! Dengan dilengkapi fitur elepomeric nosepads, kacamata ini dijamin tetap stabil menempel pada hidung bahkan saat Anda berolahraga di bawah sinar matahari.

Lensa yang digunakan pada kacamata anti-UV dari Revo ini merupakan lensa polarisasi yang juga tahan pecah karena terbuat dari bahan polycarbonate. Selain itu, lensa kacamata ini juga dapat memberikan 91% perlindungan terhadap blue light agar kesehatan mata lebih terjaga.

UV-cut 100%
UV400

2. Ray-Ban Erika Color Mix

2. Ray-Ban Erika Color Mix

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.480.000

Visual lebih jernih dan mengurangi ketegangan pada mata

Ray-Ban Erika Color Mix merupakan aksesori yang sempurna untuk melengkapi tampilan stylish Anda. Dengan bentuk kacamata oversized round yang besar, produk ini mampu memberikan perlindungan lebih banyak area mata Anda dari sinar UV.

Lensa gradient yang mengikuti perkembangan tren saat ini akan membuat penampilan Anda lebih unik dan menarik. Selain itu, lensa polarisasi yang digunakan juga mampu mengurangi kecerahan cahaya yang mengenai mata, mengurangi pantulan dan meningkatkan kontras agar kejernihan visual dapat meningkat dan ketegangan mata berkurang.

UV-cut 100%
UV400 Tidak disebutkan

1. Oakley Holbrook

1. Oakley Holbrook

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.093.000

Gaya klasik untuk memberikan fashion statement pada penampilan Anda!

Jika Anda mencari desain kacamata anti-UV yang klasik dan timeless, Oakley Holbrook bisa menjadi pilihan! Perpaduan desain frame khas Amerika dengan aksen rivets pada bingkai dan logo Oakley di bagian gagangnya akan memberikan fashion statement tersendiri pada penampilan Anda.

Seperti halnya beberapa produk Oakley lainnya, kacamata ini juga mengadopsi lensa berteknologi HDO yang mampu memberikan visual yang jernih agar mata tidak mudah lelah. Ukuran lensanya pun cukup besar untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap mata dan area di sekitarnya.

UV-cut 100%
UV400

Dapatkah lensa polarisasi menghalau sinar UV?

Dapatkah lensa polarisasi menghalau sinar UV?

Saat mencari informasi tentang kacamata anti-UV, Anda mungkin akan menemukan produk dengan keterangan “kacamata ini menggunakan lensa polarisasi sehingga dapat menghalau sinar ultraviolet.” Jika ada deskripsi seperti itu, sebaiknya Anda memeriksanya dengan baik karena ada fakta bahwa sinar ultraviolet tidak bisa dihalau hanya dengan lensa polarisasi saja.

Kacamata anti-UV bisa menghalau sinar ultraviolet karena terbuat dari bahan yang misalnya dapat menyerap sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet tidak bisa dihalau oleh lensa polarisasi saja. Tentunya ada produk kacamata dengan lensa polarisasi yang juga memiliki fungsi penghalau sinar UV, dan ada juga produk yang menggunakan gabungan lensa polarisasi dengan lensa anti-UV.

Oleh karena itu, tetap periksa persentase UV-cut dan transmitans ultraviolet dari suatu produk terlebih dahulu untuk memastikan kinerja anti-UV dari kacamata yang akan Anda pilih.

Baca juga rekomendasi kacamata hitam untuk road bike di sini!

Selain kacamata anti-UV untuk pemakaian sehari-hari, terdapat juga kacamata hitam khusus untuk olahraga road bike. Kacamata tersebut sangat efektif untuk melindungi mata dari debu, angin, dan tentunya sinar ultraviolet. Jika Anda tertarik, silakan baca artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Selain untuk memberi perlindungan terhadap kulit di sekitar area mata, penggunaan kacamata anti-UV juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata itu sendiri. Dengan mencegah masuknya sinar ultraviolet ke dalam mata, kita bisa mengurangi dampak yang bisa muncul akibat sinar ultraviolet.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih kacamata anti-UV yang paling sesuai dengan kebutuhan pemakaian dan budget yang Anda miliki, ya!