• 10 Speaker Ukuran Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Speaker Ukuran Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Speaker Ukuran Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Speaker Ukuran Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Speaker Ukuran Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Speaker Ukuran Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Zaman sekarang, rasanya kurang puas kalau hanya mendengarkan musik langsung dari smartphone. Tentu lebih seru kalau bisa mendengar melalui speaker. Namun, speaker berukuran besar terkadang membuat ruangan jadi sempit. Karena itu, Anda dapat menggunakan speaker kecil. Meskipun kecil, kualitasnya tentu tidak kalah dengan speaker besar.

Ada banyak speaker ukuran kecil dari berbagai merek, seperti SONY, JBL, dan BOSE. Agar Anda tidak bingung, kami akan memberi tips cara memilih speaker berukuran kecil yang bagus. Akan ada sepuluh rekomendasi speaker kecil terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Joshua Pandu
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Audio enthusiast, Joshua Pandu

Profil pakar: Audio enthusiast, Joshua Pandu
Joshua Pandu
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang.

Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Tabel perbandingan produk speaker ukuran kecil terbaik

Gambar produk
1
BOSE SoundLink Revolve Bluetooth® Speaker 1

BOSE

2
SONY Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB10 1

SONY

3
SONY HG1 h.ear go Portable BLUETOOTH Speaker 1

SONY

4
JBL Pulse 3 1

JBL

5
Samsung Level Box Mini Wireless Bluetooth Speaker 1

Samsung

6
SONY Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB41 1

SONY

7
BOSE SoundLink Micro Bluetooth Speaker 1

BOSE

8
JBL CLIP 3 1

JBL

9
ANKER Soundcore Icon Mini 1

ANKER

10
Jabra Solemate Mini 1

Jabra

Nama produk

SoundLink Revolve Bluetooth® Speaker

Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB10

HG1 h.ear go Portable BLUETOOTH Speaker

Pulse 3

Level Box Mini Wireless Bluetooth Speaker

Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB41

SoundLink Micro Bluetooth Speaker

CLIP 3

Soundcore Icon Mini

Solemate Mini

Keunggulan

Bukan hanya satu, tetapi ada dua radiator pasif

Siap diajak berkemah semalaman

Nikmati audio beresolusi tinggi dan dengarkan setiap detail suaranya

Ciptakan nuansa romantis dengan pendaran cahaya LED

Bisa dijadikan alarm dan pengingat jadwal

Meriahkan pesta Anda dengan lampu-lampu indah dan suara bersensasi 3D

Dilapisi dengan karet silikon, aman dari goresan dan retakan

Bertahan sampai 10 jam, lho!

Speaker mungil yang siap diajak bepergian

Desainnya unik, suaranya powerful

Harga mulai dariRp 2.650.000,00Rp 450.000,00Rp 1.250.000,00Rp 2.199.000,00Rp 1.028.000,00Rp 2.199.000,00Rp 1.799.000,00Rp 749.000,00Rp 340.000,00Rp 400.000,00
Stereo atau MonoTidak disebutkanMono, dapat dijadikan StereoStereoTidak disebutkanTidak disebutkanStereoTidak disebutkanMonoMono, dapat dijadikan StereoStereo
KoneksiBluetoothNFC dan BluetoothWiFi, Bluetooth, NFC, DLNA, Spotify Connect, dan ChromecastBluetoothBluetooth, NFCBluetooth dan NFCBluetooth, USBBluetooth dan 3,5 mm kabel audioBluetooth dan 3,5 kabel audioBluetooth, USB, NFC, 3,5 mm kabel audio
CodecSBC, AACSBC, AACSBC, AAC, LDACSBCSBC, apt-XSBC, AAC, LDACTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSBC
Radiator pasifTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/12 jamUSB charging/16 jamUSB charging/2 jamUSB charging/12 jamUSB charging/25 jamUSB charging/Mode normal : 24 jam ・ Mode EXTRA BASS : 14 jamUSB charging/6 jamUSB charging/10 jamUSB charging/8 jamUSB Charging/8 jam
Antidebu/AntiairX/IPX4X/IPX5XX/IPX7XIP67X/IPX7X/IPX7IP67Ya (IP tidak disebutkan)
Dimensi15,2 cm x 8,2 cm x 8,2 cmSekitar 7,5 cm x 9,1 cm20,4 cm x 6,2 cm x 6 cm 22,3 cm x 9,2 cm x 9,2 cm15,6 cm x 6,6 cm x 5 cm29,1 cm x 10,4 cm x 10,5 cm9,83 cm x 9,83 cm x 3,48 cm13,7 cm x 9,7 cm x 4,6 cm9,5 cm x 7,6 cm x 3,2 cm12,5 cm x 5,3 cm x 6,1 cm
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih speaker ukuran kecil

Terdapat banyak sekali speaker kecil dengan ukuran, kualitas suara, dan fungsi yang berbeda-beda. Di sini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih berdasarkan kegunaannya.

Speaker stereo atau mono? Pilih berdasarkan pemakaian Anda

Terdapat dua jenis speaker ukuran kecil yaitu speaker stereo dan mono. Keduanya memiliki perbedaan dalam ukuran dan jenis suara yang dihasilkan. Mari putuskan bersama-sama, jenis speaker mana yang akan Anda pilih.

Speaker stereo, menghasilkan suara kualitas tinggi

Speaker stereo, menghasilkan suara kualitas tinggi

Karakteristik utama speaker stereo adalah tentu saja mempunyai channel kiri dan kanan. Beberapa speaker stereo juga mempunyai fitur efek 3D pada suara yang diputar. Dengan demikian, Anda dapat menikmati suara seakan berada di tempat live music.


Ukurannya yang lebih besar membuatnya sedikit merepotkan ketika dibawa-bawa sehingga lebih disarankan bagi Anda yang sering menggunakannya di rumah. Akan tetapi, suara yang dihasilkan berasal dari sisi kanan dan kiri sehingga tentu terdengar lebih kuat dan lebih hidup.

Speaker mono, lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa

Speaker mono, lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa

Jika Anda ingin menikmati ringkasnya speaker ukuran kecil, speaker mono adalah jenis yang sempurna. Meskipun Anda tidak mendapatkan efek suara yang sama seperti speaker stereo, speaker mono tidak memakan banyak tempat dan mudah dibawa-bawa.


Memang, kelemahan speaker mono adalah suaranya tidak terlalu kuat. Namun, terdapat speaker mono yang dapat di-convert menjadi speaker stereo. Caranya hanya dengan menyambungkan dua buah speaker mono. Jadi, periksalah apakah speaker mono pilihan Anda dapat digunakan menjadi speaker stereo. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan suara yang lebih hidup.

Speaker yang menggunakan kabel akan mencegah delay pada suara yang dihasilkan

Speaker yang menggunakan kabel akan mencegah delay pada suara yang dihasilkan

Speaker yang terhubung dengan kabel ke perangkat, seperti smartphone, pemutar musik, dan PC, memiliki keunggulan yaitu dapat dinikmati tanpa delay. Jika Anda menggunakan speaker ukuran kecil untuk menonton video atau bermain game, kami sarankan Anda menggunakan jenis ini.


Tanpa adanya delay, Anda bisa menikmati keselarasan adegan yang sedang ditonton dengan suara yang dikeluarkan. Lebih nyaman, bukan? Memang speaker dengan kabel agak merepotkan, tetapi hasil yang didapat akan memberi kepuasan lebih. Kualitas suaranya jadi terjaga karena tidak ada delay.

Wireless speaker, simpel dan bisa dioperasikan dari jarak jauh

Jika Anda sering menggunakan speaker untuk memutar lagu, wireless speaker akan cocok untuk Anda. Selain itu, speaker ini juga pilihan tepat jika Anda ingin menyambungkannya ke beberapa perangkat sekaligus, seperti smartphone, PC, dan music player.


Wireless speaker mengirimkan data melalui gelombang radio, jadi bisa dioperasikan meski jaraknya jauh dari pemutar musik. Setelah Anda melakukan sinkronisasi dari perangkat ke speaker, Anda dapat dengan mudah menyambungkannya via bluetooth atau NFC.


Karena wireless speaker tidak menggunakan kabel, kesannya jadi lebih terlihat rapi dan mudah dibawa. Akan tetapi, kualitas suara dari wireless speaker lebih mudah menurun dibandingkan speaker dengan kabel. Jadi, kami sarankan agar Anda secara berhati-hati memeriksa codec dan radiator pasif yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Perhatikan jenis codec yang digunakan

Perhatikan jenis codec yang digunakan

Wireless speaker ukuran kecil biasanya memiliki kualitas suara yang lebih rendah dibandingkan speaker dengan kabel. Untuk mengantisipasi hal ini, perhatikan codec yang mendukung wireless speaker pilihan Anda.


Codec sendiri adalah sebuah mekanisme yang mengubah sinyal dari perangkat ke sumber suara yang ada di speaker. Saat ini, dapat dikatakan bahwa codec yang kualitasnya paling standar adalah SBC, lalu AAC, dan berikutnya adalah apt-X. Kualitas codec yang paling bagus ada pada LDAC. 


SBC adalah jenis yang paling murah, tetapi tidak memiliki codec. Kualitas suaranya standar dan masih dapat diterima. AAC biasanya digunakan pada iPhone, sementara apt-X kompatibel dengan sistem operasi Android. Terakhir adalah LDC yang digunakan pada beberapa produk SONY. Kualitas suara yang dihasilkan tentunya lebih bagus.


Sayangnya, saat ini yang lebih banyak dijual di pasaran adalah speaker yang hanya menggunakan SBC. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih speaker stereo atau speaker dengan radiator pasif.

Pilih speaker dengan radiator pasif untuk menonjolkan bass

Pilih speaker dengan radiator pasif untuk menonjolkan bass

Saat memilih speaker, banyak orang menginginkan speaker yang dapat menonjolkan permainan bass. Jika Anda salah satunya, pilihlah speaker yang menggunakan radiator pasif untuk menonjolkan suara bass yang jernih.


Radiator pasif, yang banyak ditemukan pada speaker ukuran kecil, merupakan mekanisme yang menghilangkan sirkuit listrik dari speaker, serta memberi efek penguatan pada bass. Model speaker ukuran kecil yang dilengkapi dengan radiator pasif tentunya dapat menghasilkan suara bass yang bertenaga.

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Terdapat beberapa jenis baterai yang digunakan untuk speaker ukuran kecil, yaitu baterai kering, baterai yang bisa diisi ulang, dan ada yang harus selalu disambungkan ke sumber listrik. Untuk baterai kering dan baterai isi ulang, periksalah daya tahannya saat digunakan.


Jika Anda akan menggunakan speaker untuk waktu yang lama, paling tidak pilihlah yang baterainya dapat bertahan selama 10 jam. Ada beberapa speaker yang baterainya hanya bertahan 2-3 jam. Jadi, pilihlah speaker dengan daya tahan baterai yang lama jika ingin digunakan secara terus-menerus. 


Sebagai tambahan, tidak ada salahnya untuk memeriksa juga apakah speaker dapat digunakan pada saat dayanya sedang diisi ulang. Hanya saja, cukup sulit untuk mencari informasi mengenai hal ini di toko online Indonesia.

Untuk pemakaian di luar ruangan, pilih speaker yang antidebu dan tahan air

Untuk pemakaian di luar ruangan, pilih speaker yang antidebu dan tahan air

Jika Anda menggunakan speaker di luar ruangan, periksalah apakah speaker tersebut tahan debu dan percikan air. Ketahanan terhadap debu dituliskan dengan kode IP plus angka antara 0–6. Makin besar angkanya, makin bagus pula daya tahannya terhadap debu.


Sebagai contoh, bila tertulis IP5, berarti tidak apa-apa jika speaker tersebut terkena debu. Speaker dapat berfungsi normal seperti biasa. Karena itu, akan lebih aman jika Anda memilih speaker dengan kode IP5 ke atas.


Untuk ketahanan air, dituliskan dengan IPX plus angka antara 0–8. Makin tinggi angkanya, berarti makin bagus pula ketahanannya terhadap air. Sebagai contoh, IPX5 berarti antiair, sedangkan IPX7 menunjukkan bahwa Anda dapat membawa speaker tersebut saat mandi. Jika Anda akan menggunakan speaker di kamar mandi atau saat berenang, pilihlah speaker dengan kode IPX7 ke atas.


Sebagai tambahan, jika setelah IP terdapat dua digit angka, artinya speaker tersebut tahan terhadap debu dan air. Contohnya, jika tertulis IP67, berarti speaker tersebut memiliki kode IP6 dan IPX7.

Cek juga ulasan pengguna lain untuk mendapat speaker yang awet

Cek juga ulasan pengguna lain untuk mendapat speaker yang awet

Ketika memilih speaker ukuran kecil, perhatikan juga ketahanannya. Beberapa produk yang murah terkadang terlalu rapuh untuk digunakan secara intensif.


Pada dasarnya, Anda sebaiknya menghindari produk yang terlalu murah. Akan tetapi, cek juga ulasan yang ditulis oleh pengguna lainnya untuk memastikan kualitas produk. Hindari produk yang memiliki banyak ulasan negatif. Anda tentu akan lebih puas jika kualitas speaker pilihan Anda sebanding dengan harganya.

10 Rekomendasi speaker ukuran kecil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk speaker ukuran kecil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.

10
Stereo atau MonoStereo
KoneksiBluetooth, USB, NFC, 3,5 mm kabel audio
CodecSBC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB Charging/8 jam
Antidebu/AntiairYa (IP tidak disebutkan)
Dimensi12,5 cm x 5,3 cm x 6,1 cm
9
Stereo atau MonoMono, dapat dijadikan Stereo
KoneksiBluetooth dan 3,5 kabel audio
CodecTidak disebutkan
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/8 jam
Antidebu/AntiairIP67
Dimensi9,5 cm x 7,6 cm x 3,2 cm
8
Stereo atau MonoMono
KoneksiBluetooth dan 3,5 mm kabel audio
CodecTidak disebutkan
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/10 jam
Antidebu/AntiairX/IPX7
Dimensi13,7 cm x 9,7 cm x 4,6 cm
7

BOSESoundLink Micro Bluetooth Speaker

Mulai dari Rp 1.799.000,00

Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth, USB
CodecTidak disebutkan
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/6 jam
Antidebu/AntiairX/IPX7
Dimensi9,83 cm x 9,83 cm x 3,48 cm
6

SONYSpeaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB41

SRS-XB41

Mulai dari Rp 2.199.000,00

Stereo atau MonoStereo
KoneksiBluetooth dan NFC
CodecSBC, AAC, LDAC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/Mode normal : 24 jam ・ Mode EXTRA BASS : 14 jam
Antidebu/AntiairIP67
Dimensi29,1 cm x 10,4 cm x 10,5 cm
5

SamsungLevel Box Mini Wireless Bluetooth Speaker

EO-SG900DLEGWW

Mulai dari Rp 1.028.000,00

Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth, NFC
CodecSBC, apt-X
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/25 jam
Antidebu/AntiairX
Dimensi15,6 cm x 6,6 cm x 5 cm
4
Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth
CodecSBC
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/12 jam
Antidebu/AntiairX/IPX7
Dimensi 22,3 cm x 9,2 cm x 9,2 cm
3

SONYHG1 h.ear go Portable BLUETOOTH Speaker

SRS-HG1

Mulai dari Rp 1.250.000,00

Stereo atau MonoStereo
KoneksiWiFi, Bluetooth, NFC, DLNA, Spotify Connect, dan Chromecast
CodecSBC, AAC, LDAC
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/2 jam
Antidebu/AntiairX
Dimensi20,4 cm x 6,2 cm x 6 cm
2

SONYSpeaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB10

SRS-XB10

Mulai dari Rp 450.000,00

Stereo atau MonoMono, dapat dijadikan Stereo
KoneksiNFC dan Bluetooth
CodecSBC, AAC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/16 jam
Antidebu/AntiairX/IPX5
DimensiSekitar 7,5 cm x 9,1 cm
1

BOSESoundLink Revolve Bluetooth® Speaker

Mulai dari Rp 2.650.000,00

Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth
CodecSBC, AAC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/12 jam
Antidebu/AntiairX/IPX4
Dimensi15,2 cm x 8,2 cm x 8,2 cm

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini

Selain speaker ukuran kecil, kami juga memiliki artikel rekomendasi untuk speaker lain, seperti speaker pasif, speaker center, dan yang lainnya. Intiplah artikel berikut untuk mengetahui berbagai jenis speaker yang telah kami rekomendasikan.

Kesimpulan

Apakah Anda menemukan speaker yang cocok di antara rekomendasi kami? Speaker zaman sekarang sudah semakin berkembang dari segi model, fitur, dan kemampuannya.

Dengan memilih speaker ukuran kecil yang memiliki kualitas suara tinggi, tentunya akan menghadirkan kenyamanan lebih dalam mendengarkan musik. Anda jadi bisa menikmati musik kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi cuaca apa pun. Mari menikmati musik dengan bebas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wireless mouse banyak dipilih karena praktis. Produknya adalah pilihan tepat bagi Anda yang sering terbatasi oleh kabel mouse. Namun, spesifikasi produknya beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari merek populer seperti Logitech, ROBOT, dan lainnya. Yang untuk bekerja ada, yang untuk gaming juga ada. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2022)
    Keyboard Mac menjadi perangkat penting yang harus Anda miliki bila Anda pengguna MacBook, iMac, atau Mac Mini. Berbagai perusahaan elektronik pun memproduksi keyboard Mac yang bagus. Ada keyboard buatan Apple sendiri, ada juga dari merek lain, seperti Logitech, Xiaomi dan lainnya.Kali ini, Kami mengulas cara memilih keyboard untuk Mac beserta rekomendasi produk pilihan dari berbagai varian. Mulai dari mechanical keyboard hingga wireless keyboard untuk Mac. Simak juga komentar software engineer kami, Yosua Surojo untuk menambah pengetahuan. Bacalah dengan saksama ulasan ini agar Anda menemukan produk yang tepat!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori