• 10 Rekomendasi Speaker Ukuran Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Speaker Ukuran Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Speaker Ukuran Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Speaker Ukuran Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Speaker Ukuran Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Speaker Ukuran Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Zaman sekarang, rasanya kurang puas kalau hanya mendengarkan musik langsung dari smartphone. Tentu lebih seru kalau bisa mendengar melalui speaker. Namun, speaker berukuran besar terkadang membuat ruangan jadi sempit. Karena itu, Anda dapat menggunakan speaker kecil. Meskipun kecil, kualitasnya tentu tidak kalah dengan speaker besar.

Di pasaran, banyak dijual speaker ukuran kecil dari berbagai merek, seperti SONY, JBL, dan BOSE. Manakah yang sebaiknya Anda pilih? Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberi tips cara memilih speaker berukuran kecil. Setelahnya, akan ada sepuluh rekomendasi speaker kecil terbaik. Silakan disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2020
  • 8.988 Views
Daftar isi

Cara memilih speaker ukuran kecil

Terdapat banyak sekali speaker kecil dengan ukuran, kualitas suara, dan fungsi yang berbeda-beda. Di sini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih berdasarkan kegunaannya.

Speaker stereo atau mono? Pilih berdasarkan pemakaian Anda

Terdapat dua jenis speaker ukuran kecil yaitu speaker stereo dan mono. Keduanya memiliki perbedaan dalam ukuran dan jenis suara yang dihasilkan. Mari putuskan bersama-sama, jenis speaker mana yang akan Anda pilih.

Speaker stereo, menghasilkan suara kualitas tinggi

Speaker stereo, menghasilkan suara kualitas tinggi

Karakteristik utama speaker stereo adalah adanya tambahan efek 3D pada suara yang diputar. Dengan demikian, Anda dapat menikmati suara seakan berada di tempat live music. Speaker stereo ini kami sarankan untuk Anda yang menginginkan kualitas suara yang sangat bagus.


Ukurannya yang lebih besar membuatnya sedikit merepotkan ketika dibawa-bawa sehingga lebih disarankan bagi Anda yang sering menggunakannya di rumah. Akan tetapi, suara yang dihasilkan berasal dari sisi kanan dan kiri sehingga tentu terdengar lebih kuat dan lebih hidup. Selain itu, pada speaker stereo juga terdapat fitur yang membuat suara tidak mudah pecah saat diputar.

Speaker mono, lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa

Speaker mono, lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa

Jika Anda ingin menikmati ringkasnya speaker ukuran kecil, speaker mono adalah jenis yang sempurna. Meskipun Anda tidak mendapatkan efek suara yang sama seperti speaker stereo, speaker mono tidak memakan banyak tempat dan mudah dibawa-bawa.


Memang, kelemahan speaker mono adalah suaranya tidak terlalu kuat. Namun, terdapat speaker mono yang dapat di-convert menjadi speaker stereo. Caranya hanya dengan menyambungkan dua buah speaker mono. Jadi, periksalah apakah speaker mono pilihan Anda dapat digunakan menjadi speaker stereo. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan suara yang lebih hidup.

Speaker yang menggunakan kabel akan mencegah delay pada suara yang dihasilkan

Speaker yang menggunakan kabel akan mencegah delay pada suara yang dihasilkan

Speaker yang terhubung dengan kabel ke perangkat, seperti smartphone, pemutar musik, dan PC, memiliki keunggulan yaitu dapat dinikmati tanpa delay. Jika Anda menggunakan speaker ukuran kecil untuk menonton video atau bermain game, kami sarankan Anda menggunakan jenis ini.


Tanpa adanya delay, Anda bisa menikmati keselarasan adegan yang sedang ditonton dengan suara yang dikeluarkan. Lebih nyaman, bukan? Memang speaker dengan kabel agak merepotkan, tetapi hasil yang didapat akan memberi kepuasan lebih. Kualitas suaranya jadi terjaga karena tidak ada delay.

Wireless speaker, simpel dan bisa dioperasikan dari jarak jauh

Jika Anda sering menggunakan speaker untuk memutar lagu, wireless speaker akan cocok untuk Anda. Selain itu, speaker ini juga pilihan tepat jika Anda ingin menyambungkannya ke beberapa perangkat sekaligus, seperti smartphone, PC, dan music player.


Wireless speaker mengirimkan data melalui gelombang radio, jadi bisa dioperasikan meski jaraknya jauh dari pemutar musik. Setelah Anda melakukan sinkronisasi dari perangkat ke speaker, Anda dapat dengan mudah menyambungkannya via bluetooth atau NFC.


Karena wireless speaker tidak menggunakan kabel, kesannya jadi lebih terlihat rapi dan mudah dibawa. Akan tetapi, kualitas suara dari wireless speaker lebih mudah menurun dibandingkan speaker dengan kabel. Jadi, kami sarankan agar Anda secara berhati-hati memeriksa codec dan radiator pasif yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Perhatikan jenis codec yang digunakan

Perhatikan jenis codec yang digunakan

Wireless speaker ukuran kecil biasanya memiliki kualitas suara yang lebih rendah dibandingkan speaker dengan kabel. Untuk mengantisipasi hal ini, perhatikan codec yang mendukung wireless speaker pilihan Anda. Codec sendiri adalah sebuah mekanisme yang mengubah sinyal dari perangkat ke sumber suara yang ada di speaker. Saat ini, dapat dikatakan bahwa codec yang kualitasnya paling standar adalah SBC, lalu AAC, dan berikutnya adalah apt-X. Kualitas codec yang paling bagus ada pada LDAC. 


SBC adalah jenis yang paling murah, tetapi tidak memiliki codec. Kualitas suaranya standar dan masih dapat diterima. AAC biasanya digunakan pada i-Phone, sementara apt-X kompatibel dengan sistem operasi Android. Terakhir adalah LDC yang digunakan pada beberapa produk SONY. Kualitas suara yang dihasilkan tentunya lebih bagus.


Sayangnya, saat ini yang lebih banyak dijual di pasaran adalah speaker yang hanya menggunakan SBC. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih speaker stereo atau speaker dengan radiator pasif.

Pilih speaker dengan radiator pasif untuk menonjolkan bass

Pilih speaker dengan radiator pasif untuk menonjolkan bass

Saat memilih speaker, banyak orang menginginkan speaker yang dapat menonjolkan permainan bass. Jika Anda salah satunya, pilihlah speaker yang menggunakan radiator pasif untuk menonjolkan suara bass yang jernih. Radiator pasif, yang banyak ditemukan pada speaker ukuran kecil, merupakan mekanisme yang menghilangkan sirkuit listrik dari speaker, serta memberi efek penguatan pada bass.


Model speaker ukuran kecil yang dilengkapi dengan radiator pasif tentunya dapat menghasilkan suara bass yang bertenaga.

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Perhatikan jenis baterai yang digunakan

Terdapat beberapa jenis baterai yang digunakan untuk speaker ukuran kecil, yaitu baterai kering, baterai yang bisa diisi ulang, dan ada yang harus selalu disambungkan ke sumber listrik. Untuk baterai kering dan baterai isi ulang, periksalah daya tahannya saat digunakan.


Jika Anda akan menggunakan speaker untuk waktu yang lama, paling tidak pilihlah yang baterainya dapat bertahan selama 10 jam. Ada beberapa speaker yang baterainya hanya bertahan 2-3 jam. Jadi, pilihlah speaker dengan daya tahan baterai yang lama jika ingin digunakan secara terus-menerus. Sebagai tambahan, tidak ada salahnya untuk memeriksa juga apakah speaker dapat digunakan pada saat dayanya sedang diisi ulang. Hanya saja, cukup sulit untuk mencari informasi mengenai hal ini di toko online Indonesia.

Untuk pemakaian di luar ruangan, pilih speaker yang antidebu dan tahan air

Untuk pemakaian di luar ruangan, pilih speaker yang antidebu dan tahan air

Jika Anda menggunakan speaker di luar ruangan, periksalah apakah speaker tersebut tahan debu dan percikan air. Ketahanan terhadap debu dituliskan dengan kode IP plus angka antara 0-6. Makin besar angkanya, makin bagus pula daya tahannya terhadap debu. Sebagai contoh, bila tertulis IP5, berarti tidak apa-apa jika speaker tersebut terkena debu. Speaker dapat berfungsi normal seperti biasa. Karena itu, akan lebih aman jika Anda memilih speaker dengan kode IP5 ke atas.


Untuk ketahanan air, dituliskan dengan IPX plus angka antara 0-8. Makin tinggi angkanya, berarti makin bagus pula ketahanannya terhadap air. Sebagai contoh, IPX5 berarti antiair, sedangkan IPX7 menunjukkan bahwa Anda dapat membawa speaker tersebut saat mandi. Jika Anda akan menggunakan speaker di kamar mandi atau saat berenang, pilihlah speaker dengan kode IPX7 ke atas.


Sebagai tambahan, jika setelah IP terdapat dua digit angka, artinya speaker tersebut tahan terhadap debu dan air. Contohnya, jika tertulis IP67, berarti speaker tersebut memiliki kode IP6 dan IPX7.

Cek juga ulasan pengguna lain untuk mendapat speaker yang awet

Cek juga ulasan pengguna lain untuk mendapat speaker yang awet

Ketika memilih speaker ukuran kecil, perhatikan juga ketahanannya. Beberapa produk yang murah terkadang terlalu rapuh untuk digunakan secara intensif.


Pada dasarnya, Anda sebaiknya menghindari produk yang terlalu murah. Akan tetapi, cek juga ulasan yang ditulis oleh pengguna lainnya untuk memastikan kualitas produk. Hindari produk yang memiliki banyak ulasan negatif. Anda tentu akan lebih puas jika kualitas speaker pilihan Anda sebanding dengan harganya.

10 Rekomendasi speaker ukuran kecil terbaik

Setelah membaca poin-poin cara memilih, selanjutnya pilih dengan cermat, speaker mana yang sesuai bagi Anda. Mari cek rekomendasi speaker ukuran kecil yang telah kami tulis di bawah ini.

10
Stereo atau MonoStereo
KoneksiBluetooth, USB, NFC, 3,5 mm kabel audio
CodecSBC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB Charging/8 jam
Antidebu/AntiairYa (IP tidak disebutkan)
Dimensi12,5 cm x 5,3 cm x 6,1 cm
9
Stereo atau MonoMono, dapat dijadikan Stereo
KoneksiBluetooth dan 3,5 kabel audio
CodecTidak disebutkan
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/8 jam
Antidebu/AntiairIP67
Dimensi9,5 cm x 7,6 cm x 3,2 cm
8
Stereo atau MonoMono
KoneksiBluetooth dan 3,5 mm kabel audio
CodecTidak disebutkan
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/10 jam
Antidebu/AntiairX/IPX7
Dimensi13,7 cm x 9,7 cm x 4,6 cm
7
Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth, USB
CodecTidak disebutkan
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/6 jam
Antidebu/AntiairX/IPX7
Dimensi9,83 cm x 9,83 cm x 3,48 cm
6

SONYSpeaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB41

SRS-XB41

Rp 2.799.000,00

Stereo atau MonoStereo
KoneksiBluetooth dan NFC
CodecSBC, AAC, LDAC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/Mode normal : 24 jam ・ Mode EXTRA BASS : 14 jam
Antidebu/AntiairIP67
Dimensi29,1 cm x 10,4 cm x 10,5 cm
5

SamsungLevel Box Mini Wireless Bluetooth Speaker

EO-SG900DLEGWW

Rp 1.700.000,00

Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth, NFC
CodecSBC, apt-X
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/25 jam
Antidebu/AntiairX
Dimensi15,6 cm x 6,6 cm x 5 cm
4
Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth
CodecSBC
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/12 jam
Antidebu/AntiairX/IPX7
Dimensi 22,3 cm x 9,2 cm x 9,2 cm
3

SONYHG1 h.ear go Portable BLUETOOTH Speaker

SRS-HG1

Rp 3.999.900,00

Stereo atau MonoStereo
KoneksiWiFi, Bluetooth, NFC, DLNA, Spotify Connect, dan Chromecast
CodecSBC, AAC, LDAC
Radiator pasifTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/2 jam
Antidebu/AntiairX
Dimensi20,4 cm x 6,2 cm x 6 cm
2

SONYSpeaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB10

SRS-XB10

Rp 749.000,00

Stereo atau MonoMono, dapat dijadikan Stereo
KoneksiNFC dan Bluetooth
CodecSBC, AAC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/16 jam
Antidebu/AntiairX/IPX5
DimensiSekitar 7,5 cm x 9,1 cm
1

BOSESoundLink Revolve Bluetooth® Speaker

Rp 3.150.000,00

Stereo atau MonoTidak disebutkan
KoneksiBluetooth
CodecSBC, AAC
Radiator pasif
Baterai/Daya tahanUSB charging/12 jam
Antidebu/AntiairX/IPX4
Dimensi15,2 cm x 8,2 cm x 8,2 cm

Tabel perbandingan produk speaker ukuran kecil terbaik

Gambar produk
1
BOSE SoundLink Revolve Bluetooth® Speaker 1

BOSE

2
SONY Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB10 1

SONY

3
SONY HG1 h.ear go Portable BLUETOOTH Speaker 1

SONY

4
JBL Pulse 3 1

JBL

5
Samsung Level Box Mini Wireless Bluetooth Speaker 1

Samsung

6
SONY Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB41 1

SONY

7
BOSE SoundLink Micro Bluetooth Speaker 1

BOSE

8
JBL CLIP 3 1

JBL

9
ANKER Soundcore Icon Mini 1

ANKER

10
Jabra Solemate Mini 1

Jabra

Nama produk

SoundLink Revolve Bluetooth® Speaker

Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB10

HG1 h.ear go Portable BLUETOOTH Speaker

Pulse 3

Level Box Mini Wireless Bluetooth Speaker

Speaker Bluetooth Portabel Extra Bass XB41

SoundLink Micro Bluetooth Speaker

CLIP 3

Soundcore Icon Mini

Solemate Mini

KeunggulanBukan hanya satu, tetapi ad...Siap diajak berkemah semalamanNikmati audio beresolusi ti...Ciptakan nuansa romantis de...Bisa dijadikan alarm dan pe...Meriahkan pesta Anda dengan...Dilapisi dengan karet silik...Bertahan sampai 10 jam, lho!Speaker mungil yang siap di...Desainnya unik, suaranya po...
HargaRp 3.150.000,00Rp 749.000,00Rp 3.999.900,00Rp 3.077.000,00Rp 1.700.000,00Rp 2.799.000,00Rp 2.150.000,00Rp 899.000,00Rp 540.000,00Rp 708.000,00
Stereo atau MonoTidak disebutkanMono, dapat dijadikan StereoStereoTidak disebutkanTidak disebutkanStereoTidak disebutkanMonoMono, dapat dijadikan StereoStereo
KoneksiBluetoothNFC dan BluetoothWiFi, Bluetooth, NFC, DLNA, Spotify Connect, dan ChromecastBluetoothBluetooth, NFCBluetooth dan NFCBluetooth, USBBluetooth dan 3,5 mm kabel audioBluetooth dan 3,5 kabel audioBluetooth, USB, NFC, 3,5 mm kabel audio
CodecSBC, AACSBC, AACSBC, AAC, LDACSBCSBC, apt-XSBC, AAC, LDACTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSBC
Radiator pasifTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Baterai/Daya tahanUSB charging/12 jamUSB charging/16 jamUSB charging/2 jamUSB charging/12 jamUSB charging/25 jamUSB charging/Mode normal : 24 jam ・ Mode EXTRA BASS : 14 jamUSB charging/6 jamUSB charging/10 jamUSB charging/8 jamUSB Charging/8 jam
Antidebu/AntiairX/IPX4X/IPX5XX/IPX7XIP67X/IPX7X/IPX7IP67Ya (IP tidak disebutkan)
Dimensi15,2 cm x 8,2 cm x 8,2 cmSekitar 7,5 cm x 9,1 cm20,4 cm x 6,2 cm x 6 cm 22,3 cm x 9,2 cm x 9,2 cm15,6 cm x 6,6 cm x 5 cm29,1 cm x 10,4 cm x 10,5 cm9,83 cm x 9,83 cm x 3,48 cm13,7 cm x 9,7 cm x 4,6 cm9,5 cm x 7,6 cm x 3,2 cm12,5 cm x 5,3 cm x 6,1 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini

Selain speaker ukuran kecil, kami juga memiliki artikel rekomendasi untuk speaker lain, seperti speaker pasif, speaker center, dan yang lainnya. Intiplah artikel berikut untuk mengetahui berbagai jenis speaker yang telah kami rekomendasikan.

Kesimpulan

Apakah Anda menemukan speaker yang cocok di antara rekomendasi kami? Speaker zaman sekarang sudah semakin berkembang dari segi model, fitur, dan kemampuannya.

Dengan memilih speaker ukuran kecil yang memiliki kualitas suara tinggi, tentunya akan menghadirkan kenyamanan lebih dalam mendengarkan musik. Anda jadi bisa menikmati musik kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi cuaca apa pun. Mari menikmati musik dengan bebas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    100.460 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    48.348 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    37.244 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    30.376 Views
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara di ruangan. Setelah disaring, udara sekitar akan lebih bersih dan bebas polusi. Anda juga dapat menemukan fungsi humidifikasi, penyaring serbuk sari dan partikel polutan, hingga dijadikan sebagai diffuser. Namun, Anda harus cermat memilih karena harganya yang tidak murah.Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk terbaik dari berbagai produsen, seperti Sharp, Panasonic, Daikin, dan lainnya. Sebelumnya, simaklah penjelasan kami berikut sebelum menentukan pilihan Anda. Selamat menyimak dan memilih produk yang paling tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    24.132 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, Anda dapat membeli kulkas yang berukuran kurang dari 100 liter. Anda akan menemukan beragam tipe kulkas mini, seperti kulkas satu pintu, kulkas yang dilengkapi peredam kebisingan, atau berdaya listrik kecil. Apakah Anda jadi bingung dalam menentukan pilihan?Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan berbagai kulkas mini terbaik, seperti keluaran Sanken, Panasonic, Electrolux, dan sebagainya. Simaklah beberapa tips dari kami untuk menemukan kulkas mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    29.584 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Merek Tiger (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Merek Tiger (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda mendengar merek Tiger? Merek asal Jepang ini memproduksi barang-barang rumah tangga, seperti termos, water heater, dan rice cooker. Rice cooker Tiger terkenal memiliki kualitas yang baik, serta dapat menanak nasi hingga pulen dan fresh. Namun, banyaknya model dan fitur yang ada pada rice cooker mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih rice cooker Tiger yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelahnya, Anda dapat membaca rekomendasi produk pilihan kami. Pelajari keunggulan masing-masing dan temukanlah yang paling tepat untuk Anda. Scroll terus sampai akhir, ya!
    Elektronik rumah tangga
    256 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori