• 10 Rekomendasi Lipstik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lipstik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Riasan wajah rasanya tidak lengkap tanpa lipstik atau lipstick. Kini ada banyak merek lipstik, mulai dari lipstik high end, lipstik Korea, sampai lipstik lokal yang tak kalah berkualitas. Wardah, Implora, Make Over, dan Rose All Day adalah beberapa merek lipstik lokal yang sangat bersaing di pasaran.

Anda bisa memilih lipstik glossy, matte, sampai lipstik yang mampu menutupi bibir gelap. Jika Anda masih bingung soal memilih lipstik, simaklah artikel ini sampai habis. Kami akan mengulas tentang pemilihan lipstik yang bagus dan aman untuk digunakan, termasuk untuk remaja dan ibu hamil. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih lipstik

Pertama-tama, kami akan memberikan tips penting dalam memilih lipstik. Mari temukan rahasia agar Anda bisa menemukan lipstik yang paling pas!

Pertimbangkan pemilihan lipstik berdasarkan hasil akhirnya

Secara garis besar ada dua hasil akhir atau finishing lipstik, yaitu glossy dan matte. Lipstik matte memang lebih banyak dipilih. Meski begitu, lipstik glossy juga tak kalah menariknya, lho. Kami akan menjelaskan tentang kedua hasil akhir lipstik tersebut.

Lipstik glossy, menawarkan warna natural

Lipstik glossy, menawarkan warna natural

Lipstik glossy merupakan lipstik dengan hasil akhir yang mengilap. Glides dari lipstik glossy sangat smooth sehingga mudah diaplikasikan, terutama oleh pemula. Lipstik ini sebetulnya cukup memberikan kelembapan untuk bibir Anda, tetapi warnanya akan lebih cepat hilang.


Apabila Anda memilih lipstik glossy, pastikan kilapnya tidak berlebihan, ya. Kilap yang berlebihan akan membuat bibir terasa berat. Pilihlah lipstik glossy yang tidak hanya menutupi kerutan vertikal di bibir, tetapi juga membuat bibir tampak cantik.


Anda juga dapat memilih lipstik glossy dengan warna solid untuk acara formal. Lipstik warna solid memang akan tampak lebih nyata di bibir. Anda dapat mengoleskannya tipis-tipis untuk memberikan efek sheer.

Lipstik matte, memberikan beragam pilihan hasil akhir

Lipstik matte, memberikan beragam pilihan hasil akhir

Lipstik matte adalah lipstik yang tidak menimbulkan kilap di bibir. Jenis lipstik matte lebih tahan lama dibandingkan lipstik glossy. Lipstik matte juga cenderung transferproof asal Anda tidak mengonsumsi makanan berminyak, ya. Menariknya, terdapat berbagai variasi finishing dari lipstik tipe ini. Berikut ini adalah beberapa hasil akhir dari lipstik matte yang populer.


  • Lipstik tipe soft matte atau powdery matte mampu memberikan hasil akhir yang lebih halus. Tipe ini akan menciptakan ilusi halus di pigura bibir pemakainya. Anda juga akan mendapatkan hasil akhir dengan sedikit nuansa mengilap, tetapi berkesan lembut.

  • Tipe velvet matte memiliki efek kilap menyerupai lipstik glossy. Bedanya, efek kilap yang dihasilkannya terlihat lebih elegan dibandingkan lipstik glossy. Oleh karena itu, lipstik velvet matte sering dijadikan pilihan untuk memberikan kesan mewah.

  • Hasil akhir dari lipstik semi-matte akan membuat image bibir terlihat solid serta mempertegas seluruh penampilan Anda. Dengan kata lain, tipe ini akan memberikan hasil akhir yang paling mendekati hasil matte sesungguhnya.

Minimnya efek glossy berarti mengurangi kadar kelembapan bibir Anda. Memang tidak bisa dimungkiri bahwa bibir akan menjadi lebih kering saat memakai lipstik matte yang kuat. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak melewatkan pelembap bibir sebelum memakai lipstik matte. Harap diingat juga untuk tidak memakai pelembap bibir secara berlebihan. Hal ini untuk mencegah efek lipstik matte cepat menghilang.

Pastikan Anda memilih warna lipstik yang sesuai

Menggunakan lipstik memang akan menunjang penampilan Anda. Meski begitu, Anda sebaiknya mempertimbangkan warna lipstik yang sesuai dengan undertone dan warna asli bibir.

Cek warna undertone: Cara paling umum untuk memilih warna lipstik

Cek warna undertone: Cara paling umum untuk memilih warna lipstik

Cara paling umum dalam memilih warna lipstik adalah dengan melihat warna undertone kulit. Undertone adalah warna yang terlihat di bawah permukaan kulit pada area nadi Anda. Warna undertone dibagi menjadi tiga macam, yaitu warm, cool, dan netral.


  • Warm undertone ditandai dengan warna nadi atau pembuluh darah yang kehijauan. Ciri khas kulit dengan warm undertone adalah kulit yang menggelap tanpa kemerahan saat terpapar sinar matahari. Jika Anda memiliki warm undertone, pertimbangkan lipstik dengan warna hangat, seperti oranye, merah bata, merah tua, dan mauve.

  • Cool undertone memiliki urat nadi berwarna kebiruan atau keunguan. Kulit Anda akan cenderung kemerahan saat terpapar sinar matahari. Untuk kulit dengan undertone cool, pilihlah lipstik dengan warna yang terang, seperti merah. Warna lipstik blue based, seperti pink, dusty rose, dan bluish red juga cocok untuk Anda. Lipstik nude dengan warna cokelat pun patut Anda pertimbangkan.

  • Neutral undertone memiliki nadi berwarna hijau kebiruan atau gabungan cool dan warm undertone. Lipstik dengan warna nude, pink, dan berry akan tampak cantik untuk kulit Anda. Anda bisa lebih bebas memilih beragam warna lipstik sesuai dengan kesukaan Anda.

Jika Anda senang bereksperimen dengan makeup, Anda bisa memilih warna lipstik yang sesuai dengan kesukaan Anda. Meski begitu, panduan pemilihan warna lipstik sesuai dengan warna undertone tetap dapat menjadi patokan Anda.

Cek warna bibir: Membuat tampilan lebih merona

Berikutnya, Anda juga dapat menyesuaikan warna lipstik dengan warna bibir Anda. Tiap orang tentunya memiliki warna bibir yang berbeda-beda.


  • Hindari pemilihan lipstik dengan warna soft bagi pemilik bibir dengan warna pucat. Warna yang soft hanya akan membuat bibir Anda tampak makin pucat. Pilihlah lipstik dengan warna yang lebih fresh, seperti pink, peach, ataupun oranye.

  • Pilihlah lipstik dengan warna bold untuk pemilik bibir gelap atau hitam. Lipstik dengan warna bold, seperti burgundy dan merah tua, dapat menutupi bibir berwarna gelap. Selain itu, pilihlah lipstik dengan pigmentasi yang tinggi untuk menutupi bibir gelap Anda.

  • Anda bebas memilih lipstik warna apa saja jika memiliki warna bibir yang cerah. Anda bisa bereksperimen dengan lipstik berwarna nude atau bold untuk menemukan warna-warna yang sesuai.

Periksa juga kandungan pelembap untuk bibir kering

Beberapa orang memiliki jenis bibir yang cenderung kering dan mudah mengelupas. Untuk menjaga kelembapan bibir, sangat penting untuk memperhatikan kandungan pelembap dalam lipstik. Pilihlah lipstik yang mengandung pelembap alami, seperti shea butter, jojoba oil, olive oil, beeswax, atau squalane.

Namun, ada juga pengguna yang tidak cocok dengan bahan-bahan tersebut sehingga memicu reaksi alergi. Waspadalah apabila Anda merasakan ketidaknyamanan saat memakai lipstik. Segera hentikan pemakaian jika bibir Anda terasa gatal.


Meski banyak produsen lipstik yang mengeklaim produknya mengandung moisturizer, tetap hindari penggunaan lipstik tanpa mengoleskan pelembap sebelumnya. Sama seperti pemakaian foundation sebagai alas bedak, penting juga memberikan base pada bibir Anda sebelum memakai lipstik.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Amore PacificLaneige Two Tone Lip Bar

Mulai dari Rp 250.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lipstik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 9 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, L'Oreal Paris Lancôme Rouge Matte menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa L'Oreal Paris Color Riche Matte memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
L'Oreal Paris Color Riche Matte 1

L'Oreal Paris

2
Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte 1

Make Over

3
Implora  Lipstick Intense Matte 1

Implora

4
Madame Gie Double Trouble Creamy - Makeup Lipstick Two in One 1

Madame Gie

5
Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick 1

Wardah

6
Revlon SuperLustrous Lipstick (Creme) 1

Revlon

7
Rose All Day Juicy Lip Balm 1

Rose All Day

8
Stylenanda 3CE Lip Color Matte 1

Stylenanda

9
MAC Retro Matte Lipstick 1

MAC

10
YSL Rouge Pur Couture the Slim 1

YSL

Nama produk

Color Riche Matte

Color Hypnose Creamy Lipmatte

Lipstick Intense Matte

Double Trouble Creamy - Makeup Lipstick Two in One

Colorfit Ultralight Matte Lipstick

SuperLustrous Lipstick (Creme)

Juicy Lip Balm

3CE Lip Color Matte

Retro Matte Lipstick

Rouge Pur Couture the Slim

Keunggulan

Pakai lipstik matte bebas kering dengan lipstik L'Oreal Paris

Hasil akhir semi-matte, cocok untuk beragam makeup

Lipstik lokal seharga dua puluh ribuan saja

Produk lipstik 2-in-1, praktis dibawa bepergian

Mengusung tema halal green beauty, produknya aman untuk bumil

Teksturnya smooth dan melembapkan bibir yang kering

Melembapkan sekaligus melindungi bibir dari sinar UV

Lipstik Korea yang warnanya sangat blendable

Warnanya intens, lipstik yang cocok untuk bibir gelap

Lipstik high end dengan desain yang unik

Harga mulai dariRp 89.000,00Rp 79.000,00Rp 23.500,00Rp 30.000,00Rp 44.000,00Rp 45.000,00Rp 139.000,00Rp 265.000,00Rp 360.000,00Rp 655.000,00
Isi3,7 gram4,3 gram3,5 gramTidak disebutkan3,6 gram4,5 gram3,5 gram3,5 gram3 gram2,2 gram
Hasil akhirMatteSemi-matteMatteTidak disebutkanPowdery matteGlossy, pearlGlossyMatteMatteLeather matte
Pilihan warnaEvening Sur Sein, Peachy Brown, Rasberry Syrup, Bloody Mary, Rose Fondu, Chocolat Rouge, Beige Couture, Rouge-A-Porter, Ruby D'Ouvre, dllCharm, Flirt, Allure, Hypnotic, Scandal, Kiss, dllCherry Crush, Maple Mocha, Sheer Plum, Dirty Peach, Berry Allure, Tangerine CrushGold Digger, Mood Boost, Philosophe, Players, Trendsetter, Heart Shaker, Pretenders, Sweet Talk:Parfait Pink, Summer Peach, Caramel Nude, Mocca Brown, Blossom Pink, Punch Fuchsia, Crimson Red, Woodsy Brown, dllCertainly Red, Cherries in The Snow, Ginger Rose, Love Is On, Love That Pink, Love That Red, Pink In The A, Pink Velvet, dllCocoa, Pomegranate, Peach, BerryRows, Muss, Inked Heart, Chicful, Smoked Rose, Fig, Squeezing, Ruby Tuesday, dllRubby Woo, Relentlessly Red, All Fired Up, Dangerous, Runway Hit, Flat Out Fabulous, BronxRed Enigma, Psychic Chili, Orange Desire, Rouge Rage, Nude Protest, True Chili, Conflicting Crimson, dll
Kandungan pelembapJojoba oil, canina oilVitamin E, moisture light oil, silicone elastomerTidak disebutkanTidak disebutkanVitamin EVitamin E, avocado oilEster oil, vitamin E, vitamin CTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk
10
Isi2,2 gram
Hasil akhirLeather matte
Pilihan warnaRed Enigma, Psychic Chili, Orange Desire, Rouge Rage, Nude Protest, True Chili, Conflicting Crimson, dll
Kandungan pelembapTidak disebutkan
9
Isi3 gram
Hasil akhirMatte
Pilihan warnaRubby Woo, Relentlessly Red, All Fired Up, Dangerous, Runway Hit, Flat Out Fabulous, Bronx
Kandungan pelembapTidak disebutkan
8
Isi3,5 gram
Hasil akhirMatte
Pilihan warnaRows, Muss, Inked Heart, Chicful, Smoked Rose, Fig, Squeezing, Ruby Tuesday, dll
Kandungan pelembapTidak disebutkan
7
Isi3,5 gram
Hasil akhirGlossy
Pilihan warnaCocoa, Pomegranate, Peach, Berry
Kandungan pelembapEster oil, vitamin E, vitamin C
6

RevlonSuperLustrous Lipstick (Creme)

Mulai dari Rp 45.000,00

Isi4,5 gram
Hasil akhirGlossy, pearl
Pilihan warnaCertainly Red, Cherries in The Snow, Ginger Rose, Love Is On, Love That Pink, Love That Red, Pink In The A, Pink Velvet, dll
Kandungan pelembapVitamin E, avocado oil
5

WardahColorfit Ultralight Matte Lipstick

Mulai dari Rp 44.000,00

Isi3,6 gram
Hasil akhirPowdery matte
Pilihan warnaParfait Pink, Summer Peach, Caramel Nude, Mocca Brown, Blossom Pink, Punch Fuchsia, Crimson Red, Woodsy Brown, dll
Kandungan pelembapVitamin E
4

Madame GieDouble Trouble Creamy - Makeup Lipstick Two in One

Mulai dari Rp 30.000,00

IsiTidak disebutkan
Hasil akhirTidak disebutkan
Pilihan warnaGold Digger, Mood Boost, Philosophe, Players, Trendsetter, Heart Shaker, Pretenders, Sweet Talk:
Kandungan pelembapTidak disebutkan
3
Isi3,5 gram
Hasil akhirMatte
Pilihan warnaCherry Crush, Maple Mocha, Sheer Plum, Dirty Peach, Berry Allure, Tangerine Crush
Kandungan pelembapTidak disebutkan
2

Make OverColor Hypnose Creamy Lipmatte

Mulai dari Rp 79.000,00

Isi4,3 gram
Hasil akhirSemi-matte
Pilihan warnaCharm, Flirt, Allure, Hypnotic, Scandal, Kiss, dll
Kandungan pelembapVitamin E, moisture light oil, silicone elastomer
1
Isi3,7 gram
Hasil akhirMatte
Pilihan warnaEvening Sur Sein, Peachy Brown, Rasberry Syrup, Bloody Mary, Rose Fondu, Chocolat Rouge, Beige Couture, Rouge-A-Porter, Ruby D'Ouvre, dll
Kandungan pelembapJojoba oil, canina oil

Pertanyaan umum seputar lipstik

Pertanyaan umum seputar lipstik

Kami sudah berbagi tips dalam memilih lipstik serta memberikan rekomendasi lipstik yang bagus. Di sisi lain, kami juga menemukan beberapa pertanyaan umum seputar lipstik. Anda bisa menyimaknya untuk menambah pengetahuan Anda tentang lipstik.

Apa perbedaan lipstik, lip cream, dan lip tint?

Lip tint menggunakan partikel pewarna kecil yang meresap ke permukaan bibir. Sementara itu, kebanyakan lipstik memakai partikel pewarna yang lebih besar sehingga tidak meresap. Di sisi lain, lip cream adalah lipstik dalam bentuk cair.

Tips memakai lipstik secara profesional dengan rahasia para MUA

Kami sudah merekomendasikan variasi lipstik terbaik yang bisa Anda pilih. Berikut ini kami akan membagikan rahasia para profesional untuk memulas lipstik dengan lebih rapi. Mari naikkan teknik pulasan Anda dengan tips berikut!

Perhatikan dua titik sudut serta puncak bibir Anda

Perhatikan dua titik sudut serta puncak bibir Anda

Untuk hasil yang lebih rapi, buka sedikit mulut Anda dan aplikasikan lipstik hingga ujung bibir. Aturlah warnanya supaya tampak seimbang. Pastikan pula hasilnya tidak membuat bibir Anda terlihat kecil atau berlebihan.


Kemudian, Anda bisa menipiskan lipstik berwarna tebal atau matte dengan jari. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang tampak natural. Namun, berhati-hatilah saat meratakan lipstik yang terlalu cair karena bisa menghasilkan warna yang tidak seimbang. Jadi, perhatikan juga tekstur lipstik Anda, ya.


Hal yang penting saat memakai lipstik adalah mengoleskannya hingga sudut dan puncak bibir Anda. Pastikan warna lipstik menutupi bibir dengan sempurna hingga sudut dan puncaknya. Selain itu, Anda bisa mengoleskan lipstik lebih banyak di bagian tengah bibir. Gradasi warna bibir akan memberikan kesan yang lebih menggoda dan memesona.

Pakailah lip brush atau kuas eye shadow untuk hasil yang berbeda

Pakailah lip brush atau kuas eye shadow untuk hasil yang berbeda

Jika Anda mementingkan kualitas hasil akhir, cobalah mengoleskan lipstik dengan lip brush. Apabila tidak memiliki kuas bibir, Anda bisa menggantinya dengan kuas eye shadow.


Kuas eye shadow mampu memberikan hasil akhir yang lembut dan natural. Anda juga tidak perlu khawatir akan pemakaian di luar garis bibir. Dengan ujung yang lancip, kuas eye shadow akan memudahkan Anda saat memoles ujung bibir Anda.

Baca juga rekomendasi produk makeup bibir lainnya di sini

Untuk tampilan bibir yang cantik optimal, lipstik saja belum cukup! Dengan lip liner atau lip pencil, Anda dapat membentuk kontur bibir. Jadi, Anda bisa membuat tampilan lipstik yang lebih rapi dan tahan lama. Selain itu, penggunaan lip tint pun akan membuat warna cantik bibir Anda kian awet. Silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini! Ada artikel tentang lipstik lainnya juga, lho!

Kesimpulan

Lipstik memang membuat tampilan Anda makin memesona. Anda bisa memilih lipstik glossy yang melembapkan ataupun lipstik matte agar tampak lebih natural. Pastikan juga Anda memilih lipstik yang aman digunakan, bebas alkohol, dan paraben.


Semoga ulasan mengenai sepuluh produk lipstik di atas dapat membantu Anda menemukan lipstik yang tepat. Dengan lipstik yang pas dan dalam suasana yang tepat, Anda bisa tampil lebih menarik. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau berbibir hitam. Namun, salah pilih lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari berbagai merek, seperti Y.O.U dan Implora. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Bibir Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Bibir Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir hitam sering menjadi penyebab banyak orang menjadi tidak percaya diri. Menghitamnya bibir disebabkan oleh beberapa hal, seperti paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik, atau faktor genetik. Untuk mengembalikan warna alaminya, Anda dapat menggunakan lip balm yang kandungannya dapat mengatasi masalah bibir hitam.Kali ini, kami akan memberikan sejumlah tips dalam memilih lip balm yang bagus untuk bibir hitam. Tidak lupa, sepuluh rekomendasi merek lip balm terbaik juga sudah kami siapkan untuk membantu Anda menentukan pilihan. Anda dapat menemukan produk dari Emina, Nivea, Wardah, dan Vaseline pada artikel ini. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang kering dan pecah bisa diobati dari dalam dan luar. Untuk langkah preventif dari luar, Anda bisa menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Penggunaan lip balm bisa membantu mengembalikan kelembapan alami bibir dan menjadikannya sehat kembali. Nah, di artikel ini kami akan membahas lip balm merek The Body Shop. Brand besar ini sudah dikenal akan kualitas produknya yang mumpuni. Beragam produk lip balm, seperti lip juicer, lip butter, serta pelembap lainnya akan dihadirkan. Sebelumnya, simaklah cara memilih lip balm The Body Shop yang bagus berikut ini terlebih dahulu!
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori