10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Protein whey merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk membentuk tubuh yang sehat dan proporsional. Seiring dengan tren untuk membentuk badan yang ideal, berbagai produk minuman protein whey kini banyak beredar Indonesia sehingga memudahkan konsumen untuk memilih yang terbaik, dari segi rasa maupun kualitas.

Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan pada Anda 10 minuman protein whey terbaik, sekaligus cara memilih minuman whey yang tepat untuk Anda, khususnya bagi Anda yang sedang dalam proses untuk membentuk tubuh yang ideal. Mari disimak!

Daftar isi

Cara memilih minuman protein whey

Periksa kandungan protein dari komposisinya

Anda perlu membaca label kemasan dari produk minuman protein whey yang Anda konsumsi. Dari label kemasan, Anda akan mengetahui banyak informasi berguna seperti: sumber protein, bahan-bahan lain yang terkandung pada produk minuman tersebut, seberapa tinggi kandungan protein, dan lain sebagainya. Salah satu informasi utama yang perlu Anda cek adalah sumber whey pada produk yang Anda konsumsi.

Whey Protein Concentrate (WPC) : sumber whey yang relatif ekonomis

Whey Protein Concentrate (WPC) : sumber whey yang relatif ekonomis

Whey Protein Concentrate (WPC) merupakan sumber whey yang relatif ekonomis. Kandungan protein pada WPC biasanya sekitar 80%. Cocok bagi Anda yang baru memulai program pembentukan badan Anda. Namun, perlu Anda ingat bahwa kandungan laktosa pada WPC relatif lebih tinggi dibandingkan dengan yang terkandung pada sumber whey lainnya sehingga kurang cocok bagi Anda yang lactose intolerance.

WPC bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menambahkan whey ke makanan/minuman buatan Anda sendiri, seperti smoothies, brownies, biskuit, dan lain-lain.

Whey Protein Isolate (WPI) : sumber whey yang lebih murni

Whey Protein Isolate (WPI) : sumber whey yang lebih murni

Ketika Anda mengonsumsi protein whey dari Whey Protein Isolate (WPI), boleh dikatakan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi kandungan gizi yang tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini dikarenakan WPI relatif rendah lemak, dan laktosa yang terkandung pun telah dihilangkan.  Proses produksi ini menyebabkan kandungan protein WPI lebih tinggi dari WPC, yaitu mencapai 90%.  WPI yang diproduksi dengan menggunakan metode ion exchange akan dapat diserap dengan lebih efisien karena senyawa aktif yang tidak diperlukan juga turut dihilangkan.

WPI menjadi pilihan yang sangat baik bagi Anda yang mengalami lactose intolerance.

Whey Protein Hydrolysate (WPH) : sumber whey yang lebih mudah diserap tubuh

Whey Protein Hydrolysate (WPH) : sumber whey yang lebih mudah diserap tubuh

Whey Peptide Hydrolysate (WPH) merupakan sumber whey yang memiliki kandungan protein yang sama dengan WPI, yaitu sekitar 90%. Keunggulan WPH adalah, dalam proses produksinya protein yang kompleks itu telah dipecah menjadi potongan-potongan peptida sederhana sehingga jauh lebih cepat diserap tubuh daripada WPI.

WPH sangat cocok untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan karena cepat diserap dan membantu pembentukan otot. Namun perlu Anda pertimbangkan bahwa harganya relatif mahal dibandingkan WPC dan WPI.

Mudah larut dalam air

Mudah larut dalam air

Pastikan Anda selalu mengecek apakah produk pilihan Anda mudah larut dalam air atau tidak. Jika tidak mudah larut, sebaiknya Anda beralih ke produk lain. Bila tidak mudah larut, Anda jadi kesulitan saat mempersiapkan minuman protein whey, dan Anda pun mungkin jadi tak suka dengan produk tersebut. Akhirnya, sia-sia saja Anda telah membelinya.

Biasanya produk minuman whey yang sekarang beredar telah mempertimbangkan tingkat kelarutan sebagai nilai jual. Walaupun demikian, masih ada produk-produk yang sulit larut, yang masih juga beredar di pasaran. Anda juga perlu memperhatikan petunjuk penyajian untuk melarutkan bubuk produk minuman whey yang telah Anda beli. Apakah dilarutkan dengan air panas atau air dingin? Berapa sendok dalam segelas air? Perhatikanlah petunjuk tersebut baik-baik dalam menyiapkan minuman Anda..

Perhatikan kandungan nutrisi lengkapnya, selain protein

Perhatikan kandungan nutrisi lengkapnya, selain protein

Untuk dapat menyerap protein secara efisien, Anda tetap dianjurkan untuk mendapat asupan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Apabila Anda tidak biasa mengonsumsi makanan setelah latihan, tidak ada salahnya Anda memperoleh karbohidrat dari minuman protein whey Anda.

Selain itu, akan sangat baik jika Anda memilih minuman protein whey yang mengandung Branch-chained Amino Acid (BCAA), glutamin, dan nutrisi lainnya yang biasanya hilang setelah latihan. Sekarang ini, Anda bahkan dapat menemukan produk-produk minuman protein whey yang diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Rasa yang enak

Rasa yang enak

Pola pikir yang berkembang di masyarakat kebanyakan adalah produk sehat biasanya rasanya tidak enak. Masalah ini sesungguhnya telah diatasi, karena perusahaan-perusahaan makanan pun mempertimbangkan kualitas rasa dan aroma dalam mengembangkan produk mereka. Anda pun tidak perlu merasa tersiksa ketika menjalani program diet Anda. Jika Anda suka rasa yang kuat, sekarang telah banyak minuman protein whey dengan rasa coklat yang nikmat. Atau jika Anda ingin produk yang lebih segar diminum setelah latihan, Anda bisa menyiapkan produk rasa buah-buahan seperti stroberi.

Bagi Anda yang pemula khususnya, kenikmatan saat Anda mengonsumsi minuman protein whey sangat penting. Anda tidak akan mengetahuinya hanya dari iklan. Rekomendasi teman Anda akan sangat penting, tetapi lebih penting lagi adalah merasakannya sendiri apakah produk tersebut memiliki rasa yang cocok dengan selera Anda.

10 Rekomendasi minuman protein whey terbaik

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih minuman protein whey, kini waktunya kami merekomendasikan produk-produk terbaik untuk Anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan  Anda!

10. Dymatize Entreprise Dymatize ISO 100 Hydrolized

10. Dymatize Entreprise Dymatize ISO 100 Hydrolized

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.550.000

Cepat diserap tubuh, cepat membantu pembentukan otot yang Anda idamkan

Jika sasaran Anda adalah percepatan dalam pembentuk otot dan tenaga, ISO 100 dari Dymatize merupakan minuman protein yang cocok untuk Anda. Dengan kandungan peptida yang tinggi dan tingkat penyerapan produk ini begitu cepat, minuman ini cocok bagi Anda yang sudah memasuki program latihan pembentukan badan dengan intensitas yang relatif tinggi.

ISO 100 diproduksi dengan metode cross-flow microfiltration, yang merupakan teknologi pemurnian bertahap, sehingga nutrisi yang penting untuk pembentukan badan tetap dipertahankan, sementara nutrisi lain yang tidak dibutuhkan telah dihilangkan. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang berniat serius membentuk otot.

9. Glanbia Syntha-6

9. Glanbia Syntha 6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 839.000

Perut tak enak setelah minum susu? Tidak dengan minuman protein yang satu ini!

Protein whey yang juga diformulasikan dengan kasein  (protein lambat serap), membuat pencernaan protein terjadi secara bertahap, bahkan ketika Anda sedang tidur! Kami menyarankan produk ini untuk diminum sebelum tidur, khususnya bagi Anda yang beraktivitas berat, agar regenerasi sel dan jaringan tubuh Anda berjalan dengan baik.

Produk ini juga mengandung enzim pencernaan protease yang membantu memecah protein kompleks menjadi asam amino yang lebih mudah diserap. Mekanisme ini membantu Anda yang mengalami masalah pencernaan seperti kembung ketika mengonsumsi minuman protein whey. Sungguh produk yang ramah bagi pencernaan Anda!

8. Nutrifood L-Men Platinum Whey Protein

8. Nutrifood L-Men Platinum Whey Protein

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 425.000

Rasanya pas di lidah, efek membakar lemaknya juga pas untuk tubuh Anda

L-Men Platinum mengandung BCAA yang cepat diserap tubuh, vitamin B untuk meningkatkan metabolisme, bahkan diformulasikan rendah lemak dan rendah gula menurut standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Keunggulan utama yang menjadi fokus produk ini adalah kandungan L-Carnitine, yang merupakan senyawa yang dapat mempercepat pembakaran lemak menjadi energi.

Segala kebaikan nutrisi yang terkandung dalam produk ini diformulasikan dalam varian rasa choco latte yang nikmat dan sudah disesuaikan dengan cita rasa masyarakat Indonesia. Tidak terlalu pahit, dan tidak menimbulkan rasa mual bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi whey sekalipun.

7. Optimum Nutrition Serious Mass

7. Optimum Nutrition Serious Mass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.225.000

Dapatkan tubuh berisi yang Anda dambakan, dengan cara yang sehat

Berolahraga untuk menurunkan berat badan mungkin terdengar sudah begitu biasa. Namun, Optimum Nutrition menyadari bahwa ada banyak di antara Anda yang menjalani program pembentukan badan karena kurang percaya diri dengan tubuh Anda yang begitu kurus! Tentu tidak bijak jika anda mengonsumsi banyak lemak dan gula untuk menambah berat badan karena berpotensi menimbulkan penyakit.

Produk ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin menambah berat badan dengan nutrisi yang sehat. Setiap takaran sajinya mengandung kalori sampai dengan 1,250 dari karbohidrat kompleks, protein whey, dan berbagai nutrisi sehat lainnya. Mari buat badan Anda lebih berisi dengan cara yang sehat!

6. Nutrifood L-Men 2 Go

6. Nutrifood L-Men 2 Go

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.500

Pasang sedotan dan langsung minum, praktis diminum kapan saja, di mana saja

Produk ini merupakan jawaban atas kebutuhan Anda yang sibuk beraktivitas, tetapi tetap ingin memenuhi asupan harian protein Anda. Dikemas dalam bentuk susu kotak, produk ini dapat Anda nikmati di kendaraan Anda sekalipun. Bagi Anda yang gemar mengonsumsi cemilan untuk mengganjal perut lapar di tengah kemacetan, tentu saja produk ini menjadi pilihan tepat karena Anda menahan lapar dengan nutrisi bergizi.

Untuk memenuhi kebutuhan protein Anda, Anda dapat mengonsumsi dua kotak L-Men 2 Go sebelum dan sesudah latihan. Anda kini tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk makan sebelum berlatih karena dapat meminum protein Anda di perjalanan menuju lokasi gym!

5. Phoenix Isagenix IsaShake

5. Phoenix Isagenix IsaShake

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Nutrisi lengkap seimbang untuk yang sibuk hingga tak sempat makan

Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap daripada minuman whey yang umumnya diposisikan sebagai suplemen program latihan pembentukan badan. Tidak heran karena Isagenix diposisikan sebagai produk pengganti makanan. Anda yang sibuk pun dapat menjalani program diet dengan mengonsumsi minuman protein whey ini secara teratur, dan rasakan manfaatnya.

Produk ini menggunakan WPC sebagai sumber protein. Tidak hanya protein, IsaShake juga mengandung serat, lemak tak jenuh, dan berbagai vitamin-mineral. Di saat Anda tidak sempat makan maka cukup dengan segelas IsaShake Anda telah mendapatkan nutrisi seimbang untuk menghadapi hari yang sibuk.

4. Nestle Peptamen Junior

4. Nestle Peptamen Junior

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Cara enak dan sehat untuk memenuhi asupan protein anak Anda

Asupan protein sangat dibutuhkan bagi anak Anda karena sedang di usia pertumbuhan, terutama untuk anak yang mengalami gangguan pencernaan dan yang kurang nafsu makan. Kini, para orangtua bisa mengandalkan Peptamen Junior yang mengandung sumber protein dari WPH dan Medium Chain Triglycerides (MCT) sehingga mudah diserap anak. Minuman ini juga mudah dicerna karena bebas laktosa dan bebas gluten.

Produk ini diformulasikan dengan rasa vanila yang enak agar anak Anda menyukai rasanya. Kami merekomendasikan produk ini bagi anak Anda, khususnya bila pola makan anak Anda masih kurang asupan protein.

3. Scitec Nutrition Protein Coffee

4. Scitec Nutrition Sport Coffee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 480.000

Tingkatkan metabolisme Anda agar hasil latihan di gym semakin optimal!

Mengonsumsi produk ini tidak hanya mencukupi kebutuhan protein dalam latihan Anda. Anda juga mendapat asupan 100 mg kafein per saji yang membuat metabolisme Anda meningkat sehingga performa latihan Anda semakin meningkat. Metabolisme yang lebih cepat dan optimal akan membantu Anda membakar energi dan lemak yang ada di dalam tubuh dengan lebih efektif.

Selayaknya meminum kopi, Anda dapat mengonsumsi produk ini dengan melarutkannya di air panas. Untuk memperoleh manfaat terbaik, sebaiknya produk ini diminum sebelum latihan. Bagaimana kalau Anda mencoba meminum minuman protein whey rasa kopi ini di ruang tunggu gym Anda sambil bersantai sebelum mulai berlatih?

2. Musclepharm Fitmiss Delight

2. Musclepharm Fitmiss Delight

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 570.000

Anda wanita yang ingin mendapatkan bentuk badan ideal? Coba yang satu ini!

Fitmiss Delight bukan hanya minuman whey biasa, selayaknya umum dikonsumsi kaum pria. Menyadari perjuangan kaum wanita yang biasanya ingin memiliki tubuh ideal namun sulit menahan lapar, produk ini dilengkapi dengan enzim yang berfungsi mencegah rasa lapar. Sebagai sumber protein, produk mengandung formula protein blend complex yang terdiri dari WPC, albumin, kasein, WPI, dan WPH.

Selain itu produk ini pun mengandung ekstrak dari berbagai buah dan sayuran sebagai sumber vitamin dan antioksidan, antara lain ekstrak cranberry, stroberi, apel, mangga, brokoli,  dan bayam. Formulasi rasanya pun terbilang enak dibandingkan berbagai minuman whey sekelas. Sungguh partner yang tepat bagi wanita yang sedang membentuk badan!

1. Myprotein Impact Diet Whey

2. Myprotein Impact Diet Whey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 555.000

Rasa yang enak dengan efek kenyang, program diet pun berjalan lancar

Sesuai mereknya, produk ini diposisikan spesifik untuk membantu program diet Anda. Tidak hanya mengandung kombinasi protein WPI dan WPC, produk ini juga mengandung berbagai bahan yang membantu metabolisme lemak. Kadar kolesterol Anda pun akan terjaga berkat adanya beta-glucans. Tentunya selain diet, Anda pun ingin memiliki badan yang sehat, bukan?

Produk ini antara lain mengandung kolin yang meningkatkan metabolisme, ekstrak teh hijau yang menghambat penyerapan lemak, dan inulin yang membantu memberi efek kenyang. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang mengikuti program latihan untuk menurunkan berat badan.

Waktu yang ideal untuk mengonsumsi minuman protein whey

Waktu yang ideal untuk mengonsumsi minuman protein

Waktu yang ideal untuk mengonsumsi minuman protein whey akan sangat tergantung dari tujuan program latihan Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki pencernaan yang agak sensitif, Anda dapat mengonsumsi minuman protein whey Anda 20-30 menit setelah latihan. Selain itu,  Anda juga dapat mengonsumsi protein lambat serap sebelum tidur, untuk memulihkan otot yang rusak setelah latihan beban.

Anda juga perlu mempertimbangkan berat badan Anda dalam mengonsumsi protein. Secara umum, 1 gram protein / kg berat badan untuk Anda yang berolahraga ringan sudah cukup. Namun, bagi Anda yang latihan beban, Anda membutuhkan 1.5 gram protein / kg berat badan. Telitilah dalam menghitung asupan protein dankeluar-masuknya kalori untuk hasil yang maksimal!

Kesimpulan

Apabila asupan protein Anda tidak memenuhi kebutuhan harian, maka kondisi fisik Anda tidak akan fit karena protein adalah salah satu zat pembangun tubuh Anda. Apalagi bagi Anda yang sedang dalam program membentuk tubuh ideal!

Untuk memiliki tubuh yang sehat, konsumsilah protein sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi minuman protein whey sebagaimana telah kami rekomendasikan di atas. Selamat menjalani gaya hidup sehat dan dapatkan tubuh sehat ideal yang Anda idamkan!