mybest
Whey protein

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer]
  • 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 1
  • 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 2
  • 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 3
  • 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 4
  • 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 5

10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer]

Kini kita sudah tidak asing dengan kata whey protein. Suplemen ini sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat, terutama yang sedang menjalani workout. Banyak merek whey protein yang bisa ditemukan di pasaran, seperti L-Men, Evolene, dan Vectorlabs. Manakah yang tepat untuk Anda?

Nah, kali ini kami bersama sport nutrition lecturer, Dionysius Subali, akan membahas cara memilih whey protein yang bagus. Tidak lupa kami juga menyajikan rekomendasi produk yang bisa Anda simak pada artikel berikut. Selamat membaca!
Diperbaharui 08/03/2024
Dionysius Subali
Pakar
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Dionysius Subali adalah seorang dosen yang mendalami bidang nutrisi, pencegahan penyakit metabolik sindrom. Lebih spesifik lagi, Dion mendalami ilmu nutrigenomika, nutrisi olahraga, personalized nutrition dan pangan fungsional. Dion telah menyelesaikan pendidikan program magister di Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya, Jakarta. Salah satu prestasi Dion adalah menjadi grand finalist dari ajang pencarian bakat health influencer The New L-Men of The Year 2021. Di sela kesibukannya, ia juga aktif mengedukasi terkait gaya hidup sehat di sekolah dan universitas. Sejak tahun 2019, Dion juga rutin menjalankan riset di bidang nutrisi bersama dengan Nutrifood Research Center.

Profil Dionysius Subali
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kapan waktu yang tepat untuk minum whey protein?

Pakar
Pakar

Whey protein akan tepat bila dikonsumsi sebelum tidur. Pasalnya, mekanisme sintesis otot dan recovery otot berlangsung saat tidur dan tugas whey protein membantu proses tersebut.

Kapan waktu yang tepat untuk minum whey protein?

Sebetulnya, konsumsi whey protein bisa dilakukan kapan saja dalam sehari. Namun, perlu Anda ketahui bahwa salah satu tahapan penting dalam pembentukan otot adalah saat istirahat. Pada masa istirahat, sintesis otot dan proses recovery tetap berlangsung. Oleh karena itu, konsumsi whey protein sebelum tidur lebih direkomendasikan.

Mengonsumsi whey protein setelah berolahraga sebetulnya tak masalah. Namun, prioritaskan untuk menggantikan elektrolit yang hilang terlebih dahulu dengan minuman elektrolit setelah berolahraga. Olahraga yang banyak mengeluarkan keringat khusunya olahraga kardio yang dilakukan di luar ruangan, seperti joging dan bersepeda juga perlu mengonsumsi minuman elektrolit. Mengonsumsi minuman dengan gula setelah berolahraga juga tak masalah asalkan tidak berlebihan. Tujuannya adalah membantu mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga karena gula merupakan sumber energi yang mudah diserap. Setelah itu, Anda baru boleh mengonsumsi whey protein.

Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Konsumsi whey protein juga harus diimbangi dengan olahraga. Tanpa olahraga, konsumsi whey protein pada akhirnya akan menjadi lemak, bukan otot. Selain itu, kelebihan konsumsi protein pada akhirnya akan disaring di ginjal dan menjadi urea. Jika konsumsi berlebihan, protein akhirnya akan terbuang sia-sia.

Jangan konsumsi whey protein tepat sebelum olahraga

Pakar
Pakar

Konsumsi whey tepat sebelum olahraga akan membuat perut Anda terasa penuh sehingga tidak nyaman saat berolahraga. 

Jangan konsumsi whey protein tepat sebelum olahraga
Mengonsumsi whey protein sebetulnya membuat perut terasa lebih kenyang karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Berilah jeda sekitar 2 jam sebelum berolahraga jika ingin mengonsumsi whey protein. Mengonsumsi whey sambil berolahraga pun sangat tidak disarankan karena efek kenyang tersebut.

Konsumsi protein harian untuk Anda yang aktif berolahraga adalah sekitar 1,5 gram per kg berat badan. 
Sebagai contoh, simaklah perhitungan berikut:
  1. Berat badan A = 70 kg
  2. Dari berat badan tersebut, A membutuhkan protein minimal 1,5 gram per berat badan. Perhitungannya adalah 70 kg x 1,5 gram = 105 gram. Jadi, A membutuhkan konsumsi protein sekitar 105 gram per harinya.
  3. Sementara itu, 1 takaran saji whey protein sekitar 35 gram mengandung protein sebanyak 25 gram.

Ada orang yang membayangkan, untuk langsung memenuhi 105 gram kebutuhan protein harian diperlukan konsumsi 4 takaran saji whey protein. Namun, anggapan ini sangat tidak benar karena mengonsumsi protein dalam jumlah banyak sekaligus membuat tubuh kesulitan mencernanya. Terlebih lagi, protein tersebut nantinya akan dibuang oleh tubuh karena terlalu banyak jumlah per konsumsinya.

Memenuhi kebutuhan protein harian hanya dari whey protein saja sangat tidak disarankan. Konsumsi whey protein seharusnya hanya sebagai tambahan saja di luar konsumsi makanan pokok. Pada proses ini, penting sekali untuk menghitung konsumsi jumlah protein per kali makan. Bisa jadi kebutuhan protein harian Anda adalah 105 gram. Anggaplah Anda sudah mendapatkan protein dari makanan pokok Anda sekitar 75 gram. Dengan demikian, Anda hanya membutuhkan tambahan sekitar 30 gram saja dari whey protein.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Hindari konsumsi whey dalam jumlah yang sekaligus banyak. Hal ini akan membuat tubuh Anda kesulitan mencerna konsumsi protein dalam jumlah besar. Alhasil, protein hanya akan terbuang.

Cara memilih Whey Protein

Whey protein merupakan salah satu sulpemen workout yang baik. Namun, jangan asal sembarangan memilih. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan whey protein berkualitas!

1

Utamakan whey protein yang berkualitas, yaitu yang mengandung asam amino esensial

Pakar
Pakar

Asam amino esensial bermanfaat dalam pembentukan otot sehingga penting untuk dikonsumsi. 

Utamakan whey protein yang berkualitas, yaitu yang mengandung asam amino esensial
Protein tersusun dari asam amino, baik asam amino esensial dan nonesensial. Asam amino nonesensial dapat diproduksi tubuh, sedangkan asam amino esensial didapatkan dari nutrisi harian, termasuk whey protein

Asam amino esensial terdiri dari:

  • Leusina
  • Isoleusina
  • Valina
  • Lisina
  • Metionina
  • Fenilalanina
  • Treonin
  • Triptofan
  • Histidina


Untuk mengetahui kandungan asam amino dalam whey protein, Anda bisa melihat komposisinya. Pastikan produsen memang mencantumkan komposisi asam amino sekaligus jumlahnya pada tabel nutrisi.


Memang suatu produk belum tentu mengandung sembilan asam amino esensial tersebut karena permasalahan harga. Makin banyak asam amino esensial di dalamnya, makin tinggi pula harganya. Tidak masalah jika sebuah produk tidak mengandung asam amino esensial secara lengkap. Namun, pilihlah produk yang jumlah asam aminonya paling banyak

Sebagai contoh, berikut dua produk dengan jumlah asam amino esensial yang berbeda.

  • Produk A mengandung 3 asam amino esensial, yaitu leusina, isoleusina, dan valina.
  • Produk B mengandung 6 asam amino esensial, yaitu leusina, isoleusina, valina, metionina, lisina, dan treonin.

Dalam contoh kasus ini, pilihlah produk B karena asam amino esensialnya lebih banyak dibandingkan produk A. Makin banyak asam amino esensial di dalamnya, makin bagus pula manfaat dari produk tersebut.


Salah satu standar produk whey protein berkualitas adalah mendapatkan penilaian dari Labdoor. Labdoor sendiri adalah lembaga yang memberikan penilaian terhadap suplemen olahraga.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali
Jangan sampai Anda asal memilih whey protein yang murah saja. Terkadang ada produsen tidak bertanggung jawab yang mencampurkan asam amino nonesensial untuk memenuhi jumlah protein di dalam whey tersebut. Proses ini dinamakan amino spiking atau memasukkan asam amino nonesensial yang banyak ke dalam whey protein. Mengonsumsi banyak asam amino nonesensial akan membuat Anda kesulitan untuk meningkatkan massa otot dengan maksimal.
2

Untuk Anda yang ingin meningkatkan massa otot, pilih yang mengandung L-carnitine untuk stamina

Pakar
Pakar

L-carnitine dapat meningkatkan perfoma Anda agar waktu berolahraga. Hasilnya, Anda bisa mengangkat beban lebih berat atau melakukan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Untuk Anda yang ingin meningkatkan massa otot, pilih yang mengandung L-carnitine untuk stamina
Konsumsi whey protein sendiri sebetulnya memang membantu meningkatkan massa otot Anda. Untuk membantu meningkatkan massa otot, Anda butuh stamina ekstra agar sanggup mengangkat beban lebih berat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa memilih whey protein dengan kandungan L-carnitine.

L-carnitine membantu mempercepat pembakaran lemak pada tubuh sehingga lebih efektif menghasilkan energi. Dengan begitu, performa workout Anda akan meningkat. Anda pun bisa mengangkat beban lebih berat atau melakukan intensitas workout yang lebih tinggi. Alhasil, otot Anda kian tertantang dan pembentukan otot dapat terjadi.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Banyak orang beranggapan L-carnitine dapat bermanfaat dalam program penurunan berat badan. Konsumsi L-carnitine tanpa aktivitas fisik yang cukup tentu saja tidak ada efeknya.

3

Untuk Anda yang sedang diet defisit kalori, cek kembali kandungan natrium, gula, dan lemaknya

Pakar
Pakar

Konsumsi garam, gula, dan lemak berlebih pada ujungnya hanya akan memberikan dampak obesitas.

Untuk Anda yang sedang diet defisit kalori, cek kembali kandungan natrium, gula, dan lemaknya
Mengonsumsi protein saat diet defisit kalori sangat penting. Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam whey dapat memberikan rasa kenyang. Namun, perlu diingat bahwa whey bukanlah pengganti makanan pokok dan harus diimbangi dengan olahraga.

Jika Anda dalam program diet defisit kalori untuk menurunkan berat badan, cek kembali kandungan garam (natrium), gula, dan lemaknya. Anda sudah mendapatkan konsumsi garam, gula, dan lemak dari makanan dan jumlahnya tidak boleh berlebihan. Oleh karena itu, jumlah garam, gula, dan lemak di dalam suplemen whey tidak boleh terlalu banyak. 

Berikut adalah standar produk rendah garam, rendah gula, dan rendah lemak dalam bentuk produk bubuk dari BPOM:


  • Rendah gula: 5 g per 100 g
  • Bebas gula: 0,5 g per 100 g
  • Rendah lemak: 3 g per 100 g
  • Bebas lemak: 0,5 g per 100 g
  • Rendah garam (natrium): 120 mg per 100 g
  • Sangat rendah garam (natrium): 40 mg per 100 g
  • Bebas garam (natrium): 15 mg per 100 g

Akan lebih baik bila mempertimbangkan whey protein yang kandungan natriumnya <120 mg, gulanya <5 gram, dan lemaknya <3 gram. Dengan begitu, Anda bisa mencapai goals Anda. Tentunya dengan bantuan konsumsi makanan sehat sehari-hari serta olahraga rutin, ya.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Salah satu ciri minuman yang tinggi lemak adalah rasanya yang creamy sehingga lebih enak. Jika ada whey protein yang terlalu creamy, Anda harus curiga bahwa kandungan lemaknya cukup tinggi.

4

Bila Anda memiliki permasalahan lactose intolerant, pilihlah whey berbahan isolate

Pakar
Pakar

Whey protein isolate melalui proses pemurnian yang lebih advanced sehingga di dalamnya tidak terkandung laktosa. 

Bila Anda memiliki permasalahan lactose intolerant, pilihlah whey berbahan isolate
Ada 2 bahan whey, yaitu whey concentrate dan whey isolate. Pada umumnya, whey protein didapatkan dari proses pemurnian susu. Sayangnya, proses pemurnian susu sering kali masih menyisakan lemak susu dan laktosa dalam whey concentrate.

Bagi beberapa orang, konsumsi laktosa bisa saja membuat perut menjadi kembung hingga diare. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih whey protein isolate karena kandungannya lebih murni dibandingkan whey protein concentrate. Whey protein isolate tidak mengandung laktosa sama sekali sehingga aman bagi penderita lactose intolerant. Untuk mengimbanginya, Anda juga bisa menambahkan sumber protein nabati jika mengalami lactose intolerant.

Whey protein isolate memang lebih tinggi protein dan rendah lemak, tetapi perbedaannya tidak signifikan dengan whey protein concentrate. Harga whey protein isolate juga cenderung lebih mahal dibandingkan whey protein concentrate.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Anggapan whey protein isolate lebih baik dibandingkan concentrate tidaklah benar. Whey protein concentrate dan whey protein isolate sama baiknya untuk Anda yang rutin workout. Pemilihannya disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

5

Jika memiliki permasalahan pencernaan, pilih yang terbuat dari hydrolyzed whey

Pakar
Pakar

Bahan hydrolyzed whey protein sudah terhidrolisis dalam bentuk asam amino sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Jika memiliki permasalahan pencernaan, pilih yang terbuat dari hydrolyzed whey

Beberapa orang mungkin mengalami permasalahan saat mencerna whey protein karena keterbatasan enzim pencernaan. Oleh karena itu, Anda harus mencari solusinya, yaitu dengan hydrolyzed whey protein


Hydrolyzed whey protein adalah whey yang sudah terhidrolisis sehingga lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Bagi Anda yang tidak memiliki masalah pencernaan khusus, produk ini tentunya bukan menjadi prioritas utama.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Whey Protein Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Whey Protein terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 13 Januari 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis whey protein
Isi
Kandungan asam amino esensial
Kandungan protein
Kandungan lemak
Kandungan gula
Kandungan tambahan
Pemanis
BPOM
Sertifikasi lainnya
Cocok bagi laktosa intoleran
1

Nutrifood

L-Men Platinum

Nutrifood L-Men Platinum 1

Rp146.000

Agak Murah

Kombinasi bahannya bikin pertumbuhan otot jadi maksimal!

Concentrate & isolate

150 g, 800 g

Leusin, isoleusin, valin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, histidin

25 g

2 g

3 g

L-carnitine, alanine, aspartic acid, glutamic acid, cystine, serine, glysine, tyrosine, proline, arginine

Laktosa

MD 042811005300191

Halal MUI, Labdoor

2

Evolene

Isolene

Evolene Isolene 1

Rp22.000

Lebih Murah

Mengandung 100% isolate sehingga rendah laktosa

Isolate

33 g, 396 g, 1.650 g

Leusin, isoleusin, valin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, histidin

27 g

0,5 g

0 g

Glutamic acid, glycine, serine, aspartic acid, tyrosine, proline, alanine, arginine, cystine

Glikosida steviol

MD 862328321052

Halal MUI, HACCP, GMP, Labdoor

3

Vectorlabs

Master Whey

Vectorlabs Master Whey 1

Rp225.000

Menengah

Diproduksi dengan teknologi membran ultrafiltrasi dingin, kualitasnya mantap!

Concentrate & isolate

1.400 g, 2.250 g, 4.500 g

Tidak diketahui

25 g

2 g

4 g

Vitamin B6

Tidak diketahui

MD 662313012423 (Choco Amaretto), MD 662313014423 (Choco Milk), MD 662313023423 (Dark Choco), MD 662313021423 (Vanilla), dan lainnya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Muscle First

Pro Isolate

Muscle First Pro Isolate 1

Rp537.500

Menengah

Memiliki daya serap yang tinggi hingga 90%!

Isolate

900 g, 2.267 g

Leusin, isoleusin, valin

27 g

0 g

1 g

Vitamin D, vitamin B1, vitamin B2. kalsium

Glikosida steviol

MD 262331159523 (Chocolate Soul), MD 262331116523 (Honey Banana), MD 262331083523 (Taro Velvet), MD 662331598367 (Banana Coffee), MD 662331602367 (Strawberry Parfait)

Halal MUI, HACCP, GMP, ISO 22000, Labdoor

Tidak diketahui

5

Puro Pure Nutrition

WPRO Whey Concentrate

Puro Pure Nutrition WPRO Whey Concentrate 1

Rp115.000

Agak Murah

Tersertifikasi oleh banyak lembaga, mutunya terjamin!

Concentrate

300 g, 600 g, 900 g, 1.200 g, 2.400 g

Leusin, isoleusin, valin, lisin, fenilalanin, treonin, histidin

21 g

1-1,5 g

0-3 g

Tirosin, serin, asam glutamat, alanin, arginin, glisin, asam aspartat, prolin

Laktosa, sukralosa

MD 862312049010 (Vanilla), MD 867012037010 (Choco Eclair), MD 862312046010 (Choco Malt), MD 662312013103 (Strawberry Yoghurt), MD 662312011103 (Milk Tea), MD 662312014103 (Banana Yoghurt)

Halal MUI

6

FITlife

WPRO Concentrate®

FITlife WPRO Concentrate® 1

Rp200.000

Menengah

Tidak perlu khawatir konsumsi WPC karena lemaknya rendah

Concentrate

300 g, 1.500 g

Leusin, isoleusin, valin

20 g

1,5 g

1 g

Vitamin B6

Laktosa, sukralosa, glikosida steviol

MD 862309005627 (Choco Malt), MD 862309009627 (Japanese Matcha)

Halal MUI

7

Optimum Nutrition

Platinum Hydrowhey

Optimum Nutrition Platinum Hydrowhey 1

Rp1.898.000

Lebih Mahal

Ada ekstra BCAA yang sudah micronized!

Isolate

1.640 g

Leusin, isoleusin, valin

30 g

1 g

1 g

Calcium, iron, potassium

Tidak diketahui

ML 262309071443 (Turbo Chocolate), ML 262309070443 (Velocity Vanilla), ML 262309049443 (Super Strawberry)

Tidak diketahui

8

Rimba Life

RIMBAWHEY

Rimba Life RIMBAWHEY 1

Rp275.000

Menengah

Penuhi kebutuhan protein harian dengan 1 scoop saja

Concentrate & isolate

900 g

Leusin, isoleusin, valin

25 g

1,5 g

3 g

Vitamin B6, fosfor, L-glutamine

Pemanis alami jagung

MD 662328010463

Halal MUI

9

BXN

Isolate

BXN Isolate 1

Rp434.500

Agak Mahal

Cepat diserap tubuh serta bebas gula dan lemak

Isolate

908 g, 2.270 g

Leusin, isoleusin, valin, lisin

28 g

0 g

2 g

Vitamin B6, fosfor

Dextrosa, sukralosa

MD 262328011463

Halal MUI

Tidak diketahui

10

BSN

Syntha-6® Isolate

BSN  Syntha-6® Isolate 1

Rp1.620.000

Agak Mahal

Dikombinasikan dengan milk protein isolate, ampuh untuk mencegah muscle breakdown

Isolate

2.270 g

Tidak diketahui

22-25 g

2-5 g

1-3 g

Calcium, iron, potassium, phosphorus, magnesium

Tidak diketahui

ML 261979002018 (Chocolate Milkshake), ML 261979008018 (Vanilla Ice Cream), ML 261979001018 (Strawberry Milkshake)

GMP

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NutrifoodL-Men Platinum

L-Men Platinum 1
Sumber: l-men.com
L-Men Platinum 2
Sumber: shopee.co.id
L-Men Platinum 3
Sumber: shopee.co.id
L-Men Platinum 4
Sumber: shopee.co.id
L-Men Platinum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp146.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp146.000
Agak Murah

Kombinasi bahannya bikin pertumbuhan otot jadi maksimal!

Sudah wira-wiri di televisi, whey protein dari L-Men tentu tidak bisa dilupakan. L-Men Platinum mengandung whey protein isolate. Tidak hanya protein, L-Men Platinum juga mengandung banyak gizi lain. Ada vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan mineral kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, produk ini juga mengandung L-carnitine untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi. Ada juga creatine untuk meningkatkan energi. Sementara itu, L-glutamine dan BCAA bertugas mengoptimalkan pembentukan otot. Karena itu, produk ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang rajin nge-gym.

Jenis whey proteinConcentrate & isolate
Isi150 g, 800 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, histidin
Kandungan protein 25 g
Kandungan lemak 2 g
Kandungan gula 3 g
Kandungan tambahanL-carnitine, alanine, aspartic acid, glutamic acid, cystine, serine, glysine, tyrosine, proline, arginine
PemanisLaktosa
BPOMMD 042811005300191
Sertifikasi lainnyaHalal MUI, Labdoor
Cocok bagi laktosa intoleran
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

EvoleneIsolene

Harga referensi
Rp22.000
Lebih Murah

Mengandung 100% isolate sehingga rendah laktosa

Isolene dari Evolene merupakan salah satu produk whey protein yang ramai diperbincangkan. Produk ini menjagokan kandungan berupa 100% whey protein isolate. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan komposisi protein yang tinggi dengan kadar laktosa yang rendah. Produk ini juga mengandung BCAA yang turut membantu merangsang pertumbuhan otot.


Whey protein dari Evolene ini tidak perlu dikonsumsi sering-sering. Anda hanya perlu mengonsumsinya dua kali sehari, tepatnya pagi hari saat bangun tidur dan setelah berolahraga. Produk ini sedang banyak dikonsumsi sports mania, apakah Anda juga tertarik mencobanya?

Jenis whey proteinIsolate
Isi33 g, 396 g, 1.650 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, histidin
Kandungan protein 27 g
Kandungan lemak 0,5 g
Kandungan gula 0 g
Kandungan tambahanGlutamic acid, glycine, serine, aspartic acid, tyrosine, proline, alanine, arginine, cystine
PemanisGlikosida steviol
BPOMMD 862328321052
Sertifikasi lainnyaHalal MUI, HACCP, GMP, Labdoor
Cocok bagi laktosa intoleran
View all
No.3

VectorlabsMaster Whey

Harga referensi
Rp225.000
Menengah

Diproduksi dengan teknologi membran ultrafiltrasi dingin, kualitasnya mantap!

Master Whey dari Vectorlabs termasuk banyak dicari oleh para gym mania. Produk ini memang memiliki beberapa keunggulan, salah satunya diproduksi dengan teknologi membran ultrafiltrasi dingin. Penggunaan teknologi tersebut membuat kualitas Master Whey sangat baik serta bisa diserap dengan cepat oleh tubuh. 


Dilihat dari komposisinya, whey protein ini juga mengandung BCAA, vitamin C, kalsium, dan zat besi! Jadi, Anda tidak perlu heran apabila Vectorlabs whey protein juga cocok untuk seseorang yang sedang diet atau maintain berat badan.

Jenis whey proteinConcentrate & isolate
Isi1.400 g, 2.250 g, 4.500 g
Kandungan asam amino esensialTidak diketahui
Kandungan protein 25 g
Kandungan lemak 2 g
Kandungan gula 4 g
Kandungan tambahanVitamin B6
PemanisTidak diketahui
BPOMMD 662313012423 (Choco Amaretto), MD 662313014423 (Choco Milk), MD 662313023423 (Dark Choco), MD 662313021423 (Vanilla), dan lainnya
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
Cocok bagi laktosa intoleranTidak diketahui
View all
No.4

Muscle FirstPro Isolate

Harga referensi
Rp537.500
Menengah

Memiliki daya serap yang tinggi hingga 90%!

Produk ini menggunakan whey protein isolate dengan kadar protein yang cukup tinggi. Muscle First juga mengeklaim bahwa whey ini memiliki daya serap yang maksimal, yakni hingga 90%. Penyerapan yang maksimal ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan otot menjadi optimal pula. 


Hal unik lain dari Muscle First Pro Isolate adalah kandungan serat pangannya dapat menambah sensasi kenyang setelah dikonsumsi. Dengan begitu, porsi makan Anda lebih terjaga dan penurunan berat badan pun bisa berjalan lancar. Produk ini juga cocok untuk pria dan wanita. Jadi, apabila Anda mencari whey protein untuk wanita atau whey protein untuk diet wanita, produk ini bisa dilirik.

Jenis whey proteinIsolate
Isi900 g, 2.267 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin
Kandungan protein 27 g
Kandungan lemak 0 g
Kandungan gula 1 g
Kandungan tambahanVitamin D, vitamin B1, vitamin B2. kalsium
PemanisGlikosida steviol
BPOMMD 262331159523 (Chocolate Soul), MD 262331116523 (Honey Banana), MD 262331083523 (Taro Velvet), MD 662331598367 (Banana Coffee), MD 662331602367 (Strawberry Parfait)
Sertifikasi lainnyaHalal MUI, HACCP, GMP, ISO 22000, Labdoor
Cocok bagi laktosa intoleranTidak diketahui
View all
No.5

Puro Pure NutritionWPRO Whey Concentrate

WPRO Whey Concentrate 1
Sumber: puro.id
WPRO Whey Concentrate 2
Sumber: puro.id
WPRO Whey Concentrate 3
Sumber: puro.id
WPRO Whey Concentrate 4
Sumber: puro.id
Harga referensi
Rp115.000
Agak Murah

Tersertifikasi oleh banyak lembaga, mutunya terjamin!

Puro WPRO memang tidak dibuat untuk Anda yang memiliki intoleransi laktosa seperti Puro ISOPRO WPI. Akan tetapi, Anda yang memiliki penyakit celiac masih dapat mempertimbangkan produk ini karena bebas gluten. Anda yang sedang diet juga bisa mencoba produk ini karena kandungannya yang bebas gula dan rendah lemak.


Produk ini memegang beberapa sertifikasi, seperti BPOM, Good Manufacturing Practice, dan ISO:22000. Sertifikasi dari Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) juga sudah dimiliki oleh whey protein ini. Jadi, secara kualitas sertifikasi, tidak ada perbedaan antara Puro ISOPRO dan WPRO.

Jenis whey proteinConcentrate
Isi300 g, 600 g, 900 g, 1.200 g, 2.400 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin, lisin, fenilalanin, treonin, histidin
Kandungan protein 21 g
Kandungan lemak 1-1,5 g
Kandungan gula 0-3 g
Kandungan tambahanTirosin, serin, asam glutamat, alanin, arginin, glisin, asam aspartat, prolin
PemanisLaktosa, sukralosa
BPOMMD 862312049010 (Vanilla), MD 867012037010 (Choco Eclair), MD 862312046010 (Choco Malt), MD 662312013103 (Strawberry Yoghurt), MD 662312011103 (Milk Tea), MD 662312014103 (Banana Yoghurt)
Sertifikasi lainnyaHalal MUI
Cocok bagi laktosa intoleran
View all
No.6

FITlifeWPRO Concentrate®

Harga referensi
Rp200.000
Menengah

Tidak perlu khawatir konsumsi WPC karena lemaknya rendah

Salah satu poin yang sering dipertimbangkan sebelum membeli whey protein concentrate adalah kandungan lemaknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena kandungan lemak di dalam Fitlife whey protein concentrate hanya sekitar 2%. Produk ini juga bebas kandungan gula, lo!


Produk lokal ini tidak mengandung creatine, glutamine, dan juga glutamic acid karena menggunakan 100% concentrate. Hal lain yang membuat produk ini spesial adalah varian rasanya yang unik, ada Choco Malt dan Japanese Matcha. Khusus untuk rasa Japanese Matcha, Fitlife menggunakan bubuk matcha dari Jepang supaya rasanya lebih autentik.

Jenis whey proteinConcentrate
Isi300 g, 1.500 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin
Kandungan protein 20 g
Kandungan lemak 1,5 g
Kandungan gula 1 g
Kandungan tambahanVitamin B6
PemanisLaktosa, sukralosa, glikosida steviol
BPOMMD 862309005627 (Choco Malt), MD 862309009627 (Japanese Matcha)
Sertifikasi lainnyaHalal MUI
Cocok bagi laktosa intoleran
View all
No.7

Optimum NutritionPlatinum Hydrowhey

Harga referensi
Rp1.898.000
Lebih Mahal

Ada ekstra BCAA yang sudah micronized!

Jika Anda penasaran dengan whey protein jenis hydrolysate, Platinum Hydrowhey dari Optimum Nutrition (ON) bisa dipertimbangkan. Produk ini menggunakan whey protein yang sudah terhidrolisis sehingga lebih mudah diserap tubuh. Whey protein ini juga mengandung 100% hydrolyzed whey protein isolate.


Menariknya lagi, produk ini memiliki ekstra BCAA micronized atau berukuran superkecil. BCAA yang sudah micronized dikatakan lebih mudah larut sehingga juga lebih gampang digunakan tubuh. Untuk waktu konsumsinya sendiri, Anda dapat meminumnya pada waktu pagi dan 30-60 menit sebelum atau sesudah workout.

Jenis whey proteinIsolate
Isi1.640 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin
Kandungan protein 30 g
Kandungan lemak 1 g
Kandungan gula 1 g
Kandungan tambahanCalcium, iron, potassium
PemanisTidak diketahui
BPOMML 262309071443 (Turbo Chocolate), ML 262309070443 (Velocity Vanilla), ML 262309049443 (Super Strawberry)
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
Cocok bagi laktosa intoleran
View all
No.8

Rimba LifeRIMBAWHEY

Harga referensi
Rp275.000
Menengah

Penuhi kebutuhan protein harian dengan 1 scoop saja

Jika Anda tengah mencari suplemen untuk post-workout, produk yang satu ini bisa dicoba. RIMBAWHEY tak cuma baik untuk pembentukan otot, tetapi juga mampu mencegah agar otot tidak menyusut. Metabolisme tubuh juga dapat terjaga dengan mengonsumsi suplemen ini.

 
Suplemen ini mengandung 25 gram protein per penyajian yang memenuhi kebutuhan harian protein. Inilah sebabnya, suplemen ini cocok pula untuk Anda yang terlalu sibuk dan kesulitan memenuhi kebutuhan harian. Kandungannya juga rendah lemak dengan pemanis alami dari jagung. 

Jenis whey proteinConcentrate & isolate
Isi900 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin
Kandungan protein 25 g
Kandungan lemak 1,5 g
Kandungan gula 3 g
Kandungan tambahanVitamin B6, fosfor, L-glutamine
PemanisPemanis alami jagung
BPOMMD 662328010463
Sertifikasi lainnyaHalal MUI
Cocok bagi laktosa intoleran
View all
No.9

BXNIsolate

Harga referensi
Rp434.500
Agak Mahal

Cepat diserap tubuh serta bebas gula dan lemak

Kandungan protein di dalam setiap sajian BXN Whey Protein Isolate mencapai 28 gram. Produk buatan lokal ini juga mempunyai biological value (BV) atau tingkat penyerapan protein yang tinggi. Jadi, tidak heran kalau produk ini dapat membantu meningkatkan atau menjaga massa otot secara maksimal.


Selain itu, kami juga merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mencari whey protein tanpa gula dan tanpa lemak. Cocok sekali untuk membantu proses diet Anda. Namun, jangan lupa olahraga dan konsumsi produk empat kali sehari untuk hasil maksimal. Anda dapat mengonsumsinya pada pagi hari, sebelum olahraga, setelah olahraga, dan sebelum tidur.

Jenis whey proteinIsolate
Isi908 g, 2.270 g
Kandungan asam amino esensialLeusin, isoleusin, valin, lisin
Kandungan protein 28 g
Kandungan lemak 0 g
Kandungan gula 2 g
Kandungan tambahanVitamin B6, fosfor
PemanisDextrosa, sukralosa
BPOMMD 262328011463
Sertifikasi lainnyaHalal MUI
Cocok bagi laktosa intoleranTidak diketahui
View all
No.10

BSN Syntha-6® Isolate

Syntha-6® Isolate 1
Sumber: gobsn.com
Syntha-6® Isolate 2
Sumber: gobsn.com
Syntha-6® Isolate 3
Sumber: gobsn.com
Syntha-6® Isolate 4
Sumber: gobsn.com
Syntha-6® Isolate 5
Sumber: gobsn.com
Harga referensi
Rp1.620.000
Agak Mahal

Dikombinasikan dengan milk protein isolate, ampuh untuk mencegah muscle breakdown

Banyak produk menjagokan whey protein yang cepat diserap oleh tubuh. Whey protein Syntha-6 Isolate mengombinasikan whey protein isolate dengan milk protein concentrate. Milk protein isolate sendiri merujuk pada protein yang diambil dari susu skim.


Setelah Anda mengonsumsinya, milk protein isolate diserap dengan lambat oleh tubuh. Milk protein isolate yang diserap lambat memberikan sejumlah manfaat. Menurut Healthline, kasein dalam milk protein isolate berpotensi untuk mencegah terurainya sel-sel otot (muscle breakdown). Protein ini juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat menunjang diet.

Jenis whey proteinIsolate
Isi2.270 g
Kandungan asam amino esensialTidak diketahui
Kandungan protein 22-25 g
Kandungan lemak 2-5 g
Kandungan gula 1-3 g
Kandungan tambahanCalcium, iron, potassium, phosphorus, magnesium
PemanisTidak diketahui
BPOMML 261979002018 (Chocolate Milkshake), ML 261979008018 (Vanilla Ice Cream), ML 261979001018 (Strawberry Milkshake)
Sertifikasi lainnyaGMP
Cocok bagi laktosa intoleranTidak diketahui
View all

5 Rekomendasi Whey Protein terbaik

No. 1: NutrifoodL-Men Platinum

No. 2: EvoleneIsolene

No. 3: VectorlabsMaster Whey

No. 4: Muscle FirstPro Isolate

No. 5: Puro Pure NutritionWPRO Whey Concentrate

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.