• 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?

Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Rizki Fran
Reynold Ryesbiyanto
Mochammad Rizal
  • Pembaharuan terakhir: 21 Oktober 2021
  • 140.632 Views
Daftar isi

Whey protein dan manfaatnya untuk workout

Whey protein dan manfaatnya untuk workout
  • Apa itu whey protein

Whey protein adalah protein yang terdapat pada bagian cair susu yang disebut whey. Bagian cair ini terbentuk saat susu diolah menjadi keju. Kemudian, whey atau bagian cair tersebut diproses sedemikian rupa hingga menjadi bubuk. Bubuk inilah yang dikemas menjadi bubuk whey protein untuk dikonsumsi oleh para sports mania.


  • Manfaat whey protein

Sebagai protein, whey protein dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot. Dalam riset yang diberitakan WebMD, whey protein dapat menaikkan pertumbuhan otot terlepas apa pun latihan yang dilakukan. Whey protein juga diklaim lebih efektif meningkatkan kekuatan dibandingkan protein lainnya seperti kasein.


Khasiat whey protein untuk otot ini berkat kandungan asam amino (leucine) dalam kadar yang tinggi. Leucine dikenal sebagai asam amino yang dapat merangsang sintesis protein, yakni proses pembangunan protein oleh sel-sel. Sintesis protein kemudian akan berujung pada peningkatan dan pertumbuhan massa otot.

Cara memilih minuman whey protein

Sebagai suplemen workout yang populer, ada banyak sekali produk whey protein yang beredar. Mari simak cara memilih whey protein agar Anda menemukan produk yang bagus!

Pilih berdasarkan tipe whey protein

Terdapat tiga jenis whey protein yang bisa Anda temukan. Tiap-tiap jenis ini memiliki keunggulan berbeda-beda. Mari simak pembahasan berikut dengan saksama!

Whey Protein Concentrate (WPC), kadar protein hingga 85%

Whey protein concentrate (WPC) merupakan salah satu whey yang umum ditemukan dalam banyak produk. Kandungan protein pada WPC bisa berkisar 75–85%. Sisanya, WPC juga mengandung karbohidrat (termasuk laktosa) serta lemak. 

Karena mengandung lemak dan laktosa, rasa whey protein concentrate biasanya lebih enak. Namun, kandungan laktosa ini tidak disarankan bagi orang dengan intoleransi laktosa.


Kelebihan WPC:

  • Harga cenderung lebih murah dibandingkan jenis lain.
  • Rasanya lebih enak karena mengandung lemak dan laktosa.
  • Mudah ditemukan.

Kekurangan WPC

  • Efek samping berupa masalah pencernaan pada individu yang intoleransi laktosa.

Whey Protein Isolate (WPI), kadar protein di atas 90%

Tipe whey protein lain yang juga banyak dikonsumsi adalah whey protein isolate (WPI). Whey protein jenis ini didapatkan dari proses yang lebih panjang dibandingkan tipe concentrate. Proses yang lebih panjang tersebut menghasilkan kadar protein yang lebih tinggi. Sebaliknya, proses ini juga membuat kadar karbohidrat dan lemak dalam WPI lebih sedikit dibandingkan WPH.

Kelebihan WPI:

  • Mengandung protein dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan tipe concentrate.
  • Kadar laktosanya lebih rendah sehingga berpotensi lebih cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa.

Kekurangan WPI:

  • Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan whey protein concentrate.

Whey Protein Hydrolysate (WPH), lebih cepat diserap tubuh

Jenis whey protein lainnya yakni whey protein hydrolysate (WPH). Jenis whey protein ini sudah melewati proses pemecahan yang disebut enzymatic hydrolysis. Artinya, fragmen protein di dalamnya sudah diproses dan dipecah sehingga berukuran lebih kecil. 

Dengan ukurannya yang sudah diperkecil tersebut, WPH bisa diserap lebih cepat oleh tubuh. Hanya saja, WPH memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli produk WPH.


Kelebihan WPH:

  • Dapat diserap dan dicerna lebih cepat oleh tubuh.

Kekurangan WPH:

  • Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan whey protein jenis lain.

Cek kandungan lain untuk optimalkan hasil workout

Whey protein sering dicampurkan dengan kandungan lain yang bermanfaat untuk optimalkan workout. Apa saja kandungan yang bisa ditemukan dalam produk whey protein?

Ekstra BCAA, turut mengoptimalkan pertumbuhan otot

Ekstra BCAA, turut mengoptimalkan pertumbuhan otot
BCAA atau branch-chained amino acid adalah kelompok asam amino yang populer dalam dunia fitness. Terdapat tiga asam amino yang tergolong sebagai BCAA, yaitu leucine, isoleucine, dan valine

BCAA bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan otot. Kelompok asam amino ini juga membantu mengurangi rasa nyeri pada otot.


Whey protein sebenarnya sudah mengandung asam amino, termasuk BCAA. Namun, Anda bisa mencari produk yang memberikan tambahan BCAA untuk mengoptimalkan hasil latihan. Pertimbangkan Optimum Nutrition Platinum Hydrowhey yang mengandung ekstra micronized BCAA.

Creatine, ampuh untuk meningkatkan kekuatan

Creatine, ampuh untuk meningkatkan kekuatan

Kandungan lain yang bisa Anda cari dalam produk whey protein adalah creatine. Creatine merupakan senyawa turunan asam amino dalam tubuh yang terlibat dalam proses energi.


Mengonsumsi creatine dari suplemen dikatakan dapat mengoptimalkan pertumbuhan massa ototCreatine juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan performa latihan.


Tak banyak produk whey protein yang mengandung creatine. Namun, Anda tak perlu khawatir. L-Men sebagai merek populer Indonesia mencampurkan creatine dalam L-Men Platinum. Produk ini bahkan juga diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Vitamin B kompleks, penting untuk produksi energi

Vitamin B kompleks, penting untuk produksi energi

Meski jarang diidolakan oleh para sports mania, vitamin B juga bisa dicari dalam minuman workout, termasuk whey protein. Beberapa jenis vitamin B terlibat dalam produksi energi bagi tubuh. Misalnya, menurut National Health Service, vitamin B6 membantu tubuh untuk menggunakan energi dari protein yang kita konsumsi.


Ada cukup banyak whey protein yang mengandung vitamin B. Pertimbangkan ISOPRO Grass Fed Whey Isolate yang menawarkan vitamin B6 untuk menunjang kesehatan Anda.

Perhatikan jenis pemanis dalam produk

Perhatikan jenis pemanis dalam produk

Whey protein tersedia dalam berbagai rasa. Dengan demikian, Anda akan menyadari bahwa ada berbagai jenis pemanis yang digunakan dalam produk. Sebisa mungkin, prioritaskan produk yang kadar gulanya sedikit. Terlalu berlebihan mengonsumsi gula dapat menimbulkan masalah kesehatan, termasuk kegemukan hingga kelelahan.


Beberapa produk juga menggunakan pemanis buatan, terutama sukralosa. Sukralosa umumnya aman dikonsumsi oleh sebagian orang. Hanya saja, sebagian individu yang sensitif bisa mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi sukralosa.

Temukan rasa whey protein yang bisa dinikmati jangka panjang

Temukan rasa whey protein yang bisa dinikmati jangka panjang
Poin penting berikutnya adalah memilih rasa whey protein yang sesuai dengan selera Anda. Hal ini perlu diperhatikan karena sediaan whey protein dikemas dengan dengan isi yang banyak. 

Anda bisa memilih whey protein rasa cokelat. Rasa ini cenderung aman dan biasanya menjadi favorit sejuta umat. Produk dengan rasa buah-buahan juga bisa Anda pilih, seperti pisang, stroberi, atau mangga.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

DYMATIZEElite 100% Whey Protein

Mulai dari Rp 1.899.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi minuman whey protein terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman whey protein terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Muscle Feast Whey Protein Isolate, Pasture Raised, Grass Fed, rBST/rBGH and soy free

Mulai dari Rp 1.100.000,00

JenisWPI
Kandungan protein per saji20,5 g
RasaUnflavored, Pumpkin Spice, Chocolate, Vanilla, Mocha, Cappucino, dan Strawberry Cheesecake
Kandungan lainnyaKalsium dan kalium
Kalori per saji89 kkal untuk varian Unflavored
Isi907 g dan 2.300 g
9

MusclePharm FitMiss Delight Protein Shake

Mulai dari Rp 520.000,00

JenisWPC
Kandungan protein per saji20 gram
RasaChocolate delight dan vanilla chai
Kandungan lainnyaSolaThin® Potato Protein Extract, ekstrak buah-buahan, ekstrak sayuran, vitamin, serta mineral
Kalori per saji90 kkal
Isi544 g dan 907 g
8
JenisWPI
Kandungan protein per saji25 g
RasaChocolate milkshae, strawberry milkshake, dan vanilla ice cream
Kandungan lainnyaVitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi
Kalori per saji140 kkal
Isi907 g dan 1.800 g
7
JenisWPH
Kandungan protein per saji30 g
RasaTurbo Chocolate dan Velocity Vanilla
Kandungan lainnyaMicronized BCAA, zat besi, dan kalsium
Kalori per saji140 kkal
Isi1.600 g
6

THGMyprotein Impact Whey Isolate

Mulai dari Rp 889.000,00

JenisWPI
Kandungan protein per saji23 g
RasaUnflavoured, Salted Caramel, Blueberry, Milk Tea, dan banyak rasa lainnya
Kandungan lainnya-
Kalori per saji93 kkal untuk varian Unflavored
Isi1.000 g, 2.500 g, dan 5.000 g
5

Puro Pure NutritionISOPRO Grass Fed Whey Isolate

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisWPI
Kandungan protein per saji20 g
RasaChoco Malt dan Choco Mocha Eclairs
Kandungan lainnyaVitamin B6
Kalori per saji120 kkal
Isi300 g, 1.200 g, dan 2.400 g
4
JenisWPI dan WPC
Kandungan protein per saji25 g
RasaChoco latte, kacang hijau, dan ketan hitam
Kandungan lainnyaCreatine, BCAA, asam folat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi
Kalori per saji130 kkal
Isi800 g
3
JenisWPI
Kandungan protein per saji25 g
RasaChoco milk, choco amaretto, vanilla, mango milkshake, mocca, baileys, lycee milkshake
Kandungan lainnyaVitamin A, kalsium, BCAA, vitamin C, zat besi
Kalori per saji130 kkal
Isi454 g, 1.400 g, dan 4.990 g
2
JenisWPI
Kandungan protein per saji27 g
RasaHoney banana, chocolate soul, Indian mango, taro, dan guava roscha
Kandungan lainnyaBCAA
Kalori per saji140 kkal
Isi900 g, 1.800 g, dan 2.250 g
1
JenisWPI
Kandungan protein per saji27 g
RasaCokelat, Strawberry, Vanilla
Kandungan lainnyaBCAA
Kalori per saji140 kkal
Isi396 g (12 sachet) dan 1.650 g

Tabel perbandingan produk minuman whey protein terbaik

Gambar produk
1
Evolene Isolene 1

Evolene

2
Muscle First M1 Pro Isolate 1

Muscle First

3
VectorLabs Master Whey 1

VectorLabs

4
Nutrifood L-Men Platinum 1

Nutrifood

5
Puro Pure Nutrition ISOPRO Grass Fed Whey Isolate 1

Puro Pure Nutrition

6
THG Myprotein Impact Whey Isolate 1

THG

7
Optimum Nutrition Platinum Hydrowhey 1

Optimum Nutrition

8
BSN  Syntha-6 Isolate 1

BSN

9
MusclePharm  FitMiss Delight Protein Shake 1

MusclePharm

10
Muscle Feast  Whey Protein Isolate, Pasture Raised, Grass Fed, rBST/rBGH and soy free 1

Muscle Feast

Nama produk

Isolene

M1 Pro Isolate

Master Whey

L-Men Platinum

ISOPRO Grass Fed Whey Isolate

Myprotein Impact Whey Isolate

Platinum Hydrowhey

Syntha-6 Isolate

FitMiss Delight Protein Shake

Whey Protein Isolate, Pasture Raised, Grass Fed, rBST/rBGH and soy free

Keunggulan

100% isolate, rendah laktosanya!

Dengan daya serap yang tinggi hingga 90%!

Diproduksi dengan teknologi membran ultrafiltrasi dingin, kualitasnya mantap!

Mengandung creatine, pertumbuhan otot jadi maksimal!

Tersertifikasi oleh banyak lembaga, mutunya terjamin!

Dapatkan asupan protein murni hingga 90%

Ada ekstra BCAA yang sudah micronized!

Dikombinasikan dengan milk protein isolate, ampuh untuk mencegah muscle breakdown

Membuat cepat kenyang, cocok untuk Anda yang ingin kurus!

Bebas pemanis buatan dan gula, rasa manisnya datang dari stevia

Harga mulai dariRp 230.000,00Rp 365.000,00Rp 140.000,00Rp 300.000,00Rp 145.000,00Rp 889.000,00Rp 1.770.000,00Rp 988.000,00Rp 520.000,00Rp 1.100.000,00
JenisWPIWPIWPIWPI dan WPCWPIWPIWPHWPIWPCWPI
Kandungan protein per saji27 g27 g25 g25 g20 g23 g30 g25 g20 gram20,5 g
RasaCokelat, Strawberry, VanillaHoney banana, chocolate soul, Indian mango, taro, dan guava roschaChoco milk, choco amaretto, vanilla, mango milkshake, mocca, baileys, lycee milkshakeChoco latte, kacang hijau, dan ketan hitamChoco Malt dan Choco Mocha EclairsUnflavoured, Salted Caramel, Blueberry, Milk Tea, dan banyak rasa lainnyaTurbo Chocolate dan Velocity VanillaChocolate milkshae, strawberry milkshake, dan vanilla ice creamChocolate delight dan vanilla chaiUnflavored, Pumpkin Spice, Chocolate, Vanilla, Mocha, Cappucino, dan Strawberry Cheesecake
Kandungan lainnyaBCAABCAAVitamin A, kalsium, BCAA, vitamin C, zat besiCreatine, BCAA, asam folat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besiVitamin B6-Micronized BCAA, zat besi, dan kalsiumVitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besiSolaThin® Potato Protein Extract, ekstrak buah-buahan, ekstrak sayuran, vitamin, serta mineralKalsium dan kalium
Kalori per saji140 kkal140 kkal130 kkal130 kkal120 kkal93 kkal untuk varian Unflavored140 kkal140 kkal90 kkal89 kkal untuk varian Unflavored
Isi396 g (12 sachet) dan 1.650 g900 g, 1.800 g, dan 2.250 g454 g, 1.400 g, dan 4.990 g800 g300 g, 1.200 g, dan 2.400 g1.000 g, 2.500 g, dan 5.000 g1.600 g907 g dan 1.800 g544 g dan 907 g907 g dan 2.300 g
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar minuman whey protein

Whey protein merupakan suplemen pelengkap sesi workout yang sangat populer. Namun, Anda tentu masih memiliki pertanyaan terkait keamanan atau manfaat dari protein ini. Kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai whey protein. Mari simak poin-poin berikut!

Apakah whey protein berbahaya?

Apakah whey protein berbahaya?

Whey protein umumnya aman dikonsumsi. Banyak orang juga bisa meminumnya tanpa mengalami efek samping. Namun, sebagian individu mungkin berpotensi mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsinya, terutama orang dengan intoleransi laktosa. 


Jika Anda mengalami efek samping setelah minum whey protein concentrate, cobalah beralih ke isolate. Anda juga bisa mencoba bubuk protein nabati, seperti yang terbuat dari kacang kedelai.

Apakah whey protein bisa menurunkan berat badan?

Apakah whey protein bisa menurunkan berat badan?

Whey protein bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, asupan protein yang tinggi dapat memberikan sensasi kenyang dan mencegah Anda untuk makan berlebih. Walau begitu, Anda harus mengombinasikan pemakaian whey protein dengan latihan fisik agar berat badan bisa turun.

Apakah whey protein aman untuk remaja?

Apakah whey protein aman untuk remaja?

Whey protein aman dikonsumsi oleh remaja. Namun, makanan sehat tetaplah menjadi prioritas bagi remaja dalam mencukupkan kebutuhan protein. Ingat bahwa whey protein tetaplah pelengkap untuk mengiringi latihan, ya.

Baca juga rekomendasi produk penunjang workout lainnya di sini

Demi mengoptimalkan hasil workout, ada banyak jenis suplemen dan produk nonsuplemen yang bisa Anda pertimbangkan. Kami memiliki beberapa ulasan lengkap mengenai produk pengiring fitness dan latihan fisik. Mari temukan produk idaman Anda melalui artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Whey protein dapat dikonsumsi untuk mengoptimalkan hasil workout. Minuman susu whey protein juga mudah ditemukan di pasaran dengan keunggulannya masing-masing. Temukan produk yang sesuai dengan bujet, rasa favorit, dan kebutuhan Anda, ya.

Meski manfaatnya sudah terbukti, mengonsumsi whey protein bisa menjadi sia-sia jika Anda tak serius dalam berlatih. Padukan usaha Anda dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan tidur yang cukup. Pastikan Anda juga memenuhi kebutuhan air putih. Tetap semangat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    134.190 Views
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    165.465 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    349.168 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    148.958 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    344.221 Views
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
    77.347 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Resveratrol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Resveratrol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai suplemen yang dapat memperlambat penuaan dan meningkatkan kesehatan? Nah, Anda perlu berkenalan dengan suplemen resveratrol polifenol. Suplemen ini efektif untuk antipenuaan dan mencegah demensia. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung mengenai cara untuk memilih produk yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih suplemen resveratrol. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk bagi Anda. Produk yang dapat Anda temukan diantaranya seperti Puritan's Pride, Thompson's, dan Healthy Care. Mari temukan suplemen resveratrol yang sesuai untuk Anda!
    Vitamin & suplemen
    2.573 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori