mybest
Lem

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Tape & perekat
  4. 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024)

Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi kurang kuat dibandingkan memakai lem untuk logam. Di antara banyaknya produk lem logam yang bagus di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?. Ada lem yang cepat kering, yang sangat tahan panas, dan yang elastis.

Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih lem logam serta mengulas sepuluh produk terbaik dari berbagai merek. Anda bisa menemukan lem Korea, Dextone, dan Alteco di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!

Diperbaharui 02/06/2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Lem untuk logam: Kuat, tahan guncangan, dan tahan panas

Lem untuk logam: Kuat, tahan guncangan, dan tahan panas
Lem untuk logam memiliki karakteristik tahan guncangan, tahan panas, antiair, dan makin solid ketika mengeras. Meskipun terdapat beragam jenis logam, tetapi lem dengan karakteristik tersebut akan cocok digunakan untuk logam.

Sebenarnya, lem instan biasa juga dapat digunakan untuk logam. Akan tetapi, lem instan cenderung tidak tahan panas dan tidak tahan guncangan. Jika Anda ingin merekatkan logam dengan hasil rekat yang tahan lama, pilihlah lem khusus untuk logam.

Cara memilih lem untuk logam

Saat ini tersedia banyak lem logam dengan karakteristik dan merek yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya ketahuilah kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum membeli. Berikutnya, kami akan membahas cara memilih lem untuk logam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1

Pilih berdasarkan material yang ingin direkatkan dengan logam

Pilih berdasarkan material yang ingin direkatkan dengan logam
Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah jenis material yang ingin ditempelkan ke logam. Berikut ini adalah penjelasannya secara singkat:

  • Jika Anda ingin menempelkan logam dengan logam, gunakanlah lem khusus untuk logam. Saat menggunakan lem jenis ini, Anda harus lebih berhati-hati karena lem akan menjadi sangat keras ketika mengering.
  • Apabila hendak merekatkan benda yang bukan logam ke benda logam, Anda dapat menggunakan lem multifungsi. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa plastik polipropilena atau polietilena sulit untuk direkatkan dengan logam. Jadi, Anda sebaiknya jangan menempelkan material tersebut ke benda logam.
2

Utamakan lem epoxy resin karena lebih kuat dan tahan panas

Utamakan lem epoxy resin karena lebih kuat dan tahan panas
Logam yang kokoh sering kali digunakan di tempat yang kondisinya lembap dan panas. Oleh karena itu, banyak orang mengutamakan lem logam yang kuat dan tahan panas. Jika Anda mencari lem yang demikian, kami merekomendasikan lem epoxy resin karena kuat, antiair, dan tahan panas.

Epoxy resin biasanya tahan terhadap panas bersuhu 70℃ hingga 80. Beberapa merek memang tahan terhadap panas sampai suhu 100℃, tetapi Anda harus tetap berhati-hati untuk tidak menggunakannya di tempat yang terpapar panas secara langsung. Solusinya, kami menyarankan Anda untuk mengelas dibandingkan mengelem.

3

Untuk merekatkan dua jenis material berbeda, gunakan lem yang bersifat elastis

Untuk merekatkan dua jenis material berbeda, gunakan lem yang bersifat elastis

Saat merekatkan dua benda yang materialnya berbeda, masalah seperti permukaan benda terkelupas, pecah, dan membengkok mungkin saja terjadi. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan koefisien termal ekspansi, yaitu besarnya perubahan volume dan panjang suatu materi akibat kenaikan suhu. 


Benda yang materialnya sejenis akan bertambah volumenya secara bersamaan. Namun, material yang berbeda akan memiliki laju perubahan volume yang berbeda. Jika hal itu terjadi, benda akan berisiko pecah dan membengkok.


Karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan lem yang bersifat elastis. Lem elastis akan berubah bentuk mengikuti perubahan ukuran benda. Dengan demikian, kerusakan dapat dihindari.

4

Jika memilih lem logan instan, pastikan produknya resistan terhadap guncangan

Jika memilih lem logan instan, pastikan produknya resistan terhadap guncangan
Lem instan adalah lem yang paling sering direkomendasikan untuk merekatkan logam karena cepat kering dan mudah digunakan. Akan tetapi, lem jenis ini umumnya tidak kuat menahan guncangan dan berisiko mengelupas lebih cepat.

Apabila Anda tetap ingin menggunakan lem instan, pilihlah produk yang memiliki sifat tahan guncangan atau shock-resistant. Berbeda dengan lem instan pada umumnya, lem tersebut lebih sulit dilepaskan karena memiliki ketahanan yang baik terhadap guncangan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi lem terbaik untuk logam

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan lem terbaik untuk logam yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Dextone

Epoxy 5 Minutes

Dextone Epoxy 5 Minutes 1

Rp6.250

Agak Murah

Lem epoxy andalan untuk merekatkan berbagai perkakas rumah tangga

2

Handsome

Lem Korea

Handsome Lem Korea 1

Rp2.800

Lebih Murah

Produk populer yang dipercaya oleh banyak orang

3

Alteco

Super Glue 110

Alteco  Super Glue 110 1

Rp5.000

Agak Murah

Si mungil yang mudah dibawa-bawa

4

Araldite

5 Minutes Rapid

Araldite 5 Minutes Rapid 1

Rp32.500

Menengah

Cocok untuk memperbaiki perhiasan Anda

5

Aica

Aibon 601

Aica Aibon 601 1

Rp9.800

Agak Murah

Dapat digunakan untuk berbagai macam bahan

6

Dextone

Clear Silicone Sealant

Dextone Clear Silicone Sealant 1

Rp8.900

Agak Murah

Tidak hanya elastis, tetapi juga nyaman dipegang

7

IKA

Glazing N10

IKA  Glazing N10 1

Rp45.500

Agak Mahal

Lem aluminium yang tersedia dalam beragam pilihan warna

8

Loctite

Super Glue Ultra Gel Control

Loctite Super Glue Ultra Gel Control 1

Rp98.000

Agak Mahal

Teksturnya berupa gel sehingga tidak mudah berceceran

9

Protective Coating

PC-Fahrenheit

Protective Coating  PC-Fahrenheit 1

Rp125.000

Agak Mahal

Kuat pada suhu yang sangat panas

10

UHU

Epoxy Quick Set Easy Mix Syringe Blister

UHU Epoxy Quick Set Easy Mix Syringe Blister 1

Rp78.800

Agak Mahal

Mudah digunakan, praktis, dan cepat kering

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DextoneEpoxy 5 Minutes

Epoxy 5 Minutes 1
Sumber: dextone.com
Harga referensi
Rp6.250
Agak Murah
Harga referensi
Rp6.250
Agak Murah

Lem epoxy andalan untuk merekatkan berbagai perkakas rumah tangga

Inilah lem epoxy yang banyak dicari orang di marketplace. Anda dapat mengandalkannya untuk mengelem berbagai perkakas di rumah. Mulai dari mesin pompa air, barang pecah belah, speaker, hingga radiator, semua bisa direkatkan dengan lem ini. Tidak hanya cepat kering, produk ini juga memiliki daya tahan yang sangat bagus. Yuk, segera dibeli!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

HandsomeLem Korea

Harga referensi
Rp2.800
Lebih Murah

Produk populer yang dipercaya oleh banyak orang

Beberapa orang lebih menyukai produk yang sudah banyak digunakan oleh orang banyak. Apakah Anda juga demikian? Jika ya, lem ini tepat untuk Anda. Lem Korea ini telah banyak dibeli di e-commerce dan mendapat review positif dari pembelinya. 


Lem ini terbuat dari cyanoacrylate yang mampu mengeras dengan cepat. Anda bisa memakainya untuk merekatkan peralatan dari mulai plastik, stainless, kaleng, kayu, hingga berbagai bahan lainnya.

No.3

Alteco Super Glue 110

Harga referensi
Rp5.000
Agak Murah

Si mungil yang mudah dibawa-bawa

Kami rekomendasikan Alteco Super Glue 110 untuk Anda yang membutuhkan lem kecil untuk dibawa bepergian. Lem ini berukuran mini dengan isi hanya 3 g sehingga tidak akan membuat bawaan Anda menjadi berat.


Karena isinya tidak terlalu banyak, ada kemungkinan produk ini bisa habis hanya dalam sekali atau dua kali pemakaian. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lem mengering akibat terlalu lama disimpan.

No.4

Araldite5 Minutes Rapid

Harga referensi
Rp32.500
Menengah

Cocok untuk memperbaiki perhiasan Anda

Produk yang kerap disebut Araldite merah ini dapat digunakan untuk memperbaiki perhiasan yang terbuat dari logam. Selain tahan benturan, lem ini juga tidak mudah dirusak oleh minyak ataupun zat kimia. Jadi, setelah dilem, cincin Anda akan tetap awet walau sering dipakai beraktivitas. Warnanya pun transparan sehingga tidak merusak kecantikan perhiasan Anda.

No.5

AicaAibon 601

Harga referensi
Rp9.800
Agak Murah

Dapat digunakan untuk berbagai macam bahan

Untuk Anda yang ingin merekatkan logam dengan berbagai jenis material, seperti plastik, kayu, dan kertas, produk ini layak dicoba. Lem yang berwarna kuning keemasan dengan tekstur agak kental ini relatif mudah digunakan. Anda cukup mengoleskannya dan membiarkannya kering.

Lem ini diproduksi dengan beragam ukuran. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu diingat bahwa lem ini mengandung senyawa yang mengeluarkan aroma yang memabukkan jika dihirup terlalu lama. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan masker ketika menggunakan lem ini.
No.6

DextoneClear Silicone Sealant

Harga referensi
Rp8.900
Agak Murah

Tidak hanya elastis, tetapi juga nyaman dipegang

Berbahan dasar silikon, tentu lem ini elastis dan antiair. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengelem kaca saat membuat akuarium. Produk ini juga tak akan merepotkan karena ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Apabila Anda membutuhkan lem elastis yang nyaman digunakan, lem ini cocok dipilih!

No.7

IKA Glazing N10

Harga referensi
Rp45.500
Agak Mahal

Lem aluminium yang tersedia dalam beragam pilihan warna

Anda membutuhkan lem untuk merekatkan peralatan yang terbuat dari aluminium? IKA Glazing N10 bisa Anda andalkan! Produk ini diklaim mampu merekatkan material aluminium dengan baik. Selain itu, lem ini tidak berbau sehingga Anda bisa lebih nyaman saat mengaplikasikannya.


Keunggulan lain dari produk ini adalah tersedianya beragam varian warna. Anda dapat memilih varian yang warnanya mendekati warna peralatan yang hendak dilem.

No.8

LoctiteSuper Glue Ultra Gel Control

Harga referensi
Rp98.000
Agak Mahal

Teksturnya berupa gel sehingga tidak mudah berceceran

Seperti nama produknya, lem ini dibuat dalam tekstur gel. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk mengelem di permukaan yang vertikal. Jika Anda merasa terganggu dengan tekstur lem cair yang berisiko mudah berceceran, produk ini layak dicoba. Di samping itu, kemasannya dirancang agar kedap udara serta mudah digunakan.
No.9

Protective Coating PC-Fahrenheit

Harga referensi
Rp125.000
Agak Mahal

Kuat pada suhu yang sangat panas

Lem ini terbuat dari bahan epoxy yang kental dan akan mengeras makin cepat apabila terpapar suhu tinggi. Keunggulan lem ini adalah ketahanannya yang tinggi terhadap suhu ekstrem yang berkisar antara 176℃ hingga 260℃. Lem lain umumnya akan kehilangan kekuatannya pada suhu lebih dari 100℃.

Dengan spesifikasi tersebut, lem ini cocok digunakan untuk memperbaiki besi pada kendaraan bermotor, terutama bagian yang sering terkena panas. Bagi Anda yang hobi memperbaiki dan membedah motor atau mobil, lem ini adalah benda yang wajib dimiliki.
No.10

UHUEpoxy Quick Set Easy Mix Syringe Blister

Harga referensi
Rp78.800
Agak Mahal

Mudah digunakan, praktis, dan cepat kering

Sebagai lem epoxy, produk ini terdiri dari dua cairan yang berbeda yaitu resin dan hardener. Hardener bermanfaat untuk membantu cairan resin agar dapat mengeras lebih cepat. Untuk makin mempermudah, produk ini memiliki kemasan yang memungkinkan kedua cairannya untuk tercampur sendiri ketika dibuka. Anda tidak perlu mengaduk lagi.


Setelah dioleskan lem ini, benda yang Anda rekatkan akan mengering dalam waktu lima menit. Lem ini juga tidak mudah bocor, lho! Daya rekatnya pun kuat. Produk ini akan memberi Anda hasil rekatan yang tahan lama dengan proses pengerjaan yang praktis dan mudah.

Perhatikan permukaan benda ketika hendak direkatkan!

Pada saat merekatkan logam, sangat penting untuk memilih lem yang cocok dengan logam yang akan Anda rekatkan. Namun, hal penting lain adalah memperhatikan permukaan logam yang akan direkatkan agar terhindar dari risiko mengelupasnya lem.

Lihat kembali kondisi permukaannya, kemudian bersihkan dengan tepat

Pertama, lihatlah kondisi permukaan logam. Apakah permukaannya dicat atau mungkin sudah berkarat? Dengan mengetahui kondisi permukaan benda tersebut, Anda dapat memutuskan cara yang tepat untuk membersihkan dan merekatkannya.

Hapuslah debu dan air

Hapuslah debu dan air
Ketika hendak merekatkan sesuatu, debu dan air akan mengganggu daya rekat lem Anda. Jadi, pastikanlah permukaan logam Anda bebas dari debu, kotoran, dan air. Jika tidak, bisa saja hasil rekatan Anda akan mudah terkelupas nanti.

Bersihkan minyak di permukaannya

Bersihkan minyak di permukaannya
Meskipun permukaan logam terlihat mulus, tetapi jika diperbesar dengan mikroskop, akan terlihat bahwa tekstur permukaannya tidak beraturan. Dengan mengoleskan lem di permukaan yang tidak beraturan, akan lebih mudah bagi Anda untuk merekatkan kedua benda tersebut.

Hanya saja, Anda akan kesulitan merekatkan dua benda apabila di permukaannya terdapat kandungan minyak. Karena itu, hilangkanlah lapisan berminyak menggunakan larutan tiner atau cairan pembersih terlebih dahulu sebelum merekatkannya.

Hilangkan karat di permukaannya

Hilangkan karat di permukaannya

Jika terdapat karat di permukaan, logam akan sulit untuk direkatkan. Oleh sebab itu, karat di permukaan perlu dihilangkan terlebih dahulu. Untuk menghilangkan karat, Anda dapat menggunakan kertas ampelas. Makin sedikit jumlah karat, logam akan makin merekat dengan baik.


Pada waktu membeli ampelas, terdapat nomor ampelas yang harus Anda pilih. Makin besar nomornya, berarti ampelas tersebut makin halus. Untuk membersihkan bercak-bercak karat, Anda dapat menggunakan ampelas dengan nomor 20. Menggosoknya pun tidak perlu sampai benar-benar mengilap. Namun, jika permukaan yang berkarat sudah luas, diperlukan ampelas nomor 80.

Untuk daya rekat yang lebih baik, hilangkan cat pada logam

Untuk daya rekat yang lebih baik, hilangkan cat pada logam

Beberapa logam yang ingin Anda rekatkan mungkin sudah dicat. Dalam kondisi tersebut, logam masih dapat direkatkan dengan menggunakan lem, tetapi tidak akan terlalu kuat. Penyebabnya adalah lem hanya menempel di bagian catnya saja, bukan logamnya. Jika Anda ingin hasil yang optimal, ada baiknya cat tersebut dihilangkan terlebih dahulu dengan menggunakan kertas ampelas.

Cara penangan yang tepat terhadap jenis logam yang berbeda

Cara penangan yang tepat terhadap jenis logam yang berbeda

Di bagian ini, kami akan menjelaskan cara menyiapkan permukaan logam agar bisa menempel dengan baik berdasarkan jenisnya. Mari kita lihat satu per satu!


  • Besi dan stainless steel: Relatif mudah dibersihkan

Dari antara semua logam, besi adalah yang paling mudah direkatkan. Apabila besi memiliki karat, Anda dapat dengan mudah menggerusnya dan menghilangkannya. Begitu juga jika Anda ingin merekatkan bahan stainless steel. Hal ini karena stainless steel adalah campuran antara besi dan kromium.


  • Tembaga, aluminium, dan alloy: Cukup sulit ditangani

Disebabkan oleh bobotnya yang ringan, logam-logam ini cukup sulit untuk dibersihkan. Proses pembersihan logam-logam jenis ini biasanya menggunakan senyawa kimia berupa asam untuk mengoksidasi permukaannya. Pembersihan sekecil apa pun penting untuk dilakukan karena akan menentukan hasil rekatannya.


  • Logam berlapis timah atau seng: Membutuhkan perlakuan khusus

Banyak kasus seng dan timah dilapisi oleh semacam cat. Anda harus membersihkan bagian yang terlapisi cat tersebut dengan kertas ampelas agar logam dapat merekat dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk pelat besi dengan lapisan timah atau seng.

Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel kali ini? Kami telah memperkenalkan berbagai jenis lem untuk logam. Rekomendasi produk-produk terbaiknya pun telah kami bagikan. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi dalam memilih.


Pastikan Anda memilih lem yang tahan panas dan tahan guncangan, ya. Namun, jangan lupa untuk tetap disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum mengelem, ingatlah untuk membersihkan permukaan bendanya terlebih dahulu agar hasil rekatannya optimal. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Lem untuk Logam terbaik

No. 1: DextoneEpoxy 5 Minutes

No. 2: HandsomeLem Korea

No. 3: Alteco Super Glue 110

No. 4: Araldite5 Minutes Rapid

No. 5: AicaAibon 601

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Tape & perekat
  4. 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.