10 Rekomendasi Resistance Band Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Resistance Band Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Resistance band bisa membantu Anda berlatih kekuatan tanpa latihan angkat beban. Alat ini membantu Anda memperkuat otot tubuh dan menambah kekuatannya. Berbahan karet, resistance band mudah digunakan di mana saja dan bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

Saat ini, resistance band mudah didapatkan. Anda tentu ingin memiliki alat terbaik untuk membantu latihan Anda, bukan? Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips mengenai cara memilih resistance band terbaik dan juga memberikan rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih resistance band

Jika Anda belum pernah menggunakan alat resistance band ini untuk olahraga, mungkin Anda akan bingung memilih alat yang tepat. Kami akan membantu Anda untuk memilihnya.

Pilih berdasarkan jenis

Resistance band, meskipun disebut band yang berarti pita atau tali, nyatanya memiliki banyak jenis. Mari kenali jenis-jenisnya dan sesuaikan dengan latihan olahraga yang Anda lakukan untuk menemukan yang terbaik.

Resistance band tabung

Resistance band tabung

Tipe ini memiliki bentuk tali seperti tabung, agak tebal, biasanya disertai dengan handle atau strap untuk kaki atau tangan. Dijual dalam panjang yang beragam, Anda bisa mengguntingnya dan menyesuaikan panjangnya dengan kebutuhan Anda.

Resistance band dasar

Resistance band dasar

Tipe resistance band dasar ini terbuat dari karet cukup panjang. Dibandingkan tipe tabung, Anda akan lebih mudah menyesuaikan tenaga Anda pada resistance band jenis ini karena lebih lebar dan stabil. Namun kekurangannya, alat ini mudah tergena gesekan sehingga mudah robek. Karena itu, hentikan pemakaian jika terdapat sobekan pada alat.

Resistance band silikon

Resistance band silikon

Resistance band tipe ini memiliki bentuk unik, biasanya terbuat dari silikon. Alat ini banyak digunakan untuk kepentingan terapi dan rehabilitasi setelah cedera atau kecelakaan. Alat ini juga mudah digunakan bagi para pemula. Tergantung bahannya, ada beberapa jenis resistance band tipe ini yang sulit dibersihkan dan ada juga yang mudah patah. Karena itu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya.

Pilih berdasarkan kekuatan

Pilih berdasarkan kekuatan

Sangat penting untuk menyesuaikan beban resistance band dengan kekuatan Anda. Jika Anda ingin melatih seluruh tubuh Anda, ada baiknya Anda memiliki beberapa resistance band dengan beban berbeda. Beban resistance band tidak memiliki berat spesifik seperti dumbell.

Beberapa produsen biasanya mengklasifikasikan beban resistance band melalui warnanya. Kuning berarti band tersebut memiliki resistensi ringan, biasanya untuk latihan pada area bahu dan tulang kering. Hijau berarti resistensi medium, biasanya untuk latihan pada area biseps dan triseps. Merah berarti resistensi medium hingga berat, untuk latihan pada area kaki, dada, dan punggung.

Band berwarna biru adalah band dengan resistensi berat, sulit untuk ditarik. Sama seperti band merah, alat ini digunakan untuk melatih area dada, punggung, dan kaki. Yang paling sulit diregangkan adalah band hitam. Namun, tidak semua produsen menggunakan warna untuk ukuran beban band atau memberi kode warna berbeda. Cara terbaik untuk mengetahuinya tentu saja dengan mencobanya secara langsung.

Pilih berdasarkan kenyamanan genggaman

Pilih berdasarkan kenyamanan genggaman

Tipe tali tabung membutuhkan handle untuk dapat digunakan. Tidak semua resistance band dijual bersama handle-nya. Pastikan handle ini cukup nyaman untuk Anda genggam dengan tangan atau digunakan pada kaki Anda.

10 Rekomendasi resistance band terbaik

Anda telah mengetahui cara memilih resistance band terbaik yang sesuai untuk latihan Anda. Temukan alat resistance band untuk Anda dalam rekomendasi kami di bawah ini!

10. LP Support Fit Tube Resistance Band

10. LP Support Fit Tube Resistance Band

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 149.000

Resistance band yang bisa dikaitkan ke pintu untuk latihan yang lebih efisien

Resistance band berbentuk tabung ini memiliki resistensi medium. Dengan menggunakan alat ini, saat diregangkan secara maksimum atau sekitar 300% panjang awal, Anda akan menahan beban sekitar 4,5–7 kg. Alat ini berupa expander yang bisa digunakan untuk melatih berbagai otot secara bersamaan.

Anda bisa menggunakan alat ini sendiri atau bersama teman. Alat ini juga disertai dengan door anchor atau pengait pada pintu. Saat melakukan latihan tertentu, yang membutuhkan penahan, Anda bisa mengaitkan alat ini pada pintu. Sangat praktis untuk digunakan, Anda tidak perlu tergantung pada teman saat berolahraga.

9. Leegoal Elastic Power Weight Therapy Band

9. Leegoal Elastic Power Weight Therapy Band

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 119.000

Ramah lingkungan, tahan lama, dan multifungsi

Jika Anda adalah seorang wanita atau pria yang tinggal dan bekerja di rumah, alat ini sempurna untuk membantu Anda berolahraga di sela-sela kesibukan Anda. Resistance band Leegoal ini cocok untuk digunakan berbagai latihan, sebut saja CrossFit, yoga, pilates, dan berbagai olahraga yang menitikberatkan pada kekuatan dan mobilitas.

Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran lebar yang penggunaannya bisa disesuaikan oleh Anda dan masing-masing memiliki resistensi berbeda. Terbuat dari lateks yang 100% ramah lingkungan, alat ini lentur, anti rusak dan anti keringat, serta tahan lama. Anda juga bisa menghadiahkan alat ini pada teman atau keluarga yang suka berolahraga.

8. Vakind Figure 8 Resistance Band

8. Vakind Figure 8 Resistance Band

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 35.000

Latihan otot dada, punggung, dan kaki yang nyaman di rumah

Resistance band ini merupakan alat bantu fitness bertipe tali tabung, berbentuk angka 8 dengan handel berbahan busa. Anda tidak bisa menyesuaikan panjang band dengan alat ini, tetapi Anda bisa menyesuaikan kekuatan yang dibutuhkan. Alat ini memiliki resistensi yang berat, cukup sulit untuk diregangkan.

Vakind Figure 8 Resistance Band adalah alat yang cocok untuk latihan di rumah, cocok untuk pria atau wanita. Terbuat dari bahan karet lateks, produk ini memiliki bobot yang ringan dan mudah disimpan. Alat ini bisa digunakan untuk melatih dan membentuk otot-otot besar seperti dada, punggung, dan kaki.

7. MagiDeal Stretch Silicone Resistance Band

7. MagiDeal Stretch Silicone Resistance Band

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 80.000

Alat bantu latihan beban sekaligus untuk relaksasi otot dan tulang belakang

Resistance band ini memiliki bentuk yang unik, berfungsi untuk melatih bagian lengan, dada, bahu, dan punggung. Selain untuk latihan kekuatan, alat ini juga bisa digunakan untuk merelaksasi otot dan tulang belakang, biasanya pada terapi setelah kecelakaan.

Terbuat dari silikon, alat ini sangat fleksibel dan mudah digunakan. Panjangnya hanya 37 cm dan bobotnya sangat ringan. Anda bisa dengan mudah membawa alat ini ke mana-mana dan tidak akan kesulitan saat menyimpannya. Bagi Anda yang menyukai olahraga dengan mat seperti yoga dan pilates, alat ini sangat cocok untuk latihan Anda.

6. Vakind Fitness Equipment Compact Resistance Bands

6. Vakind Fitness Equipment Compact Resistance Bands

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 61.000

Bawalah resistance band ini dalam tas Anda dan latihan di mana saja Anda suka

Resistance band berbentuk tabung dari Vakind ini merupakan alat fitness yang mudah untuk digunakan di mana saja. Panjangnya 130 cm, Anda bisa menyesuaikan panjangnya dengan kebutuhan Anda. Alat ini juga sudah disertai handle yang nyaman digenggam.

Terbuat dari karet lateks yang awet dan tidak mudah rusak, resistance band ini memiliki tingkat kekuatan yang tinggi, tidak mudah diregangkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin memperkuat semua otot tubuh Anda. Dengan alat ini, Anda bisa berlatih di rumah atau ketika bepergian. Alat ini sangat mudah disimpan dalam tas atau bagasi mobil Anda.

5. Leg Strength Lateral Resistance Band

5. Leg Strength Lateral Resistance Band

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 187.600

Latih kekuatan otot kaki Anda dengan alat ini!

Resistance band ini merupakan alat yang banyak digunakan untuk olahraga Muay Thai. Fungsi ­resistance band ini adalah untuk melatih kekuatan otot kaki. Namun, alat ini juga sesuai untuk digunakan pada latihan olahraga basket, sepakbola, taekwondo, dan ping-pong.

Terdiri dari 4 resistance bands dan 2 sabuk untuk pergelangan kaki, Anda bisa menyesuaikan resistensi yang dibutuhkan dengan memasang atau melepas resistance band dari sabuk pergelangan kaki. Alat ini terbuat dari karet, dan sabuk pergelangan kakinya terbuat dari nilon yang nyaman digunakan dan cukup menyerap keringat.

4. ProSource Stackable Clip Tube Resistance Band

4. ProSource Stackable Clip Tube Resistance Band

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 470.000

Resistance band yang bisa digunakan hingga 25,4 kg

ProSource Stackable Clip Tube Resistance Band dapat digunakan untuk latihan otot tubuh Anda secara keseluruhan. Alat ini memiliki resistensi sebesar 2,3 kg (yang teringan dengan warna hijau) hingga 9 kg (yang terberat dengan warna hitam). Anda bisa menggunakan seluruh tingkat resistensi dari band ini sekaligus dengan total 25,4 kg.

Masing-masing set alat ini terdiri dari satu band tipe tali tabung, dua handle busa, dan satu pengait untuk pintu. Latihan otot tubuh akan lebih efektif dan memberikan hasil optimal jika Anda menggunakan semua tingkat resistensi band ini. Anda bisa menggunakan alat ini kapan pun dan di manapun, seperti memiliki gym sendiri.

3. CanDo Latex Free Exercise Band Rolls

3. CanDo Latex Free Exercise Band Rolls

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 496.000

Berbentuk gulungan, potong dan sesuaikan panjang dengan kebutuhan Anda

Exercise band dari CanDo ini hadir dalam bentuk gulungan dalam kotak dispenser. Anda tinggal mengambil dan memotongnya sesuai kebutuhan Anda. Dengan total panjang sekitar 5,5 meter, Anda bisa memakai alat ini dengan panjang berbeda. Produk exercise band dari CanDo sudah terkenal sejak 1987 untuk latihan otot tubuh bagian atas dan bawah.

Alat ini ringan, portabel, tahan lama, efektif digunakan dengan atau tanpa handle. Berbahan dasar lateks sintetis, alat ini dibuat memiliki sifat lentur lateks asli tetapi tidak mudah putus, mengeras, atau robek. Alat ini sesuai untuk Anda yang menginginkan resistance band berkualitas dan bisa digunakan dalam waktu lama.

2. Kylin Sport Fabric Covered Compact Resistance Band

2. Kylin Sport Fabric Covered Compact Resistance Band

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 490.000

Resistance band dengan kain pelindung, tahan lebih lama

Kylin Sport Fabric Covered Compact Resistance Band adalah resistance band bertipe tali tabung. Alat ini  terbuat dari lateks alami, tetapi dilapisi dengan kain nilon. Kain nilon pada alat ini fungsinya adalah untuk melindungi pengguna jika resistance band terpental saat digunakan. Kain ini juga berfungsi melindungi band dari sinar UV, keringat, dan peregangan berlebih.

Alat ini memiliki tingkat kekuatan yang berbeda sesuai warnanya. Merah adalah yang paling ringan, yaitu sekitar 4,5 kg. Sementara biru dan hijau memiliki resistensi sekitar 13 kg dan 29 kg. Resistance band dengan kain pelindung ini akan bertahan 10 kali lebih awet dibanding jenis tanpa pelindung. Anda akan sangat puas dengan performa dan kualitas alat ini.

1. YouWise Resistance Loop Therapy Bands Set

1. YouWise Resistance Loop Therapy Bands Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 120.000

5 Resistensi berbeda untuk latihan lebih maksimal

Dengan YouWise Resistance Loop Therapy Bands Set, Anda akan langsung mendapatkan 5 bands untuk latihan olahraga sekaligus, bersama kantung penyimpanannya. Masing-masing band mempunyai tingkat resistensi yang berbeda, Anda bisa menggunakannya secara terpisah atau bersamaan untuk beragam kombinasi latihan.

Alat ini cocok untuk program penurunan berat badan, pelatihan kekuatan, yoga, pilates, TRX, Beach Body, dan banyak lagi. Dengan kekuatan band yang berbeda, alat ini sesuai bagi Anda penggiat olahraga pemula atau sudah terbiasa berolahraga berat. Lalu, alat ini juga sesuai untuk terapi cedera pada lutut atau setelah kecelakaan.

Kesimpulan

Latihan dengan resistance band bisa Anda lakukan di mana saja. Bentuk latihannya pun bisa beragam: sendirian, bersama teman, sambil duduk, berbaring, berdiri, dan banyak lagi. Pastikan Anda mengetahui bagian otot mana yang ingin Anda latih dan latihan yang paling tepat untuk area tersebut. Anda tentu tidak ingin cedera karena salah berlatih, bukan? Semangat berolahraga!