• 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)

Resistance band dapat membantu Anda berlatih kekuatan tanpa latihan angkat beban. Anda dapat meningkatkan massa otot, menambah kekuatan, serta menggunakannya untuk stretching dan terapi. Resistance band juga mudah dibawa bepergian dan dapat digunakan di mana saja.

Ada berbagai jenis resistance band yang dijual di pasaran. Manakah yang bagus untuk program latihan Anda? Di bawah ini, kami membagikan tips memilih beserta list rekomendasi produk dari merk Happyfit, The Republic of Svarga, Kettler, dan lainnya. Simak juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih resistance band

Jika Anda belum pernah menggunakan resistance band untuk berolahraga, mungkin Anda akan bingung memilih alat yang tepat. Di bawah ini, kami akan membantu Anda untuk memilihnya.

Pilih resistance band berdasarkan jenisnya

Resistance band, meskipun disebut band yang berarti pita atau tali, nyatanya memiliki banyak jenis. Mari kenali jenis-jenisnya dan sesuaikanlah dengan latihan yang akan Anda lakukan untuk hasil terbaik.

Tipe tube: Panjangnya bisa disesuaikan

Tipe tube adalah resistance band yang paling banyak dijual. Band ini memiliki bentuk tali seperti tabung, agak tebal, biasanya disertai dengan handel atau strap untuk kaki dan tangan. Dijual dengan ukuran yang beragam, Anda bisa menggunting dan menyesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan. 

Tipe tube dikenal serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai macam latihan otot seluruh tubuh. Anda juga dapat mengatur kekuatan bebannya dengan cara menyesuaikan tempat Anda mengikat atau menahannya.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Resistance band dengan tipe tube memiliki tarikan atau resistance yang lebih berat dibandingkan tipe lain. Maka dari itu, band dengan tipe ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mempunyai cedera dan ingin melatih kekuatan dan massa otot.

Tipe flat atau loop: Lebih mudah disesuaikan dengan kekuatan Anda

Resistance band tipe flat terbuat dari karet dengan permukaan yang datar. Tipe flat memiliki bentuk menyerupai syal panjang dengan ukuran lebar dan panjang yang mudah disesuaikan. Dibandingkan tipe tube, kekuatan bebannya pun lebih adjustable.

Di pasaran, tipe ini juga dikenal dengan sebutan therapy flat resistance band. Namun, band ini memiliki bahan yang rentan terhadap gesekan dan mudah rusak. Hentikanlah pemakaian jika terdapat sobekan.

Selain itu, terdapat pula resistance band tipe loop. Bentuknya menyerupai cincin atau karet gelang yang lebih mudah digunakan oleh pemula. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu mengatur sendiri panjang band dan kekuatan bebannya. 

Anda tinggal menggunakannya dengan cara memasukkan kedua kaki atau lengan Anda ke dalam loop band ini. Untuk membantu Anda melakukan gerakan pull-up, tipe loop band juga hadir dengan ukuran panjang yang lebih dikenal dengan sebutan pull-up assisted band.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Resistance band dengan tipe flat memiliki tarikan atau resistance yang lebih ringan dibandingkan tipe lain. Biasanya tipe flat digunakan oleh mereka yang sedang rehabilitasi cedera atau ketika pemanasan sebelum latihan.


Tipe flat merupakan tipe yang paling multifungsi dibandingkan dengan tipe lain. Anda bisa mengikatnya di mana saja: meja, kursi, pintu, tiang, atau bahkan diinjak.


Anda juga bisa mengubah dan mengatur ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Tipe ini bisa dibuat menjadi loop ataupun bentuk-bentuk inovatif lainnya sesuai tujuan dan latihannya.


Kekurangan dari tipe flat adalah Anda harus mengetahui cara memasang serta menggunakan band-nya. Biasanya band tipe flat tidak disarankan untuk pemula dan lebih disarankan bagi Anda yang sudah sering latihan. Anda yang mendapatkan bimbingan dari pelatih atau physiotherapist juga bisa menggunakan tipe ini.

Resistance band dengan bentuk inovatif: Mudah digunakan pemula

Selain dua tipe yang umum di atas, beberapa produsen juga membuat resistance band dengan beragam bentuk yang inovatif. Di antaranya adalah ring resistance band yang berbentuk seperti rangkaian cincin. Selain itu, ada juga band silikon berbentuk angka delapan yang sudah dilengkapi built-in grip seperti terlihat di foto. 

Karena bentuknya sudah ditentukan, Anda tidak perlu lagi mengatur ukuran panjangnya sehingga cocok digunakan oleh pemula. Tipe resistance band yang sudah memiliki bentuk ini banyak digunakan untuk kepentingan terapi dan rehabilitasi.

Namun, tergantung bahannya, beberapa produk mungkin sulit dibersihkan dan disimpan, serta ada juga yang mudah putus. Karena itu, Anda perlu berhati-hati menggunakannya.
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Resistance band dengan bentuk inovatif dibuat khusus untuk melakukan suatu gerakan tertentu. Jika Anda adalah pemula yang belum banyak mengetahui tentang latihan dan exercise, band ini merupakan pilihan tepat bagi Anda. Ini karena Anda bisa langsung menggunakan band ini tanpa harus berpikir panjang.

Pilih level beban yang sesuai dengan kekuatan Anda

Pilihlah beban resistance band yang sesuai dengan kekuatan otot Anda. Hindari memilih band dengan beban yang terlalu ringan ataupun terlalu berat untuk otot Anda.
Pada umumnya, level beban resistance band diklasifikasikan berdasarkan warna dan ketebalan bahannya. Namun, tidak semua produsen menggunakan warna untuk ukuran beban atau mencantumkan kode warna berbeda.

Cara terbaik untuk mengetahuinya tentu dengan mencobanya secara langsung. Anda juga bisa mengecek review dari pengguna lainnya. Beberapa produk juga sudah memiliki keterangan berat dalam satuan kilogram yang jelas.

Namun, perlu diingat bahwa beban resistance band tidak memiliki berat yang spesifik seperti dumbbell. Jika Anda ingin melatih otot seluruh tubuh, sebaiknya Anda memiliki beberapa band dengan level beban yang berbeda-beda. Anda juga dapat menggandakan level bebannya dengan cara mengikat resistance band tipe tube sebanyak dua atau tiga kali simpul.
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Tergantung dari tujuan yang Anda ingin capai, berat beban yang optimal akan berbeda-beda. Jika Anda ingin melatih massa dan kekuatan otot, disarankan memakai resistance band yang agak berat. Carilah resistance band yang sanggup Anda pakai sekitar 6–12 repetisi. 


Jika tujuan Anda adalah rehabilitasi dari cedera dan endurance otot, disarankan memakai resistance band yang lebih ringan. Anda memerlukan resistance band yang sanggup Anda gunakan sebanyak lebih dari 15 repetisi.

Agar nyaman digenggam, pilih yang dilengkapi dengan handel

Agar tangan Anda tidak terasa sakit saat menggunakan resistance band tipe tube, pilihlah yang sudah dilengkapi dengan handel atau pegangan. Akan lebih baik jika handel tersebut memiliki celah sebagai tempat Anda menyelipkan kaki atau tangan. Dengan demikian, Anda dapat fokus latihan tanpa menghabiskan terlalu banyak tenaga.
Akan tetapi, terdapat beberapa resistance band dengan handel yang sulit untuk dikaitkan ke pilar dan hanya bisa dipakai untuk melatih otot kaki. Pastikan Anda memilih resistance band dengan handel yang nyaman dan sesuai dengan latihan otot yang diinginkan.

10 Rekomendasi resistance band terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk resistance band terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dr. Andy Widjaja, DPT. 

10

Pull Up Chest Expanders Jelly Silicone Fitness Yoga

Mulai dari Rp 50.000,00

UkuranPanjang: 32 cm・Ketebalan: 1,5 cm
Beban resistensiTidak disebutkan
TipeBentuk inovatif, silicone band
Handel✓ (di kedua sisi terdapat built-in grip berbahan silikon)
9

LP SupportTube Resistance Band Medium with Door Anchor

Mulai dari Rp 200.000,00

UkuranTidak disebutkan
Beban resistensi10–15 lbs (±4,5–7 kg)
TipeTube band
Handel
8

SpaldingLateral Resistor Training Aid

Mulai dari Rp 270.000,00

UkuranTidak disebutkan
Beban resistensiTidak disebutkan
TipeTube band
Handel✓ (ankle strap)
7

Kettler3 in 1 Lower Body Resistance Band

Mulai dari Rp 85.000,00

UkuranTidak disebutkan
Beban resistensiAbu: light (resistensi ringan)・Merah: medium (resistensi sedang)・Ungu: firm (resistensi berat)
TipeLoop band
Handel×
6

TheraBandProfessional Non-Latex Resistance Bands

Mulai dari Rp 588.000,00

Ukuran±1,5 meter
Beban resistensiKuning: 3,0 lbs (1,3 kg)・Merah: 3,7 lbs (1,6 kg)・Hijau: 4,6 lbs (2,1 kg)
TipeTherapy flat band
Handel×
5
UkuranKuning: ± 107 cm・Hijau: ±104 cm・Merah: ±103 cm・Biru: ±106 cm・Hitam: ±106 cm
Beban resistensiKuning: 5 lbs (2,3 kg)・Hijau: 10 lbs (4,5 kg)・Merah: 15 lbs (6,8 kg)・Biru: 20 lbs (9,1 kg)・Hitam: 25 lbs (11,4 kg)
TipeTube band
Handel✓ (2 handles, 2 ankle straps)
4
UkuranExtra Light: 600 mm x 50 mm x 0,35 mm・Light: 600 mm x 50 mm x 0,5 mm・Medium: 600 mm x 50 mm x 0,7 mm・Heavy: 600 mm x 50 mm x 0,9 mm・Extra Heavy: 600 mm x 50 mm x 1,1 mm
Beban resistensiExtra Light: 10–15 lbs (±4,5–6,8 kg)・Light: 15–20 lbs (±6,8–9 kg)・Medium: 25–30 lbs (±11,3–13,6 kg)・Heavy: 35–40 lbs (±15,8–18,1 kg)・Extra Heavy: 45–50 lbs (±20,4–22,7 kg)
TipeLoop band
Handel×
3

Happyfit8 Toning Tube Resistance Band

Mulai dari Rp 60.000,00

UkuranPanjang tube: 40,5 cm・Lebar tube: ±1,3 cm・Panjang handel: 11,2 cm・Lebar handel: 3 cm
Beban resistensiTidak disebutkan
TipeTube, figure 8 band
Handel
2
UkuranM: 64 cm x 8,5 cm・L: 74 cm x 8,5 cm・XL: 84 cm x 8,5 cm
Beban resistensiSemua ukuran: 120 lbs (±54 kg)・M: untuk BB <55 kg・L: untuk BB 55-65 kg・XL: untuk BB >65 kg
TipeLoop band
Handel×
1

The Republic of SvargaResistance Band Pull Up Value Pack Weight Lifting Substitute

Mulai dari Rp 680.000,00

UkuranUngu tua (Medium): 2080 mm x 32 mm x 4,5 mm・Hijau (Heavy): 2080 mm x 45 mm x 4,5 mm・Biru (Extra Heavy): 2080 mm x 64 mm x 4,5 mm
Beban resistensiUngu tua (Medium): 16–38,5 kg・Hijau (Heavy): 22,7–56,7 kg・Biru (Extra Heavy): 29,5–79,5 kg
TipeLoop, pull-up assisted band
Handel×

Tabel perbandingan produk resistance band terbaik

Gambar produk
1
The Republic of Svarga Resistance Band Pull Up Value Pack Weight Lifting Substitute 1

The Republic of Svarga

2
Aolikes 3603 Hip Resistance Band 1

Aolikes

3
Happyfit 8 Toning Tube Resistance Band 1

Happyfit

4
CoreNation Active New Resistance Band SET 1

CoreNation

5
Fitezy Resistance Tube Band 1

Fitezy

6
TheraBand Professional Non-Latex Resistance Bands 1

TheraBand

7
Kettler 3 in 1 Lower Body Resistance Band 1

Kettler

8
Spalding Lateral Resistor Training Aid 1

Spalding

9
LP Support Tube Resistance Band Medium with Door Anchor 1

LP Support

10
Pull Up Chest Expanders Jelly Silicone Fitness Yoga 1

Nama produk

Resistance Band Pull Up Value Pack Weight Lifting Substitute

3603 Hip Resistance Band

8 Toning Tube Resistance Band

Active New Resistance Band SET

Resistance Tube Band

Professional Non-Latex Resistance Bands

3 in 1 Lower Body Resistance Band

Lateral Resistor Training Aid

Tube Resistance Band Medium with Door Anchor

Pull Up Chest Expanders Jelly Silicone Fitness Yoga

Keunggulan

Paket komplet untuk pull-up ringan hingga berat

Work that booty! Bentuk bokong ideal Anda dari rumah

Bikin lengan lebih seksi dan kencang

Banyak pilihan warna, berolahraga beban ringan di mana saja tetap stylish

Lebih dari 40 gerakan gym bisa dilakukan di rumah!

Bantu pemulihan cedera sekaligus pertahankan massa otot

Tiga resistensi berbeda untuk mengasah keseimbangan dan pembentukan postur

Tingkatkan kecepatan plus kekuatan kaki Anda dengan alat ini!

Tak perlu cable machine, tinggal kaitkan ke pintu!

Alat bantu latihan beban sekaligus relaksasi

Harga mulai dariRp 680.000,00Rp 100.000,00Rp 60.000,00Rp 154.000,00Rp 499.000,00Rp 588.000,00Rp 85.000,00Rp 270.000,00Rp 200.000,00Rp 50.000,00
UkuranUngu tua (Medium): 2080 mm x 32 mm x 4,5 mm・Hijau (Heavy): 2080 mm x 45 mm x 4,5 mm・Biru (Extra Heavy): 2080 mm x 64 mm x 4,5 mmM: 64 cm x 8,5 cm・L: 74 cm x 8,5 cm・XL: 84 cm x 8,5 cmPanjang tube: 40,5 cm・Lebar tube: ±1,3 cm・Panjang handel: 11,2 cm・Lebar handel: 3 cmExtra Light: 600 mm x 50 mm x 0,35 mm・Light: 600 mm x 50 mm x 0,5 mm・Medium: 600 mm x 50 mm x 0,7 mm・Heavy: 600 mm x 50 mm x 0,9 mm・Extra Heavy: 600 mm x 50 mm x 1,1 mmKuning: ± 107 cm・Hijau: ±104 cm・Merah: ±103 cm・Biru: ±106 cm・Hitam: ±106 cm±1,5 meterTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPanjang: 32 cm・Ketebalan: 1,5 cm
Beban resistensiUngu tua (Medium): 16–38,5 kg・Hijau (Heavy): 22,7–56,7 kg・Biru (Extra Heavy): 29,5–79,5 kgSemua ukuran: 120 lbs (±54 kg)・M: untuk BB <55 kg・L: untuk BB 55-65 kg・XL: untuk BB >65 kgTidak disebutkanExtra Light: 10–15 lbs (±4,5–6,8 kg)・Light: 15–20 lbs (±6,8–9 kg)・Medium: 25–30 lbs (±11,3–13,6 kg)・Heavy: 35–40 lbs (±15,8–18,1 kg)・Extra Heavy: 45–50 lbs (±20,4–22,7 kg)Kuning: 5 lbs (2,3 kg)・Hijau: 10 lbs (4,5 kg)・Merah: 15 lbs (6,8 kg)・Biru: 20 lbs (9,1 kg)・Hitam: 25 lbs (11,4 kg)Kuning: 3,0 lbs (1,3 kg)・Merah: 3,7 lbs (1,6 kg)・Hijau: 4,6 lbs (2,1 kg)Abu: light (resistensi ringan)・Merah: medium (resistensi sedang)・Ungu: firm (resistensi berat)Tidak disebutkan10–15 lbs (±4,5–7 kg)Tidak disebutkan
TipeLoop, pull-up assisted bandLoop bandTube, figure 8 bandLoop bandTube bandTherapy flat bandLoop bandTube bandTube bandBentuk inovatif, silicone band
Handel×××✓ (2 handles, 2 ankle straps)××✓ (ankle strap)✓ (di kedua sisi terdapat built-in grip berbahan silikon)
Tautan produk

Tips berolahraga dengan resistance band dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips berolahraga dengan resistance band dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Kelebihan utama dari resistance band dibandingkan dengan dumbbell atau barbell adalah Anda bisa mengatur arah tarikan bebannya. Ketika menggunakan dumbbell atau barbell, beban akan selalu menarik Anda ke arah bawah. Ketika menggunakan resistance band, arah tarikannya bisa berbeda-beda tergantung posisi Anda mengikatnya.


Kunci latihan ketika menggunakan band adalah melakukan gerakan dengan perlahan dan terkontrol. Makin terkontrol gerakannya, akan makin efektif latihan yang Anda lakukan.

Baca juga rekomendasi peralatan olahraga lainnya di sini

Di artikel ini, kami telah merekomendasikan resistance band untuk membantu Anda berlatih otot tanpa beban. Selanjutnya, apakah Anda membutuhkan peralatan lainnya untuk mendukung kegiatan berolahraga? Cek artikel-artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Latihan dengan resistance band bisa Anda lakukan di mana saja. Bentuk latihannya pun bisa beragam, baik sendirian, bersama teman, sambil duduk, berbaring, berdiri, maupun yang lainnya. Pastikan Anda mengetahui bagian otot mana yang ingin dilatih dan latihan yang paling tepat untuk area tersebut. Anda tentu tidak ingin cedera karena salah berlatih, bukan? Semangat berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki samsak tinju pribadi tentu membuat Anda lebih fleksibel saat ingin melatih fisik. Tergantung pada produknya, samsak dapat membantu Anda melatih kekuatan atau kecepatan. Anda bisa memilih samsak tinju standing/berdiri, gantung, kecil, atau yang aman untuk anak.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih samsak tinju terbaik dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Ada produk dari merek lokal, seperti Rounin Fightware, atau luar seperti Fairtex. Simaklah hingga selesai agar Anda mendapatkan produk yang aman untuk latihan.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Push up merupakan olahraga yang kerap dilakukan oleh masyarakat. Meskipun dapat dilakukan tanpa alat, penggunaan push up bar dapat mempermudah gerakan push up. Penggunaan push up bar bermanfaat untuk membantu memberikan hasil yang lebih maksimal. Push up bar juga dapat mengurangi risiko cedera pada pergelangan tangan.Banyaknya push up bar yang dijual di pasaran dapat membingungkan Anda dalam memilih. Untuk membantu Anda, kami akan membahas tips memilih push up bar terbaik. Rekomendasi push up bar dari merek yang bagus juga kami berikan, seperti Xiaomi, Kettler, dan adidas. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori