10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Press Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Press Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Membuat kopi dengan cara manual memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pencinta kopi. Berbagai alat pembuat kopi secara manual kini banyak dijual secara online, salah satunya adalah coffee press. Dengan menggunakan coffee press, Anda bisa membuat kopi yang nikmat dalam waktu singkat.

Namun, coffee press memiliki kapasitas, desain dan kegunaan yang berbeda, tergantung jenis produknya sehingga membuat banyak orang bingung mau memilih yang mana. Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk coffee press terbaik. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih produk yang tepat. Simak penjelasan kami ini ya!

Daftar isi

Cara memilih alat pembuat kopi press

Sebelum membeli coffee press, kami akan menjelaskan cara memilih coffee press. Simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih berdasarkan cara menyeduh dan cara merawatnya

Jenis coffee press dan cara membersihkannya bisa berbeda-beda tergantung dengan tipe coffee press-nya. Jadi, marilah cari tipe yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda.

French press, paling favorit dan mudah digunakan

French press, paling favorit dan mudah digunakan

Jenis coffee press paling umum adalah french press. Begitu Anda menuangkan bubuk kopi di gelas, cukup tuangkan air panas dan turunkan plunger, dan Anda bisa menikmati kopi dengan cita rasa original.

Saat ini, banyak dijual berbagai macam coffee press dengan harga dan desain yang beraneka macam. Untuk Anda yang ingin menemukan coffee press yang sesuai untuk Anda, tipe ini bisa dibilang yang paling mudah digunakan. Namun, karena tipe ini memiliki bagian-bagian yang cukup banyak sehingga akan sedikit kurang praktis saat membersihkannya.

Aero press, memudahkan Anda dalam menyeduh

Aero press, memudahkan Anda dalam menyeduh

Aero press dapat menghasilkan kopi yang kaya rasa dengan menggunakan tekanan udara, merupakan tipe yang sesuai untuk Anda yang ingin mendapatkan kopi dengan rasa spesial. Banyak yang membuat kopi dengan menggunakan Aero press, bahkan ada kompetisi tersendiri dalam membuat kopi khusus menggunakan Aero press. Anda bisa menikmati berbagai macam cara untuk menggunakannya, yang disesuaikan dengan kreativitas Anda masing-masing, seperti mengubah wadah dengan membalikkannya, mengubah jumlah biji kopi dan juga metode penuangan air panas.

Aero press ini sederhana dan mudah digunakan, waktu ekstraksinya juga relatif singkat, 30 detik, sehingga cocok digunakan untuk keperluan outdoor.

American press yang mudah dibersihkan dengan tampilan menyenangkan

American press yang mudah dibersihkan dengan tampilan menyenangkan

American press merupakan tipe coffee press terbaru. Sekilas terlihat seperti French press, tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengekstrak kopi dan hasil akhirnya terlihat lebih gelap.

Bubuk kopi diletakkan di bagian yang menempel pada ujung plunger, dan warnanya berubah ketika dilewati plunger. Meskipun tipe ini memiliki keunggulan dari segi penampilan, tapi karena memiliki harga yang cukup mahal, banyak orang yang sedikit enggan untuk membelinya.

Kapasitas 350 ml ideal untuk 1-2 cangkir

Kapasitas 350 ml ideal untuk 1-2 cangkir

Walaupun dapat dikatakan peralatan kopi pada umumnya, kapasitasnya tidak sekecil yang dibutuhkan. Anda bisa memilih yang 350 ml untuk 1-2 cangkir, atau 500 ml untuk 3-4 cangkir, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memasukan biji kopi dalam jumlah sedikit, yang tidak sesuai dengan kapasitasnya, plunger tidak akan dapat mencapai biji kopi dan hasil ekstraksinya tidak akan keluar. Tidak hanya mengenai kemudahan penggunaanya saja, tetapi hal ini juga berkaitan dengan rasa kopi yang dihasilkan. Maka dari itu, pilihlah produk dengan kapasitas yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Pilih yang sesuai dengan fungsinya

Jika Anda menggunakan coffee press sehari-hari, maka kemudahan dalam penggunaan merupakan hal yang penting. Berikut ini, kami akan menjelaskan cara memilih coffee press dari sisi fungsionalnya.

Memilih jenis saringan yang tepat untuk hasil kopi yang Anda inginkan

Memilih jenis saringan yang tepat untuk hasil kopi yang Anda inginkan

Rasa kopi yang dihasilkan bisa berubah, tergantung pada kehalusan mata saringan. Jika Anda ingin menikmati rasa kopi sekaligus dengan minyak kopinya, Anda bisa menggunakan jaringan yang kasar. Namun, untuk hasil yang halus dan enak, Anda bisa menggunakan jaringan yang halus.

Untuk membuat kopi dengan cita rasa yang nikmat, Anda juga harus memperhatikan tingkat adhesi antara saringan dan gelas. Jika tidak pas, maka rasa kopinya bisa tidak enak dan terasa kasar.

Gunakanlah coffee press berbahan stainless steel untuk keperluan outdoor

Gunakanlah coffee press berbahan stainless steel untuk keperluan outdoor

Kebanyakan coffee press menggunakan gelas dari bahan kaca. Namun, untuk keperluan outdoor, kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan bahan dari stainless steel. Meskipun Anda tidak dapat melihat bagian dalam gelas, tetapi bahan stainless steel tidak mudah pecah, sehingga dijamin aman saat Anda menggunakannya untuk keperluan outdoor.

Jangan lupa periksa desainnya

Jangan lupa periksa desainnya

Salah satu kenikmatan menggunakan coffee press adalah adanya sensasi tersendiri saat Anda menunggu kopi jadi. Coffee press dengan desain yang cantik tentu bisa meningkatkan selera Anda untuk menikmati kopi. Maka dari itu, pilihlah coffee press yang memiliki desain menarik dan sesuai dengan selera Anda.

Jika Anda ingin menggunakannya saat bepergian, maka pilihlah jenis coffee press yang dapat digunakan sebagai tumbler atau yang memiliki bentuk portabel. Jika Anda menginginkan coffee press yang dapat menyimpan panas dengan baik, maka pilihlah produk yang memiliki bentuk struktur ganda. Pilihlah desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi alat pembuat kopi press terbaik

Setelah menjelaskan cara memilih coffee press yang tepat, kami akan memperkenalkan 10 produk rekomendasi kami. Kali ini, kami hanya akan merekomendasikan coffee press dengan tipe french press.

10. Fiorenza Coffee Plunger

10. Fiorenza Coffee Plunger

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.800

French press yang cocok untuk pemula dengan harga terjangkau

Dengan kapasitas 350ml, Anda bisa membuat sampai 3 cangkir dalam sekali waktu. Gelasnya juga terbuat dari material kaca yang tahan panas. Dengan frame dari bahan stainless steel, menambah sedikit aksen pada french press ini. Dengan harga yang terjangkau, produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang baru ingin mencoba membuat kopi dengan french press.

Produk ini juga memiliki berat yang ringan sehingga mudah Anda bawa kemana-mana. Namun, dengan bahannya yang terbuat dari kaca, mungkin akan sedikit riskan jika tertekan barang bawaan Anda lainnya. Selain kapasitas 350 ml, juga tersedia dalam kapasitas 600 ml, untuk Anda yang ingin membuat kopi lebih banyak.

9. Ikea Upphetta Coffee Maker

9. Ikea Upphetta Coffee Maker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.900

Mudah dibersihkan dan dapat juga dimasukkan ke mesin pencuci piring

Ikea sudah terkenal sebagai produsen peralatan dan perlengkapan rumah tangga. Tidak mau ketinggalan, Ikea juga memproduksi french press untuk Anda gunakan di rumah. Dengan perpaduan kaca dan stainless steel, membuat french press dari Ikea ini terlihat kokoh.

French press ini juga mudah dibersihkan, serta aman dicuci dengan mesin pencuci piring! Setelah menikmati kopi lezat yang dihasilkan dari french press, Anda tidak perlu waktu yang lama untuk membersihkan french press ini. Lebih menghemat waktu, cocok untuk Anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu luang untuk bersantai sejenak.

8. OEM French Press Plunger Stainless

8. OEM French Press Plunger Stainless

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 102.080

French press dengan kapasitas 8 cangkir kopi dalam sekali tekan

Dengan harga yang cukup terjangkau, kualitas French press ini tidak perlu diragukan lagi. Bahan gelasnya yang terbuat dari kaca, dapat menahan panas dengan suhu tinggi. Plunger-nya juga halus, membuat ampas kopi bisa tersaring dengan baik sehingga Anda dapat menikmati kopi nikmat tanpa ampas.

Selain itu, frame yang terbuat dari stainless steel berwarna chrome ini menjadi daya tarik tersendiri dengan motif yang menarik. Jika Anda sedang mengadakan jamuan makan, french press ini bisa Anda gunakan supaya menghemat waktu Anda dalam membuat kopi, karena dalam sekali tekan, Anda bisa menghasilkan 8 cangkir kopi.

7. Tiamo Thermal Coffee French Press

7. Tiamo Thermal Coffee French Press

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 822.800

French press yang membuat kopi tetap hangat lebih lama!

Jika Anda sedang kumpul-kumpul bersama dengan keluarga atau teman, tentunya suasana akan lebih intim jika ditemani dengan secangkir kopi hangat yang kaya akan cita rasa. Dengan kapasitas 800 ml, Anda bisa membuat 4-5 cangkir kopi dalam satu waktu. French press ini mampu menghasilkan kopi yang smooth dan full-bodied.

Karena terbuat dari stainless steel, french press ini dapat membuat kopi Anda tetap panas lebih lama dibandingkan french press biasa yang terbuat dari bahan kaca. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati kopi dengan lebih santai tanpa khawatir kopi akan menjadi dingin.

6. Bialetti Coffee Press Set

6.  Bialetti Coffee Press Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 595.000

French press set dengan 2 mug berwarna cerah

Sedang bingung mencari hadiah untuk teman atau untuk keluarga? Anda bisa memilih Coffee Press Set dari Bialetti ini sebagai hadiah untuk teman atau keluarga yang suka minum kopi. Set ini sudah termasuk dengan french press dan juga 2 buah mug dengan motif yang sama seperti french press-nya.

Warnanya yang merah terang, tentu saja juga akan membuat suasana ruang makan Anda menjadi lebih ceria. Saat minum kopi juga akan terasa menjadi lebih menyenangkan. Selain warna merah, produk ini juga tersedia dengan pilihan warna hitam.

5. BRBHOM French Press Travel Mug

5. BRBHOM French Press Travel Mug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 405.000

French press untuk Anda yang gemar camping!

Untuk Anda yang hobi camping atau aneka kegiatan outdoor, dan masih ingin menikmati kopi dengan cita rasa yang nikmat seperti saat Anda minum di coffee shop, french press ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dengan desainnya yang ringkas, mudah Anda bawa kemana pun Anda pergi.

Selain itu, french press ini juga mudah digunakan dan Anda bisa langsung menikmati kopi yang enak dalam waktu yang singkat. French press ini juga dapat menahan panas/dingin dalam waktu yang lama sehingga kopi Anda akan tetap terjaga kualitasnya.

4. Yami French Press

4. Yami French Press

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 693.600

Bahan gelas yang dari pyrex, mampu menahan panas dengan suhu tinggi

Yami merupakan salah satu produk french press dengan kualitas yang sangat baik. Bagian gelasnya terbuat dari bahan pyrex (bahan gelas berkualitas tinggi), yang memiliki kemampuan menahan suhu panas dengan sangat baik. Selain itu, bagian tutup dan gagangnya juga terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi yang akan menjamin keawetan alat ini.

Memang dari sisi model sepintas tidak terlihat istimewa, tetapi kualitas kopi yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Penggunaannya juga cukup mudah, bahkan untuk Anda yang masih amatir dalam menggunakan french press pun, bisa membuat kopi yang nikmat dan kaya akan rasa. Dengan sekali seduh, alat ini bisa menghasilkan 5-6 cangkir kopi, cocok untuk Anda gunakan saat menjamu tamu atau saat santai di sore hari bersama keluarga Anda.

3. Hario Cafe Press Slim S

3. Hario Cafe Press Slim S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 389.000

French press buatan Jepang untuk sensasi minum kopi yang nikmat

Untuk Anda pencinta produk buatan Jepang, french press dari Hario ini bisa Anda coba untuk membuat kopi di rumah. Dengan alat ini, Anda bisa menikmati kopi beserta minyak kopinya yang biasanya sering tersaring oleh kertas filter. Dengan kapasitas untuk 1-2 cangkir, produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang senang menikmati kopi di pagi hari sebelum pergi ke kantor.

Gelasnya yang terbuat dari bahan kaca dapat menahan panas sampai 120 derajat. Saringannya juga mudah dilepas untuk memudahkan Anda dalam membersihkan produk ini. Selain itu, produk ini juga aman dicuci dengan air panas maupun dengan mesin cuci piring.

2. Bialetti French Press

2. Bialetti French Press

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 303.600

French press terbaik untuk pencinta kopi!

Merek Bialetti dari Italia sudah dikenal oleh para pencinta kopi sebagai merek alat pembuat kopi  dengan kualitas bahan yang dijamin bermutu tinggi. Desainnya terlihat kokoh dan juga mewah dengan logo Bialetti yang terpampang jelas. Dengan menggunakan alat ini, Anda akan mendapatkan cita rasa kopi tradisional dengan aroma dan rasa yang begitu nikmat. Produk wajib untuk Anda para pencinta kopi sejati!

Dengan ukuran 350ml, french press ini dapat membuat 3 cangkir kopi dalam satu waktu. Jika ada teman berkunjung ke rumah Anda, jangan lupa suguhkan kopi yang dibuat dengan french press ini. Dijamin, cita rasa kopinya akan menambah hangat suasana rumah Anda.

1. Bodum French Press Kenya

1. Bodum French Press Kenya

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 607.200

French press kualitas tinggi yang aman untuk keluarga

Produk ini merupakan produk unggulan dari Bodum, merek asal Denmark. Untuk french press Kenya ini, bahan yang digunakan merupakan kombinasi antara bahan kaca kualitas tinggi, plastik, dan juga stainless steel, membuat produk ini kuat dan juga tahan lama. Selain itu, produk ini juga begitu praktis karena sudah dilengkapi dengan filter permanen yang bisa digunakan berkali-kali.

Dengan tambahan aksen di bagian luar, membuat produk ini terlihat elegan dan juga artistik, bisa mempercantik tampilan ruang makan Anda. French press ini juga bebas dari perfluorooctanoic acid sehingga aman digunakan untuk Anda dan juga keluarga Anda. Produk ini bisa menjadi pilihan pas untuk Anda yang menginginkan coffee press berkualitas, praktis, dan aman!

Tips membuat kopi yang nikmat

Kali ini, kami akan memberikan tips untuk membuat kopi yang nikmat menggunakan coffee press. Anda hanya perlu meluangkan waktu lebih untuk membuat kopi Anda lebih nikmat dari biasanya. Simak penjelasan kami ya!

Biji kopi segar yang digiling kasar

Biji kopi segar yang digiling kasar

Coffee press merupakan metode ekstraksi dengan permukaan yang halus, dimana rasa bisa berubah tergantung bubuk yang digunakan. Oleh karena itu, penting menggunakan biji kopi yang masih segar dengan kualitas yang bagus. Gunakan juga bubuk kopi dengan tekstur yang masih kasar. Setelah itu, air panas yang digunakan sebaiknya dengan suhu sekitar 90-95 derajat.

Setelah Anda menuangkan air panas, tunggulah sekitar 30 detik sampai airnya tercampur rata dengan kopi. Setelah itu, Anda bisa menuangkan sisa air panas, dan Anda akan mendapatkan kopi dengan cita rasa yang nikmat.

Jangan lupa membersihkan peralatan setelah digunakan

Anda tidak dapat menikmati kopi yang enak tanpa membersihkan peralatannya. Selalu bersihkan saringan dan pot, kemudian cuci dengan hati-hati. Terutama saringan yang terbuat dari bahan logam yang mudah teroksidasi, yang dapat mempengaruhi rasa kopi.

Untuk perawatan sehari-hari, cukup dengan hanya melepaskan saringan dan direbus dalam air panas, setelah itu cuci dengan sabun cuci piring ketika warna sudah menggelap. Jika Anda menggunakannya setiap hari, Anda bisa membersihkannya setiap beberapa minggu sekali.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca produk-produk yang kami rekomendasikan ini? Dengan menggunakan coffee press, setiap orang bisa membuat kopi dengan cita rasa asli dari biji kopinya.

Walaupun dengan mengunjungi coffee shop Anda bisa minum kopi yang nikmat, tetapi bagaimana jika sekali-kali Anda membuatnya sendiri di rumah ? Dengan coffee press yang Anda pilih, Anda bisa berkreasi sendiri membuat kopi yang nikmat. Selamat memilih!