• 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi para gamer, laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit Anda di rumah atau di mana saja. Laptop gaming mempunyai kemampuan grafis yang tinggi sehingga disukai di antara para gamer dan video editor


Saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
  • Pembaharuan terakhir: 20 Maret 2020
  • 28.702 Views
Daftar isi

Nikmati permainan dengan nyaman di laptop gaming Anda

Nikmati permainan dengan nyaman di laptop gaming Anda

Laptop gaming mempunyai spesifikasi yang makin meningkat dari tahun ke tahun, serta menjadi laptop high-end yang kian digemari. Keunggulan utama laptop gaming adalah kemampuannya dalam memproses data-data grafis. Hal tersebut tentu tidak bisa dibandingkan dengan laptop biasa.


Karena spesifikasinya yang tinggi, laptop gaming adalah pilihan ideal untuk mengedit video yang berat atau membuat software. Penggunaannya pun lebih mudah dan praktis.


Terdapat banyak jenis dan ukuran laptop gaming, mulai dari ukuran kecil yang mudah dibawa-bawa hingga ukuran besar yang nyaman dipakai di rumah. Jika Anda mempunyai laptop gaming yang spesifikasinya tinggi, lebih mudah bagi Anda untuk mengalahkan permainan lawan. Temukan laptop gaming favorit Anda dan nikmati permainan yang menyenangkan.

Cara memilih laptop gaming

Selanjutnya, kami akan mengulas cara memilih laptop gaming agar sesuai kebutuhan Anda.

Pilih ukuran layar berdasarkan lokasi pemakaian Anda

Pertama-tama, pilihlah ukuran layar laptop yang sesuai dengan lingkungan bermain Anda. Dengan ukuran layar yang tepat, permainan dapat menjadi lebih mudah.

15,6 inci, mudah dibawa-bawa

15,6 inci, mudah dibawa-bawa

Kelebihan utama dari laptop adalah bisa dibawa-bawa. Jika Anda ingin merasakan manfaat tersebut, gunakanlah ukuran layar 15 inci. Anda akan bisa bermain game atau mengedit video di mana pun.


Apabila lebih besar dari itu, bobotnya akan terlalu berat dan sulit dimasukkan ke dalam tas. Dengan ukuran sekitar 15 inci, Anda dapat bermain atau mengerjakan pekerjaan lain dengan lebih efisien.

17,3 inci, sempurna untuk Anda yang ingin bermain game di rumah

17,3 inci, sempurna untuk Anda yang ingin bermain game di rumah

Jika Anda ingin menikmati layar lebar dan cenderung tidak membawa laptop ke mana-mana, pilih laptop berukuran 17 inci. Ukuran 17 inci terdengar seperti tidak berbeda jauh dengan 15 inci. Namun, Anda akan merasakan perbedaannya saat digunakan. Laptop 17 inci terasa jauh lebih nyaman.


Laptop 17 inci juga lebih menarik karena ukuran layar dan keyboard-nya lebih besar. Anda jadi lebih mudah untuk menekan tuts keyboard. Bagi Anda yang juga membutuhkan resolusi yang baik, pilih laptop yang mendukung resolusi 4K. Jika tidak, laptop dengan resolusi full HD pun sudah cukup.

Pilih spesifikasi yang sesuai dengan game dan pemakaian Anda

Agar dapat bermain dengan nyaman, pilihlah laptop gaming yang mendukung spesifikasi game yang Anda mainkan. Cara pemakaian Anda juga harus dipertimbangkan. Untuk lebih detail, silakan baca penjelasan di bawah ini.

GPU: untuk permainan berat, pilih GTX1070 atau lebih

GPU: untuk permainan berat, pilih GTX1070 atau lebih

GPU merupakan bagian dari laptop gaming yang berhubungan langsung dengan proses grafis. Dengan menggunakan GPU GTX1070 atau lebih, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain yang maksimal, bahkan pada game yang terkenal.


Karena itu, pilihlah spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan game. Bila Anda memilih GPU yang cocok untuk permainan berat seperti Final Fantasy XV atau ARK, Anda akan bisa menggunakannya untuk waktu yang lama.


Hanya saja, laptop gaming dengan GTX1070 memiliki harga yang tinggi. Jika Anda membutuhkan spesifikasi standar, Anda bisa menggunakan GPU GTX1050/1060. Harganya tentu lebih murah. Untuk game dengan spesifikasi yang rendah, GPU tersebut sudah cukup. Akan tetapi, spesifikasi game pasti terus meningkat dari waktu ke waktu. Ada baiknya Anda memilih GPU dengan kualitas yang cukup baik.

CPU: Core i7 mempunyai kapasitas pemrosesan yang sangat baik

CPU: Core i7 mempunyai kapasitas pemrosesan yang sangat baik

Jika Anda ingin merasakan suasana yang nyaman dalam bermain game, pilihlah CPU Core i7 atau lebih. Saat bermain game yang pergerakannya cepat, seperti FPS, BF, PUBG, dan sebagainya, CPU yang spesifikasinya rendah bisa membuat visualnya jadi tersendat-sendat.


Selain itu, Core i7 juga bagus untuk multitasking. Anda dapat bermain game dengan nyaman sambil membuka browser. Namun, jika game yang Anda mainkan tidak terlalu membutuhkan kemampuan tinggi dalam mengolah video, pilihlah Core i5 karena harganya lebih murah.

RAM: minimal 8 GB. Gunakan 16 GB atau lebih untuk merekam permainan

RAM: minimal 8 GB. Gunakan 16 GB atau lebih untuk merekam permainan

Jika Anda seorang streamer, paling tidak Anda membutuhkan RAM 16 GB. Hal ini karena Anda diharuskan untuk bermain, merekam game, dan siaran langsung secara bersamaan. Akan tetapi, jika untuk bermain game saja, pilihlah laptop gaming dengan standar RAM 8 GB atau lebih. Makin banyak RAM yang digunakan, makin nyaman pula kinerja laptop.


Banyak laptop gaming yang RAM-nya dapat ditambah atau bahkan diganti. Karena itu, untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membeli laptop gaming dengan RAM yang kecil dan harganya murah. Apabila nanti Anda membutuhkan RAM yang lebih besar, Anda hanya perlu menambahkannya.

Storage: SSD merupakan pilihan terbaik

Storage: SSD merupakan pilihan terbaik

Storage mempunyai dampak yang sangat besar pada permainan dan kecepatan laptop. Pastikan untuk memilih laptop yang menggunakan SSD agar mendapatkan pengalaman yang lebih cepat dan nyaman. Jika menggunakan SSD, loading time untuk permainan MHW dan MMO pun akan makin singkat.


Akan tetapi, jika Anda hanya mengandalkan SSD sebagai tempat penyimpanan, biayanya akan mahal. Bila Anda ingin menyimpan data yang banyak dan besar selain data game, Anda dapat menggunakan HDD sebagai tambahan. Pilih HDD dengan kapasitas 1 TB atau lebih agar Anda bisa menyimpan banyak data. Jadi, Anda dapat menggunakan SSD untuk menyimpan data OS dan game, sedangkan HDD untuk menyimpan data yang lainnya.

Refresh rate: direkomendasikan 60Hz atau lebih untuk game FPS atau racing

Refresh rate: direkomendasikan 60Hz atau lebih untuk game FPS atau racing

Untuk Anda yang bermain game yang membutuhkan gerak cepat, perhatikan kemampuan refresh rate layar. Refresh rate menunjukkan seberapa banyak layar dapat menangkap gambar per detik. Jika angkanya tinggi, Anda dapat bermain dengan nyaman tanpa lag, bahkan di game yang membutuhkan banyak pergerakan.


Sebagai contoh, jika Anda bermain game FPS atau game racing, pilihlah laptop dengan refresh rate 60Hz atau lebih. Beberapa produk bahkan dapat mendukung hingga kualitas tertinggi yaitu 144Hz.


Sayangnya, terdapat banyak produk yang tidak menuliskan refresh rate-nya. Padahal, referesh rate merupakan salah satu spesifikasi yang berdampak pada permainan.

Pilih fitur yang membuat Anda nyaman saat bermain

Masing-masing orang mempunyai caranya sendiri untuk mencari kenyamanan saat bermain game. Cek performa dari laptop pilihan Anda agar dapat bermain lebih nyaman.

Untuk bermain dalam waktu lama, pilih laptop dengan fitur pendingin yang kuat

Untuk bermain dalam waktu lama, pilih laptop dengan fitur pendingin yang kuat

Jika Anda bermain menggunakan laptop dalam waktu yang lama, pilihlah produk dengan fitur pendinginan yang kuat. Laptop memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah panas. Saat Anda bermain dalam waktu yang lama, laptop dapat memanas sehingga kinerja jadi tidak maksimal.


Jadi, laptop gaming dengan kipas pendingin yang lebih banyak akan meminimalisasi risiko penurunan kinerjanya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan cooling pad tambahan agar laptop makin tidak mudah panas.

Untuk Anda yang mobile, perhatikan berat laptop dan daya tahan baterai

Untuk Anda yang mobile, perhatikan berat laptop dan daya tahan baterai

Jika Anda memilih laptop 15 inci dan akan dibawa-bawa, pilihlah produk yang ringan dan baterainya tahan lama. Laptop gaming biasanya dirancang untuk selalu disambungkan ke adaptor sehingga cukup berat. Waktu standby-nya pun lebih singkat. Untuk itu, Anda dapat memilih laptop yang beratnya sekitar 2,5 kg dan waktu standby-nya sekitar lima jam atau lebih.

Periksa juga expandibility laptop gaming pilihan Anda

Periksa juga expandibility laptop gaming pilihan Anda

Bila Anda ingin menyambungkan laptop gaming dengan beberapa perangkat tambahan, seperti mouse, controller, headset, dan lain-lain, cek dahulu expandibility-nya. Apakah kinerja laptop akan tetap baik jika disambungkan dengan perangkat lainnya?


Periksa juga apakah terdapat USB port dan HDMI/USB Tipe C di laptop gaming tersebut. Keduanya mungkin dibutuhkan untuk disambungkan dengan perangkat lain.

Pilihlah merek yang terpercaya

Di antara berbagai produk laptop gaming, ASUS, MSI, DELL, dan HP adalah merek yang cukup terkenal. Jika Anda bingung, ada baiknya Anda memilih salah satu dari keempat merek tersebut.


ASUS direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan laptop gaming yang ringkas dan harganya lebih terjangkau. Namun, jika Anda menginginkan laptop gaming yang kuat, MSI adalah merek yang tepat. Selain itu, backlight merah dari keyboard-nya juga terlihat stylish.


Sementara itu, DELL merupakan merek laptop yang memiliki produk tingkat menengah hingga high-end. Seri ALIENWARE yang diproduksinya sesuai untuk para gamer yang mencari spesifikasi tinggi. 


Berikutnya adalah merek HP. HP dianggap menarik karena spesifikasinya memudahkan Anda dalam memilih. Salah satu serinya, PAVILON GAMING, memiliki harga yang cukup ekonomis. Seri lainnya, OMEN, merupakan seri high-end yang banyak dicari.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi laptop gaming terbaik

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi laptop gaming terbaik. Silakan tentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® GTX 1050 Ti/1050
CPU ・MemoriCore i7 ・16 GB
Storage256 GB SSD dan 1 TB HDD
Refresh rateTidak disebutkan
Fungsi pendinginTidak disebutkan
Berat ・Waktu stand-by2,5 kg ・1-5 jam
KonektivitasUSB3.1 Gen.2(Type-A), USB3.1 Gen.2(Type-C), USB3.1 Gen.1(Type-A), USB2.0(Type-A), HDMI 1.4, mini DP 1.3*, mini DP 1.2, RJ45, 6-in-1 card reader(SD/Mini SD/SDHC/SDXC/MMC/RS MMC), DC-in jack, Headphone jack
9
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® GTX 1050
CPU ・MemoriCore i7 ・8 GB
Storage128 GB SSD dan 1 TB HDD
Refresh rateHingga 144Hz
Fungsi pendinginHyperCool technology
Berat ・Waktu stand-by2,2 kg・Tidak disebutkan
KonektivitasCOMBO audio jack, Type-A USB2.0, Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), RJ45 LAN jack for LAN insert, HDMI mendukung HDMI 2.0
8
Ukuran monitor ・Resolusi17,3 inci ・Full HD, Quad HD 120Hz, Ultra HD
GPUNVIDIA® GeForce® GTX1080
CPU ・MemoriCore i9 ・16 GB
Storage512 GB SSD dan 1 TB HDD
Refresh rate120Hz
Fungsi pendinginAlienware Cryo-Tech V2.0 thermal technology
Berat ・Waktu stand-by4,4 kg ・Hingga 10 jam
KonektivitasType-A SuperSpeed USB 3.0 Port, Killer Networks e2500 Gigabit Ethernet RJ-45 Port, Mini-Display Port 1.2 (certified) Output, HDMI 2.0 Output, Thunderbolt™ 3 Port, Alienware Graphics Amplifier Port, Power/DC-in Jack, Noble Lock port (cable and lock sold separately), Type-C SuperSpeed USB 3.0 Port, Type-A SuperSpeed USB 3.0 Port with PowerShare technology, Headphone 1/8" Port (retaskable for Microphone/Line-In analog audio input), Audio Out 1/8" Ports (Compatible with inline mic headset)
7
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® GTX 1650 Graphics
CPU ・MemoriAMD Ryzen™ 7・8 GB
Storage265 GB SSD dan 1 TB HDD
Refresh rate60Hz
Fungsi pendinginDual fan system
Berat ・Waktu stand-byMulai dari 1.98 kg ・Tidak disebutkan
KonektivitasUSB 3.1 Gen 1 Type-C™ (Data Transfer Only, 5 Gb/s signaling rate), USB 3.1 Gen 1 Type-A (Data Transfer Only), USB 2.0 Type-A (HP Sleep and Charge), AC smart pin, HDMI 2.0, headphone/microphone combo, RJ-45
6

AcerNitro 7 ( AN715-51-701Y )

NH.Q5FSN.001

Rp 15.099.000,00

Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti
CPU ・MemoriCore™ i7・8 GB
Storage512 GB SSD
Refresh rate144Hz
Fungsi pendinginAcer CoolBoost
Berat ・Waktu stand-by2,7 kg ・Hingga 8 jam
KonektivitasHDMI, USB, USB 3.0, RJ-45
5
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® GTX 1050 Ti
CPU ・MemoriCore i7 ・8 GB
Storage1 TB SSHD
Refresh rate122Hz
Fungsi pendinginAdvance Anti-Dust Cooling System
Berat ・Waktu stand-by2,6 kg ・Tidak disebutkan
KonektivitasUSB 3.1 Gen 2 (Type-C), USB 3.1 Gen1, 1 x USB 2.0, mDP 1.2, HDMI 1.4, RJ-45 Jack, SD card slot, 3.5mm headphone and microphone combo jack, Kensington lock
4
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA GeForce GTX 1660Ti
CPU ・MemoriCore i7・16 GB
Storage512 SSD dan 1 TB HDD
Refresh rate144Hz
Fungsi pendinginAeroBlade™ 3D Fans (dua kipas pendingin)
Berat ・Waktu stand-by2,4 kg ・Tidak disebutkan
KonektivitasHDMI, USB2.0, USB3.0, Speakers, Microphone, USB3.1, RJ-45
3
Ukuran monitor ・Resolusi17,5 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce RTX™ 2060
CPU ・MemoriCore™ i9・16 GB
Storage1 TB SSD
Refresh rate240Hz
Fungsi pendinginCooler Boost Trinity (3 Whirlwind Blade Fans)
Berat ・Waktu stand-by2,28 kg ・8 jam
KonektivitasMicro SD Card Reader, USB Type-C 3.2 Gen2, USB Type-C 3.2 Gen1, USB Type-A 3.2 Gen2, HDMI, RJ-45, Mic-in, Headphone-out (HiFi)
2
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce RTX™ 2070
CPU ・MemoriCore™ i7・16 GB
Storage512 GB SSD
Refresh rate240Hz
Fungsi pendinginActive Aerodynamic System
Berat ・Waktu stand-by2 kg ・Hingga 8 jam
KonektivitasUSB 3.2 Gen2 Type C DisplayPort™ 1.4 and Power Delivery, USB 3.2 Gen2 Type A, USB 3.2 Gen1 Type A, HDMI 2.0b, 3.5mm Audio Jack, Audio Jack Mic-in, RJ45, Kensington Lock
1
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® RTX 2060
CPU ・MemoriCore i7・16 GB
Storage1 TB SSD
Refresh rate144Hz
Fungsi pendinginLegion Coldfront (Dual-channel thermal)
Berat ・Waktu stand-byMulai dari 2,2 kg ・Hingga 5 jam
KonektivitasUSB 3.1 Gen 2, USB 3.1 Gen 1, Mini DisplayPort™ 1.4, HDMI™ 2.0, Ethernet, AC adapter, Lock slot Kengsington, Thunderbolt™ 3 Type-C, 3.5mm microphone/headphone combo, NOVO button

Tabel perbandingan produk laptop gaming terbaik

Gambar produk
1
Lenovo Legion Y740 (15") 1

Lenovo

2
ASUS ROG Zephyrus S GX502 1

ASUS

3
MSI GS75 Stealth 9SE 1

MSI

4
Acer Predator Helios 300 1

Acer

5
ASUS ROG STRIX GL503GE 1

ASUS

6
Acer Nitro 7 ( AN715-51-701Y ) 1

Acer

7
HP Pavilion Gaming 15-ec0002ax 1

HP

8
DELL Alienware 17 Gaming Laptop 1

DELL

9
ASUS TUF Gaming 1

ASUS

10
GIGABYTE Sabre 15 1

GIGABYTE

Nama produk

Legion Y740 (15")

ROG Zephyrus S GX502

GS75 Stealth 9SE

Predator Helios 300

ROG STRIX GL503GE

Nitro 7 ( AN715-51-701Y )

Pavilion Gaming 15-ec0002ax

Alienware 17 Gaming Laptop

TUF Gaming

Sabre 15

KeunggulanManjakan mata dan telinga A...Desain elegan dengan perfor...Maksimalkan kapasitas penyi...Main game makin leluasa den...Menangkap Wi-Fi lebih kenca...Rasakan perbedaan audio den...Performa tinggi dengan harg...Tingkatkan permainan Anda d...Lebih tangguh dan tahan lam...Mengatur fungsi macro keys ...
HargaRp 28.249.000,00Rp 43.999.000,00Rp 33.499.000,00Rp 25.999.000,00Rp 16.199.000,00Rp 15.099.000,00Rp 12.299.000,00Rp 45.500.000,00Rp 14.850.000,00Rp 13.999.000,00
Ukuran monitor ・Resolusi15,6 inci ・Full HD15,6 inci ・Full HD17,5 inci ・Full HD15,6 inci ・Full HD15,6 inci ・Full HD15,6 inci ・Full HD15,6 inci ・Full HD17,3 inci ・Full HD, Quad HD 120Hz, Ultra HD15,6 inci ・Full HD15,6 inci ・Full HD
GPUNVIDIA® GeForce® RTX 2060NVIDIA® GeForce RTX™ 2070NVIDIA® GeForce RTX™ 2060NVIDIA GeForce GTX 1660TiNVIDIA® GeForce® GTX 1050 TiNVIDIA® GeForce® GTX 1660 TiNVIDIA® GeForce® GTX 1650 GraphicsNVIDIA® GeForce® GTX1080NVIDIA® GeForce® GTX 1050NVIDIA® GeForce® GTX 1050 Ti/1050
CPU ・MemoriCore i7・16 GBCore™ i7・16 GBCore™ i9・16 GBCore i7・16 GBCore i7 ・8 GBCore™ i7・8 GBAMD Ryzen™ 7・8 GBCore i9 ・16 GBCore i7 ・8 GBCore i7 ・16 GB
Storage1 TB SSD512 GB SSD1 TB SSD512 SSD dan 1 TB HDD1 TB SSHD512 GB SSD265 GB SSD dan 1 TB HDD512 GB SSD dan 1 TB HDD128 GB SSD dan 1 TB HDD256 GB SSD dan 1 TB HDD
Refresh rate144Hz240Hz240Hz144Hz122Hz144Hz60Hz120HzHingga 144HzTidak disebutkan
Fungsi pendinginLegion Coldfront (Dual-channel thermal)Active Aerodynamic SystemCooler Boost Trinity (3 Whirlwind Blade Fans)AeroBlade™ 3D Fans (dua kipas pendingin)Advance Anti-Dust Cooling SystemAcer CoolBoostDual fan systemAlienware Cryo-Tech V2.0 thermal technologyHyperCool technologyTidak disebutkan
Berat ・Waktu stand-byMulai dari 2,2 kg ・Hingga 5 jam2 kg ・Hingga 8 jam2,28 kg ・8 jam2,4 kg ・Tidak disebutkan2,6 kg ・Tidak disebutkan2,7 kg ・Hingga 8 jamMulai dari 1.98 kg ・Tidak disebutkan4,4 kg ・Hingga 10 jam2,2 kg・Tidak disebutkan2,5 kg ・1-5 jam
KonektivitasUSB 3.1 Gen 2, USB 3.1 Gen 1, Mini DisplayPort™ 1.4, HDMI™ 2.0, Ethernet, AC adapter, Lock slot Kengsington, Thunderbolt™ 3 Type-C, 3.5mm microphone/headphone combo, NOVO buttonUSB 3.2 Gen2 Type C DisplayPort™ 1.4 and Power Delivery, USB 3.2 Gen2 Type A, USB 3.2 Gen1 Type A, HDMI 2.0b, 3.5mm Audio Jack, Audio Jack Mic-in, RJ45, Kensington LockMicro SD Card Reader, USB Type-C 3.2 Gen2, USB Type-C 3.2 Gen1, USB Type-A 3.2 Gen2, HDMI, RJ-45, Mic-in, Headphone-out (HiFi)HDMI, USB2.0, USB3.0, Speakers, Microphone, USB3.1, RJ-45USB 3.1 Gen 2 (Type-C), USB 3.1 Gen1, 1 x USB 2.0, mDP 1.2, HDMI 1.4, RJ-45 Jack, SD card slot, 3.5mm headphone and microphone combo jack, Kensington lockHDMI, USB, USB 3.0, RJ-45USB 3.1 Gen 1 Type-C™ (Data Transfer Only, 5 Gb/s signaling rate), USB 3.1 Gen 1 Type-A (Data Transfer Only), USB 2.0 Type-A (HP Sleep and Charge), AC smart pin, HDMI 2.0, headphone/microphone combo, RJ-45Type-A SuperSpeed USB 3.0 Port, Killer Networks e2500 Gigabit Ethernet RJ-45 Port, Mini-Display Port 1.2 (certified) Output, HDMI 2.0 Output, Thunderbolt™ 3 Port, Alienware Graphics Amplifier Port, Power/DC-in Jack, Noble Lock port (cable and lock sold separately), Type-C SuperSpeed USB 3.0 Port, Type-A SuperSpeed USB 3.0 Port with PowerShare technology, Headphone 1/8" Port (retaskable for Microphone/Line-In analog audio input), Audio Out 1/8" Ports (Compatible with inline mic headset)COMBO audio jack, Type-A USB2.0, Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), RJ45 LAN jack for LAN insert, HDMI mendukung HDMI 2.0USB3.1 Gen.2(Type-A), USB3.1 Gen.2(Type-C), USB3.1 Gen.1(Type-A), USB2.0(Type-A), HDMI 1.4, mini DP 1.3*, mini DP 1.2, RJ45, 6-in-1 card reader(SD/Mini SD/SDHC/SDXC/MMC/RS MMC), DC-in jack, Headphone jack
Tautan produk

Setelah memilih game, periksa spesifikasi yang direkomendasikan

Setelah memilih game, periksa spesifikasi yang direkomendasikan

Jika Anda sudah mengetahui game yang akan dimainkan, periksalah website official game untuk memastikan spesifikasinya. Di website official game, dicantumkan spesifikasi yang dibutuhkan atau direkomendasikan agar dapat mendukung game tersebut. Anda dapat mengeceknya demi mendapatkan laptop gaming dengan CPU/GPU/Memory yang sesuai.


Dengan mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan, Anda akan lebih mudah memilih laptop gaming. Jika belum memutuskan game yang diinginkan, tak ada salahnya untuk mengecek genre game favorit Anda.

Baca juga rekomendasi perangkat gaming lainnya di sini

Kami telah menjabarkan cara memilih laptop gaming, serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Agar dapat bermain dengan asyik dan nyaman, Anda membutuhkan perangkat gaming tambahan seperti mouse, headset, hingga keyboard. Pada tautan di bawah ini, Anda dapat membaca lebih detail mengenai berbagai perangkat tersebut.

Kesimpulan

Nah, bagaimana penjelasan serta rekomendasi dari kami? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Dalam memilih laptop gaming, perhatikanlah ukuran layar, spesifikasi, serta fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu menentukan jenis game yang akan Anda mainkan.

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari produk yang sesuai. Selamat memilih dan bermain game dengan lebih seru!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    51.524 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    28.330 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    41.906 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    34.053 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    21.705 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tidak rusak, kamera tidak boleh terkena air kecuali bila kamera Anda dilengkapi dengan fitur waterproof. Akan tetapi, bagaimana bila kamera Anda yang tidak berfitur waterproof tiba-tiba terguyur hujan atau terjatuh ke tempat berair? Bagaimana bila Anda harus mengambil foto di tengah laut atau sungai dengan risiko kamera menjadi basah?Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi waterproof camera cases terbaik. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    312 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori