mybest
Foundation

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)

Foundation yang waterproof memiliki sifat tahan air, keringat, dan minyak. Produk ini sangat cocok digunakan saat sedang berlibur dan berenang di kolam renang atau laut. Waterproof foundation tersedia untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit kombinasi. Harganya pun bervariasi.

Kali ini kami akan mengulas cara memilih foundation waterproof yang bagus dan tahan lama. Kami juga akan mengenalkan sepuluh produk waterproof foundation dari merek lokal Viva yang murah, barenbliss, Revlon, dan lainnya. Yuk, temukan foundation yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.

Diperbaharui 14/07/2023
Renata Aprianti
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Lanjut membaca
Diani Nur Fatimaisha
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Diani Nur Fatimaisha

Diani Nur Fatimaisha adalah mahasiswa akhir Universitas Padjajaran dari program studi Manajemen Produksi Media. Semasa kuliah, perempuan yang akrab disapa Diani ini senang mengeksplorasi dunia menulis melalui magang, freelance, dan menjadi kontributor penulis. Berbekal dari pengalaman tersebut, Diani pun melanjutkan kariernya di mybest Indonesia. Ketertarikannya pada skincare membuat Diani menekuni artikel dengan topik perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Diani Nur Fatimaisha
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Keuntungan menggunakan foundation yang waterproof

Keuntungan menggunakan foundation yang waterproof

Waterproof foundation tidak akan luntur walaupun terkena keringat atau air. Jadi, foundation ini dapat tetap terjaga meskipun Anda berenang atau banyak mengeluarkan keringat saat beraktivitas.


Waterproof foundation sangat berguna bagi Anda yang sering berolahraga ataupun beraktivitas di luar ruangan. Dengan mengenakan foundation ini, Anda akan tetap tampil cantik di tengah terik matahari.

Cara memilih Foundation Waterproof

Pertama, kami akan mengulas poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih foundation yang waterproof. Simak ulasannya di bawah ini!

1

Pilih jenis foundation berdasarkan teksturnya

Terdapat beberapa tipe waterproof foundation dengan tingkat ketahanan terhadap air, keringat, dan sebum yang berbeda-beda. Pilihlah berdasarkan kebutuhan Anda!

Krim dan cair, formulanya yang ringan ideal dipakai saat berenang

Krim dan cair, formulanya yang ringan ideal dipakai saat berenang

Jika Anda hendak berenang di kolam renang atau laut, pakailah foundation jenis krim atau cair. Foundation jenis ini memiliki tekstur yang ringan dan tahan terhadap percikan air karena melekat pada kulit. Selain itu, jenis ini memiliki tingkat coverage yang tinggi guna menutupi bintik hitam.


Namun, tidak seperti jenis bubuk, foundation krim dan cair tidak tahan terhadap sebum. Selain itu, hasilnya akan terlihat tidak natural jika Anda memakainya terlalu tebal. Jadi, jika Anda memakai foundation jenis krim atau cair, Anda sebaiknya mengaplikasikannya tipis-tipis.


Nah, apakah Anda memantapkan hati pada cream foundation atau liquid foundation? Bila iya, Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut melalui tautan berikut.

Stick, pilihan yang tepat untuk digunakan saat berolahraga

Stick, pilihan yang tepat untuk digunakan saat berolahraga

Foundation yang dapat dijadikan sebagai concealer ini bisa diaplikasikan langsung ke kulit. Jenis ini memiliki tingkat coverage yang tinggi untuk menutupi masalah-masalah kulit Anda.


Stick foundation dapat melekat sempurna pada kulit sehingga sangat aman walaupun Anda banyak bergerak dan berkeringat. Beberapa stick foundation juga dilengkapi UV protection untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Karena itu, foundation ini sangat cocok bagi Anda yang hobi berolahraga atau sering beraktivitas di luar ruangan.


Kami juga sudah mengulas tentang stick foundation secara khusus di artikel di bawah ini. Yuk, disimak juga!

Bubuk, pas untuk pemakaian sehari-hari

Bubuk, pas untuk pemakaian sehari-hari

Foundation jenis bubuk sangat ringan di kulit dan bersifat menyerap keringat sehingga hasil akhirnya lebih terkesan kering. Jenis ini cocok untuk kulit yang berminyak dan cenderung mengilap. Selain itu, foundation jenis ini dapat dipakai untuk menemani Anda saat bekerja ataupun berlibur.


Sayangnya, daya coverage pada foundation jenis ini lemah dan cenderung mudah luntur. Namun, foundation bubuk tidak akan terlihat tebal walaupun Anda menumpuknya berulang kali. Jadi, proses touch up akan menjadi lebih mudah.


Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut seputar powder foundation, silakan klik link berikut ini.

Cushion foundation, praktis dan mudah digunakan

Cushion foundation, praktis dan mudah digunakan
Sumber: somethinc.com

Cushion foundation adalah bantalan yang direndam liquid foundation, lalu dikemas seperti compact powder. Produk ini banyak digemari berkat pengaplikasiannya yang mudah dan praktis. Anda hanya perlu menepuk-nepukkan aplikatornya ke wajah, maka hasil makeup yang flawless pun berhasil didapat dalam waktu singkat.


Umumnya, foundation jenis ini memiliki coverage yang medium dan buildable. Hasil akhir yang diberikan pun bervariasi, mulai dari matte hingga dewy. Hanya saja, cushion foundation cenderung cepat habis karena isinya lebih sedikit dibandingkan jenis foundation lain.


Anda yang menyukai kepraktisan tentu akan jatuh hati pada cushion foundation. Cari tahu informasi lengkapnya melalui artikel di bawah ini, yuk!

2

Sesuaikan finishing dengan jenis kulit

Sebelum memilih foundation, sebaiknya Anda mengetahui hasil akhir foundation yang digunakan. Hal ini akan membuat tampilan makeup Anda tahan lama dan tampak sempurna. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini.

Matte: Untuk kulit berminyak

Matte: Untuk kulit berminyak

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya Anda memilih waterproof foundation dengan hasil matte. Foundation ini dapat membuat makeup Anda bebas kilap


Selain itu, foundation dengan matte finish akan membuat kulit wajah Anda tampak halus. Biasanya, matte foundation memberikan coverage yang medium to full sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara tertentu.

Dewy: Untuk kulit cenderung kering

Dewy: Untuk kulit cenderung kering

Akhir-akhir ini, foundation dengan dewy finish menjadi favorit banyak wanita. Look ini banyak diaplikasikan oleh artis Korea dengan tampilan makeup yang berkilau tanpa terlihat oily.


Dewy finish juga memberikan tampilan makeup yang tampak natural dan lebih muda. Selain itu, foundation dengan dewy finish akan membuat kulit Anda tampak lebih lembap, kenyal, dan sehat. Karena itu, foundation ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Satin: Untuk tampilan yang flawless

Satin: Untuk tampilan yang flawless

Foundation dengan satin finish memiliki hasil akhir yang berada di tengah-tengah antara dewy dan matte. Tampilan finish ini tidak terlalu basah seperti dewy finish, tetapi juga tidak terlalu kering seperti matte finish. Coverage yang dihasilkan dari foundation jenis ini adalah medium.


Karena itu, saat menggunakan foundation dengan satin finish, wajah Anda akan tampak flawless dan natural. Foundation dengan satin finish biasanya memiliki formula yang ringan sehingga cocok digunakan untuk makeup harian.

3

Pertimbangkan foundation yang mengandung SPF sebagai UV protector

Pertimbangkan foundation yang mengandung SPF sebagai UV protector

Terdapat banyak waterproof foundation yang memiliki kandungan proteksi tinggi terhadap UV. Pilihlah foundation yang memiliki nilai SPF dan PA sesuai dengan tingkat keseringan Anda di luar ruangan.


Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, kami merekomendasikan foundation dengan proteksi tertinggi, yaitu SPF 50+/PA++++. Sebaliknya, jika Anda tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari, pakailah foundation dengan proteksi UV lebih rendah. Misalnya, saat akan menjemur pakaian, berangkat kerja, atau berbelanja, sebaiknya gunakan foundation dengan kandungan SPF 30/PA++.


Dalam beberapa situasi, ada kalanya efek UV protector pada foundation akan cepat hilang. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan touch up sesering mungkin demi mempertahankan fungsinya sebagai UV protector.

4

Demi menjaga kelembutan kulit, gunakan foundation yang ringan

Demi menjaga kelembutan kulit, gunakan foundation yang ringan

Foundation dengan daya rekat dan tingkat coverage tinggi akan memberikan beban pada kulit. Untuk pemilik kulit sensitif, kami sarankan Anda menggunakan foundation jenis bubuk. Apabila Anda menggunakan foundation yang melekat dan tidak mudah luntur, Anda akan membutuhkan pembersih makeup yang kuat. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab munculnya iritasi pada kulit Anda.


Ketahuilah bahwa foundation dengan tingkat UV yang tinggi cenderung memiliki tekstur yang lebih berat. Karena itu, perhatikanlah tekstur setiap produk sebelum membelinya, ya.

5

Perhatikan bahan pelembap yang terkandung

Perhatikan bahan pelembap yang terkandung

Waterproof foundation memiliki sifat yang melekat pada kulit. Bagi sebagian orang, hal ini dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah foundation dengan kandungan pelembap yang tinggi.


Beberapa kandungan pelembap yang terdapat di foundation:

  • Suflower oil
  • Squalane
  • Argan oil
  • Panthenol

Selain itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda sebelum memakai makeup. Anda harus merawat dan memperhatikan kulit Anda lebih intensif dari biasanya jika sering menggunakan foundation.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi foundation waterproof terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation waterproof terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

barenbliss

True Beauty Inside Cushion

barenbliss True Beauty Inside Cushion 1

Rp159.000

Menengah

Tampil flawless layaknya idol Korea!

2

Rembaka

LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation

Rembaka LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation 1

Rp150.000

Menengah

Wajah tampak segar dan poreless cukup dengan satu layer

3

Revlon

ColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin

Revlon ColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin 1

Rp159.000

Menengah

Menyerap minyak berlebih di kulit kombinasi tanpa membuatnya kering

4

Royal Pesona Indonesia

SOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Royal Pesona Indonesia SOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation 1

Rp119.000

Menengah

Nikmati manfaat skincare dari breathable foundation ini

5

L'Oréal

24H Matte Cover Foundation

L'Oréal  24H Matte Cover Foundation 1

Rp222.000

Menengah

Wajah bebas kilap dan minyak hingga 24 jam

6

Wet n Wild

Photo Focus Foundation MATTE

Wet n Wild  Photo Focus Foundation MATTE 1

Rp159.000

Menengah

Photo session di lokasi indoor ataupun outdoor tetap terlihat mulus!

7

Viva Cosmetics

Perfect Look Cover Up

Viva Cosmetics Perfect Look Cover Up 1

Rp57.000

Lebih Murah

Samarkan berbagai permasalahan kulit wajah dengan harga yang terjangkau

8

Hourglass

Vanish Seamless Finish Foundation Stick

Hourglass Vanish Seamless Finish Foundation Stick 1

Rp817.700

Lebih Mahal

Bentuk unik untuk area-area yang sulit dijangkau

9

Probeauty

Sun Protect Plus Foundation Stick Anti UV A and UV B

Probeauty  Sun Protect Plus Foundation Stick Anti UV A and UV B 1

Rp91.200

Agak Murah

Unik! Foundation stick yang dilengkapi brush

10

MAC

Pro Longwear Nourishing Waterproof Foundation

MAC Pro Longwear Nourishing Waterproof Foundation 1

Rp680.000

Lebih Mahal

Noda hitam dapat tersamarkan hingga 36 jam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

barenblissTrue Beauty Inside Cushion

True Beauty Inside Cushion 1
Harga referensi
Rp159.000
Menengah
Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Tampil flawless layaknya idol Korea!

Kelebihan:

  • Dilengkapi kandungan essence untuk menutrisi kulit
  • Menghasilkan coverage yang tinggi dengan hasil halus yang tahan lama
  • Diklaim non-greasy dan non-cakey

Kekurangan:

  • Foundation masih transfer ke masker
  • Beberapa pengguna mengeluhkan cushion cepat habis karena isinya yang sedikit

Anda menyukai tampilan makeup yang flawless layaknya idol Korea? True Beauty Inside Cushion dapat mewujudkannya! Dengan Korean Miracle Bloom™ Essence, cushion foundaton ini akan memberikan kesan kulit sehat dan berkilau alami hingga 24 jam.


Selain mempercantik kulit dengan coverage yang tinggi, foundation ini juga dapat menutrisi kulit Anda berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Menariknya lagi, foundation ini sudah dilengkapi SPF 45 PA+++ untuk melindungi kulit Anda saat beraktivitas outdoor.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RembakaLT PRO Smooth Corrector Cream Foundation

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Wajah tampak segar dan poreless cukup dengan satu layer

Kelebihan:

  • Bisa memberikan full coverage hanya dengan satu layer saja
  • Ketahanan sangat lama
  • Ideal untuk di-mix dengan liquid foundation

Kekurangan:

  • Terlalu berat untuk penggunaan daily
  • Rawan crack jika digunakan terlalu banyak
  • Teksturnya thick sehingga cukup sulit di-blend

Sesuai dengan namanya, smooth corrector, foundation ini dapat menutupi noda jerawat dan garis halus di wajah. Kemampuannya untuk menyamarkan pori-pori pun tak perlu diragukan lagi. Teksturnya yang creamy mampu memberikan coverage penuh hanya dengan satu layer saja.


Foundation ini dilengkapi kandungan pelembap seperti sunflower dan squalane moisturizer untuk menutrisi kulit kering. Terdapat juga kandungan antioksidan dari vitamin C dan vitamin E. Apabila kulit kering Anda memiliki masalah dengan pori-pori besar dan bekas jerawat, produk ini dapat dijadikan pilihan.

No.3

RevlonColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin

Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Menyerap minyak berlebih di kulit kombinasi tanpa membuatnya kering

Kelebihan:

  • Diformulasikan dengan Time Release Technology untuk mengontrol penyerapan minyak
  • Mengandung vitamin E sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari polutan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, foundation mengalami oksidasi
  • Jika tidak di-blend dengan baik, hasil makeup bisa cakey

Memilih foundation untuk kulit kombinasi dapat dikatakan tricky. Jika salah pilih produk, kulit kombinasi bisa menjadi sangat kering atau makin berminyak. Serba salah, bukan? Nah, kabar baiknya Revlon menghadirkan foundation yang dirancang khusus untuk kulit kombinasi.


Dengan Time Release Technology, foundation ini mampu mengontrol penyerapan minyak di wajah Anda tanpa membuat kulit kering. Hasilnya, wajah tampak segar dan bebas kilap hingga 24 jam. Foundation ini juga sudah mengandung SPF 15, lho. Anda pun bisa nyaman beraktivitas di dalam dan di luar ruangan.

No.4

Royal Pesona IndonesiaSOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Harga referensi
Rp119.000
Menengah

Nikmati manfaat skincare dari breathable foundation ini

Kelebihan:

  • Mengandung formula skincare yang dapat merawat kulit
  • Formulanya ringan, tidak bikin dempul, dan non-oxidized
  • Dilengkapi formula Live Filter Effect untuk tampilan makeup yang poreless

Kekurangan:

  • Kurang dapat menyamarkan noda bekas jerawat yang menghitam
  • Sedikit transfer ke masker

Ingin tampil sempurna dengan wajah halus dan bebas dari tanda-tanda penuaan sekaligus merawat kulit dari dalam? Kalau begitu, gunakanlah produk ini! Tak hanya mendapatkan manfaat foundation saja, Anda akan merasakan kebaikan skincare saat menggunakannya.


Produk ini mengusung konsep skincare-infused makeup, formula yang tidak hanya mempercantik penampilan, tetapi memberikan manfaat kesehatan kulit. Meskipun memiliki full coverage, teksturnya yang ringan tetap dapat membuat pori-pori Anda bernapas. Dengan begitu, kulit wajah akan terlihat halus, flawless, sekaligus tetap sehat!

No.5

L'Oréal 24H Matte Cover Foundation

Harga referensi
Rp222.000
Menengah

Wajah bebas kilap dan minyak hingga 24 jam

Kelebihan:

  • Diklaim waterproof, sweatproof, dan transferproof untuk makeup yang tahan lama
  • Dilengkapi oil-control dan shine-control untuk menyerap minyak secara instan
  • Teksturnya ringan dan breathable

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk agak sulit diratakan sehingga rentan dempul

Kulit dengan produksi minyak yang berlebih rentan membuat makeup menjadi mudah luntur. Namun, masalah itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan 24H Matte Cover Foundation. Produk ini megombinasikan 24H oil-control dan 24H oil-shine untuk menjaga makeup tetap matte hingga 24 jam. Formula tersebut juga mampu menyerap minyak di wajah Anda secara instan. Berkat keunggulannya, foundation ini cocok untuk pemilik wajah berminyak.

No.6

Wet n Wild Photo Focus Foundation MATTE

Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Photo session di lokasi indoor ataupun outdoor tetap terlihat mulus!

Kelebihan:
  • Formulanya dapat mencegah makeup flashback di foto
  • Coverage-nya tinggi dan dapat bertahan hingga 24 jam

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa terganggu dengan aromanya yang menyengat
  • Aplikatornya yang berbentuk kuas dinilai kurang higienis


Foundation dari Wet n Wild akan menyempurnakan kulit Anda saat pemotretan dan menyesuaikan dengan tujuh kondisi photo lighting. Anda akan selalu tampil sempurna di sesi pemotretan indoor, outdoor, dan di hadapan cahaya fluorescent. Anda pun tidak perlu khawatir dengan posisi lampu kamera saat menjalani cosplay photo session.


Keunggulan utama yang membuatnya digilai banyak orang adalah formula camera ready yang membuat kulit wajah Anda memiliki efek soft-focus. Selain itu, formula light-adjusting efektif meratakan tekstur kulit muka. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda pemilik kulit bertekstur yang ingin tampil mulus di foto.

No.7

Viva CosmeticsPerfect Look Cover Up

Harga referensi
Rp57.000
Lebih Murah

Samarkan berbagai permasalahan kulit wajah dengan harga yang terjangkau

Kelebihan:

  • Formula soft focus agent-nya mampu menyamarkan noda bekas jerawat, flek, kerutan, dan garis-garis halus
  • Teksturnya yang creamy mudah diratakan di kulit

Kekurangan:

  • Klaim long lasting dan full coverage-nya belum terbukti

Jika Anda ingin foundation waterproof lokal dengan harga terjangkau, Anda dapat memilih Perfect Look Cover Up. Meskipun bentuknya seperti bedak padat, tekstur foundation ini creamy sehingga mudah diratakan di kulit wajah.


Produk dari Viva ini akan memberikan hasil akhir matte yang diklaim full coverage dan long lasting. Formula soft focus agent-nya dapat menyamarkan noda bekas jerawat, flek, kerutan, dan garis-garis halus. Murah, tetapi tidak murahan!

No.8

HourglassVanish Seamless Finish Foundation Stick

Harga referensi
Rp817.700
Lebih Mahal

Bentuk unik untuk area-area yang sulit dijangkau

Kelebihan:

  • Stick-nya berbentuk segitiga sehingga bisa menjangkau area lekukan wajah
  • Bisa digunakan sebagai concealer untuk menutupi imperfection
  • Formulanya buildable dan mudah diratakan di kulit

Kekurangan:

  • Jika digunakan terlalu banyak, foundation bisa cakey dan terlihat dempul
  • Tidak terlalu tahan lama di kulit berminyak
  • Harga produk termasuk pricey

Vanish Seamless Finish Foundation Stick dari Hourglass hadir dalam bentuk yang unik. Jika umumnya stick foundation memiliki bentuk bulat, produk ini berbentuk segitiga. Dengan bentuk tersebut, Anda dapat menjangkau seluruh area lekukan wajah, misalnya hidung dan area mata.


Teksturnya creamy sehingga mudah untuk dibaurkan. Meski coverage-nya tinggi, foundation ini sangat ringan. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan foundation waterproof sekaligus concealer.

No.9

Probeauty Sun Protect Plus Foundation Stick Anti UV A and UV B

Harga referensi
Rp91.200
Agak Murah

Unik! Foundation stick yang dilengkapi brush

Kelebihan:
  • Foundation stick yang dilengkapi brush sehingga penggunaan lebih praktis

Kekurangan:

  • Teksturnya terlalu creamy sehingga rentan meleleh jika tidak disimpan dengan tepat

Mencari foundation stick yang lebih praktis? Jika ya, produk ini adalah pilihan yang tepat. Foundation stick dari Probeauty sudah dilengkapi dengan brush! Anda cukup mengoleskan produk ini pada wajah, lalu ratakan menggunakan brush yang tersedia.


Foundation ini menawarkan empat shades yang bisa disesuaikan dengan warna kulit Anda, yaitu Natural, Beige, Ivory, dan Blush Pink. Bila Anda memilih shade yang tepat, hasil makeup Anda akan tampak natural dan terlihat menyatu seperti kulit asli.

No.10

MACPro Longwear Nourishing Waterproof Foundation

Harga referensi
Rp680.000
Lebih Mahal

Noda hitam dapat tersamarkan hingga 36 jam

Kelebihan:

  • Selain waterproof, produk ini juga transferproof, waterproof, dan tahan lama
  • Formulanya oil-free sehingga wajah bebas minyak

Kekurangan:

  • Harganya relatif tinggi sehingga kurang disarankan jika budget Anda terbatas

Saat menghadiri acara resmi seperti wisuda, Anda tentunya ingin tampil dengan riasan yang sempurna dan bertahan lama. Nah, Pro Longwear Nourishing Waterproof Foundation akan memenuhi kebutuhan Anda. Foundation waterproof ini diklaim mampu menyamarkan noda di wajah hingga 36 jam!


Produk ini juga transferproof dan sweatproof. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan makeup yang luntur meski wajah terkena keringat atau masker sekalipun. Formulanya yang oil-free memberikan hasil akhir satin yang natural dan bebas kilap.

Trik seputar penggunaan foundation waterproof

Apakah Anda sudah menemukan waterproof foundation yang sesuai? Jika sudah, pastikan cara penggunaannya tepat, ya! Di bawah ini kami akan menjelaskan secara singkat tips-tips seputar penggunaan foundation.

Tips agar foundation awet seharian

Tips agar foundation awet seharian

Saat menghadiri acara atau kegiatan outdoor, sering kali makeup tak bisa bertahan lama. Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, salah satunya karena pengaplikasian foundation yang kurang tepat. Nah, agar foundation tahan lama, sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah berikut ini.


  • Sebelum mengaplikasikan foundation, gunakan pelembap terlebih dahulu.
  • Jika pelembap sudah meresap ke kulit, selanjutnya gunakan primer. Primer berfungsi untuk menyamarkan pori-pori kulit dan menghaluskan tekstur wajah.
  • Aplikasikan foundation dengan tepat. Pastikan Anda mengaplikasikan foundation dengan cara ditepuk-tepuk. Anda bisa menggunakan beauty blender atau brush untuk mengaplikasikan foundation agar merata.
  • Selanjutnya, aplikasikan bedak tabur atau bedak padat supaya riasan tetap tampak alami.
  • Langkah terakhir, semprotkan setting spray untuk mengunci riasan dan membuat makeup Anda tampak mulus.

Tips membersihkan waterproof foundation

Tips membersihkan waterproof foundation

Untuk membersihkan foundation di wajah, Anda memerlukan pembersih atau cleanser. Jika Anda tidak membersihkannya secara sempurna, sisa-sisa foundation akan tertinggal dan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Tersumbatnya pori-pori tersebut dapat menyebabkan masalah kulit seperti komedo dan kulit kasar.


Untuk menghapus foundation dengan bersih, gunakan oil cleanser dan cleansing sheet. Akan tetapi, hindari pemakaian cleansing sheet jika Anda memiliki kulit sensitif. Gunakan oil cleanser, usap dengan gerakan memutar secara lembut untuk membersihkan foundation di wajah Anda, kemudian bersihkan.


Setelah memakai waterproof foundation, kulit Anda akan terasa lebih kering. Jadi, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Baca juga rekomendasi foundation lainnya di sini

Selain waterproof foundation, terdapat beberapa jenis foundation lain yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Tertarik untuk menambah koleksi foundation Anda? Di bawah ini, kami telah mengumpulkan artikel-artikel terkait jenis foundation lain yang dapat dijadikan sebagai referensi Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Waterproof foundation merupakan item wajib bagi Anda yang khawatir makeup mudah luntur oleh air atau keringat. Foundation ini sangat cocok dipakai saat cuaca panas. Namun, pastikan Anda memilih waterproof foundation yang sesuai dengan warna kulit, ya. Selain itu, usahakan untuk memilih produk yang mengandung tabir surya.


Anda sebaiknya menyiapkan satu foundation yang tahan lama selain foundation yang Anda pakai sehari-hari. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan waterproof foundation yang sesuai.

5 Rekomendasi Foundation Waterproof terbaik

No. 1: barenblissTrue Beauty Inside Cushion

No. 2: RembakaLT PRO Smooth Corrector Cream Foundation

No. 3: RevlonColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin

No. 4: Royal Pesona IndonesiaSOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

No. 5: L'Oréal 24H Matte Cover Foundation

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Foundation Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.