1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Foundation yang waterproof memiliki sifat tahan air, keringat, dan minyak. Produk ini sangat cocok digunakan saat sedang berlibur dan berenang di kolam renang atau laut. Terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih foundation, seperti jenis foundation, tingkat coverage, perlindungan UV, dan lainnya.

Kali ini kami akan mengulas cara memilih waterproof foundation yang bagus. Kami juga akan mengenalkan sepuluh produk waterproof foundation dari merek Wardah, Maybelline, Urban Decay, dan lainnya. Yuk, temukan foundation yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.

Diperbaharui 01-27-2023
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keuntungan menggunakan foundation yang waterproof

Keuntungan menggunakan foundation yang waterproof

Waterproof foundation tidak akan luntur walaupun terkena keringat atau air. Jadi, foundation ini dapat tetap terjaga meskipun Anda berenang atau banyak mengeluarkan keringat saat beraktivitas.


Waterproof foundation sangat berguna bagi Anda yang sering berolahraga ataupun beraktivitas di luar ruangan. Dengan mengenakan foundation ini, Anda akan tetap tampil cantik di tengah terik matahari.

Cara memilih Foundation yang Waterproof

Pertama, kami akan mengulas poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih foundation yang waterproof. Simak ulasannya di bawah ini!

① Pilih jenis foundation berdasarkan teksturnya

Terdapat beberapa tipe waterproof foundation dengan tingkat ketahanan terhadap air, keringat, dan sebum yang berbeda-beda. Pilihlah berdasarkan kebutuhan Anda!

Krim dan cair, cocok digunakan saat berenang di kolam renang ataupun di laut

Krim dan cair, cocok digunakan saat berenang di kolam renang ataupun di laut

Jika Anda hendak berenang di kolam renang atau laut, pakailah foundation jenis krim atau cair. Foundation jenis ini memiliki tekstur yang ringan dan tahan terhadap percikan air karena melekat pada kulit. Selain itu, jenis ini memiliki tingkat coverage yang tinggi guna menutupi bintik hitam.


Namun, tidak seperti jenis bubuk, foundation krim dan cair tidak tahan terhadap sebum. Selain itu, hasilnya akan terlihat tidak natural jika Anda memakainya terlalu tebal. Jadi, jika Anda memakai foundation jenis krim atau cair, Anda sebaiknya mengaplikasikannya tipis-tipis.

Stick, cocok untuk digunakan saat berolahraga

Stick, cocok untuk digunakan saat berolahraga

Foundation yang dapat dijadikan sebagai concealer ini bisa diaplikasikan langsung ke kulit. Jenis ini memiliki tingkat coverage yang tinggi dan dapat menutupi masalah-masalah kulit Anda.


Stick foundation dapat melekat sempurna pada kulit sehingga sangat aman walaupun Anda banyak bergerak dan berkeringat. Terdapat juga stick foundation yang disertai UV protection yang mampu melindungi kulit Anda sepanjang hari. Karena itu, foundation ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berolahraga atau sering beraktivitas di luar ruangan.


Kami juga sudah mengulas tentang stick foundation secara khusus di artikel di bawah ini. Yuk, disimak juga!

Bubuk, pas untuk pemakaian sehari-hari

Bubuk, pas untuk pemakaian sehari-hari

Foundation jenis bubuk sangat ringan di kulit dan bersifat menyerap keringat sehingga hasil akhirnya lebih terkesan kering. Jenis ini cocok untuk kulit yang berminyak dan cenderung mengilap. Selain itu, foundation jenis ini dapat dipakai untuk menemani Anda saat bekerja ataupun berlibur.


Sayangnya, daya coverage pada foundation jenis ini lemah dan cenderung mudah luntur. Namun, foundation bubuk tidak akan terlihat tebal walaupun Anda menumpuknya berulang kali. Jadi, proses touch up akan menjadi lebih mudah.


Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut seputar powder foundation, silakan klik link berikut ini.

② Sesuaikan finishing dengan jenis kulit

Sebelum memilih foundation, sebaiknya Anda mengetahui hasil akhir foundation yang digunakan. Hal ini akan membuat tampilan makeup Anda tahan lama dan tampak sempurna. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini.

Matte, cocok untuk kulit berminyak

Matte, cocok untuk kulit berminyak

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya Anda memilih waterproof foundation dengan hasil matte. Foundation ini dapat membuat makeup Anda bebas kilap


Selain itu, foundation dengan matte finish akan membuat kulit wajah Anda tampak halus. Biasanya, matte foundation memberikan coverage yang medium to full sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara tertentu.

Dewy, lebih pas untuk kulit cenderung kering

Dewy, lebih pas untuk kulit cenderung kering

Akhir-akhir ini, foundation dengan dewy finish menjadi favorit banyak wanita. Look ini banyak diaplikasikan oleh artis Korea dengan tampilan makeup yang berkilau tanpa terlihat oily.


Dewy finish juga memberikan tampilan makeup yang tampak natural dan lebih muda. Selain itu, foundation dengan dewy finish akan membuat kulit Anda tampak lebih lembap, kenyal, dan sehat. Karena itu, foundation ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Satin, pilihan untuk tampilan yang flawless

Satin, pilihan untuk tampilan yang flawless

Foundation dengan satin finish memiliki hasil akhir yang berada di tengah-tengah antara dewy dan matte. Tampilan finish ini tidak terlalu basah seperti dewy finish, tetapi juga tidak terlalu kering seperti matte finish. Coverage yang dihasilkan dari foundation jenis ini adalah medium.


Karena itu, saat menggunakan foundation dengan satin finish, wajah Anda akan tampak flawless dan natural. Foundation dengan satin finish biasanya memiliki formula yang ringan sehingga cocok digunakan untuk makeup harian.

③ Pertimbangkan foundation yang mengandung SPF sebagai UV protector

Pertimbangkan foundation yang mengandung SPF sebagai UV protector

Terdapat banyak waterproof foundation yang memiliki kandungan proteksi tinggi terhadap UV. Pilihlah foundation yang memiliki nilai SPF dan PA sesuai dengan tingkat keseringan Anda di luar ruangan.


Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, kami merekomendasikan foundation dengan proteksi tertinggi, yaitu SPF 50+/PA++++. Sebaliknya, jika Anda tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari, pakailah foundation dengan proteksi UV lebih rendah. Misalnya, saat akan menjemur pakaian, berangkat kerja, atau berbelanja, sebaiknya gunakan foundation dengan kandungan SPF 30/PA++.


Dalam beberapa situasi, ada kalanya efek UV protector pada foundation akan cepat hilang. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan touch up sesering mungkin demi mempertahankan fungsinya sebagai UV protector.

④ Demi menjaga kelembutan kulit, gunakan foundation yang ringan

Demi menjaga kelembutan kulit, gunakan foundation yang ringan

Foundation dengan daya rekat dan tingkat coverage tinggi akan memberikan beban pada kulit. Untuk pemilik kulit sensitif, kami sarankan Anda menggunakan foundation jenis bubuk. Apabila Anda menggunakan foundation yang melekat dan tidak mudah luntur, Anda akan membutuhkan pembersih makeup yang kuat. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab munculnya iritasi pada kulit Anda.


Ketahuilah bahwa foundation dengan tingkat UV yang tinggi cenderung memiliki tekstur yang lebih berat. Karena itu, perhatikanlah tekstur setiap produk sebelum membelinya, ya.

⑤ Perhatikan bahan pelembap yang terkandung

Perhatikan bahan pelembap yang terkandung

Waterproof foundation memiliki sifat yang melekat pada kulit. Bagi sebagian orang, hal ini dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah foundation dengan kandungan pelembap yang tinggi.


Selain itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda sebelum memakai makeup. Anda harus merawat dan memperhatikan kulit Anda lebih intensif dari biasanya jika sering menggunakan foundation.

10 Rekomendasi foundation terbaik yang waterproof

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik yang waterproof yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

Superstay Foundation 24H Full Coverage Foundation

Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage Foundation 1枚目

Tahan seharian, tetapi tetap terasa ringan di kulit

2

Somethinc

DNA Airbrush Breathable Powder Foundation

Somethinc DNA Airbrush Breathable Powder Foundation 1枚目

Atur sendiri tingkat coverage yang diinginkan

3

Wardah

Exclusive Liquid Foundation

Wardah Exclusive Liquid Foundation 1枚目

Mengandung formula yang baik untuk kelembapan kulit wajah

4

Revlon

ColorStay Makeup

Revlon ColorStay Makeup 1枚目

Hadir dalam dua pilihan finishing untuk berbagai jenis kulit

5

L'Oréal

Infallible 24H Fresh Wear Foundation

L'Oréal  Infallible 24H Fresh Wear Foundation 1枚目

Bebas komedo dan jerawat berkat formulanya yang noncomedogenic

6

Viva Cosmetics

Perfect Look Cover Up

Viva Cosmetics Perfect Look Cover Up 1枚目

Samarkan berbagai permasalahan kulit wajah dengan harga yang terjangkau

7

Hourglass

Vanish Seamless Finish Foundation Stick

Hourglass Vanish Seamless Finish Foundation Stick 1枚目

Bentuk unik untuk area-area yang sulit dijangkau

8

Mustika Ratu

Beauty Queen High Cover Foundation Dewy Finish

Mustika Ratu Beauty Queen High Cover Foundation Dewy Finish 1枚目

Foundation-nya para pencinta dewy finish dan coverage tinggi

9

Probeauty

Sun Protect Plus

Probeauty  Sun Protect Plus 1枚目

Unik! Foundation stick yang dilengkapi brush

10

Urban Decay

Stay Naked The Fix Powder Foundation

Urban Decay Stay Naked The Fix Powder Foundation 1枚目

Bebas minyak berlebih di area T-zone

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineSuperstay Foundation 24H Full Coverage Foundation

Mulai dari Rp229.000,00

Tahan seharian, tetapi tetap terasa ringan di kulit

Anda bisa mendapatkan rona wajah yang cerah dan berseri saat memakai produk ini. Meskipun berdaya cover tinggi, foundation dari Maybelline ini tetap terasa ringan berkat adanya concentrated pigments

Karena itu, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan foundation ringan dengan hasil full coverage. Wajah tak akan terasa berat walau dipakai berlapis-lapis!

No.2

SomethincDNA Airbrush Breathable Powder Foundation

Mulai dari Rp129.000,00

Atur sendiri tingkat coverage yang diinginkan

Merasa kurang cocok dengan foundation cair atau krim yang terasa berat? Anda dapat mencoba DNA Airbrush Breathable Powder Foundation dari Somethinc. Foundation ini berbentuk bubuk yang tingkat coverage-nya dapat Anda atur sendiri.


Produk ini dapat menutupi pori-pori dan garis kerut pada wajah dengan sempurna. Meskipun teksturnya bubuk, foundation ini mampu bertahan seharian tanpa butuh touch up terlalu sering.

No.3

WardahExclusive Liquid Foundation

Mulai dari Rp83.500,00

Mengandung formula yang baik untuk kelembapan kulit wajah

Bila Anda memiliki jenis kulit kering, Exclusive Liquid Foundation dari Wardah cocok untuk Anda. Produk ini mengandung banyak bahan pelembap yang akan membuat kulit Anda terhidrasi dengan sempurna. Dengan begitu, riasan Anda akan tampak lebih halus tanpa terlihat cakey meskipun menggunakan foundation dengan hasil akhir matte.

No.4

RevlonColorStay Makeup

Mulai dari Rp155.000,00

Hadir dalam dua pilihan finishing untuk berbagai jenis kulit

Revlon mengeluarkan produk waterproof foundation berkualitasnya dalam dua varian. Kedua varian tersebut adalah untuk kulit normal/kering dan untuk kulit kombinasi/berminyak. Jadi, Anda bisa menyesuaikan jenis kulit Anda dengan kedua varian tersebut.


Botolnya yang terbuat dari kaca menjadikan foundation ini terlihat mewah. Selain itu, terdapat juga pump yang akan membantu Anda agar tidak mengeluarkan isi produk terlalu banyak.

No.5

L'Oréal Infallible 24H Fresh Wear Foundation

Mulai dari Rp255.100,00

Bebas komedo dan jerawat berkat formulanya yang noncomedogenic

Ingin memakai foundation waterproof, tetapi khawatir akan menyebabkan munculnya komedo dan jerawat? Produk dari L'Oréal ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda! Infallible 24H Fresh Wear Foundation memiliki formula yang noncomedogenic. Dengan begitu, produk ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga komedo dan jerawat tak akan muncul meskipun dipakai seharian.

No.6

Viva CosmeticsPerfect Look Cover Up

Mulai dari Rp57.000,00

Samarkan berbagai permasalahan kulit wajah dengan harga yang terjangkau

Jika Anda ingin foundation waterproof lokal dengan harga terjangkau, Anda dapat memilih produk ini. Bentuknya seperti bedak padat sehingga mudah dibawa ke mana saja. 


Produk ini diklaim dapat menyamarkan noda bekas jerawat, flek, dan berbagai permasalahan kulit lainnya. Formula soft focus agent-nya juga dapat membantu menyamarkan kerutan dan garis-garis halus. Murah, tetapi tidak murahan!

No.7

HourglassVanish Seamless Finish Foundation Stick

Mulai dari Rp781.900,00

Bentuk unik untuk area-area yang sulit dijangkau

Vanish Seamless Finish Foundation Stick dari Hourglass hadir dalam bentuk yang unik. Jika umumnya stick foundation memiliki bentuk bulat, produk ini berbentuk segitiga. Dengan bentuk tersebut, Anda dapat menjangkau seluruh area lekukan wajah, misalnya hidung dan area mata.


Teksturnya creamy sehingga mudah untuk dibaurkan. Meski coverage-nya tinggi, foundation ini sangat ringan. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan foundation waterproof sekaligus concealer.

No.8

Mustika RatuBeauty Queen High Cover Foundation Dewy Finish

Mulai dari Rp128.500,00

Foundation-nya para pencinta dewy finish dan coverage tinggi

Anda mencari foundation ber-coverage tinggi dengan hasil akhir dewy? Produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Beauty Queen High Cover Foundation Dewy Finish dapat membuat kulit Anda terlihat sehat dan bercahaya.

Produk buatan Mustika Ratu ini kami rekomendasikan untuk Anda gunakan saat menghadiri acara-acara penting karena tahan lama dan antiluntur. Tidak hanya itu, kandungan moringa seeds extract juga melengkapi produk ini untuk menutrisi dan melembapkan kulit.

No.9

Probeauty Sun Protect Plus

Mulai dari Rp91.900,00

Unik! Foundation stick yang dilengkapi brush

Jika Anda mencari foundation stick yang lebih praktis, produk ini adalah pilihan yang tepat. Sun Protect Plus dari Probeauty sudah dilengkapi dengan brush! Anda cukup mengoleskan produk ini pada wajah, lalu ratakan menggunakan brush yang tersedia.

Foundation ini menawarkan empat shades yang bisa disesuaikan dengan warna kulit Anda, yaitu Natural, Beige, Ivory, dan Blushing Pink. Apabila Anda memilih shade yang tepat, makeup Anda akan tampak natural dan terlihat menyatu seperti kulit asli.

No.10

Urban DecayStay Naked The Fix Powder Foundation

Mulai dari Rp650.000,00

Bebas minyak berlebih di area T-zone

Produk ini cocok untuk pemilik kulit berminyak karena memberikan hasil akhir yang matte. Stay Naked The Fix Powder Foundation bersifat breathable dan ringan ketika digunakan. Selain itu, foundation ini mengandung moringa seed oil sebagai antipolusi, anti-aging, dan anti-inflamasi.


Menariknya lagi, produk ini dilengkapi dengan spons yang mengandung charcoal-infused. Fungsinya adalah untuk mendetoksifikasi dan menghaluskan kulit wajah Anda. Jadi, bersiaplah tampil menawan tanpa gangguan minyak berlebih di wajah!

Tips agar foundation awet seharian

Tips agar foundation awet seharian

Saat menghadiri acara atau kegiatan outdoor, sering kali makeup tak bisa bertahan lama. Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, salah satunya karena pengaplikasian foundation yang kurang tepat. Nah, agar foundation tahan lama, sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah berikut ini.


  • Sebelum mengaplikasikan foundation, gunakan pelembap terlebih dahulu.
  • Jika pelembap sudah meresap ke kulit, selanjutnya gunakan primer. Primer berfungsi untuk menyamarkan pori-pori kulit dan menghaluskan tekstur wajah.
  • Aplikasikan foundation dengan tepat. Pastikan Anda mengaplikasikan foundation dengan cara ditepuk-tepuk. Anda bisa menggunakan beauty blender atau brush untuk mengaplikasikan foundation agar merata.
  • Selanjutnya, aplikasikan bedak tabur atau bedak padat supaya riasan tetap tampak alami.
  • Langkah terakhir, semprotkan setting spray untuk mengunci riasan dan membuat makeup Anda tampak mulus.

Tips membersihkan waterproof foundation

Tips membersihkan waterproof foundation

Untuk membersihkan foundation di wajah, Anda memerlukan pembersih atau cleanser. Jika Anda tidak membersihkannya secara sempurna, sisa-sisa foundation akan tertinggal dan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Tersumbatnya pori-pori tersebut dapat menyebabkan masalah kulit seperti komedo dan kulit kasar.


Untuk menghapus foundation dengan bersih, gunakan oil cleanser dan cleansing sheet. Akan tetapi, hindari pemakaian cleansing sheet jika Anda memiliki kulit sensitif. Gunakan oil cleanser, usap dengan gerakan memutar secara lembut untuk membersihkan foundation di wajah Anda, kemudian bersihkan.


Setelah memakai waterproof foundation, kulit Anda akan terasa lebih kering. Jadi, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Baca juga rekomendasi foundation lainnya di sini

Selain waterproof foundation, terdapat beberapa jenis foundation lain yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Tertarik untuk menambah koleksi foundation Anda? Di bawah ini, kami telah mengumpulkan artikel-artikel terkait jenis foundation lain yang dapat dijadikan sebagai referensi Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Waterproof foundation merupakan item wajib bagi Anda yang khawatir makeup mudah luntur oleh air atau keringat. Foundation ini sangat cocok dipakai saat cuaca panas. Namun, pastikan Anda memilih waterproof foundation yang sesuai dengan warna kulit, ya. Selain itu, usahakan untuk memilih produk yang mengandung tabir surya.


Anda sebaiknya menyiapkan satu foundation yang tahan lama selain foundation yang Anda pakai sehari-hari. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan waterproof foundation yang sesuai.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer