10 Rekomendasi Selai Stroberi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Selai Stroberi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Selai stroberi adalah pasangan yang tepat untuk menyantap roti di pagi hari. Tidak hanya itu, selai stroberi juga dapat Anda campurkan pada makanan lain seperti bolu, nastar, kue kering, dan banyak makanan lainnya. Karena rasanya yang manis dengan sedikit rasa asam, selai stroberi disukai oleh berbagai kalangan usia.

Saat ini, berbagai produsen selai seperti Morin, Darbo, dan Freshmax hadir menawarkan selai stroberi andalannya. Dari yang rendah lemak, bebas gluten, hingga selai stroberi homemade yang fresh. Namun, sebelum Anda memilih produk selai stroberi untuk menemani sarapan Anda, yuk kita cari tahu dulu poin penting apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih selai stroberi.

Daftar isi

Cara memilih selai stroberi

Kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih selai stroberi. Jadi, jangan dilewatkan ya!

Pilih produk dengan ukuran yang tidak terlalu besar

Pilih produk dengan ukuran yang tidak terlalu besar

Sejak pertama kali Anda membuka kemasan selai stroberi, udara di dalam kemasan sudah terkontaminasi dengan udara di sekitar Anda. Bukan tidak mungkin juga binatang-binatang kecil dapat hinggap di pinggir botol dan meninggalkan bakteri pada selai stroberi Anda.

Kami sarankan Anda memilih kemasan yang tidak terlalu besar dan dapat dihabiskan dalam waktu 1-2 minggu. Jangan lupa untuk selalu menyimpan selai di lemari pendingin agar kesegarannya tetap terjaga. Jika Anda melihat selai berair, warnanya berubah, dan mengeluarkan bau tidak sedap, hentikan mengonsumsi selai stroberi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selalu periksa tanggal kadaluwarsanya

Selalu periksa tanggal kadaluwarsanya

Sebelum Anda membeli produk selai stroberi, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsanya. Biasanya produsen selai stroberi meletakkan tanggal kadaluwarsa pada bagian dasar atau badan botol.

Lamanya tanggal kadaluwarsa satu produk dan produk lainnya memang bervariasi. Hal ini dibedakan dari kandungan gula dan wadah yang digunakan. Selai stroberi yang dikemas dalam wadah kaca, biasanya memiliki masa kadaluwarsa yang lebih lama dibandingkan yang dikemas dalam wadah plastik.

Periksa banyaknya kandungan buah stroberi pada tabel komposisi

Periksa banyaknya kandungan buah stroberi pada tabel komposisi

Pada tabel komposisi, bahan-bahan pembuat selai stroberi dicantumkan dari yang proporsinya paling besar ke yang paling kecil. Anda dapat melihat banyaknya kandungan buah stroberi dalam suatu produk dari tabel komposisinya. Banyak produsen menjadikan buah stroberi sebagai bahan utama selainya, tetapi sebagian lagi tidak demikian.

Oleh sebab itu, periksalah dulu banyaknya kandungan buah stroberi sebelum Anda membeli suatu produk. Semakin banyak kandungan buah stroberinya, maka Anda akan mendapatkan selai stroberi yang berkualitas.

Pilih produk dengan kandungan gula sesuai kebutuhan

Pilih produk dengan kandungan gula sesuai kebutuhan

Selera orang memang berbeda-beda, ada yang menyukai selai stroberi yang manis, ada pula yang lebih menyukai selai stroberi dengan rasa sedikit asam. Anda dapat memilih banyaknya kandungan gula pada suatu produk selai stroberi agar mendapatkan sesuai keinginan Anda.

Jika kandungan gulanya 40% atau lebih, produk tersebut memiliki kandungan gula rendah. Jika kandungan gulanya 55% atau lebih, produk tersebut memiliki kandungan gula medium. Dan jika kandungan gulanya 65% atau lebih, produk tersebut memiliki kandungan gula tinggi.

Beberapa produk mungkin tidak mencantumkan persentase, tetapi Anda dapat melihat banyaknya kandungan gula pada urutan bahan dalam tabel komposisi. Jika gula tertulis di atas buah stroberi, maka produk tersebut memiliki kandungan gula cukup tinggi. Namun jika gula tertulis di bawah buah stroberi, maka rasa dari buah stroberi akan lebih dominan, artinya produk tersebut tidak terlalu manis.

Periksa juga kandungan bahan pengawet dan pewarnanya

Periksa juga kandungan bahan pengawet dan pewarnanya

Karena dikemas dalam botol untuk pemakaian dua minggu sampai satu bulan, kebanyakan selai stroberi tentu mengandung bahan pengawet. Kami sarankan, sebisa Anda mungkin memilih produk yang rendah bahan pengawet.

Selain itu bahan pewarna juga seringkali ditemukan dalam komposisi produk selai stroberi. Bahan pewarna akan membuat selai stroberi terlihat lebih menarik dengan warna yang lebih merah. Pilihlah produk dengan proporsi bahan pewarna yang kecil, utamakan pula produk dengan bahan pewarna alami karena lebih menyehatkan.

10 Rekomendasi selai stroberi terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk selai stroberi yang baik untuk membantu Anda memilih selai stroberi yang lezat dan berkualitas.

10. Goldenfil Selai Strawberry Jam

10. Goldenfil Selai Strawberry Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Semakin kaya rasa jika dikombinasikan dengan selai rasa lain

Dikemas dalam packaging yang menarik dengan warna merah seperti rupa stroberi, Goldelfil merupakan selai stroberi berkualitas yang dijamin aman untuk rasa dan kesegarannya. Terbuat dari 5o% buah asli, serta bahan-bahan pelengkap lainnya seperti asam sitrat, perisa stoberi, gula, dan pewarna makanan porceau 4R CI 16255, selai ini memiliki tekstur seperti gel.

Produk ini memiliki tanggal kadaluwarsa 11 bulan dari tanggal produksinya. Namun, Anda dihimbau untuk menghabiskan produk ini selambatnya empat minggu sejak pertama kali dibuka. Dengan rasa stroberi yang tidak terlalu kuat, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang senang mencoba berbagai macam rasa selai. Anda dapat mengkombinasikan selai ini dengan selai rasa lainnya sebagai pelengkap topping roti Anda di pagi hari. Sarapan pun jadi lebih menyenangkan!

9. Prima Frutta Selai Buah Stroberi

9. Prima Frutta Selai Buah Stroberi

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 44.000

Ciptakan makanan lezat dengan campuran selai stroberi berkualitas

Selai stroberi ini dibuat dari 50% buah stroberi segar yang berkualitas tinggi. Bahan-bahan yang digunakan semuanya alami dan tanpa kandungan bahan pemanis, pewarna, dan pengawet buatan. Produk ini dapat digunakan sebagai topping untuk berbagai dessert dan dapat juga dijadikan campuran bahan untuk membuat cake atau pie.

Namun, Anda juga dapat menyantapnya langsung sebagai isian roti. Rasa buah stroberi yang manis bercampur sedikit asam akan membuat makanan yang Anda kombinasikan dengan selai ini semakin kaya rasa. Produk ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang hobi membuat kue untuk camilan di rumah.

8. Darbo Garden Strawberry Jam

8. Darbo Garden Strawberry Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Selai stroberi dengan cita rasa yang tidak pernah berubah sejak lama

Darbo adalah salah satu brand produk makanan dari Austria. Selai stroberi dari Darbo ini dibuat dari buah stroberi yang matang sempurna dan sudah melalui seleksi untuk mendapatkan buah stroberi berkualitas baik. Selain itu, produk ini juga hanya dicampur dengan gula, konsentrat jus lemon, dan pistin agen pembentuk gel sebagai bahan utamanya, serta tanpa kandungan pengawet dan pemanis buatan.

Dengan kandungan lemak 0%, produk ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Tidak sembarangan, resep dari produk ini juga sudah diwariskan turun temurun untuk menjaga cita rasa selai agar tidak berubah. Jika Anda menyukai selai stroberi dengan rasa sedikit asam, Anda pasti akan menyukai selai stroberi ini.

7. Mackays Scottish Strawberry Preserve

7. Mackays Scottish Strawberry Preserve

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Selai enak dan nikmat untuk Anda yang vegetarian

Jika Anda seorang vegetarian, dan menginginkan produk selai yang enak dan nikmat, produk satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selai stroberi dari Scotland ini dibuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur nabati serta tanpa kandungan wheat dan gluten sehingga dapat dikonsumsi oleh para vegetarian maupun untuk Anda yang sedang diet. Tak hanya itu, saat mengonsumsinya Anda akan merasakan rasa manis dari buah stroberi asli karena produk ini tidak menggunakan pemanis buatan.

Selai ini dapat Anda nikmati dengan roti tawar atau sebagai isian roti bakar untuk teman minum teh atau kopi di sore hari. Seluruh buah stroberi yang digunakan ditanam di kebun sendiri yang dirawat dan dijaga nutrisinya agar menghasilkan buah stroberi berkualitas. Kebayang kan enaknya selai dari buat stroberi yang benar-benar diperhatikan kualitasnya?!

6. Tropicana Slim Selai Strawberry

6. Tropicana Slim Selai Strawberry

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Lebih sehat karena rendah kalori dan bebas gula

Jika Anda mendengar Tropicana Slim, pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah produk gula rendah kalori. Ternyata brand ini juga mengeluarkan produk selai, lho! Selai stroberi yang satu ini dapat dikatakan sebagai produk selai stroberi yang sehat. Produk ini dibuat tanpa gula dan rendah kalori, cocok untuk Anda yang menderita diabetes atau sedang melakukan diet.

Walau tanpa gula, tetapi selai stroberi ini tetap lezat karena dibuat dari 100% buah stroberi asli. Tidak hanya dipasangkan dengan roti, selai stroberi ini juga dapat menjadi campuran berbagai bahan makanan lainnya seperti cake dan cookies. Namun, karena dikemas dalam wadah kaca, Anda tidak boleh menaruh produk ini ditempat yang mudah terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak khasiat yang ada pada selainya.

5. Koska Diabetic Preserve Strawberry

5. Koska Diabetic Preserve Strawberry

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Selai stroberi untuk penderita diabetes

Produk selai stroberi ini dikeluarkan brand Koska yang berasal dari Turki. Produk ini diperuntukkan bagi para penderita diabetes yang ingin tetap menikmati lezatnya selai stroberi untuk makanan sehari-hari. Warna merah gelap yang dimiliki selai ini disebabkan karena selai ini dibuat tanpa campuran gula dan pewarna tambahan sedikit pun. Dijamin aman dan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Karena tidak mengandung bahan pengawet tambahan, Anda harus segera menghabiskan produk ini dalam waktu 2-3 minggu setelah pertama kali Anda membuka kemasannya. Rasa buah stroberi yang segar dalam balutan selai yang sehat, siap menemani sarapan Anda setiap harinya. Jadi, buang jauh-jauh ya, pikiran makanan sehat itu selalu tidak enak.

4. Bonne Maman Strawberry Jam

4. Bonne Maman Strawberry Jam 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Cita rasa tradisional Prancis

Bonne Maman, dari namanya Anda pasti tahu kalau produk ini berasal dari Prancis. Dengan resep tradisional yang mengandalkan rasa manis asli buah stroberi, produk ini cocok menjadi campuran berbagai menu makanan penutup seperti scone, macaroon, eclair atau es krim.

Produk ini dibuat dengan buah stroberi berkualitas tinggi dan tanpa menggunakan bahan kimia sedikit pun. Anda juga akan menemukan potongan kasar buah stroberi saat menyantap selai ini, memberi sensasi rasa berbeda yang tidak ditemukan pada produk selai stroberi lainnya.

3. Morin Strawberry Jam

3. Morin Strawberry Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.300

Selai stoberi yang pas dengan selera orang Indonesia

Anda mencari selai stroberi enak dan juga menawarkan banyak manfaat? Selai stroberi yang satu ini wajib Anda coba. Jika Anda mengkonsumsi selai stroberi ini, Anda akan mendapatkan manfaat lain di antaranya adalah untuk menjaga kesehatan jantung, fungsi otak, dan juga menjaga sistem pencernaan.

Dibuat dari 40% buah stroberi asli, produk yang satu ini sudah populer dan banyak disukai karena rasanya yang pas dengan lidah orang Indonesia. Anda bisa menikmati selai ini dengan roti tawar, atau jika Anda hobi membuat kue, Anda bisa menggunakannya untuk isian nastar atau bolu gulung. Agar kesegarannya tetap terjaga, jauhkan produk ini dari sinar matahari langsung dan selalu simpan di dalam lemari pendingin ya!

2. St. Dalfour Strawberry Preserve Jam

2. St. Dalfour Strawberry Preserve Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Tak hanya buah stroberi tetapi juga jus anggur dan jus lemon

Jika Anda menyukai makanan dengan rasa yang unik, mungkin produk yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Lagi-lagi, Perancis selain dikenal sebagai kota penuh cinta, cita rasa tradisional pada makanannya ternyata juga sudah mendunia. Selai stroberi yang satu ini dibuat dengan campuran jus anggur dan jus lemon yang pastinya akan memberikan rasa segar nan unik.

Karena tidak ada kandungan pengawet, pemanis, atau pewarna buatan dalam produk ini, Anda bisa bebas mengonsumsinya sesering dan sebanyak yang Anda mau. Namun, karena selai ini dikemas dalam botol yang tinggi dan ramping, saat selainya hampir habis Anda membutuhkan pisau atau sendok roti untuk meraih bagian bawahnya.

1. Freshmax Strawberry Jam

1. Freshmax Strawberry Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.650

Pilihan yang tepat untuk menemani sore Anda

Dibuat dengan bahan alami, selai stroberi ini memiliki rasa manis dan warna merah yang dihasilkan dari buah stroberi asli. Kandungannya terdiri atas 65% buah stroberi dan 35% gula. Freshmax juga tidak menggunakan pectin, atau zat perekat makanan yang biasanya ditemukan pada jenis makanan yang kental dan berbentuk gel.

Uniknya, selai stroberi ini dibuat secara homemade sehingga kebersihan alat maupun bahan-bahannya tentu sangat diperhatikan. Tekstur dari selainya tentu juga berbeda dengan selai stroberi buatan pabrik. Freshmax juga memilih wadah berbentuk segi enam untuk memberi kesan unik pada packaging-nya. Selai stroberi ini juga tidak mengandung bahan pengawet dan tambahan bahan kimia lainnya sehingga dijamin aman dan sehat. Produk ini juga bisa dikonsumsi untuk segala usia termasuk balita.

Kesimpulan

Pemilihan selai stroberi memang kembali lagi pada selera setiap orang, apakah Anda lebih suka yang manis? Atau yang lebih segar dengan sedikit rasa asam karena kandungan buat stroberinya lebih banyak?

Apapun pilihan Anda, semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda memilih selai stroberi terbaik yang tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa tanggal kadaluwarsa sebelum Anda membeli produk selai stroberi, ya!