1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Selai Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)

Selai strawberry adalah pasangan yang tepat untuk menyantap roti pada pagi hari. Berkat rasanya yang manis dan sedikit asam, selai buah ini disukai oleh berbagai kalangan usia. Dalam bahasan kali ini kami akan menjelaskan cara memilih beserta rekomendasi selai strawberry yang enak dan menarik untuk dicicipi.

Di pasaran terdapat berbagai jenis selai strawberry yang bagus dari merek terbaik, seperti Morin, Tropicana Slim, dan Goldenfil. Selai buah ini ada yang dijual dalam kualitas premium, untuk diet, hingga kiloan. Yuk, lihat ulasannya! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.

Diperbaharui 01-10-2023
Pakar
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Profil Stella Permata
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daya tarik selai strawberry dari sisi gizi

Daya tarik selai strawberry dari sisi gizi

Selai strawberry mengandung aneka gizi, seperti polifenol, serat pangan, dan melanoidin, yang layak diperhitungkan. Kandungan ini disebut-sebut dapat menjaga kadar gula dalam darah, mengatasi konstipasi, sebagai antioksidan untuk memulihkan rasa lelah, dan sebagainya. Namun, sebagian orang mungkin ragu untuk mengonsumsi selai stroberi karena mempertimbangkan kalorinya. 


Jangan khawatir, akhir-akhir ini makin banyak selai strawberry yang rendah kalori dan rendah gula. Jika ingin menghindari produk berkalori tinggi, Anda bisa memilih selai yang tidak menggunakan gula tambahan. Produk yang beredar di pasaran pun tersedia dalam tingkatan rasa manis berbeda. Jadikanlah pembahasan kali ini sebagai referensi untuk menentukan selai strawberry yang paling pas untuk Anda!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih selai strawberry

Kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih selai strawberry. Jadi, jangan dilewatkan, ya!

① Pilih produk dengan kandungan gula sesuai selera

Pilih produk dengan kandungan gula sesuai selera

Selera orang tentunya berbeda-beda. Ada yang menyukai selai strawberry yang manis, ada pula yang lebih menyukai selai dengan rasa sedikit asam. Anda dapat memilih banyaknya kandungan gula pada suatu produk sesuai keinginan Anda. Jadikan poin di bawah ini sebagai acuan saat memilih selai strawberry:


  • Kandungan gula rendah: Kurang lebih 40%
  • Kandungan gula sedang: Kurang lebih 50%
  • Kandungan gula tinggi: 65% atau lebih

Sayangnya, beberapa produk mungkin tidak mencantumkan persentase gula yang dikandungnya. Namun, Anda dapat melihat banyaknya kandungan gula di urutan bahan dalam tabel komposisi. Jika gula tertulis di atas buah strawberry, berarti produk tersebut didominasi rasa manis. Namun, jika gula tertulis di bawah buah strawberry, rasa asli buah strawberry akan lebih dominan.

② Pertimbangkan selai strawberry tanpa gula

Pertimbangkan selai strawberry tanpa gula

Bagi Anda yang mementingkan asupan kalori, pilihlah selai strawberry yang tidak menggunakan gula. Selain kalorinya yang lebih rendah, selai strawberry tanpa gula juga bisa mengurangi efek terhadap tubuh Anda. Dikatakan bahwa gula bisa berdampak pada terjadinya penuaan kulit, gangguan pencernaan, penyebab rasa lapar, dan sebagainya. Jadi, sebisa mungkin pilihlah produk dengan kadar gula yang rendah.

③ Perhatikan ukuran dan umur simpannya

Perhatikan ukuran dan umur simpannya
Begitu tutupnya dibuka, udara di dalam kemasan selai strawberry akan terkontaminasi oleh udara di sekitar. Akibatnya, bakteri atau jamur bisa berkembang biak di dalam botol. Karena itu, kami sarankan Anda memilih kemasan yang tidak terlalu besar dan dapat dihabiskan dalam waktu 1–2 minggu. Jika Anda melihat selai berair, berubah warna, dan mengeluarkan bau tidak sedap, berhentilah mengonsumsinya.

Umur simpan selai strawberry berbeda-beda tergantung pada kandungan gula dan wadah yang digunakan. Hal ini tidak jadi masalah jika Anda berencana untuk segera menghabiskannya setelah dibuka. Namun, jika akan disimpan lama, periksalah umur simpan produk sebelum membelinya. Sebagai informasi, biasanya selai yang dikemas dalam botol kaca lebih awet dibandingkan selai dalam kemasan plastik.

④ Periksa banyaknya kandungan buah strawberry pada tabel komposisi

Periksa banyaknya kandungan buah strawberry pada tabel komposisi

Saat memilih selai strawberry, Anda tentu mengharapkan produk yang didominasi kandungan buah stroberi asli. Jika demikian, perhatikanlah tabel komposisi untuk mengetahui seberapa banyak buah yang terkandung dalam selai. Pada tabel komposisi, bahan-bahan pembuat selai strawberry dicantumkan dari yang proporsinya paling besar ke yang paling kecil


Apabila buah strawberry tertera di urutan atas, dapat dikatakan proporsi buah lebih banyak dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan produk dengan potongan buah strawberry asli. Selai strawberry semacam ini akan memberikan sensasi tersendiri saat Anda menikmati teksturnya.

⑤ Cek juga kandungan bahan pengawet dan pewarna

Cek juga kandungan bahan pengawet dan pewarna

Selain mencari selai strawberry yang enak, tentunya Anda juga harus memprioritaskan produk yang kandungannya baik untuk tubuh. Utamakanlah selai strawberry yang tidak mengandung bahan aditif, pengawet, maupun pewarna sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak.


Tidak semua produk mencantumkan keterangan bahan aditif secara keseluruhan. Namun, jika suatu produk tidak menggunakan bahan aditif ataupun pewarna, umumnya biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi akan lebih tinggi. Dengan begitu, produsen biasanya akan menonjolkan hal ini dalam label produknya.

10 Rekomendasi selai strawberry terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk selai strawberry terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nutrifood

Tropicana Slim Strawberry Jam

Nutrifood Tropicana Slim Strawberry Jam 1枚目

Rendah gula dan kalori, aman untuk penderita diabetes

2

Morin

Strawberry Jam

Morin  Strawberry Jam 1枚目

Rasa manis dan asamnya pas di lidah orang Indonesia!

3

Goldenfil

Strawberry Jam

Goldenfil Strawberry Jam 1枚目

Selai strawberry kiloan yang lebih awet dan terjangkau

4

Mackays

Scottish Strawberry Preserve

Mackays  Scottish Strawberry Preserve 1枚目

Manisnya dominan, pas untuk Anda yang kurang suka rasa asam

5

Zeelandia

Paletta Excellent Strawberry

Zeelandia  Paletta Excellent Strawberry 1枚目

Kemasannya mirip piping bag, praktis dijadikan hiasan kue

6

Beorganik

Strawberry Jam

Beorganik Strawberry Jam 1枚目

Dengan potongan buah strawberry asli, nikmat dicampurkan ke dalam minuman

7

Hero

Strawberry Jam

Hero Strawberry Jam 1枚目

Terbuat dari strawberry pilihan dengan pengolahan suhu rendah

8

Helios

Strawberry Preserve

Helios Strawberry Preserve 1枚目

Proporsi buah strawberry yang dominan jadikan rasanya lebih kaya

9

Nude Spread

Berry & Dragon Jam

Nude Spread Berry & Dragon Jam 1枚目

Makin lezat dan segar dengan tambahan buah naga di dalamnya

10

Ottogi

Strawberry Jam

Ottogi Strawberry Jam 1枚目

Dibuat menggunakan buah strawberry Korea yang rasanya lebih manis dan pekat

Perincian produk
Close
No.1

NutrifoodTropicana Slim Strawberry Jam

Mulai dari Rp85.800,00

Rendah gula dan kalori, aman untuk penderita diabetes

Selain produk gula rendah kalori, brand yang cukup populer di Indonesia ini juga memiliki produk selai. Selai strawberry Tropicana Slim dapat dikatakan sebagai produk yang sehat karena dibuat tanpa gula dan rendah kalori.

Karena itu, produk ini aman dikonsumsi oleh Anda yang menderita penyakit diabetes. Walau tanpa gula, selai strawberry ini tetap lezat karena dibuat dari buah strawberry asli. Selai ini juga dilengkapi chia seed yang memberikan sensasi renyah saat dikonsumsi.
No.2

Rasa manis dan asamnya pas di lidah orang Indonesia!

Anda mencari selai strawberry yang enak dan menawarkan banyak manfaat? Produk yang satu ini wajib dicoba! Dengan mengonsumsi selai ini, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Produk ini diklaim dapat membantu menjaga kesehatan jantung, fungsi otak, dan sistem pencernaan.

Selai ini sangat populer karena rasa manis dan asam strawberry-nya sangat pas dengan selera orang Indonesia. Varian ukurannya juga beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda di rumah.
No.3

GoldenfilStrawberry Jam

Mulai dari Rp42.000,00

Selai strawberry kiloan yang lebih awet dan terjangkau

Selai strawberry Goldenfil hadir dalam kemasan kiloan sehingga cocok untuk Anda yang memiliki bisnis makanan. Untuk ukuran 1 kilogram, harga selai ini juga masih cukup terjangkau. 


Menariknya lagi, produk ini dapat dipanggang atau digoreng hingga suhu 200 derajat Celcius tanpa mengubah teksturnya (bake stable) Anda pun bisa menjadikannya sebagai isian roti panggang, donat, atau kue kering. Selai ini juga dilengkapi strawberry pulp yang makin menambah kenikmatannya saat digigit.

No.4

Mackays Scottish Strawberry Preserve

Mulai dari Rp54.400,00

Manisnya dominan, pas untuk Anda yang kurang suka rasa asam

Selai strawberry Skotlandia ini dibuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur nabati. Produk ini juga bebas dari kandungan wheat dan gluten sehingga aman dikonsumsi oleh para vegan.

Kandungan gula dalam selai ini lebih tinggi daripada buah strawberry-nya sehingga rasa manisnya lebih dominan. Produk ini layak dicoba oleh Anda yang kurang menyukai rasa asam pada buah strawberry. Meski begitu, pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas wajar, ya!

No.5

Zeelandia Paletta Excellent Strawberry

Mulai dari Rp26.000,00

Kemasannya mirip piping bag, praktis dijadikan hiasan kue

Zeelandia Paletta Excellent Strawberry dikemas dalam plastik berbentuk segitiga yang mirip dengan piping bag. Bentuk kemasannya yang demikian membuat selai ini lebih praktis saat dipakai sebagai isian dan hiasan kue.


Produk ini sempurna untuk Anda yang berencana membuat kue bolu atau dessert box. Teksturnya yang halus dan lembut makin memudahkan Anda saat mengoleskannya ke atas kue. Namun, harap diperhatikan bahwa selai ini tidak mengandung buah strawberry asli, melainkan hanya perisa sintetis saja.

No.6

Dengan potongan buah strawberry asli, nikmat dicampurkan ke dalam minuman

Strawberry Jam dari Beorganik ini terbuat dari buah strawberry segar tanpa tambahan pengawet. Selai ini juga mengandung potongan buah strawberry berukuran besar yang bisa Anda nikmati sembari dikunyah. Produk ini akan sangat lezat jika dicampurkan dengan susu untuk membuat minuman dingin. Bagi Anda yang ingin melepas dahaga dengan segelas strawberry milkshake yang dingin, produk inilah jawabannya!

No.7

Terbuat dari strawberry pilihan dengan pengolahan suhu rendah

Selai strawberry dari Hero ini dibuat menggunakan strawberry pilihan untuk mendapatkan kualitas terbaik. Proses pengolahannya menggunakan teknik tradisional ala rumahan dengan suhu rendah.


Produk ini dibuat tanpa penambah rasa, pewarna, ataupun pengawet. Hal ini menjadikan zat baik di dalamnya tidak banyak berubah. Rasa manis dan aroma buahnya yang pas menjadikan selai ini cocok untuk menemani sarapan atau snack sore Anda.

No.8

HeliosStrawberry Preserve

Mulai dari Rp63.200,00

Proporsi buah strawberry yang dominan jadikan rasanya lebih kaya

Dengan kandungan strawberry sebanyak 60%, rasa buah pada selai ini tentu lebih dominan. Jika Anda ingin menikmati selai yang rasanya mendekati buah strawberry asli, tidak ada salahnya mencoba produk dari Helios ini.


Selai strawberry ini memiliki rasa yang manis dan segar di lidah. Anda dapat mengonsumsinya dengan beragam cara, mulai dari dijadikan olesan roti, saus puding, hingga dicampur minuman dingin.

No.9

Nude SpreadBerry & Dragon Jam

Mulai dari Rp75.000,00

Makin lezat dan segar dengan tambahan buah naga di dalamnya

Strawberry jam ini memiliki rasa yang unik karena mengandung campuran buah naga di dalamnya. Tidak hanya membuatnya makin lezat, buah naga juga menjadikan selai ini terasa lebih segar. Produk ini tidak mengandung gula sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet, terutama diet keto (karbo).


Selai strawberry tanpa gula ini juga aman dikonsumsi ibu hamil karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Karena dibuat tanpa pengawet, umur simpan selai ini relatif pendek. Karena itu, pastikan untuk segera menghabiskannya setelah dibuka, ya!

No.10

Dibuat menggunakan buah strawberry Korea yang rasanya lebih manis dan pekat

Ottogi Strawberry Jam dibuat menggunakan buah strawberry asal Korea yang rasanya lebih manis dan aromanya kuat. Buah stroberi Korea juga memiliki ukuran yang lebih besar dengan warna merah yang lebih pekat.


Karena itu, rasa selai ini dijamin lebih nikmat dibandingkan produk yang dibuat dari strawberry lokal yang cenderung asam. Apabila Anda penasaran dengan buah strawberry Korea, tetapi belum bisa mencicipinya secara langsung, produk ini bisa menjadi opsi terbaik.

Pertanyaan umum seputar selai strawberry

Pertanyaan umum seputar selai strawberry

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar selai strawberry. Penasaran? Silakan simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara mengurangi rasa asam di selai strawberry buatan rumah?

Caranya adalah dengan memilih buah strawberry yang memang memiliki rasa yang lebih manis. Dengan begitu, Anda tetap bisa merasakan rasa selai yang lebih manis tanpa terlalu banyak memasukkan gula.

Berapa lama selai strawberry bisa bertahan?

Tidak ada ketentuan pasti mengenai hal ini. Namun, agar lebih awet, selai strawberry yang sudah terbuka sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Selain itu, gunakan alat makan yang bersih setiap mengambil produk.

Cara membuat selai strawberry di rumah

Cara membuat selai strawberry di rumah

Selain membeli produk siap makan, Anda bisa membuat selai strawberry sendiri di rumah. Selai buatan sendiri ini tentu lebih sehat karena dibuat tanpa pengawet dan Anda bisa mengatur tingkat kemanisannya.


Namun, stoples yang digunakan untuk menyimpan selai harus steril untuk menghindari bakteri berkembang biak. Alat-alat yang dipakai untuk memasaknya pun harus dipastikan dalam keadaan steril dan bersih. Proses kebersihan sangat penting dalam pembuatan selai rumahan. Nah, sekarang simak cara membuatnya di bawah ini, yuk!


Bahan-bahan:

  • 500 gram buah strawberry 
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sendok makan air perasan lemon

Cara membuat:

  1. Cuci bersih buah strawberry, lalu buang sisa tangkai dan daunnya.
  2. Masukkan buah ke dalam panci antilengket, lalu tambahkan gula dan air lemon. Anda juga bisa memotong-motong buah strawberry terlebih dahulu sebelum dimasak.
  3. Masak strawberry di atas api sedang sambil terus diaduk dan sedikit ditekan.
  4. Setelah strawberry hancur serta airnya menyusut dan mengental, matikan api, lalu sisihkan selai strawberry.
  5. Apabila sudah dingin, masukkan selai ke dalam stoples kaca atau wadah lain yang Anda miliki. Selai strawberry pun sudah siap disantap.
  6. Agar selai lebih awet, Anda bisa mensterilkan stoples kaca terlebih dahulu dengan merendamnya selama 5 menit di dalam air panas.
  7. Jika ingin membuat selai strawberry tanpa gula, Anda bisa mengganti gula pasir dengan stevia. Stevia adalah pemanis yang kandungan kalorinya rendah, bahkan nol kalori.

Baca juga rekomendasi produk selai buah lainnya di sini

Selain strawberry, ada bermacam-macam buah yang juga dijadikan bahan utama pembuatan selai. Kami telah menyiapkan beberapa artikel tentang selai buah lainnya yang layak untuk Anda coba. Silakan cek ulasan lengkapnya melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Pemilihan selai strawberry memang kembali pada selera setiap orang. Anda bisa memilih selai yang manis atau lebih segar, tergantung pada proporsi buah strawberry dan gulanya.


Apa pun pilihan Anda, semoga ulasan kali ini dapat membantu memilih selai strawberry terbaik yang enak dan menyehatkan. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum Anda membeli selai strawberry, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer