• 10 Rekomendasi Selai Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Selai Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Selai Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Selai Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Selai Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Selai Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Selai strawberry adalah pasangan yang tepat untuk menyantap roti pada pagi hari. Berkat rasanya yang manis dengan sedikit rasa asam, selai buah ini disukai oleh berbagai kalangan usia. Dalam bahasan kali ini kami akan menjelaskan cara memilih beserta rekomendasi selai strawberry yang enak dan menarik untuk dicicipi.

Di pasaran terdapat berbagai jenis selai strawberry yang bagus dari merek populer, seperti Morin, Tropicana Slim, Goldenfil, dan Zeelandia. Selai buah ini ada yang dijual dalam kualitas premium, untuk diet, hingga kiloan. Penasaran? Yuk, langsung lihat ulasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 September 2022
Daftar isi

Daya tarik selai strawberry dari sisi gizi

Daya tarik selai strawberry dari sisi gizi

Selai strawberry mengandung aneka gizi, seperti polifenol, serat pangan, dan melanoidin, yang layak diperhitungkan. Kandungan ini disebut-sebut dapat menjaga kadar gula dalam darah, mengatasi konstipasi, sebagai antioksidan untuk memulihkan rasa lelah, dan sebagainya. Namun, sebagian orang mungkin ragu untuk mengonsumsi selai stroberi karena mempertimbangkan kalorinya. 


Jangan khawatir, akhir-akhir ini makin banyak selai strawberry yang rendah kalori dan rendah gula. Jika ingin menghindari produk berkalori tinggi, Anda bisa memilih selai yang tidak menggunakan gula tambahan. Produk yang beredar di pasaran pun tersedia dalam tingkatan rasa manis berbeda. Jadikanlah pembahasan kali ini sebagai referensi untuk menentukan selai strawberry yang paling pas untuk Anda!

Cara memilih selai strawberry

Kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih selai strawberry. Jadi, jangan dilewatkan, ya!

Pilih produk dengan kandungan gula sesuai selera

Pilih produk dengan kandungan gula sesuai selera

Selera orang tentunya berbeda-beda. Ada yang menyukai selai strawberry yang manis, ada pula yang lebih menyukai selai dengan rasa sedikit asam. Anda dapat memilih banyaknya kandungan gula pada suatu produk sesuai keinginan Anda. Jadikan poin di bawah ini sebagai acuan saat memilih selai strawberry:


  • Kandungan gula rendah: Kurang lebih 40%
  • Kandungan gula sedang: Kurang lebih 50%
  • Kandungan gula tinggi: 65% atau lebih

Sayangnya, beberapa produk mungkin tidak mencantumkan persentase gula yang dikandungnya. Namun, Anda dapat melihat banyaknya kandungan gula pada urutan bahan dalam tabel komposisi. Jika gula tertulis di atas buah strawberry, berarti produk tersebut didominasi rasa manis. Namun, jika gula tertulis di bawah buah strawberry, rasa asli buah strawberry akan lebih dominan.

Pertimbangkan selai strawberry tanpa gula

Pertimbangkan selai strawberry tanpa gula

Bagi Anda yang mementingkan asupan kalori, pilihlah selai strawberry yang tidak menggunakan gula. Selain kalorinya yang lebih rendah, selai strawberry tanpa gula juga bisa mengurangi efek terhadap tubuh Anda. Dikatakan bahwa gula bisa berdampak pada terjadinya penuaan kulit, gangguan pencernaan, penyebab rasa lapar, dan sebagainya. Jadi, sebisa mungkin pilihlah produk dengan kadar gula yang rendah.

Perhatikan ukuran dan umur simpannya

Perhatikan ukuran dan umur simpannya
Begitu tutupnya di buka, udara di dalam kemasan selai strawberry akan terkontaminasi oleh udara di sekitar. Akibatnya, bakteri atau jamur bisa berkembang biak di dalam botol. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda memilih kemasan yang tidak terlalu besar dan dapat dihabiskan dalam waktu 1–2 minggu. Jika Anda melihat selai berair, berubah warna, dan mengeluarkan bau tak sedap, berhentilah mengonsumsinya.

Umur simpan selai strawberry berbeda-beda tergantung pada kandungan gula dan wadah yang digunakan. Hal ini tak jadi masalah jika Anda berencana untuk segera menghabiskannya setelah dibuka. Namun, jika akan disimpan lama, periksalah umur simpan produk sebelum membelinya. Sebagai informasi, biasanya selai yang dikemas dalam botol kaca lebih awet dibandingkan selai dalam kemasan plastik.

Periksa banyaknya kandungan buah strawberry pada tabel komposisi

Periksa banyaknya kandungan buah strawberry pada tabel komposisi

Saat memilih selai strawberry, Anda tentu mengharapkan produk yang didominasi kandungan buah stroberi asli. Jika demikian, perhatikanlah tabel komposisi untuk mengetahui seberapa banyak buah yang terkandung dalam selai. Pada tabel komposisi, bahan-bahan pembuat selai strawberry dicantumkan dari yang proporsinya paling besar ke yang paling kecil


Apabila buah strawberry tertera di urutan atas, dapat dikatakan proporsi buah lebih banyak dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan produk dengan potongan buah strawberry asli. Selai strawberry semacam ini akan memberikan sensasi tersendiri saat Anda menikmati teksturnya.

Cek juga kandungan bahan pengawet dan pewarna

Cek juga kandungan bahan pengawet dan pewarna

Selain mencari selai strawberry yang enak, tentunya Anda juga harus memprioritaskan produk yang kandungannya baik untuk tubuh. Utamakanlah selai strawberry yang tidak mengandung bahan aditif, pengawet, maupun pewarna sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak.


Tidak semua produk mencantumkan keterangan bahan aditif secara keseluruhan. Namun, jika suatu produk tidak menggunakan bahan aditif ataupun pewarna, umumnya biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi akan lebih tinggi. Dengan begitu, produsen biasanya akan menonjolkan hal ini dalam label produknya.

10 Rekomendasi selai strawberry terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk selai strawberry terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Tropicana Slim Strawberry Jam masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Morin Strawberry Jam muncul sebagai produk terlaris kedua.

Gambar produk
1
Nutrifood Tropicana Slim Strawberry Jam 1

Nutrifood

2
Morin  Strawberry Jam 1

Morin

3
Goldenfil Strawberry Jam 1

Goldenfil

4
Mackays  Scottish Strawberry Preserve 1

Mackays

5
Zeelandia  Paletta Excellent Strawberry 1

Zeelandia

6
Beorganik Strawberry Jam 1

Beorganik

7
Hero Strawberry Jam 1

Hero

8
Helios Strawberry Preserve 1

Helios

9
Nude Berry & Dragon Jam 1

Nude

10
Ottogi Strawberry Jam 1

Ottogi

Nama produk

Tropicana Slim Strawberry Jam

Strawberry Jam

Strawberry Jam

Scottish Strawberry Preserve

Paletta Excellent Strawberry

Strawberry Jam

Strawberry Jam

Strawberry Preserve

Berry & Dragon Jam

Strawberry Jam

Keunggulan

Rendah gula dan kalori, aman untuk penderita diabetes

Rasa manis dan asamnya pas di lidah orang Indonesia!

Selai strawberry kiloan yang lebih awet dan terjangkau

Manisnya dominan, pas untuk Anda yang kurang suka rasa asam

Kemasannya mirip piping bag, praktis dijadikan hiasan kue

Dengan potongan buah strawberry asli, nikmat dicampurkan ke dalam minuman

Terbuat dari strawberry pilihan dengan pengolahan suhu rendah

Proporsi buah strawberry yang dominan jadikan rasanya lebih kaya

Makin lezat dan segar dengan tambahan buah naga di dalamnya

Dibuat menggunakan buah strawberry Korea yang rasanya lebih manis dan pekat

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 24.190,00Rp 43.000,00Rp 44.400,00Rp 26.000,00Rp 70.000,00Rp 76.700,00Rp 63.200,00Rp 78.000,00Rp 42.000,00
Kandungan strawberry43%40%50%35%Tidak ada keteranganTidak ada keterangan50%60%90%56,2%
Bahan tambahanSorbitol, maltodekstrin, pengatur keasaman, asesulfam-KGula, pektin, asam sitratGula, asam sitrat, pektin, perisa strawberry, pengawet (kalium sorbat), pewarnaGula, pektin, asam sitratGula, glukosa, pektin, asam sitrat, perisa sintetik strawberry, pengawet (kalium sorbat, pewarna sintetik)GulaGula, gula tebu, sari lemon, pektin, sari buah elderberryGula, pengental, pektin, asam sitratBuah naga, stevia (pemanis bebas kalori)Gula, glukosa, sirup maltosa, pektin, asam sitrat
Isi375 g170 g, 250 g, 330 g1 kg340 g500 g280 g340 g340 g175 g300 g
Kalori30 kkal per 10 g40 kkal per 14 g60 kkal per 20 g270 kkal per 100 g60 kkal per 20 g35 kkal per 14 g55,2 kkal per 23 gTidak ada keterangan2,3 kkal per 5 g260 kkal per 100 g
Umur simpan12 bulan6 bulan12 bulan6 bulan12 bulan2 bulan6 bulan3 bulan2 minggu (suhu ruang) atau 3 bulan (suhu kulkas)12 bulan
Tautan produk
10
Kandungan strawberry56,2%
Bahan tambahanGula, glukosa, sirup maltosa, pektin, asam sitrat
Isi300 g
Kalori260 kkal per 100 g
Umur simpan12 bulan
9

NudeBerry & Dragon Jam

Mulai dari Rp 78.000,00

Kandungan strawberry90%
Bahan tambahanBuah naga, stevia (pemanis bebas kalori)
Isi175 g
Kalori2,3 kkal per 5 g
Umur simpan2 minggu (suhu ruang) atau 3 bulan (suhu kulkas)
8
Kandungan strawberry60%
Bahan tambahanGula, pengental, pektin, asam sitrat
Isi340 g
KaloriTidak ada keterangan
Umur simpan3 bulan
7
Kandungan strawberry50%
Bahan tambahanGula, gula tebu, sari lemon, pektin, sari buah elderberry
Isi340 g
Kalori55,2 kkal per 23 g
Umur simpan6 bulan
6
Kandungan strawberryTidak ada keterangan
Bahan tambahanGula
Isi280 g
Kalori35 kkal per 14 g
Umur simpan2 bulan
5
Kandungan strawberryTidak ada keterangan
Bahan tambahanGula, glukosa, pektin, asam sitrat, perisa sintetik strawberry, pengawet (kalium sorbat, pewarna sintetik)
Isi500 g
Kalori60 kkal per 20 g
Umur simpan12 bulan
4
Kandungan strawberry35%
Bahan tambahanGula, pektin, asam sitrat
Isi340 g
Kalori270 kkal per 100 g
Umur simpan6 bulan
3
Kandungan strawberry50%
Bahan tambahanGula, asam sitrat, pektin, perisa strawberry, pengawet (kalium sorbat), pewarna
Isi1 kg
Kalori60 kkal per 20 g
Umur simpan12 bulan
2
Kandungan strawberry40%
Bahan tambahanGula, pektin, asam sitrat
Isi170 g, 250 g, 330 g
Kalori40 kkal per 14 g
Umur simpan6 bulan
1
Kandungan strawberry43%
Bahan tambahanSorbitol, maltodekstrin, pengatur keasaman, asesulfam-K
Isi375 g
Kalori30 kkal per 10 g
Umur simpan12 bulan

Cara membuat selai strawberry di rumah

Cara membuat selai strawberry di rumah

Selain membeli produk siap makan, Anda bisa membuat selai strawberry sendiri di rumah. Selai buatan sendiri ini tentu lebih sehat karena dibuat tanpa pengawet dan Anda bisa mengatur tingkat kemanisannya. Yuk, simak cara membuatnya di bawah!


Bahan-bahan:

  • 500 gram buah strawberry 
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sendok makan air perasan lemon

Cara membuat:

  1. Cuci bersih buah strawberry, lalu buang sisa tangkai dan daunnya.
  2. Masukkan buah ke dalam panci antilengket, lalu tambahkan gula dan air lemon. Anda juga bisa memotong-motong buah strawberry terlebih dahulu sebelum dimasak.
  3. Masak strawberry di atas api sedang sambil terus diaduk dan sedikit ditekan.
  4. Setelah strawberry hancur serta airnya menyusut dan mengental, matikan api, lalu sisihkan selai strawberry.
  5. Apabila sudah dingin, masukkan selai ke dalam stoples kaca atau wadah lain yang Anda miliki. Selai strawberry pun sudah siap disantap.
  6. Agar selai lebih awet, Anda bisa mensterilkan stoples kaca terlebih dahulu dengan merendamnya selama 5 menit di dalam air panas.
  7. Jika ingin membuat selai strawberry tanpa gula, Anda bisa mengganti gula pasir dengan stevia. Stevia adalah pemanis yang kandungan kalorinya rendah, bahkan nol kalori.

Baca juga rekomendasi produk selai buah lainnya di sini

Selain strawberry, ada bermacam-macam buah yang juga dijadikan bahan utama pembuatan selai. Kami telah menyiapkan beberapa artikel tentang selai buah lainnya yang layak untuk Anda coba. Silakan cek ulasan lengkapnya melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Pemilihan selai strawberry memang kembali pada selera setiap orang. Anda bisa memilih selai yang manis atau lebih segar, tergantung pada proporsi buah strawberry dan gulanya.


Apa pun pilihan Anda, semoga ulasan kali ini dapat membantu memilih selai strawberry terbaik yang enak dan menyehatkan. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum Anda membeli selai strawberry, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheese cake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue ulang tahun" kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi!Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Tak ketinggalan ada berbagai merek kue terbaik dalam rekomendasi kami, seperti Colette Lola, The Harvest, dan UNION. Pilihlah kue ulang tahun yang enak sekaligus harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut roti yang bagus, seperti Bakerine Plus, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Selai Coklat yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selai Coklat yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    Rasa cokelat merupakan salah satu rasa selai terfavorit. Tak hanya disukai anak-anak, selai cokelat juga digemari orang dewasa. Selain cocok dioles pada roti, selai cokelat juga pas digunakan sebagai olesan kue, biskuit, juga martabak. Menariknya, variasi selai cokelat juga beragam di pasaran. Anda dapat memilih selai cokelat biasa sampai selai yang crunchy.  Kali ini, kami akan memberikan tips memilih selai cokelat yang enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk selai cokelat terbaik. Anda dapat menemukan selai coklat dari merek-merek yang bagus, seperti Ceres, Goldenfil, juga Nutella. Simak terus, ya. 
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Coklat Bubuk Terbaik untuk Membuat Kue - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Coklat Bubuk Terbaik untuk Membuat Kue - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Coklat termasuk varian rasa kue yang banyak digemari. Beberapa contohnya adalah black forest, bolu, brownies, dan cookies coklat. Salah satu komponen penting dalam membuat olahan kue coklat adalah coklat bubuk. Coklat bubuk yang bagus akan membuat kue coklat terasa lebih enak dan antibantat. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih coklat bubuk yang enak. Kami juga akan memberi rekomendasi coklat bubuk terbaik untuk kue, seperti merek Van Houten, Bensdorp, Tulip, hingga Bendico. Ada yang dijual dalam kemasan sachet dan karton. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meses atau hagel adalah salah satu topping yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasa dihidangkan bersama roti tawar, dibuat taburan donat, atau dijadikan isian crepes dan martabak manis. Tak hanya disajikan bersama makanan, meses juga bisa dinikmati bersama es krim atau aneka float.Apakah Anda tahu meses seperti apa yang bagus dan pas untuk makanan Anda? Dalam artikel ini kami akan membantu Anda menemukan merek meses yang enak, seperti Ceres, Holland, dan Tulip. Di akhir artikel, kami juga akan membagikan tips menyimpan meses. Langsung baca, yuk!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Macaron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Macaron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Macaron atau makarun adalah kue kering berwarna-warni yang berasal dari Italia, tetapi dipopulerkan oleh Prancis. Saat ini kue cantik dengan rasa manis tersebut sudah tersebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Jadi, tidak perlu ke Prancis untuk mencicipinya, Anda bisa membeli macaron dari toko di sekitar kota Anda.Beberapa bakery artisan dari kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta memproduksi macaron legit dengan resep asli Prancis. Kami akan membagikan rekomendasi macaron terenak yang sayang kalau tidak dicoba. Ada macaron dari TOUS les JOURS, Pertamacaron, dan Macaron Tuffero. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori