10 Rekomendasi Ketel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Ketel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketel menjadi barang yang sangat berguna bagi Anda untuk memasak air. Sekarang ini, produsen peralatan rumah tangga seperti Chantal, Ikea, dan sebagainya berlomba-lomba meluncurkan produk ketel dengan aneka model dan bahan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih ketel. Kami juga akan memberikan rekomendasi ketel terbaik dengan berbagai model dan bahan yang dapat Anda beli di toko online. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi untuk mencari ketel idaman Anda!

Daftar isi

Cara memilih ketel

Kemudahan penggunaan menjadi hal yang penting dalam memilih ketel. Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan mengenai cara yang bijaksana dalam memilih ketel.

Pilih dari keunggulan bahannya

Secara garis besar, terdapat 5 jenis bahan dasar pembuat ketel. Anda perlu mengetahui keunggulan masing-masing bahan untuk mendapatkan ketel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bahan stainless steel yang awet dan mudah dirawat

Bahan stainless steel yang awet dan mudah dirawat

Bahan dasar yang paling banyak digunakan dalam pembuatan ketel adalah stainless steel. Bahan ini dipakai karena tahan karat, mudah dibersihkan, serta awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Ada begitu banyak jenis ukuran, bentuk, desain, dan variasi rentang harga. Hal ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan dalam memilih ketel stainless steel idaman mereka. Jika Anda bingung dalam memilih ketel, pilihlah bahan stainless steel sebagai opsi utama Anda.

Bahan enamel yang mumpuni dalam mempertahankan suhu

Bahan enamel yang mumpuni dalam mempertahankan suhu

Bahan ketel dari enamel memiliki pilihan warna yang sangat variatif sehingga cocok untuk Anda yang ingin mempercantik dapur. Kelebihan bahan ini adalah tidah mudah tergores dan dapat mempertahankan suhu air dengan baik. Namun, warna ketel akan menghitam ketika ketel terkena panas api dalam keadaan kosong, lalu didinginkan dengan tiba-tiba. Jadi, Anda harus merawat ketel enamel dengan hati-hati.

Tidak masalah jika Anda memilih ketel enamel hanya karena menyukai desainnya yang cantik. Saat ini, produsen seperti Chantal memproduksi ketel dengan desain menarik yang dapat Anda beli dengan mudah di toko online.

Bahan alumunium mudah dirawat dan terjangkau harganya

Bahan alumunium mudah dirawat dan terjangkau harganya

Bahan alumunium telah banyak dipakai pada produk dengan harga terjangkau. Bila ketel aluminium Anda rusak, tentunya Anda tidak akan keberatan menggantinya dengan yang baru karena harga ketel dari bahan ini terbilang terjangkau.

Bahan alumunium memiliki daya hantar panas yang tinggi dan bobot yang ringan sehingga Anda dapat dengan mudah membawa ketel ini. Namun, karena bahan ini mudah sekali tergores dan berubah bentuk, Anda mungkin tidak dapat menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Bahan tembaga yang sangat cepat menghantarkan panas

Bahan tembaga yang sangat cepat menghantarkan panas

Dibandingkan bahan pembuat ketel lainnya, bahan tembaga memiliki daya hantar panas paling tinggi, serta memiliki efek membunuh bakteri. Selain waktu memasak air jadi lebih cepat, air yang Anda simpan di dalam ketel tembaga akan selalu terjaga dari bakteri.

Banyak yang bilang, ketel tembaga akan menyesuaikan diri dengan pemiliknya apabila digunakan terus-menerus. Karena bahannya mudah tergores, Anda harus menggunakannya dengan hati-hati. Setelah mencucinya, selalu keringkan ketel berbahan tembaga sebelum disimpan. Harganya memang mahal untuk sebuah ketel, jadi kami sarankan Anda untuk memilih dengan baik sebelum membeli.

Bahan besi yang mencerminkan atmosfer negeri Jepang

Bahan besi yang mencerminkan atmosfer negeri Jepang

Ketel besi termasuk ke dalam jenis ketel tradisional. Salah satu produk yang terkenal adalah ketel besi yang dibuat dengan metode Nanbu Tetsu dari Jepang. Produk ketel ini juga disebut sebagai tetsubin. Walaupun dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, bentuk ketel besi tidak mudah berubah, artinya awet untuk digunakan. Namun, agar bertambah awet, perawatannya harus hati-hati. Banyak orang yang menyukai ketel ini karena desainnya yang klasik.

Pilih kapasitas yang cukup untuk semua anggota keluarga

Pilih kapasitas yang cukup untuk semua anggota keluarga

Faktor lainnya yang tidak kalah penting adalah melihat kapasitas ketel sebelum membeli. Pertama, jika Anda tinggal sendiri, setidaknya Anda memilih kapasitas ketel sebesar 0.5 sampai 1 liter sebagai patokannya. Berhubung Anda tinggal sendiri, ketel berkapasitas kecil umumnya sudah mampu memenuhi kebutuhan air panas Anda setiap harinya.

Jika Anda tinggal bersama 3 sampai 4 orang anggota, akan lebih efisien untuk memiliki ketel berkapasitas 2-3 liter. Jika Anda tinggal bersama 5 orang atau lebih anggota keluarga, pilihlah kapasitas ketel sebesar 5-10 liter.

Pilih yang kompatibel dengan kompor gas atau IH (induction hob)

Pilih yang kompatibel dengan kompor gas atau IH (induction hob)

Ada dua macam produk ketel, yaitu yang khusus digunakan pada kompor IH (induction hob) dan yang khusus digunakan pada kompor gas. Namun, saat ini sudah muncul ketel yang dapat digunakan kedua jensi kompor tersebut. Kalau Anda memilih ketel jenis ini, maka Anda tetap dapat memasak air meskipun sedang mati listrik atau saat gas sedang habis.

Pilih ketel bertutup besar yang mudah dibersihkan

Pilih ketel bertutup besar yang mudah dibersihkan 

Agar ketel Anda selalu terjaga kebersihannya, selalu cuci ketel Anda secara rutin. Agar lebih praktis, pilihlah ketel yang mudah dibersihkan. Selain memilih ketel dengan tutup yang besar, kami merekomendasikan Anda untuk memilih pegangannya yang dapat digeser ke samping sehingga Anda dapat mencuci bagian dalamnya dengan mudah.

Pilih pegangan berbahan isolator

Pilih pegangan berbahan isolator

Setelah memasak air panas dengan ketel, maka ketel akan menjadi panas sehingga timbul kesulitan saat hendak mengangkatnya dari kompor. Karena panas, seringkali Anda harus menggunakan sarung tangan atau cempal untuk memegangnya. Solusinya, Anda memilih ketel dengan pegangan yang tidak menghantarkan panas atau isolator sehingga Anda dapat memegang gagang ketel dengan tangan telanjang. Kami merekomendasikan ketel dengan pegangan berbahan kayu dan letaknya cukup jauh dari tutupnya.

10 Rekomendasi ketel terbaik

Demikian penjelasan mengenai cara memilih ketel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi ketel terbaik untuk Anda. Pilihlah ketel yang sesuai dengan kebutuhan dapur dan keluarga Anda, ya!

10. Nestox Stainless Steel Pour Over Kettle

10. Nestox Stainless Steel Pour Over Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.167.467

Produk unik dilengkapi dengan termometer

Ketel berbahan stainless steel ini memiliki pegangan isolator berbahan silikon yang berdesain ergonomis sehingga mudah digenggam. Desainnya sangat ikonik karena menyerupai sarang lebah, produk ini mampu berfungsi dengan baik sebagai ketel, sekaligus melengkapi interior dapur Anda.

Ketel ini juga ideal digunakan untuk memasak air panas untuk kopi Anda. Pada bagian atas penutupnya terdapat termometer untuk mengukur suhu air ideal (85-95°C) untuk menyeduh kopi. Bila Anda ingin menyeduh kopi dengan air panas bersuhu tepat tanpa perlu repot, ketel ini cocok untuk Anda.

9. Old Dutch Copper Hammered Tea Kettle

9. Old Dutch Copper Hammered Tea Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.983.190

Perpaduan desain tradisional dan modern

Dengan bodi berbahan tembaga dan pegangan berbahan kayu, ketel ini adalah wujud perpaduan antara desain tradisional dan modern. Bagian bawah yang luas berfungsi untuk mempercepat pemanasan air ketika digunakan di atas kompor gas maupun listrik.

Kayu adalah bahan isolator yang baik. Dengan begitu, tangan Anda pun tidak akan kepanasan ketika mengankat ketel ini seusai digunakan untuk memasak air. Pegangannya bahkan dapat digeser sehingga memudahkan Anda mencuci bagian atas ketel. Bagi Anda yang ingin nyaman dalam menuang air panas dan dimudahkan dalam hal membersihkan, ketel ini cocok untuk Anda.

8. Le Creuset Enamel On Steel Whistling Kettle

8. Le Creuset Enamel On Steel Whistling Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.539.800

Produk ketel limited edition

Ketel ini termasuk jenis ketel whistling yang terbuat dari lapisan enamel dan carbon steel, serta dilengkapi elemen pemanas untuk proses pemasakan air yang lebih cepat. Anda dapat menggunakannya pada semua jenis kompor. Ujung mulut ketel juga diberi tutup dengan model flip untuk kepraktisan Anda.

Merek ketel ini memang sudah sangat terkenal dalam dunia ketel berkualitas. Produk ini adalah limited edition dengan tulisan bon appetite berwarna merah. Bagi Anda yang ingin membeli ketel berfitur optimal yang tidak dapat dimiliki oleh sembarang orang, ketel ini sangat tepat untuk Anda.

7. Ikea VATTENTÄT Stainless Steel Kettle

7. Ikea VATTENTÄT Stainless Steel Kettle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 279.000

Kualitas handal dari merek asal Swedia

Ketel ini terbuat dari bahan stainless steel dan melamin yang tahan lama dan mudah untuk dibersihkan. Produk ini dibuat untuk digunakan pada semua jenis kompor, termasuk ceramic glass cooktop stove, dan induction cooktop stove. Kapasitasnya cukup besar yaitu mencapai 2 liter.

Ketel ini akan mengeluarkan suara seperti peluit apabila air yang Anda masak telah mendidih. Begitu praktis terutama apabila Anda orang yang sibuk dan sering memasak air sembari melakukan kegiatan lain. Bagi Anda yang menginginkan produk dari maker terpercaya, ketel ini cocok untuk Anda.

6. Chantal Enamel On Steel Tea Ball Whistling Kettle

6. Chantal Enamel On Steel Tea Ball Whistling Kettle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Produk Amerika untuk penggemar ketel berdesain unik

Bulat tentunya bukan bentuk yang biasa untuk sebuah ketel. Karena fungsi utamanya adalah memasak air untuk menyeduh teh, produk ini bernama tea ball. Bagian bawahnya flat membuat kontak dengan kompor jadi maksimal dan bisa memanaskan air dengan cepat. Ujung leher ketel diberikan tutup untuk mencegah masuknya benda asing.

Desainnya inovatif dan fungsional, tidak heran kalau banyak orang mau memakai ketel ini. Ketel ini memiliki desain paling unik karena sangat mirip dengan labu reaksi yang biasa digunakan di laboratorium. Bagi Anda yang menginginkan ketel yang anti mainstream, produk ini paling cocok untuk Anda.

5. Kingnice Stainless Steel Pouring Over Gooseneck Kettle

5. Kingnice Stainless Steel Pouring Over Gooseneck Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.016.600

Desainnya modern dengan food grade stainless steel

Ketel ini terbuat dari bahan stainless steel yang dilapisi dengan bahan teflon. Kapasitasnya sebesar 600 ml sehingga cukup untuk membuat kurang lebih 3 cangkir kopi atau teh. Karena kapasitasnya kecil, tentunya kuantitas air yang dapat dimasak tidak banyak. Kelebihannya, waktu memasak air jadi lebih singkat.

Dengan balutan warna hitam dan sesainnya sederhana membuat ketel ini terlihat simpel tetapi elegan. Bahan stainless steel-nya sudah food grade sehingga aman untuk air yang Anda masak. Bagi Anda yang begitu memperhatikan kesehatan dan ingin memasak air dengan aman, produk ini sangat tepat bagi Anda.

4. SMKF Pour Over Drip Coffee Kettle

4. SMKF Pour Over Drip Coffee Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.401.180

Desainnya indah dengan warna keemasan

Mulut ketel tempat keluarnya air yang Anda tuang dari dalam ketel didesain seperti leher angsa. Tujuannya adalah agar Anda dapat dengan mudah menakar, mengontrol laju aliran air, serta menuang air dengan volume yang presisi. Volume air panas yang presisi akan menentukan rasa minuman Anda! Pas sekali untuk Anda pencinta menikmati kopi atau teh.

Ketel ini kompatibel dengan kompor gas dan listrik. Dari desainnya, ketel ini seolah menyatakan bahwa di samping fungsi, keindahan juga penting. Warna ketel ini juga sangat indah sehingga mempercantik dapur Anda. Bagi Anda yang mengutamakan tampilan perabot dapur Anda, ketel ini cocok untuk menjadi pilihan.

3. Euro-Ware Glass Whistling Tea Kettle

3. Euro-Ware Glass Whistling Tea Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 679.000

Ketel transparan untuk kesan yang modern

Ketel ini terbuat dari kaca tahan panas, kompatibel dengan kompor gas, listrik, dan ceramic. Anda bahkan dapat mencuci ketel ini dengan menggunakan mesin pencuci piring. Ditambah lagi, ukurannya yang cukup besar memberikan kapasitas yang lebih besar untuk memasak air.

Keunikan dari ketel ini sudah terlihat jelas, yaitu bahannya yang transparan. Hal ini memudahkan Anda untuk mengetahui secara visual apa yang ada di dalam ketel tanpa harus membukanya. Bila Anda menginginkan ketel yang praktis dan mudah dibersihkan, ketel ini cocok untuk Anda.

2. Alpine Cuisine Stainless Steel Stovetop Tea Kettle

2. Alpine Cuisine Stainless Steel Stovetop Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.756.920

Kapasitasnya sedang yang cukup untuk sekeluarga

Ketel ini termasuk jenis whistling kettle mengeluarkan suara mirip peluit bila air telah mendidih. Terbuat dari stainless steel tahan panas dengan pegangan yang dapat dilipat sehingga memudahkan Anda dalam proses pencuciannya. Tutup mulut ketel ini menyatu dengan badan ketel sehingga Anda tidak perlu khawatir tutupnya akan hilang.

Kapasitas ketel ini cukup besar, yaitu mencapai 4 liter sehingga cukup untuk Anda yang tinggal bersama keluarga berjumlah 3-4 orang. Ketel ini bahkan kompatibel untuk digunakan di kompor gas, listrik, maupun IH. Bagi Anda yang menggunakan berbagai jenis kompor di rumah, produk ini cocok menjadi pilihan.

1. Iwachu Japanese Iron Hobnail Tetsubin Teapot

1. Iwachu Japanese Iron Hobnail Tetsubin Teapot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.964.000

Merasakan tradisi Jepang dalam sebuah ketel

Iwachu adalah salah satu produsen ironwear dari Jepang dikenal selama lebih dari 100 tahun lamanya. Ketel besi ini berkapasitas 29 oz atau setara dengan 0.8 liter. Desain hobnail-nya mencerminkan tradisi Jepang yang telah dituangkan pada produk ketel ini sejak zaman dahulu. Desain ini adalah salah satu desain tertua dan paling klasik dari jenis ketel besi lainnya.

Produk ini adalah handmade kettle yang dibuat dengan presisi dan mementingkan detil pada prosesnya. Tidak heran Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya. Bila Anda mementingkan estetika dan uang bukan masalah bagi Anda, ketel ini pantas dipertimbangkan.

Metode membersihkan ketel berdasarkan bahannya

Metode membersihkan ketel berdasarkan bahannya

Berbeda bahannya maka berbeda pula cara membersihkannya. Untuk ketel dari stainless steel, cara membersihkannya adalah dengan air ditambah asam sitrat, setelah itu ketel dipanaskan. Dengan cara ini, kotoran membandel di dalam ketel biasanya akan hilang.

Untuk ketel dari bahan enamel, gunakan campuran air hangat yang ditambahi baking soda, kemudian masukkan ke teko, lalu tuang ke dalam ketel. Kotoran pun akan hilang dengan cara ini.

Pada ketel alumunium yang kotor atau ada goresan, Anda dapat membersihkannya menggunakan sabut cuci piring berbahan nilon yang diberi sabun cuci piring dengan bahan pengkilap. Noda berwarna hijau kebiruan seringkali muncul pada ketel tembaga. Anda dapat membersihkannya sampai bersih dengan spons lembut yang sudah diberi sabun cuci piring berbentuk krim.

Untuk ketel dengan bahan besi, biasanya tidak diperbolehkan membersihkan bagian dalamnya. Jadi, setelah memakainya, Anda hanya mengelap bagian luarnya saja dengan lap basah saat ketel tersebut masih panas.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami mengenai cara memilih ketel dan 10 produk ketel rekomendasi kami! Apakah salah satunya menjadi pilihan Anda?

Karena digunakan setiap hari, pilihlah ketel dengan cermat. Jika Anda memilih bahannya dengan tepat, Anda akan mendapatkan ketel yang mudah Anda gunakan. Silahkan jadikan cara memilih dari kami sebagai referensi untuk Anda. Temukanlah ketel paling sempurna untuk Anda!