7 Rekomendasi Tabasco Sauce Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tabasco Sauce Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Para penikmat piza pasti sangat paham bagaimana uniknya pengalaman mengecap saus Tabasco yang memiliki campuran cita rasa pedas, asin dengan dominasi rasa asam dari cuka. Tidak hanya untuk piza, saus tabasco juga enak dinikmati sebagai saus untuk tacos, bumbu olahan daging, bahkan campuran salad.

Dalam artikel berikut, kami akan memperkenalkan produk-produk saus tabasco, tidak hanya Tabasco buatan Mcilhenny Company saja, tetapi juga saus dari merek lainnya dengan sensasi dan cita rasa yang berbeda. Jadi, kami pastikan Anda akan mendapatkan banyak informasi baru mengenai saus Tabasco dan produk sejenisnya dalam artikel ini. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu Tabasco?

Tabasco merupakan merek dagang yang dipegang oleh Mcilhenny Company. Merek dagang ini memproduksi saus cabai dengan sensasi asam yang berasal dari cuka sebagai komoditas utama. Bahan-bahan yang digunakan sebagai komposisi Tabasco dalam setiap botolnya adalah cabai tabasco, cuka dan garam.

Sebenarnya bukan hanya Mcilhenny Company saja yang memproduksi saus pedas tabasco dengan sensasi asam cuka. Perusahaan-perusahaan lain yang juga memproduksi saus dengan sensasi serupa antara lain Louisiana dan lain-lain. Namun, untuk detail rasa, tiap produk mempunyai cita rasa yang khas karena resepnya berbeda.

Kini, Tabasco tidak hanya digemari oleh orang-orang benua Amerika saja. Ia sudah menjadi bagian dari dunia karena telah menjadi salah satu saus yang dapat memberikan cita rasa unik pada berbagai makanan.

Khasiat dalam saus Tabasco

Khasiat dalam cabai tabasco

Capsaicin yang terkandung pada cabai rawit tabasco serta jenis cabai lainnya, memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah baik, hal tersebut dapat menyukseskan program diet dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Saus Tabasco memiliki kandungan garam yang sangat rendah. Mari kita bandingkan dengan saus tomat. 1 gram saus tomat mengandung 1 gram garam. Namun, 1 gram Tabasco hanya mengandung 0,03 gram garam! Jadi, saus berikut baik untuk mengontrol kandungan garam pada tubuh Anda.

Meski begitu, bukan berarti kita dapat mengonsumsinya secara berlebih, karena saus Tabasco terbuat dari cabai yang memiliki sifat panas. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, produk ini dapat melukai mukosa lambung Anda. Sebaiknya gunakanlah saus Tabasco dalam batas wajar.

Cara memilih saus Tabasco

Seperti halnya saus cabai botol yang lain, saus Tabasco dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Untuk itu, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli.

Pilihlah berdasarkan rasa dan tingkat kepedasannya

Pilihlah berdasarkan rasa dan tingkat kepedasannya

Di Indonesia, umumnya orang mengenal Red Pepper Tabasco buatan Mcilhenny Company yang umum ditemui di restoran pizza cepat saji. Memang produk tersebut adalah produk saus pedas dengan sensasi cuka yang paling populer di dunia.

Ada varian lain dari saus Tabasco dengan rasa dan tingkat kepedasan yang tak sama satu dengan yang lain. Begitu juga produk dari perusahaan saus cabai dengan sensasi cuka yang lain.

Untuk produk yang berlabel Tabasco, saus cabai yang memiliki tingkat kepedasannya paling rendah adalah green pepper tabasco. Jenis ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak karena tingkat kepedasannya mirip dengan rasa pedas merica. Sedangkan saus cabai yang paling pedas di antara saus Tabasco adalah habanero tabasco.

Pilihlah yang cocok untuk hidangan favorit Anda

Pilihlah yang cocok untuk hidangan favorit Anda

Ada baiknya mencocokkan saus Tabasco yang hendak Anda beli dengan hidangan yang sering Anda santap. Jika Anda penikmat pizza atau pasta, pepper sauce adalah pilihan yang tepat. Untuk teman makan daging, chipotle pepper sauce adalah pilihan yang sempurna. Dan bagi Anda yang suka nikmatnya salad, Anda dapat menggunakan green pepper sauce.

Sebagai tambahan, bagi Anda yang menyukai sensasi ekstra pedas dapat menjatuhkan pilihan pada jalapeno sauce. Sedangkan Anda yang menginginkan tambahan rasa gurih pada makanan bisa memilih garlic sauce.

Pilihlah saus Tabasco yang paling ekonomis

Pilihlah saus Tabasco yang paling ekonomis

Penting untuk memilih mana produk yang paling ekonomis. Namun, butuh usaha untuk melakukan perbandingan harga. Anda perlu mengunjungi supermarket yang menjual saus Tabasco, serta  menjelajah toko-toko online yang menyediakan saus Tabasco. Pilihlah produk yang paling menguntungkan untuk Anda!

7 Rekomendasi saus tabasco terbaik

Telah kami himpun beberapa varian saus tabasco yang cukup familier dikonsumsi di Indonesia. Bukan hanya saus Tabasco buatan Mcilhenny Company saja, kami juga merekomendasikan beberapa saus tabasco dari merek lainnya. Pilihlah varian yang paling sesuai dengan tingkat kepedasan yang Anda sukai!

7. Louisiana Gold Red Pepper Sauce with Tabasco Peppers

7. Louisiana Gold Red Pepper Sauce with Tabasco Peppers

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.500

Beraroma cuka dan garam dengan cita rasa pedas yang kuat

Saus yang satu ini terbuat dari paprika merah matang, cabai tabasco, cuka dan garam. Anda dapat mencium aroma yang kuat dari cuka dan garam ketika membuka botol dari saus berikut. Ketika menuangkan saus ini, Anda akan mendapatkan saus dengan konsistensi yang cukup kental.

Untuk rasa, saus berikut sangat layak untuk dicoba oleh para pecinta makanan pedas, karena menghadirkan cita rasa pedas yang cukup kuat. Dapat dinikmati bersama piza, kebab, ataupun makanan lain yang Anda sukai. 

6. Louisiana Gold Green Pepper Sauce with Tabasco

7. Louisiana Gold Green Pepper Sauce with Tabasco

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.500

Gabungan jalapeno dan tabasco bagi Anda yang tidak suka pedas berlebih

Saus berwarna hijau ini terbuat dari cabai jalapeno, cabai tabasco, cuka dan garam. Untuk urusan konsistensi, produk berikut termasuk saus yang kental dan sedikit berminyak. Ketika membukanya, Anda akan merasakan aroma cuka dan garam yang dibalut dengan aroma jalapeno yang khas.

Anda akan merasakan kayanya perpaduan rasa antara jalapeno dan tabasco yang didukung dengan pelengkap berupa cuka dan garam saat mengecap saus ini. Saus ini dapat memberikan cita rasa yang unik pada piza, kebab, telur dan makanan lain yang Anda nikmati. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan saus jalapeno dengan rasa yang tidak terlalu pedas.

5. Tabasco Garlic Pepper Sauce

5. Tabasco Garlic Pepper Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.600

Rasakan sensasi asam, pedas dan gurih dalam satu saus!

Tidak hanya menggunakan bawang putih saja, saus yang satu ini menggabungkan 3 jenis cabai merah antara lain cayenne, pepper mash dan jalapeno sebagai bahan utamanya. Semua dicampur menjadi satu dengan cuka hasil penyulingan, garam, dan air sehingga tercipta saus pedas dengan cita rasa khas Meksiko.

Bicara tingkat kepedasannya, saus Tabasco Garlic Pepper Sauce ini masuk dalam kategori menengah. Bagi Anda penyuka rasa gurih, saus berikut dapat Anda jadikan penambah rasa yang nikmat untuk kudapan favorit Anda.

4. Tabasco Chipotle Pepper Sauce

4. Tabasco Chipotle Pepper Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Saus yang cocok untuk bumbu barbeque

Sesuai namanya, saus berikut menggunakan cabai chipotle sebagai salah satu bahannya. Bahan tersebutlah yang membuat saus ini berwarna lebih gelap dibandingkan dengan saus merek Tabasco yang lain. Selain itu, chipotle menghadirkan aroma panggang yang wangi.

Saus berikut cocok untuk digunakan sebagai bumbu barbeque untuk memanggang daging atau bahkan bumbu pelengkap untuk olahan sayur yang Anda buat. Untuk kepedasan, saus berikut ini termasuk dalam tingkatan menengah. Jadi, tidakkah Anda tertarik merasakan sensasi saus Tabasco dengan tambahan cabai chipotle yang berasal dari Meksiko ini?

3. Tabasco Green Pepper Sauce

 3. Tabasco Green Pepper Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Berasal dari jalapeno hijau hasilkan saus yang tidak terlalu pedas

Warna hijau dari saus ini berasal dari jalapeno hijau yang menjadi bahan pembuat utamanya. Untuk tingkat kepedasan, Tabasco Green Pepper Sauce cenderung ringan sehingga bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Saus ini juga kaya akan rasa dari bahan-bahan yang digunakan sebagai pembentuknya.

Tabasco Green Pepper Sauce sempurna untuk menjadi bumbu atau cocolan masakan ala Meksiko. Anda juga dapat menggunakannya sebagai tambahan pada salad atau kudapan lain yang Anda rasa cocok.

2. Tabasco Habanero Sauce

2. Tabasco Habanero Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Saus Tabasco yang paling pedas

Bahan cabai habanero yang digunakan pada saus berikut menghasilkan rasa pedas yang kuat di antara saus merek Tabasco yang lain. Bukan hanya pedas, ia juga menghasilkan rasa gurih yang unik. Anda dapat menggunakannya pada berbagai macam hidangan daging dan sayur.

Harganya memang sedikit mahal jika dibanding dengan saus Tabasco lainnya. Namun, dijamin Anda tidak akan rugi membeli saus berikut, terlebih untuk Anda yang mengaku sebagai pecinta makanan pedas.

1. Tabasco Red Pepper Sauce

1. Tabasco Red Pepper Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.800

Saus Tabasco yang legendaris

Tabasco Original Red Sauce mempunyai banyak keunikan. Kita dapat merasakan sensasi pedas, asam,  dan asin menjadi satu dengan saus berikut. Karena keunikan tersebut, produk ini banyak disukai orang di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Rasa dari saus ini tidak pernah berubah sejak diproduksi pada tahun 1868. Untuk tingkat kepedasannya, saus ini masuk pada tingkatan medium. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai jenis kudapan dari berbagai negara seperti untuk topping pizza ala Italia, untuk campuran tacos ala Meksiko, bahkan cocolan untuk gorengan ala Indonesia!

Kesimpulan

Saus ala Amerika seperti Tabasco memang memiliki rasa pedas yang berbeda dengan saus-saus pedas dari negara-negara lain. Cuka yang ditambahkan sebagai bahan utama pembuatan saus menghasilkan perpaduan sempurna antara rasa pedas dan asam. Tak ayal, rasa yang sangat berkarakter ini membuat nama saus Tabasco melambung di dunia! Jadi, kira-kira mana saus Tabasco favorit Anda?