10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu peralatan dapur yang sangat penting adalah rak piring. Rak piring dapat digunakan untuk mengeringkan peralatan dapur seperti piring, gelas dan sendok setelah dicuci. Selain itu rak piring juga dapat Anda gunakan untuk menata peralatan makan Anda. Di rumah Anda pastinya sudah ada rak piring ya. Mungkin Anda berniat untuk membeli rak piring yang baru?

Rak piring memiliki berbagai macam material, seperti plastik, kayu, maupun stainless steel. Bentuknya pun beragam, ada yang besar maupun kecil, dengan kapasitas penyimpanan alat makan atau sedikit. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang rak piring serta memberikan rekomendasi rak piring untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih rak piring

Untuk memilih rak piring, beberapa hal perlu Anda perhatikan, seperti banyaknya anggota keluarga, ukuran, sampai tempat penampungan air. Berikut kami berikan cara memilih rak piring yang tepat!

Pilih yang menghemat ruang

Bench dapur sering kali penuh terisi dengan kompor, microwave, tempat meletakkan bumbu, dan peralatan lainnya sehingga hanya tersisa sedikit ruang. Memilih rak piring yang hemat ruang merupakan pilihan cerdas untuk Anda. Anda dapat meletakkannya pada tempat yang tak terduga.

Pilih area yang terintegrasi dengan tempat cuci (sink)

Pilih area yang terintegrasi dengan tempat cuci (sink)

Jika Anda memiliki dapur yang kecil, rak piring yang dapat Anda letakkan di dalam sink akan terasa lebih nyaman. Selain menghemat ruang, air cucian pun dapat langsung turun ke sink. Tetapi, dengan tipe rak piring seperti ini Anda harus lebih memperhatikan kebersihan sink Anda ya.

Pilih tipe yang bertingkat untuk kapasitas lebih banyak

Pilih tipe yang bertingkat untuk kapasitas lebih banyak

Anda memiliki anggota keluarga yang cukup banyak? Tentunya Anda akan memiliki lebih banyak alat makan. Rak piring bertingkat dapat menjadi solusi menghemat tempat. Anda dapat mengeringkan lebih banyak alat makan untuk anggota keluarga Anda.

Tipe lipat

Tipe lipat

Tipe rak piring lainnya adalah tipe lipat. Tipe ini dapat menjadi tempat pengeringan alat makan Anda sementara sebelum Anda masukkan ke dalam lemari. Jika Anda sudah tidak menggunakannya, Anda dapat melipat rak ini dan menyimpannya. Hemat tempat bukan?

Periksa drainase

Sehabis mencuci alat makan, pastinya ada air yang menetes dari alat makan Anda. Pastikan rak piring Anda memiliki tempat penampungan air sehingga bench dapur Anda tidak basah. Berikut jenis penampungan air pada rak piring.

Dengan nampan penampung air

Dengan nampan penampung air

Rak piring dengan nampan penampung air yang dapat dibuka seperti laci dapat memberikan ventilasi yang baik untuk rak piring Anda. Anda dapat membersihkan dan mengeringkan tempat penampungan air tersebut agar tak ada lumut maupun mikroba yang tumbuh.

Langsung mengalir ke sink

Langsung mengalir ke sink

Tipe rak piring ini memiliki kemiringan yang membuat air tampungan langsung mengalir keluar. Letakkan rak piring ini di sebelah sink agar air dapat langsung mengalir ke sink. Dengan demikian, Anda dapat lebih tak perlu repot membuang air dan tentunya menghemat waktu.

10 Rekomendasi rak piring terbaik

Tentunya simple sekali ya cara untuk memilih rak piring yang pas. Berikut kami berikan rekomendasi rak piring terbaik yang bisa Anda beli. Yuk dipilih!

10. Rak Piring Kayu Berdiri

10. Rak Piring Kayu Berdiri

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 63.000

Untuk dapur dan meja makan

Rak piring dari kayu ini terlihat sangat sederhana. Selain untuk piring, Anda dapat menggunakannya untuk mengeringkan gelas menggunakan batang kayu pada sisinya. Rak piring ini memang tanpa alas tray untuk menampung air. Anda dapat meletakkannya di atas kain untuk menyerap air dari alat makan Anda.

Desain yang sederhana dari kayu yang cantik, dapat pula Anda gunakan untuk meletakkan piring-piring di meja makan. Rak piring kayu ini cocok untuk Anda yang tinggal sendiri maupun hanya berdua bersama pasangan Anda. Bentuk yang kecil juga dapat Anda masukkan di dalam lemari.

9. Stainless Roll Kitchen Sink Storage Dish Drainer

9. Stainless Roll Kitchen Sink Storage Dish Drainer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 96.000

Alas sederhana di atas sink

Stainless Roll Kitchen Sink Storage Dish Drainer merupakan pengering alat makan sederhana yang dapat Anda letakkan di atas sink. Sangat cocok untuk Anda yang tinggal sendiri dan tidak memiliki ruang yang banyak untuk mencuci. Anda juga dapat menggunakan rak piring ini untuk mengeringkan buah atau sayur setelah dicuci. Karena Anda tidak dapat mengatur panjangnya, pastikan dulu ya ukuran sink Anda kurang dari atau pas 48 cm.

Stainless Roll Kitchen Sink Storage Dish Drainer terbuat dari stainless steel dengan pinggiran silikon. Bahan silikon dapat menjaganya tidak slip di atas sink. Jika Anda sudah selesai menggunakannya, Anda dapat melipat dan menyimpannya di dalam lemari. Selain itu, Stainless Roll Kitchen Sink Storage Dish Drainer memiliki berbagai pilihan warna yang dapat menceriakan suasana dapur Anda.

8. DapurBunda Rak Piring Lipat Sederhana

8. DapurBunda Rak Piring Lipat Sederhana

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 64.400

Lipat dan bawa kemana saja!

Anda menggunakan alat makan pribadi di kantor dan tak ingin alat makan Anda tercampur dengan karyawan lain? Tentunya alat makan Anda tak banyak ya. Bawa saja rak piring lipat dari plastik ini ke kantor! Ukurannya yang mini serta dapat dilipat, dapat Anda simpan kembali di dalam laci maupun lemari di kantor.

Terbuat dari plastik dengan ukuran yang mini tentunya tidak akan menambah berat bawaan Anda terlalu banyak serta tetap menghemat ruang. Rak lipat ini memiliki berbagai pilihan warna yang menarik seperti merah muda, biru, ungu, dan hijau yang cerah.

7. Expandable Dish Rack

7. Expandable Dish Rack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.350

Lebih fleksibel dengan jumlah

Anda sering kali mengadakan pesta di rumah? Terkadang saat kita tak dapat menebak jumlah tamu yang datang ya. Untuk memudahkan Anda saat mencuci peralatan makan sehabis pesta, kami rekomendasikan Expandable Dish Rack yang terbuat dari plastik. Rak piring ini dapat diperluas untuk kebutuhan pengeringan alat makan yang lebih banyak. Lebih fleksibel ya!

Rak piring ini dilengkapi dengan spike yang dapat Anda gunakan untuk penyekat piring sekaligus mendirikan gelas-gelas Anda. Tambahan tempat sendok pun lebih memudahkan Anda menyusun peralatan makan Anda. Rak ini juga dilengkapi dengan kaki yang non slip sehingga dapat Anda letakkan di permukaan apa saja tanpa takut rak ini mudah tergeser.

6. Miusco Expandable Drying Rack

6. Miusco Expandable Drying Rack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.508.000

Pas untuk berbagai ukuran sink

Ukuran sink tentunya berbeda-beda dan mungkin sulit bagi Anda menemukan rak yang pas. Miusco Expandable Drying Rack hadir dengan rak yang dapat diatur panjangnya sehingga pas untuk ukuran sink apa pun. Model rak piring ini tentunya akan memudahkan Anda meletakkan alat makan Anda setelah mencuci dan tak ada lagi air yang berceceran di atas bench dapur. Pas untuk Anda yang mencari rak piring yang cukup besar dan sudah tak punya ruang di atas bench dapur.

Selain untuk mengeringkan alat makan, Anda dapat menggunakannya untuk mengeringkan sayur dan buah sebelum dimasak atau dimakan sekaligus menjadi wadah sayur dan buah Anda di dapur. Miusco Expandable Drying Rack terbuat dari alumunium sehingga lebih ringan untuk Anda pindahkan jika ingin meletakkannya di atas bench dapur.

5. Rovega Pladys

5. Rovega Pladys

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 320.000

Rak pengering sekaligus lemari

Untuk Anda yang memang memiliki sedikit tempat penyimpanan di dapur, Rovega Pladys dapat menjadi solusi bagi Anda. Rovega Pladys dilengkapi dengan laci penampung air serta pintu yang membuatnya dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan alat makan. Dengan Rovega Pladys, Anda dapat mengeringkan sekaligus menyimpan alat makan Anda.

Meskipun ukuran Rovega Pladys tidak terlalu besar, rak ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan piring, sendok garpu, dan gelas sehingga Anda dapat menata peralatan makan Anda dengan lebih rapih. Selain itu, Rovega Pladys juga dilengkapi dengan laci serbaguna untuk menyimpan alat dapur lainnya. Pilihan yang cerdas, bukan?

4. IKEA Grundtal

4. IKEA Grundtal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 414.000

Rak gantung untuk dapur yang padat

Jika bench dapur Anda sudah penuh digunakan, pilihan rak piring gantung sangat pas untuk Anda. Kami rekomendasikan IKEA Grundtal untuk rak piring gantung Anda. Anda dapat mengkombinasikan rak piring ini dengan kelengkapan lainnya, seperti rel, dari seri Grundtal.

Rak piring ini terbuat dari stainless steel yang kokoh dan anti karat serta dilengkapi dengan tempat penampung air dari plastik yang dapat Anda lepas. Dengan ukuran panjang 35 cm pas untuk Anda yang hanya tinggal berdua dengan pasangan Anda. Desain rak yang minimalis dapat memberi kesan dapur yang lebih elegan.

3. Diotem 2 Gaya Kreatif

3. Diotem 2 Gaya Kreatif

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 129.000

Untuk Anda yang sibuk

Anda orang yang memiliki banyak pekerjaan sehingga terkadang Anda tak punya waktu untuk mengurus dapur? Rak piring plastik dari Diotem dapat menjadi pilihan bagi Anda. Terbuat dari plastik tentunya tak perlu membuat Anda khawatir rak ini akan berkarat. Rak ini juga dilengkapi dengan nampan penyimpan air yang dapat langsung mengalirkan air ke sink. Tak perlu lagi repot membuang air tampungan ya!

Rak piring ini tidak memiliki sekat seperti rak piring pada umumnya sehingga membuat Anda lebih fleksibel untuk meletakkan alat makan. Selain itu, rak piring tanpa sekat dapat Anda gunakan juga sebagai tempat pengering buah-buahan maupun sayuran. Rak pengering yang berwarna putih juga memudahkan Anda melihat jika ada kotoran yang tersisa.

2. IKEA Kvot

2. IKEA Kvot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 125.900

Solusi dapur kecil dengan alat makan yang banyak

Untuk Anda yang memiliki dapur yang kecil atau bench dapur yang tidak begitu besar, rak piring lipat dari IKEA dapat menjadi pilihan Anda. Harga yang ditawarkan juga masih sangat terjangkau dan sepadan dengan kualitasnya. Dengan lebar 49 cm dan memiliki 2 tempat penyimpanan, rak piring ini dapat menampung jumlah alat makan yang cukup banyak.

Keringkan piring, sendok, garpu, dan gelas Anda dengan lap bersih dan lipat rak ini. Dengan kaki rak yang dilapisi karet, rak ini tak mudah slip di atas bench dapur Anda. Tetapi, rak ini tidak dilengkapi dengan tray penampung air, jadi Anda dapat membeli tray lain atau menggunakan kain lap saja di bawahnya.

1. Krischef Dish Drainer

1. Krischef Dish Drainer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Mengeringkan lebih banyak alat makan

Krischef Dish Drainer hadir untuk menjadi solusi bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang banyak. Tentunya sehabis makan, akan banyak alat makan dan masak yang dicuci dan dikeringkan. Krischef Dish Drainer merupakan rak piring 2 tingkat dengan ukuran panjang 67 cm yang sanggup menampung banyak alat makan.

Krischef Dish Drainer juga dilengkapi fitur tempat gelas dan tempat sendok garpu. Fitur tempat gelas serta sendok garpu yang terpisah ini membantu Anda menata alat-alat makan setelah dicuci sehingga tak bercampur. Rak ini juga dilengkapi dengan nampan penampungan air yang mudah dipindahkan.

Kesimpulan

Jika Anda berpikir bahwa rak piring adalah pilihan yang sederhana, ternyata belum tentu ya! Ada berbagai jenis rak piring yang dapat menjadi pilihan bagi Anda. Ada rak piring yang besar sampai yang dapat Anda bawa kemana saja. Materialnya pun beragam dari plastik, alumunium, hingga stainless steel.

Bagaimana dengan rekomendasi dari kami? Apakah Anda tertarik untuk membeli rak piring yang baru? Jika iya, maka perhatikan hal-hal tadi ya! Temukan rak piring yang pas untuk Anda.