1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Rak piring dapat digunakan untuk menata sekaligus mengeringkan peralatan dapur. Selain itu, rak piring juga dapat digunakan untuk menyimpan peralatan makan agar lebih tertata dan mudah dicari. Rak piring memiliki beberapa model menarik. Ada rak piring stainless steel antikarat, rak portable, rak multifungsi, hingga rak piring minimalis dan tertutup. 


Selain desainnya yang bagus, perhatikan pula dimensinya agar pas dengan space dapur Anda. Untuk menemukan rak peniris piring terbaik, kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Beberapa merek populer, seperti Informa, Krischef, dan IKEA pun akan kami review. Silakan disimak!

Diperbaharui 06-23-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih rak piring

Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting agar bisa menemukan rak piring yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih jika dapur Anda memiliki space terbatas, pemilihan rak menjadi hal yang penting.

① Pilih yang hemat ruang

Setelah meletakkan rak piring, dapur Anda bisa saja terasa lebih sempit. Bila Anda ingin memaksimalkan space yang tersedia di dapur secara efektif, Anda bisa memilih rak piring yang hemat ruang. Dengan begitu, Anda tak perlu mengorbankan area memasak. Mari simak tipe rak piring seperti apa saja yang dapat menghemat ruang di dapur Anda!

Portable, bisa disimpan ketika tidak digunakan

Portable, bisa disimpan ketika tidak digunakan
Jika Anda memiliki dapur yang kecil dan ingin menghemat space, rak piring portabel adalah salah satu solusinya. Rak piring ini bisa dibongkar pasang, atau disimpan ketika tidak digunakan. Dengan demikian, space counter top dapur Anda pun tetap aman dan tidak terasa sempit.

Untuk desain rak yang bisa Anda pilih, ada beberapa alternatif. Salah satunya, Anda dapat memilih tipe peniris piring yang terintegrasi dengan sink (seperti gambar di atas). Selain menghemat ruang, air cucian pun dapat langsung turun ke bak cuci.

Tipe bertingkat, muat lebih banyak

Tipe bertingkat, muat lebih banyak

Anda memiliki anggota keluarga yang cukup banyak? Tentunya Anda akan memiliki lebih banyak alat makan. Rak piring bertingkat dapat menjadi solusi menghemat tempat. Di pasaran, banyak rak piring yang terdiri dari dua tingkat dan tiga tingkat.


Agar lebih hemat tempat, carilah rak piring yang tidak terlalu panjang atau lebar, tetapi desainnya meninggi. Dengan demikian, counter top dapur Anda tidak kehabisan space kosong. Bila perlu, carilah rak piring yang ada rak khusus untuk menyimpan sendok, garpu, talenan, dan pisau.

Tipe lipat, dapat digunakan secara temporer

Tipe lipat, dapat digunakan secara temporer
Tipe ini dapat menjadi tempat pengeringan alat makan sementara sebelum Anda masukkan ke dalam lemari. Jika Anda sudah tidak menggunakannya, Anda dapat melipat rak ini dan menyimpannya sehingga Anda lebih leluasa menggunakan sink. Mirip seperti tipe portabel, tipe ini juga cocok dipilih bila Anda ingin menghemat ruangan atau memiliki area dapur terbatas. 

Tipe gantung, cocok untuk space dapur mungil

Tipe gantung, cocok untuk space dapur mungil

Jika counter top dapur Anda sudah penuh sehingga tak ada space kosong untuk menaruh peniris piring, tipe gantung bisa jadi solusi. Seperti namanya, rak ini dipasang dengan cara digantung (menempel di dinding). 


Anda dapat memasang rak piring ini tepat di atas bak cuci piring. Jadi, setelah semua peralatan dicuci, Anda bisa langsung menaruhnya di atas rak. Jika ada air sisa cucian yang menetes, airnya akan langsung menetes ke sink

② Kenali sistem pembuangan airnya

Salah satu masalah pada rak piring adalah akumulasi air sisa cucian yang menumpuk dan mengotori rak piring tersebut. Oleh karena itu, perhatikan desain water tray pada rak piring pilihan Anda. Lancarnya sistem pembuangan air dan kemudahan pembersihannya menjadi hal yang tak kalah penting.

Dilengkapi water tray, tidak membasahi area dapur

Dilengkapi water tray, tidak membasahi area dapur
Rak dapur yang dilengkapi water tray akan membuat area dapur Anda lebih bersih. Hal itu karena air dari perkakas dapur yang Anda cuci ditampung di tray dan tak menetes ke mana-mana. Untuk tipe rak yang dilengkapi water tray, perhatikan sistem pembuangannya. 

Bila water tray-nya terpasang secara paten, sistem pembuangan airnya cenderung kurang baik. Rak piring Anda jadi lebih cepat kotor dan lumutan karena lembap. Di sisi lain, water tray yang mudah dilepas akan lebih baik karena mudah dibersihkan dan terjaga kebersihannya. Anda juga bisa membersihkannya hingga ke sudut-sudut tanpa ada bagian yang terlewat.

Tanpa water tray, perlu diperhatikan penempatannya

Tanpa water tray, perlu diperhatikan penempatannya
Untuk rak piring yang tak ada nampan peniris airnya, Anda perlu memperhatikan penempatannya. Jika rak tersebut adalah model yang terintergrasi dengan sink, tak masalah jika tak ada water tray-nya. Air akan mengalir langsung ke sink dengan baik.

Namun, untuk tipe rak susun yang diletakkan di counter top atau meja makan, Anda perlu lebih cermat. Anda bisa mengalasinya dengan kain atau segera mengelap alat makan yang sudah dicuci hingga kering. Dengan demikian, area dapur bebas dari air yang berceceran dan menyebabkan lembap.

③ Cermati materialnya

Cermati materialnya
Sumber: ruparupa.com

Rak peniris piring terbuat dari beberapa bahan, seperti plastik, stainless steel, silikon, dan kayu. Mari simak kelebihannya masing-masing.


  • Plastik

Material ini terkenal ringan dan harganya terjangkau. Bahan plastik juga mudah perawatannya dan tak gampang berkarat. Meski begitu, beban yang bisa ditahan oleh material plastik biasanya tidak sekuat bahan logam, seperti besi stainless atau baja. 


  • Stainless steel

Bahan ini terkenal antikarat. Tampilannya pun sleek sehingga aman untuk semua tema interior dapur. Material ini cenderung kukuh. Tak heran, banyak rak susun yang terbuat dari bahan ini.


  • Silikon

Silikon merupakan bahan yang lentur. Untuk itu, material ini sering dijadikan bahan pembuatan rak piring yang foldable alias bisa dilipat. 


  • Kayu

Rak kayu adalah elemen natural yang bagus untuk mempercantik dekorasi ruangan. Rak piring berbahan kayu juga memiliki daya tarik tersendiri karena dapat memberi kesan hangat. Namun, Anda perlu mengelap kering perkakas Anda sebelum disimpan di rak kayu. Pasalnya, kayu dapat berjamur jika basah atau terkena air.

10 Rekomendasi rak piring terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak piring terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Plus One

Rak Piring Anti Karat

Plus One Rak Piring Anti Karat 1枚目

Hemat tempat dengan rak gantung tahan karat

2

Sunxin

Rak Piring 2 Susun Plastik

Sunxin Rak Piring 2 Susun Plastik 1枚目

Rak susun dua tingkat dengan harga terjangkau

3

Rak Piring Lipat Silicone

 Rak Piring Lipat Silicone 1枚目

Peniris piring portabel yang bisa dilipat

4

Tec Houseware

KUDO Rak Dapur Nordic Style

Tec Houseware KUDO Rak Dapur Nordic Style 1枚目

Rak putih ala Japandi, kekinian dan Instagrammable

5

Dejavu

Rak Piring Kayu

Dejavu Rak Piring Kayu  1枚目

Rak piring minimalis yang estetik, cocok diletakkan di meja makan

6

Informa

Starlight Rak Piring 2 Tingkat

Informa Starlight Rak Piring 2 Tingkat 1枚目

Dilengkapi tempat sendok dan gelas, makin komplet!

7

Rovega

Rak Piring Pladys Premium Dish Cabinet

Rovega Rak Piring Pladys Premium Dish Cabinet 1枚目

Lemari piring multifungsi, lebih aman dan bebas debu

8

Dish Drain Storage Rack

 Dish Drain Storage Rack 1枚目

Terintegrasi dengan sink, praktis untuk meniriskan piring basah

9

Krischef

Rak Piring Aluminium 3 Tingkat

Krischef Rak Piring Aluminium 3 Tingkat 1枚目

Rak piring tiga tingkat, muat lebih banyak

10

IKEA

KVOT Pengering Piring

IKEA KVOT Pengering Piring 1枚目

Bisa dilipat dan berkapasitasnya besar

Perincian produk
Close
No.1

Plus OneRak Piring Anti Karat

Mulai dari Rp459.000,00

Hemat tempat dengan rak gantung tahan karat

Rak gantung ini dipasang menempel pada dinding dapur. Tipe gantung ini cukup hemat tempat sehingga cocok untuk Anda yang tak punya space terlalu besar di dapur. Saat selesai membilas peralatan makan, Anda bisa langsung meletakkannya di rak yang dipasang tepat di atas sink dapur. 


Untuk kapasitasnya sendiri, dish rack ini mampu menampung beban sekitar 15 kg. Terbuat dari stainless steel, rak ini dikatakan antikarat dan tahan korosi, lho. 

No.2

SunxinRak Piring 2 Susun Plastik

Mulai dari Rp88.570,00

Rak susun dua tingkat dengan harga terjangkau

Sunxin merupakan solusi jika Anda mencari rak piring dua tingkat yang harganya ramah di kantong. Dengan harga di bawah 100 ribu, Anda bisa mendapatkan dish dryer rack yang mampu menampung semua perkakas makan. 


Tak hanya tempat piring, mangkuk, dan gelas, terdapat juga wadah khusus untuk sumpit, sendok, centong, dan perkakas dapur lainnya. Dengan rak ini, tak ada lagi alat dapur yang tercecer!

No.3

Rak Piring Lipat Silicone

Mulai dari Rp23.300,00

Peniris piring portabel yang bisa dilipat

Rak piring ini terbuat dari bahan silikon yang lentur. Desainnya expandable dan terbuat dari bahan yang bebas BPA. Saat akan dipakai, Anda tinggal menarik produk ini ke atas (expand) agar bisa menampung cucian.


Nah, saat tidak dipakai, Anda bisa menekuknya kembali dan menyimpannya dalam ukuran yang slim. Jangan lupa untuk mengelap rak ini hingga kering sebelum disimpan agar tidak jamuran, ya. 

No.4

Tec HousewareKUDO Rak Dapur Nordic Style

Mulai dari Rp320.000,00

Rak putih ala Japandi, kekinian dan Instagrammable

Saat ini, tren perkakas dapur yang serba putih, clean, dan minimalis, sedang populer. Desain ala Japandi (Japan Scandinavian) ini banyak diminati karena warnanya tidak mencolok mata, estetik, dan membuat dapur terasa spacious


Jika Anda juga penggemar desain ala Japandi, rak dapur dengan dominasi warna putih dan aksen kayu ini bisa dipilih. Rak ini terdiri dari dua varian, yakni satu tingkat dan dua tingkat. Model mana pun yang Anda pilih, semuanya akan tampak Instagrammable!

No.5

DejavuRak Piring Kayu HDK202

Mulai dari Rp59.000,00

Rak piring minimalis yang estetik, cocok diletakkan di meja makan

Hadir dengan warna kayu natural plus desain simpel, produk ini cocok untuk dapur minimalis. Rak kayu ini juga tampak bagus dan estetik diletakkan di meja makan. Peniris piring ini sangat ringan dan bisa dibongkar pasang. Saat tidak digunakan, Anda bisa memindahkannya dengan mudah atau membongkarnya untuk disimpan.


Rak piring ini tidak dilengkapi water tray untuk menampung air. Jadi, alangkah baiknya jika alat makan yang akan diletakkan di rak portabel ini dilap dahulu hingga benar-benar kering. Mengelap alat makan sebelum disimpan juga dapat menghambat pertumbuhan jamur, lho.

No.6

InformaStarlight Rak Piring 2 Tingkat

Mulai dari Rp250.000,00

Dilengkapi tempat sendok dan gelas, makin komplet!

Merek Informa pasti sudah tak asing di telinga Anda. Selain bisa didapatkan secara online, Anda juga bisa membelinya secara offline di jaringan toko Informa di Indonesia. Produk berkualitas ini terdiri dari dua tingkat dengan tray peniris yang bisa dikepas pasang. Anda pun tak perlu khawatir akan adanya air yang menggenang. 

Desainnya pun cukup fungsional. Semua perkakas, seperti piring, mug, gelas, mangkuk, dan peralatan makan lainnya memiliki tempat tersendiri. Anda pun bisa dengan mudah mengambilnya saat dibutuhkan. 

No.7

RovegaRak Piring Pladys Premium Dish CabinetDCB-2568

Mulai dari Rp559.900,00

Lemari piring multifungsi, lebih aman dan bebas debu

Untuk Anda yang concern dengan keamanan tempat penyimpanan piring, rak piring Rovega ini bisa dipertimbangkan. Tidak hanya sebagai rak piring, produk ini juga didesain agar bisa difungsikan sebagai lemari piring. Dilengkapi pintu transparan yang tertutup, semua perkakas makan Anda akan bebas dari debu. Cicak maupun kecoa pun tak bisa bergerilya masuk ke dalamnya. 

No.8

Dish Drain Storage RackAD161

Mulai dari Rp21.000,00

Terintegrasi dengan sink, praktis untuk meniriskan piring basah

Bila Anda mencari rak peniris piring yang praktis dan hemat tempat, produk ini bisa dipertimbangkan. Anda cukup membentangkannya di atas sink dan menaruh alat makan yang selesai dicuci ke atasnya. 

Dilengkapi lubang peniris di bawahnya, air bilasan akan menetes langsung ke bak cuci. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan bekas air bilasan yang menggenang di tray, ya. Setelah itu, peralatan makan yang sudah tiris atau kering bisa langsung dipindahkan ke tempatnya. Praktis sekali, bukan?

No.9

KrischefRak Piring Aluminium 3 Tingkat

Mulai dari Rp499.000,00

Rak piring tiga tingkat, muat lebih banyak

Rak piring ini terbuat dari bahan yang diklaim tahan karat. Ukurannya memang tak terlalu besar. Namun, karena terdiri dari tiga tingkat, rak susun ini tetap dapat menampung banyak alat makan. Rak yang desainnya meninggi ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang tak punya counter top dapur yang lebar.

No.10

IKEAKVOT Pengering Piring

Mulai dari Rp149.000,00

Bisa dilipat dan berkapasitasnya besar

Bila Anda memiliki banyak alat makan, rak piring dari IKEA ini dapat menjadi pilihan. Ukuran besar plus banyaknya slot piring pada produk ini memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak alat makan sekaligus.

Rak peniris piring dua tingkat ini juga bisa dilipat sehingga tidak makan tempat. Bagian kakinya dilapisi karet sehingga tak mudah selip atau berdecit saat digeser-geser.

Baca juga rekomendasi perlengkapan cuci piring lainnya di sini

Minyak membandel sering kali sulit dibersihkan dari piring. Anda perlu memilih sabun cuci piring yang ampuh untuk membersihkan minyak. Anda juga perlu menggunakan spons cuci piring atau sikat khusus agar peralatan Anda makin mudah dibersihankan. Anda bisa membaca ulasan detailnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Rak piring memudahkan Anda untuk mengeringkan serta menata peralatan makan Anda. Dapur Anda pun akan terlihat makin rapi dengan adanya rak piring. Anda bisa memilih produk yang hemat ruang agar dapur Anda tetap terlihat rapi dan bersih.

Pastikan juga untuk mengecek sistem pembuangan airnya agar Anda tak repot membersihkannya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer