mybest
Rak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Rak piring dapat digunakan untuk menata sekaligus mengeringkan peralatan dapur. Selain itu, rak piring juga dapat digunakan untuk menyimpan peralatan makan agar lebih tertata dan mudah dicari. Rak piring memiliki beberapa model menarik. Ada rak piring stainless steel antikarat, rak portable, rak multifungsi, hingga rak piring minimalis dan tertutup. 


Selain desainnya yang bagus, perhatikan pula dimensinya agar pas dengan space dapur Anda. Untuk menemukan rak peniris piring terbaik, kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Beberapa merek populer, seperti Informa, Sunxin, dan IKEA pun akan kami review. Silakan disimak!

Diperbaharui 14/07/2023
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih rak piring

Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting agar bisa menemukan rak piring yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih jika dapur Anda memiliki space terbatas, pemilihan rak menjadi hal yang penting. Agar bisa mendapatkan rak piring terbaik, simak poin-poin berikut ini!

1

Pilih rak piring portable untuk dapur kecil, camping, atau pesta outdoor

Pilih rak piring portable untuk dapur kecil, camping, atau pesta outdoor
Jika Anda memiliki dapur yang kecil dan ingin menghemat space, rak piring portabel adalah salah satu solusinya. Rak piring ini bisa dibongkar pasang atau disimpan ketika tidak digunakan. Dengan demikian, space counter top dapur Anda pun tetap aman dan tidak terasa sempit.

Selain itu, rak piring portable juga mudah dibawa ke mana-mana sehingga pas saat dibawa camping atau pesta outdoorSalah satu desain rak portable yang patut Anda pertimbangkan adalah tipe peniris piring yang terintegrasi dengan sink. Selain menghemat ruang, air cucian pun dapat langsung turun ke bak cuci.

2

Pertimbangkan rak piring tingkat untuk dapur besar, restoran, hingga kafe

Pertimbangkan rak piring tingkat untuk dapur besar, restoran, hingga kafe

Anda memiliki anggota keluarga yang cukup banyak? Tentunya Anda akan memiliki lebih banyak alat makan. Rak piring bertingkat dapat menjadi solusi menghemat tempat. Selain untuk dapur yang besar di rumah Anda, rak piring tingkat juga cocok untuk restoran dan kafe. Di pasaran, banyak rak piring yang terdiri atas dua tingkat dan tiga tingkat.


Agar lebih hemat tempat, carilah rak piring yang tidak terlalu panjang atau lebar, tetapi desainnya meninggi. Dengan demikian, counter top dapur Anda tidak kehabisan space kosong. Bila perlu, carilah rak piring yang ada rak khusus untuk menyimpan sendok, garpu, talenan, dan pisau.

3

Untuk penggunaan temporer, gunakan rak piring tipe lipat

Untuk penggunaan temporer, gunakan rak piring tipe lipat
Jika Anda ingin rak yang digunakan untuk sementara saja, Anda bisa memilih rak piring tipe lipat. Rak piring tipe lipat ini mirip tipe portabel, cocok untuk menghemat ruangan karena area dapur Anda terbatas.

Tipe ini dapat menjadi tempat pengeringan alat makan sementara sebelum Anda masukkan ke dalam lemari. Jika sudah tidak digunakan, Anda dapat melipat rak ini dan menyimpannya di dalam lemari. Hal tersebut membuat Anda lebih leluasa menggunakan sink. 

4

Untuk mengakali dapur compact, utamakan rak piring gantung

Untuk mengakali dapur compact, utamakan rak piring gantung

Untuk mengakali dapur compact Anda, tipe gantung bisa menjadi solusi yang tepat. Seperti namanya, rak ini dipasang dengan cara digantung (menempel di dinding). Namun, tipe ini tergolong jarang bisa Anda ditemukan di marketplace.


Dengan rak tipe gantung, Anda dapat memasang rak piring ini tepat di atas bak cuci piring. Jadi, setelah semua peralatan dicuci, Anda bisa langsung menaruhnya di atas rak. Jika ada air sisa cucian yang menetes, airnya akan langsung menetes ke sink. 

5

Cermati kelengkapannya, seperti water tray, tempat sendok, dan gantungan

Cermati kelengkapannya, seperti water tray, tempat sendok, dan gantungan
Setelah memilih tipe atau model rak piring yang sesuai, Anda bisa mencermati kelengkapan rak piring tersebut. Beberapa kelengkapan rak piring yang sebaiknya Anda pertimbangkan adalah:

  • Water tray, akan membuat area dapur Anda lebih bersih. Hal itu karena air dari peralatan dapur yang Anda cuci ditampung di tray dan tak menetes ke mana-mana. Rak piring dengan water tray yang mudah dilepas akan lebih baik karena mudah dibersihkan dan terjaga kebersihannya.

  • Tempat sendok, untuk menampung peralatan makan seperti sendok, garpu, atau sumpit. Adanya tempat sendok akan membuat rak piring jadi makin rapi dan memudahkan Anda dalam pengambilannya.

  • Gantungan, untuk menaruh gelas atau centong. Gantungan ini biasanya ada di pinggir rak berupa penyangga gelas atau gantungan centong untuk memudahkan dalam penempatannya.
6

Jika mencari yang harganya terjangkau, belilah rak plastik dan kayu

Jika mencari yang harganya terjangkau, belilah rak plastik dan kayu

Rak peniris piring terbuat dari beberapa bahan, seperti plastik, stainless steel, silikon, dan kayu. Jika Anda ingin rak piring dengan harga terjangkau, Anda bisa memilih bahan-bahan berikut:


  • Plastik, terkenal ringan dan harganya terjangkau. Bahan plastik juga mudah perawatannya dan tidak gampang berkarat. Meski begitu, beban yang bisa ditahan oleh material plastik biasanya tidak sekuat bahan logam, seperti stainless steel atau baja.

  • Kayu, dapat mempercantik dekorasi ruangan. Rak piring kayu memiliki daya tarik tersendiri karena dapat memberi kesan hangat. Namun, Anda perlu mengelap kering perkakas Anda sebelum disimpan di rak kayu. Pasalnya, kayu dapat berjamur jika basah atau terkena air.
7

Jika mencari yang kuat dan awet, prioritaskan rak aluminium atau stainless steel

Jika mencari yang kuat dan awet, prioritaskan rak aluminium atau stainless steel

Jika Anda ingin mencari rak piring yang kuat dan awet, Anda bisa memilih rak bahan aluminium atau stainless steel. Berikut karakteristik dari bahan aluminium dan stainless steel.


  • Aluminium, memiliki bobot yang ringan sehingga rak piring mudah diangkat dan dipindahkan. Selain itu, rak piring yang terbuat dari aluminium juga memiliki sifat tahan terhadap korosi dan karat. Hal tersebut membuat rak aluminium akan awet dan tahan lama.

  • Stainless steel, terkenal karena karakteristiknya yang antikarat. Tampilan rak stainless steel pun sleek sehingga aman untuk semua tema interior dapur. Material ini cenderung kukuh sehingga tak heran banyak rak susun yang terbuat dari bahan ini.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rak piring terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak piring terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe rak
Model rak
Cara pemasangan
Sistem pembuangan air
Jumlah rak penyimpanan
Perlu dirakit
Ukuran
Berat
Material
Warna
1

Sunxin

Rak Piring 2 Susun Plastik

Sunxin Rak Piring 2 Susun Plastik 1

Rp88.570

Agak Murah

Rak piring susun dua tingkat dengan harga terjangkau

Tipe bertingkat

Model sekat

Push pin

Dilengkapi water tray

2 rak

31 cm x 24 cm x 33 cm

Tidak diketahui

Plastik

Hitam, pink, blue

2

Plus One

Rak Piring Wasafel Anti Karat

Plus One Rak Piring Wasafel Anti Karat 1

Rp499.000

Lebih Mahal

Hemat tempat dengan rak gantung tahan karat

Tipe bertingkat

Model sekat

Baut atau mur

Tanpa water tray

1 rak

86 cm x 33,5 cm x 51 cm

Tidak diketahui

Stainless steel

Hitam

3

Angola

Rak Piring PlastikC29

Angola Rak Piring Plastik 1

Rp150.000

Menengah

Cegah debu dan serangga masuk dengan rak piring berbentuk wadah berpenutup

Portable

Model sekat

Push pin

Dilengkapi water tray

1 rak

35 cm x 26 cm x 29 cm

Tidak diketahui

Plastik

Biru, pink, hijau

4

Oxihom

Tempat Rak Pengering Piring Plastik

Oxihom Tempat Rak Pengering Piring Plastik 1

Rp137.250

Menengah

Lebih praktis mengeringkan piring di rak bentuk baki saringan besar

Portable

Model sekat

Push pin

Dilengkapi water tray

1 rak

45 cm x 28,5 cm x 18 cm

Tidak diketahui

PP (polypropylene)

Hijau, khaki, putih, biru

5

Tec Houseware

KUDO Rak Dapur Nordic Style

Tec Houseware KUDO Rak Dapur Nordic Style 1

Rp320.000

Agak Mahal

Rak putih ala Japandi, kekinian dan Instagrammable

Tipe bertingkat

Model sekat

Tidak diketahui

Dilengkapi water tray

2 rak

1 Susun: 43 cm x 30,5 cm x 14 cm・2 Susun: 43 cm x 32 cm x 27 cm

Tidak diketahui

Stainless steel

Hitam, putih

6

TATARUMA

Nori Rak Piring Stainless 2 Tingkat

TATARUMA Nori Rak Piring Stainless 2 Tingkat 1

Rp329.000

Agak Mahal

Rak piring dua tingkat untuk menampung segala jenis peralatan makan

Tipe bertingkat

Model sekat

Push pin

Dilengkapi water tray

2 rak

42 cm x 30 cm x 33 cm

Tidak diketahui

Besi lapis cat

Hitam, putih

7

Informa

Starlight Rak Piring 2 Tingkat

Informa Starlight Rak Piring 2 Tingkat 1

Rp169.000

Menengah

Dilengkapi tempat sendok dan gelas, makin komplet!

Tipe bertingkat

Model sekat

Baut atau mur

Dilengkapi water tray

2 rak

42,5 cm x 25 cm x 36,5 cm

Tidak diketahui

Besi, plastik

Silver

8

HAYYLIFE

Rak Piring Ramping MiniHL-AGB739

HAYYLIFE Rak Piring Ramping Mini 1

Rp79.999

Agak Murah

Rak piring ramping yang tidak akan makan banyak tempat

Tipe stand

Model sekat

Tidak diketahui

Tanpa water tray

Tidak diketahui

14 cm x 12 cm x 11,5 cm

0,3 kg

Baja karbon

White, black

9

IKEA

KVOT Pengering Piring

IKEA KVOT Pengering Piring 1

Rp149.000

Menengah

Dapat dilipat dan kapasitasnya besar untuk menampung banyak piring

Tipe lipat

Model sekat

Tidak diketahui

Tanpa water tray

2 rak

48 cm x 29 cm x 23 cm

Tidak diketahui

Baja, galvanis, lacquer akrilik bening, karet

SIlver

10

MATOUGUI

Rak Piring Lipat Silicone

MATOUGUI Rak Piring Lipat Silicone 1

Rp42.000

Lebih Murah

Peniris piring portabel yang bisa dilipat

Tipe lipat

Model sekat

Push pin

Tanpa water tray

1 rak

36,5 cm x 31,5 cm x 13 cm

Tidak diketahui

Silikon

Putih abu-abu

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SunxinRak Piring 2 Susun Plastik

Rak Piring 2 Susun Plastik 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Piring 2 Susun Plastik 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Piring 2 Susun Plastik 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Piring 2 Susun Plastik 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Piring 2 Susun Plastik 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp88.570
Agak Murah
Harga referensi
Rp88.570
Agak Murah

Rak piring susun dua tingkat dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Rak dua susun, untuk piring di bagian atas dan untuk mangkok di bagian bawah
  • Bagian alas bisa dibuka untuk mengeluarkan sisa air dari proses pengeringan
  • Terdapat tempat untuk menggantung sendok dan garpu

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahan plastiknya tipis sehingga rentan retak/patah
  • Beberapa pembeli mengeluhkan ukuran rak yang tergolong kecil

Sunxin merupakan solusi jika Anda mencari rak piring dua tingkat yang harganya ramah di kantong. Dengan harga di bawah 100 ribu, Anda bisa mendapatkan dish dryer rack yang mampu menampung semua perkakas makan. 


Tak hanya tempat piring, mangkuk, dan gelas, terdapat juga wadah khusus untuk sumpit, sendok, centong, dan perkakas dapur lainnya. Dengan rak ini, tak ada lagi alat dapur yang tercecer!

Tipe rakTipe bertingkat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Sistem pembuangan airDilengkapi water tray
Jumlah rak penyimpanan2 rak
Perlu dirakit
Ukuran31 cm x 24 cm x 33 cm
BeratTidak diketahui
MaterialPlastik
WarnaHitam, pink, blue
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Plus OneRak Piring Wasafel Anti Karat

Harga referensi
Rp499.000
Lebih Mahal

Hemat tempat dengan rak gantung tahan karat

Kelebihan:

  • Kapasitas beban raknya mencapai 15 kg
  • Bisa juga untuk menampung sayuran dan buah-buahan
  • Bagian bawah antiselip, lekat dengan permukaan, dan tidak menggores wastafel

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan barang yang tidak dikirim secara lengkap
  • Ada review yang mengatakan bahan besinya cukup ringkih

Rak satu ini bisa dipasang di atas wastafel sehingga cocok untuk Anda yang tak punya space terlalu besar di dapur. Saat selesai membilas peralatan makan, Anda bisa langsung meletakkannya di rak yang dipasang tepat di atas sink dapur. 


Untuk kapasitasnya sendiri, dish rack ini mampu menampung beban sekitar 15 kg. Rak ini terbuat dari stainless steel yang antikarat dan tahan korosi. Hal tersebut akan membuat rak piring ini awet dan tahan lama.

Tipe rakTipe bertingkat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Sistem pembuangan airTanpa water tray
Jumlah rak penyimpanan1 rak
Perlu dirakit
Ukuran86 cm x 33,5 cm x 51 cm
BeratTidak diketahui
MaterialStainless steel
WarnaHitam
View all
No.3

AngolaRak Piring PlastikC29

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Cegah debu dan serangga masuk dengan rak piring berbentuk wadah berpenutup

Kelebihan:

  • Tutup dapat diputar 90 derajat sehingga memudahkan saat pengambilan piring
  • Rak piring berbentuk wadah yang rapat sehingga bebas debu dan serangga
  • Terdapat nampan tirisan air di bagian bawah

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli merasa kesulitan menutup rak dengan rapat
  • Beberapa pengguna mengeluhkan bahan plastik yang rentan retak

Jika Anda ingin cucian piring dan peralatan makan Anda terbebas dari debu, Anda membutuhkan rak piring yang tertutup. Produk yang satu ini bisa menjadi pertimbangan Anda karena berpenutup sehingga lalat pun tidak akan bisa masuk. Penutupnya pun bisa diputar 90 derajat sehingga akan memudahkan Anda dalam pengambilan piring.


Di bagian bawah rak terdapat wadah berupa nampan yang berfungsi menampung tetesan air setelah piring dicuci. Anda tinggal membuang air tersebut agar rak tetap kering.

Tipe rakPortable
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Sistem pembuangan airDilengkapi water tray
Jumlah rak penyimpanan1 rak
Perlu dirakit
Ukuran35 cm x 26 cm x 29 cm
BeratTidak diketahui
MaterialPlastik
WarnaBiru, pink, hijau
View all
No.4

OxihomTempat Rak Pengering Piring Plastik

Harga referensi
Rp137.250
Menengah

Lebih praktis mengeringkan piring di rak bentuk baki saringan besar

Kelebihan:

  • Dapat juga digunakan untuk mengeringkan sayuran dan buah-buahan
  • Terdapat penampung air di bagian bawah rak
  • Dapat diletakan di wastafel untuk kemudahan mengalirkan air ke sink

Kekurangan:

  • Sebagian pembeli mengeluhkan bahan plastik yang rentan pecah

Bila Anda membutuhkan rak untuk mengeringkan piring atau buah-buahan dan sayuran, Anda bisa mencoba rak yang satu ini. Bentuknya seperti baki saringan besar yang biasa digunakan untuk menampung cucian pakaian. Namun, rak ini memiliki tempat untuk menyangga piring, gelas, dan tempat sendok.


Tak hanya itu, rak ini juga disertai nampan di bagian dasarnya yang bisa digunakan untuk menampung air tetesan. Karena berbentuk wadah saringan, rak ini bisa ditaruh di atas wastafel untuk kemudahan mengalirkan air ke sink. Setelah benar-benar kering, rak bisa langsung diangkat.

Tipe rakPortable
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Sistem pembuangan airDilengkapi water tray
Jumlah rak penyimpanan1 rak
Perlu dirakit
Ukuran45 cm x 28,5 cm x 18 cm
BeratTidak diketahui
MaterialPP (polypropylene)
WarnaHijau, khaki, putih, biru
View all
No.5

Tec HousewareKUDO Rak Dapur Nordic Style

Harga referensi
Rp320.000
Agak Mahal

Rak putih ala Japandi, kekinian dan Instagrammable

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan yang antikarat
  • Terdapat tatakan tampungan air untuk pembuangan air sisa tetesan piring

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan bahan plastik nampan yang tipis sehingga rentan pecah

Saat ini, tren perkakas dapur yang serbaputih, clean, dan minimalis sedang populer. Desain ala Japandi (Japanese Scandinavian) ini banyak diminati karena warnanya tidak mencolok mata, estetik, dan membuat dapur terasa spacious


Jika Anda juga penggemar desain ala Japandi, rak dapur dengan dominasi warna putih dan aksen kayu ini bisa dipilih. Rak ini terdiri dari dua varian, yakni satu tingkat dan dua tingkat. Model mana pun yang Anda pilih, semuanya akan tampak Instagrammable!

Tipe rakTipe bertingkat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganTidak diketahui
Sistem pembuangan airDilengkapi water tray
Jumlah rak penyimpanan2 rak
Perlu dirakit
Ukuran1 Susun: 43 cm x 30,5 cm x 14 cm・2 Susun: 43 cm x 32 cm x 27 cm
BeratTidak diketahui
MaterialStainless steel
WarnaHitam, putih
View all
No.6

TATARUMANori Rak Piring Stainless 2 Tingkat

Harga referensi
Rp329.000
Agak Mahal

Rak piring dua tingkat untuk menampung segala jenis peralatan makan

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan drainer saluran pembuangan air 360 derajat

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan lapisan cat pada bahan besi mudah terkelupas

Anda memiliki banyak jenis peralatan makan? Jika demikian, Anda membutuhkan rak piring dua tingkat yang terbuat dari stainless steel ini. Ada dua rak utama yang bisa Anda manfaatkan untuk menampung piring, mangkuk, dan gelas. Pada bagian pinggir rak atas, terdapat penyangga yang bisa Anda gunakan untuk menaruh gelas.


Di samping rak bawah, terdapat wadah kecil yang bisa Anda gunakan sebagai tempat sendok garpu. Pada bagian alas, terdapat nampan yang mampu menampung air tetesan cucian dan ada drainer untuk membuangnya ke saluran pembuangan.

Tipe rakTipe bertingkat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Sistem pembuangan airDilengkapi water tray
Jumlah rak penyimpanan2 rak
Perlu dirakit
Ukuran42 cm x 30 cm x 33 cm
BeratTidak diketahui
MaterialBesi lapis cat
WarnaHitam, putih
View all
No.7

InformaStarlight Rak Piring 2 Tingkat

Harga referensi
Rp169.000
Menengah

Dilengkapi tempat sendok dan gelas, makin komplet!

Kelebihan:
  • Memiliki konstruksi yang kokoh, awet, dan stabil
  • Dilengkapi tempat sendok dan mug holder 

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan masih terdapat bekas las pada sambungan rak

Merek Informa pasti sudah tak asing di telinga Anda. Selain bisa didapatkan secara online, Anda juga bisa membelinya secara offline di jaringan toko Informa di Indonesia. Produk berkualitas ini terdiri dari dua tingkat dengan tray peniris yang bisa dilepas pasang. Anda pun tak perlu khawatir akan adanya air yang menggenang. 


Desainnya pun terasa fungsional. Semua perkakas, seperti piring, mug, gelas, mangkuk, dan peralatan makan lainnya memiliki tempat tersendiri. Dengan produk yang satu ini, Anda bisa dengan mudah mengambil piring saat dibutuhkan. 

Tipe rakTipe bertingkat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Sistem pembuangan airDilengkapi water tray
Jumlah rak penyimpanan2 rak
Perlu dirakit
Ukuran42,5 cm x 25 cm x 36,5 cm
BeratTidak diketahui
MaterialBesi, plastik
WarnaSilver
View all
No.8

HAYYLIFERak Piring Ramping MiniHL-AGB739

Harga referensi
Rp79.999
Agak Murah

Rak piring ramping yang tidak akan makan banyak tempat

Kelebihan:

  • Desain sangat ramping sehingga tidak memakan banyak space
  • Terbuat dari bahan baja karbon dengan lapisan cat yang tahan suhu tinggi

Kekurangan:

  • Kapasitas rak terbatas hanya untuk menyimpan beberapa piring

Bagi Anda yang menginginkan rak piring ringkas dan fungsional, rak piring ramping ini bisa menjadi pilihan tepat. Desainnya simpel dan minimalis sehingga rak ini bisa Anda taruh di tempat yang sempit. Dengan rak ramping ini, Anda tidak lagi kesulitan mencari piring kesayangan Anda pada tumpukan piring di lemari dapur.


Selain itu, rak ini pun bisa digunakan untuk menaruh serbet atau kain lap. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengelap piring kesayangan Anda dan segera melahap hidangan di meja makan.

Tipe rakTipe stand
Model rakModel sekat
Cara pemasanganTidak diketahui
Sistem pembuangan airTanpa water tray
Jumlah rak penyimpananTidak diketahui
Perlu dirakit
Ukuran14 cm x 12 cm x 11,5 cm
Berat0,3 kg
MaterialBaja karbon
WarnaWhite, black
View all
No.9

IKEAKVOT Pengering Piring

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

Dapat dilipat dan kapasitasnya besar untuk menampung banyak piring

Kelebihan:
  • Kapasitas dan ukurannya besar sehingga memiliki banyak slot untuk menaruh piring
  • Rak piring dapat dilipat sehingga tidak akan makan banyak tempat
  • Bagian kaki dilapisi karet sehingga tidak akan mudah selip

Kekurangan:

  • Tidak ada tempat khusus untuk menaruh sendok dan gelas
  • Tidak dilengkapi nampan untuk menampung tetesan air dari piring

Bila Anda memiliki banyak alat makan, rak piring dari IKEA ini dapat menjadi pilihan. Ukuran besar plus banyaknya slot piring pada produk ini memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak alat makan sekaligus.


Rak peniris piring dua tingkat ini juga bisa dilipat sehingga tidak makan tempat. Bagian kakinya dilapisi karet sehingga tak mudah selip atau berdecit saat digeser-geser.
Tipe rakTipe lipat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganTidak diketahui
Sistem pembuangan airTanpa water tray
Jumlah rak penyimpanan2 rak
Perlu dirakit
Ukuran48 cm x 29 cm x 23 cm
BeratTidak diketahui
MaterialBaja, galvanis, lacquer akrilik bening, karet
WarnaSIlver
View all
No.10

MATOUGUIRak Piring Lipat Silicone

Harga referensi
Rp42.000
Lebih Murah

Peniris piring portabel yang bisa dilipat

Kelebihan:

  • Rak dapat dilipat menjadi tipis sehingga memudahkan penyimpanan
  • Terbuat dari bahan silikon yang lentur dan bebas BPA sehingga aman

Kekurangan:

  • Ukuran produk kecil sehingga tidak bisa memuat banyak piring

Rak piring ini terbuat dari bahan silikon yang lentur. Desainnya expandable dan terbuat dari bahan yang bebas BPA. Saat akan dipakai, Anda tinggal menarik produk ini ke atas (expand) agar bisa menampung cucian.


Nah, saat tidak dipakai, Anda bisa menekuknya kembali dan menyimpannya dalam ukuran yang slim. Jangan lupa untuk mengelap rak ini hingga kering sebelum disimpan agar tidak jamuran, ya. 

Tipe rakTipe lipat
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPush pin
Sistem pembuangan airTanpa water tray
Jumlah rak penyimpanan1 rak
Perlu dirakit
Ukuran36,5 cm x 31,5 cm x 13 cm
BeratTidak diketahui
MaterialSilikon
WarnaPutih abu-abu
View all

Baca juga rekomendasi perlengkapan cuci piring lainnya di sini

Minyak membandel sering kali sulit dibersihkan dari piring. Anda perlu memilih sabun cuci piring yang ampuh untuk membersihkan minyak. Anda juga perlu menggunakan spons cuci piring atau sikat khusus agar peralatan Anda makin mudah dibersihankan. Anda bisa membaca ulasan detailnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Rak piring memudahkan Anda untuk mengeringkan serta menata peralatan makan Anda. Dapur Anda pun akan terlihat makin rapi dengan adanya rak piring. Anda bisa memilih produk yang hemat ruang agar dapur Anda tetap terlihat rapi dan bersih.


Pastikan juga untuk mengecek sistem pembuangan airnya agar Anda tak repot membersihkannya. Selamat berbelanja! Semoga rak piring yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.

5 Rekomendasi Rak Piring terbaik

No. 1: SunxinRak Piring 2 Susun Plastik

No. 2: Plus OneRak Piring Wasafel Anti Karat

No. 3: AngolaRak Piring PlastikC29

No. 4: OxihomTempat Rak Pengering Piring Plastik

No. 5: Tec HousewareKUDO Rak Dapur Nordic Style

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.