10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.

Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!

Daftar isi

Cara memilih gitar akustik untuk pemula

Secara garis besar, gitar akustik terbagi menjadi empat tipe, yaitu steel string, standar, acoustic electric, dan silent guitar. Mari pahami karakteristik masing-masing tipe gitar melalui penjelasan kami di bawah ini dan pilihlah yang paling cocok untuk Anda!

Steel string guitar, mudah dimainkan

Steel string guitar, mudah dimainkan

Gitar akustik tipe steel string atau disebut juga folk adalah gitar akustik yang paling sering digunakan oleh para gitaris. Gitar ini memiliki ukuran compact dan neck yang ramping serta nyaman digenggam sehingga sangat cocok dimainkan oleh orang-orang yang bertubuh kecil.

Gitar ini memiliki karakteristik suara yang halus dan tajam dengan range frekuensi yang cukup panjang. Tidak hanya memiliki ukuran yang compact, gitar tipe ini juga tersedia dalam berbagai model, mudah digunakan, dan memiliki harga cukup terjangkau.

Gitar ini juga cocok digunakan untuk memainkan lagu-lagu yang tenang seperti lagu pop atau instrumental gitar solo. Gitar ini sangat direkomendasikan untuk wanita, anak-anak, atau orang yang bertubuh kecil.

Gitar akustik tipe standar, bentuk yang khas plus suara dinamis

Gitar akustik tipe standar, bentuk yang khas plus suara dinamis

Jika dibandingkan dengan gitar akustik tipe steel string, ukuran body gitar akustik tipe standar lebih besar dan 1,5 kali lebih tebal. Lekukan badan gitarnya pun berbeda dengan tipe steel string. Ukurannya yang seperti itu membuat suara gitar ini menjadi lebih dinamis dan berkarakter.

Apabila Anda ingin memainkan lagu dengan nuansa rock, gitar ini sangat cocok untuk Anda karena hanya gitar akustik tipe inilah yang mampu mempertajam kekuatan bas dan intonasi suara dengan dinamis.

Meski sebagian orang berpendapat bahwa gitar ini agak sulit digunakan kecuali bagi orang yang mulai terbiasa, gitar ini akan pas untuk Anda yang ingin memainkan musik dengan genre rock, jazz, dan blues karena karakteristik suara yang dimilikinya ini.

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live

Gitar akustik tipe steel string atau standar yang sudah dipasang pickup atau mikrofon dinamakan gitar acoustic electric. Dengan menghubungkannya ke amplifier, volumenya bisa menjadi lebih besar sehingga sangat cocok digunakan bila Anda ingin menikmati suara gitar akustik dalam volume besar atau ingin melakukan pertunjukan live.

Sebenarnya, jika Anda sudah memiliki gitar akustik tipe steel string atau standar, kemudian Anda menginginkan gitar acoustic electric, Anda tidak perlu membeli gitar baru. Sebab, gitar tersebut bisa dijadikan gitar acoustic electric hanya dengan memasang pickup.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa gitar tipe steel string dan standar memiliki nada dan suara frekuensi rendah. Hal tersebut mengakibatkan ketika Anda melakukan pemasangan pickup tambahan, tidak hanya suara gitar akustik itu sendiri yang meningkat, tetapi juga gangguan suara seperti bising dan feedback. Semakin volume suara dinaikkan, gangguan suara semakin terdengar sehingga sulit untuk menonjolkan karakter suara kedua tipe gitar tersebut secara jelas.

Sementara itu, gitar acoustic electric sudah didesain dengan canggih sehingga dapat menyingkirkan suara-suara frekuensi rendah dan menghilangkan gangguan suara meski volume diperbesar. Dengan begitu, bahkan dalam volume besar pun suara yang dihasilkan tetap jernih dan jelas.

Bentuk gitar ini mirip dengan gitar elektrik karena leher gitarnya yang ramping. Meski suara tanpa amplifier-nya tergolong kecil, bagi para pemula yang ingin cepat fasih bermain gitar, tipe gitar acoustic electric yang mudah digunakan ini pun sangat direkomendasikan.

Silent guitar, solusi tepat bermain gitar di apartemen atau saat malam hari

Silent guitar, solusi tepat bermain gitar di apartemen atau saat malam hari

Volume suara gitar akustik memang cukup besar sehingga Anda harus berhati-hati saat berlatih memainkannya agar tidak mengganggu orang di sekitar Anda. Tentu Anda tidak ingin diteriaki oleh tetangga yang terganggu karena suara gitar yang Anda mainkan di malam hari, bukan? Untuk itu, silent guitar adalah solusinya.

Silent guitar sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin berlatih gitar kapan saja bahkan di malam hari tanpa takut menggangu orang di sekitar Anda. Anda bisa mengontrol suara gitar ini dengan menyambungkannya ke amplifier atau headphone.

10 Rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula

Jika Anda sudah memahami jenis dan fungsi gitar akustik, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi gitar akustik terbaik untuk Anda. Pilihlah gitar akustik berdasarkan cara memilih yang telah kami jabarkan agar Anda nyaman memainkannya dan cepat mahir bermain gitar.

10. Cowboy Akustik Folk Guitar

10. Cowboy Akustik Folk Guitar

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 830.000

Lebih tahan lama dengan string antikarat

Produk dengan nama Cowboy ini adalah gitar akustik tipe steel string atau folk yang tahan lama dengan senar string antikarat. Body gitar ini terbuat dari basswood, sedangkan fingerboard-nya terbuat dari kayu mahoni yang dikenal kokoh. Jadi, bila Anda menginginkan gitar yang awet, gitar ini sangat cocok untuk Anda.

Kelebihan lain dari gitar ini adalah ukurannya yang hanya sebesar 38 inci membuatnya mudah digunakan dan cocok untuk siapapun termasuk untuk pemula, wanita, dan anak-anak. Dengan desain pola bergaya vintage di sekitar soundhole plus finishing gloss pada body gitar, penampilan gitar ini pun menjadi semakin menarik.

9. Legend YH-36C

9. Gibson Acoustic Steel String Guitar YH-36C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 599.000

Praktis digunakan sambil berdiri berkat pengait dan strap 

Para gitaris sering kebingungan ketika akan memainkan gitar sambil berdiri karena gitar yang mereka miliki tidak terdapat pengait untuk memasang strap. Untuk menghindari masalah tersebut, gitar Legend YH-36C adalah solusinya. Gitar ini nyaman digunakan sambil berdiri karena dilengkapi dengan pengait yang terdapat pada ujung body gitar.

Selain direkomendasikan untuk Anda yang sering bermain gitar sambil berdiri, produk ini juga direkomendasikan untuk pemula yang masih belum terbiasa memangku gitarnya. Bermain gitar menggunakan strap dapat menghindari bergesernya gitar dari pangkuan Anda yang bisa membuat latihan semakin sulit.

8. Yamaha Silent Guitar SLG200S

8. Yamaha Silent Guitar SLG200S

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.980.000

Perpaduan antara desain modern dan gaya klasik

Yamaha silent guitar direkomendasikan untuk Anda yang ingin berlatih gitar kapan saja bahkan di malam hari tanpa takut mengganggu orang di sekitar Anda. Suara gitar ini dapat dengan mudah Anda kontrol melalui headphone atau amplifier. Selain itu, mode suara gitar ini juga dapat Anda ubah dari akustik menjadi elektrik.

Anda akan merasakan perpaduan antara desain modern dan klasik secara bersamaan karena gitar ini dirancang secara modern dengan tetap mempertahankan gaya klasik khas gitar konvensional. Bingkai gitar bagian atas dapat dilepas sehingga gitar menjadi ringkas saat dibawa. Tersedia dalam tiga pilihan warna menarik, Anda pasti semakin menyukainya!

7. Cort SFX-ME-OP

7. Cort SFX-ME-OP

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.700.000

Semakin versatile dengan kombinasi kayu spruce dan mahoni

Jenis kayu yang digunakan pada sebuah gitar sangat menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Gitar akustik elektrik keluaran Cort ini adalah contoh kombinasi sempurna dari sebuah gitar akustik karena di bagian permukaan gitar ini menggunakan kayu spruce, sementara bagian belakang dan sisinya menggunakan kayu mahoni.

Gitar yang menggunakan kayu spruce mampu menekan gangguan suara pada gitar lebih sempurna dari kayu basswood. Kayu spruce dikenal memiliki kerangka yang kuat dan mampu menghasilkan harmoni suara gitar luar biasa, membuat gitar ini cocok untuk memainkan lagu ber-genre apa pun. Bagi Anda yang ingin belajar memainkan bermacam jenis lagu, gitar ini pilihannya!

6. Yamaha APXT2

6. Yamaha APXT2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.737.000

Gitar ukuran mini yang mudah dibawa ke mana saja

Yamaha APXT2 adalah gitar yang cocok untuk para traveler karena berukuran mini dan memiliki body ramping sehingga praktis dibawa ke mana saja. Oleh karena itu, gitar ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering bepergian dan membutuhkan gitar dalam perjalanan Anda.

Gitar ini dilengkapi dengan sistem pickup berbasis ART dan active preamp yang mampu menghasilkan suara natural khas gitar akustik melalui amplifier. Mid-boost EQ dan chromatic tuner-nya juga mampu menghasilkan suara yang tajam secara optimal. Dipadukan dengan kayu spruce. Suara gitar ini pun semakin bright

5. Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor

5. Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.120.000

Taylor Swift signature bikin produk ini sangat layak dikoleksi!

Taylor Guitars bekerja sama dengan Taylor Swift mengeluarkan gitar akustik bertanda tangan asli Taylor Swift. Pada permukaan gitar terdapat cetakan dengan desain pola pohon anggur, tiga kata “love“, dan tanda tangan Taylor Swift yang membuat gitar ini semakin menampilkan karakter Taylor Swift.

Sesuai dengan gaya muda Taylor Swift, gitar ini didesain ramping dengan ukuran 3/4 dari tipe standar sementara lehernya 1 11/16 inci sehingga gitar ini cocok dimainkan oleh semua kalangan, baik itu wanita, anak-anak, dan pemula. Gitar ini sangat pas bila Anda adalah fans Taylor Swift atau ingin belajar bermain gitar karena terinspirasi oleh Taylor Swift.

4. Ibanez AEG15II LG

4. Ibanez AEG15II LG

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.790.000

Volume suara tetap kuat dengan atau tanpa amplifier 

Gitar satu ini memiliki ketebalan lebih ramping dari gitar standar biasa sehingga menghasilkan suara akustik yang seimbang baik dengan atau tanpa amplifier. Bila Anda ingin menikmati keindahan suara gitar akustik dalam volume besar bahkan saat Anda tidak menggunakan amplifier, produk ini solusinya. 

Selain itu, gitar ini juga dilengkapi dengan Fishman Sonicore pickup dan Ibanez preamp yang mampu menghasilkan suara yang jernih. Daya tahan gitar ini tidak perlu diragukan lagi karena bagian permukaan gitar ini terbuat dari kayu cedar, sedangkan di bagian belakang dan sisinya terbuat dari kayu mahoni sehingga menjadikan gitar ini kuat dan kokoh.

3. Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar

3. Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.850.000

Gitar akustik bergaya vintage khas gitaris band lawas, Ron Emory

Selanjutnya, kami akan menampilkan gitar yang terinspirasi dari gitaris band lawas asal Amerika, yaitu Ron Emory dari grup band True Sounds of Liberty. Fender menciptakan gitar ukuran kecil dengan fitur-fitur favorit pilihan Ron Emory. Gitar ini memiliki bentuk body parlor klasik dengan finishing sunburst yang menonjolkan gaya vintage ala 1930-an.

Kemudian, permukaan gitar ini menggunakan bahan kayu spruce, sedangkan bagian belakang, leher, dan sisinya menggunakan kayu mahoni yang menghasilkan suara gitar yang dalam sehingga pas untuk memainkan lagu punk atau rock. Tentunya gitar ini sangat cocok bagi Anda penyuka musik punk atau rock!

2. Yamaha F310

2. Yamaha F310

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 995.000

Gitar berkualitas tinggi dengan harga ekonomis

Yamaha F310 dikenal sebagai gitar yang berkualitas tinggi, tetapi tetap berharga terjangkau daripada gitar sejenis dari merek lainnya. Bagian depan gitar terbuat dari kayu spruce, bagian belakang dan sisinya terbuat dari kayu mahoni, sedangkan fingerboard-nya terbuat dari kayu rosewood. Perpaduan tersebut akan menghasilkan suara yang sangat jernih.

Gitar ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membeli gitar berkualitas baik dengan budget yang tidak terlalu mahal. Selain itu, gitar ini juga sangat direkomendasikan untuk pemula karena jika dibandingkan dengan gitar pada umumnya, fingerboard gitar ini tidak terlalu lebar sehingga nyaman bagi Anda yang belum terbiasa bermain gitar.

1. Yamaha APX500II

1. Yamaha APX500II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.350.000

Desain classy plus fitur modern, sangat asyik dimainkan!

Bila Anda mencari gitar akustik dengan tampilan timeless dengan fitur yang kekinian, produk ini pilihannya. Memiliki tampilan seperti gitar Yamaha tahun 1987, produk ini terlihat sangat eye-catching dan khas. Dirancang dengan sistem bracing pattern x-type yang modern, resonansi dan suara gitar ini semakin optimal dan natural.

Tidak hanya itu, gitar ini juga dilengkapi dengan sistem pickup dan preamp SRT yang sangat kekinian. Hasilnya, gitar ini mampu memberi Anda suara alami gitar akustik kualitas studio! Apalagi, gitar ini terbuat dari kayu spruce dan kayu nato sehingga setiap nada yang dihasilkan pun terdengar begitu balance dan tajam.

Kesimpulan

Bagi Anda yang baru belajar bermain gitar, Anda perlu memperhatikan body dan tipe gitar. Selain itu, perhatikan juga jenis kayu yang digunakan pada gitar akustik karena akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Kami harap 10 rekomendasi gitar akustik terbaik di atas dapat membantu Anda, khususnya yang masih pemula dalam memilih gitar yang paling tepat untuk Anda. Dengan memilih gitar yang tepat, Anda akan cepat mahir bermain gitar.