• 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)

Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.

Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 21.870 Views
Daftar isi

Cara memilih gitar akustik untuk pemula

Secara garis besar, gitar akustik terbagi menjadi empat tipe, yaitu steel string, standar, acoustic electric, dan silent guitar. Mari pahami karakteristik masing-masing tipe gitar melalui penjelasan kami di bawah ini dan pilihlah yang paling cocok untuk Anda!

Steel string guitar, mudah dimainkan

Steel string guitar, mudah dimainkan
Gitar akustik tipe steel string atau disebut juga folk adalah gitar akustik yang paling sering digunakan oleh para gitaris. Gitar ini memiliki ukuran compact dan neck yang ramping serta nyaman digenggam sehingga sangat cocok dimainkan oleh orang-orang yang bertubuh kecil.
Gitar ini memiliki karakteristik suara yang halus dan tajam dengan range frekuensi yang cukup panjang. Tidak hanya memiliki ukuran yang compact, gitar tipe ini juga tersedia dalam berbagai model, mudah digunakan, dan memiliki harga cukup terjangkau.
Gitar ini juga cocok digunakan untuk memainkan lagu-lagu yang tenang seperti lagu pop atau instrumental gitar solo. Gitar ini sangat direkomendasikan untuk wanita, anak-anak, atau orang yang bertubuh kecil.

Gitar akustik tipe standar, bentuk yang khas plus suara dinamis

Gitar akustik tipe standar, bentuk yang khas plus suara dinamis
Jika dibandingkan dengan gitar akustik tipe steel string, ukuran body gitar akustik tipe standar lebih besar dan 1,5 kali lebih tebal. Lekukan badan gitarnya pun berbeda dengan tipe steel string. Ukurannya yang seperti itu membuat suara gitar ini menjadi lebih dinamis dan berkarakter.
Apabila Anda ingin memainkan lagu dengan nuansa rock, gitar ini sangat cocok untuk Anda karena hanya gitar akustik tipe inilah yang mampu mempertajam kekuatan bas dan intonasi suara dengan dinamis.
Meski sebagian orang berpendapat bahwa gitar ini agak sulit digunakan kecuali bagi orang yang mulai terbiasa, gitar ini akan pas untuk Anda yang ingin memainkan musik dengan genre rock, jazz, dan blues karena karakteristik suara yang dimilikinya ini.

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live
Gitar akustik tipe steel string atau standar yang sudah dipasang pickup atau mikrofon dinamakan gitar acoustic electric. Dengan menghubungkannya ke amplifier, volumenya bisa menjadi lebih besar sehingga sangat cocok digunakan bila Anda ingin menikmati suara gitar akustik dalam volume besar atau ingin melakukan pertunjukan live.
Sebenarnya, jika Anda sudah memiliki gitar akustik tipe steel string atau standar, kemudian Anda menginginkan gitar acoustic electric, Anda tidak perlu membeli gitar baru. Sebab, gitar tersebut bisa dijadikan gitar acoustic electric hanya dengan memasang pickup.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa gitar tipe steel string dan standar memiliki nada dan suara frekuensi rendah. Hal tersebut mengakibatkan ketika Anda melakukan pemasangan pickup tambahan, tidak hanya suara gitar akustik itu sendiri yang meningkat, tetapi juga gangguan suara seperti bising dan feedback. Semakin volume suara dinaikkan, gangguan suara semakin terdengar sehingga sulit untuk menonjolkan karakter suara kedua tipe gitar tersebut secara jelas.
Sementara itu, gitar acoustic electric sudah didesain dengan canggih sehingga dapat menyingkirkan suara-suara frekuensi rendah dan menghilangkan gangguan suara meski volume diperbesar. Dengan begitu, bahkan dalam volume besar pun suara yang dihasilkan tetap jernih dan jelas.
Bentuk gitar ini mirip dengan gitar elektrik karena leher gitarnya yang ramping. Meski suara tanpa amplifier-nya tergolong kecil, bagi para pemula yang ingin cepat fasih bermain gitar, tipe gitar acoustic electric yang mudah digunakan ini pun sangat direkomendasikan.

Silent guitar, solusi tepat bermain gitar di apartemen atau saat malam hari

Silent guitar, solusi tepat bermain gitar di apartemen atau saat malam hari
Volume suara gitar akustik memang cukup besar sehingga Anda harus berhati-hati saat berlatih memainkannya agar tidak mengganggu orang di sekitar Anda. Tentu Anda tidak ingin diteriaki oleh tetangga yang terganggu karena suara gitar yang Anda mainkan di malam hari, bukan? Untuk itu, silent guitar adalah solusinya.
Silent guitar sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin berlatih gitar kapan saja bahkan di malam hari tanpa takut menggangu orang di sekitar Anda. Anda bisa mengontrol suara gitar ini dengan menyambungkannya ke amplifier atau headphone.

10 Rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula

Jika Anda sudah memahami jenis dan fungsi gitar akustik, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi gitar akustik terbaik untuk Anda. Pilihlah gitar akustik berdasarkan cara memilih yang telah kami jabarkan agar Anda nyaman memainkannya dan cepat mahir bermain gitar.

10. Cowboy Akustik Folk Guitar

Rp 830.000,00

5. Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor

Rp 4.120.000,00

3. Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar

Rp 3.850.000,00

Kesimpulan

Bagi Anda yang baru belajar bermain gitar, Anda perlu memperhatikan body dan tipe gitar. Selain itu, perhatikan juga jenis kayu yang digunakan pada gitar akustik karena akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.
Kami harap 10 rekomendasi gitar akustik terbaik di atas dapat membantu Anda, khususnya yang masih pemula dalam memilih gitar yang paling tepat untuk Anda. Dengan memilih gitar yang tepat, Anda akan cepat mahir bermain gitar.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Musik
    9.239 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    5.215 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    4.963 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memiliki MP3 Player yang memiliki kualitas suara terbaik. Produsen yang terkenal handal dalam menciptakan produk MP3 Player berkualitas dengan berbagai fitur menarik salah satunya adalah Sony.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk MP3 Player terbaik dengan membandingkan performa, fitur dan harganya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih MP3 Player agar Anda bisa menemukan produk favorit Anda dan menikmati lagu dengan kualitas suara terbaik pula. Jadi, sudah siap memilih MP3 Player terbaik Anda?
    Musik
    4.781 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    5.196 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan berbagai varian bahan dan tingkat ketebalan. Karena bermain gitar tidak semata soal performa, desain pick gitar juga perlu dipertimbangkan untuk mendongkrak penampilan Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, misalnya D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami juga akan menjelaskan cara memilih pick gitar yang baik untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih pick gitar dengan desain yang unik.
    Musik
    317 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori