• 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Gitar akustik lebih mudah digunakan jika Anda baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Cort, dan Mandalika.

Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus dan cocok untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar akustik untuk pemula

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli gitar akustik, khususnya untuk pemula. Simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih gitar yang ukurannya sesuai untuk Anda

Saat belajar memainkan gitar akustik untuk pertama kalinya, Anda sebaiknya menggunakan gitar dengan ukuran yang tepat. Ukuran gitar akan memengaruhi kemudahan memainkannya. Berdasarkan ukurannya, ada empat tipe gitar akustik. Tiap tipe memiliki karakteristik tersendiri. Anda bisa memilih tipe yang paling sesuai dengan preferensi pribadi.

Tipe dreadnought, gitar ukuran standar untuk beragam jenis musik

Tipe dreadnought, gitar ukuran standar untuk beragam jenis musik

Gitar dreadnought adalah gitar dengan ukuran yang paling standar. Tipe inilah yang umum digunakan di berbagai kelas musik. Anda bisa memainkan banyak jenis musik dengan gitar tipe ini.


Gitar ini tergolong balance dalam kemampuannya untuk menghasilkan nada tinggi maupun rendah. Jika Anda belum yakin akan jenis musik yang hendak dimainkan, tipe ini adalah pilihan terbaik. Untuk berlatih memainkan chord pun gitar ini layak dipertimbangkan.


Namun, Anda perlu memperhatikan ukurannya. Tidak hanya pada bagian bodi, leher gitarnya pun memiliki ukuran yang cenderung besar. Terutama untuk wanita, anak-anak, atau orang yang bertubuh kecil, hal tersebut bisa terasa menyulitkan.

Tipe folk, kecil dan mudah digenggam oleh perempuan dan orang bertubuh kecil

Tipe folk, kecil dan mudah digenggam oleh perempuan dan orang bertubuh kecil

Gitar tipe folk memiliki ukuran yang lebih kecil daripada tipe dreadnought. Hal tersebut membuatnya mudah dimainkan oleh perempuan dan orang bertubuh kecil. Gitar berukuran besar tidak hanya lebih sulit dibawa, tetapi juga lebih sulit dimainkan oleh pemula. Sebaliknya, gitar folk memiliki neck  yang lebih mudah dipegang sehingga Anda bisa berlatih dengan lebih leluasa


Suara high-pitched yang menawan pun mudah dihasilkan oleh gitar folk. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Gitar folk sudah pasti pas digunakan untuk latihan chord gitar. Bahkan, produk ini juga cocok Anda pilih untuk memainkan melodi gitar atau arpeggio.

Tipe jumbo, berukuran besar dan menghasilkan suara yang besar pula

Tipe jumbo, berukuran besar dan menghasilkan suara yang besar pula

Sesuai dengan namanya, gitar tipe jumbo memiliki bodi berukuran jumbo dengan bentuk lebih membulat di bagian bawah. Bodinya yang jumbo sebanding kekuatan suara yang dihasilkannya. Oleh karena itu, gitar ini cocok digunakan oleh Anda yang mencari gitar bersuara besar. Namun, karena berukuran besar, perempuan dan anak-anak mungkin akan kesulitan saat menggunakannya. 

Tipe mini, ukuran paling kecil untuk anak-anak atau orang bertenaga kecil

Tipe mini, ukuran paling kecil untuk anak-anak atau orang bertenaga kecil

Tipe ini paling direkomendasikan untuk anak-anak atau orang yang kekuatan fisiknya kecil. Anda yang daya genggamnya tidak terlalu kuat atau memiliki tangan kecil bisa menjadikan tipe ini sebagai opsi. Gitar mini memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan gitar folk.


Selain itu, senarnya pun tidak terlalu tertarik kencang sehingga dengan sedikit tenaga pun senarnya sudah tertekan sempurna. Karakteristik tersebut membuatnya tepat digunakan oleh anak kecil yang baru pertama kali mencoba memainkan gitar. Namun, tuning gitarnya sendiri lebih rentan berubah sehingga Anda perlu menyetemnya lebih sering. 

Ketahui karakteristik material top/neck

Ketahui karakteristik material top/neck

Selain ukuran, jenis kayu yang digunakan untuk membuat top/neck menjadi faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya, material yang berbeda akan menghasilkan karakter suara yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pemaparan di bawah ini.


  • Mahoni

Bisa dikatakan bahwa kayu ini merupakan kayu yang paling banyak dimanfaatkan untuk pembuatan gitar, baik top maupun neck. Alasannya tidak lain karena harganya relatif terjangkau, awet, serta mudah dibentuk. Suara yang dihasilkannya pun terdengar dalam, hangat, cenderung lembut, dan stabil.


  • Spruce

Selain mahoni, kayu spruce juga umum dipakai sebagai material gitar. Kayu dengan visual berwarna pucat ini tergolong disukai karena menghasilkan suara yang halus, tetapi tidak terlalu bright.


  • Nato/sapele

Kayu nato adalah kayu yang banyak digunakan untuk pembuatan bagian top. Karakteristik dari kayu ini adalah treble-nya yang sangat menonjol dan menghasilkan sustain yang cukup panjang.


  • Maple

Kayu maple memiliki karakteristik yang cukup khas karena menghasilkan resonansi nada yang bright, low tight, dan sustain yang baik.

Cek jenis senar yang digunakan

Cek jenis senar yang digunakan

Di atas kami telah menjelaskan jenis-jenis kayu yang digunakan untuk pembuatan gitar. Kini, kami akan membahas mengenai string atau senar. Berdasarkan senarnya, gitar dibedakan menjadi dua, yaitu gitar steel dan gitar nylon. Yuk, simak penjelasannya.


  • Senar baja atau steel string
Steel string terbuat dari baja tahan karat. Range frekuensi yang dimilikinya cukup panjang sehingga suara yang dihasilkan pun terdengar lebih tajam. Oleh karena itu, hampir semua jenis musik cocok dimainkan dengan gitar steel string.. Beberapa di antaranya adalah musik country, rock, bluegrass, dan lain-lain.

  • Senar nylon
Di sisi lain, senar nylon pada gitar akustik berkontribusi pada produksi suara yang lebih hangat dan lembut. Itu sebabnya gitar yang menggunakan senar berbahan nylon sangat cocok untuk memainkan musik jenis klasik, flamenco, dan folk.

Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah mengetahui jenis senar yang Anda inginkan?

Gunakan gitar acoustic electric untuk bermain live

Gunakan gitar acoustic electric untuk bermain live

Gitar akustik biasa bisa langsung Anda mainkan tanpa membutuhkan amplifier. Namun, gitar akustik biasa memiliki suara yang terlalu kecil untuk digunakan saat tampil live. Anda bisa saja menggunakan mikrofon, tetapi pengaturannya tidak mudah dan suara yang tertangkap pun kurang maksimal.


Sementara itu, gitar acoustic electric bisa Anda mainkan di rumah layaknya memainkan gitar akustik biasa. Selain itu, dengan menghubungkannya ke amplifier menggunakan kabel jack, gitar acoustic electric bisa menghasilkan suara besar. Layaknya gitar elektrik, gitar acoustic electric pun siap dimainkan untuk berbagai penampilan live!

Untuk permulaan, pertimbangkan gitar top only veneer atau all plywood

Untuk permulaan, pertimbangkan gitar top only veneer atau all plywood

Bagian bodi gitar akustik biasanya dibuat dengan mengombinasikan berbagai kayu. Berdasarkan struktur kayunya, ada tiga tipe gitar akustik, yaitu all veneer, all plywood, dan top only veneer. Apa saja perbedaannya? Mari disimak.


  • Veneer adalah lembaran kayu yang belum diproses. Gitar akustik all veneer mampu menghasilkan suara cantik, tetapi memiliki harga yang tinggi. Hal tersebut membuatnya kurang pas dipilih untuk pertama kali oleh pemula.

  • Nah, jika Anda mengutamakan harga yang terjangkau, gitar akustik all plywood adalah opsi tepat. Sebagai informasi, plywood merupakan lembaran yang dibuat dari gabungan beberapa jenis kayu.

  • Sesuai namanya, top only veneer berarti veneer hanya digunakan pada bodi bagian atas gitar. Bagi Anda yang ingin merasakan kualitas suara lebih mumpuni, produk top only veneer adalah pilihannya. Karena itu, gitar akustik jenis ini lebih direkomendasikan untuk pemula.

Terlepas dari hal tersebut, bila Anda memang memiliki dana yang memadai, gitar all veneer tentu layak untuk dimiliki. Meski demikian, sangat disayangkan gitar akustik yang dijual di Indonesia jarang sekali mencantumkan mengenai hal ini.

10 Rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gitar akustik terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Yamaha SILENT Guitar

SLG200S

Mulai dari Rp 9.800.000,00

TipeSilent guitar
Material top/neckTidak disebutkan
SenarSteel
Varian warnaTobacco Brown Sunburst, Natural, Translucent Black, dan Crimson Red Burst
9

Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor (TSBT)

Mulai dari Rp 8.100.000,00

TipeDreadnought, mini
Material top/neckSpruce/maple
SenarSteel
Varian warnaTidak disebutkan
8
TipeFolk
Material top/neckSitka spruce/jabon
SenarNylon
Varian warnaAntique Natural
7
TipeAcoustic electric
Material top/neckSpruce/mahoni
SenarSteel
Varian warnaNatural Glossy, Open Pore, dan Black Satin
6
TipeMini, acoustic electric
Material top/neckSpruce/mahoni
SenarSteel
Varian warnaDark Red Burst, Natural, Black, dan Old Violin Sunburst
5

Yamaha Gitar Akustik Elektrik

APX600

Mulai dari Rp 2.425.000,00

TipeAcoustic electric
Material top/neckSpruce/nato
SenarSteel
Varian warnaNatural, Black, Oriental Blue Burst, Old Violin Sunburst, Mate Smockey Black
4

MandalikaDe Ticco Series

DTS-01TY

Mulai dari Rp 730.000,00

TipeAcoustic electric
Material top/neckMahoni
SenarSteel
Varian warnaBlack, natural
3
TipeFolk
Material top/neckSpruce/nato
SenarNylon
Varian warnaNatural
2
TipeJumbo
Material top/neckSpruce/sapele
SenarSteel
Varian warnaNatural, brown
1
TipeDreadnought
Material top/neckSpruce/nato
SenarSteel
Varian warnaNatural, Tobacco Brown Sunburst

Tabel perbandingan produk gitar akustik terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Yamaha Gitar Akustik 1

Yamaha

2
Cowboy Gitar Akustik 1

Cowboy

3
Yamaha Gitar Klasik 1

Yamaha

4
Mandalika De Ticco Series 1

Mandalika

5
Yamaha  Gitar Akustik Elektrik 1

Yamaha

6
Yamaha  Gitar Akustik 1

Yamaha

7
Cort Acoustic Guitar 1

Cort

8
Valencia Classic Guitar 1

Valencia

9
Taylor Guitars  Taylor Swift Baby Taylor (TSBT) 1

Taylor Guitars

10
Yamaha  SILENT Guitar  1

Yamaha

Nama produk

Gitar Akustik

Gitar Akustik

Gitar Klasik

De Ticco Series

Gitar Akustik Elektrik

Gitar Akustik

Acoustic Guitar

Classic Guitar

Taylor Swift Baby Taylor (TSBT)

SILENT Guitar

Keunggulan

Dreadnought ekonomis untuk suara berkualitas tinggi

Beginner friendly, harganya pun kurang dari 1 juta

Gitar klasik dari merek ternama dengan kualitas mumpuni

Desainnya bernuansa retro dan berikan kesan elegan

Asyik dimainkan berkat desain classy dan fitur modern

Ukuran mininya bikin mudah dibawa ke mana saja

Bodi spruce plus mahoni, makin versatile

Tersedia dalam ukuran penuh dan 3/4

Taylor Swift signature, layak untuk dikoleksi!

Gitar eksotis untuk latihan tanpa mengganggu sekitar

Harga mulai dariRp 1.049.000,00Rp 730.000,00Rp 1.200.000,00Rp 730.000,00Rp 2.425.000,00Rp 1.835.000,00Rp 1.950.000,00Rp 992.000,00Rp 8.100.000,00Rp 9.800.000,00
TipeDreadnoughtJumboFolkAcoustic electricAcoustic electricMini, acoustic electricAcoustic electricFolkDreadnought, miniSilent guitar
Material top/neckSpruce/natoSpruce/sapeleSpruce/natoMahoniSpruce/natoSpruce/mahoniSpruce/mahoniSitka spruce/jabonSpruce/mapleTidak disebutkan
SenarSteelSteelNylonSteelSteelSteelSteelNylonSteelSteel
Varian warnaNatural, Tobacco Brown SunburstNatural, brownNaturalBlack, naturalNatural, Black, Oriental Blue Burst, Old Violin Sunburst, Mate Smockey BlackDark Red Burst, Natural, Black, dan Old Violin SunburstNatural Glossy, Open Pore, dan Black SatinAntique NaturalTidak disebutkanTobacco Brown Sunburst, Natural, Translucent Black, dan Crimson Red Burst
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar gitar akustik terbaik untuk pemula

Pertanyaan umum seputar gitar akustik terbaik untuk pemula

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar gitar akustik terbaik untuk pemula. Jika Anda masih penasaran dengan gitar akustik terbaik untuk pemula, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah sebaiknya membeli gitar yang murah dahulu?

Saran dari produser musik kami, Satriyo, jika budget-nya mencukupi sebaiknya belilah gitar dengan kualitas standar. Cara membedakan gitar itu standar atau tidak adalah melihat dari harga. Pastikan Anda membeli gitar asli, bukan replika.


Saat ini banyak sekali gitar replika yang sangat mirip dengan aslinya dengan harga lebih murah. Namun, pastinya Anda akan kecewa dengan gitar replika karena suara dan kenyamanan saat bermain pasti berbeda. Jadi, pastikan Anda membeli di toko-toko resmi dan tepercaya. Jika membeli secara online, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko tersebut.

Silent guitar, solusi cerdas untuk latihan di rumah

Silent guitar, solusi cerdas untuk latihan di rumah

Ada orang yang tinggal di tempat sewaan, misalnya rumah dan apartemen atau tinggal bersama orang lain. Orang-orang tersebut sedapat mungkin berlatih gitar tanpa menimbulkan gangguan bagi penghuni sekitar. Nah, silent guitar bisa menjadi pilihan yang lebih cerdas dibandingkan gitar akustik biasa. 


Silent guitar memiliki sistem pickup menggunakan energi listrik untuk menyalurkan suara yang dihasilkan langsung ke headphone atau amplifier. Gitarnya sendiri tidak akan menghasilkan suara apa pun.


Memainkan silent guitar untuk penampilan live akan membutuhkan keahlian tersendiri. Namun, untuk digunakan berlatih di rumah tanpa menimbulkan suara sedikit pun, silent guitar adalah pilihan tepat. Jika Anda berlatih di rumah atau belum memiliki dana untuk latihan gitar di kelas atau studio musik, pilih saja silent guitar!

Tips belajar gitar untuk pemula dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips belajar gitar untuk pemula dari produser musik kami, Satrio Arwanto

  • Pertama, Anda harus benar-benar mengenali bagian-bagian dari gitar.
  • Hafalkan nada di setiap senar tanpa menekan fretboard (open strings). Caranya bisa menghafal dari atas (nada paling rendah) atau dari bawah (nada tinggi). Susunan nada open strings dari atas adalah E-A-D-G-B-E.
  • Mulai melatih tangan kanan dengan memetik pola dasar. Setelah itu, lanjutkan dengan tangan kiri untuk memainkan pola pemanasan ataupun etude.
  • Setelah jari Anda nyaman, langkah selanjutnya adalah latihan akor. Pelajari akor-akor dasar mayor dan minor. 
  • Selanjutnya adalah memainkan lagu sederhana menggunakan akor yang sudah dikuasai.


Ingat, tidak ada yang instan dalam mempelajari suatu hal karena semuanya butuh proses. Begitu pula dengan belajar gitar. Anda harus sabar dan tekun mempelajarinya. Jika awal latihan Anda merasa sakit pada jari, sebaiknya jangan berhenti. Lanjutkan latihan secara perlahan dan nikmati. Lama-kelamaan jari Anda tidak sakit lagi. Semangat berlatih!

Baca juga rekomendasi beragam perlengkapan gitar lainnya di sini

Kemudahan memainkan gitar mini membuatnya kian diminati. Selain itu, kebutuhan akan perlengkapan gitar, seperti pick, amplifier, dan stand juga terus bertambah. Anda bisa membaca lebih detail tentang seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang baru belajar bermain gitar, ukuran gitar jangan sampai luput dari perhatian Anda. Selain itu, perhatikan juga struktur kayu yang digunakan pada gitar akustik karena akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Kami harap sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik di atas dapat membantu Anda. Dengan memilih gitar yang tepat, Anda akan cepat mahir bermain gitar. Selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori