• 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)

Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.

Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2020
  • 95.105 Views
Daftar isi

Cara memilih gitar akustik untuk pemula

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli gitar akustik terutama untuk pemula. Simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih gitar yang ukurannya sesuai untuk Anda

Saat belajar memainkan gitar akustik untuk pertama kalinya, Anda sebaiknya menggunakan gitar dengan ukuran yang tepat. Ukuran gitar akan memengaruhi kemudahan memainkannya. Berdasarkan ukurannya, ada tiga tipe gitar akustik. Masing-masing tipe memiliki karakteristik tersendiri. Anda bisa memilih tipe yang paling sesuai dengan preferensi pribadi.

Tipe dreadnought, gitar ukuran standar untuk beragam jenis musik

Tipe dreadnought, gitar ukuran standar untuk beragam jenis musik

Gitar dreadnought adalah gitar dengan ukuran yang paling standar. Tipe inilah yang umum digunakan di berbagai kelas musik. Anda bisa memainkan banyak jenis musik dengan gitar tipe ini. Gitar ini tergolong balance dalam kemampuannya untuk menghasilkan nada tinggi maupun rendah. Jika Anda belum yakin akan jenis musik yang hendak dimainkan, tipe ini adalah pilihan terbaik. Untuk berlatih memainkan chord pun gitar ini layak dipertimbangkan.


Namun, Anda perlu memperhatikan juga akan ukurannya. Tidak hanya pada bagian bodi, leher gitarnya pun memiliki ukuran yang cenderung besar. Terutama untuk wanita, anak-anak, atau orang yang bertubuh kecil, hal tersebut bisa terasa menyulitkan.

Tipe folk, kecil dan mudah digenggam oleh wanita dan orang bertubuh kecil

Tipe folk, kecil dan mudah digenggam oleh wanita dan orang bertubuh kecil

Gitar tipe folk memiliki ukuran yang lebih kecil daripada gitar tipe dreadnought. Hal tersebut membuatnya mudah dimainkan oleh orang bertubuh kecil dan sangat pas untuk dipilih oleh para wanita. Gitar berukuran besar tidak hanya lebih sulit dibawa, tetapi juga lebih sulit dimainkan oleh pemula. Sebaliknya, gitar folk neck-nya lebih mudah dipegang, Anda pun bisa berlatih dengan lebih leluasa. 


Suara high-pitched yang menawan pun mudah dihasilkan oleh gitar folk, hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Gitar folk sudah pasti pas digunakan untuk latihan chord gitar. Bahkan, produk ini juga cocok Anda pilih untuk memainkan melodi gitar atau arpeggio.

Tipe mini, ukuran paling kecil untuk anak-anak atau orang bertenaga kecil

Tipe mini, ukuran paling kecil untuk anak-anak atau orang bertenaga kecil

Tipe ini paling direkomendasikan untuk anak-anak atau orang yang kekuatan fisiknya kecil. Anda yang daya genggamnya tidak terlalu kuat atau memiliki tangan kecil bisa menjadikan tipe ini sebagai opsi. Gitar mini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan gitar folk. Selain itu, senarnya pun tidak terlalu tertarik kencang sehingga dengan sedikit tenaga pun senarnya sudah tertekan sempurna. Karakteristik tersebut membuatnya tepat digunakan oleh anak kecil yang baru pertama kali mencoba memainkan gitar.


Ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk membawanya ke berbagai tempat, misalnya untuk camping atau kegiatan lainnya. Suara yang dihasilkan gitar mini pun kecil. Sangat pas untuk Anda yang ingin berlatih di rumah tanpa takut menghasilkan suara nyaring yang bisa mengganggu sekitar. Namun, tuning gitarnya sendiri lebih rentan berubah sehingga Anda perlu menyetemnya lebih sering. 

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live

Anda akan sering perform di panggung atau tempat lainnya? Gitar acoustic electric sangat pantas dijadikan partner bermusik!


Gitar akustik biasa bisa langsung Anda mainkan tanpa membutuhkan amplifier. Berbeda dengan gitar listrik, suaranya pun warm dan sangat khas. Namun, gitar akustik biasa memiliki suara yang terlalu kecil untuk digunakan saat tampil live. Bisa saja Anda menggunakan mikrofon, tetapi pengaturannya tidak mudah dan suara yang tertangkap pun kurang maksimal.


Sementara itu, gitar acoustic electric bisa Anda mainkan di rumah layaknya memainkan gitar akustik biasa. Selain itu, dengan menghubungkannya ke amplifier menggunakan kabel jack, gitar acoustic electric bisa menghasilkan suara besar. Layaknya gitar elektrik, gitar acoustic electric pun siap dimainkan untuk berbagai penampilan live!

Gitar top only veneer atau all plywood lebih direkomendasikan

Gitar top only veneer atau all plywood lebih direkomendasikan

Bagian bodi gitar akustik biasanya dibuat dengan mengombinasikan berbagai kayu. Berdasarkan struktur kayunya, ada tiga tipe gitar akustik, yaitu all veneer, all plywood, dan top only veneer. Untuk pemula, gitar akustik top only veneer lebih direkomendasikan.


Veneer adalah lembaran kayu yang belum diproses, sementara plywood merupakan lembaran yang dibuat dari gabungan beberapa jenis kayu. Gitar akustik all veneer mampu menghasilkan suara cantik, tetapi memiliki harga yang tinggi. Hal tersebut membuatnya kurang pas dipilih untuk pertama kali oleh pemula.


Nah, jika Anda mengutamakan harga yang terjangkau, gitar akustik all plywood adalah opsi tepat. Sebaliknya, bagi Anda yang ingin merasakan kualitas suara lebih mumpuni, produk top only veneer adalah pilihannya. Terlepas dari hal tersebut, bila Anda memang memiliki dana yang memadai, gitar all veneer tentu layak untuk dimiliki. Meski demikian, sangat disayangkan gitar akustik yang dijual di Indonesia jarang sekali mencantumkan hal ini.

10 Rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula

Anda akan menemukan sepuluh gitar akustik terbaik untuk pemula dalam daftar produk berikut. Pilihlah yang paling Anda suka.

10
Acoustic electricTidak
Material top/neckBasswood/tidak disebutkan
Varian warnaHitam, biru, merah, dan ungu
9
Acoustic electricTidak
Material top/neckTidak disebutkan
Varian warnaPutih dan cokelat
8
Acoustic electricYa
Material top/neckMahoni
Varian warnaTobacco Brown Sunburst, Natural, Translucent Black, dan Crimson Red Burst
7
Acoustic electricYa
Material top/neckSpruce/mahoni
Varian warnaNatural Glossy, Open Pore, dan Black Satin
6
Acoustic electricYa
Material top/neckSpruce/tonewood
Varian warnaDark Red Burst, Natural, Black, dan Old Violin Sunburst
5
Acoustic electricTidak
Material top/neckSpruce/sapele
Varian warnaTidak disebutkan
4
Acoustic electricYa
Material top/neckCedar/mahoni
Varian warnaNatural Low Gloss
3
Acoustic electricTidak
Material top/neckSpruce/mahoni (Vintage Sunburst) dan ash/maple (Ash Butterscotch)
Varian warnaVintage Sunburst dan Ash Butterscotch
2
Acoustic electricTidak
Material top/neckSpruce/tonewood
Varian warnaNatural, Tobacco Brown Sunburst, dan Cherry Sunburst
1
Acoustic electricYa
Material top/neckSpruce/nato
Varian warnaNatural, Black, Oriental Blue Burst, Old Violin Sunburst, dan Dark Red Burst

Tabel perbandingan produk gitar akustik terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
 Yamaha  APX500II 1

Yamaha

2
Yamaha Gitar Akustik 1

Yamaha

3
Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar 1

Fender

4
Ibanez  Electro Acoustic Guitar 1

Ibanez

5
Taylor Guitars  Taylor Swift Baby Taylor (TSBT) 1

Taylor Guitars

6
Yamaha  Gitar Akustik 1

Yamaha

7
Cort Acoustic Guitar 1

Cort

8
Yamaha  SILENT Guitar  1

Yamaha

9
Legend  Gitar Akustik 1

Legend

10
Cowboy  Acoustic Folk Guitar 1

Cowboy

Nama produk

APX500II

Gitar Akustik

Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar

Electro Acoustic Guitar

Taylor Swift Baby Taylor (TSBT)

Gitar Akustik

Acoustic Guitar

SILENT Guitar

Gitar Akustik

Acoustic Folk Guitar

KeunggulanAsyik dimainkan berkat desa...Dreadnought ekonomis untuk ...Tampil kece dengan parlour ...Beri suara balance natural ...Taylor Swift signature, mak...Ukuran mininya bikin mudah ...Bodi spruce plus mahoni, ma...Gitar eksotis untuk latihan...Ada pengait dan strap, nyam...Lebih tahan lama dengan str...
HargaRp 2.329.000,00Rp 999.000,00Rp 3.590.000,00Rp 2.790.000,00Rp 6.299.000,00Rp 1.829.000,00Rp 1.850.000,00Rp 3.699.500,00Rp 599.000,00Rp 750.716,00
Acoustic electricYaTidakTidakYaTidakYaYaYaTidakTidak
Material top/neckSpruce/natoSpruce/tonewoodSpruce/mahoni (Vintage Sunburst) dan ash/maple (Ash Butterscotch)Cedar/mahoniSpruce/sapeleSpruce/tonewoodSpruce/mahoniMahoniTidak disebutkanBasswood/tidak disebutkan
Varian warnaNatural, Black, Oriental Blue Burst, Old Violin Sunburst, dan Dark Red BurstNatural, Tobacco Brown Sunburst, dan Cherry SunburstVintage Sunburst dan Ash ButterscotchNatural Low GlossTidak disebutkanDark Red Burst, Natural, Black, dan Old Violin SunburstNatural Glossy, Open Pore, dan Black SatinTobacco Brown Sunburst, Natural, Translucent Black, dan Crimson Red BurstPutih dan cokelatHitam, biru, merah, dan ungu
Tautan produk

Silent guitar, solusi cerdas untuk latihan di rumah

Silent guitar, solusi cerdas untuk latihan di rumah

Ada orang yang tinggal di tempat sewaan, misalnya rumah dan apartemen atau tinggal bersama orang lain. Terutama bagi orang-orang tersebut, tentu ingin berlatih gitar tanpa menimbulkan gangguan bagi penghuni sekitar. Nah, silent guitar bisa menjadi pilihan yang lebih cerdas dibanding memakai gitar akustik biasa. 


Silent guitar memiliki sistem pickup yang menggunakan energi listrik untuk menyalurkan suara yang dihasilkan gitar langsung ke headphone atau amplifier. Gitarnya sendiri tidak akan menghasilkan suara apa pun.


Memainkan silent guitar untuk penampilan live akan membutuhkan keahlian tersendiri. Namun, untuk digunakan berlatih di rumah tanpa menimbulkan suara sedikit pun, silent guitar adalah pilihan tepat. Jika Anda berlatih di rumah atau belum memiliki dana untuk latihan gitar di kelas atau studio musik, pilih saja silent guitar!

Baca juga rekomendasi beragam perlengkapan gitar lainnya di sini

Kemudahan memainkan gitar mini membuatnya kian diminati. Selain itu, kebutuhan akan perlengkapan gitar, seperti pick, amplifier, senar, dan stand juga terus bertambah. Anda bisa membaca lebih detail tentang seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang baru belajar bermain gitar, ukuran gitar jangan sampai luput dari perhatian Anda. Selain itu, perhatikan juga struktur kayu yang digunakan pada gitar akustik karena akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Kami harap sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik di atas dapat membantu Anda. Dengan memilih gitar yang tepat, Anda akan cepat mahir bermain gitar. Selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan berbagai varian bahan dan tingkat ketebalan. Karena bermain gitar tidak semata soal performa, desain pick gitar juga perlu dipertimbangkan untuk mendongkrak penampilan Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, misalnya D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami juga akan menjelaskan cara memilih pick gitar yang baik untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih pick gitar dengan desain yang unik.
    Musik
    1.182 Views
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa jenis alat musik seperti gitar, bass, ukulele, dan lainnya perlu disetem dengan nada yang tepat agar tidak sumbang. Namun, terkadang menyetem peralatan musik tidak selalu mudah karena ada gangguan dari suara di sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tuner supaya dapat menyetem alat musik dengan lebih mudah dan akurat.Ada beragam merek tuner seperti D'Addario, KORG, dan sebagainya yang bisa ditemukan di pasaran. Masing-masing merek mempunyai fitur dan desain yang berbeda. Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih tuner yang tepat. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!
    Musik
    1.019 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    34.131 Views
  • 10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Drum elektrik menjadi pilihan yang tepat untuk seorang drummer pemula. Hal ini karena Anda dapat mengatur volume suara yang dikeluarkan sehingga bisa berlatih tanpa mengganggu. Drum elektrik juga menjadi alat latihan yang sempurna karena tidak membutuhkan ruang luas untuk dimainkan. Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda hal yang harus diperhatikan saat memilih drum elektrik. Kami juga mengulas rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda temukan dari Yamaha, NUX, Roland, Alesis, dan lainnya. Bacalah dan temukan drum elektrik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan Anda.
    Musik
    554 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    9.252 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    23.137 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Earpad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Earphone Earpad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di zaman sekarang ini, earphone bisa dikatakan adalah benda penting yang hampir selalu dibawa ke mana-mana, apalagi bagi Anda para pecinta musik. Untuk mendapatkan ketepatan dan kualitas suara terbaik dari earphone, penting untuk memilih earpad yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.Earpad, atau yang juga dikenal dengan istilah earbud tip, tersedia di pasaran dalam berbagai jenis, baik yang terbuat dari silikon, busa, dan lainnya. Namun, bagaimana caranya memilih earphone earbud yang terbaik? Simaklah pembahasan dan rekomendasi produk kali ini dan nikmatilah musik favorit dengan menemukan earpad yang paling tepat untuk Anda!
    Musik
    1.432 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori