1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lip Gloss Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lip gloss bening merupakan salah satu produk kosmetik untuk melembapkan dan membuat bibir terlihat lebih berkilau. Ada beberapa merek yang mengeluarkan clear lip gloss, seperti Make Over, Dear Me Beauty, dan Focallure. Anda bahkan dapat menemukan lip gloss bening lokal yang dilengkapi glitter untuk tampilan lebih mewah.

Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih lip gloss tanpa warna yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami akan merekomendasikan produk-produk lip gloss bening terbaik. Di akhir artikel, kami juga telah menyiapkan tips menggunakan lip gloss bening untuk Anda. Selamat membaca!
Diperbaharui 10-10-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Meirna L.

Meirna merupakan lulusan Program Studi Jepang Universitas Indonesia. Setelah lulus, Meirna berkesempatan bekerja di salah satu perusahaan Jepang di Indonesia dan sesekali menjadi interpreter serta penerjemah lepas. Sejak memulai blog pribadinya dari SMP, beauty and skincare enthusiast yang juga pencinta kucing ini sadar bahwa ia menemukan spark joy saat menulis. Di tahun 2018, ia mendapat beasiswa Kemendikbud untuk melanjutkan kuliah Magister Manajemen Pemasaran di Universitas Indonesia. Setelah menjadi penulis lepas di mybest, saat ini Meirna bekerja sebagai content marketing officer di Kompas TV. Di waktu senggang, ia suka membaca komik, menonton film, dan membuat konten di Recommeirndation.

Profil Meirna L.
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih lip gloss bening

Lip gloss bening tidak hanya untuk melapisi lipstik saja, tetapi juga bisa digunakan langsung pada bibir. Anda dapat mengaplikasikannya pada bibir untuk bergaya meski tanpa makeup sekalipun. Agar Anda tidak salah pilih, simak tips mengenai cara memilih lip gloss bening berikut ini! 

① Pilih lip gloss berdasarkan kemasan dan aplikatornya

Banyaknya lip gloss bening yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Anda bisa memulainya dengan mempertimbangkan kemasan dan aplikatornya.

Jenis kemasan: Berbentuk tube, stick, atau botol dengan aplikator

Jenis kemasan: Berbentuk tube, stick, atau botol dengan aplikator
Biasanya, lip gloss dikemas dalam bentuk tube, stick, atau botol dengan aplikator. Berikut beberapa ciri khasnya.

  • Kemasan tube: Cocok bila Anda ingin mengoleskan lip gloss secara tebal di bibir. Anda harus berhati-hati untuk tidak menekannya terlalu keras agar isinya tidak keluar terlalu banyak. Pada kemasan tube, produk tidak akan mudah tertempel atau tercampur warna dengan lipstik Anda.


  • Kemasan stick: Karena langsung dipoleskan ke bibir, jenis lip gloss ini sangat mudah ternoda oleh warna lipstik. Karena itu, Anda perlu sering membersihkan bagian atas lip gloss stick setelah diaplikasikan.

  • Kemasan berbentuk botol dengan aplikator: Jenis ini dapat dipilih bila Anda ingin hasil lip gloss bening yang lebih merata. Selain itu, lip gloss dalam botol yang dilengkapi aplikator dapat memudahkan Anda untuk membuat gradasi pada bibir. Jenis ini juga merupakan tipe yang paling umum dijumpai.

Jenis aplikator: Mempermudah pengaplikasian lip gloss

Jenis aplikator: Mempermudah pengaplikasian lip gloss

Ada banyak aplikator yang dapat Anda temukan dalam produk lip gloss. Tiap aplikator memiliki ciri khas dan keunggulannya tersendiri. Karena itu, pastikan Anda memilih lip gloss bening dengan aplikator yang paling nyaman digunakan.


  • Doe foot

Tipe aplikator doe foot terinspirasi dari bentuk kaki rusa yang bertangkai panjang dengan ujung agak meruncing. Dengan begitu, Anda dapat mengaplikasikan produk secara presisi tanpa kesulitan.


  • Flat doe foot

Berbeda dengan doe foot, tipe ini memiliki ujung pipih dan cenderung membulat. Aplikator ini cocok bila Anda ingin memoleskan produk secara menyeluruh, terutama di bibir tebal.


  • Brush

Sesuai namanya, aplikator ini memiliki bentuk seperti kuas. Ujung kuas yang fleksibel akan memudahkan Anda mengaplikasikan lip gloss di bibir, bahkan hingga ke bagian sudut.

② Pertimbangkan tipe gloss sesuai kebutuhan Anda

Ada dua jenis lip gloss bening, yaitu yang benar-benar bening dan yang mengandung glitter. Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lip gloss bening, cocok untuk riasan alami sehari-hari

Lip gloss bening, cocok untuk riasan alami sehari-hari
Bagi Anda yang menyukai riasan alami, kami merekomendasikan lip gloss yang benar-benar bening. Lip gloss jenis ini cocok untuk melapisi lipstik warna apa pun. Dengan lip gloss bening tanpa glitter, bibir akan terlihat lebih sehat berkilau ala riasan my lips but better. Tipe ini cocok untuk makeup sehari-hari, misalnya untuk pergi ke kantor atau sekolah.

Lip gloss dengan efek glitter, pas untuk riasan yang lebih glamor

Lip gloss dengan efek glitter, pas untuk riasan yang lebih glamor
Saat pergi ke pesta atau acara spesial, lip gloss dengan efek glitter cocok untuk melengkapi riasan Anda. Jika dioleskan di atas lipstik, riasan bibir Anda akan terlihat lebih glamor dan cantik. Lip gloss glittery ini juga dapat membuat bibir alami Anda terlihat lebih menawan.

Anda dapat memilih glitter berwarna emas, perak, atau warna-warna yang sesuai dengan selera. Lip gloss dengan glitter ini akan memberikan hasil akhir lebih mengilap sehingga Anda bisa menjadi pusat perhatian.

③ Perhatikan juga tekstur lip gloss

Lip gloss memiliki dua tekstur, yaitu tekstur yang ringan dan kental. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilihlah tekstur lip gloss yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Bertekstur ringan, hasilnya lebih natural

Bertekstur ringan, hasilnya lebih natural
Terkadang, rambut sering menempel dan lengket di bibir saat menggunakan lip gloss. Namun, jika Anda menggunakan lip gloss bertekstur ringan, Anda tidak perlu khawatir hal ini akan terjadi. Tekstur lip gloss yang lembut dan ringan membuatnya mudah diaplikasikan ke bibir. Selain itu, bibir Anda akan terasa lebih lembap.

Saat memilih, Anda dapat mengutamakan lip gloss yang tidak meninggalkan rasa lengket. Anda juga dapat bertanya atau membaca ulasan terlebih dahulu sebelum membeli produk lip gloss. Melapisi lipstik Anda dengan lip gloss bening bertekstur ringan dapat memberikan hasil berkilau alami. Namun, tipe ini biasanya mudah hilang dan tidak tahan lama.

Bertekstur kental, hasilnya lebih tahan lama

Bertekstur kental, hasilnya lebih tahan lama
Jika Anda menginginkan bibir berkilau yang tahan lama, sebaiknya Anda memilih lip gloss bening dengan tekstur padat dan kental. Lip gloss jenis ini akan menghemat pemakaian karena efek kilaunya tidak mudah hilang dan tahan lama.

Namun, lip gloss bertekstur kental ini akan terasa lengket jika digunakan terlalu banyak. Oleh sebab itu, hindari memberi layer atau menambah lapisan lip gloss secara berlebihan.

④ Utamakan lip gloss yang mengandung pelembap

Utamakan lip gloss yang mengandung pelembap
Bagi Anda yang memiliki bibir kering, kami merekomendasikan Anda untuk memilih lip gloss yang mengandung pelembap. Kami merekomendasikan lip gloss dengan kandungan vegetable oil, seperti minyak jojoba, minyak zaitun, atau campuran asam hialuronat

Kandungan-kandungan tersebut dapat menutrisi bibir dan mencegah bibir pecah-pecah atau terluka. Lip gloss dengan bahan pelembap dapat membuat lipstik terlihat lebih halus. Anda juga dapat menggunakan lip balm sebelum lipstik agar bibir terhindar dari rasa kering.

10 Rekomendasi lip gloss bening terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip gloss bening terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Madame Gie

Madame Lippie Slick

Madame Gie Madame Lippie Slick 1枚目

Harganya ekonomis, sudah bisa menampilkan riasan wet look ala Hollywood

2

Focallure

Plumpmax Lip Gloss Crystal

Focallure Plumpmax Lip Gloss Crystal 1枚目

Rasakan sensasi dingin berkat kandungan ekstrak mint miliknya!

3

Dear Me Beauty

Perfect Gloss Lip Liquid - Dear Crystal

Dear Me Beauty Perfect Gloss Lip Liquid - Dear Crystal 1枚目

Produk lip gloss bening bertekstur cair yang viral berkat Tasya Farasya!

4

Make Over

Powerstay Glossy Lip Top Coat

Make Over Powerstay Glossy Lip Top Coat 1枚目

Bebas khawatir beraktivitas dengan lip gloss yang mengandung SPF

5

Secondate

Gel Lip Gloss in Stargazing

Secondate Gel Lip Gloss in Stargazing 1枚目

Miliki bibir sehat ternutrisi dari luar dan dalam dengan lip gloss transparan ini

6

Holika Holika

Devil's Lip Plumper Hellfire Glowy Topper

Holika Holika Devil's Lip Plumper Hellfire Glowy Topper 1枚目

Hasilkan bibir plumpy dan lebih bervolume dalam waktu singkat

7

Pinkflash

OhMyGloss Moisturising Plumpmax High Shimmer Lip Gloss S01 Fireflies

Pinkflash OhMyGloss Moisturising Plumpmax High Shimmer Lip Gloss S01 Fireflies 1枚目

Bantu samarkan kerutan di bibir dalam waktu empat minggu

8

Viva Cosmetics

Lip Gloss Queen

Viva Cosmetics Lip Gloss Queen 1枚目

Lipstik untuk mengkilapkan bibir tanpa terasa berminyak

9

La Tulipe

Glow Lip Topper

La Tulipe Glow Lip Topper 1枚目

Cukup satu clear gloss untuk bibir, pipi, dan kelopak mata!

10

Glossier

Lip Gloss Holographic

Glossier Lip Gloss Holographic 1枚目

Clear lip gloss high-end dengan kilau dan kelembapan ekstra!

Perincian produk
Close
No.1

Madame GieMadame Lippie Slick

Mulai dari Rp25.000,00

Harganya ekonomis, sudah bisa menampilkan riasan wet look ala Hollywood

Kelebihan:

  • Produk ini dapat digunakan di wajah untuk melengkapi riasan wet look

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan produk ini kurang menampilkan kilau saat diaplikasikan

Sejumlah aplikator untuk produk bibir terkadang kurang bersahabat bagi pemilik bibir kecil dan tipis. Nah, produk ini memiliki aplikator doe foot yang ramping sehingga memudahkan jangkauan di bibir kecil sekalipun.


Produk ini diklaim mampu membantu menghaluskan serta melembapkan kulit bibir yang kering. Selain itu, Anda bisa menggunakannya di area wajah tertentu untuk menampilkan riasan wet look ala selebritas Hollywood!

No.2

FocallurePlumpmax Lip Gloss Crystal

Mulai dari Rp78.000,00

Rasakan sensasi dingin berkat kandungan ekstrak mint miliknya!

Kelebihan:

  • Sejumlah review mengatakan tekstur produk ini pas, tidak terlalu cair atau terlalu kental

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan lipstik ini kurang tahan lama dan aplikatornya mudah kotor

Anda mencari lip gloss yang dapat digunakan sebagai lip mask sekaligus lip primer? Cobalah lip gloss dari Focallure ini. Anda bisa menggunakannya sebelum atau sesudah memoleskan lipstik ataupun sebelum tidur. Formulanya sudah dilengkapi pelembap, tidak lengket, dan tidak meninggalkan rasa berat pada bibir. 


Saat digunakan, produk ini akan menghasilkan efek soothing dan dingin dari mint extract. Aroma yang dimiliki Plumpmax Lip Gloss Crystal cenderung manis menyerupai buah leci.

No.3

Dear Me BeautyPerfect Gloss Lip Liquid - Dear Crystal

Mulai dari Rp119.000,00

Produk lip gloss bening bertekstur cair yang viral berkat Tasya Farasya!

Kelebihan:

  • Tidak membuat pewarna bibir bergeser
  • Menawarkan kilau yang lebih maksimal

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan lip gloss ini kurang tahan lama dan aplikatornya mudah kotor

Bila Anda termasuk beauty enthusiast di Indonesia, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beauty influencer Tasya Farasya. Beberapa waktu lalu, Tasya sempat membuat produk ini laris di pasaran berkat review-nya di Youtube. Lip gloss transparan dari Dear Me Beauty ini memiliki tekstur cair mirip lip oil.


Meskipun cair, lip gloss ini tidak menggeser produk yang digunakan di bawahnya seperti lip cream atau lip liner. Karena itu, produk ini cocok bagi Anda pencinta ombre lips. Produk ini juga cepat meresap dan menyatu dengan bibir Anda yang makin berkilau di tiap polesannya.

No.4

Make OverPowerstay Glossy Lip Top Coat

Mulai dari Rp109.000,00

Bebas khawatir beraktivitas dengan lip gloss yang mengandung SPF

Kelebihan:

  • Dilengkapi Microfine Light-Reflecting Particles dan Lip Protection System

Kekurangan:

  • Aplikatornya mudah kotor, terutama bila dijadikan lip topper

Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan sebaiknya mempertimbangkan produk ini. Make Over melengkapi lip gloss tanpa warna ini dengan Lip Protection System yang mengandung SPF. Dengan begitu, bibir Anda akan lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.


Powerstay Glossy Lip Top Coat juga dilengkapi Microfine Light-Reflecting Particles yang membuat bibir tampak lebih berdimensi. Teksturnya yang cenderung cair dan ringan membuat Anda seolah tidak memakai produk apa pun di bibir.

No.5

SecondateGel Lip Gloss in Stargazing

Mulai dari Rp99.000,00

Miliki bibir sehat ternutrisi dari luar dan dalam dengan lip gloss transparan ini

Kelebihan:

  • Sejumlah review mengatakan lip gloss ini membantu melembapkan bibir yang superkering

Kekurangan:

  • Aplikatornya mudah kotor, terutama bila dijadikan lip topper

Produk satu ini memiliki formula yang creamy sehingga nyaman diaplikasikan pada bibir kering. Anda dapat menggunakan produk ini kapan saja bibir terasa kering, terutama di cuaca dingin. 


Kandungan dalam Gel Lip Gloss in Stargazing, yaitu hyaluronic acid, shea butter, dan vitamin E akan menutrisi bibir dari dalam. Lip gloss bening lokal ini pun tidak memiliki aroma sehingga Anda yang berhidung sensitif akan lebih nyaman memakainya.

No.6

Holika HolikaDevil's Lip Plumper Hellfire Glowy Topper

Mulai dari Rp158.000,00

Hasilkan bibir plumpy dan lebih bervolume dalam waktu singkat

Kelebihan:

  • Memberikan efek bibir tampak lebih penuh dan bervolume secara instan

Kekurangan:

  • Karena menghasilkan sensasi pedas di bibir, produk ini mungkin kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif

Jika memiliki bibir tipis membuat Anda kurang percaya diri, lip gloss Korea ini akan menjadi pilihan tepat. Devil's Lip Plumper Hellfire Glowy Topper mengandung maxi-volume filling complex yang mampu menciptakan tampilan bibir penuh.


Produk dari Holika Holika ini disarankan untuk diaplikasikan setelah lipstik kesayangan Anda sebagai lip topper. Saat diaplikasikan, produk ini akan membuat Anda merasakan sensasi pedas di bibir selama kurang lebih 1 menit. Setelahnya, bibir Anda akan terlihat lebih tebal dan seksi dalam sekejap!

No.7

PinkflashOhMyGloss Moisturising Plumpmax High Shimmer Lip Gloss S01 Fireflies

Mulai dari Rp57.000,00

Bantu samarkan kerutan di bibir dalam waktu empat minggu

Kelebihan:

  • Aplikator berbahan silikon sehingga mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan lip gloss ini sedikit lengket dan kurang tahan lama
  • Serpihan warna emasnya kurang terlihat di bibir gelap

Berbeda dari lip gloss lainnya yang menggunakan gliter, lip gloss varian Fireflies ini memiliki serpihan menyerupai emas. Dengan begitu, bibir Anda akan mendapatkan kilau tambahan dengan lip gloss bening dari Pinkflash ini. 


Produk ini menawarkan sejumlah fungsi perawatan bibir, yaitu perlindungan terhadap sinar UVA/UVB, melembapkan, dan mengandung antioksidan. Produk ini juga diklaim dapat memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga kulit bibir pun lebih lembut dan halus.

No.8

Viva CosmeticsLip Gloss Queen

Mulai dari Rp27.350,00

Lipstik untuk mengkilapkan bibir tanpa terasa berminyak

Kelebihan:

  • Sejumlah review menyatakan produk ini dapat melembapkan bibir tanpa rasa berminyak

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan produk ini terasa agak pahit di bibir

Bila Anda tipe orang yang lebih nyaman menggunakan kosmetik konvensional, cobalah produk ini. Lip gloss berbentuk stick dari Viva Cosmetic ini sudah dilengkapi pelembap dan vitamin E. Anda bisa menggunakannya sebagai pelembap bibir karena hasilnya tampak seperti memakai lip balm. Harganya pun relatif terjangkau sehingga dapat dipilih di saat bujet terbatas sekalipun.

No.9

La TulipeGlow Lip Topper

Mulai dari Rp42.500,00

Cukup satu clear gloss untuk bibir, pipi, dan kelopak mata!

Kelebihan:

  • Bisa digunakan sebagai lipstik, highlighter, dan eyeshadow

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan teksturnya cukup lengket

Inilah produk yang tepat dijadikan pilihan untuk si minimalis yang tidak ingin repot membawa banyak produk makeup. La Tulipe menghadirkan lip gloss transparan dengan gliter yang bisa digunakan sebagai pelapis lipstik, highlighter, dan eyeshadow.


Kilau yang dihasilkan akan membuat riasan Anda tampak lebih glamor. Glow Lip Topper memiliki bentuk ulir di kemasannya sehingga tidak terasa licin saat dibuka.

No.10

GlossierLip Gloss Holographic

Mulai dari Rp289.000,00

Clear lip gloss high-end dengan kilau dan kelembapan ekstra!

Kelebihan:

  • Kandungan gliternya tergolong mikro sehingga tetap bisa digunakan untuk sehari-hari 
  • Cukup tahan lama, sekitar 4–5 jam

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk isi hanya 4,2 ml sehingga kurang cocok bagi pemula
  • Ada review mengatakan teksturnya sedikit lengket

Bila Anda kolektor high-end makeup, inilah lip gloss bening yang patut dicoba. Merek lip gloss satu ini banyak digunakan oleh public figure dunia. Cukup sekali celup dan poles, bibir Anda akan langsung berkilau sehat.


Varian Holographic dilengkapi partikel gliter mini bernuansa silver sehingga menambah kilau terutama saat terkena pantulan cahaya. Kandungan jojoba oil dan vitamin E pada produk Glossier ini akan menutrisi serta melembapkan bibir Anda.

Tips menggunakan lip gloss bening

Tips menggunakan lip gloss bening
Lip gloss tanpa warna memiliki keunggulan bisa diaplikasikan sendiri atau dipadukan dengan pewarna bibir lainnya. Berikut tips menggunakan lip gloss bening agar penampilan Anda makin optimal.

  • Saat Anda akan menggunakan lip gloss, disarankan untuk menggunakan pelembap bibir terlebih dahulu. Pelembap bibir atau lip balm dapat membantu agar lipstik lebih mudah diaplikasikan. 
  • Bila Anda ingin bibir tampak sehat alami, Anda dapat langsung mengaplikasikan lip gloss bening di bibir. Anda juga bisa memulaskan lip gloss bening ke seluruh bibir untuk memberikan efek tebal.
  • Bagi Anda yang ingin mengubah tampilan lipstik matte yang terasa kering, aplikasikan lip gloss bening setelah lipstik.
  • Jika Anda ingin memberikan efek 3D, oleskan lip gloss di tengah bibir. Lip gloss ini dapat membantu menyamarkan garis warna lipstik sehingga gradasi terlihat lebih alami. 

Baca juga rekomendasi produk riasan bibir lainnya di sini

Selain lip gloss, diperlukan produk lain untuk menunjang riasan bibir Anda, seperti lip balm dan lip plumper. Karena itu, kami telah mengulas artikel mengenai cara memilih produk untuk menyempurnakan riasan bibir. Kami juga merekomendasikan produk-produk terbaik untuk Anda pilih. Simak tautan di bawah ini dengan saksama agar Anda bisa mendapatkan riasan bibir yang sempurna! 

Kesimpulan

Setelah menyimak ulasan lip gloss bening terbaik, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Anda bisa menggunakan lip gloss bening untuk membuat bibir mengilap alami. 

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskannya setelah menggunakan lipstik untuk melembapkan bibir sekaligus mendapatkan riasan yang berbeda. Perhatikan kembali poin-poin yang sudah kami jabarkan di atas agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer