10 Rekomendasi Remote TV Universal Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Remote TV Universal Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Televisi adalah salah satu benda elektronik yang hampir ada di setiap rumah. Menonton televisi bersama merupakan salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan keluarga. Namun seringkali menonton televisi terganggu karena remote control yang rusak atau hilang. Bisa saja mengganti saluran secara manual dengan cara memencet tombol di pesawat televisi. Akan tetapi hal tersebut tidak efektif. Oleh karena itu dibutuhkan adanya remote pengganti sebagai alat kendali jarak jauh.

Membeli remote yang sama mereknya dengan televisi sepertinya sulit. Tidak semua produsen memproduksi dan perangkat remote-nya saja. Beberapa produsen membuat remote control universal,  yang bisa digunakan untuk berbagai merek televisi. Kami akan memandu bagaimana cara memilih remote TV universal dan memberikan 10 rekomendasi remote universal yang Anda butuhkan.

Daftar isi

Apa fungsi dari remote TV universal?

Ketika membeli remote control baru untuk TV Anda akan diberikan tiga jenis pilihan, yakni “learning remote control”, “smart remote control”, dan “universal remote control“. Seringkali pembeli bingung apa yang membedakan ketiganya. Sebelum mengetahui bagaimana cara memilih, mari pahami dulu apa fungsi dari remote control TV universal.

Remote control yang bisa digunakan untuk TV dari berbagai merek

Remote control yang bisa digunakan untuk TV dari berbagai merek

Biasanya remote control tersedia satu paket dengan televisi. Namun seringkali remote TV tersebut hilang atau rusak. Sepertinya bukan perkara mudah untuk mendapatkan tipe remote yang sama dengan merek TV.

Remote adalah aksesori TV yang dibuat setiap produsen dengan model dan tipe yang berbeda. Itu sebabnya tidak semua remote TV bisa dipakai untuk merek yang berbeda, kendati fungsinya sama yaitu pengendali jarak jauh. Ada beberapa produsen yang membuat remote control universal yang dapat dipakai berbagai merek. Anda bisa menggunakannya jika remote control asli Anda hilang atau rusak.

Remote TV universal yang mudah pengaturannya

Remote TV universal yang mudah pengaturannya

Biasanya remote TV dapat digunakan untuk merek lain, tetapi harus melakukan pengaturan tombol terlebih dahulu. Tentu ini akan sangat menyulitkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi karena pengaturan tersebut cukup rumit. Namun untuk remote TV universal pengaturannya lebih mudah. Anda hanya memasukkan nomor pabrikan dan Anda langsung bisa mengoperasikannya.

Remote TV universal mudah dioperasikan

Remote TV universal mudah dioperasikan

Remote TV universal relatif mudah digunakan jika dibandingkan dengan tipe remote control yang baru. Remote control yang disebut “smart remote control” ini harus menyesuaikan tombol operasi dengan pengaturan saluran satu per satu. Selain itu remote “smart” tersebut juga bisa mengoperasikan peralatan lain seperti AV, AC, dan lampu sekaligus. Bahkan ada juga “smart remote control” juga bisa mengoperasikan smartphone dengan menggunakan Wi-Fi . Namun ini sangat tidak praktis, karena harus menyesuaikan dengan piranti lainnya.

Cocok untuk Anda yang hanya menonton TV saja

Cocok untuk Anda yang hanya menonton TV saja

TV tipe baru memiliki beberapa fitur, begitu pula dengan remote control asli yang memiliki berbagai tombol operasi. Biasanya remote control asli tersebut cenderung sulit dioperasikan. Lain halnya dengan remote control universal yang lebih mudah pengoperasiannya. Namun beberapa tombol yang tidak berfungsi seperti halnya remote control asli. Pengoperasian remote TV universal yang mudah akan sangat membantu orang tua dan anak-anak atau mereka yang hanya menonton TV saja.

Cara memilih remote TV universal

Selain mudah pengoperasiannya, remote control universal bisa digunakan oleh siapa saja dan harganya pun murah.  Ada banyak merek yang ditawarkan, berikut ini panduan cara memilihnya.

Periksa apakah kompatibel dengan merek TV

Periksa apakah kompatibel dengan merek TV

Tidak semua merek TV kompatibel dengan remote control universal. Itu sebabnya periksa terlebih dahulu apakah merek TV milik Anda kompatibel atau tidak. Biasanya daftar merek TV yang kompatibel dengan remote TV terdapat dalam buku panduan atau manual penggunaan remote.

Untuk merek TV dari produsen dalam negeri biasanya tidak menemui masalah dan kompatibel dengan remote TV universal. Namun jika merek TV Anda tidak diproduksi di dalam negeri, Anda perlu lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih remote control universal.

Periksa kesesuaian remote universal dengan tahun pembuatan TV

Periksa kesesuaian remote control universal dengan tahun pembuatan TV

Sinyal yang terdapat pada remote universal bisa jadi berbeda dengan tahun pembuatan televisi. Itu sebabnya Anda harus memastikan terlebih dahulu tahun pembuatan televisi, yang biasanya terdapat di buku manual penggunaan. Lalu sesuaikan tahun pembuatan dengan remote universal yang kompatibel. Jika Anda tidak dapat menemukan remote universal yang sesuai dengan tahun pembuatan televisi, Anda bisa memilih remote control yang menggunakan penyetelan.

Periksa kegunaan tombol sebelum membeli

Periksa kegunaan tombol sebelum membeli

Tombol pengoperasian remote control universal biasanya lebih simple remote dibandingkan remote control asli dari produsen TV. Anda pastikan fungsi tombol yang terdapat pada remote control universal tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Remote control digunakan ketika Anda ingin mencari hiburan tentu jika pengoperasiannya rumit, akan membuat Anda tidak nyaman.

Pilih remote dengan fitur lengkap untuk layanan AV

Pilih remote dengan fitur lengkap untuk layanan AV

 

Sekarang ini remote contrrol TV juga terdapat tombol untuk mengoperasikan peralatan AV.   Jika membutuhkan Anda juga memilih apakah remote control universal tersebut juga bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan AV. Namun jika tidak bisa, sepertinya juga tidak menjadi masalah.

10 Rekomendasi remote TV universal terbaik

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi produk remote TV universal terbaik untuk Anda. Ayo ikuti!

10. Vakind RC 1101 Universal Remote TV

10. Vakind RC 1101 Universal Remote TV

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 66.000

Bisa dioperasikan tanpa penyetelan terlebih dahulu

Produk ini cocok digunakan untuk Anda yang hanya menonton televisi saja, tanpa menggunakan perangkat lain. Anda bisa memilihnya, karena tombolnya pun sederhana dan mudah dioperasikan. Remote control universal ini bisa digunakan atau kompatibel dengan televisi semua merek. Anda juga tidak perlu melakukan penyetelan pada perangkat televisi Anda.

Untuk mengoperasikannya dibutuhkan dua batu baterai ukuran AAA. Para orang tua dan individu yang tidak begitu mengerti alat elektronik kini dapat menggunakan remote ini tanpa harus repot dengan berbagai penyetelan perangkat elektronik. Memudahkan bukan?

9. Novel Universal TV Remote Control RM-139C

9. Novel Universal TV Remote Control RM-139C

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 67.000

Remote TV hemat baterai

Remote hilang, terselip, atau rusak dapat diatasi dengan menggantinya dengan remote baru. Namun jika memilih merek ini, Anda perlu melakukan penyetelan sebelum digunakan. Anda bisa mencocokan kode merek televisi yang terdapat di buku manual ketika melakukan penyetelan. Remote merek ini bisa digunakan untuk semua merek TV jenis LCD/LED.

Keunggulan remote ini adalah lebih hemat baterai. Remote TV ini menggunakan dua buah baterai AA sehingga lebih menghemat pengeluaran Anda. Cocok untuk Anda yang ingin meletakkan TV di toko, rumah makan ataupun pos satpam karena kehematannya. Siapa saja bisa menggunakan remote ini mulai dari anak-anak hingga orang tua karena mudah dan praktis.

8. Elecool Universal Remote TV

8. Elecool universal remote TV

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 54.600

Cocok untuk TV keluaran lama atau baru

Remote control universal ini bisa digunakan untuk televisi merek dalam negeri dan luar negeri. Bukan itu saja, remote ini juga cocok digunakan untuk televisi produk lama atau keluaran terbaru. Pengoperasiannya pun sangat mudah. Anda tidak perlu melakukan penyetelan terlebih dulu sebelum menggunakan. Produk ini bisa pilihan jika remote control Anda rusak, hilang, atau jika Anda menginginkan remote cadangan.

Bagi Anda yang memiliki TV dengan merek asing yang sparepartnya tidak terdapat di pasaran Indonesia, Anda bisa mencoba merek ini. Desain remote yang mudah digenggam menambah kenyamanan Anda saat mengganti-ganti channel favorit! Tak ada salahnya memiliki remote cadangan karena harganya pun cukup terjangkau.

7. Universal Remote Control TV Mini

7. Universal Remote Control TV Mini

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 160.000

Ukurannya kecil sehingga praktis untuk dibawa-bawa

Bentuknya boleh kecil akan tetapi memiliki fungsi yang universal. Remote control ini hanya memiliki tombol-tombol utama seperti tombol on/off, mute, channel, AV/TV, dan volume. Bisa digunakan untuk semua merek televisi baik keluaran baru atau lama. Pengoperasiannya sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol mute dan melakukan pencarian otomatis.

Remote control mini ini cocok digunakan untuk mengoperasikan TV di restoran, kafe atau tempat bisnis Anda. Karena dengan ukurannya yang kecil, Anda bisa membawanya kemana-mana. Bisa Anda kantongi atau bisa juga Anda jadikan gantungan kunci. Menarik, bukan?

6. Universal Chunghop Smart Remote Control – L199E

6. Universal Chunghop smart remote control - L199E

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 110.700

Bisa digunakan untuk DVD atau VCD player

Anda bisa memilih produk ini jika suka dengan kepraktisan. Pasalnya produk ini bukan hanya bisa digunakan sebagai alat kendali TV, tetapi bisa juga dipakai untuk DVD, VCD, atau VCR. Terdapat 30 tombol yang bisa Anda gunakan sesuai dengan fungsinya. Anda memang perlu belajar menggunakan remote control ini karena pengoperasiannya agak rumit.

Namun demikian, Anda tetap bisa menggunakannya untuk keperluan dasar seperti mengganti saluran, tombol power, dan volume. Remote control jenis ini cocok digunakan untuk Anda yang menggunakan lebih dari satu perangkat dalam satu waktu. Bisa digunakan sebagai remote utama, sementara itu remote original bisa disimpan. Terlalu banyak perangkat remote yang ada Anda malah bingung! Buat praktis dengan remote ini.

5.  Aukey Universal E-L905 Remote Control

5. Aukey Universal E-L905 Remote Control

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp 93.000

Bisa digunakan untuk DVD dan perangkat lainnya

Jika Anda menginginkan remote control universal yang tidak hanya untuk mengganti channel saja, Anda bisa memilih Aukey Universal remote control.  Selain untuk TV, remote ini juga bisa digunakan pada perangkat lain seperti TV, SAT, DVD, dan piranti yang menggunakan inframerah lainnya.

Untuk Anda yang sering mengalami masalah harus melakukan penyetelan ulang (reset) setelah penggantian baterai, produk ini cocok untuk Anda. Karena remote ini menggunakan memory permanen sehingga setelah penggantian baterai tidak akan terjadi reset. Penggunaannya memang sedikit rumit, namun Anda bisa mempelajarinya melalui buku manual. Remote ini bisa digunakan untuk LED TV dari berbagai merek.

4. ERA Universal Smart TV Remote Control for LG

4. ERA Universal Smart TV Remote Control for LG

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.000

Mudah dioperasikan seperti remote control asli

Remote control universal ini diperuntukkan untuk  TV merek LG. Jadi, bagi Anda yang memiliki TV merek LG di rumah sebaiknya membeli remote universal ini. Remote ini bisa menggantikan semua fungsi yang ada di remote control asli. Desainnya stylish sehingga mudah digenggam dan digunakan. Remote ini didesain menggunakan new low power chip sehingga dapat menghemat penggunaan baterai.

Pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari remote pengganti karena rusak atau hilang. Tidak perlu penyetelan terlebih dahulu sehingga tidak repot. Remote ini didesain menggunakan new low power chip sehingga dapat menghemat penggunaan baterai.

3. OEM Universal Remote Control

3. OEM universal remote control

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 104.000

Cocok digunakan untuk kamar hotel

Selain digunakan untuk TV remote control ini juga bisa digunakan untuk alat kendali DVD/ VCD player. Anda tidak perlu repot melakukan penyetelan, karena tidak memerlukan penyetelan yang rumit. Remote control ini kompatibel dengan berbagai merek televisi baik model lama ataupun model terbaru.

Jika Anda memiliki bisnis penginapan atau homestay, sebaiknya Anda mengganti remote asli TV dengan model ini. Alasannya, karena akan banyak orang menggunakan remote, maka akan semakin berpotensi hilang, terselip atau rusak. Itu sebabnya merek ini sangat cocok digunakan untuk remote pengganti atau cadangan.

2. Chunghop Remote TV Universal RM-139ES

2. Chunghop Remote TV Universal RM-139ES

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 158.000

Tidak memerlukan penyetelan yang rumit

Remote control ini bisa jadi pengganti alat kendali merek TV keluaran baru seperti model LED, LCD, dan plasma. Anda tidak perlu repot ketika melakukan penyetelan. Piranti ini sidah dilengkapi dengan kode yang sesuai dengan merek TV. Anda hanya perlu menyesuaikannya saja.

Penggunannya simple dan hanya digunakan untuk penggunaan dasar saja seperti volume, mengganti saluran, dan tombol power. Bisa juga dioperasikan untuk TV yang menggunakan digital receiver. Cocok untuk Anda yang simple dan tidak terbiasa dengan beragam penyetelan atau penyesuaian alat elektronik. Anda bisa menggunakannya di rumah, kantor, atau apartemen Anda.

1. Sony Remote TV LED/LCD

1. Sony RMVLZ620 Universal Remote Control

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.000

Bisa untuk TV dan AV

Remote control universal keluaran Sony ini bisa digunakan untuk semua produk AV/AV yang dikeluarkan bikinan Sony. Remote pengganti ini praktis karena ada kendali terpusat dari perangkat TV/AV Anda. Sehingga Anda dapat menghemat pengoperasian perangkat lain dengan berbagai remote control.  Anda bisa mengontrol penggunaan TV/VCR/DVD dalam satu kendali, hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada di layar TV Anda.

Tidak perlu bingung, jika remote control baru tidak berfungsi pada perangkat Sony. Anda hanya perlu memasukkan kode pabrikan melalui menu ‘pilih perangkat’. Anda juga bisa mencobanya pada perangkat lain yang bukan pabrikan Sony. Pada beberapa perangkat remote control ini bisa berfungsi dengan memasukkan kode pabrikan. Sangat sesuai untuk Anda yang sering menggunakan TV/DVD/VCR secara bersamaan.

Kesimpulan

Memilih remote control yang sesuai memang bukan perkara mudah. Tidak semua remote control universal sesuai dengan merek TV Anda. Itu sebabnya Anda harus benar-benar teliti dan memperhatikan merek televisi Anda sesuai atau tidak. Setelah membaca rekomendasi dan panduan cara memilih apakah Anda sudah punya bayangan remote merek apa yang akan Anda bawa pulang?

Tidak perlu menunggu remote control asli hilang atau rusak. Remote control universal ini bisa juga dijadikan sebagai remote pengganti. Tentu saja semuanya berdasarkan kebutuhan Anda. Selamat berbelanja!