• 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Retno Kusuma Wardani
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2021
  • 162.173 Views
Daftar isi

Cara memilih kulkas

Saat memilih kulkas, penting untuk mengecek beberapa aspek, seperti kapasitas, kemudahan pemakaian, dan penggunaan energinya. Berikut ini, kami akan mengulas lima poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kulkas. 

Pilih kapasitas kulkas berdasarkan jumlah penggunanya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih kulkas yaitu kapasitasnya. Kebutuhan kapasitas ini akan berbeda tergantung dari berapa banyak orang yang menggunakannya serta bagaimana kebiasaan atau gaya hidup Anda. Berikut penjelasannya!

Kapasitas 500 liter ke atas, ideal digunakan oleh keluarga besar atau Anda yang memiliki usaha

Kapasitas 500 liter ke atas, ideal digunakan oleh keluarga besar atau Anda yang memiliki usaha

Mengacu pada standar konvensional, kulkas berkapasitas 500 liter sangat ideal untuk keluarga berjumlah lima orang ke atas atau Anda yang memiliki banyak anggota keluarga. Kulkas dengan kapasitas besar ini biasanya memiliki berbagai macam fungsi. 


Biasanya, kulkas jenis ini kompartemennya berukuran besar dan memudahkan udara dingin mengalir dengan lebih baik. Ada juga produk dengan kompartemen terpisah serta ice tray untuk menyimpan daging dan ikan mentah dalam jangka panjang. Selain itu, vegetable room dan freezer-nya pun dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru untuk mempermudah hidup Anda.


Meski berukuran besar, kebanyakan kulkas tipe ini lebih hemat energi dan memiliki performa yang baik. Bagi Anda yang memiliki usaha rumahan, kulkas ukuran ini juga bisa membantu Anda menjaga bahan makanan tetap segar.

Kapasitas 200–350 liter, pas untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah

Kapasitas 200–350 liter, pas untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah

Apabila Anda baru memiliki satu anak atau hanya tinggal berdua, sebaiknya pilih kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Sebagai contoh, jika Anda jarang memasak, kulkas berkapasitas 200 liter sudah cukup. Kulkas tersebut dapat dipasang di ruang yang terbatas dan cukup untuk menyimpan makanan dan bumbu yang diperlukan.


Di sisi lain, jika Anda memasak hampir setiap hari, pilih yang berkapasitas sekitar 300 liter. Kulkas dalam ukuran ini juga tersedia dengan berbagai fungsi unggul seperti kompartemen terpisah dan kotak es. Fitur tersebut hampir sama dengan kulkas model high-end yang harganya jauh lebih tinggi.

Kapasitas 150–200 liter, cukup untuk Anda yang tinggal sendiri

Kapasitas 150–200 liter, cukup untuk Anda yang tinggal sendiri

Jika Anda tinggal sendiri dan hanya memasak untuk diri sendiri, model kulkas compact berukuran 150–200 liter adalah pilihan tepat. Kulkas ini cukup untuk mendinginkan minuman serta menyimpan kotak makan siang dan lauk Anda. Ukuran ini juga sangat pas jika Anda tinggal di tempat terbatas, seperti apartemen atau rumah petak. Selain itu, kulkas dengan freezer dapat menyimpan makanan dalam waktu yang lebih lama.


Di sisi lain, jika Anda memasak setiap hari, kulkas ukuran ini mungkin tidak cukup. Pasalnya, kebanyakan kulkas berukuran sekitar 100 liter tidak memiliki ruang pendingin dan ruang sayuran terpisah. 


Hal tersebut membuat minuman dan sayuran yang Anda miliki tak bisa disimpan pada tempat yang seharusnya. Jika Anda sangat memerhatikan kesegaran bahan makanan, pilih produk berkapasitas 200 liter dengan chiller dan vegetable room

Kapasitas ≤ 150 liter, untuk orang yang jarang memasak atau penggunaan pribadi

Kapasitas ≤ 150 liter, untuk orang yang jarang memasak atau penggunaan pribadi

Kulkas mini berukuran kurang dari 150 liter direkomendasikan untuk orang yang tinggal di asrama atau indekos. Dengan begitu, Anda bisa meletakannya di tempat terbatas tanpa terasa pengap. Kulkas mini ini juga bisa digunakan sebagai kulkas pribadi di masing-masing kamar anggota keluarga. Jika kulkas keluarga sudah penuh, daripada membeli yang lebih besar, mengapa tidak mempertimbangkan kulkas mini ini?

Periksa ukuran ruangan dan cara membuka pintunya

Setelah Anda memutuskan kapasitas kulkas, kini saatnya untuk memeriksa tempat pemasangannya. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan arah bukaan pintu kulkas sesuai dengan kondisi rumah Anda. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Beri jarak antara kulkas dengan benda di sekitarnya

Beri jarak antara kulkas dengan benda di sekitarnya

Saat meletakan kulkas, berilah jarak minimal sekitar 0,5–3 cm di masing-masing sisi dan 5–30 cm di bagian atasnya. Hal ini karena kulkas akan menghasilkan panas saat sedang dioperasikan. 


Jika uap panas menumpuk, suhu kulkas menjadi makin dingin dan tagihan listrik Anda akan makin naik. Selain itu, jangan lupa pula untuk memeriksa jalur pengantarannya. Pastikan ruangan dan pintu rumah Anda cukup lebar untuk memasukkan kulkas.

Sesuaikan arah bukaan pintu kulkas dengan letak dinding rumah

Sesuaikan arah bukaan pintu kulkas dengan letak dinding rumah

Terdapat empat jenis pintu kulkas, yakni dibuka ke samping (kanan dan kiri), multi-door (French door), dan side by side. Jika Anda memiliki cukup ruang, akan lebih mudah untuk mengambil makanan dengan membuka pintunya ke arah dinding. Apabila jarak di depan pintu terlalu sempit atau denah lantai dapat berubah, pilihlah kulkas tipe side by side.

Ketahui karakteristik dari tiap merk kulkas

Setiap produsen biasanya memiliki karakteristik tertentu untuk produknya. Kali ini, kami akan mengulas karakteristik beberapa merek kulkas yang populer di Indonesia.

Panasonic: Kulkas pintar dengan fitur Prime Fresh Freezing

Panasonic: Kulkas pintar dengan fitur Prime Fresh Freezing

Dengan fitur Prime Fresh Freezing, kulkas Panasonic akan membekukan daging dan ikan pada suhu sekitar -3°C. Suhu tersebut sangat ideal untuk menyimpan daging-dagingan tanpa membuatnya terlalu beku sehingga mudah untuk diolah. Anda pun dapat menyimpan bahan makanan tersebut pada suhu yang ideal dengan kesegaran yang terjaga hingga tujuh hari.

Sharp: Teknologi Plasmacluster dan freezer berkapasitas besar

Sharp: Teknologi Plasmacluster dan freezer berkapasitas besar

Kulkas Sharp dilengkapi dengan freezer berkapasitas besar yang diberi nama Mega Freezer. Selain itu, kebanyakan kulkas Sharp dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster yang akan mensterilkan bagian dalamnya. Teknologi ini mampu menghasilkan dan melepas ion positif negatif yang mirip seperti angin alami. Efeknya, udara di dalam kulkas menjadi lebih jernih dan bebas bau, serta mengurangi energi listrik statis.

LG: Kontrol jarak jauh menggunakan Smart ThinQ™

Smart ThinQ™ dibuat untuk membantu orang-orang yang sangat sibuk, tetapi ingin memberikan perhatian lebih pada keluarga. Kulkas LG, terutama yang berukuran besar, telah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi. Dengan demikian, Anda dapat mengontrolnya menggunakan Smart ThinQ™ dari smartphone Anda kapan pun dan di mana pun.

Samsung: Menjaga makanan tetap dingin hingga 12 jam saat listrik padam

Samsung membekali kulkas mereka dengan teknologi yang diberi nama Coolpack. Dengan teknologi ini, makanan akan tetap beku hingga 12 jam meski kulkas dalam kondisi tidak menyala. Berkat teknologi tersebut, bahan makanan seperti daging, ikan, dan es krim tidak akan rusak karena esnya mencair. 


Inovasi lain yang terdapat pada kulkas Samsung yaitu rak Easy Slide. Rak ini memudahkan Anda saat mengambil makanan karena tidak perlu menjulurkan tangan hingga ke dalam kulkas. Anda hanya perlu menarik rak tersebut ke arah luar untuk mempermudah mengambil bahan makanan yang dibutuhkan.

Pertimbangkan kemudahan penyimpanan dan kegunaannya

Pertimbangkan kemudahan penyimpanan dan kegunaannya

Untuk menggunakan kulkas dengan nyaman setiap hari, kemudahan penyimpanan dan kegunaan tiap kompartemen juga tak kalah penting. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar tergantung pada produknya. 


Apa yang cocok untuk orang lain, belum tentu akan cocok dengan Anda. Untuk itu, Anda harus lebih teliti saat memilihnya. Supaya mendapatkan gambaran, Anda bisa membaca ulasan di website atau blog orang-orang yang sudah memakainya.

Periksa ketersediaan fitur hemat daya

Periksa ketersediaan fitur hemat daya

Saat ini, kemampuan hemat energi makin berkembang seiring banyaknya inovasi terkaitmaterial insulasi panas dan teknologi inverter. Bahkan, produk-produk kulkas saat ini diklaim lebih hemat daya hingga 49% dibandingkan sepuluh tahun yang lalu. Karenanya, jika Anda membeli kulkas model terkini, Anda dapat lebih berhemat pada pengeluaran listrik di rumah. 


Jika Anda ingin mengetahui biaya listrik dari kulkas pilihan Anda, periksalah label konsumsi listrik tahunan yang tertera. Makin rendah pemakaian dayanya, makin rendah pula biayanya. Secara umum, kulkas memiliki pemakaian listrik sebesar 200 kWh sampai 300 kWh per tahun. Namun, saat ini ada juga produk dengan teknologi energy saving yang dapat menghemat konsumsi listrik lebih baik lagi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

SamsungRT22 Digital Inverter, 234L

RT22FARBDSA/SE

Mulai dari Rp 4.620.000,00

10 Rekomendasi kulkas terbaik

Di bawah ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kondisi rumah, jumlah keluarga, dan fitur yang Anda butuhkan. Selamat memilih!

10
Kapasitas50 liter
Dimensi48,9 cm x 51 cm x 48,8 cm
Tipe pintu1 pintu
Arah bukaanKanan
Fitur hemat daya-
Konsumsi listrik65 W
Fitur lainnyaReliable & durable, efficient & economical, easy to lock
9

SharpShine Double Freezer Series

SJ-X195W-FH

Mulai dari Rp 2.250.000,00

KapasitasGross: 185 L ・ Netto: 175 L
Dimensi121,2 cm x 53,5 cm x 54,5 cm
Tipe pintu1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik90 W
Fitur lainnyaProteksi 7 Shields dan tempered glass tray
8
KapasitasGross: 648 L ・ Netto: 534 L
Dimensi182,8 cm x 75 cm x 74,5 cm
Tipe pintuMulti doors
Arah bukaan pintuKanan, kiri, dan depan
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik-
Fitur lainnya7 Days Freshness, Prime Fresh Freezing, nanoe™X, filter ganda, dan ECONAVI
7
KapasitasGros: 256 L ・ Neto: 237 L
Dimensi138 cm x 58,8 cm x 54,5 cm
Tipe pintu2 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik100 W
Fitur lainnyaFan Cooling System, Tempered Glass Tray, LED lamp, dan Ice Twist
6

LGKulkas 2 Pintu Door-in-Door™ - Inverter Linear Compressor

GN-A702HLHU

Mulai dari Rp 9.260.000,00

KapasitasGross: 549 L ・ Nett: 512 L
Dimensi180 cm x 78 cm x 59,9 cm
Tipe pintu2 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik110–210 W
Fitur lainnyaInverter Linear Compressor, Door-in-Door™, Door Cooling+, Touch LED Display, Hygiene Fresh+™, Multi Air Flow, dan Wi-Fi
5

SamsungRS62R50412C SBS dengan All-around Cooling

Mulai dari Rp 16.299.000,00

KapasitasGross: 700 L ・ Netto: 647 L
Dimensi178 cm x 91,2 cm x 71,6 cm
Tipe pintuSide by side
Arah bukaan pintuKanan dan kiri
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik-
Fitur lainnyaAll-around Cooling, Digital Inverter, Metal Cooling, wine rack, Deodorizing Filter, dan vege box
4
KapasitasGross: 324 L ・ Netto: 292 L
Dimensi177,5 cm x 59,8 cm x 68,1 cm
Tipe pintu2 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik180 W
Fitur lainnya5 in 1 Cooling mode, Magic Room, DEO Fresh & HCS, 360 air flow system, Twin Inverter, dan Digital Control Panel
3
Kapasitas540 L
Dimensi183, 5 cm x 85,5 cm × 72,7 cm
Tipe pintuFrench door (multi door)
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik-
Fitur lainnyaINVERTER X DUal Fan Cooling, Fresh Select, tank type water dispenser, touch screen controller, dan tempered glass shelves
2

LG Kulkas Side by Side 668L gross / 624L nett InstaView Door-in-Door™

GC-X247CKAV

Mulai dari Rp 25.393.000,00

KapasitasGross: 668 L ・ Netto: 624 L
Dimensi179 cm x 91,2 cm × 73,8 cm
Tipe pintuKiri-kanan
Arah bukaan pintuNew Door-in-Door™, FRESH Balancer™, Moist Balance Crisper™, LED lighting
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik-
Fitur lainnyaInverter Linear Compressor, Spaceplus™ Ice System, Hygiene Fresh+™, EZ Pocket Handle, Fresh Balancer™, Moist Balance Crisper™, SmartThinQ™, dan Smart Diagnosis™
1

PolytronNew Belleza Inverter Side By Side

PRS 560X

Mulai dari Rp 12.099.000,00

Kapasitas550 L
Dimensi183 cm x 91,1 cm x 70,6 cm
Tipe pintuFrench door (multi door)
Arah bukaan pintuKanan dan kiri
Fitur hemat daya
Konsumsi listrik150 W
Fitur lainnyaTropical Cooling System, deodorizer, Inverter Technology, Dual Controller System, dan Ultra Silent Noise Level

Tabel perbandingan produk kulkas terbaik

Gambar produk
1
Polytron New Belleza Inverter Side By Side 1

Polytron

2
LG  Kulkas Side by Side 668L gross / 624L nett InstaView Door-in-Door™ 1

LG

3
Hitachi R-W70PGD7 1

Hitachi

4
AQUA JAPAN Kulkas 2 Pintu 1

AQUA JAPAN

5
Samsung RS62R50412C SBS dengan All-around Cooling 1

Samsung

6
LG Kulkas 2 Pintu Door-in-Door™ - Inverter Linear Compressor 1

LG

7
Sharp Shine Series 1

Sharp

8
Panasonic NR-F654GT-XD 1

Panasonic

9
Sharp Shine Double Freezer Series 1

Sharp

10
Panasonic NR-AK5ED-HPP 1

Panasonic

Nama produk

New Belleza Inverter Side By Side

Kulkas Side by Side 668L gross / 624L nett InstaView Door-in-Door™

R-W70PGD7

Kulkas 2 Pintu

RS62R50412C SBS dengan All-around Cooling

Kulkas 2 Pintu Door-in-Door™ - Inverter Linear Compressor

Shine Series

NR-F654GT-XD

Shine Double Freezer Series

NR-AK5ED-HPP

Keunggulan

Dengan Door Open Alarm untuk memperingatkan Anda saat pintu kulkas tidak tertutup rapat

InstaView Door-in-Door™, dapat melihat bagian dalam kulkas tanpa membuka pintunya

Fleksibel, atur sendiri suhu dan fungsi dari kompartemennya

Model bottom freezer yang ideal untuk penggunaan rumahan

Desain sleek dan seamless dengan space yang luas

Memasak lebih praktis dengan kompartemen Fresh 0 Zone

Fitur Nano Deodorized-nya menjaga kulkas bebas bau

Kulkas 6 pintu dengan beragam fitur canggih

Dingin lebih merata berkat fitur Direct Cooling System

Tak mudah rusak meski tegangan listrik tidak stabil

Harga mulai dariRp 12.099.000,00Rp 25.393.000,00Rp 14.249.000,00Rp 6.799.000,00Rp 16.299.000,00Rp 9.260.000,00Rp 3.350.000,00Rp 51.971.900,00Rp 2.250.000,00Rp 1.700.000,00
Kapasitas550 LGross: 668 L ・ Netto: 624 L540 LGross: 324 L ・ Netto: 292 LGross: 700 L ・ Netto: 647 LGross: 549 L ・ Nett: 512 LGros: 256 L ・ Neto: 237 LGross: 648 L ・ Netto: 534 LGross: 185 L ・ Netto: 175 L50 liter
Dimensi183 cm x 91,1 cm x 70,6 cm179 cm x 91,2 cm × 73,8 cm183, 5 cm x 85,5 cm × 72,7 cm177,5 cm x 59,8 cm x 68,1 cm178 cm x 91,2 cm x 71,6 cm180 cm x 78 cm x 59,9 cm138 cm x 58,8 cm x 54,5 cm182,8 cm x 75 cm x 74,5 cm121,2 cm x 53,5 cm x 54,5 cm48,9 cm x 51 cm x 48,8 cm
Tipe pintuFrench door (multi door)Kiri-kananFrench door (multi door)2 pintuSide by side2 pintu2 pintuMulti doors1 pintu1 pintu
Arah bukaan pintuKanan dan kiriNew Door-in-Door™, FRESH Balancer™, Moist Balance Crisper™, LED lightingKiri dan kananKananKanan dan kiriKananKananKanan, kiri, dan depanKananKanan
Fitur hemat daya-
Konsumsi listrik150 W--180 W-110–210 W100 W-90 W65 W
Fitur lainnyaTropical Cooling System, deodorizer, Inverter Technology, Dual Controller System, dan Ultra Silent Noise LevelInverter Linear Compressor, Spaceplus™ Ice System, Hygiene Fresh+™, EZ Pocket Handle, Fresh Balancer™, Moist Balance Crisper™, SmartThinQ™, dan Smart Diagnosis™INVERTER X DUal Fan Cooling, Fresh Select, tank type water dispenser, touch screen controller, dan tempered glass shelves5 in 1 Cooling mode, Magic Room, DEO Fresh & HCS, 360 air flow system, Twin Inverter, dan Digital Control PanelAll-around Cooling, Digital Inverter, Metal Cooling, wine rack, Deodorizing Filter, dan vege boxInverter Linear Compressor, Door-in-Door™, Door Cooling+, Touch LED Display, Hygiene Fresh+™, Multi Air Flow, dan Wi-FiFan Cooling System, Tempered Glass Tray, LED lamp, dan Ice Twist7 Days Freshness, Prime Fresh Freezing, nanoe™X, filter ganda, dan ECONAVIProteksi 7 Shields dan tempered glass trayReliable & durable, efficient & economical, easy to lock
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini

Selain kulkas secara umum, kami juga memiliki rekomendasi aneka kulkas berdasarkan merek dan kapasitasnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Tak dapat dipungkiri, kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik yang berperan besar bagi kehidupan kita. Bahkan, bisa dikatakan bahwa mesin pendingin ini adalah barang yang wajib ada di setiap rumah.


Saat memilihnya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin penting seperti dimensi, kapasitas, hingga fitur-fitur yang ditawarkan. Mari temukan kulkas yang tepat untuk menyimpan dan menyajikan makanan yang baik setiap hari. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
    117.797 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
    170.958 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
    76.140 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila Anda tertarik dengan gaya hidup sehat, Anda dapat memulainya dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Dengan alat ini, Anda bisa membuat jus murni tanpa campuran air sehingga kandungan gizi yang diperoleh lebih banyak. Tak hanya jus, beberapa produk slow juicer juga bisa digunakan untuk membuat smoothie, es krim, dan minuman dingin lainnya.Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi merek slow juicer yang bagus, seperti Philips, Kuvings, Signora, dan Sharp. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan tips memilihnya untuk Anda. Mari simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini!
    Elektronik dapur
    91.731 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
    45.612 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Sharp Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Sharp Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas atau lemari es adalah peranti elektronik dapur yang sangat bermanfaat. Selain sebagai pendingin, kulkas juga berfungsi menjaga makanan lebih awet dan tetap segar. Sharp adalah salah satu merk alat elektronik rumah tangga yang memiliki banyak produk kulkas yang bagus.Sharp memiliki berbagai tipe kulkas, seperti kulkas satu pintu, dua pintu, multi doors, showcase, dan lain-lain. Jika Anda ingin membeli kulkas dari Sharp, bacalah artikel ini agar tak salah ketika memilih. Kami akan memberikan tips memilih kulkas yang baik serta mengulas sepuluh rekomendasi kulkas Sharp. Simak terus sampai akhir, ya!
    Elektronik dapur
    2.224 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori