10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

Kulkas merupakan perabot elektronik rumah tangga yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Anda yang tinggal sendiri tentunya tidak memerlukan kulkas berukuran besar. Produk kulkas dengan beragam varian model, kapasitas, harga, ukuran, dan lainnya banyak beredar di pasaran dan mungkin Anda merasa bingung untuk memilih satu di antaranya.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas 10 rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri, yang dapat Anda beli dengan mudah melalui online shop! Sebelumnya kami akan membahas cara untuk memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri! Selamat menyimak!

Daftar isi

Cara memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri

Pertama-tama, kami akan membahas poin-poin dalam memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri. Dalam memilih, Anda mungkin hanya memperhatikan ukuran yang kecil dan harga yang murah. Akan tetapi, itu saja tidaklah cukup. Bila Anda tidak memperhatikan energi yang digunakan oleh kulkas, bisa saja tagihan listrik malah akan membengkak. Oleh karena itu, mari membahas beberapa poin dalam memilih kulkas dengan cermat.

Cek kapasitas dan ukuran dari kulkas

Cek kapasitas dan ukuran dari kulkas

Ketika memilih kulkas, perhatikanlah kapasitasnya terlebih dahulu. Akan lebih mudah jika Anda menghitung kebutuhan kapasitas dengan rumus “jumlah orang x 100 liter + cadangan persediaan (70 liter)”. Untuk Anda yang tinggal sendiri, kami merekomendasikan kapasitas kulkas sekitar 100 liter hingga 200 liter. Jika Anda ingin memiliki lebih banyak stok makanan untuk disimpan, kapasitas lebih dari 200 liter juga dapat menjadi pilihan Anda.

Jika kapasitas kulkas sekitar 100 liter saja atau kurang dari itu, kadang akan terasa kurang praktis bagi Anda. Hal tersebut dikarenakan stok makanan yang dapat Anda simpan hanya sedikit sehingga Anda harus lebih sering berbelanja.

Selain itu, ukuran dari kulkas juga penting. Hindari memilih kulkas yang makan terlalu banyak tempat. Pilihlah ukuran yang compact. Akan lebih baik jika Anda mengukur ruang yang dialokasikan untuk kulkas sebelum Anda membeli kulkas.

Tentukan tempat untuk menaruh kulkas dan arah bukaan pintu kulkas

Tentukan tempat untuk menaruh kulkas dan arah bukaan pintu kulkas

Sebelum membeli kulkas, perhatikan dan tentukan tempat untuk menaruh kulkas serta bagaimana Anda akan membuka pintu kulkas.

Kulkas lebih banyak ditempatkan di area dapur, akan tetapi alur dapur dapat berubah tergantung dari bagaimana Anda menata elemen-elemennya. Penataan kulkas di area dapur atau di area lain sebaiknya dipikirkan untuk mempermudah alur pergerakan Anda di rumah.

Terdapat empat tipe bukaan pintu dari kulkas: bukaan ke kiri, bukaan ke kanan, bukaan ke kedua arah, dan bukaan berpintu ganda. Pilihlah arah buka pintu kulkas yang nyaman untuk Anda. Berhati-hatilah agar Anda tidak salah merencanakan penataan letak kulkas dan arah bukaan pintu kulkas.

Pilih yang dilengkapi freezer agar makanan semakin awet

Pilih yang dilengkapi freezer agar makanan semakin awet

Ketika tinggal sendiri, kulkas yang dilengkapi freezer akan banyak membantu Anda dalam menyimpan makanan cadangan atau bahan masakan. Secara struktural, kompartemen freezer tipe dua lapis akan lebih mudah digunakan. Pilihlah freezer dengan ruangan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan bahan makanan berdasarkan ukuran. Bila freezer dilengkapi dengan baki es, tentunya ini akan lebih memudahkan Anda.

Sebaiknya Anda memperhatikan area penyimpanan dan aspek fungsional dari kulkas seperti kapasitas dan struktur dari ruang freezer serta keberadaan baki es.

Area penyimpanan yang hemat tempat dan dapat disesuaikan

Area penyimpanan yang hemat tempat dan dapat disesuaikan

Jika kulkas memiliki area penyimpanan yang sangat besar, ada kemungkinan tersedia juga ruang khusus untuk menyimpan sayur, bumbu, dan minuman. Tipe area penyimpanan yang dipisahkan dengan papan partisi akan mempermudah penataan di dalam kulkas. Dengan begini, Anda dapat menyimpan dan menata bahan makanan di kulkas berdasarkan jenis, frekuensi penggunaan, atau waktu expired-nya.

Bagian atas kulkas yang bisa untuk meletakkan barang lain

Bagian atas kulkas yang bisa untuk meletakkan barang lain

Beberapa dari Anda mungkin ingin meletakkan microwave, oven, rice cooker, atau benda lainnya diatas kulkas untuk menghemat ruang. Bila benda yang ingin Anda letakkan di atasnya bukan alat elektronik penghasil panas, tentunya tidak jadi soal. Akan tetapi, bila benda tersebut merupakan benda penghasil panas, Anda perlu memastikan bahwa kulkas Anda memiliki fitur tahan panas.

Kulkas tanpa fitur tahan panas yang digunakan juga sebagai tempat meletakkan alat elektronik penghasil panas akan terganggu fungsinya. Untuk mengetahui ada tidaknya fungsi ini, Anda bisa bertanya langsung pada penjual atau melihat review pengguna.

Fungsi defrost atau pencairan bunga es otomatis

Fungsi defrost atau pencairan bunga es otomatis

Ketika Anda membuka dan menutup ruang freezer, kandungan uap air yang berada di dalam ruang freezer menjadi dingin dan menghasilkan bunga es. Tanpa fungsi defrost otomatis yang dapat menghilangkan bunga es, ruang freezer akan penuh dengan bunga es. Bunga es tersebut akan menempel ke makanan beku Anda, membuat ruang sisa di freezer Anda semakin kecil dan membuat Anda kesulitan untuk mengambil makanan dari dalam freezer.

Anda dapat membersihkan bunga es dengan cara mengikisnya, tetapi akan lebih mudah jika kulkas Anda memiliki fungsi defrost otomatis. Dengan begini, Anda pun dapat menghemat waktu dan biaya perawatan. Kulkas dengan kapasitas lebih dari 150 liter biasanya dilengkapi dengan fungsi defrost otomatis.

10 Rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Setelah mengetahui cara memilih kulkas, sekarang saatnya Anda memilih salah satu produk yang barangkali cocok untuk Anda. Berikut rekomendasi kulkas terbaik untuk orang yang tinggal sendiri yang kami rekomendasikan kepada Anda dengan memperhatikan kapasitas, ukuran, tipe pintu, dan harga.

10. Aqua AQR-D50F

10. Sanyo Aqua AQR-D50F

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.335.000

Kulkas mini hemat listrik dengan garansi lebih lama

Bagi Anda yang tinggal di kamar indekos atau apartemen, kulkas mini portable adalah pilihan yang tepat. Sanyo yang kini berubah nama menjadi Aqua menghadirkan kulkas mini seri AQR-D50F dengan harga terjangkau di kelasnya. Kulkas berkapasitas 50 liter ini dilengkapi fitur table top sehingga area atas kulkas dapat digunakan untuk menaruh barang seperti gelas atau vas bunga.

Kulkas ini dilengkapi dengan Direct Cooling System yang mampu mendinginkan makanan dan minuman secara menyeluruh dengan suhu stabil. Selain itu, kulkas ini memiliki daya 50 watt sehingga dijamin hemat listrik. Produk ini menawarkan garansi kompresor yang lebih lama, dari 5 tahun menjadi 7 tahun sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan jaminan kualitasnya.

9. Sanken SN-118KEG

9. Sanken SN-118KEG

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.327.000

Suhu kesegaran yang stabil dan hemat energi

Sanken SN-118 merupakan kulkas mini dengan model yang minimalis dan elegan. Dengan kapasitas 60 liter, kulkas ini dilengkapi dengan fitur Direct Cooling System dan Door Handle. Teknologi 4D Air Flow memastikan udara dingin tersebar merata sehingga suhu kesegaran di dalam kulkas menjadi lebih stabil dan hemat energi. Beratnya ringan, hanya 7 kg saja.

Pintu kulkas ini dilapisi karet PVC (Polyvinyl Chloride) berkualitas sehingga anti bakteri dan mudah dilepas untuk dibersihkan. Selain itu, bagian dalam kulkas mengikuti standar terbaik yang anti racun dan anti bau sehingga lebih higienis dan ramah lingkungan. Bagi Anda yang begitu memperhatikan kesegaran bahan makanan dan cinta lingkungan, pilih saja produk ini!

8. GEA RS-06DR

8. GEA RS-06DR

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.165.000

Harga terjangkau dengan rak pintu besar

Merek GEA mungkin belum begitu banyak dikenal, tetapi produk kulkas mini dari merek ini menawarkan kecanggihan teknologi dan kualitas yang tidak perlu diragukan. Pintu yang terbuat dari bahan stainless dilengkapi dengan kunci sehingga lebih aman. Kaki-kaki kulkas ini juga dapat diatur sehingga mempermudah penataan di dalam ruangan Anda.

Ukurannya yang tidak begitu besar, beratnya yang ringan, dan sifatnya yang portable mempermudah Anda yang tinggal sendiri atau Anda yang masih berpindah-pindah tempat tinggal. Meskipun kecil, kulkas ini dilengkapi dengan rak pintu besar yang muat untuk botol ukuran 2 liter sehingga cocok juga untuk Anda yang senang menikmati minuman dingin.

7. Polytron Belleza 2 PRO16KTR

7. Polytron Belleza 2 PRO16KTR

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.699.000

Desain mewah, hemat listrik, dan tahan banting

Polytron dikenal sebagai salah satu merek kulkas satu pintu terlaris di Indonesia. Polytron juga sudah dikenal sejak lama sebagai produsen kulkas yang memiliki desain cantik pada pintunya, seperti pada seri ini. Pintu kulkas seri ini dibuat dari tempered glass sehingga memiliki ketahanan lebih kuat terhadap benturan keras, anti karat, dan anti keropos.

Pintu kulkas Polytron seri ini memiliki karet bingkai pintu yang lebih kuat dan mampu menutup pintu dengan sempurna sehingga isinya segar lebih lama. Kulkas dengan tampilan mewah ini dikenal sangat hemat terutama karena konsumsi listriknya yang hanya 65 watt saja. Pas untuk Anda yang menginginkan perabot berkesan mewah dan hemat listrik.

6. Sharp Kirei II SJ-N166F-FB

6. Sharp Kirei II SJ-N166F-FB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.474.000

Desain cantik dan mudah dirawat

Sharp Kirei II SJN 166 F merupakan kulkas satu pintu yang dirancang dengan desain bercorak bunga yang elegan sehingga dapat turut memperindah dapur Anda. Kulkas berkapasitas 133 liter ini memiliki rak-rak dari tempered glass yang kokoh dan awetDilengkapi dengan fitur Direct Cooling System, Full Insulation, dan Fresh Room, isi kulkas Anda dipastikan tetap segar.

Karet pelapis pintu pada kulkas ini mudah dicabut dan dipasang sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu, Semi Automatic Defrost System mempermudah Anda ketika ingin membersihkan bunga es. Kulkas yang cantik dan mudah dirawat ini cocok untuk Anda yang menginginkan fungsi optimal kulkas tetapi tetap ingin praktis.

5. LG GNY201SL

5. LG GNY201SL

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.455.000

Desain ruang maksimal untuk penyimpanan optimal

Kulkas dari LG ini merupakan salah satu kulkas terlaris dan menjadi pilihan favorit konsumen di Asia. Kulkas berkapasitas 170 liter ini memiliki teknologi isolasi kepadatan tinggi untuk optimalisasi ruang dalam kulkas. Fitur Eco Mode menjadikan kulkas ini hemat energi dan Semi Automatic Defrost-nya mempermudah Anda dalam membersihkan bunga es.

Rak-rak di dalam kulkas terbuat dari tempered glass sehingga dapat menahan beban yang lebih berat, lebih awet, dan tahan lama. Rak sayuran dan buah-buahan di bagian bawah kulkas memiliki ukuran yang besar dan keseimbangan kelembaban yang baik sehingga sesuai bagi Anda yang senang menyimpan banyak stok sayuran dan buah-buahan.

4. Sanken SK-V191-CB

4. Sanken SK-V191-CB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.699.000

Tetap dingin lebih lama meskipun dalam keadaan mati

Sanken menghadirkan jajaran kulkas dengan desain yang elegan dan teknologi yang mutakhir. Misalnya, penggunaan lampu LED untuk cahaya yang lebih terang serta teknologi 4D Air Flow yang memastikan udara dingin tersebar merata di seluruh bagian kulkas. Selain itu, teknologi terbaru Cool Lock Freezer menjaga suhu tetap dingin hingga 13 jam ketika kulkas mati.

Kulkas ini memiliki ruang penyimpanan khusus untuk daging yang dapat mempertahankan suhu stabil -7 derajat celcius untuk menjaga kesegaran daging. Bagi Anda yang sering menyimpan stok daging atau ikan, produk ini sangat patut dipertimbangkan karena Anda tidak lagi perlu khawatir daging akan terkontaminasi oleh bahan makanan lain akibat suhu tidak stabil.

4. Toshiba GRN155CI Glacio XD-7

4. Toshiba GRN155CI Glacio XD-7

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.750.000

Anti bau dan cepat dingin

Kulkas seri Glacio dari Toshiba ini memiliki kualitas terbaik dengan teknologi yang canggih. Kulkas berkapasitas 120 liter dengan ukuran ekstra 7 cm ini memiliki fitur Silver Ion anti bakteri dan anti bau. Kulkas ini juga tetap bekerja normal meskipun tegangan listrik turun atau tidak stabil. Dengan penggunaan daya listrik yang rendah, pulsa listrik Anda pun dapat dihemat.

Desain flat evaporator pada kulkas ini sangat efektif untuk mempercepat sirkulasi pendinginan sehingga ruang di dalam kulkas memiliki suhu yang optimal. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan kesegaran bahan makanan dan minuman Anda di dalam kulkas. Bila Anda menginginkan produk dari produsen terpercaya, kulkas ini patut untuk dipertimbangkan.

3. Panasonic NR-B209N

3. Panasonic NR-B209N

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.990.000

Desain yang elegan dan hemat energi

Kulkas dari Panasonic ini adalah kulkas dua pintu terbaru yang menjadi salah satu produk paling dicari. Kulkas dengan freezer di bagian atas ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 151 liter. Desain yang sangat elegan dari kulkas ini didukung dengan warnanya yang putih keabuan dan aksen warna silver pada batas pintu atas dan pintu bawah.

Kulkas ini mampu menghemat energi hingga 26% karena hanya menggunakan energi listrik sebesar 80 watt pada kinerja maksimal. Kompresornya menggunakan kompresor DRC, yaitu teknologi baru yang mampu mendinginkan makanan lebih baik dibandingkan kulkas lainnya. Bila Anda tidak ingin ketinggalan zaman, langsung saja pesan produk berteknologi mutakhir ini!

2. Aqua AQR D240

2. Aqua AQR D240

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.099.00

Kulkas dua pintu yang kokoh dan tahan karat

Kulkas dua pintu berstandar SNI dari Aqua ini sudah dikenal dengan bodinya yang kokoh. Struktur kulkas yang kuat dengan bagian atas kulkas yang datar dapat berfungsi sebagai meja dimana Anda dapat meletakkan vas bunga atau perabot rumah tangga lainnya. Berkat bodi yang lebar, kulkas ini cocok untuk Anda yang ingin menyimpan lebih banyak botol ukuran 1,5 liter di dalamnya.

Kulkas ini memiliki fitur penahan udara di dalam kulkas agar tidak terjadi perpindahan panas sehingga udara dingin di dalam kulkas tidak keluar. Pendinginan di dalamnya pun menjadi maksimal. Lapisan metal pada bodi kulkas membuatnya tahan karat. Selain itu, kinerja kulkas ini tetap stabil meskipun berada dalam keadaan tegangan listrik yang rendah atau tidak stabil.

1. Sharp SJ-195MD Red Wine

1. Sharp SJ-195MD Red Wine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.000.000

Kapasitas freezer besar dengan sistem defrost otomatis

Kulkas dari Sharp ini memiliki desain terbaru dengan pintu datar berpola garis untuk mempercantik interior rumah Anda. Kulkas ini dilengkapi dengan Fan Cooling System yang menjamin kualitas pendinginan ruang di dalam kulkas. Rak yang terbuat dari tempered glass kokoh sehingga Anda dapat menyimpan bahan makanan lebih banyak.

Bagi Anda yang senang menyimpan bahan makanan beku, Anda akan dipermudah dengan kapasitas freezer yang besar dengan sistem defrost otomatis. Kulkas ini sangat praktis dan sangat sesuai untuk Anda yang masih tinggal sendiri tetapi membutuhkan kapasitas ruang pendingin dan freezer yang lebih besar.

Kesimpulan

Setelah membaca semua rekomendasi kulkas yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran produk kulkas yang sesuai untuk Anda?

Kebutuhan kulkas sebaiknya disesuaikan dengan gaya hidup. Apakah Anda memasak sendiri? Apakah Anda senang menyimpan banyak bahan masakan, makanan beku, atau minuman dingin? Akan lebih baik jika Anda membeli kulkas setelah memahami gaya hidup yang Anda miliki. Nah, selamat memilih kulkas favorit Anda!