• 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020)

Kulkas merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada banyak sekali kulkas yang dijual di pasaran dalam berbagai model, kapasitas, harga, hingga ukuran. Hal ini dapat menyulitkan Anda dalam menemukan kulkas yang sesuai.

Kali ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi kulkas terbaik seperti LG, Sanken, Polytron, Sharp, Panasonic, dan lainnya untuk Anda yang tinggal sendiri. Jadi, jika Anda tinggal sendirian, simaklah ulasan kami tentang cara memilih kulkas yang sesuai untuk Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 36.759 Views
Daftar isi

Cara memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri

Akan lebih mudah memilih kulkas yang tepat apabila Anda memiliki bayangan seberapa sering Anda memasak sendiri. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah kapasitas kulkas berdasarkan frekuensi penggunaan

Meski Anda menggunakan kulkas untuk diri sendiri, Anda tetap perlu memperhatikan kapasitasnya. Pilihlah kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Kapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang hanya mendinginkan sedikit makanan dan minuman

Kapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang hanya mendinginkan sedikit makanan dan minuman
Kami merekomendasikan kulkas berkapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang sering makan di luar dan jarang memasak. Kulkas berkapasitas maksimal 50 liter sudah cukup digunakan untuk menyimpan sedikit makanan. Ukurannya juga ringkas untuk diletakkan pada apartemen studio, kamar indekos, dan rumah satu kamar.
Namun, sebagian besar kulkas berukuran kurang dari 50 liter tidak memiliki freezer. Oleh karena itu, pilihlah jenis kulkas yang memiliki freezer apabila Anda juga ingin membuat es.

Kapasitas 50 sampai 100 liter untuk Anda yang beberapa kali memasak sendiri

Kapasitas 50 sampai 100 liter untuk Anda yang beberapa kali memasak sendiri
Kulkas berkapasitas 50-100 liter ini cocok bagi Anda yang beberapa kali memasak sendiri, tetapi juga sering makan di luar. Kulkas berkapasitas ini banyak yang memiliki dua pintu, salah satunya adalah freezer untuk menyimpan es batu dan makanan beku. Sayangnya, ukuran freezer-nya hanya sekitar 25 liter. Jadi, jika Anda ingin menyimpan banyak makanan beku, kulkas dengan kapasitas 50-100 liter kurang cocok untuk Anda.
Selain itu, kompartemen dalam kulkas berkapasitas 50-100 liter biasanya tergolong sempit. Karena itu, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan minuman dan sayuran.

Kapasitas 100 liter atau lebih untuk Anda yang aktif memasak, dan 130 liter lebih untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman

Kapasitas 100 liter atau lebih untuk Anda yang aktif memasak, dan 130 liter lebih untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman
Kulkas berkapasitas 100 liter lebih cocok untuk Anda yang hampir setiap hari memasak. Beberapa model memiliki kompartemen refrigerator dan freezer yang terpisah. Model ini dapat membuat Anda menyimpan bahan makanan dan minuman selama 2 hingga 3 hari. Akan tetapi, apabila Anda sering membeli bahan makanan untuk satu minggu, gunakanlah kulkas berkapasitas lebih dari 130 liter. Pada kapasitas ini, ukuran freezer biasanya lebih besar. Adanya ruang freezer yang lebih besar membuat Anda lebih leluasa membekukan beberapa jenis makanan.
Bagi Anda yang sering menerima tamu, pilihlah kulkas berkapasitas 200 liter untuk memudahkan Anda menyimpan persediaan makanan dalam jumlah besar. Kapasitas yang besar ini cukup mengakomodasi 3 hingga 4 orang teman yang berkumpul di akhir pekan. Selain itu, kulkas dengan kapasitas 200 liter dapat digunakan ketika Anda berkeluarga. Jadi, kapasitas 200 liter ini tepat untuk Anda yang ingin menggunakan kulkas dalam jangka waktu yang lama.

Pilihlah ukuran dan arah bukaan pintu kulkas sesuai dengan tempat pemasangan

Setelah memeriksa kapasitas kulkas, selanjutnya adalah memastikan ukuran dan arah bukaan pintu kulkas. Pastikan sesuai dengan tempat pemasangan yang direncanakan, ya!

Sediakanlah tempat dengan jarak 0,5 cm dari kedua sisi kulkas dan minimal 5 cm di sisi atas

Sediakanlah tempat dengan jarak 0,5 cm dari kedua sisi kulkas dan minimal 5 cm di sisi atas
Kulkas harus memiliki ruang pembuangan panas yang cukup di bagian depan, belakang, kiri, dan kanan supaya efisiensi pendinginan tidak menurun. Untuk itu, ukurlah lebar dan tinggi tempat pemasangan sebelum membeli kulkas. Sebagian besar produsen merekomendasikan untuk memberi jarak minimal 0,5 cm pada kedua sisi kulkas. Sedangkan, untuk sisi atas, berilah jarak 5 cm atau lebih. Karena itu, hitunglah ukuran lokasi pemasangan dengan dikurangi ukuran tersebut.
Apabila Anda berencana meletakkan kulkas di dekat dinding, berikan jarak 3 cm supaya pintu dapat terbuka penuh. Periksalah dengan cermat keterangan kulkas yang Anda pilih karena setiap produsen memiliki standar rekomendasi jarak yang berbeda.

Sesuaikanlah arah bukaan pintu apabila meletakkannya di sisi dinding

Sesuaikanlah arah bukaan pintu apabila meletakkannya di sisi dinding
Apabila sisi kanan kulkas adalah dinding, pilihlah kulkas dengan pintu yang terbuka ke arah kanan. Perhatikanlah hal ini karena jika Anda memilih pintu yang terbuka ke arah kiri, Anda akan kesulitan mengambil makanan. Selain itu, pastikan kulkas incaran Anda mudah dibuka dan ditutup.
Belakangan, dapat ditemukan beberapa model kulkas yang memiliki pintu dengan arah yang bisa diganti. Jenis ini cocok bagi Anda yang tinggal sendiri karena dapat diletakkan di mana saja tanpa perlu memusingkan posisi dinding. Ada baiknya Anda membeli alat yang dapat digunakan untuk mengubah pintu bersamaan dengan pembelian kulkas. Hal ini dapat mempermudah Anda karena arah bukaan pintu tidak dapat diganti tanpa alat khusus seperti obeng.

Pilihlah yang tidak berisik dan memiliki fitur defrost

Pilihlah yang tidak berisik dan memiliki fitur defrost
Bagi Anda yang tinggal sendiri, berhati-hatilah dengan kebisingan kulkas karena biasanya kulkas diletakkan pada jarak yang dekat. Bahkan, ada beberapa orang yang terganggu dengan suara keras kulkas ketika tidur. Untuk itu, pilihlah kulkas yang menghasilkan suara 25db.
Lalu, apabila kulkas Anda dilengkapi freezer, periksalah keberadaan fitur defrost atau pencairan bunga es otomatisnya. Kulkas kecil satu pintu biasanya tidak memiliki fan sehingga perlu dilakukan proses defrost manual secara berkala. Jika tidak dibersihkan, efek pendinginannya akan berkurang. Ruang freezer pun akan menjadi sempit akibat bunga es yang menumpuk. Sebaliknya, kulkas dua pintu biasanya sudah terdapat fan untuk mencegah gumpalan bunga es. Ketika Anda melakukan proses defrost di kulkas tanpa fan, pastikan Anda mematikan kulkas terlebih dahulu.

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya
Ketika tinggal sendiri, tentu Anda ingin membuat tagihan listrik sehemat mungkin. Untuk itu, perhatikanlah konsumsi daya kulkas incaran Anda. Perlu diketahui bahwa tagihan listrik kulkas belum tentu berbanding lurus dengan ukuran kulkas. Biasanya, total tagihan listrik untuk kulkas yang lebih besar lebih murah setiap bulannya.
Sebelum membeli kulkas, hitunglah penggunaan listriknya. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek tarif listrik berdasarkan golongan daya listrik di rumah Anda. Apabila Anda menggunakan golongan listrik 900 VA, tarif yang dikenakan saat ini adalah Rp 1.352 per kWH. Tarif dasar listrik (TDL) tersebut akan berbeda untuk Anda yang menggunakan daya listrik golongan 1.300 VA hingga 6.600 VA. Pada golongan rumah tangga kecil hingga besar, TDL akan disesuaikan dengan perubahan faktor ekonomi mikro.
Rumus untuk menghitung daya listrik kulkas per hari adalah jumlah alat × konsumsi listrik (kiloWatt) × lama pemakaian. Contohnya, Anda ingin menghitung daya listrik sebuah kulkas berdaya 60 watt dengan golongan 900 VA. Maka perhitungannya adalah 1 × 0,06 kW × 24 (jam) = 1,44 kWH. Kemudian, hitunglah tagihan listrik bulanan Anda dengan rumus daya listrik harian (kWH) × tarif dasar × jumlah hari. Hasilnya adalah 1,44 kWH × Rp 1.352 × 30 hari = Rp 58.406,4. Selain tarif listrik, periksalah juga standar hemat energinya. Semakin tinggi standar energinya, maka semakin sedikit pula energi yang dibutuhkan.

10 Rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Setelah mengetahui cara memilih kulkas, sekarang saatnya Anda memilih salah satu kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan rekomendasi kulkas terbaik untuk orang yang tinggal sendiri dari kami di bawah ini!
10
Kapasitas42,6 liter refrigerator dan 4,4 liter freezer
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)48 × 47,3 × 48,3
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
9
Kapasitas50 liter (44 liter refrigerator dan 4 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya70 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)49 × 46,5 × 44,2 cm
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energi36%
8

GEAKulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan

RS-06DR

Rp 715.000,00

Kapasitas46 liter
Arah bukaan pintuKanan dan kiri (dapat diubah)
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya82 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)51 × 47 × 43,9 cm
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
7
Kapasitas150 liter
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya75 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)512,3 × 100,7 × 54,2 cm
Fitur defrost×
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
6

Sharp Shine Double Freezer Series

SJ-X195W-FH

Rp 1.999.000,00

Kapasitas170 liter (143 liter refrigerator dan 28 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya90 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)121,2 × 53,5 × 54,5 cm
Fitur defrost✓ (semi automatic)
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
5
Kapasitas164 liter
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)113,5 × 52,5 × 55,5 cm
Fitur defrost✓ (semi automatic)
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
4
Kapasitas190 liter (164 liter refrigerator dan 26 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya80 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)122,2 × 55 × 54,4 cm
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energi36%
3
Kapasitas182 liter (131 liter refrigerator dan 65 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya215.000 watt per tahun
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)138,5 × 52,5 × 58,3 cm
Fitur defrost✓ (automatic)
Tingkat hemat energi43%
2
Kapasitas162,5 liter (136,5 liter refrigerator dan 26 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya80 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)126 × 48,6 × 55,4 cm
Fitur defrost×
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
1
Kapasitas211 liter (148 liter refrigerator dan 62 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan dan kiri (bisa diubah)
Tingkat kebisingan<42 db
Konsumsi dayaTidak disebutkan
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)140,5 × 54 × 61,5 cm
Fitur defrost✓ (automatic)
Tingkat hemat energi37%

Tabel perbandingan produk kulkas terbaik untuk anda yang tinggal sendiri

Gambar produk
1
Electrolux  Inverter NutriFresh®  1

Electrolux

2
Aqua Japan AQR-D190(S) 1

Aqua Japan

3
Panasonic Top Freezer 1

Panasonic

4
Sanken SK-V191A-CBG 1

Sanken

5
LG GN-INV201SL 1

LG

6
Sharp  Shine Double Freezer Series  1

Sharp

7
Polytron Belleza 2  1

Polytron

8
GEA Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan  1

GEA

9
Sanken  SN-118KEG 1

Sanken

10
Aqua Japan  AQR-D50F (S/W) 1

Aqua Japan

Nama produk

Inverter NutriFresh®

AQR-D190(S)

Top Freezer

SK-V191A-CBG

GN-INV201SL

Shine Double Freezer Series

Belleza 2

Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan

SN-118KEG

AQR-D50F (S/W)

Keunggulan

Bebaskan Anda untuk menyimpan makanan di rak mana pun

Dengan tambahan ruang kering di bagian bawah yang membuat rumah lebih ringkas

Menghemat waktu saat memasak daging, ikan, dan ayam beku

Jaminan tetap dingin hingga 13 jam saat kulkas mati!

Tidak bising dan dapat menjaga kelembapan sayur dan buah

Menyimpan banyak makanan beku tanpa rasa khawatir

Perpaduan tampilan elegan yang mewah dengan pintu tempered glass

Cepat dingin dan mampu mempertahankan suhu kesegaran makanan lebih stabil

Kinerja tetap stabil meski tegangan listrik rendah

HargaRp 4.498.800,00Rp 1.799.000,00Rp 3.449.000,00Rp 2.500.000,00Rp 2.599.000,00Rp 1.999.000,00Rp 1.539.000,00Rp 715.000,00Rp 979.500,00Rp 1.009.700,00
Kapasitas211 liter (148 liter refrigerator dan 62 liter freezer)162,5 liter (136,5 liter refrigerator dan 26 liter freezer)182 liter (131 liter refrigerator dan 65 liter freezer)190 liter (164 liter refrigerator dan 26 liter freezer)164 liter170 liter (143 liter refrigerator dan 28 liter freezer)150 liter46 liter50 liter (44 liter refrigerator dan 4 liter freezer)42,6 liter refrigerator dan 4,4 liter freezer
Arah bukaan pintuKanan dan kiri (bisa diubah)KananKananKananKananKananKananKanan dan kiri (dapat diubah)KananKanan
Tingkat kebisingan<42 dbTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Konsumsi dayaTidak disebutkan80 watt215.000 watt per tahun80 watt60 watt90 watt75 watt82 watt70 watt60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)140,5 × 54 × 61,5 cm126 × 48,6 × 55,4 cm138,5 × 52,5 × 58,3 cm122,2 × 55 × 54,4 cm113,5 × 52,5 × 55,5 cm121,2 × 53,5 × 54,5 cm512,3 × 100,7 × 54,2 cm51 × 47 × 43,9 cm49 × 46,5 × 44,2 cm48 × 47,3 × 48,3
Fitur defrost✓ (automatic)×✓ (automatic)Tidak disebutkan✓ (semi automatic)✓ (semi automatic)×Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tingkat hemat energi37%Tidak disebutkan43%36%Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan36%Tidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini!

Bagi Anda yang tinggal berdua atau dengan keluarga, ada baiknya untuk memilih kulkas dengan kapasitas yang lebih besar. Anda mungkin juga menginginkan kulkas mini untuk ditaruh di kamar Anda. Untuk itu, simaklah artikel-artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi dari kami!

Kesimpulan

Setelah membaca semua rekomendasi kulkas yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kulkas yang sesuai untuk Anda? Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam menemukan produk terbaik.
Untuk Anda yang hidup sendiri, sebaiknya Anda memilih kulkas berdasarkan frekuensi penyimpanan dan penggunaan bahan makanan saat memasak. Pilihlah kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Nah, selamat memilih kulkas yang sesuai, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    115.170 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    114.290 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap produsen kulkas seperti Panasonic, Sharp, Samsung, dan LG tentunya memiliki kualitas dan konsumsi listrik yang berbeda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan seperti ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda saat membeli kulkas 2 pintu. Untuk itu, simak artikel ini, ya!
    Elektronik dapur
    81.583 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    118.372 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
    43.968 Views
  • 10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak manfaat bisa Anda dapatkan dengan menjalani hidup sehat, salah satunya adalah mendapatkan tubuh yang bugar. Salah satu cara memulai hidup sehat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak. Air fryer bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menikmati gorengan dengan kalori yang rendah. Berbagai produk dari produsen seperti Philips dan Delonghi yang beredar di pasaran pasti membuat Anda bingung, bukan? Karena itu, kami akan memperkenalkan air fryer lebih dalam sekaligus membagikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
    8.360 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Membincang soal kulkas, tentunya merek Samsung tak boleh dilupakan. Brand asal Jepang ini sejak dulu memproduksi kulkas dengan kualitas yang mumpuni, awet, serta memiliki teknologi termutakhir. Jenisnya juga beragam seperti kulkas satu pintu, dua pintu, hingga side by side. Jika Anda berencana membeli kulkas Samsung, silakan baca artikel ini sampai tuntas. Pada artikel ini kami akan mengupas secara lengkap tentang jenis-jenis kulkas Samsung, cara memilihnya, hingga memberikan rekomendasi produk terbaik. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tak akan kesulitan lagi dalam memilih.
    Elektronik dapur
    6.910 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori