10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2019)

Kulkas merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada banyak sekali kulkas yang dijual di pasaran dalam berbagai model, kapasitas, harga, hingga ukuran. Hal ini dapat menyulitkan Anda dalam menemukan kulkas yang sesuai.

Kali ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi kulkas terbaik seperti LG, Sanken, Polytron, Sharp, Panasonic, dan lainnya untuk Anda yang tinggal sendiri. Jadi, jika Anda tinggal sendirian, simaklah ulasan kami tentang cara memilih kulkas yang sesuai untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri

Akan lebih mudah memilih kulkas yang tepat apabila Anda memiliki bayangan seberapa sering Anda memasak sendiri. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah kapasitas kulkas berdasarkan frekuensi penggunaan

Meski Anda menggunakan kulkas untuk diri sendiri, Anda tetap perlu memperhatikan kapasitasnya. Pilihlah kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Kapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang hanya mendinginkan sedikit makanan dan minuman

Kapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang hanya mendinginkan sedikit makanan dan minuman

Kami merekomendasikan kulkas berkapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang sering makan di luar dan jarang memasak. Kulkas berkapasitas maksimal 50 liter sudah cukup digunakan untuk menyimpan sedikit makanan. Ukurannya juga ringkas untuk diletakkan pada apartemen studio, kamar indekos, dan rumah satu kamar.

Namun, sebagian besar kulkas berukuran kurang dari 50 liter tidak memiliki freezer. Oleh karena itu, pilihlah jenis kulkas yang memiliki freezer apabila Anda juga ingin membuat es.

Kapasitas 50 sampai 100 liter untuk Anda yang beberapa kali memasak sendiri

Kapasitas 50 sampai 100 liter untuk Anda yang beberapa kali memasak sendiri

Kulkas berkapasitas 50-100 liter ini cocok bagi Anda yang beberapa kali memasak sendiri, tetapi juga sering makan di luar. Kulkas berkapasitas ini banyak yang memiliki dua pintu, salah satunya adalah freezer untuk menyimpan es batu dan makanan beku. Sayangnya, ukuran freezer-nya hanya sekitar 25 liter. Jadi, jika Anda ingin menyimpan banyak makanan beku, kulkas dengan kapasitas 50-100 liter kurang cocok untuk Anda.

Selain itu, kompartemen dalam kulkas berkapasitas 50-100 liter biasanya tergolong sempit. Karena itu, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan minuman dan sayuran.

Kapasitas 100 liter atau lebih untuk Anda yang aktif memasak, dan 130 liter lebih untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman

Kapasitas 100 liter atau lebih untuk Anda yang aktif memasak, dan 130 liter lebih untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman

Kulkas berkapasitas 100 liter lebih cocok untuk Anda yang hampir setiap hari memasak. Beberapa model memiliki kompartemen refrigerator dan freezer yang terpisah. Model ini dapat membuat Anda menyimpan bahan makanan dan minuman selama 2 hingga 3 hari. Akan tetapi, apabila Anda sering membeli bahan makanan untuk satu minggu, gunakanlah kulkas berkapasitas lebih dari 130 liter. Pada kapasitas ini, ukuran freezer biasanya lebih besar. Adanya ruang freezer yang lebih besar membuat Anda lebih leluasa membekukan beberapa jenis makanan.

Bagi Anda yang sering menerima tamu, pilihlah kulkas berkapasitas 200 liter untuk memudahkan Anda menyimpan persediaan makanan dalam jumlah besar. Kapasitas yang besar ini cukup mengakomodasi 3 hingga 4 orang teman yang berkumpul di akhir pekan. Selain itu, kulkas dengan kapasitas 200 liter dapat digunakan ketika Anda berkeluarga. Jadi, kapasitas 200 liter ini tepat untuk Anda yang ingin menggunakan kulkas dalam jangka waktu yang lama.

Pilihlah ukuran dan arah bukaan pintu kulkas sesuai dengan tempat pemasangan

Setelah memeriksa kapasitas kulkas, selanjutnya adalah memastikan ukuran dan arah bukaan pintu kulkas. Pastikan sesuai dengan tempat pemasangan yang direncanakan, ya!

Sediakanlah tempat dengan jarak 0,5 cm dari kedua sisi kulkas dan minimal 5 cm di sisi atas

Sediakanlah tempat dengan jarak 0,5 cm dari kedua sisi kulkas dan minimal 5 cm di sisi atas

Kulkas harus memiliki ruang pembuangan panas yang cukup di bagian depan, belakang, kiri, dan kanan supaya efisiensi pendinginan tidak menurun. Untuk itu, ukurlah lebar dan tinggi tempat pemasangan sebelum membeli kulkas. Sebagian besar produsen merekomendasikan untuk memberi jarak minimal 0,5 cm pada kedua sisi kulkas. Sedangkan, untuk sisi atas, berilah jarak 5 cm atau lebih. Karena itu, hitunglah ukuran lokasi pemasangan dengan dikurangi ukuran tersebut.

Apabila Anda berencana meletakkan kulkas di dekat dinding, berikan jarak 3 cm supaya pintu dapat terbuka penuh. Periksalah dengan cermat keterangan kulkas yang Anda pilih karena setiap produsen memiliki standar rekomendasi jarak yang berbeda.

Sesuaikanlah arah bukaan pintu apabila meletakkannya di sisi dinding

Sesuaikanlah arah bukaan pintu apabila meletakkannya di sisi dinding

Apabila sisi kanan kulkas adalah dinding, pilihlah kulkas dengan pintu yang terbuka ke arah kanan. Perhatikanlah hal ini karena jika Anda memilih pintu yang terbuka ke arah kiri, Anda akan kesulitan mengambil makanan. Selain itu, pastikan kulkas incaran Anda mudah dibuka dan ditutup.

Belakangan, dapat ditemukan beberapa model kulkas yang memiliki pintu dengan arah yang bisa diganti. Jenis ini cocok bagi Anda yang tinggal sendiri karena dapat diletakkan di mana saja tanpa perlu memusingkan posisi dinding. Ada baiknya Anda membeli alat yang dapat digunakan untuk mengubah pintu bersamaan dengan pembelian kulkas. Hal ini dapat mempermudah Anda karena arah bukaan pintu tidak dapat diganti tanpa alat khusus seperti obeng.

Pilihlah yang tidak berisik dan memiliki fitur defrost

Pilihlah yang tidak berisik dan memiliki fitur defrost

Bagi Anda yang tinggal sendiri, berhati-hatilah dengan kebisingan kulkas karena biasanya kulkas diletakkan pada jarak yang dekat. Bahkan, ada beberapa orang yang terganggu dengan suara keras kulkas ketika tidur. Untuk itu, pilihlah kulkas yang menghasilkan suara 25db.

Lalu, apabila kulkas Anda dilengkapi freezer, periksalah keberadaan fitur defrost atau pencairan bunga es otomatisnya. Kulkas kecil satu pintu biasanya tidak memiliki fan sehingga perlu dilakukan proses defrost manual secara berkala. Jika tidak dibersihkan, efek pendinginannya akan berkurang. Ruang freezer pun akan menjadi sempit akibat bunga es yang menumpuk. Sebaliknya, kulkas dua pintu biasanya sudah terdapat fan untuk mencegah gumpalan bunga es. Ketika Anda melakukan proses defrost di kulkas tanpa fan, pastikan Anda mematikan kulkas terlebih dahulu.

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya

Ketika tinggal sendiri, tentu Anda ingin membuat tagihan listrik sehemat mungkin. Untuk itu, perhatikanlah konsumsi daya kulkas incaran Anda. Perlu diketahui bahwa tagihan listrik kulkas belum tentu berbanding lurus dengan ukuran kulkas. Biasanya, total tagihan listrik untuk kulkas yang lebih besar lebih murah setiap bulannya.

Sebelum membeli kulkas, hitunglah penggunaan listriknya. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek tarif listrik berdasarkan golongan daya listrik di rumah Anda. Apabila Anda menggunakan golongan listrik 900 VA, tarif yang dikenakan saat ini adalah Rp 1.352 per kWH. Tarif dasar listrik (TDL) tersebut akan berbeda untuk Anda yang menggunakan daya listrik golongan 1.300 VA hingga 6.600 VA. Pada golongan rumah tangga kecil hingga besar, TDL akan disesuaikan dengan perubahan faktor ekonomi mikro.

Rumus untuk menghitung daya listrik kulkas per hari adalah jumlah alat × konsumsi listrik (kiloWatt) × lama pemakaian. Contohnya, Anda ingin menghitung daya listrik sebuah kulkas berdaya 60 watt dengan golongan 900 VA. Maka perhitungannya adalah 1 × 0,06 kW × 24 (jam) = 1,44 kWH. Kemudian, hitunglah tagihan listrik bulanan Anda dengan rumus daya listrik harian (kWH) × tarif dasar × jumlah hari. Hasilnya adalah 1,44 kWH × Rp 1.352 × 30 hari = Rp 58.406,4. Selain tarif listrik, periksalah juga standar hemat energinya. Semakin tinggi standar energinya, maka semakin sedikit pula energi yang dibutuhkan.

10 Rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Setelah mengetahui cara memilih kulkas, sekarang saatnya Anda memilih salah satu kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan rekomendasi kulkas terbaik untuk orang yang tinggal sendiri dari kami di bawah ini!

10. Aqua Japan AQR-D50F (S/W)

10. Aqua Japan AQR-D50F (S/W)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.009.700

Kinerja tetap stabil meski tegangan listrik rendah

Kulkas yang satu ini dapat diandalkan meskipun tegangan listrik di rumah Anda rendah. Lebih hemat energi dan biaya! Anda juga dapat meletakkan barang-barang seperti gelas dan vas bunga di atasnya karena produk ini memiliki fitur table top. Selain itu, adanya garansi selama tujuh tahun bisa menjadi salah satu alasan Anda untuk memilih kulkas ini, bukan?

Kapasitas 42,6 liter refrigerator dan 4,4 liter freezer
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 48 × 47,3 × 48,3
Fitur defrost Tidak disebutkan
Tingkat hemat energi Tidak disebutkan

9. Sanken SN-118KEG

9. Sanken SN-118KEG

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 979.500

Cepat dingin dan mampu mempertahankan suhu kesegaran makanan lebih stabil

Bagi Anda yang memperhatikan kesegaran bahan makanan, pilih kulkas satu ini. Sanken SN-118KEG dilengkapi dengan teknologi super hemat A+ yang membuat kulkas lebih cepat dingin. Lalu, teknologi 4D Air Flow yang diusungnya memastikan udara dingin tersebar merata sehingga suhu kesegaran kulkas lebih stabil. Tidak perlu khawatir lagi dengan kesegaran makanan!

Kapasitas 50 liter (44 liter refrigerator dan 4 liter freezer)
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 70 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 49 × 46,5 × 44,2 cm
Fitur defrost Tidak disebutkan
Tingkat hemat energi 36%

8. GEA® Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan RS-06DR

8. GEA® Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan RS-06DR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 715.000

Bebas mengubah arah pintu sesuai kebutuhan Anda

Apabila Anda sering mengubah tata letak barang di rumah, kulkas ini dapat Anda pertimbangkan. Pintunya didesain sedemikian rupa sehingga Anda dapat mengubah arah bukaan pintu sesuai dengan tata letak barang-barang Anda. Meski ukurannya kecil, kulkas ini dapat menyimpan botol seukuran 2 liter, lho! Cocok bagi Anda yang suka menyimpan minuman dingin.

Kapasitas 46 liter
Arah bukaan pintu Kanan dan kiri (dapat diubah)
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 82 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 51 × 47 × 43,9 cm
Fitur defrost Tidak disebutkan
Tingkat hemat energi Tidak disebutkan

7. Polytron Belleza 2 PRO15KTR

7. Polytron Belleza 2 PRO15KTR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.539.000

Perpaduan tampilan elegan yang mewah dengan pintu tempered glass

Apakah dapur dan ruang tamu Anda tidak bersekat sehingga tamu dapat langsung melihat keadaan dapur ketika berkunjung? Jika iya, desain cantik dan kesan mewah dari kulkas ini dapat Anda gunakan untuk memperindah interior rumah Anda.

Polytron Belleza 2 PRO15KTR telah dilengkapi dengan tempered glass sehingga kulkas ini tidak mudah pecah ketika terjadi benturan. Tidak hanya pintu, rak-rak di dalamnya juga menggunakan bahan yang sama dan mampu menahan beban hingga 160 kg!

Kapasitas 150 liter
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 75 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 512,3 × 100,7 × 54,2 cm
Fitur defrost ×
Tingkat hemat energi Tidak disebutkan

6. Sharp Shine Double Freezer Series SJ-X195W-FH

6. Sharp Shine Double Freezer Series SJ-X195W-FH

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.999.000

Menyimpan banyak makanan beku tanpa rasa khawatir

Produk ini sesuai untuk Anda yang jarang memasak dan hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan bekal di pagi hari. Dilengkapi dengan double freezer, kulkas dari Sharp ini cocok untuk Anda yang ingin menyimpan makanan beku. Sangat mendukung untuk Anda yang memiliki rutinitas padat.

Kerangkanya tebal dengan teknologi full insulation sehingga Anda bebas khawatir karena suhu di dalam kulkas akan lebih stabil. Selain itu, produk ini memiliki perlindungan seven shield, di antaranya adalah melapisi kabel dengan per logam yang melindungi dari gigitan tikus. Kemiringan tempat hingga 10 derajat juga dapat ditoleransi.

Kapasitas 170 liter (143 liter refrigerator dan 28 liter freezer)
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 90 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 121,2 × 53,5 × 54,5 cm
Fitur defrost ✓ (semi automatic)
Tingkat hemat energi Tidak disebutkan

5. LG GN-INV201SL

5. LG GN-INV201SL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.599.000

Tidak bising dan dapat menjaga kelembapan sayur dan buah

Jika Anda tinggal di rumah yang tidak terlalu besar dan menyukai ketenangan, pertimbangkanlah kulkas ini. Adanya teknologi Smart Inverter Compressor membuat kulkas ini lebih hemat listrik meskipun tegangan sedang tidak stabil. Proses pendinginan pun lebih cepat dan stabil sehingga kesegarannya lebih terjamin.

Kemudian, kulkas ini tidak bising karena tidak memiliki banyak gesekan pada setiap komponen saat kompresor aktif. Selain itu, adanya Moist Balance Crisper™ mampu menguapkan sisa air dari sayur dan buah. Sisa air tersebut akan membentuk menjadi embun yang mampu mempertahankan kesegaran makanan Anda sebesar 20 persen.

Kapasitas 164 liter
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 113,5 × 52,5 × 55,5 cm
Fitur defrost ✓ (semi automatic)
Tingkat hemat energi Tidak disebutkan

4. Sanken SK-V191A-CBG

4. Sanken SK-V191A-CBG

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Jaminan tetap dingin hingga 13 jam saat kulkas mati!

Produk ini dilengkapi teknologi Cool Lock Freezer yang dapat mempertahankan suhu tetap dingin hingga 13 jam ketika kulkas mati! Dipadukan teknologi 4D Air Flow, udara dingin dijamin dapat tersebar merata di seluruh bagian kulkas. Makanan dan minuman pun dapat lebih terjamin kesegarannya!

Bagi Anda penggemar daging yang tidak sempat membeli daging segar setiap hari, produk satu ini dapat Anda jadikan sahabat. Kulkas ini memiliki rak daging yang dapat mempertahankan kestabilan suhu di angka -7 °C. Daging pun terjaga dari kontaminasi bahan lainnya sehingga tetap segar seperti baru saja dibeli.

Kapasitas 190 liter (164 liter refrigerator dan 26 liter freezer)
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 80 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 122,2 × 55 × 54,4 cm
Fitur defrost Tidak disebutkan
Tingkat hemat energi 36%

3. Panasonic Top Freezer – NR-BB201Q-S/PK

3. Panasonic Top Freezer - NR-BB201Q-S/PK

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.449.000

Menghemat waktu saat memasak daging, ikan, dan ayam beku

Memasak bahan yang segar tentunya membutuhkan proses yang lebih lama dibandingkan makanan beku. Terlebih apabila Anda akan memasak daging, ikan, dan ayam karena bahan-bahan itu umumnya disimpan di dalam freezer. Anda akan membutuhkan waktu tersendiri untuk mencairkan bahan makanan sebelum diproses.

Proses memasak yang panjang itu tidak akan Anda alami jika Anda menyimpannya di dalam kulkas yang satu ini. Itu semua karena adanya teknologi Prime Fresh Freezing yang hanya membekukan lapisan luar pada suhu ±-3 °C. Bagian dalam daging, ikan, dan ayam pun tetap lembut sehingga Anda lebih mudah mengolahnya.

Kapasitas 182 liter (131 liter refrigerator dan 65 liter freezer)
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 215.000 watt per tahun
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 138,5 × 52,5 × 58,3 cm
Fitur defrost ✓ (automatic)
Tingkat hemat energi 43%

2. Aqua Japan AQR-D190(S)

2. Aqua Japan AQR-D190(S)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.799.000

Dengan tambahan ruang kering di bagian bawah yang membuat rumah lebih ringkas

Kulkas ini bisa dikatakan sebagai produk 3 in 1 yang sangat bermanfaat untuk Anda. Selain memiliki bagian refrigerator dan freezer, kulkas ini memiliki ruang kering yang tidak terpengaruh suhu dingin. Adanya ruang kering ini tentu membantu Anda dalam menyimpan bahan-bahan makanan lain sehingga rumah tampak lebih ringkas.

Kapasitas 162,5 liter (136,5 liter refrigerator dan 26 liter freezer)
Arah bukaan pintu Kanan
Tingkat kebisingan Tidak disebutkan
Konsumsi daya 80 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 126 × 48,6 × 55,4 cm
Fitur defrost ×
Tingkat hemat energi Tidak disebutkan

1. Electrolux Lemari Es Dudukan Atas Inverter NutriFresh® 211L ETB2102MG

1. Electrolux Lemari Es Dudukan Atas Inverter NutriFresh® 211L ETB2102MG

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.498.800

Bebaskan Anda untuk menyimpan makanan di rak mana pun

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengatur isi kulkas, pilihlah kulkas yang satu ini! Produk dari Electrolux ini dilengkapi dengan teknologi 360° Cooling yang membebaskan Anda meletakkan bahan makanan di rak mana saja. Dipadukan dengan teknologi FreshTaste, makanan Anda akan senantiasa tetap higienis, segar, dan bebas bau.

Kapasitas 211 liter (148 liter refrigerator dan 62 liter freezer)
Arah bukaan pintu Kanan dan kiri (bisa diubah)
Tingkat kebisingan <42 db
Konsumsi daya Tidak disebutkan
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman) 140,5 × 54 × 61,5 cm
Fitur defrost ✓ (automatic)
Tingkat hemat energi 37%

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini!

Bagi Anda yang tinggal berdua atau dengan keluarga, ada baiknya untuk memilih kulkas dengan kapasitas yang lebih besar. Anda mungkin juga menginginkan kulkas mini untuk ditaruh di kamar Anda. Untuk itu, simaklah artikel-artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi dari kami!

Kesimpulan

Setelah membaca semua rekomendasi kulkas yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kulkas yang sesuai untuk Anda? Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam menemukan produk terbaik.

Untuk Anda yang hidup sendiri, sebaiknya Anda memilih kulkas berdasarkan frekuensi penyimpanan dan penggunaan bahan makanan saat memasak. Pilihlah kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Nah, selamat memilih kulkas yang sesuai, ya!