• 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2022)

Kulkas merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kulkas yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai model, kapasitas, harga, hingga ukuran. Hal ini dapat menyulitkan Anda dalam menemukan kulkas yang bagus dan sesuai.


Kali ini kami akan merekomendasikan kulkas terbaik dari beberapa merek, seperti LG, Sanken, Polytron, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Namun, kulkas yang direkomendasikan adalah kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri. Jadi, jika Anda tinggal sendirian, simaklah ulasan dan rekomendasi produk dari kami sampai tuntas.

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Gambar produk
1
GEA Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan  1

GEA

2
Sharp Shine Magneglas Series Red 1

Sharp

3
Hisense Minibar 1

Hisense

4
Sanken SK-V163A-CB 1

Sanken

5
LG Kulkas 1 Pintu 1

LG

6
Polytron Belleza 1

Polytron

7
Electrolux Portable Refrigerator 1

Electrolux

8
Toshiba Kulkas 1 Pintu 1

Toshiba

9
Panasonic Top Freezer 1

Panasonic

10
Aqua japan Kulkas 1 Pintu 1

Aqua japan

Nama produk

Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan

Shine Magneglas Series Red

Minibar

SK-V163A-CB

Kulkas 1 Pintu

Belleza

Portable Refrigerator

Kulkas 1 Pintu

Top Freezer

Kulkas 1 Pintu

Keunggulan

Bobot lebih ringan dan dilengkapi kunci pengaman

Kinerja tetap stabil meski daya listrik rendah

Kapasitasnya muat banyak, suaranya tidak bising

Mampu menjaga suhu dingin saat aliran listrik padam

Fruit box-nya lebih luas dan bisa jaga kesegaran sayur

Kulkas satu pintu dengan freezer besar dan tampilan elegan

Kulkas ukuran mini yang cocok untuk anak indekos

Atur suhu lebih leluasa dengan termostat 15 level

Kulkas tanpa bunga es yang bisa menjaga makanan

Asyik! Bagian atasnya bisa dijadikan meja tahan panas

Harga mulai dariRp 1.149.900,00Rp 1.604.000,00Rp 1.399.000,00Rp 2.447.000,00Rp 2.150.000,00Rp 2.249.000,00Rp 1.914.000,00Rp 2.699.000,00Rp 3.449.000,00Rp 1.999.000,00
Kapasitas46 LFreezer: 19 L・Refrigerator: 109 L58 L160 L164 L180 L46 L151 L182 L153 L
Arah bukaan pintuKiri dan kanan (dapat diubah)KananKiri dan kanan (dapat diubah)KananKananKananKananKananKananKanan
Konsumsi daya50 watt84 watt80 watt72 watt70 watt80 watt50 watt220 watt215 kWh per tahun70 watt
Fitur defrostTidak disebutkanAda (semi-auto defrost)Tidak disebutkanTidak disebutkanAda (semi-auto defrost)AdaAda (manual)Ada (semi-auto defrost)Ada (otomatis)Tidak disebutkan
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)51 cm × 47 cm × 43,9 cm97,7 cm x 53,5 cm x 57,5 cm51 cm x 43,9 cm x 47 cm 100 cm x 52,4 cm x 52 cm113,5 cm x 52,5 cm x 55,5 cm108,2 cm x 51,3 cm x 53 cm49,6 cm x 47,4 cm x 44,7 cm115 cm x 56,5 cm x 59,5 cm138,5 cm × 52,5 cm × 58,3 cm113,5 cm x 505 cm x 52 cm
Tautan produk

Cara memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri

Akan lebih mudah memilih kulkas yang tepat apabila Anda memiliki bayangan seberapa sering Anda memasak sendiri. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentukan kapasitas kulkas berdasarkan penggunaan

Meski Anda menggunakan kulkas untuk diri sendiri, Anda tetap perlu memperhatikan kapasitas kulkas. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menyesuaikan ukuran kulkas dengan banyaknya makanan atau minuman yang disimpan. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.

Kurang dari 50 liter, untuk Anda yang menyimpan sedikit makanan

Kurang dari 50 liter, untuk Anda yang menyimpan sedikit makanan

Kulkas berkapasitas kurang dari 50 liter cocok untuk Anda yang jarang masak atau sering makan di luar. Kulkas dengan kapasitas maksimal 50 liter dapat digunakan untuk menyimpan sedikit makanan. Ukurannya pun ringkas sehingga pas diletakkan di apartemen studio, kamar indekos, hingga rumah satu kamar.

Namun, sebagian besar kulkas berukuran kurang dari 50 liter tidak memiliki freezer. Hal ini harus diperhatikan jika Anda menginginkan kulkas mini yang dapat digunakan untuk membuat es.

50–100 liter, untuk Anda yang cukup sering memasak sendiri

50–100 liter, untuk Anda yang cukup sering memasak sendiri

Anda terkadang suka memasak sendiri, tetapi Anda juga sering makan di luar? Kulkas berkapasitas 50–100 liter sepertinya pas untuk Anda. Kulkas berkapasitas 50–100 liter sudah dilengkapi freezer. Alhasil, Anda dapat menyimpan makan beku hingga membuat es.


Akan tetapi, freezer-nya hanya berukuran sekitar 25 liter atau lebih kecil. Apabila Anda ingin menyimpan banyak makanan beku, kulkas berkapasitas 50–100 liter kurang cocok bagi Anda. Di pihak lain, kompartemen dalam kulkas berkapasitas 50–100 liter biasanya tergolong sempit. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli kulkas.

Lebih dari 100 liter, untuk Anda yang suka masak dan menstok banyak makanan

Anda yang hampir setiap hari memasak dapat mempertimbangkan kulkas berkapasitas 100 liter lebih. Beberapa model kulkas dalam ukuran ini memiliki kompartemen refrigerator dan freezer yang terpisah. Alhasil, Anda dapat menyimpan makanan dan minuman untuk dua hingga tiga hari.

Apabila Anda sering menstok bahan makanan untuk satu minggu, pilih kulkas dengan kapasitas lebih dari 130 liter. Kulkas dalam ukuran ini biasanya dilengkapi freezer yang lebih besar sehingga Anda lebih leluasa membekukan beberapa jenis makanan.

Beberapa dari Anda mungkin sering menerima tamu. Jika demikian, kulkas berkapasitas 200 liter sepertinya lebih cocok untuk Anda. Ukuran kulkas yang besar memungkinkan Anda untuk menyimpan persediaan makanan dalam jumlah besar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tiga atau empat orang teman berkunjung pada akhir pekan. Semua kulkas yang ada di rekomendasi produk nanti kapasitasnya tidak lebih dari 200 liter.

Sesuaikan ukuran dan arah bukaan pintunya dengan tempat pemasangan

Setelah memeriksa kapasitas kulkas, Anda harus memastikan ukuran dan arah bukaan pintu kulkas. Pastikan ukuran dan arah bukaan pintu kulkasnya sesuai dengan tempat pemasangan yang direncanakan.

Ukuran, pastikan ada space 0,5 cm di kedua sisi kulkas dan 5 cm di sisi atas

Ukuran, pastikan ada space 0,5 cm di kedua sisi kulkas dan 5 cm di sisi atas

Kulkas harus memiliki ruang pembuangan panas yang cukup di bagian depan, belakang, dan samping supaya efisiensi pendinginan tak menurun. Karena itu, ukurlah lebar dan tinggi tempat penyimpanannya sebelum membeli kulkas. Sebagian besar produsen kulkas merekomendasikan untuk memberi jarak minimal 0,5 cm pada kedua sisi kulkas. Sementara itu, untuk sisi atas sebaiknya diberi jarak 5 cm atau lebih.

Apabila Anda berencana meletakkan kulkas di dekat dinding, berikan jarak 3 cm supaya pintu bisa terbuka penuh. Periksalah dengan cermat keterangan kulkas yang Anda pilih karena setiap produsen memiliki standar rekomendasi jarak yang berbeda.

Bukaan pintu, sesuaikan arah bukaan pintu dengan posisi dinding

Bukaan pintu, sesuaikan arah bukaan pintu dengan posisi dinding
Jika sisi kanan kulkas adalah dinding, pilih kulkas dengan pintu yang terbuka ke arah kanan. Perhatikan hal ini karena kalau Anda memilih pintu yang terbuka ke arah kiri, Anda akan kesulitan mengambil makanan. Selain itu, pastikan kulkas incaran Anda mudah dibuka dan ditutup.

Belakangan dapat ditemukan beberapa model kulkas yang memiliki pintu dengan arah bukaan yang bisa diganti. Kulkas jenis ini cocok bagi Anda yang tinggal sendiri karena dapat diletakkan di mana saja tanpa perlu memusingkan posisi dinding.


Ada baiknya Anda membeli alat yang dapat dipakai untuk mengubah pintu bersamaan dengan pembelian kulkas. Hal ini dapat mempermudah Anda karena arah bukaan pintu tidak dapat diganti tanpa alat khusus seperti obeng.

Pertimbangkan yang memiliki fitur defrost dan tidak berisik

Pertimbangkan yang memiliki fitur defrost dan tidak berisik
Jika kulkas Anda dilengkapi freezer, periksalah keberadaan fitur auto defrost atau pencairan bunga es otomatisnya. Kulkas kecil satu pintu biasanya tidak memiliki fan sehingga perlu dilakukan proses defrost manual secara berkala. Kalau freezer tidak dibersihkan, efek pendinginannya akan berkurang. Area freezer pun akan menjadi sempit akibat bunga es yang menumpuk. 

Sebaliknya, kulkas dua pintu biasanya sudah terdapat fan untuk mencegah gumpalan bunga es. Ketika Anda melakukan proses defrost di kulkas tanpa fan, pastikan Anda mematikan kulkas terlebih dahulu. Di pihak lain, Anda juga sebaiknya memperhatikan tingkat kebisingannya. Agar suara mesin kulkas tidak mengganggu telinga, Anda bisa mempertimbangkan kulkas yang menghasilkan suara 25db.

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya

Keberadaan kulkas memang bermanfaat, tetapi Anda juga tidak mau tagihan listrik membengkak setelah memiliki kulkas, bukan? Agar tagihan listrik tetap terkendali, perhatikanlah konsumsi daya kulkas incaran Anda sebelum membelinya. Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengecek tarif listrik berdasarkan golongan daya listrik di rumah Anda.


Jika Anda menggunakan golongan listrik 900 VA, tarif yang dikenakan saat ini adalah Rp 1.352 per kWH. Tarif dasar listrik (TDL) tersebut akan berbeda untuk Anda yang menggunakan daya listrik golongan 1.300 VA hingga 6.600 VA. Nah, rumus untuk menghitung daya listrik kulkas per hari adalah jumlah alat × konsumsi listrik (kiloWatt) × lama pemakaian.

Jadi, apabila Anda ingin menghitung daya listrik sebuah kulkas berdaya 60 watt dengan golongan 900 VA. Maka perhitungannya adalah 1 × 0,06 kW × 24 (jam) = 1,44 kWH. Setelah itu, hitung tagihan listrik bulanan Anda dengan rumus daya listrik harian (kWH) × tarif dasar × jumlah hari. Maka hasilnya adalah 1,44 kWH × Rp 1.352 × 30 hari = Rp 58.406,4. Selain memeriksa tarif listrik, periksalah juga standar hemat energinya.

10 Rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Aqua japanKulkas 1 Pintu

AQR-D187

Mulai dari Rp 1.999.000,00

Kapasitas153 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya70 watt
Fitur defrostTidak disebutkan
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)113,5 cm x 505 cm x 52 cm
9

PanasonicTop Freezer

NR-BB201Q-S/PK

Mulai dari Rp 3.449.000,00

Kapasitas182 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya215 kWh per tahun
Fitur defrostAda (otomatis)
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)138,5 cm × 52,5 cm × 58,3 cm
8
Kapasitas151 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya220 watt
Fitur defrostAda (semi-auto defrost)
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)115 cm x 56,5 cm x 59,5 cm
7

ElectroluxPortable Refrigerator

EUM0500SB-RID

Mulai dari Rp 1.914.000,00

Kapasitas46 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya50 watt
Fitur defrostAda (manual)
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)49,6 cm x 47,4 cm x 44,7 cm
6
Kapasitas180 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya80 watt
Fitur defrostAda
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)108,2 cm x 51,3 cm x 53 cm
5
Kapasitas164 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya70 watt
Fitur defrostAda (semi-auto defrost)
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)113,5 cm x 52,5 cm x 55,5 cm
4
Kapasitas160 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya72 watt
Fitur defrostTidak disebutkan
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman) 100 cm x 52,4 cm x 52 cm
3
Kapasitas58 L
Arah bukaan pintuKiri dan kanan (dapat diubah)
Konsumsi daya80 watt
Fitur defrostTidak disebutkan
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)51 cm x 43,9 cm x 47 cm
2

SharpShine Magneglas Series Red

SJ-X165MG

Mulai dari Rp 1.604.000,00

KapasitasFreezer: 19 L・Refrigerator: 109 L
Arah bukaan pintuKanan
Konsumsi daya84 watt
Fitur defrostAda (semi-auto defrost)
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)97,7 cm x 53,5 cm x 57,5 cm
1

GEAKulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan

RS-06DR

Mulai dari Rp 1.149.900,00

Kapasitas46 L
Arah bukaan pintuKiri dan kanan (dapat diubah)
Konsumsi daya50 watt
Fitur defrostTidak disebutkan
Ukuran (Tinggi x Lebar x Kedalaman)51 cm × 47 cm × 43,9 cm

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini!

Di artikel ini kami memang fokus membahas kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri. Namun, apabila Anda memerlukan informasi tambahan mengenai kulkas mini, silakan buka tautan di bawah ini. Kami juga menyiapkan artikel mengenai kulkas berukuran lebih besar untuk Anda yang tinggal berdua.

Kesimpulan

Setelah melihat dan membaca informasi tentang kulkas di rekomendasi produk, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kulkas yang ingin dimiliki? Anda bisa pilih kulkas mana saja yang diinginkan. Namun, jangan lupa mempertimbangkan frekuensi penyimpanan dan penggunaan bahan makanan.


Selain itu, perhatikan tingkat kebisingan serta fitur defrost-nya. Daya yang digunakan juga harus dipertimbangkan jika Anda ingin tetap berhemat listrik. Semoga artikelnya dapat membantu Anda menemukan kulkas terbaik. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah salah satu contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Slow cooker adalah peranti dapur multifungsi yang digunakan untuk memasak dalam waktu yang lama serta suhu rendah. Dengan alat ini, nilai gizi dan nutrisi makanan yang Anda masak tetap terjaga dengan baik. Slow cooker bisa digunakan untuk memasak sup, bubur, nasi, hingga makanan bayi atau MPASI.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih slow cooker terbaik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan memberikan review merk slow cooker yang bagus, seperti Miyako, Takahi, Philips, Emily, dan Baby Safe. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir, ya!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori