• 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2020)

Kulkas merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada banyak sekali kulkas yang dijual di pasaran dalam berbagai model, kapasitas, harga, hingga ukuran. Hal ini dapat menyulitkan Anda dalam menemukan kulkas yang sesuai.

Kali ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi kulkas terbaik seperti LG, Sanken, Polytron, Sharp, Panasonic, dan lainnya untuk Anda yang tinggal sendiri. Jadi, jika Anda tinggal sendirian, simaklah ulasan kami tentang cara memilih kulkas yang sesuai untuk Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2020
  • 7.031 Views
Daftar isi

Cara memilih kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri

Akan lebih mudah memilih kulkas yang tepat apabila Anda memiliki bayangan seberapa sering Anda memasak sendiri. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah kapasitas kulkas berdasarkan frekuensi penggunaan

Meski Anda menggunakan kulkas untuk diri sendiri, Anda tetap perlu memperhatikan kapasitasnya. Pilihlah kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Kapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang hanya mendinginkan sedikit makanan dan minuman

Kapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang hanya mendinginkan sedikit makanan dan minuman
Kami merekomendasikan kulkas berkapasitas kurang dari 50 liter untuk Anda yang sering makan di luar dan jarang memasak. Kulkas berkapasitas maksimal 50 liter sudah cukup digunakan untuk menyimpan sedikit makanan. Ukurannya juga ringkas untuk diletakkan pada apartemen studio, kamar indekos, dan rumah satu kamar.
Namun, sebagian besar kulkas berukuran kurang dari 50 liter tidak memiliki freezer. Oleh karena itu, pilihlah jenis kulkas yang memiliki freezer apabila Anda juga ingin membuat es.

Kapasitas 50 sampai 100 liter untuk Anda yang beberapa kali memasak sendiri

Kapasitas 50 sampai 100 liter untuk Anda yang beberapa kali memasak sendiri
Kulkas berkapasitas 50-100 liter ini cocok bagi Anda yang beberapa kali memasak sendiri, tetapi juga sering makan di luar. Kulkas berkapasitas ini banyak yang memiliki dua pintu, salah satunya adalah freezer untuk menyimpan es batu dan makanan beku. Sayangnya, ukuran freezer-nya hanya sekitar 25 liter. Jadi, jika Anda ingin menyimpan banyak makanan beku, kulkas dengan kapasitas 50-100 liter kurang cocok untuk Anda.
Selain itu, kompartemen dalam kulkas berkapasitas 50-100 liter biasanya tergolong sempit. Karena itu, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan minuman dan sayuran.

Kapasitas 100 liter atau lebih untuk Anda yang aktif memasak, dan 130 liter lebih untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman

Kapasitas 100 liter atau lebih untuk Anda yang aktif memasak, dan 130 liter lebih untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman
Kulkas berkapasitas 100 liter lebih cocok untuk Anda yang hampir setiap hari memasak. Beberapa model memiliki kompartemen refrigerator dan freezer yang terpisah. Model ini dapat membuat Anda menyimpan bahan makanan dan minuman selama 2 hingga 3 hari. Akan tetapi, apabila Anda sering membeli bahan makanan untuk satu minggu, gunakanlah kulkas berkapasitas lebih dari 130 liter. Pada kapasitas ini, ukuran freezer biasanya lebih besar. Adanya ruang freezer yang lebih besar membuat Anda lebih leluasa membekukan beberapa jenis makanan.
Bagi Anda yang sering menerima tamu, pilihlah kulkas berkapasitas 200 liter untuk memudahkan Anda menyimpan persediaan makanan dalam jumlah besar. Kapasitas yang besar ini cukup mengakomodasi 3 hingga 4 orang teman yang berkumpul di akhir pekan. Selain itu, kulkas dengan kapasitas 200 liter dapat digunakan ketika Anda berkeluarga. Jadi, kapasitas 200 liter ini tepat untuk Anda yang ingin menggunakan kulkas dalam jangka waktu yang lama.

Pilihlah ukuran dan arah bukaan pintu kulkas sesuai dengan tempat pemasangan

Setelah memeriksa kapasitas kulkas, selanjutnya adalah memastikan ukuran dan arah bukaan pintu kulkas. Pastikan sesuai dengan tempat pemasangan yang direncanakan, ya!

Sediakanlah tempat dengan jarak 0,5 cm dari kedua sisi kulkas dan minimal 5 cm di sisi atas

Sediakanlah tempat dengan jarak 0,5 cm dari kedua sisi kulkas dan minimal 5 cm di sisi atas
Kulkas harus memiliki ruang pembuangan panas yang cukup di bagian depan, belakang, kiri, dan kanan supaya efisiensi pendinginan tidak menurun. Untuk itu, ukurlah lebar dan tinggi tempat pemasangan sebelum membeli kulkas. Sebagian besar produsen merekomendasikan untuk memberi jarak minimal 0,5 cm pada kedua sisi kulkas. Sedangkan, untuk sisi atas, berilah jarak 5 cm atau lebih. Karena itu, hitunglah ukuran lokasi pemasangan dengan dikurangi ukuran tersebut.
Apabila Anda berencana meletakkan kulkas di dekat dinding, berikan jarak 3 cm supaya pintu dapat terbuka penuh. Periksalah dengan cermat keterangan kulkas yang Anda pilih karena setiap produsen memiliki standar rekomendasi jarak yang berbeda.

Sesuaikanlah arah bukaan pintu apabila meletakkannya di sisi dinding

Sesuaikanlah arah bukaan pintu apabila meletakkannya di sisi dinding
Apabila sisi kanan kulkas adalah dinding, pilihlah kulkas dengan pintu yang terbuka ke arah kanan. Perhatikanlah hal ini karena jika Anda memilih pintu yang terbuka ke arah kiri, Anda akan kesulitan mengambil makanan. Selain itu, pastikan kulkas incaran Anda mudah dibuka dan ditutup.
Belakangan, dapat ditemukan beberapa model kulkas yang memiliki pintu dengan arah yang bisa diganti. Jenis ini cocok bagi Anda yang tinggal sendiri karena dapat diletakkan di mana saja tanpa perlu memusingkan posisi dinding. Ada baiknya Anda membeli alat yang dapat digunakan untuk mengubah pintu bersamaan dengan pembelian kulkas. Hal ini dapat mempermudah Anda karena arah bukaan pintu tidak dapat diganti tanpa alat khusus seperti obeng.

Pilihlah yang tidak berisik dan memiliki fitur defrost

Pilihlah yang tidak berisik dan memiliki fitur defrost
Bagi Anda yang tinggal sendiri, berhati-hatilah dengan kebisingan kulkas karena biasanya kulkas diletakkan pada jarak yang dekat. Bahkan, ada beberapa orang yang terganggu dengan suara keras kulkas ketika tidur. Untuk itu, pilihlah kulkas yang menghasilkan suara 25db.
Lalu, apabila kulkas Anda dilengkapi freezer, periksalah keberadaan fitur defrost atau pencairan bunga es otomatisnya. Kulkas kecil satu pintu biasanya tidak memiliki fan sehingga perlu dilakukan proses defrost manual secara berkala. Jika tidak dibersihkan, efek pendinginannya akan berkurang. Ruang freezer pun akan menjadi sempit akibat bunga es yang menumpuk. Sebaliknya, kulkas dua pintu biasanya sudah terdapat fan untuk mencegah gumpalan bunga es. Ketika Anda melakukan proses defrost di kulkas tanpa fan, pastikan Anda mematikan kulkas terlebih dahulu.

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya

Periksalah konsumsi daya listrik tahunan dan standar hemat energinya
Ketika tinggal sendiri, tentu Anda ingin membuat tagihan listrik sehemat mungkin. Untuk itu, perhatikanlah konsumsi daya kulkas incaran Anda. Perlu diketahui bahwa tagihan listrik kulkas belum tentu berbanding lurus dengan ukuran kulkas. Biasanya, total tagihan listrik untuk kulkas yang lebih besar lebih murah setiap bulannya.
Sebelum membeli kulkas, hitunglah penggunaan listriknya. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek tarif listrik berdasarkan golongan daya listrik di rumah Anda. Apabila Anda menggunakan golongan listrik 900 VA, tarif yang dikenakan saat ini adalah Rp 1.352 per kWH. Tarif dasar listrik (TDL) tersebut akan berbeda untuk Anda yang menggunakan daya listrik golongan 1.300 VA hingga 6.600 VA. Pada golongan rumah tangga kecil hingga besar, TDL akan disesuaikan dengan perubahan faktor ekonomi mikro.
Rumus untuk menghitung daya listrik kulkas per hari adalah jumlah alat × konsumsi listrik (kiloWatt) × lama pemakaian. Contohnya, Anda ingin menghitung daya listrik sebuah kulkas berdaya 60 watt dengan golongan 900 VA. Maka perhitungannya adalah 1 × 0,06 kW × 24 (jam) = 1,44 kWH. Kemudian, hitunglah tagihan listrik bulanan Anda dengan rumus daya listrik harian (kWH) × tarif dasar × jumlah hari. Hasilnya adalah 1,44 kWH × Rp 1.352 × 30 hari = Rp 58.406,4. Selain tarif listrik, periksalah juga standar hemat energinya. Semakin tinggi standar energinya, maka semakin sedikit pula energi yang dibutuhkan.

10 Rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Setelah mengetahui cara memilih kulkas, sekarang saatnya Anda memilih salah satu kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan rekomendasi kulkas terbaik untuk orang yang tinggal sendiri dari kami di bawah ini!
Kapasitas42,6 liter refrigerator dan 4,4 liter freezer
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)48 × 47,3 × 48,3
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
Kapasitas50 liter (44 liter refrigerator dan 4 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya70 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)49 × 46,5 × 44,2 cm
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energi36%

8. GEA® Kulkas Mini Pendingin Minuman/Buah-buahan RS-06DR

Rp 715.000,00

Kapasitas46 liter
Arah bukaan pintuKanan dan kiri (dapat diubah)
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya82 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)51 × 47 × 43,9 cm
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
Kapasitas150 liter
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya75 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)512,3 × 100,7 × 54,2 cm
Fitur defrost×
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
Kapasitas170 liter (143 liter refrigerator dan 28 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya90 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)121,2 × 53,5 × 54,5 cm
Fitur defrost✓ (semi automatic)
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
Kapasitas164 liter
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya60 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)113,5 × 52,5 × 55,5 cm
Fitur defrost✓ (semi automatic)
Tingkat hemat energiTidak disebutkan
Kapasitas190 liter (164 liter refrigerator dan 26 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya80 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)122,2 × 55 × 54,4 cm
Fitur defrostTidak disebutkan
Tingkat hemat energi36%
Kapasitas182 liter (131 liter refrigerator dan 65 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya215.000 watt per tahun
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)138,5 × 52,5 × 58,3 cm
Fitur defrost✓ (automatic)
Tingkat hemat energi43%
Kapasitas162,5 liter (136,5 liter refrigerator dan 26 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Konsumsi daya80 watt
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)126 × 48,6 × 55,4 cm
Fitur defrost×
Tingkat hemat energiTidak disebutkan

1. Electrolux Lemari Es Dudukan Atas Inverter NutriFresh® 211L ETB2102MG

Rp 4.498.800,00

Kapasitas211 liter (148 liter refrigerator dan 62 liter freezer)
Arah bukaan pintuKanan dan kiri (bisa diubah)
Tingkat kebisingan<42 db
Konsumsi dayaTidak disebutkan
Ukuran (tinggi, lebar, kedalaman)140,5 × 54 × 61,5 cm
Fitur defrost✓ (automatic)
Tingkat hemat energi37%

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini!

Bagi Anda yang tinggal berdua atau dengan keluarga, ada baiknya untuk memilih kulkas dengan kapasitas yang lebih besar. Anda mungkin juga menginginkan kulkas mini untuk ditaruh di kamar Anda. Untuk itu, simaklah artikel-artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi dari kami!

Kesimpulan

Setelah membaca semua rekomendasi kulkas yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kulkas yang sesuai untuk Anda? Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam menemukan produk terbaik.
Untuk Anda yang hidup sendiri, sebaiknya Anda memilih kulkas berdasarkan frekuensi penyimpanan dan penggunaan bahan makanan saat memasak. Pilihlah kulkas yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Nah, selamat memilih kulkas yang sesuai, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    69.638 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    35.724 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    33.268 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    29.630 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    32.001 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    18.395 Views
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2020)
    Anda bisa menggunakan air purifier untuk membersihkan udara dari asap, debu, bakteri, atau berbagai polutan lainnya. Bahkan, saat ini sudah ada air purifier berukuran kecil yang bisa Anda letakkan di meja untuk menjaga kebersihan udara pada area yang tidak terlalu luas.Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi air purifier terbaik untuk di atas meja. Anda akan menemukan berbagai air purifier berkualitas keluaran Sharp, Duux, Oxygenic, dan sebagainya dalam artikel ini. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    836 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori