10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda hobi fotografi? Berapa banyak lensa SLR yang Anda punya? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tak dapat dibilang murah ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa Anda tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Filter lensa solusinya!

Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa seperti Kenko, Tiffen, dan Hoya. Tak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa dapat berfungsi untuk efek fotografi. Wah, pastinya Anda cukup kewalahan ya filter lensa mana yang Anda inginkan. Simak tips serta rekomendasi dari kami!

Daftar isi

Cara memilih filter lensa

Dalam memilih filter lensa, Anda harus memperhatikan kualitas filter lensa pilihan Anda. Jangan memilih filter lensa hanya dari kemampuan melindungi lensa kamera saja, tetapi harus mendukung kualitas foto juga. Karena kualitas filter lensa yang buruk malah akan merusak hasil foto. Selain itu, filter lensa memiliki berbagai jenis untuk mempengaruhi kualitas foto Anda. Berikut kami berikan tips untuk memilih filter lensa.

Filter lensa dengan transmitansi tinggi

Filter lensa dengan transmitansi tinggi

Filter transparan dibuat untuk melindungi lensa dari sinar UV dan tidak mempengaruhi efek foto. Namun, filter transparan ini memiliki transmitansi yang berbeda-beda. Transmitansi yang buruk akan mempengaruhi cahaya yang masuk ke dalam lensa dan berpengaruh pada foto Anda.

Filter lensa dengan transmitansi tinggi dan kinerja yang baik cenderung mahal. Jika lensa kamera Anda termasuk lensa kamera yang tidak terlalu mahal, sebaiknya Anda memilih filter lensa yang dapat menambah kualitas foto dari lensa kamera Anda.

Efek filter

Efek filter

Filter lensa warna dapat merubah white balance hasil foto Anda. Filter ini memiliki 2 efek, warm dan cool untuk merubah white balance. Efek-efek ini tentunya tidak dapat terlihat jika Anda tidak menggunakan filter lensa.

Jenis filter lain yang dapat menjadi pilihan Anda untuk hasil foto yang lebih memukau adalah jenis polarizing. Jenis ini digunakan untuk menyaring cahaya terpolarisasi, mengurangi refleksi, serta meningkatkan warna dan kontras. Biasanya filter ini digunakan untuk mengambil gambar landscape.

Fitur anti air

Fitur anti air

Saat menggunakan filter lensa, filter tersebut menjadi bagian ujung dari kamera Anda. Pilihlah filter lensa yang anti terhadap air serta kotoran karena Anda tidak dapat menduga cuaca dan kondisi pada tempat pemotretan. Bisa saja terjadi hujan atau tempat pemotretan penuh pasir dan angin yang kencang. Dengan filter anti air dan kotoran, Anda dapat tetap mengambil gambar yang baik tanpa gangguan pada filter lensa.

Anda juga harus memperhatikan fitur anti sidik jari. Saat Anda harus mengganti filter lensa, mungkin saja jari Anda mengenai permukaan filter lensa dan menyisakan sidik jari. Tentunya sidik jadi yang menempel akan sangat mengganggu aktivitas pemotretan. Pilihan anti sidik jadi pada filter lensa Anda akan sangat membantu.

10 Rekomendasi filter lensa terbaik

Anda tentunya sudah mengerti tentang cara pemilihan filter lensa. Selanjutnya kami berikan rekomendasi filter lensa terbaik yang dapat Anda pesan secara online.

10. K&F Concept UV Glass Filter 18-Layer Multi Coated Ultra Violet Filter

10. K&F Concept UV Glass Filter 18-Layer Multi Coated Ultra Violet Filter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.123.000

Tahan segala kondisi alam

Mungkin K&F Concept tidak begitu familiar di telinga Anda. K&F Concept adalah brand yang khusus menangani desain, penelitian, manufaktur, dan pemasaran aksesori fotografi. Untuk Anda yang sering melakukan aktivitas fotografi dibawah teriknya matahari, kami rekomendasikan UV Glass Filter 18-Layer Multi Coated Ultra Violet Filter.

Bingkai yang terbuat dari alumunium yang sangat tipis mereduksi efek cahaya serta menghindari efek vignette pada pengambilan gambar wide angle pada alam bebas. Foto saat hujan? Tak masalah karena filter ini memiliki fitur waterproof. Sudah siap hunting keluar?

9. Zomei Filter Variable ND 2-400

9. Zomei Filter Variable ND 2-400

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 255.000

Hasil objek bergerak yang halus

Bagi Anda yang gemar hunting foto objek cepat, filter Natural Density (ND) dapat menjadi pilihan Anda. Filter ini berfungsi mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Filter ND biasanya digabungkan dengan ISO rendah dan bukaan lensa yang kecil untuk mendapatkan gambar objek yang bergerak cepat tetapi hasilnya lebih “halus” seperti foto air terjun, mobil, dan kereta api.

Untuk filter ND yang ekonomis kami rekomendasikan Zomei Filter Variable ND 2-400. Dengan memutar ujung lensa, Anda dapat mengendalikan jumlah cahaya (antara +1 dan +8) yang memasuki lensa untuk hasil gambar yang lebih “halus”. Jika Anda termasuk baru dalam dunia fotografi, filter lensa ini pas untuk Anda mempelajari teknik baru serta harganya sangat bersahabat di kantong Anda.

8. Andoer Profesional GND

8. Andoer Profesional GND

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.000

Pilihan ekonomis untuk lensa yang tahan lama

Anda yang gemar melakukan sesi foto di daerah pegunungan atau pantai, mungkin agak kesulitan dengan perbedaan kondisi cahaya yang cukup signifikan. Anda dapat memilih filter Graduated Neutral Density (GND) yang memiliki gradasi warna untuk menyamakan kondisi cahaya.

Filter lensa GND yang kami rekomendasikan adalah Andoer Profesional GND. Filter lensa kamera ini dilengkapi dengan 4 gradasi warna yang berbeda. Pembelian filter lensa ini juga dilengkapi dengan tempat lensa untuk set filter Anda. Tentunya harga set filter GND yang tahan lama ini sangat ekonomis!

7. K&F Concept 62mm Slim Lens Filter Set

7. K&F Concept 62mm Slim Lens Filter Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 971.000

Set filter dengan harga yang terjangkau

Jika Anda tergolong orang yang baru mempelajari fotografi dan ingin lebih mendalami teknik-tekniknya, set filter dari K&F Concept dapat menjadi pilihan Anda. Dalam 1 set terdapat FLD, CPL, UV Protector, dan GND. Seluruh filter yang Anda punya tentunya merupakan jenis filter slim.

Selain filter, Anda juga akan mendapatkan perlengkapan lainnya seperti tas filter lensa, lap microfiber, flower petal lens hood, dan tutup lensa. Sudah cukup lengkap, bukan? Set filter ini juga cocok Anda jadikan hadiah untuk orang terdekat Anda yang sedang belajar fotografi. Harga untuk set ini juga cukup terjangkau jika dibandingkan membeli setiap jenis lensa. Anda tertarik?

6. Marumi DHG Achromat Macro 200 (+5)

6. Marumi DHG Achromat Macro 200 (+5)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 941.000

Fotografi makro dengan lensa normal

Anda tertarik dengan fotografi makro? Tetapi lensa Anda adalah lensa normal? Marumi DHG Achromat Macro 200 (+5) dapat menjadi pilihan bagi Anda. Filter lensa jenis ini dapat memperpendek fokus lensa Anda untuk menghasilkan foto makro. Anda juga dapat menggunakan filter ini dengan lensa makro untuk meningkatkan kinerja lensa Anda.

Lensa ini cocok digunakan pada semua lensa kamera SLR digital dan ideal untuk fotografi close up di dalam maupun luar ruangan. Lensa ini memiliki lapisan refleksi ultra-rendah khusus dan tepi luar hitam pada lensa secara signifikan mengurangi efek glare dan ghosting. Tunjukkan hasil foto mikro Anda yang memukau!

5. Tiffen Infra-Red 87

5. Tiffen Infra-Red 87

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.744.000

Filter inframerah tanpa distorsi

Meskipun Anda dapat menciptakan efek infrared dengan program photo editor, hasil foto akan lebih berkualitas jika Anda langsung menggunakan filter IR. Tiffen Infra-Red 87 sanggup menghasilkan foto dengan efek IR yang keren. Untuk hasil yang lebih memukau, Anda dapat menambahkan efek lain menggunakan program photo editor.

Filter ini benar-benar opaque dan tidak mentransmisikan cahaya yang terlihat. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan sensitivitas sensor kamera terhadap inframerah. Jika kamera Anda memblok sinar inframerah, Anda tidak dapat menggunakan filter IR. So, pastikan dulu sensor kamera Anda ya!

4. Marumi DHG Star Cross

4. Marumi DHG Star Cross

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 322.000

Cahaya yang lebih berkilau

Anda menyukai fotografi malam hari dengan latar lampu-lampu penerang? Tanpa filter, hasil foto Anda akan terlihat biasa saja. Tambahkan filter Marumi DHG Star Cross pada lensa Anda. Dengan Marumi DHG Star Cross Anda dapat menghasilkan foto yang lebih mempesona pada malam hari.

Filter ini akan menciptakan pendaran cahaya seperti bintang dari sumber cahaya. Bingkai filter lensa yang berputar digunakan untuk memungkinkan perubahan arah pola secara bebas. Efek pola bintang yang jelas dengan mengurangi ghosting dan flare dengan memantulkan cahaya dalam pengambilan gambar di malam hari.

3. Kenko PRO1D Protector Gloss

3. Kenko PRO1D Protector Gloss

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 841.000

Warnai aktivitas fotografi Anda!

Kamera hitam, warna body lensa hitamserta frame filter lensa yang hitam terkadang membuat Anda bosan. Untuk Anda yang menginginkan warna pada peralatan kamera Anda, kami rekomendasikan Kenko PRO1D Protector Gloss. Filter lensa ini sangat modis dengan 7 variasi warna, hijau, merah, merah muda, ungu, biru, abu-abu, dan putih.

PRO1D Protector Gloss seri filter medium dari Kenko yang memiliki transmisi mencapai 99% sehingga Anda dapat menghasilkan foto tanpa flare. Dapatkan hasil foto yang lebih keren dan tampilkan karakter Anda dengan warna bingkai filter lensa favorit Anda!

2. Kenko Zeta UV L41

2. Kenko Zeta UV L41

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 629.000

Filter lensa untuk wide angle

Bagi Anda yang kualitas fotonya sering terganggu karena sinar UV, cobalah produk ini. Dengan Kenko Zeta UV L41, tak ada lagi hasil foto yang tidak jelas! Kenko Zeta UV L41 dapat menyerap sinar UV sampai 410 nm. Kaca UV biasanya berwarna sedikit gelap, tetapi L41 memiliki warna yang bening karena menggunakan kaca dengan performa terbaik.

L41 memiliki bingkai filter lensa sangat tipis juga membuat filter ini dapat digunakan dengan lensa wide angle. Selain wide angle, LV41 dapat digunakan dengan jenis lensa telephoto. Produk ini juga memiliki kelebihan lain yaitu fitur anti gores. Anda tak perlu takut filter lensa ini tergores saat Anda sedang tergesa-gesa memasukkannya ke dalam tas.

1. Hoya Filter CPL Slim PHL

1. Hoya Filter CPL Slim PHL

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 355.000

Hasilkan foto yang menakjubkan

Anda yang gemar dengan foto outdoor pasti sudah mengenal filter CPL atau Circular Polarizer ya. Filter ini memiliki fungsi yang berlawanan, yaitu untuk mengurangi refleksi pada air dengan mengurangi cahaya, atau untuk menambah refleksi pada air dengan cara membalik filternya. Hoya Filter CPL Slim PHL dapat menjadi rekomendasi filter CPL dengan harga yang ekonomis untuk Anda.

Hoya Filter CPL Slim PHL memiliki 8 lapisan anti reflective yang sanggup mengurangi pantulan cahaya pada permukaan benda bukan metal dengan lebih maksimal untuk hasil foto yang lebih kontras. Selain itu, filter ini juga dilengkapi dengan bingkai filter yang sangat tipis yang berfungsi untuk menghindari efek vignette pada foto wide angle. Hasilkan foto-foto landscape yang lebih kontras tanpa pantulan dengan Hoya Filter CPL Slim PHL!

Kesimpulan

Sebagai fotografer, tentunya Anda akan lebih puas dengan hasil foto yang sempurna. Anda dapat menyempurnakan hasil foto Anda dengan filter lensa. Foto Anda akan lebih kontras dan memukau tentunya! Anda perlu memperhatikan sensitivitas kamera Anda pula tentunya agar filter lensa ini dapat berfungsi dengan baik.

Apakah Anda sudah menemukan filter lensa yang pas dalam rekomendasi kami? Semoga artikel ini dapat memberikan informasi sesuai dengan keinginan Anda, ya. Selamat berburu foto!