10 Rekomendasi Earplug Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Earplug Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkah Anda sudah bersiap tidur namun suara dari luar terlalu bising sehingga sulit untuk tidur? Atau sedang tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi namun situasi sekitar tidak mendukung? Jika jawabannya iya berarti Anda sangat membutuhkan penyumbat telinga (earplug). Earplug akan membantu Anda untuk mengurangi kebisingan suara di telinga kita. Produk ini sudah banyak dijual di gerai toko ataupun secara online.

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih earplug sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu kami akan merekomendasikan produk earplug terbaik sebagai referensi Anda dalam memilih earplug. Ayo kita simak artikel ini agar Anda menemukan earplug yang dapat membuat tidur Anda menjadi tenang atau dapat berkonsenterasi saat belajar.

Daftar isi

Cara memilih earplug

Standar earplug seperti apa yang harus dipilih untuk membuat tidur Anda tetap nyaman? Di bawah ini kami akan menjelaskan dan memperkenalkan bagaimana cara memilih earplug untuk mengatasi kebisingan yang mengganggu.

Pilihlah jenis yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan

Ada berbagai jenis dari earplug, namun kita akan membaginya menjadi tiga. Ketiganya dibedakan dari jenis bahan dan kemampuan mengisolasi suara masing-masing produk. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Jenis foam yang berbahan ringan dan isolasi suara tinggi

Jenis foam yang berbahan ringan dan isolasi suara tinggi

Earplug yang jenis foam ini sangat lembut karena menggunakan bahan spons. Selain itu, ketika dipakai dalam jangka waktu lama akan terasa sangat ringan dan tidak mengganggu. Jika Anda memilin earplug dengan lembut menggunakan ujung jari hingga berbentuk lebih kecil, ukurannya akan menyesuaikan dengan telinga Anda sehingga dapat mengisolasi suara dari luar dengan lebih baik.

Bahkan ketika Anda tidur miring, earplug tersebut tidak akan menyakiti telinga. Selain itu Anda bisa menghabiskan waktu belajar dengan tenang karena suara bising tidak lagi terdengar. Apabila earplug jenis ini kotor, Anda tidak dapat mencucinya. Jadi hanya dapat dipakai untuk satu kali pemakaian saja.

Jenis plug yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali

Jenis plug yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali

Earplug jenis ini terbuat dari elastomer, silikon atau sejenisnya. Jenis plug ini tahan air, jadi apabila kotor Anda dapat mencucinya. Elastisitasnya pun tidak akan berkurang apabila terkena air. Dapat digunakan berulang kali dan jenis ini dianjurkan untuk Anda yang menggunakan setiap hari.

Plug ini bentuknya sangat ketat di telinga sehingga akan terasa sakit jika ukurannya tidak sesuai. Sebaiknya hanya digunakan dalam waktu yang singkat karena tidak cocok untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jenis clay silicone yang sesuai dengan bentuk telinga

Jenis clay silicone yang sesuai dengan bentuk telinga

Earplug jenis ini akan benar-benar menutupi telinga dan mengisolasi suara. Dengan berbahan clay silicone, akan mudah berubah dalam bentuk apapun dan dapat mengikuti bentuk telinga yang berbeda-beda. Isolasi suaranya memang tidak terlalu tinggi, tetapi Anda dapat menggunkannya di lingkungan yang tidak terlalu tinggi tingkat bisingnya.

Saat tidur, Anda akan tetap dapat mendengar suara alarm, orang berbicara ataupun bunyi telepon. Namun Anda tetap dapat menggunakannya saat tidur ataupun belajar untuk mengurangi tingkat kebisingannya. Earplug jenis ini tidak dapat dicuci dengan air. Anda dianjurkan untuk memerikasa secara teliti ketika membeli.

Pilihlah isolasi suara yang cocok untuk Anda

Isolasi suara adalah hal yang penting  dalam memilih earplug. Mari pilihlah yang cocok untuk Anda tidur dan belajar.

Semakin tinggi NNR, semakin tinggi isolasi suara

Semakin tinggi nilai numerik NNR, semakin tinggi isolasi suara

NNR atau Noise Reducing Rating adalah satuan untuk mengukur tingkat kebisingan yang dapat direduksi atau diredam oleh earplug. Semakin tinggi NNR maka kemampuan earplug untuk mengisolasi suara lebih tinggi. NNR menunjukkan dB kebisingan suara saat ini yang dapat diturunkan. Jadi saat membeli earplug sebaiknya cek dari nilai NNR.

Untuk tidur sebaiknya memilih 20 NNR

Untuk tidur sebaiknya memilih 20 NNR

Jika Anda ingin tidur, sebaiknya memilih earplug sekitar 20 NNR karena mampu menurunkan kebisingan suara sekita 20 dB sehingga Anda bisa tidur nyenyak. Umumnya suara unit AC di luar sekitar 50 dB, jika menggunakan earplug 20 NNR itu hanya akan mengisolasi suara bising halus. Direkomendasikan untuk Anda yang ingin tidur tenang dengan situasi lingkungan yang tidak terlalu bising.

Earplug dengan kekuatan 30 NNR untuk outdoor

Earplug dengan kekuatan 30 NNR untuk outdoor

Ketika ingin melakukan kegiatan belajar, idealnya Anda memperhatikan lingkungan sekitar. Jika setiap hari Anda belajar di lingkungan yang tenang, maka dapat memilih 20 NNR sama dengan yang Anda pilih ketika tidur. Namun akan menjadi masalah jika Anda berada di kafe yang berada di tengah kota dengan tingkat kebisingan sekitar 60 sampai dengan 70dB. Dengan tingkat seperti itu Anda akan merasakan bising dan memerlukan earplug yang cukup sensitif 30 NNR.

10 Rekomendasi earplug terbaik

Kami akan memperkenalkan dan merekomendasikan earplug terbaik untuk Anda tidur maupun belajar dengan nyaman. Simak ya!

10. Quite Sound Earplug Noise Reducing

10. Quite Sound Earplug Noise Reducing

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 553.000

Didesain sempurna untuk berbagai bentuk telinga

Jika Anda sulit tidur karena suara yang terlalu bising atau teman tidur Anda mempunyai kebiasaan mendengkur, produk ini akan sangat membantu Anda karena dapat mengisolasi suara sebesar 26 dB. Anda akan dapat tidur, belajar atau membaca dengan sangat tenang tanpa terdengar suara bising dari luar.

Dengan menggunakan bahan silikon lembut hypoallergenic, Anda tidak akan merasa gatal ataupun nyeri saat memakai earplug ini. Earplug ini dapat digunakan berkali-kali dan aman untuk dicuci apabila telah selesai menggunakannya. Didesain untuk berbagai jenis telinga sehingga mampu mengisolasi suara dengan sempurna. Jadi Anda tidak perlu repot untuk membeli earplug sesuai ukuran telinga Anda.

9. Hearos Ultimate Softness

9. Hearos Ultimate Softness

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 931.000

Mengurangi kebisingan yang tinggi

Produk dari Amerika ini berbahan foam yang ringan dan sangat lembut di telinga. Didesain seperti kerucut akan memberikan kemudahan, kesesuaian dan kenyamanan ketika Anda menyisipkan di telinga. Earplug ini bukan hanya mengurangi kebisingan tetapi akan memberikan perlindungan pada telinga Anda. Ini adalah salah satu produk yang direkomendasikan oleh dokter.

Produk ini mendapat sertifikat dalam mengurangi kebisingan yang tinggi yaitu 32 dB. Earplug ini akan melindungi Anda dari kebisingan yang akan membuat tidur nyenyak, belajar dengan suasana tenang dan berpergian tanpa ada gangguan. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang tinggal, bekerja ataupun sekolah di lingkungan yang cukup ramai akan hingar bingar.

8. Liberty Duraplug

8. Liberty Duraplug

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 818.000

Melindungi telinga dari tekanan udara

Earplug ini mampu mengurangi kebisingan sebesar 32 dB, yang bisa menjadi pilihan Anda untuk tidur ataupun belajar. Terbuat dari foam dengan ujung yang berbentuk kerucut, earplug ini menawarkan kenyamanan jangka panjang dan tidak akan mudah terlepas jika dipakai. Earplug ini sengaja didesain berwarna oranye agar mudah terlihat dan ditemukan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika kehilangan earplug ini di ruangan.

Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki telinga sensitif. Tak seperti earplug lainnya yang ketika dipasang akan langsung kembali ukuran semula, earplug ini harus menunggu secara bertahap selama 30 detik dalam mengurangi kebisingan sehingga saluran telinga dapat beradaptasi dengan tekanan udara dari luar. Sehingga tidak akan menyakiti telinga ketika dipakai.

7. Flent Super Sleep Comfort

7. Flent Super Sleep Comfort

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 625.000

Cocok untuk Anda yang suka tidur miring

Didesain dengan ukuran kecil dari panjang biasanya, sehingga untuk Anda yang suka untuk tidur miring akan sangat membantu. Dengan ukuran yang kecil tidak akan menyebabkan tekanan berlebihan pada gendang telinga sehingga tidak akan menyakiti telinga dan ketika dipakai tidak akan mudah terlepas.

Earplug ini mengurangi kebisingan sebesar 29 dB, jadi sekalipun teman tidur Anda mendengkur tidak akan terdengar oleh Anda. Ketika dipakai ke dalam telinga akan langsung mengembang dan meredam suara bising secara efektif. Earplug ini berbentuk kerucut sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas pada semua bentuk telinga. Sangat membantu bukan untuk Anda yang ingin mendapatkan kualitas tidur tanpa terganggu oleh suara dari luar.

6. Howard Leight Max

6. Howard Leight Max

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 595.00

Nyaman dipakai untuk jangka waktu yang lama

Earplug ini paling banyak digunakan di dunia karena menggunakan bahan foam polyurethane yang memberikan kenyamanan jika dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan membuat telinga menjadi sakit atau tidak nyaman karena foam-nya terasa lembut di telinga. Bagian ujung dari foam ini tahan akan air dan mencegah pembentukan kotoran. Jadi ketika earplug dilepas, kotoran telinga tidak langsung menumpuk.

Earplug ini didesain dengan bentuk lonceng yang berkontur, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan dan disisipkan masuk ke dalam telinga. Namun Anda jangan khawatir akan sulit melepaskan earplug ini karena didesain berkontur sehingga akan sulit masuk lebih dalam ke dalam saluran telinga. Earplug ini sangat cocok untuk Anda yang ingin tidur ataupun belajar tanpa mengalami gangguan, karena akan mengisolasi suara sebesar 26 dB.

5. Ohropax Mini Silicone

5. Ohropax Mini Silicone

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 307.000

Earplug kecil dengan kegunaan yang besar

Earplug  yang berasal dari Jerman ini telah diuji keamanannya oleh Institute for Occupational Safety and Health of German Social Accident Insurance. Ukuran dari earplug ini menjamin dapat masuk sempurna di telinga Anda dan terasa nyaman. Dengan menggunakan bahan silikon, earplug ini sangat ramah di kulit dan tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi. Dapat dipakai oleh anak-anak di atas umur 6 tahun sampai dengan dewasa.

Walaupun kecil mempunyai kegunaan yang besar, earplug ini dapat berguna di tingkat kebisingan <75 db. Tidur tidak akan terganggu, Anda dapat belajar dengan tenang, meditasi, relaksasi, dapat melindungi telinga Anda dari air dan juga sebagai teman perjalanan untuk anak Anda. Sangat berguna bukan! Apabila earplug ini kotor Anda dapat mencucinya.

4. Mack’s Pillow Soft Silicone

4. Mack's Pillow Soft Silicone

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 175.599

Dapat digunakan dalam air

Produk dari Amerika ini adalah pilihan para dokter untuk menyumbat telinga ketika di dalam air dan mengurangi kebisingan. Earplug ini mudah dibentuk, tidak beracun, hypoallergenic dan waterproof. Jika Anda mudah terkena alergi pada kulit, maka produk ini cocok untuk Anda. Earplug ini juga tahan akan air, jadi Anda dapat menggunakannya ketika berenang.

Produk ini menggunakan bahan silikon yang dapat menempel pada semua jenis telinga karena mudah untuk dibentuk. Jadi jangan khawatir jika Anda memiliki canal telinga yang kecil atau besar sekali. Earplug ini dapat mengisolasi suara sebesar 22 dB. Sehingga Anda dapat menggunakan untuk belajar, tidur, berenang, ketidaknyamanan ketika terbang dan acara yang sangat bising sekali. Sangat aman dan bermanfat bukan?

3. Moldex Sparkplugs

3. Moldex Sparkplugs

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 848.000

Earplug dengan warna yang cerah

Pertama kali melihat earplug ini, pasti Anda akan terkesima dengan warnanya yang cerah dan bentuknya yang lucu. Ternyata garis dan pusarannya merupakan lambang dari Moldex Camo. Di desain dengan warna yang beraneka ragam sehingga Anda bisa memadukan dengan warna baju yang sedang dipakai. Tenang saja pewarna yang dipakai tidak akan menyebabkan iritasi di kulit Anda.

Produk buatan Amerika ini terbuat dari foam yang lembut dan ringan. Dengan foam yang lembut tidak akan menggangu dan menyakiti telinga Anda saat beraktivitas. Sangat cocok untuk Anda yang ingin tidur dan belajar dengan tenang tanpa terganggu karena mengisolasi suara sebesar 33 dB . Earplug ini juga ringan, sehingga Anda terasa  seperti tidak menggunakannya. Selain itu, dengan bentuk kerucut sangat cocok di semua ukuran telinga sekalipun Anda memiliki canal yang kecil.

2. Eargasm High Fidelity

2. Eargasm High Fidelity

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.705.000

Tersedia dua ukuran dalam satu kotak

Produk berbahan silikon ini sangat lembut dan aman untuk dipakai sehari-hari dalam jangka waktu yang lama. Produk ini mengandung bahan hypoallergenic dan tidak beracun sehingga tidak akan menyebabkan gatal ataupun reaksi alergi di telinga. Uniknya ketika Anda memesan produk ini, di dalam kotaknya tersedia dua ukuran. Anda dapat memilih dan menyesuaikan earplug mana yang nyaman untuk dipakai.

Berbeda dengan earplug lainnya, yang dapat mengisolasi suara secara penuh, earplug ini hanya mengurangi proporsi tingkat kebisingan sebesar 16 dB. Anda akan tetap mendengar suara dari luar namun masih dalam batas yang aman dan tidak mengganggu. Sangat cocok untuk pengendara sepeda motor, musisi ataupun Anda yang ingin tidur namun ingin memastikan dapat terbangun ketika mendengar bunyi alarm.

1. Decibullz Cutom Molded Earplugs

1. Decibullz Cutom Molded Earplugs

Lihat produk ini Lazada

Harga : Rp 958.000

Membuat earplug sendiri sesuai dengan bentuk telinga

Produk buatan Amerika ini memang agak berbeda dengan earplug lainnya. Anda akan membuat cetakan earplug sesuai dengan bentuk telinga. Semua bahan sudah tersedia dalam 1 kotak yang Anda beli. Untuk membuat cetakkan, Anda tinggal memanaskan di air mendidih agar mudah dibentuk di dalam mangkok termoplastik. Setelah dingin, bahan tersebut akan menjadi lembut dan lentur. Anda dapat langsung mulai membentuk ke telinga.

Dengan berbahan lembut, earplug ini akan membuat Anda nyaman sepanjang hari. Earplug ini akan mengisolasi suara sebesar 31 dB. Sangat cocok untuk Anda yang mempunyai hobi menembak, travelling, konser musik ataupun bekerja. Andapun dapat memakai ketika tidur, namun jika Anda terbiasa tidur dengan posisi miring disarankan untuk tidak menggunakannya karena akan membuat tidak nyaman.

Kesimpulan

Suara bising memang tidak menyenangkan, apalagi jika Anda ingin tidur ataupun belajar yang membutuhkan konsenterasi. Hal tersebut akan sangat menganggu kenyamanan Anda. Penyumbat telinga (earplug) bisa menjadi barang yang berguna untuk memperbaiki situasi serta mengisolasi suara bising yang kurang menyenangkan.

Kita telah merekomendasikan beberapa produk earplug terbaik untuk Anda. Silahkan memilih earplug sesuai kebutuhan, bahan  dan jenis telinga Anda. Semoga Anda mendapatkan earplug yang cocok dan terhindar dari suara bising yang mengganggu.