• 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda ingin memotong rambut sendiri di rumah, tentunya diperlukan alat cukur khusus. Saat ini, di pasaran telah tersedia berbagai jenis alat cukur yang dilengkapi bermacam fungsi, mulai dari yang bisa dicuci hingga yang bisa di-charge dalam waktu cepat. Ada juga produk yang bisa diganti-ganti mata cukurnya sesuai kebutuhan pemakaian. Sangat praktis, bukan?

Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih alat cukur berdasarkan jenis dan fungsinya. Alat cukur rambut yang bagus dari berbagai merek, seperti Han River, Herbaay, dan Xiaomi akan kami rekomendasikan di sini. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih alat cukur

Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih alat cukur, mulai dari pertimbangan jenis dayanya hingga variasi sisir pelengkap. Pilihlah produk yang mudah dipakai dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan jenis dayanya

Secara umum, alat cukur dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe dengan kabel (cord) dan tanpa kabel (cordless). Masing-masing memiliki karakteristiknya tersendiri. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Tipe kabel yang bisa langsung digunakan

Tipe kabel yang bisa langsung digunakan

Untuk alat cukur dengan kabel, Anda hanya perlu mencolokkannya langsung ke sumber listrik ketika akan menggunakannya. Tipe cord biasanya lebih powerful dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko kehabisan baterai.


Selain itu, alat cukur yang dayanya berasal dari arus listrik AC biasanya harganya lebih terjangkau. Jadi, tipe ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan alat cukur untuk pertama kalinya.


Kini, banyak alat cukur rambut tipe kabel yang juga bisa dijadikan nirkabel. Anda cukup mengisi dayanya hingga penuh lalu menggunakannya. Jika baterainya habis saat sedang digunakan, langsung colokkan saja kabelnya ke stopkontak dan alat cukur bisa langsung dipakai kembali. Biasanya alat cukur seperti ini harganya sedikit lebih tinggi.

Tipe tanpa kabel yang praktis digunakan di mana saja

Tipe tanpa kabel yang praktis digunakan di mana saja

Alat cukur tanpa kabel praktis bagi Anda yang ingin menggunakannya di mana saja, termasuk di kamar mandi, tanpa perlu terikat pada stopkontak. Jika Anda menginginkan produk dengan rasio kinerja dan harga yang optimal, pilihlah yang dayanya bisa diisi ulang. 


Jangan lupa juga untuk memastikan berapa lama alat cukur tersebut dapat digunakan untuk satu kali pengisian ulang daya penuh. Sebaiknya pilihlah produk yang bisa digunakan setidaknya selama 40 menit berturut-turut


Meskipun tipe ini mungkin tidak begitu powerful dibandingkan alat cukur yang dayanya bisa diisi ulang, bentuknya lebih compact dan praktis dibawa-bawa. Selain itu, beberapa alat cukur rambut tanpa kabel dapat juga digunakan dengan mencolokkan kabelnya. Jadi, Anda tidak perlu menunggu baterai penuh untuk menggunakannya.

Perhatikan juga variasi sisir pelengkapnya

Perhatikan juga variasi sisir pelengkapnya

Ada bermacam alasan berbeda kenapa orang ingin membeli alat cukur sendiri. Untuk itu, perhatikanlah juga variasi sisir pelengkap (attachment combs) yang disertakan dalam set alat cukur sesuai dengan style rambut yang Anda inginkan.


Biasanya, bagian sisir ini sudah menyatu langsung dengan body alat cukur. Namun, agar lebih nyaman dan praktis, pilihlah produk yang dilengkapi sisir tambahan yang bisa diganti-ganti. Variasi sisir tambahan dengan panjang 3–12 mm akan memudahkan Anda untuk mendapatkan potongan rambut berbeda.


Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan sisir tambahan dengan bentuk khusus untuk mencukur rambut di sekitar telinga. Ada juga sisir pelengkap yang bisa digunakan untuk mengurangi volume rambut dan mendapatkan hasil potongan yang natural.


Alat cukur dengan banyak sisir pelengkap semacam ini cocok untuk Anda yang gemar mengganti model rambut atau senang bereksperimen dengan potongan rambut yang berbeda. Namun, harganya bisa jadi lebih tinggi dari produk biasa. Jadi, temukanlah gaya rambut yang Anda inginkan dan pilihlah sisir pelengkap yang sesuai.

Pilih yang mudah digunakan dan nyaman digenggam

Pilih yang mudah digunakan dan nyaman digenggam

Memotong rambut sendiri tentunya akan mengharuskan Anda menggenggam alat cukur dalam waktu cukup lama. Tentu tangan akan cepat pegal jika bobot alat cukur yang digunakan terlampau berat. Rata-rata berat alat cukur rambut di pasaran berkisar antara 300–500 gram. Apabila Anda menginginkan alat cukur yang lebih ringan, carilah yang berbobot antara 100 hingga 200 gram.


Selain bobotnya, sebaiknya Anda periksa juga apakah bentuknya nyaman untuk digenggam atau tidak. Pilihlah alat cukur dengan body yang ergonomis agar nyaman saat digenggam. Dengan begitu, tangan Anda tidak akan cepat merasa pegal dan kegiatan mencukur pun jadi lebih nyaman dan lancar.

Pilih yang mesinnya tidak berisik

Pilih yang mesinnya tidak berisik

Suara bising dari mesin alat cukur bisa membuat anak kecil kaget. Jika Anda berencana menggunakan alat cukur untuk memotong rambut anak, pilihlah produk yang mesinnya tidak berisik. 


Alat cukur yang tidak berisik juga memungkinkan Anda menggunakannya kapan saja tanpa perlu khawatir suaranya mengganggu orang lain. Jika frekuensi penggunaan alat cukur Anda cukup tinggi, model yang tidak bising seperti ini adalah pilihan yang tepat.

Pilih yang tahan air dan bisa dicuci

Pilih yang tahan air dan bisa dicuci

Apakah Anda sering merasa kesal karena masih ada sisa rambut yang menempel di alat cukur Anda? Jika iya, Anda sebaiknya membeli alat cukur yang bagian sisir pelengkapnya bisa dicuci dengan air. Meskipun ada juga alat cukur yang bisa dibersihkan menggunakan sikat khusus, akan lebih baik jika Anda memilih produk yang sisirnya bisa dicuci dengan air.


Jika Anda ingin menggunakan alat cukur di kamar mandi, pilihlah produk yang tahan air atau yang mata pisaunya bisa dilepas untuk dicuci. Sementara untuk alat cukur yang tidak boleh terkena air, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Jangan sampai ada tetesan air yang masuk ke dalam alat cukur lalu merusak kinerjanya. Pastikan untuk melakukan perawatan yang tepat agar alat cukur yang Anda pilih bisa lebih awet.

10 Rekomendasi alat cukur rambut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat cukur rambut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Han River Alat Cukur Rambut Elektrik 1

Han River

2
Herbaay Alat Cukur Rambut Hair Clipper Cukur Kumis Jenggot 1

Herbaay

3
Xiaomi Enchen Boost 1

Xiaomi

4
Remington Personal Haircut Kit 1

Remington

5
GM Bear Alat Cukur Rambut Profesional 1

GM Bear

6
Kemei Alat Cukur Rambut Elektrik Profesional Dengan Display LCD 1

Kemei

7
Imundex Alat Cukur Rambut Untuk Bayi 1

Imundex

8
Philips Kid's Hair Clipper 1

Philips

9
Kemei Mesin Cukur Rambut T-Outliner Tanpa Kabel 1

Kemei

10
Arashi Alat Cukur Rambut 1

Arashi

Nama produk

Alat Cukur Rambut Elektrik

Alat Cukur Rambut Hair Clipper Cukur Kumis Jenggot

Enchen Boost

Personal Haircut Kit

Alat Cukur Rambut Profesional

Alat Cukur Rambut Elektrik Profesional Dengan Display LCD

Alat Cukur Rambut Untuk Bayi

Kid's Hair Clipper

Mesin Cukur Rambut T-Outliner Tanpa Kabel

Alat Cukur Rambut

Keunggulan

Kepala alat cukur dapat dilepas dan mudah dibersihkan

Bobotnya ringan, tangan pun tak cepat pegal

Punya dua kecepatan yang dapat Anda sesuaikan

Cukur rambut di rumah layaknya profesional

Terdapat dudukan untuk menyimpan alat cukur

Terdapat layar LCD, memantau baterai jadi lebih mudah

Tidak berisik agar tidak mengganggu anak pada saat cukur rambut

Pisaunya lebih pendek, lebih aman untuk anak

Desain yang menarik jadi pilihan anak muda

Alat cukur bergaya klasik seperti barbershop

Harga mulai dariRp 389.000,00Rp 373.800,00Rp 111.000,00Rp 449.000,00Rp 250.000,00Rp 485.348,00Rp 120.000,00Rp 499.000,00Rp 571.175,00Rp 279.000,00
TipeKabel dan tanpa kabelTanpa kabel (charge)Tanpa kabel (charge)KabelKael dan tanpa kabelTanpa kabel (charge)Tanpa kabel (baterai)Kabel dan tanpa kabelTanpa kabel (charge)Kabel
Bisa dicuciTidak disebutkanYaTidak disebutkanYaTidak disebutkanYaYaYaTidak disebutkanTidak disebutkan
Sisir tambahanTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersedia
Berat300 gram140 gramTidak disebutkan700 gram490 gram260 gramTidak disebutkanTidak disebutkan153 gramTidak disebutkan
Tautan produk
10
TipeKabel
Bisa dicuciTidak disebutkan
Sisir tambahanTersedia
BeratTidak disebutkan
9

KemeiMesin Cukur Rambut T-Outliner Tanpa Kabel

KM-5017H

Mulai dari Rp 571.175,00

TipeTanpa kabel (charge)
Bisa dicuciTidak disebutkan
Sisir tambahanTersedia
Berat153 gram
8

PhilipsKid's Hair Clipper

HC1055/15

Mulai dari Rp 499.000,00

TipeKabel dan tanpa kabel
Bisa dicuciYa
Sisir tambahanTersedia
BeratTidak disebutkan
7

ImundexAlat Cukur Rambut Untuk Bayi

Mulai dari Rp 120.000,00

TipeTanpa kabel (baterai)
Bisa dicuciYa
Sisir tambahanTersedia
BeratTidak disebutkan
6

KemeiAlat Cukur Rambut Elektrik Profesional Dengan Display LCD

KM-809A

Mulai dari Rp 485.348,00

TipeTanpa kabel (charge)
Bisa dicuciYa
Sisir tambahanTersedia
Berat260 gram
5

GM BearAlat Cukur Rambut Profesional

1129

Mulai dari Rp 250.000,00

TipeKael dan tanpa kabel
Bisa dicuciTidak disebutkan
Sisir tambahanTersedia
Berat490 gram
4

RemingtonPersonal Haircut Kit

HC70-AP

Mulai dari Rp 449.000,00

TipeKabel
Bisa dicuciYa
Sisir tambahanTersedia
Berat700 gram
3
TipeTanpa kabel (charge)
Bisa dicuciTidak disebutkan
Sisir tambahanTersedia
BeratTidak disebutkan
2

HerbaayAlat Cukur Rambut Hair Clipper Cukur Kumis Jenggot

Mulai dari Rp 373.800,00

TipeTanpa kabel (charge)
Bisa dicuciYa
Sisir tambahanTersedia
Berat140 gram
1

Han RiverAlat Cukur Rambut Elektrik

HRLF01GD

Mulai dari Rp 389.000,00

TipeKabel dan tanpa kabel
Bisa dicuciTidak disebutkan
Sisir tambahanTersedia
Berat300 gram

Baca juga rekomendasi perlengkapan cukur lainnya di sini

Selain dari alat cukur rambut, apakah Anda juga mencari shaver khusus untuk merapikan jenggot atau kumis? Kami juga telah membahas berbagai alat cukur lainnya untuk memaksimalkan penggunaannya. Simak pembahasan lebih detail di artikel-artikel berikut ini! 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda sesudah membaca penjelasan di atas? Apakah Anda sudah menentukan produk yang paling tepat? Ada begitu banyak alat cukur dengan model dan fungsi berbeda. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan.


Produk satu set dengan beberapa jenis pisau dan sisir pelengkap bisa menjadi pilihan untuk Anda yang tak mau repot membeli beberapa alat cukur berbeda. Namun, jika Anda termasuk orang dengan mobilitas tinggi, pertimbangkanlah produk yang ringan untuk digunakan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini ada banyak pilihan hair dryer yang bagus dengan fitur perawatan rambut yang inovatif. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi pengaturan aliran udara, suhu, dan lainnya. Berbagai merek hair dryer yang bagus pun bisa dengan mudah Anda temukan, seperti Panasonic, Sharp, Dyson, dan Remington.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hair dryer untuk Anda. Kami juga akan membagikan dan me-review rekomendasi hair dryer terbaik. Baca artikel ini hingga selesai, ya.
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penampilan kerap kali sangat diperhitungkan oleh pria yang ingin tampil lebih percaya diri. Tidak hanya dari pakaian yang dikenakan, tetapi juga dari gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.Ada banyak produk pomade yang bagus beredar di pasaran, seperti Chief, Gatsby, dan Murray’s. Meskipun begitu, tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi pomade rambut terbaik di sini. Simak, ya!
    Styling rambut
  • 10 Catokan Rambut yang Bagus - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Catokan Rambut yang Bagus - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    Alat catok merupakan perangkat penting untuk mendapatkan gaya rambut yang tahan lama. Selain untuk meluruskan rambut, ada juga jenis catokan yang dapat digunakan sebagai hair curler. Saat ini ada banyak merek catokan di pasaran, mulai dari Remington, Glampalm, hingga LivChic. Keunggulan setiap produk pun berbeda-beda, ada yang mengandung negative ion, memiliki pengaturan suhu, dan lainnya.Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi catokan yang tidak merusak rambut beserta review singkatnya. Langkah-langkah untuk memilih produk yang bagus pun akan kami jelaskan. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut, Kiki Talahatu. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • 10 Catok Pelurus Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Catok Pelurus Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut atau hair straightener, diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan bagus. Banyak produsen menawarkan merek catokan rambut yang bagus, seperti Philips, Glampalm, atau BaByliss. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produknya. Ditambah lagi, hair straightener juga memiliki varian ukuran normal dan mini. Kami membahas cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut, Kiki Talahatu. Simak sampai akhir dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Produk Bleaching Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Bleaching Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebelum mewarnai rambut, Anda perlu melakukan proses bleaching terlebih dahulu untuk menghilangkan pigmen atau warna asli rambut. Anda bisa menggunakan produk bleaching rambut yang tersedia di marketplace. Ada beragam merek bleaching rambut yang tersedia, seperti Miranda, Cultusia, L'Oreal, NYU, dan lainnya. Bentuknya pun ada yang bubuk dan ada yang krim. Anda bisa memilih sesuai preferensi.Kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih produk bleaching rambut terbaik serta memberikan sepuluh rekomendasi produknya. Silakan gunakan penjelasan kami sebagai acuan untuk memilih produk yang bagus dan ubah tampilan sesuai keinginan Anda!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering mewarnai atau mengeriting rambut, tentu rambut lebih rentan rusak. Rambut yang rusak menjadikan tampilan Anda terlihat lebih tua dibanding usia Anda sebenarnya. Untuk itu, diperlukan perawatan ekstra seperti menggunakan hair cream agar rambut tetap sehat ternutrisi. Umumnya, hair cream terbagi menjadi hair styling cream dan hair treatment cream.Banyaknya merek hair cream mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih, seperti Makarizo, Johnny Andrean, dan Cultusia. Jadi, kami akan menjelaskan cara memilih hair cream sekaligus merekomendasikan beberapa produk yang bagus. Mari dapatkan rambut sehat berkilau dengan hair cream!
    Styling rambut
  • 10 Sisir Catok Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Catok Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    Sisir catok bermanfaat untuk membentuk poni dan ujung rambut sambil mengeringkannya. Produk ini juga dikenal sebagai catokan sisir atau sisir pelurus rambut. Dengan sisir catok, Anda dapat menghasilkan berbagai tatanan rambut secara cepat setiap hari. Ada banyak merek, seperti Philips, Elona, dan Panasonic, ikut memproduksi sisir catok rambut dengan beragam fitur dan bentuk. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih sisir catok yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut, Kiki Talahatu. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori