10 Rekomendasi Mouse Terbaik untuk Mac (terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mouse Terbaik untuk Mac (terbaru Tahun 2018)

Jika Anda mencari mouse untuk dioperasikan pada Mac, Anda sebenarnya memiliki banyak opsi selain produk-produk buatan Apple semacam Apple Magic Mouse atau yang lainnya. Semakin ke sini, semakin banyak pabrikan piranti komputer yang dulunya hanya membuat mouse untuk PC saja, kini juga memproduksi mouse untuk digunakan pada Mac.

Permasalahannya adalah, banyak orang yang kesulitan untuk memilih mouse yang tepat digunakan pada piranti Mac-nya, terlebih orang yang baru beralih dari PC ke Mac. Maka dari itu, di sini akan dijelaskan bagaimana cara memilih mouse yang ideal untuk digunakan Mac, serta akan ada beberapa mouse pilihan yang bagus dan awet, yang akan kami rekomendasikan kepada Anda.

Daftar isi

Cara memilih mouse untuk Mac

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memilih mouse. Maka dari itu, simak bagian berikut sampai akhir agar Anda mendapat gambaran seperti apa mouse yang sebenarnya Anda butuhkan.

Pilih berdasarkan metode penyambungan

Berdasarkan metode penyambungan atau koneksi, mouse dibagi menjadi dua jenis. Pertama ada mouse kabel, jenis ini tersambung pada Mac melalui kabel USB. Kedua, mouse nirkabel yang tersambung melalui USB receiver, bluetooth, dan beberapa sambungan tanpa kabel lainnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pilihlah mouse yang mudah untuk Anda gunakan.

Mouse kabel

Mouse kabel

Mouse berikut menggunakan kabel sebagai media penyambung. Mouse kabel memiliki kelemahan yakni pergerakannya yang terbatasi oleh kabel. Selebihnya, mouse berikut mempunyai poin-poin menarik antara lain lebih murah daripada mouse nirkabel serta kita tidak perlu repot untuk melakukan pengaturan tertentu seperti halnya mouse nirkabel. Anda juga tidak perlu mengganti atau mengisi ulang baterainya, lain dengan mouse tanpa kabel.

Mouse nirkabel

Mouse nirkabel

Mouse tipe ini biasanya menggunakan USB receiver atau bluetooth sebagai penyambungnya dengan Mac. Pergerakannya tidak terbatasi oleh kabel, hanya setiap mouse memiliki jangkauan tertentu (biasanya beberapa meter). Untuk harga, tipe ini lebih mahal daripada mouse kabel. Kita juga perlu mengganti baterainya secara berkala.

Khusus untuk mouse nirkabel yang menggunakan sambungan bluetooth, ada kemungkinan menemui problem jika OS (Operating System) pada Mac belum di-update. Selebihnya, mouse tipe berikut sangatlah membantu.

Pilih berdasarkan cara beroperasinya

Mouse mempunyai beberapa cara beroperasi. Dilihat dari sisi tersebut, ada tiga tipe mouse yang umum digunakan pada saat ini. Tiap-tiap tipe memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk itu, mari kita kenali melalui penjelasan di bawah ini.

Tipe optik (red light)

Tipe optik (red LED)

Mouse berikut digerakkan lewat sensor optik yang ditanam di balik mouse. Sensor tersebut menangkap pantulan cahaya merah yang dihasilkan oleh lampu LED (yang juga ditanam di belakang mouse). Ditangkapnya sinar merah LED oleh sensor akhirnya dapat menggerakkan kursor pada PC.

Mouse optik merupakan jenis mouse dengan harga termurah dibanding mouse dengan sistem operasi yang lain. Ada kekurangan dari mouse berikut yakni tidak dapat digunakan di atas meja yang mengkilap, meja kaca, dan juga di atas cermin. Mouse berikut juga cukup sulit untuk digunakan di atas permukaan putih.

Tipe laser

Tipe laser

Mekanisme mouse berikut hampir mirip dengan tipe red light, namun cahaya yang dikeluarkan oleh LED yang tertanam pada mouse menghasilkan sinar transparan (laser). Pergerakan cahaya tersebut ditangkap oleh optik yang akhirnya dapat menggerakkan kursor. Kelebihan lain dari mouse tipe ini adalah sanggup digunakan pada meja yang mengilap dan sempurna untuk digunakan di permukaan putih. Namun, mouse berikut masih belum bisa digunakan di permukaan cermin atau kaca.

Tipe blue LED

Tipe blue LED

Cara kerjanya sejalan dengan tipe optik dan tipe laser, namun LED yang tertanam pada mouse berikut mengeluarkan cahaya biru. Sensivitasnya lebih akurat daripada tipe optik maupun laser. Kelebihannya adalah mouse ini dapat digunakan di meja kaca. Meski begitu, mouse berikut tidak dapat digunakan di atas permukaan cermin.

Tipe high performance laser

Tipe high performance laser

High perfomance laser mempunyai banyak sebutan tergantung pada di pabrik mana ia dibuat. Nama-nama penyebutannya antara lain TOG Laser, Darkfield Laser, Ultimate Laser dan masih banyak lagi.

Mouse ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan tipe lain. Menariknya, mouse high performance laser dapat digunakan tanpa masalah di kaca maupun cermin. Tipe berikut merupakan mouse dengan performa paling baik saat ini.

Pilih mouse yang mendukung untuk fungsi multi-touch dan gesture

 Pilih mouse yang mendukung untuk fungsi multi-touch dan gesture

Mouse yang dapat berfungsi maksimal di Mac harusnya mendukung untuk fungsi multi-touch dan gesture. Jika Anda ingin memaksimalkan fungsi multi-touch dan gesture, kami menyarankan Anda untuk memilih mouse yang mendukung fungsi-fungsi tersebut.

10 Rekomendasi mouse terbaik untuk Mac

Telah kami rangkum secara khusus beberapa mouse yang bisa Anda gunakan untuk Mac Anda. Pilihlah  produk yang sesuai dengan kebutuhan serta budget yang telah Anda tentukan.

10. E-Blue Cobra Pro Gaming Mouse / EMS653

10. E-Blue Cobra Pro Gaming Mouse / EMS653

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Sensitivitas tinggi dengan harga miring

Mouse berikut merupakan mouse gaming yang didesain ergonomis dengan nilai plus lain berupa harga yang ekonomis. Cara kerjanya dioperasikan lewat optik yang memiliki sensitivitas sangat baik. Untuk koneksi ke piranti Mac, mouse berikut dihubungkan oleh kabel yang memiliki panjang 150 sentimeter.

Yang membuat mouse ini layak diperhitungkan adalah pihak E-Blue menjamin bahwa produk ini memiliki daya tahan yang baik. Selain untuk keperluan gaming, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mencari mouse dengan harga miring.

9. Microsoft Wireless Mouse 3500

9. Microsoft Wireless Mouse 3500

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 335.000

Mouse nirkabel yang simpel dan ringkas

Mouse buatan Microsoft berikut menggunakan metode pengoperasian blue LED dengan akurasi sensitivitas yang tinggi. Sesuai namanya, Microsoft Wireless Mouse 3500 disambungkan tanpa kabel. Ia menggunakan USB receiver yang membuatnya nyaman digunakan dimana pun tanpa peduli gangguan kabel.

Bicara ukuran, mouse ini terbilang ringkas, mudah untuk dibawa dan nyaman saat digunakan. Microsoft mengatakan bahwa mouse berikut dapat beroperasi di Mac OS X 10.7 hingga yang paling terbaru. Kami merekomendasikan mouse berikut untuk Anda yang menginginkan mouse nirkabel dengan fitur sederhana.

8. Logitech G602

8. Logitech G602

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 949.400

Performa menawan untuk para gamers!

Logitech G602 dibuat khusus untuk mencukupi kebutuhan para gamers. Sistem pengoperasian mouse wireless berikut menggunakan Delta Zero Sensor Technology yang sangat baik untuk urusan sensitivitas. Secara bentuk, mouse berikut didesain ergonomis agar pas ketika berada dalam genggaman. Untuk detail-nya, mouse ini memiliki beberapa tombol tambahan yang dapat diatur kegunaannya sesuai kebutuhan.

Bicara konsumsi daya, Logitech G602 sangat hemat baterai karena dapat bertahan selama 250 jam lamanya dalam sekali charging. Banyak orang menilai bahwa G602 hanya dibuat untuk kebutuhan gaming saja. Namun, para nongamers  juga bisa menggunakan produk ini. Utamanya, produk ini sangat memadai untuk Anda yang membutuhkan banyak tombol untuk keperluan gaming.

7. Microsoft Arc Touch Mouse

7. Microsoft Arc Touch Mouse RVF-00062

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.299.000

Mouse unik yang dapat berubah bentuk

Hal unik dari mouse ini adalah bentuknya yang dapat diubah-ubah. Ketika dalam bentuk datar, itu berarti mouse dalam keadaan mati. Sebaliknya, jika dalam keadaan melengkung, mouse dalam kondisi menyala. Bentuknya yang pipih memudahkan mouse bertipe blue LED ini untuk diselipkan di kantong kecil pada tas Anda.

Di bagian tengah pada panel atas terdapat plat metal yang dinamakan touch strip. Fungsinya hampir sama dengan scroll wheel, namun ketika digunakan memiliki sensasi lebih halus. Fungsi lainnya sama dengan mouse pada umumnya. Produk ini kami sarankan untuk Anda yang tertarik dengan barang yang ringkas dan memiliki bentuk unik.

6. Logitech M720 Triathlon

6. Logitech M720 Triathlon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 678.000

Ganti baterai cuma sekali dalam 2 tahun!

Mouse yang lebih dikenal dengan nama Triathlon ini sangatlah hemat energi dan punya daya tahan mumpuni. Baterai yang Anda pasang sekarang dapat bertahan hingga 2 tahun lamanya, jadi tidak perlu lagi repot-repot untuk berkali-kali ganti baterai. Tombolnya juga dikenal kuat, setidaknya butuh 10 juta kali klik untuk membuatnya tidak mampu beroperasi lagi.

Untuk menyambungkannya dengan Mac, Triathlon mengandalkan dua koneksi yakni bluetooth dan USB receiver. Selain klik kiri dan kanan, ada beberapa tombol lain yang dapat difungsikan sesuai dengan kemauan Anda. Karena dilengkapi dengan teknologi Logitech Easy-Switch yang dapat menyambungkan mouse dengan 3 piranti berbeda, kami sarankan produk ini untuk Anda yang bekerja dengan beberapa komputer dalam waktu yang hampir bersamaan.

5. Logitech Ultrathin Touch Mouse T630

5. Logitech Ultrathin Touch Mouse T630

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 740.000

Mouse yang bisa digunakan menjadi trackpad

Ultrathin Touch Mouse T630 merupakan mouse dengan dimensi tipis yang menggabungkan antara mouse konvensional dengan multi-touch trackpad. Selain dapat digunakan seperti mouse pada umumnya, Anda juga dapat menggunakan mouse ini selayaknya menggunakan trackpad yang ada pada Mac Anda.

Mouse berikut dapat digunakan pada Mac Anda lewat sambungan bluetooth. Anda tidak perlu mengganti baterai secara berkala karena T630 sudah satu paket dengan baterai yang dapat diisi ulang dayanya. Pilihan ideal bagi Anda yang menginginkan mouse dengan perfoma baik dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Apple Mighty Mouse

4. Apple Mighty Mouse

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 899.000

Mouse nirkabel sederhana dengan fungsi maksimal

Mouse nirkabel ini memiliki desain unik dan minimalis karena tidak memiliki tombol seperti halnya mouse konvensional lain. Tombol klik yang ada di bagian atas mouse diganti dengan sensor sentuh. Namun, pada permukaan atas mouse ini ada sebuah bola kecil yang dinamakan 360 degree scroll ball, fungsinya tak lain adalah untuk scrolling dengan leluasa tanpa adanya batasan arah pada Mac Anda.

Hanya ada satu jenis tombol di mouse berikut yang dinamakan dengan squeezing buttons yang terletak di bagian samping badan kiri dan kanan mouse, yang fungsinya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Mouse ini ideal untuk Anda yang menginginkan mouse sederhana namun memiliki fungsi maksimal.

3. Logitech MX Anywhere 2S

3. Logitech MX Anywhere 2S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 875.000

Dapat digunakan pada Mac dan Windows dalam waktu yang bersamaan

Masuk dalam high performance laser mouse, Logitech MX Anywhere 2S beroperasi menggunakan metode darkfield sensor sehingga dapat digunakan dengan baik tanpa mousepad bahkan di permukaan kaca maupun cermin. Selain itu, mouse berikut juga dilengkapi dengan Logitech Easy-Switchsehingga Anda dapat menyambungkan 3 piranti sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Ia memiliki lima tombol, termasuk scroll wheel yang sangat halus saat digunakan untuk scrolling halaman yang Anda buka. Pilihan yang sangat baik untuk Anda yang membutuhkan mouse multitasking, baik perangkat Mac dengan Mac ataupun perangkat Mac dengan PC.

2. Apple Magic Mouse 2

2. Apple Magic Mouse 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.415.000

Mouse besutan Apple yang sangat nyaman digunakan

Mouse nirkabel yang satu ini dapat bekerja tanpa USB receiver, yakni dengan memaksimalkan koneksi bluetooth. Produk ini memiliki bentuk yang lebih tipis dibanding mouse yang lain, tetapi memiliki dimensi yang lebih lebar. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan kenyamanan genggaman pada pengguna.

Tak ada sama sekali tombol pada bagian atas mouse ini, semua interaksi dilakukan dengan fitur multi-touch. Untuk daya, mouse ini memiliki baterai yang dapat diisi ulang. Namun, Anda tidak bisa menggunakannya ketika mouse sedang di-charge. Produk berikut sesuai untuk Anda yang menginginkan mouse simpel namun mumpuni untuk semua fungsi pada Mac, semacam multi-touch dan gesture.

1. Logitech MX Master 2S

1. Logitech MX Master 2S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.649.000

Mouse 2.4G dengan desain memukau, ergonomis, dan support fitur gesture

Melihatnya sekilas, mouse yang satu ini memiliki desain yang memukau. Bukan sekedar keren, bentuk lekukannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan tangan manusia. Logitech memasang darkfield laser sensor sebagai sistem penggerak mouse berikut, yang mampu membuat MX Master 2S dapat dioperasikan pada permukaan apapun, termasuk cermin.

Untuk sistem wireless-nya, MX Master 2S sudah menggunakan teknologi 2.4G. Ia dapat tersambung lewat koneksi bluetooth, lewat kabel, USB receiver, bahkan ketiganya sekaligus. Anda sudah dapat menggunakan fitur gesture lewat mouse berikut. Untuk baterainya, ia hanya butuh waktu 3 menit pengisian daya untuk dipakai sehari penuh. Produk berikut sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan mouse yang baik di segala aspek.

Kesimpulan

Penggunaan mouse dalam mengoperasikan Mac akan sangat membantu pekerjaan Anda. Dari penjelasan di atas, manakah produk yang paling menarik untuk Anda miliki? Apapun yang Anda pilih, pastikan barang tersebut sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.