10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Termometer digital sangat membantu dalam mengukur suhu tubuh karena hasilnya dapat dibaca dalam waktu cepat dan berupa angka yang pasti. Termometer digital saat ini sudah banyak bentuknya, serta penggunaannya pun tidak selalu di ketiak, tapi dapat juga diletakkan di telinga atau dahi. Lalu, termometer digital seperti apakah yang baik?

Pada artikel ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli termometer digital. Kami juga akan merekomendasikan 10 termometer digital terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Karena meskipun harganya murah, termometer digital tetap memberikan hasil yang akurat.

Daftar isi

Beberapa tipe termometer digital

Saat ini di pasaran ada dua jenis tipe termometer digital, yaitu tipe termistor dan tipe inframerah. Mari kita pelajari keunggulan, mekanisme, dan perbedaan dalam formula masing-masing tipe termometer tersebut.

Termometer tipe termistor, mengukur suhu tubuh di ketiak dan di bawah lidah

Termometer tipe termistor, mengukur suhu tubuh di ketiak dan di bawah lidah

Termometer tipe termistor merupakan termometer yang digunakan di ketiak atau bawah lidah. Termometer tipe ini merupakan termometer yang banyak dikenal oleh masyarakat luas dan juga banyak digunakan di rumah sakit ataupun klinik.

Termometer tipe termistor ini ada yang menggunakan formula pengukuran aktual dan ada juga yang menggunakan formula prediksi dalam menampilkan suhu yang diukurnya. Dengan formula pengukuran aktual, termometer akan menampilkan suhu tubuh yang sebenarnya. Prinsip penggunaannya hampir sama dengan termometer merkuri yaitu termometer harus diletakkan selama beberapa waktu di tempat pengukuran agar hasil yang akurat muncul.

Sedangkan dengan formula prediksi, termometer akan menampilkan suhu tubuh akhir yang telah dihitung dan diprediksi berdasarkan suhu tubuh yang dirasakan di awal. Hasil yang diperoleh memang akan dengan cepat muncul, namun ternyata hasil pengukuran tersebut kadang agak berbeda dengan keadaan yang sebenanrnya. Karena itu, kini formula prediksi sudah mulai dialihkan ke formula pengukuran aktual.

Termometer tipe inframerah, mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Termometer tipe inframerah, mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Termometer tipe inframerah adalah jenis termometer yang mengukur jumlah radiasi inframerah yang dipancarkan tubuh untuk mengetahui suhu tubuh. Termometer ini sangat higienis karena tidak perlu menyentuh kulit seperti termometer tipe termistor. Selain itu, termometer ini sangat mudah digunakan dan hasilnya pun muncul dengan cepat, hanya sekitar 1 detik.

Kekurangan tipe ini adalah ketika ingin mengukur suhu tubuh di telinga, hasilnya dapat akurat hanya jika ujung instrumen diarahkan langsung ke gendang telinga. Selain itu pengukuran suhu di dahi juga kadang memberikan hasil yang kurang tepat. Anda perlu lebih hati-hati ketika Anda baru akan menggunakannya pertama kali. Namun, semakin sering Anda menggunakannya, kesalahan pengukuran akan semakin jarang terjadi.

Cara memilih termometer digital

Termometer digital dari berbagai produsen kini sudah banyak dijual di pasaran, namun termometer digital seperti apakah yang bagus? Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih termometer digital.

Pilihlah sesuai dengan tujuan penggunaan

Penting untuk membeli termometer digital yang sesuai dengan tujuan Anda menggunakannya. Kami akan membahas beberapa termometer digital yang direkomendasikan untuk tujuan tertentu, mari baca artikel lebih lanjut!

Untuk bayi dan anak kecil, gunakan termometer berbahan lembut dan pengukurannya cepat

Untuk bayi dan anak kecil, gunakan termometer berbahan lembut dan pengukurannya cepat

Bayi seringkali mengalami demam, oleh karena itu Anda perlu untuk memiliki termometer sendiri di rumah. Jika anak Anda tidak suka ketika termometer ditempelkan pada ketiaknya, Anda dapat menggunakan termometer digital dengan formula prediksi yang dapat mengukur dengan cepat.

Ketika termometer ditempelkan pada ketiak bayi, orang dewasa memang perlu menahannya agar termometer tidak bergeser. Akan lebih baik jika ujung termometer dibuat dari bahan yang sangat lembut sehingga elastis. Namun, jika pengukuran suhu pada ketiak sulit dilakukan, jauh lebih baik Anda menggunakan termometer inframerah yang ditempelkan di telinga atau dahi.

Pilihlah termometer yang memang dikhususkan untuk bayi jika Anda masih memiliki bayi di rumah, karena termometer tersebut dapat mendeteksi suhu hanya dalam beberapa detik, dan juga dapat segera memanas hanya ketika menyentuh dahi.

Pemakaian termometer untuk seluruh anggota keluarga

Pemakaian termometer untuk seluruh anggota keluarga

Jika Anda mencari termometer untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga, Anda dapat memilih termometer yang mengusung konsep formula prediksi namun juga dapat digunakan pada ketiak untuk mendapat hasil yang aktual.

Jika Anda ingin mengukur suhu namun sedang terburu-buru ingin berangkat keluar rumah, Anda dapat menggunakan termometer pada telinga atau dahi. Namun ketika Anda ingin mengukur suhu secara akurat, Anda dapat menempelkannya pada ketiak. Sangat praktis dan serbaguna untuk digunakan dalam berbagai situasi.

Menggunakan termometer untuk mengukur suhu basal

Menggunakan termometer untuk mengukur suhu basal

Termometer basal adalah termometer khusus untuk mengukur suhu tubuh terendah wanita pada setiap bulannya guna mengetahui masa subur. Pengukuran yang terbaik adalah pada saat suhu tubuh terendah tercapai, yaitu pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lain. Pengukuran dilakukan dengan meletakkan termometer di mulut selama 5-6 menit untuk mendapat hasil yang akurat.

Untuk mengetahui masa subur, pengukuran sebaiknya dilakukan selama 3 bulan berturut-turut, dan hasilnya dicatat setiap hari. Termometer basal ini biasanya dapat dihubungkan dengan media lain seperti smartphone atau komputer, sehingga datanya dapat dipindahkan dan disimpan dengan baik.

Pemakaian termometer untuk orang banyak

Pemakaian termometer untuk orang banyak

Bagi perusahaan yang ingin melakukan pengukuran suhu pada banyak subjek, direkomendasikan menggunakan termometer inframerah. Higienis karena termometer tidak perlu kontak dengan tubuh, dan memungkinkan untuk mendeteksi suhu dengan cepat, sekitar 1 detik. Jika Anda ingin memeriksa suhu banyak orang dengan cepat, pilihlah yang dapat mendeteksi suhu dengan cepat tanpa menyentuh kulit.

Pilihlah termometer yang juga memiliki keunggulan lain

Selain poin-poin di atas, Anda juga dapat memperhatikan keunggulan lain yang menunjang kenyamanan penggunaan termometer digital. Berikut kami akan menjelaskan 3 poin utamanya.

Perhatikan apakah termometer tersebut dapat dicuci dengan air

Perhatikan apakah termometer tersebut dapat dicuci dengan air

Anda tentu ingin agar termometer yang bersentuhan langsung dengan kulit selalu terjaga kehigienisannya. Terutama, jika Anda menggunakannya untuk seluruh anggota keluarga. Atau ketika Anda ingin mengukur suhu tubuh pada mulut, Anda pasti akan memperhatikan aspek kebersihannya.

Dalam kasus seperti ini, akan lebih baik jika termometer tersebut dapat dicuci. Untungnya, saat ini sudah ada beberapa produk yang dilengkapi dengan fungsi tahan air sehingga Anda dapat mencucinya untuk menjaga agar tetap higienis.

Pilihlah termometer yang waktu penggantian baterainya mudah dimengerti

Pilihlah termometer yang waktu penggantian baterainya mudah dimengerti

Ketika huruf pada layar menjadi lebih tipis dari biasanya, atau ketika volume suara mulai berkurang, mungkin baterai termometer tersebut sudah mulai habis. Untuk menghindari baterai yang habis secara tiba-tiba, penting untuk selalu memeriksa warna dan suara termometer.

Ada beberapa produk yang menampilkan level baterai pada layarnya, membuat pengguna lebih mudah untuk mengetahui level baterai yang tersisa.

Lampu latar akan mempermudah melihat hasil yang ditampilkan

Lampu latar akan mempermudah melihat hasil yang ditampilkan

Termometer dengan layar besar akan mempermudah pengguna untuk melihat hasil yang ditampilkan, namun dengan adanya lampu latar, pembacaan hasil akan lebih mudah lagi.

Bila Anda ingin mengukur suhu tubuh anggota keluarga di tengah malam atau dini hari, Anda dapat langsung melihat hasil pengukuran tanpa perlu menyalakan lampu, sehingga Anda dapat mengukur suhu tubuh tanpa membangunkan orang tersebut.

10 Rekomendasi termometer digital terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 termometer digital terbaik yang dapat Anda beli baik secara offline maupun online. Pilihlah yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

10. Digital Thermometer Karakter

10. Digital Thermometer Karakter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 22.000

Termometer karakter yang dapat mengukur suhu dengan akurat

Termometer ini didesain khusus untuk anak-anak, karena anak-anak seringkali tidak suka ketika ada termometer disimpan di ketiaknya. Namun, ketika Anda menggunakan termometer ini, mata anak Anda dapat tertuju pada ujung termometer yang ada karakter hewan lucunya, sehingga mereka tertarik dan akan tenang sejenak untuk diukur suhu tubuhnya.

Selain desainnya yang unik karena menggunakan karakter binatang, warnanya pun didesain mengikuti warna asli dari binatang tersebut. Anak Anda pasti akan sangat menyukai termometer ini. Desain yang menarik ini tentu ditopang dengan fungsi yang baik. Termometer dapat memberikan hasil pengukuran yang akurat dengan rentang kesalahan kurang lebih 0,1 oC dalam waktu kurang lebih 1 menit.

9. Beurer Multifunction Thermometer FT-65

9. Beurer Multifunction Thermometer FT-65

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 465.000

Produk keluaran Jerman dengan masa garansi 3 tahun

Termometer produksi Jerman ini diyakini memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Hal ini dapat dilihat dari masa garansi yang diberikan, yaitu hingga 3 tahun. Namun jika termometer tiba-tiba rusak sebelum tahun ketiga habis, Anda dapat mengajukan klaim perbaikan tanpa dipungut biaya.

Termometer ini memiliki bentuk yang nyaman untuk digenggam, sehingga dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Termometer ini dapat digunakan baik di telinga maupun di dahi, praktis untuk digunakan pada anak-anak yang biasanya tidak bisa diam walau hanya beberapa saat. Layarnya pun cukup besar, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat hasil pengukuran yang tertera.

8. TermoOne Thermometer Digital

8. TermoOne Thermometer Digital

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 24.900

Aman dan mudah dibawa kemana saja

Termometer berikut ini tentu akan menjadi salah satu barang favorit Anda yang masih memiliki batita namun sering pergi berlibur atau menginap di tempat lain selama beberapa hari. Keadaan lingkungan yang berbeda dari kondisi di rumah sehari-hari mungkin saja tidak cocok untuk si kecil. Oleh karena itu, Anda perlu selalu membawa termometer untuk berjaga-jaga.

Termometer ini memiliki tutup dari bahan yang keras yang menutupi 7/8 dari termometer tersebut. Hal ini membuat termometer ini aman terhadap guncangan ketika diletakkan di dalam tas Anda. Bentuknya yang kecil pun tidak memakan banyak tempat maupun menambah beban bawaan Anda. Namun, sebaiknya termometer diletakkan dalam kantung tersendiri untuk menghindari gesekan yang terlalu sering atau tertindih barang lain.

7. Rycom Thermometer

7. Rycom Thermometer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 315.000

Dapat digunakan untuk mengukur suhu apa saja

Apakah Anda sedang mencari termometer yang dapat Anda gunakan tidak hanya untuk mengukur suhu tubuh tapi juga dapat untuk mengukur suhu benda lainnya? Well, produk ini sangat tepat untuk Anda. Produk ini selain untuk mengukur suhu tubuh, juga dapat Anda gunakan untuk mengukur benda lain, seperti suhu makanan bayi, susu yang ingin diminum, atau suhu air mandi bayi.

Anda tidak perlu lagi mencelupkan jari Anda ke dalam air mandi yang panas, atau mengira-ngira apakah bubur bayi Anda sudah bisa dimakan atau tidak. Tinggal mengarahkan termometer ini ke benda tersebut, maka sedetik kemudian Anda dapat langsung mengetahui suhunya, sangat mudah!

6. Omron MC-720

6. Omron MC-720

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 525.000

Bandingkan hasil pengukuran sekarang dengan hasil pengukuran sebelumnya

Jika Anda sedang mencari termometer yang dapat di-silent, Anda harus membeli termometer ini. Termometer ini dapat mengeluarkan bunyi beep yang panjang ketika hasil pengukuran suhu muncul, namun produk ini juga dapat tidak bersuara ketika menu silent mode-nya diaktifkanKetika anak Anda sedang tidur, Anda tidak perlu mengganggu tidur mereka dengan suara beep dari termometer

Termometer ini juga otomatis menampilkan hasil dari pengukuran suhu sebelumnya. Ketika anak Anda demam, Anda dapat mengetahui apakah suhu tubuhnya sudah turun atau belum dengan membandingkan langsung hasil pengukuran yang baru dengan yang sebelumnya. Anda juga dapat membandingkan dengan pengukuran beberapa kali sebelumnya, karena termometer ini dapat menyimpan hingga 25 hasil pengukuran.

5. Microlife MT-200

5. Microlife MT-200

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 145.000

Desain elegan dan dilengkapi dengan indikator baterai

Termometer ini memiliki desain yang sangat elegan, baik dari segi model maupun bahan yang dipakai. Tutupnya yang bening membuat termometer ini terlihat mewah. Selain itu, bagian ujung pengukuran termometer dilapisi dengan emas, membuat produk ini semakin elegan dan mewah. Pelapisan emas tersebut juga bertujuan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Nilai tambah lain dari produk ini adalah adanya indikator baterai yang memberitahukan ketika baterai sudah mau habis. Kini jika termometer tidak mau menyala, Anda tidak perlu lagi untuk mengira-ngira apakah termometer tersebut rusak atau hanya karena baterainya habis.

4. Omron MC-343

4. Omron MC-343

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Termometer yang tahan air dan baterainya dapat diganti

Termometer berikut ini cocok untuk Anda yang sangat menyukai kebersihan dalam segala hal. Setelah digunakan pada ketiak atau mulut, Anda dapat mencuci dan mengeringkannya sebelum menyimpannya kembali. Produk ini tidak akan rusak karena telah didesain untuk tahan terhadap air. Termometer akan tetap higienis pada pemakaian selanjutnya.

Keunggulan lain dari termometer ini adalah Anda dapat menggunakan produk ini untuk waktu yang lama. Hal ini karena termometer ini dapat diganti baterainya jika telah habis. Anda dapat lebih menghemat pengeluaran karena hanya perlu menyediakan baterai penggantinya saja di rumah. Namun, jika ada anak kecil di rumah, Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan baterai agar tidak terjangkau oleh anak Anda.

3. Little Giant Flexible Digital Thermometer

3. Little Giant Flexible Digital Thermometer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Termometer fleksibel untuk anak usia tiga tahun ke atas

Jika Anda ingin menyediakan termometer di rumah untuk anak-anak Anda yang telah berusia tiga tahun ke atas,  produk ini dapat menjadi pilihan. Termometer ini cocok untuk anak yang telah berusia tiga tahun ke atas karena mereka sudah dapat mengerti ketika Anda meletakkan termometer pada tubuhnya, sehingga mereka akan diam dengan tenang sampai pengukuran selesai dilakukan.

Ujung pengukuran termometer didesain sangat fleksibel sehingga anak dan juga Anda akan lebih nyaman dalam menggunakannya. Dengan bahannya yang lembut dan elastis, termometer ini aman untuk kulit buah hati Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencuci termometer ini setelah digunakan. Sehingga termometer tetap terjaga kebersihannya meski digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

2. Lotus Infrared Forehead Thermometer

2. Lotus Infrared Forehead Thermometer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Dapat menyimpan data hingga 32 hasil pengukuran

Termometer ini dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh basal guna mengetahui masa subur seorang wanita. Hal ini dikarenakan termometer ini dapat menyimpan data hingga 32 kali hasil pengukuran. Tidak terlalu masalah jika Anda lupa menuliskan hasil pengukuran selama beberapa hari atau hingga satu bulan, Anda tetap dapat membuat grafik suhu basal pada bulan tersebut.

Selain itu, kehigienisannya pun terjamin karena termometer yang sering disebut termometer tembak ini, dapat mengukur suhu tubuh tanpa perlu kontak dengan kulit. Penggunaan untuk mengukur suhu basal cukup dengan diarahkan ke mulut setiap habis bangun tidur, maka hasil akan langsung muncul dalam hitungan detik.

1. Multifunctoin Infrared Thermometer 8in1 IT-903

1. Multifunctoin Infrared Thermometer 8in1 IT-903

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Tiga warna lampu latar yang berubah sesuai suhu tubuh

Jika Anda sedang mencari termometer yang memiliki lampu latar untuk memudahkan melihat hasil pengukuran,  produk ini dapat menjadi pilihan. Termometer ini tidak hanya memiliki 1 warna, melainkan 3 warna latar yang dapat berubah sesuai indikasi suhu tubuh. Warna hijau ketika suhu tubuh normal, warna oranye ketika suhu antara 37,5o-38oC, dan warna merah ketika suhu tubuh lebih dari 38oC atau demam.

Termometer ini sangat membantu ketika Anda sedang tidak memakai kacamata, karena Anda dapat mengetahui Anda demam atau tidak dengan hanya melihat warna layar yang muncul saja. Penggunaannya pun mudah, hanya tinggal dimasukkan ke dalam telinga atau ditempelkan ke dahi, dan hasil akan muncul 1 detik kemudian.

Bagaimana cara membuang termometer?

Bagaimana cara membuang termometer yang telah habis masa pakainya?

Termometer digital yang dapat diganti baterainya tentu dapat dipakai untuk waktu yang lama. Namun, banyak juga termometer digital yang tidak bisa diganti baterainya ketika termometer tersebut sudah tidak dapat dinyalakan kembali.

Termometer seperti ini biasanya memiliki rentang hidup yang telah diperkirakan oleh produsen. Hal ini dapat kita lihat dalam buku panduan produk tersebut. Biasanya akan disebutkan masa hidup termometer tersebut adalah sekian tahun dan sekian bulan.

Ketika masa pakai termometer tersebut telah habis, Anda dapat membuangnya seperti membuang peralatan rumah tangga lainnya, hanya saja sampah termometer ini tidak boleh dibakar. Namun, semua itu kembali kepada peraturan pemerintahan setempat, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu kebijakan pemerintah daerah Anda mengenai hal ini.

Kesimpulan

Termometer digital adalah kemajuan teknologi yang cukup membantu untuk mengetahui suhu tubuh dengan cepat dan akurat. Penanganan juga dapat lebih cepat diberikan jika ternyata hasil pengukuran menunjukkan suhu tinggi atau demam.

Baik penggunaan termometer yang ditempelkan pada anggota tubuh, atau termometer tembak, semuanya sama memberikan hasil yang cepat dan akurat. Semakin sering Anda menggunakannya, hasil yang diperoleh akan semakin tepat. Lalu, manakah termometer yang menjadi pilihan Anda?