• 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Merek-merek ternama, seperti Beurer, Omron, dan Polygreen juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang bagus dan tepat.


Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Oktober 2022
Daftar isi

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli termometer digital

Seiring dengan berjalannya waktu, termometer digital lebih banyak dipakai oleh para konsumen karena menawarkan kemudahan. Simak dulu beberapa keuntungan dari menggunakan termometer digital serta hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya!

Fungsi dan kelebihan termometer digital

Fungsi dan kelebihan termometer digital

Sama seperti termometer air raksa, termometer digital juga memiliki fungsi utama untuk mengukur suhu tubuh. Namun, termometer digital langsung menunjukkan suhu dalam bentuk angka sehingga memberikan hasil yang lebih akurat dan bisa cepat diketahui. Hal ini tentu meminimalkan kesalahan pengguna saat membacanya. Saat ini, banyak orang yang memilih untuk memakai termometer digital karena memiliki beberapa keunggulan. 


  • Termometer digital memberikan hasil lebih akurat dalam waktu yang cepat. 

  • Selain itu, termometer digital juga dibekali alarm yang akan berbunyi saat pengukuran selesai. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui suhu tubuh dengan lebih cepat. 

  • Jika dibandingkan termometer air raksa, termometer digital lebih ramah lingkungan. Hal ini karena termometer digital tidak mengandung air raksa. 

Cek harga dan kualitasnya sebelum membeli

Cek harga dan kualitasnya sebelum membeli

Kebutuhan masyarakat akan termometer digital meningkat pesat seiring dengan merebaknya pandemi COVID-19. Ini menyebabkan produk termometer sering kali habis stok, baik di toko offline maupun online. Harganya pun tidak jarang dijual lebih tinggi dari harga normal. Karena itu, ada baiknya Anda mengecek harga di portal resmi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.


Kemudian, berhati-hatilah saat membeli secara online karena ada produk berkualitas rendah yang dijual di beberapa situs e-commerce. Sempatkan untuk membaca ulasan-ulasan dari pengguna lain mengenai kekurangan dari produk yang sedang Anda incar. Ini berlaku baik produk luar ataupun lokal. Dengan begitu, Anda akan tahu apabila ada kesalahan pengukuran atau ketidakakuratan pada produk tersebut.


Tidak kalah penting, pastikan bahwa produk yang akan dibeli memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya kode registrasi yang diawali dengan huruf AKL/AKD lalu diikuti dengan sebelas angka. 

Cara memilih termometer digital

Termometer digital dari berbagai produsen bertebaran di pasaran. Namun, termometer dengan kriteria apakah yang tepat untuk dipilih? Simak tips memilih termometer digital berikut ini!

Pilih berdasarkan metode pengukurannya

Termometer digital terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe termistor dan tipe inframerah. Mari pahami mekanisme dan karakteristik tiap-tiap tipe serta perbedaannya dengan termometer air raksa.

Tipe termistor: Digunakan di ketiak atau mulut

Tipe termistor: Digunakan di ketiak atau mulut

Termometer tipe termistor merupakan termometer standar yang digunakan dengan cara dijepit pada ketiak atau dimasukkan ke mulut. Termometer tipe ini dibagi lagi menjadi dua jenis. 


  • Termometer yang secara langsung menampilkan suhu kesetimbangan, yaitu suhu tertinggi pada saat pengukuran dilakukan. Tipe ini hampir sama dengan termometer air raksa. Proses pengukurannya memang membutuhkan waktu, tetapi Anda akan mendapatkan hasil yang akurat.

  • Termometer yang menghitung dan memperkirakan suhu kesetimbangan berdasarkan kontak pertama kali dengan tubuh. Dengan tipe ini, Anda hanya perlu menunggu beberapa detik saja untuk mengetahui hasilnya. Kecepatan pengukurannya memang menarik, tetapi hasil yang ditampilkan tidak seakurat termometer jenis sebelumnya. 


Namun, belakangan ini tersedia juga termometer yang merupakan kombinasi atau gabungan dari kedua jenis termometer di atas. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui suhu tubuh yang sebenarnya beberapa saat setelah suhu perkiraan ditampilkan.

Tipe inframerah: Mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Tipe inframerah: Mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Termometer inframerah menunjukkan suhu dengan cara mengukur jumlah radiasi inframerah yang dipancarkan oleh tubuh. Jika dibandingkan dengan tipe termistor, termometer inframerah memiliki beberapa kelebihan. 


  • Tidak memerlukan kontak dengan kulit sehingga lebih higienis

  • Proses pengukuran suhu menggunakan termometer inframerah relatif cepat, hanya 1 detik hingga 2 detik.


Akan tetapi, pengukuran suhu dengan termometer ini kadang memberikan hasil yang kurang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang akurat. 


  • Posisikan termometer dengan benar untuk pengukuran di dahiJika ingin melakukan pengukuran melalui telinga, pastikan ujung termometer dalam posisi lurus dengan gendang telinga.

  • Biasakan diri menggunakan termometer ini untuk meminimalkan kesalahan, terutama jika Anda baru pertama kali membelinya. 

Sesuaikan dengan usia pengguna dan tujuan penggunaannya

Setelah mengetahui tipe-tipe termometer digital, Anda perlu memahami cara memilih termometer sesuai dengan usia dan tujuan penggunaan. Berikut ini uraiannya.

Termometer yang pengukurannya cepat: Untuk bayi dan anak kecil

Termometer yang pengukurannya cepat: Untuk bayi dan anak kecil

Termometer adalah benda yang wajib dimiliki jika bayi atau balita Anda sering mengalami demam. Untuk mengukur suhu badan anak melalui ketiak, pilihlah termometer termistor yang dapat mengukur suhu dengan cepat. 


  • Apabila anak Anda terlalu kecil untuk mengukur suhu sendiri, gunakan termometer berbahan lunak dengan ujung melengkung. Dengan begitu, Anda bisa membantu memegang termometer dari bagian atas

  • Jika pengukuran melalui ketiak dirasa menyulitkan, Anda bisa gunakan termometer inframerah yang diaplikasikan di telinga atau dahi.


Termometer untuk bayi memiliki banyak ragam dan dibuat sesuai dengan kebutuhan bayi. Ada yang dapat mengukur suhu dengan cepat, ada juga yang cukup diarahkan ke dahi.

Termometer termistor kombinasi: Untuk seluruh anggota keluarga

Termometer termistor kombinasi: Untuk seluruh anggota keluarga

Kami merekomendasikan termistor tipe kombinasi jika produk ini untuk digunakan seluruh anggota keluarga. Saat sedang terburu-buru berangkat ke sekolah atau kerja, aplikasikan mode perkiraan yang bisa mengukur suhu dengan cepat. Sebaliknya, gunakan mode yang bisa menampilkan suhu akurat apabila diperlukan.

Termometer suhu basal: Untuk mengetahui masa subur wanita

Termometer basal adalah termometer untuk mengukur suhu tubuh terendah wanita setiap bulannya guna mengetahui masa subur. Untuk penggunaan termometer basal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 


  • Pengukuran menggunakan termometer ini perlu dijalankan secara teratur setiap pagi setelah bangun tidur. 

  • Lakukan pengukuran dengan meletakkan termometer di mulut selama 5–6 menit untuk mendapat hasil yang akurat. 

  • Demi kenyamanan, siapkan termometer khusus untuk digunakan secara pribadi, ya.

  • Pilih produk termometer yang memungkinkan Anda untuk mengolah data suhu melalui smartphone atau laptop. Harganya memang sedikit lebih tinggi, tetapi produk ini akan lebih memudahkan Anda dibandingkan mencatat data menggunakan kertas. Anda juga dapat melihat ulang data-data terdahulu, menganalisis, serta memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Termometer inframerah atau thermogun: Untuk keperluan banyak orang

Termometer inframerah direkomendasikan untuk pengukuran suhu yang melibatkan banyak orang seperti kantor atau sekolah. Selain higienis, termometer yang tidak memerlukan kontak dengan kulit ini juga bisa memberikan hasil pengukuran secara cepat

Periksa fitur-fitur tambahannya

Selain poin-poin di atas, Anda juga dapat memperhatikan keunggulan lain yang menunjang kenyamanan penggunaan termometer digital. Berikut ini penjelasan tentang beberapa fitur tambahannya.

Fitur waterproof: Bisa dicuci agar tetap higienis

Fitur waterproof: Bisa dicuci agar tetap higienis

Anda tentu ingin agar termometer selalu terjaga kehigienisannya, khususnya pada termometer yang memerlukan kontak dengan kulit. Kebersihan termometer sangat penting terutama jika digunakan oleh seisi rumah atau saat mengukur suhu basal lewat mulut.


Dalam hal ini, Anda memerlukan termometer yang bisa dicuci bersih dengan air. Saat ini, banyak produk yang sudah dilengkapi fitur waterproof sehingga Anda dapat selalu menjaga kehigienisannya.

Indikator level baterai: Antisipasi baterai habis mendadak

Jika huruf di layar terlihat lebih samar atau volume suara terdengar janggal, termometer Anda mungkin sedang kehabisan baterai. Untuk menghindari baterai mendadak habis, Anda bisa memeriksa tampilan layar dan suara termometer secara berkala.


Namun, ada baiknya Anda memilih produk yang dilengkapi dengan indikator level baterai jika memiliki anak kecil di rumah. Fitur ini akan menolong Anda agar tetap bisa menggunakan termometer terutama saat berada dalam situasi darurat.

Lampu latar: Memudahkan pembacaan hasil

Termometer dengan layar besar dan lampu latar akan mempermudah pengguna membaca hasil walau berada di ruangan gelap sekalipun. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya saat malam atau dini hari tanpa perlu menyalakan lampu dan membangunkan orang-orang.

10 Rekomendasi termometer digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk termometer digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 6 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Sinocare Infrared Thermometer AET-R1D1 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Puremed Thermometer Infrared yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee. 

Gambar produk
1
Sinocare Infrared Thermometer 1

Sinocare

2
OneMed ThermoOne Alpha 1 1

OneMed

3
Omron Thermometer Digital  1

Omron

4
Microlife  Digital Thermometer 1

Microlife

5
Beurer Multi functional Thermometer 1

Beurer

6
Omron  Termometer Dahi 1

Omron

7
Polygreen Termometer Telinga 1

Polygreen

8
Ovutest Vinca Femometer 1

Ovutest

9
Polygreen Termometer Dahi 1

Polygreen

10
PUREMED Infrared Forehead Thermometer  1

PUREMED

Nama produk

Infrared Thermometer

ThermoOne Alpha 1

Thermometer Digital

Digital Thermometer

Multi functional Thermometer

Termometer Dahi

Termometer Telinga

Vinca Femometer

Termometer Dahi

Infrared Forehead Thermometer

Keunggulan

Berkapasitas memori hingga 32 hasil pengukuran, pas untuk seluruh keluarga

Aman dan mudah dibawa ke mana saja berkat penutupnya

Pengukuran yang cepat melalui berbagai bagian tubuh

Ujungnya dilapisi emas sehingga mengurangi risiko alergi

Produk Jerman dengan garansi 5 tahun

Silent mode, efektif saat anak tidur

Cukup 1 detik, hasil pengukuran pun dapat diketahui

Bisa melacak dan merekam suhu basal tubuh melalui smartphone

Termometer multifungsi, bisa mengukur suhu tubuh manusia dan objek

Thermogun yang tiga warna lampu latarnya akan berubah sesuai suhu tubuh

Harga mulai dariRp 499.999,00Rp 17.500,00Rp 78.103,00Rp 109.000,00Rp 966.000,00Rp 984.677,00Rp 450.000,00Rp 549.000,00Rp 500.000,00Rp 265.000,00
Daerah pengukuranDahiMulut, ketiak, anusMulut, ketiak, anusMulut, ketiak, anusTelinga, dahi, objekDahiTelinga, dahiMulut (bawah lidah)Dahi, objekDahi
TipeInfraredTermistorTermistorTermistorInframerahInframerahInframerahTermistorInfraredInframerah
WaterproofTidak disebutkan××Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Indikator level baterai×××××Tidak disebutkan
Lampu latar×××××Tidak disebutkan
Tautan produk
10

PUREMEDInfrared Forehead Thermometer

Mulai dari Rp 265.000,00

Daerah pengukuranDahi
TipeInframerah
WaterproofTidak disebutkan
Indikator level bateraiTidak disebutkan
Lampu latar
9

PolygreenTermometer Dahi

KI-8280

Mulai dari Rp 500.000,00

Daerah pengukuranDahi, objek
TipeInfrared
WaterproofTidak disebutkan
Indikator level baterai
Lampu latarTidak disebutkan
8
Daerah pengukuranMulut (bawah lidah)
TipeTermistor
Waterproof
Indikator level baterai×
Lampu latar×
7

PolygreenTermometer Telinga

KI-8176

Mulai dari Rp 450.000,00

Daerah pengukuranTelinga, dahi
TipeInframerah
WaterproofTidak disebutkan
Indikator level baterai
Lampu latar×
6
Daerah pengukuranDahi
TipeInframerah
Waterproof×
Indikator level baterai×
Lampu latar
5

BeurerMulti functional Thermometer

FT 65

Mulai dari Rp 966.000,00

Daerah pengukuranTelinga, dahi, objek
TipeInframerah
Waterproof
Indikator level baterai
Lampu latar×
4
Daerah pengukuranMulut, ketiak, anus
TipeTermistor
Waterproof
Indikator level baterai
Lampu latar
3
Daerah pengukuranMulut, ketiak, anus
TipeTermistor
Waterproof
Indikator level baterai×
Lampu latar×
2
Daerah pengukuranMulut, ketiak, anus
TipeTermistor
Waterproof×
Indikator level baterai×
Lampu latar×
1

SinocareInfrared Thermometer

AET-R1D1

Mulai dari Rp 499.999,00

Daerah pengukuranDahi
TipeInfrared
WaterproofTidak disebutkan
Indikator level baterai×
Lampu latar

Cara mengukur suhu badan dengan benar

Termometer yang dibeli akan menjadi sia-sia jika Anda tidak mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Karena itu, perhatikan tips-tips berikut ini dan gunakan sebagai panduan ketika akan mengukur suhu tubuh.

Kapan waktu terbaik untuk mengukur suhu tubuh?

Kapan waktu terbaik untuk mengukur suhu tubuh?

Sesaat setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk mengukur suhu tubuh. Jika Anda memiliki termometer suhu basal, gunakanlah pada waktu yang sama setiap hari. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan waktu yang pas agar dapat melakukan pengukuran dengan konsisten.


Selain itu, mengetahui kisaran suhu normal Anda merupakan hal yang penting agar bisa mengantisipasi turunnya kondisi fisik. Untuk itulah pria dan wanita disarankan mengukur suhu tubuh selama beberapa hari saat tidak dalam kondisi demam.

Pastikan posisi termometer benar saat mengukur melalui ketiak

Pastikan posisi termometer benar saat mengukur melalui ketiak

Ketika menggunakan termometer yang dijepit di ketiak, pastikan untuk menempelkan seluruh ujung berwarna perak di sisi tengah dalam. Jika ujung termometer hanya menempel sedikit, suhu yang terbaca menjadi kurang akurat.


Hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah cara memasukkan termometer. Sebaiknya, masukkan dari bagian bawah agar termometer berada di posisi yang tepat dan memberikan hasil akurat.

Baca petunjuk penggunaan sebelum mengukur suhu melalui mulut atau telinga

Baca petunjuk penggunaan sebelum mengukur suhu melalui mulut atau telinga

Selain ketiak, ada termometer yang diaplikasikan pada mulut dan telinga. Namun, termometer yang diaplikasikan pada mulut dan telinga ini memiliki cara pemakaian tersendiri tergantung produk masing-masing. Bacalah petunjuk penggunaan dengan baik agar bisa menggunakannya dengan benar.


Secara umum, Anda dapat meletakkan termometer pada pangkal lidah saat melakukan pengukuran melalui mulut. Untuk mengukur lewat telinga, posisikan termometer segaris dengan lubang telinga, ya.

Baca juga rekomendasi alat kesehatan lainnya di sini

Anda mungkin memerlukan termometer yang bekerja lebih cepat dan akurat untuk mengukur suhu bayi Anda. Jangan khawatir, kami sudah mengulas tips memilih dan rekomendasi produknya di bawah ini. Ada pula artikel-artikel tentang alat-alat kesehatan lainnya. Dibaca juga, ya.

Kesimpulan

Termometer digital adalah alat yang berguna untuk mengetahui suhu tubuh kala sakit atau dalam kondisi-kondisi tertentu. Berbagai tipe tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. Sudahkah Anda menemukan produk yang dicari?


Pilihlah tipe yang sesuai dengan usia dan tujuan penggunaan masing-masing. Termometer dengan fitur tambahan juga menarik untuk dimiliki. Silakan gunakan artikel ini sebagai panduan dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penderita gangguan mobilitas, kursi roda merupakan alat bantu penting untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, dari banyaknya model kursi roda, manakah yang tepat untuk Anda? Apakah kursi roda tipe manual atau elektrik?Kali ini, kami akan berbagi cara memilih kursi roda terbaik berdasarkan tipe, harga, dan fungsi tambahannya. Sepuluh produk kursi roda dari merek yang bagus, seperti AVICO, GEA, dan Speeds juga akan kami ulas. Anda juga bisa memilih kursi roda ringan yang pas untuk traveling. Simak penjelasan di bawah ini dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Massage Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Massage Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi orang yang sibuk dan tak punya banyak waktu, massage gun adalah benda yang layak untuk dimiliki. Mempunyai bentuk yang tergolong compact, massage gun lebih mudah untuk dibawa-bawa. Berbagai merek, seperti FeiyuTech, Speeds, dan Nagoya Electronics pun berlomba-lomba menjual massage gun terbaiknya. Ada berbagai macam jenis, ukuran, dan model yang ditawarkan.Mungkin Anda akan kebingungan saat menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan mengulas tentang cara memilih dan merekomendasi massage gun yang bagus. Silakan Anda jadikan sebagai referensi dan semoga Anda dapat menemukan massage gun yang cocok!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Bagian tengahnya diijahit secara vertikal menjadi lancip untuk memberi ruang ekstra pada area hidung dan mulut Anda.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kami juga akan membagikan ulasan merk masker duckbill yang bagus, seperti Sensi, Alkindo, I Care, dan BOSON. Mari baca review lengkapnya di bawah ini, ya!
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori