• 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Produsen ternama, seperti OneMed, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat.


Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 112.893 Views
Daftar isi

Cek harga dan kualitasnya sebelum membeli

Cek harga dan kualitasnya sebelum membeli

Kebutuhan masyarakat akan termometer digital meningkat pesat seiring dengan merebaknya pandemi COVID-19. Ini menyebabkan produk termometer sering kali habis stok, baik di toko offline maupun online. Harganya pun tidak jarang dijual lebih tinggi dari harga normal. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengecek harga di portal resmi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.


Kemudian, berhati-hatilah saat membeli secara online karena ada produk-produk berkualitas rendah yang dijual di beberapa situs e-commerce. Selalu sempatkan untuk membaca ulasan-ulasan dari pengguna lain mengenai kekurangan dari produk yang sedang Anda incar. Ini berlaku untuk produk luar maupun lokal. Dengan begitu, Anda akan tahu apabila ada kesalahan pengukuran atau ketidakakuratan pada produk tersebut.

Cara memilih termometer digital

Termometer digital dari berbagai produsen bertebaran di pasaran. Namun, termometer dengan kriteria apakah yang tepat untuk dipilih? Simak tips memilih termometer digital berikut ini!

Pilih berdasarkan metode pengukurannya

Termometer digital terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe termistor dan tipe inframerah. Mari pahami mekanisme dan karakteristik masing-masing tipe serta perbedaannya dengan termometer air raksa.

Tipe termistor : Digunakan di ketiak atau mulut

Tipe termistor : Digunakan di ketiak atau mulut

Termometer tipe termistor merupakan termometer standar yang digunakan dengan cara dijepit pada ketiak atau dimasukkan ke mulut. Termometer tipe ini dibagi lagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah termometer yang secara langsung menampilkan suhu kesetimbangan, yaitu suhu tertinggi pada saat pengukuran dilakukan. Rasanya kurang lebih sama dengan saat menggunakan termometer air raksa. Proses pengukuran dengan termometer ini memang sedikit membutuhkan waktu, tetapi Anda akan mendapatkan hasil yang akurat.


Jenis kedua merupakan termometer yang menghitung dan memperkirakan suhu kesetimbangan berdasarkan kontak pertama kali dengan tubuh. Dengan metode ini, termometer hanya memerlukan waktu sepersekian detik untuk mengukur suhu. Kecepatan pengukurannya memang menarik, tetapi hasil yang ditampilkan tidak seakurat termometer jenis sebelumnya. Namun, belakangan ini tersedia juga termometer yang merupakan kombinasi atau gabungan dari kedua jenis termometer di atas. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui suhu tubuh yang sebenarnya beberapa saat setelah suhu perkiraan ditampilkan. Tertarik untuk mencoba?

Tipe inframerah : Mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Tipe inframerah : Mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Termometer inframerah adalah termometer yang menunjukkan suhu dengan cara mengukur jumlah radiasi inframerah yang dipancarkan oleh tubuh. Berbeda dari tipe termistor, termometer ini sangat higienis karena tidak memerlukan kontak dengan kulit. Selain itu, proses pengukuran suhu menggunakan termometer inframerah relatif cepat, hanya 1 detik hingga 2 detik.


Akan tetapi, Anda perlu memposisikan termometer ini dengan benar agar hasilnya akurat. Jika ingin melakukan pengukuran melalui telinga, pastikan ujung termometer ada dalam posisi lurus dengan gendang telinga. Selain itu, pengukuran suhu di dahi juga kadang memberikan hasil yang kurang tepat. Untuk mengatasi hal-hal di atas, cobalah membiasakan diri menggunakan termometer inframerah. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi terjadinya kesalahan pengukuran terutama apabila Anda baru pertama kali memiliki termometer ini. 

Pilihlah sesuai dengan usia dan tujuan penggunaan

Setelah mengetahui tipe-tipe termometer digital, Anda perlu memahami cara memilih termometer sesuai dengan usia dan tujuan penggunaan. Berikut ini uraiannya.

Termometer yang pengukurannya cepat untuk bayi dan anak kecil

Termometer yang pengukurannya cepat untuk bayi dan anak kecil

Termometer adalah benda yang wajib dimiliki jika bayi atau balita Anda sering mengalami demam. Untuk mengukur suhu badan anak melalui ketiak, pilihlah termometer termistor yang dapat mengukur suhu dengan cepat. Apabila anak Anda terlalu kecil untuk mengukur suhu sendiri, gunakan termometer berbahan lunak dengan ujung melengkung. Dengan begitu Anda bisa membantu memegang termometer dari bagian atas. Kemudian, jika pengukuran melalui ketiak dirasa menyulitkan, Anda bisa gunakan termometer inframerah yang diaplikasikan di telinga atau dahi.


Termometer untuk bayi memiliki banyak ragam dan dibuat sesuai dengan kebutuhan bayi. Ada yang dapat mengukur suhu dengan cepat, ada juga yang cukup diarahkan ke dahi. Anda dapat menyimak penjelasan lebih rinci mengenai termometer ini dalam artikel berikut.

Termometer termistor kombinasi untuk seluruh anggota keluarga

Termometer termistor kombinasi untuk seluruh anggota keluarga

Kami merekomendasikan termistor tipe kombinasi untuk Anda yang bermaksud membeli termometer untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Saat sedang terburu-buru berangkat ke sekolah atau kerja, aplikasikan mode perkiraan yang bisa mengukur suhu dengan cepat. Sebaliknya, gunakan mode yang bisa menampilkan suhu akurat apabila diperlukan. Praktis dan serbaguna untuk kebutuhan keluarga di berbagai situasi, bukan?

Termometer suhu basal untuk mengetahui masa subur wanita

Termometer suhu basal untuk mengetahui masa subur wanita

Termometer basal adalah termometer untuk mengukur suhu tubuh terendah wanita pada setiap bulannya guna mengetahui masa subur. Penting untuk diketahui, pengukuran ini perlu dijalankan secara teratur setiap pagi setelah bangun tidur. Lakukan pengukuran dengan meletakkan termometer di mulut selama 5-6 menit untuk mendapat hasil yang akurat. Demi kenyamanan, sebaiknya siapkan termometer khusus untuk digunakan secara pribadi, ya.


Baru-baru ini tersedia produk termometer yang memungkinkan Anda untuk mengolah data suhu melalui smartphone atau laptop. Harganya memang sedikit lebih mahal, tetapi produk ini akan lebih memudahkan Anda dibanding mencatat data menggunakan kertas. Kami merekomendasikan produk ini karena Anda dapat melihat ulang data-data terdahulu, menganalisis, serta memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Termometer inframerah untuk keperluan banyak orang

Termometer inframerah untuk keperluan banyak orang

Termometer inframerah sangat direkomendasikan untuk pengukuran suhu yang melibatkan banyak orang, seperti dalam ruang lingkup perusahaan. Selain higienis, termometer yang tidak memerlukan kontak dengan kulit ini juga bisa memberikan hasil pengukuran secara cepat. Jadi, jangan ragu memilih produk ini untuk mengukur suhu sekelompok orang dalam waktu singkat tanpa menyentuh kulit.

Pilih termometer yang dilengkapi fitur tambahan

Selain poin-poin di atas, Anda juga dapat memperhatikan keunggulan lain yang menunjang kenyamanan penggunaan termometer digital. Berikut ini penjelasan tentang beberapa fitur tambahan yang mungkin Anda sukai.

Fitur waterproof untuk kehigienisan

Fitur waterproof untuk kehigienisan

Anda tentu ingin agar termometer selalu terjaga kehigienisannya, khususnya pada termometer yang memerlukan kontak dengan kulit. Kebersihan termometer amatlah penting terutama jika digunakan oleh seisi rumah atau ketika mengukur suhu basal lewat mulut.


Dalam hal ini, Anda memerlukan termometer yang bisa dicuci bersih dengan air. Beruntung saat ini sudah banyak produk yang dilengkapi dengan fitur waterproof sehingga Anda dapat selalu menjaga kehigienisannya.

Indikator level baterai untuk antisipasi

Indikator level baterai untuk antisipasi

Jika huruf di layar terlihat lebih samar atau volume suara terdengar janggal, termometer Anda mungkin sedang kehabisan baterai. Untuk menghindari baterai mendadak habis, Anda bisa memeriksa tampilan layar dan suara termometer secara berkala.


Namun, ada baiknya Anda memilih produk yang dilengkapi dengan indikator level baterai jika memiliki anak kecil di rumah. Fitur ini akan menolong Anda agar tetap bisa menggunakan termometer terutama saat berada dalam situasi darurat.

Lampu latar untuk memudahkan pembacaan hasil

Lampu latar untuk memudahkan pembacaan hasil

Termometer dengan layar besar dan lampu latar akan mempermudah pengguna membaca hasil walau berada di ruangan gelap sekalipun. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya di malam atau dini hari tanpa perlu menyalakan lampu dan membangunkan orang-orang.

10 Rekomendasi termometer digital terbaik

Berikut ini, kami akan merekomendasikan sepuluh termometer digital terbaik yang dapat Anda beli baik secara offline maupun online. Pilihlah yang paling sesuai dengan keperluan Anda.
10
Daerah pengukuranMulut atau ketiak
TipeTermistor
Fitur waterproofAda
Indikator level bateraiTidak ada
Fitur lampu latarTidak disebutkan
9
Daerah pengukuranTelinga
TipeInframerah
Fitur waterproofTidak disebutkan
Indikator level bateraiAda
Fitur lampu latarTidak ada
8
Daerah pengukuranMulut, ketiak, atau anus
TipeTermistor
Fitur waterproofAda
Indikator level bateraiTidak ada
Fitur lampu latarTidak ada
7
Daerah pengukuranTelinga atau dahi
TipeInframerah
Fitur waterproofAda
Indikator level bateraiAda
Fitur lampu latarTidak ada
6
Daerah pengukuranDahi
TipeInframerah
Fitur waterproofTidak ada
Indikator level bateraiTidak ada
Fitur lampu latarAda
5
Daerah pengukuranMulut, ketiak, atau anus
TipeTermistor
Fitur waterproofAda
Indikator level bateraiAda
Fitur lampu latarAda
4
Daerah pengukuranMulut, ketiak, atau anus
TipeTermistor
Fitur waterproofAda
Indikator level bateraiTidak ada
Fitur lampu latarTidak ada
3
Daerah pengukuranMulut, ketiak, atau anus
TipeTermistor
Fitur waterproofTidak ada
Indikator level bateraiAda
Fitur lampu latarTidak ada
2

BraunThermoScan® 7 with Age Precision

IRT6520BUS

Rp 1.450.000,00

Daerah pengukuranTelinga
TipeInframerah
Fitur waterproofTidak disebutkan
Indikator level bateraiAda
Fitur lampu latarAda
1
Daerah pengukuranTelinga atau dahi
TipeInframerah
Fitur waterproofTidak disebutkan
Indikator level bateraiTidak disebutkan
Fitur lampu latarAda

Tabel perbandingan produk termometer digital terbaik

Gambar produk
1
Puremed Thermometer Infrared  1

Puremed

2
Braun ThermoScan® 7 with Age Precision 1

Braun

3
Rossmax TG100 Digital Thermometer 1

Rossmax

4
Omron Termometer Digital MC-343F 1

Omron

5
Microlife  MT 200 Digital Thermometer 1

Microlife

6
Omron  Termometer Dahi MC-720 1

Omron

7
Beurer  FT 65 Multi functional Thermometer 1

Beurer

8
OneMed Thermometer ThermoONE ALPHA 1 Biru 1

OneMed

9
Chicco Comfort Quick Ear Thermometer 1

Chicco

10
Beurer BY 11 Instant Thermometer 1

Beurer

Nama produk

Thermometer Infrared

ThermoScan® 7 with Age Precision

TG100 Digital Thermometer

Termometer Digital MC-343F

MT 200 Digital Thermometer

Termometer Dahi MC-720

FT 65 Multi functional Thermometer

Thermometer ThermoONE ALPHA 1 Biru

Comfort Quick Ear Thermometer

BY 11 Instant Thermometer

Keunggulan

Tiga warna lampu latarnya akan berubah sesuai suhu tubuh

Mengukur presisi dengan teknologi Age Precision

Harga ekonomis, tetapi hasil pengukurannya tetap akurat

Hasil pengukuran cepat dengan tipe termistor

Ujungnya dilapisi emas sehingga antialergi, deh!

Silent mode, efektif saat anak tidur

Produk Jerman dengan garansi 5 tahun

Aman dan mudah dibawa ke mana saja berkat tutupnya

Cukup 1 detik, hasil pengukuran pun dapat diketahui

Ukur suhu buah hati dengan menyenangkan

HargaRp 630.000,00Rp 1.450.000,00Rp 77.000,00Rp 297.000,00Rp 125.000,00Rp 800.000,00Rp 587.000,00Rp 25.000,00Rp 935.000,00Rp 150.000,00
Daerah pengukuranTelinga atau dahiTelingaMulut, ketiak, atau anusMulut, ketiak, atau anusMulut, ketiak, atau anusDahiTelinga atau dahiMulut, ketiak, atau anusTelingaMulut atau ketiak
TipeInframerahInframerahTermistorTermistorTermistorInframerahInframerahTermistorInframerahTermistor
Fitur waterproofTidak disebutkanTidak disebutkanTidak adaAdaAdaTidak adaAdaAdaTidak disebutkanAda
Indikator level bateraiTidak disebutkanAdaAdaTidak adaAdaTidak adaAdaTidak adaAdaTidak ada
Fitur lampu latarAdaAdaTidak adaTidak adaAdaAdaTidak adaTidak adaTidak adaTidak disebutkan
Tautan produk

Cara mengukur suhu badan dengan benar

Termometer yang Anda beli akan menjadi sia-sia jika Anda tidak mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Oleh karena itu, perhatikan tips-tips berikut ini dan gunakan sebagai panduan ketika akan mengukur suhu tubuh.

Kapan waktu terbaik untuk mengukur suhu tubuh?

Kapan waktu terbaik untuk mengukur suhu tubuh?

Sesaat setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk mengukur suhu tubuh. Kemudian, jika Anda memiliki termometer suhu basal, gunakanlah di waktu yang sama setiap hari. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan waktu yang pas agar dapat melakukan pengukuran dengan konsisten.


Selain itu, mengetahui kisaran suhu normal Anda merupakan hal yang penting agar bisa mengantisipasi turunnya kondisi fisik. Untuk itulah pria dan wanita disarankan mengukur suhu tubuh selama beberapa hari saat tidak dalam kondisi demam.

Pastikan posisi termometer benar saat mengukur melalui ketiak

Pastikan posisi termometer benar saat mengukur melalui ketiak

Ketika menggunakan termometer yang dijepit di ketiak, pastikan untuk menempelkan seluruh ujung berwarna perak pada sisi tengah dalam. Jika ujung termometer hanya menempel sedikit, suhu yang terbaca akan lebih rendah daripada suhu sebenarnya.


Hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah cara memasukkan termometer. Termometer yang dimasukkan dari sisi samping mungkin tidak akan pas mengenai bagian tengah ketiak. Sebaiknya masukkan dari bagian bawah agar termometer berada di posisi yang tepat dan memberikan hasil akurat.

Baca petunjuk penggunaan sebelum mengukur suhu melalui mulut atau telinga

Baca petunjuk penggunaan sebelum mengukur suhu melalui mulut atau telinga

Selain ketiak, ada termometer yang diaplikasikan pada mulut dan telinga seperti yang sudah kami bahas di atas. Namun, termometer yang diaplikasikan pada mulut dan telinga ini memiliki cara pemakaian tersendiri tergantung produk masing-masing. Bacalah petunjuk penggunaan dengan baik sebelum memakai produk agar bisa menggunakannya dengan benar.


Secara umum, Anda perlu meletakkan termometer pada pangkal lidah saat melakukan pengukuran melalui mulut. Kemudian, posisikan termometer segaris dengan lubang telinga ketika mengukur suhu melalui telinga.

Baca juga rekomendasi termometer untuk bayi di sini

Anda mungkin memerlukan termometer yang bekerja lebih cepat dan akurat untuk mengukur suhu bayi Anda. Jangan khawatir, kami sudah mengulas tips memilih dan rekomendasi produknya di bawah ini. Dibaca juga, ya.

Kesimpulan

Termometer digital adalah alat yang berguna untuk mengetahui suhu tubuh di kala sakit atau dalam kondisi-kondisi tertentu. Berbagai tipe tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari?


Pilihlah tipe yang sesuai dengan usia dan tujuan penggunaan masing-masing. Termometer dengan fitur tambahan juga menarik untuk dimiliki. Silakan gunakan artikel ini sebagai panduan dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang cukup sering digunakan khususnya ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. Anda juga akan membutuhkan masker pelindung sekali pakai ketika berada di tempat berdebu atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini antara lain Sensi, Skrineer, dan Nexcare. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini. 
    Alat medis
    221.702 Views
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulse oximeter merupakan alat yang berfungsi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. Pulse oximeter dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut terjadi.Ada banyak produk pulse oximeter di pasaran, mulai dari Beurer, Contecmed, ChoiceMMed, dan lainnya. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih pulse oximeter beserta rekomendasi produk terbaik. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Alat medis
    67.439 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
    80.047 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    62.817 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
    18.134 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Kontak Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Kontak Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan, alat bantu penglihatan tentu menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alat bantu penglihatan yang banyak dipakai adalah lensa kontak. Lensa kontak cocok untuk Anda yang ingin leluasa beraktivitas tanpa terganggu keberadaan kacamata.Anda dapat memilih lensa kontak sekali pakai untuk pemakaian yang lebih aman dan higienis. Pilihlah produk lensa kontak yang memberi kenyamanan untuk mata Anda, seperti pada merek ACUVUE, FreshKon, X2, dan lainnya. Simak ulasan lengkap cara memilih produk lensa kontak sekali pakai terbaik dan ternyaman berikut ini!
    Alat medis
    7.283 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori