• 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Termometer digital sangat membantu dalam mengukur suhu tubuh karena hasilnya dapat dibaca dalam waktu cepat dan berupa angka yang pasti. Termometer digital saat ini sudah banyak bentuknya, serta penggunaannya pun tidak selalu di ketiak, tapi dapat juga diletakkan di telinga atau dahi. Lalu, termometer digital seperti apakah yang baik?

Pada artikel ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli termometer digital. Kami juga akan merekomendasikan 10 termometer digital terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Karena meskipun harganya murah, termometer digital tetap memberikan hasil yang akurat.
  • Pembaharuan terakhir: 18 Februari 2020
  • 53.609 Views
Daftar isi

Beberapa tipe termometer digital

Saat ini di pasaran ada dua jenis tipe termometer digital, yaitu tipe termistor dan tipe inframerah. Mari kita pelajari keunggulan, mekanisme, dan perbedaan dalam formula masing-masing tipe termometer tersebut.

Termometer tipe termistor, mengukur suhu tubuh di ketiak dan di bawah lidah

Termometer tipe termistor, mengukur suhu tubuh di ketiak dan di bawah lidah
Termometer tipe termistor merupakan termometer yang digunakan di ketiak atau bawah lidah. Termometer tipe ini merupakan termometer yang banyak dikenal oleh masyarakat luas dan juga banyak digunakan di rumah sakit ataupun klinik.
Termometer tipe termistor ini ada yang menggunakan formula pengukuran aktual dan ada juga yang menggunakan formula prediksi dalam menampilkan suhu yang diukurnya. Dengan formula pengukuran aktual, termometer akan menampilkan suhu tubuh yang sebenarnya. Prinsip penggunaannya hampir sama dengan termometer merkuri yaitu termometer harus diletakkan selama beberapa waktu di tempat pengukuran agar hasil yang akurat muncul.
Sedangkan dengan formula prediksi, termometer akan menampilkan suhu tubuh akhir yang telah dihitung dan diprediksi berdasarkan suhu tubuh yang dirasakan di awal. Hasil yang diperoleh memang akan dengan cepat muncul, namun ternyata hasil pengukuran tersebut kadang agak berbeda dengan keadaan yang sebenanrnya. Karena itu, kini formula prediksi sudah mulai dialihkan ke formula pengukuran aktual.

Termometer tipe inframerah, mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi

Termometer tipe inframerah, mengukur suhu tubuh di telinga dan dahi
Termometer tipe inframerah adalah jenis termometer yang mengukur jumlah radiasi inframerah yang dipancarkan tubuh untuk mengetahui suhu tubuh. Termometer ini sangat higienis karena tidak perlu menyentuh kulit seperti termometer tipe termistor. Selain itu, termometer ini sangat mudah digunakan dan hasilnya pun muncul dengan cepat, hanya sekitar 1 detik.
Kekurangan tipe ini adalah ketika ingin mengukur suhu tubuh di telinga, hasilnya dapat akurat hanya jika ujung instrumen diarahkan langsung ke gendang telinga. Selain itu pengukuran suhu di dahi juga kadang memberikan hasil yang kurang tepat. Anda perlu lebih hati-hati ketika Anda baru akan menggunakannya pertama kali. Namun, semakin sering Anda menggunakannya, kesalahan pengukuran akan semakin jarang terjadi.

Cara memilih termometer digital

Termometer digital dari berbagai produsen kini sudah banyak dijual di pasaran, namun termometer digital seperti apakah yang bagus? Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih termometer digital.

Pilihlah sesuai dengan tujuan penggunaan

Penting untuk membeli termometer digital yang sesuai dengan tujuan Anda menggunakannya. Kami akan membahas beberapa termometer digital yang direkomendasikan untuk tujuan tertentu, mari baca artikel lebih lanjut!

Untuk bayi dan anak kecil, gunakan termometer berbahan lembut dan pengukurannya cepat

Untuk bayi dan anak kecil, gunakan termometer berbahan lembut dan pengukurannya cepat
Bayi seringkali mengalami demam, oleh karena itu Anda perlu untuk memiliki termometer sendiri di rumah. Jika anak Anda tidak suka ketika termometer ditempelkan pada ketiaknya, Anda dapat menggunakan termometer digital dengan formula prediksi yang dapat mengukur dengan cepat.
Ketika termometer ditempelkan pada ketiak bayi, orang dewasa memang perlu menahannya agar termometer tidak bergeser. Akan lebih baik jika ujung termometer dibuat dari bahan yang sangat lembut sehingga elastis. Namun, jika pengukuran suhu pada ketiak sulit dilakukan, jauh lebih baik Anda menggunakan termometer inframerah yang ditempelkan di telinga atau dahi.
Pilihlah termometer yang memang dikhususkan untuk bayi jika Anda masih memiliki bayi di rumah, karena termometer tersebut dapat mendeteksi suhu hanya dalam beberapa detik, dan juga dapat segera memanas hanya ketika menyentuh dahi.

Pemakaian termometer untuk seluruh anggota keluarga

Pemakaian termometer untuk seluruh anggota keluarga
Jika Anda mencari termometer untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga, Anda dapat memilih termometer yang mengusung konsep formula prediksi namun juga dapat digunakan pada ketiak untuk mendapat hasil yang aktual.
Jika Anda ingin mengukur suhu namun sedang terburu-buru ingin berangkat keluar rumah, Anda dapat menggunakan termometer pada telinga atau dahi. Namun ketika Anda ingin mengukur suhu secara akurat, Anda dapat menempelkannya pada ketiak. Sangat praktis dan serbaguna untuk digunakan dalam berbagai situasi.

Menggunakan termometer untuk mengukur suhu basal

Menggunakan termometer untuk mengukur suhu basal
Termometer basal adalah termometer khusus untuk mengukur suhu tubuh terendah wanita pada setiap bulannya guna mengetahui masa subur. Pengukuran yang terbaik adalah pada saat suhu tubuh terendah tercapai, yaitu pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lain. Pengukuran dilakukan dengan meletakkan termometer di mulut selama 5-6 menit untuk mendapat hasil yang akurat.
Untuk mengetahui masa subur, pengukuran sebaiknya dilakukan selama 3 bulan berturut-turut, dan hasilnya dicatat setiap hari. Termometer basal ini biasanya dapat dihubungkan dengan media lain seperti smartphone atau komputer, sehingga datanya dapat dipindahkan dan disimpan dengan baik.

Pemakaian termometer untuk orang banyak

Pemakaian termometer untuk orang banyak
Bagi perusahaan yang ingin melakukan pengukuran suhu pada banyak subjek, direkomendasikan menggunakan termometer inframerah. Higienis karena termometer tidak perlu kontak dengan tubuh, dan memungkinkan untuk mendeteksi suhu dengan cepat, sekitar 1 detik. Jika Anda ingin memeriksa suhu banyak orang dengan cepat, pilihlah yang dapat mendeteksi suhu dengan cepat tanpa menyentuh kulit.

Pilihlah termometer yang juga memiliki keunggulan lain

Selain poin-poin di atas, Anda juga dapat memperhatikan keunggulan lain yang menunjang kenyamanan penggunaan termometer digital. Berikut kami akan menjelaskan 3 poin utamanya.

Perhatikan apakah termometer tersebut dapat dicuci dengan air

Perhatikan apakah termometer tersebut dapat dicuci dengan air
Anda tentu ingin agar termometer yang bersentuhan langsung dengan kulit selalu terjaga kehigienisannya. Terutama, jika Anda menggunakannya untuk seluruh anggota keluarga. Atau ketika Anda ingin mengukur suhu tubuh pada mulut, Anda pasti akan memperhatikan aspek kebersihannya.
Dalam kasus seperti ini, akan lebih baik jika termometer tersebut dapat dicuci. Untungnya, saat ini sudah ada beberapa produk yang dilengkapi dengan fungsi tahan air sehingga Anda dapat mencucinya untuk menjaga agar tetap higienis.

Pilihlah termometer yang waktu penggantian baterainya mudah dimengerti

Pilihlah termometer yang waktu penggantian baterainya mudah dimengerti
Ketika huruf pada layar menjadi lebih tipis dari biasanya, atau ketika volume suara mulai berkurang, mungkin baterai termometer tersebut sudah mulai habis. Untuk menghindari baterai yang habis secara tiba-tiba, penting untuk selalu memeriksa warna dan suara termometer.
Ada beberapa produk yang menampilkan level baterai pada layarnya, membuat pengguna lebih mudah untuk mengetahui level baterai yang tersisa.

Lampu latar akan mempermudah melihat hasil yang ditampilkan

Lampu latar akan mempermudah melihat hasil yang ditampilkan
Termometer dengan layar besar akan mempermudah pengguna untuk melihat hasil yang ditampilkan, namun dengan adanya lampu latar, pembacaan hasil akan lebih mudah lagi.
Bila Anda ingin mengukur suhu tubuh anggota keluarga di tengah malam atau dini hari, Anda dapat langsung melihat hasil pengukuran tanpa perlu menyalakan lampu, sehingga Anda dapat mengukur suhu tubuh tanpa membangunkan orang tersebut.

10 Rekomendasi termometer digital terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 termometer digital terbaik yang dapat Anda beli baik secara offline maupun online. Pilihlah yang paling sesuai dengan keperluan Anda.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

AbatyMultifunctoin Infrared Thermometer 8in1 IT-903

Rp 155.000,00

Tabel perbandingan produk termometer digital terbaik

Gambar produk
1
Abaty Multifunctoin Infrared Thermometer 8in1 IT-903 1

Abaty

2
Lotus Infrared Forehead Thermometer 1

Lotus

3
Little Giant Flexible Digital Thermometer 1

Little Giant

4
Omron  Digital Thermometer 1

Omron

5
Microlife  Digital Thermometer 1

Microlife

6
Omron  Forehead Thermometer 1

Omron

7
Rycom  Infrared Thermometer 1

Rycom

8
ThermoOne  Thermometer Digital 1

ThermoOne

9
Beurer Multifunction Thermometer 1

Beurer

10
Digital Thermometer Karakter 1

Nama produk

Multifunctoin Infrared Thermometer 8in1 IT-903

Infrared Forehead Thermometer

Flexible Digital Thermometer

Digital Thermometer

Digital Thermometer

Forehead Thermometer

Infrared Thermometer

Thermometer Digital

Multifunction Thermometer

Digital Thermometer Karakter

KeunggulanTiga warna lampu latar yang...Dapat menyimpan data hingga...Termometer fleksibel untuk ...Termometer yang tahan air d...Desain elegan dan dilengkap...Bandingkan hasil pengukuran...Dapat digunakan untuk mengu...Aman dan mudah dibawa keman...Produk keluaran Jerman deng...Termometer karakter yang da...
HargaRp 155.000,00Rp 175.000,00Rp 65.000,00Rp 95.000,00Rp 145.000,00Rp 525.000,00Rp 315.000,00Rp 24.900,00Rp 465.000,00Rp 22.000,00
Tautan produk

Bagaimana cara membuang termometer?

Bagaimana cara membuang termometer?
Termometer digital yang dapat diganti baterainya tentu dapat dipakai untuk waktu yang lama. Namun, banyak juga termometer digital yang tidak bisa diganti baterainya ketika termometer tersebut sudah tidak dapat dinyalakan kembali.
Termometer seperti ini biasanya memiliki rentang hidup yang telah diperkirakan oleh produsen. Hal ini dapat kita lihat dalam buku panduan produk tersebut. Biasanya akan disebutkan masa hidup termometer tersebut adalah sekian tahun dan sekian bulan.
Ketika masa pakai termometer tersebut telah habis, Anda dapat membuangnya seperti membuang peralatan rumah tangga lainnya, hanya saja sampah termometer ini tidak boleh dibakar. Namun, semua itu kembali kepada peraturan pemerintahan setempat, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu kebijakan pemerintah daerah Anda mengenai hal ini.

Kesimpulan

Termometer digital adalah kemajuan teknologi yang cukup membantu untuk mengetahui suhu tubuh dengan cepat dan akurat. Penanganan juga dapat lebih cepat diberikan jika ternyata hasil pengukuran menunjukkan suhu tinggi atau demam.
Baik penggunaan termometer yang ditempelkan pada anggota tubuh, atau termometer tembak, semuanya sama memberikan hasil yang cepat dan akurat. Semakin sering Anda menggunakannya, hasil yang diperoleh akan semakin tepat. Lalu, manakah termometer yang menjadi pilihan Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vitamin E memiliki efek antioksidan yang sama seperti vitamin C dan vitamin A yaitu efektif dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Vitamin E yang terkandung dalam bahan alami seperti minyak nabati dan kacang kedelai memang mudah dicerna tubuh. Namun, juga mudah terbuang melalui urine dan keringat.Karena itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin E kepada Anda. Kami pun akan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek Wellnes, Blackmores, dan Natures Plus. Simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    120.008 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika kesehatan tubuh dan kulit Anda sedang menurun, vitamin C dapat menjadi solusi yang tepat. Vitamin C adalah sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang bisa diperoleh dari beberapa jenis sayur dan buah. Sayangnya, nutrisi tersebut mudah hilang dari tubuh karena kebiasaan merokok, pola makan yang kurang seimbang, dan akibat dari stres.Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan suplemen vitamin C. Anda dapat memilih salah satu di antara banyak merek, seperti Enervon-C, Blackmores, Holisticare EsterC, Puritan’s Pride, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu persis cara memilih suplemen vitamin C yang sesuai? Kami akan mengulasnya bagi Anda ditambah dengan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    133.775 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    229.611 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang sering digunakan ketika seseorang mengalami masalah kesehatan, beraktivitas di tempat yang berdebu, dan ketika berada di tempat yang dikelilingi zat-zat kimia berbahaya. Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.Di sini kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan Anda. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini juga dapat dibeli melalui online shop atau toko-toko di sekitar rumah Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    111.916 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    141.477 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    172.856 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sabun batang tidak hanya digunakan untuk mencuci tangan, tetapi juga digunakan untuk sabun mandi. Ada berbagai macam produk sabun batang terkenal seperti Lux, Dove, Dettol, dan sebagainya. Kandungan yang bervariasi dalam produk sabun batang kadang membuat Anda bingung untuk memilihnya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun batang yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh. Berdasarkan cara memilih tersebut, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan saran penggunaan sabun yang baik di akhir artikel ini. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    7.153 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori