10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik untuk Orang yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik untuk Orang yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

Perkembangan mesin cuci saat ini sangat mengagumkan, selain perbedaan merek, jenis, dan desain, produk dengan berbagai macam fitur juga satu per satu mulai diperkenalkan. Menemukan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan itu mungkin agak membingungkan, terutama bagi Anda yang tinggal sendiri.

Kali ini, kami akan membahas mesin cuci terbaik untuk orang yang tinggal sendiri. Silahkan jadikan artikel berikut sebagai bahan referensi Anda untuk memilih mesin cuci.

Daftar isi

Cara memilih mesin cuci untuk orang yang tinggal sendiri

Kami akan menjelaskan cara memilih mesin cuci untuk orang yang tinggal sendiri. Karena itu, sebelum Anda membeli, silahkan simak cara memilih mesin cuci di bawah ini terlebih dahulu.

Pilih kapasitas mesin cuci di atas 6 kg

Berat cucian orang yang tinggal sendiri dalam sehari bisa mencapai 1,5 kilogram. Karena itu, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan dan frekuensi Anda mencuci baju.

Bila Anda mencuci baju 3 hari sekali, mesin cuci berkapasitas 5-6 kg dirasa masih cukup. Namun sayangnya, agak sulit menemukan produk mesin cuci berkapasitas demikian. Karena itu, akan lebih mudah menggunakan mesin cuci yang memiliki kapasitas di atas 6 kilogram, tetapi tetap tidak terlalu besar juga.

Tipe dan fitur mesin cuci

Yang menentukan harga dari sebuah mesin cuci adalah tipe dan fiturnya. Periksalah produk di bawah ini, dan temukanlah mesin cuci yang sesuai dengan bujet Anda.

Pilih tipe mesin cuci sesuai bujet Anda

Pilih tipe mesin cuci sesuai bujet Anda

Ada dua jenis tipe mesin cuci, yaitu top loading dan front loading. Mesin cuci top loading harganya lebih murah dibandingkan mesin cuci front loading. Jika Anda memiliki bujet terbatas, pilihlah mesin cuci tipe top loading.

Meskipun mesin cuci front loading harganya mahal, tipe ini lebih hemat air. Selain itu, desain dan fitur pengeringannya juga lebih baik. Untuk Anda yang mempunyai bujet lebih, silahkan masukkan mesin cuci front loading ini sebagai salah satu pilihan Anda.

Untuk bujet terbatas, pilihlah mesin cuci dengan fitur minimalis

Untuk bujet terbatas, pilihlah mesin cuci dengan fitur minimalis

Mesin cuci memiliki berbagai macam fitur, seperti fitur mencuci dengan cepat, fitur pengatur waktu, dan lain sebagainya. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, maka semakin mahal juga harganya. Karena itu, jika Anda memiliki bujet terbatas, pilihlah mesin cuci dengan fitur minimalis, tetapi tetap dapat mengakomodir kebutuhan Anda.

Tabung mesin cuci juga mengalami kemajuan. Tabung mesin cuci yang tidak mudah kotor dengan fungsi antibakteri dan no hole layer juga banyak bermunculan. Bagi Anda yang tidak ingin repot membersihkan tabung mesin cuci, maka Anda juga perlu memperhatikan cara memilih tabungnya juga.

Periksalah ukuran mesin cuci agar pas dengan tempatnya

Periksalah ukuran mesin cuci agar pas dengan tempatnya

Sebelum membeli mesin cuci jangan lupa untuk memeriksa ukurannya, apakah pas dibawa dan ditaruh di tempat yang ingin Anda letakkan. Untuk memeriksa apakah mesin cucinya dapat masuk, apakah posisi keran dan selang sesuai, apakah ada cukup ruang untuk membuka pintu, dan sebagainya, penting untuk Anda memeriksa fitur mesin cuci terlebih dahulu dari katalognya.

10 Rekomendasi mesin cuci terbaik untuk orang yang tinggal sendiri

Kali ini kami akan merekomendasi 10 mesin cuci terbaik berdasarkan cara memilih yang kami jelaskan di atas. Pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Aqua Mesin Cuci Top Loading AQW-89 XTF-H

10. Aqua Mesin Cuci Top Loading AQW-89 XTF-H

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.949.000

Lebih bersih berkat fitur Jet Wash Action

Mesin cuci top loading ini membuat cucian Anda lebih bersih, karena fitur Jet Wash Action-nya mampu menghasilkan air lebih kuat. Fitur lainnya yang menarik dari mesin cuci ini adalah Mode Hijab yang dapat mencuci hijab dan pakaian berbahan lembut lainnya milik Anda dengan lebih lembut sehingga tidak merusak pakaian.

Anda tidak perlu khawatir lagi ketika musim hujan datang, karena mesin cuci ini dapat membuat cucian Anda tetap kering dengan teknologi Air Intake yang dapat mempercepat proses pengeringan. Desain terkini yang minimalis dan kapasitas tabung sebesar 7 kilogram membuat mesin cuci ini cocok untuk Anda yang memiliki ruangan terbatas.

9. Samsung Mesin Cuci Top Loading Wa80H4000

9. Samsung Mesin Cuci Top Loading Wa80H4000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.850.000

Desain sisi tabung menyerupai berlian, merawat pakaian lebih baik

Desain sisi tabung yang dimiliki mesin cuci ini unik karena menyerupai berlian yang dapat mencegah kain tersangkut sehingga dapat merawat pakaian lebih baik. Hasil cucian lebih bersih dengan fitur Wobble Pulsator yang menghasilkan gerakan halus ke segala arah yang dapat mengurai pakaian yang terlilit.

Produk ini juga dilengkapi dengan teknologi Air Turbo Drying yang mampu mengeringkan pakaian lebih cepat. Desain tutupnya kokoh, terbuat dari tempered glass sehingga tidak mudah retak dan pecah. Fitur menarik dengan desain kokoh membuat mesin cuci ini cocok dijadikan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mengeringkan pakaian lebih cepat.

8. Sharp Megamouth Series Top Loading ES-M805P-WB

8. Sharp Megamouth Series Top Loading ES-M805P-WB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.650.000

Lebih mudah memasukkan cucian dengan fitur Wide Opening!

Anda dapat mencuci lebih banyak dengan mesin cuci ini, karena Sharp ES-M8054-WB memiliki kapasitas tabung yang besar yaitu 8 kilogram. Selain itu, mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur Wide Opening sehingga Anda dapat dengan mudah memasukan cucian ke dalam tabung, mulai dari pakaian biasa sampai selimut berukuran besar.

Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk merendam cucian, Anda dapat memanfaatkan fitur Fragrance yang bekerja seperti Anda merendam pakaian sehingga cucian tetap harum walau Anda tidak merendamnya terlebih dahulu. Tabungnya yang tanpa lubang juga membuat Anda dapat menghemat air dan deterjen hingga 40%, lho.

7. Polytron Mesin Cuci Top Loading PAW 7511 WS

7. Polytron Mesin Cuci Top Loading PAW 7511 WS

 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.194.000

Mampu mencuci dengan tekanan air kecil berkat teknologi Zeropressure

Perpaduan antara desain simpel dan teknologi canggih, Polytron Zeromatic mampu mencuci walau dengan tekanan air kecil sekalipun berkat teknologi Zeropressure. Mudah digunakan hanya dengan satu sentuhan, proses pencucian akan berjalan secara otomatis, mulai dari penimbangan total berat cucian, penentuan jumlah air yang dibutuhkan, pembilasan, sampai pengeringan cucian.

Produk ini juga dilengkapi dengan pipa kapiler dan pipa sentrifugal yang dapat mendistribusikan pelembut secara merata ke seluruh pakaian. Fitur Auto Wash Balancer Zeromatic yang mengatur beban cucian dengan jumlah air yang dikeluarkan dapat membantu Anda dalam menghemat air sehingga cocok digunakan untuk Anda yang tinggal sendiri.

6. Panasonic Mesin Cuci Top Loading NA-F70B5

6. Panasonic Mesin Cuci Top Loading NA-F70B5

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.098.000

Lebih hemat! Mesin cuci hemat air dan energi

Untuk Anda yang tinggal sendiri pasti sulit mengatur biaya bulanan yang harus dikeluarkan, karena itu mesin cuci hemat air dan energi sangat direkomendasikan untuk Anda. Mesin cuci ini memiliki fitur Aqua Spine Rinse yang dapat mengurangi pemborosan air dan energi. Mesin akan secara otomatis mati ketika selesai mencuci dengan fitur Auto Power Off sehingga dapat menghemat listrik.

Selain itu, Anda juga dapat mencuci lebih bersih dan menyeluruh dengan pulsator yang dapat berotasi dengan cepat. Panasonic NA-F70B5 dilengkapi dengan fitur Fuzzy Logic Washing System yang dapat menyesuaikan mode mencuci berdasarkan jenis pakaian tertentu. Inilah mesin cuci yang dapat membantu mengurangi biaya bulanan Anda.

5. LG Mesin Cuci Top Loading T2175VSAM

5. LG Mesin Cuci Top Loading T2175VSAM

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.870.000

Performa mencuci terkuat dengan fitur Turbo Drum

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah noda membandel pada pakaian, karena LG T2175SVM memberikan performa mencuci terkuat dengan fitur Turbo Drum. Perpaduan semprotan air yang deras dan drum yang ikut berputar, serta pulsatornya yang bergerak melawan arah dapat menghilangkan noda bahkan yang paling sulit dihilangkan.

Dilengkapi dengan fitur Smart Motion yang dapat mencuci berdasarkan jenis pakaian, mulai dari menghilangkan noda membandel hingga mencuci pakaian berbahan lembut. Mesin cuci berkapasitas 7,5 kilogram ini dirancang agar minim getaran sehingga Anda tidak akan merasa terganggu dengan suara bising saat mencuci.

4. Sharp Mesin Cuci Front Loading ES-FL862

4. Sharp Mesin Cuci Front Loading ES-FL862

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.255.000

Mesin cuci front loading yang dapat meredam suara dan guncangan

Sharp ES-FL862 memiliki fitur Boomerang Cabinet Design yang mampu meredam suara dan getaran sehingga Anda tidak perlu khawatir akan membuat kebisingan saat mencuci. Dilengkapi dengan Eco Logic System yang berfungsi mendeteksi jumlah cucian yang masuk, semakin sedikit pakaian yang dicuci, maka semakin hemat juga air dan listrik yang digunakan.

Mesin cuci berkapasitas 6 kilogram dan berdesain elegan ini cocok dipakai untuk Anda yang menginginkan mesin cuci hemat air dan listrik. Selain fitur Quick Wash 15 Minute, fitur menarik lainnya dari mesin cuci ini adalah Low Wattage, yaitu hanya memerlukan daya 200 watt untuk pencucian dengan suhu air standar 30º.

3. Electrolux Mesin Cuci Front Loading EWF80743

3. Electrolux Mesin Cuci Front Loading EWF80743

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.769.000

Mencegah pakaian tersangkut dengan desain tabung sarang lebah

Mesin cuci front loading yang satu ini memiliki desain tabung sarang lebah yang berfungsi untuk mencegah pakaian Anda tersangkut saat proses pencucian berlangsung. Dilengkapi pula dengan LED display untuk menunjukkan mode mencuci yang sedang digunakan serta hitungan mundur waktu pencucian.

Fitur lainnya yang menarik dari Electrolux EWF80743 yaitu Time Manager yang dapat mengatur proses mencuci berdasarkan jumlah pakaian dan tingkat kekotoran dengan tetap mempertahankan kualitas mencuci. Desain elegan, simpel, serta anti karat membuat mesin cuci ini dapat digunakan untuk waktu lama.

2. Sanken Mesin Cuci Top Loading AW-S830

2. Sanken Mesin Cuci Top Loading AW-S830

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.170.000

Mencuci optimal dengan putaran pulsator besar

Teknologi X-Tor pada mesin cuci ini mampu menghasilkan arus yang kuat dengan putaran pulsator besar sehingga mencuci menjadi lebih optimal. Sanken AW-S830 membantu menghemat waktu mencuci Anda, karena  fitur Fuzzy Logic yang dimiliki mesin cuci ini akan membuat kegiatan mencuci menjadi lebih efisien.

Mesin cuci top loading ini memiliki tabung kuat dan tahan lama yang terbuat dari 100% stainless steel. Dengan kapasitas pencucian 7 kilogram dan ukuran yang tidak memakan tempat, membuat mesin cuci Sanken AW-S830 cocok digunakan untuk Anda yang tinggal sendiri. Harganya juga tidak menguras isi kantong Anda, bukan?

1. LG Mesin Cuci Front Loading FC120753W

1. LG Mesin Cuci Front Loading FC120753W

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.245.000

Mesin cuci yang dapat Anda kendalikan dengan smartphone

Anda tidak punya banyak waktu untuk mencuci? Tenang, karena LG FC120753SW dapat mencuci lebih cepat dibandingkan mesin cuci lainnya dengan fitur Turbo Wash. Selain hemat waktu Anda, juga dapat menghemat air dan listrik. Mesin cuci ini juga dapat mencuci secara optimal dengan 6 gerakan yang dapat Anda pilih.

Dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone, Anda dapat berinteraksi dengan mesin cuci Anda melalui jaringan Wi-Fi sehingga kegiatan mencuci menjadi lebih mudah. Nikmati pengalaman mencuci yang menyenangkan dengan mesin cuci cerdas buatan LG!

Kesimpulan

Banyak mesin cuci dengan desain dan fitur menarik yang bisa Anda pilih. Silahkan jadikan artikel ini sebagai bahan referensi Anda untuk memilih mesin cuci terbaik.

Jika Anda mempunyai bujet yang lebih, Anda bisa memilih mesin cuci front loading yang lebih hemat air dan berdesain elegan. Namun, mesin cuci top loading juga memiliki fitur yang tidak kalah menariknya dengan mesin cuci front loading. Jadi, pastikan Anda memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda, ya.