• 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ada berbagai jenis kertas yang beredar saat ini, seperti kertas cetak glossy, kertas cetak matte, kertas fotokopi, dan lain sebagainya. Ukuran yang beredar pun sangat beragam, seperti ukuran A4, A3, F4, dan lain-lain. Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih kertas adalah tingkat ketebalan dan keputihan kertas serta harganya.

Dalam artikel berikut, kami akan merekomendasikan kertas terbaik untuk Anda. Silahkan pilih kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.
  • Pembaharuan terakhir: 01 Mei 2020
  • 18.080 Views
Daftar isi

Jenis kertas untuk keperluan print dan fotokopi

Secara garis besar, ada dua jenis kertas yang berbeda, yaitu jenis kertas fotokopi dan kertas cetak untuk keperluan cetak di printer. Berikut dijelaskan perbedaannya.

Kertas fotokopi

Kertas fotokopi
Kertas fotokopi adalah kertas yang belum mengalami proses pengolahan lebih lanjut. Ada tiga jenis kertas fotokopi, yaitu kertas dengan kualitas yang tinggi, kertas biasa, dan kertas daur ulang. Selain kertas daur ulang, kertas fotokopi ini juga banyak dikenal dengan sebutan kertas HVS.
Kertas dengan kualitas yang tinggi adalah kertas yang terbuat dari 100 % bubur kertas dan terlihat lebih mahal karena terbuat dari bahan yang lebih bagus. Sedangkan kertas daur ulang adalah kertas yang menggunakan kembali kertas bekas sebagai bahan bakunya, dan memiliki warna kertas yang lebih kusam daripada kertas dengan kualitas yang tinggi. Dari segi harga, kertas daur ulang lebih mahal karena lebih banyak proses yang dilakukan, seperti pengumpulan kertas bekas dan pelapisan pada kertas untuk mendapatkan hasil yang lebih putih.
Walaupun mahal, kertas daur ulang tetap laku di pasaran karena kertas ini ramah terhadap lingkungan dan banyak perusahaan yang menggunakannya sebagai kertas sehari-hari.

Kertas cetak untuk printer

Kertas cetak untuk printer
Kertas cetak merupakan kertas yang telah mengalami beberapa proses lebih lanjut, seperti adanya pelapisan yang dapat memberikan efek kilau dan efek agar kertas menjadi lebih tahan lama. Ada dua jenis tipe kertas cetak, yaitu kertas glossy yang mengkilat dan kertas matte yang tidak mengkilat. Kertas cetak lebih menyerap tinta dibandingkan dengan kertas fotokopi biasa sehingga kertas ini lebih cocok untuk mencetak gambar, seperti foto, ataupun dokumen yang banyak menyajikan gambar.
Ketebalan kertas cetak ini juga sangat beragam. Secara umum, ketebalannya dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu art paper untuk kertas cetak yang lebih tipis dan art carton untuk jenis kertas cetak yang lebih tebal. Art paper dapat digunakan untuk mencetak flyer, majalah, katalog, atau brosur. Sedangkan art carton dapat digunakan untuk mencetak kartu nama, sampul buku, map, dan sebagainya.

Cara memilih kertas print dan fotokopi

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat kita memilih kertas. Secara umum, kertas fotokopi adalah kertas yang sering Anda gunakan sehari-hari. Pada saat membelinya, perhatikanlah ukuran dan ketebalan kertas ini.

Pilih sesuai dengan penggunaan

Ketika Anda membuat dokumen penting untuk diserahkan kepada pelanggan dan mitra bisnis, Anda dapat menggunakan jenis kertas yang berbeda. Dengan menggunakan kertas yang berbeda dari kertas pada umumnya, penawaran Anda bisa terlihat lebih menarik.

Untuk cetakan hitam putih

Untuk cetakan hitam putih
Gunakanlah kertas fotokopi biasa apabila kertas ini hanya digunakan untuk di rumah atau bagian internal kantor Anda. Pada umumnya, kertas ini tidak terlalu mahal.

Untuk cetakan berwarna

Untuk cetakan berwarna
Sewaktu Anda membuat presentasi untuk kantor Anda dan ada materi yang disajikan dalam bentuk gambar, sebaiknya Anda menggunakan kertas cetak. Harga kertas ini lebih mahal daripada kertas fotokopi biasa, tetapi presentasi Anda lebih terlihat bagus dan rapi.

Kertas fotokopi yang tipis sesuai untuk dokumen yang disimpan

Kertas fotokopi yang tipis sesuai untuk dokumen yang disimpan
Ketika Anda menyimpan kertas sebagi dokumen, sebaiknya pilihlah kertas yang setipis mungkin. Dengan kertas yang tipis, Anda dapat melakukan penyimpanan dokumen dengan lebih nyaman, dan ketebalan dokumen dapat diminimalkan.

Untuk pencetakan dua sisi, pilihlah kertas yang lebih tebal

Untuk pencetakan dua sisi, pilihlah kertas yang lebih tebal
Pada saat Anda ingin melakukan pencetakan pada dua sisi kertas, pilihlah kertas yang lebih tebal untuk menghindari tinta cetak yang terlihat pada bagian belakang kertas. Sebaiknya Anda juga memilih tinta yang mudah kering.

Pilih berdasarkan tingkat keputihan kertas

Pilih berdasarkan tingkat keputihan kertas
Ketika Anda menggunakan kertas untuk di rumah atau internal kantor saja, mungkin Anda tidak perlu mengkhawatirkan warna kertas yang digunakan. Pada saat Anda melakukan presentasi kepada rekan bisnis, maka tingkat putihnya kertas menjadi lebih penting, supaya apa yang Anda presentasikan bisa menjadi lebih menonjol.
Demikian juga halnya bila Anda adalah pelajar yang perlu mencetak dan mengkopi laporan, makalah dan juga skripsi Anda. Pastikan ukuran kertas yang digunakan sesuai dengan ketentuan di fakultas/universitas Anda, dan tingkat putihnya kertas juga mendukung untuk keperluan akademik Anda. Mencetak laporan Anda di kertas yang buram tentunya tidak akan memberi kesan yang baik, bukan?

Pilih berdasarkan berat kertas

Pilih berdasarkan berat kertas
Untuk tingkat ketebalan kertas, ukurannya adalah gram per meter persegi atau lebih dikenal gsm (gram per square meter). Berikut ini adalah ketebalan kertas yang ada di pasaran.

  • Kertas fotokopi 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm, 100 gsm

  • Kertas cetak (art paper) 85 – 150 gsm

  • Kertas cetak (art carton) 190 – 400 gsm

Semakin tebal kertas, maka ketahanan kertas tersebut akan semakin tahan lama.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kertas

Bergantung dari mesin cetak (printer) yang Anda miliki, tidak semua kertas cocok dengan mesin cetak Anda. Agar kertas yang Anda beli tidak terbuang dengan percuma, pilihlah kertas yang sesuai dengan mesin cetak Anda.

Beberapa kertas tidak dapat digunakan pada mesin cetak tertentu

Beberapa kertas tidak dapat digunakan pada mesin cetak tertentu
Periksalah jenis mesin cetak Anda terlebih dahulu, apakah termasuk mesin cetak tinta jet atau laser. Mesin cetak dengan tinta jet menggunakan semprotan tinta halus pada proses pencetakannya, sedangkan mesin cetak laser menggunakan panas dalam prosesnya. Perhatikanlah jenis kertas yang Anda gunakan pada mesin cetak laser, karena ada kemungkinan kertas yang dilapisi agar memberi efek berkilau ataupun efek lainnya itu, dapat meleleh terkena panas mesin cetak.

10 Rekomendasi kertas print dan fotokopi terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi kertas print dan fotokopi terbaik yang ada di pasaran. Perhatikanlah jenis kertas, ukuran, serta ketebalannya sebelum Anda memilih.
10
9
8
7
6

HammermillKertas Fotokopi Daur Ulang (50lembar)

Rp 1.017.000,00

5

e-PrintDouble Side Matte Inkjet A4 220 gsm (50 lembar)

Rp 41.000,00

4
3
2
1

Tabel perbandingan produk kertas print dan fotokopi terbaik

Gambar produk
1
Bola Dunia HVS A4 80 gsm (1 rim) 1

Bola Dunia

2
PaperOne HVS F4 70 gsm (1 rim) 1

PaperOne

3
RYM!Media Kertas Art Carton A4 310 gsm (50 lembar) 1

RYM!Media

4
Vertex Glossy Paper A4 230 gsm (20 lembar) 1

Vertex

5
e-Print Double Side Matte Inkjet A4 220 gsm (50 lembar) 1

e-Print

6
Hammermill Kertas Fotokopi Daur Ulang (50lembar) 1

Hammermill

7
Blueprint Inkjet Paper A4 120 gsm (50 lembar) 1

Blueprint

8
PaperOne Kertas Fotokopi A3 80 gsm (5 rim) 1

PaperOne

9
Fast Print Art Paper A3 120 gsm  1

Fast Print

10
Artemedia Watercolor Paper A5 200 gsm (12 lembar) 1

Artemedia

Nama produk

HVS A4 80 gsm (1 rim)

HVS F4 70 gsm (1 rim)

Kertas Art Carton A4 310 gsm (50 lembar)

Glossy Paper A4 230 gsm (20 lembar)

Double Side Matte Inkjet A4 220 gsm (50 lembar)

Kertas Fotokopi Daur Ulang (50lembar)

Inkjet Paper A4 120 gsm (50 lembar)

Kertas Fotokopi A3 80 gsm (5 rim)

Art Paper A3 120 gsm

Watercolor Paper A5 200 gsm (12 lembar)

KeunggulanKertas fotokopi multifungsi...Kertas yang dapat gunakan u...Kertas tebal untuk media kr...Kertas glossy serbaguna unt...Kertas untuk kualitas cetak...Kertas fotokopi daur ulang ...Kertas dengan ketajaman tin...Dengan tingkat keputihan 10...Kertas yang tidak terlalu t...Kertas tanpa bahan kimia be...
HargaRp 41.450,00Rp 48.300,00Rp 39.000,00Rp 16.000,00Rp 41.000,00Rp 1.017.000,00Rp 24.500,00Rp 66.248,00Rp 11.200,00Rp 23.000,00
Tautan produk

Cara menyimpan kertas

Sudahkah Anda menyimpan kertas Anda dengan benar? Penyimpanan kertas merupakan hal yang penting agar kertas dapat dengan mudah Anda gunakan dan mudah diisi ulang, serta mencegah kerusakan pada kertas. Berikut tips agar penyimpanan kertas menjadi lebih mudah.

Menyimpan dengan benar

Menyimpan dengan benar
Simpanlah kertas di tempat yang gelap dan kering untuk menghindari terjadinya kelembapan pada kertas. Jika Anda tidak dapat menghindari matahari secara langsung, maka lama kelamaan kertas akan mengalami perubahan warna menjadi kuning. Karenanya simpanlah kertas di tempat yang tak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, jangan meletakkan kertas pada tempat yang hangat, seperti di samping mesin atau komputer, karena lapisan tambahan yang ada pada kertas bisa terkelupas.
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tadi, maka kami merekomendasikan Anda untuk membeli kertas yang dapat Anda gunakan selama enam bulan sampai satu tahun ke depan.

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui jenis kertas dan fungsinya, maka Anda dapat memilih jenis kertas yang lebih tepat untuk Anda gunakan pada penggunaan internal ataupun eksternal. Untuk penggunaan internal, Anda cukup menggunakan kertas fotokopi biasa saja. Sedangkan untuk presentasi kepada pihak mitra bisnis, sebaiknya Anda menggunakan kertas cetak yang akan menghasilkan kualitas gambar presentasi menjadi lebih menarik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    187.399 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    123.650 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    99.824 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    77.445 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    101.116 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    67.772 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Center Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Center Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Seiring bertambahnya jumlah orang yang menggunakan televisi layar lebar, speaker center semakin diminati. Jika Anda hubungkan speaker berkualitas tinggi ke LCD televisi, Anda akan mendapatkan efek suara yang luar biasa. Anda dapat menikmati audio dari konten musik atau film dengan kualitas yang lebih baik..Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih speaker center yang baik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan produk yang direkomendasikan dalam format ranking. Silahkan baca artikel ini hingga akhir!
    Elektronik rumah tangga
    2.140 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori