1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat halus dan sensitif. Karena itu, para orang tua wajib mempertimbangkan pemakaian handuk lembut yang didesain khusus untuk bayi, terutama newborn. Saat ini telah tersedia beraneka model dan bahan handuk bayi yang bagus. Harga handuk bayi di pasaran pun beragam.

Banyaknya pilihan tersebut mungkin akan membingungkan Anda. Tak perlu khawatir! Kali ini kami akan membahas cara memilih handuk untuk bayi. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi handuk bayi terbaik dari berbagai merek, seperti Sorex, Cotton Tree, sampai Little Palmerhaus. Yuk, simak selengkapnya!

Diperbaharui 01-04-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apakah bayi membutuhkan handuk sendiri?

Apakah bayi membutuhkan handuk sendiri?

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa bayi harus menggunakan handuk khusus? Bolehkah handuk orang dewasa dipakai untuk bayi?


Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir memiliki kulit yang masih sangat lembut dan sensitif. Sementara itu, handuk dewasa umumnya memiliki serat yang kasar. Karena itu, penggunaan handuk orang dewasa pada bayi berpotensi menimbulkan berbagai masalah, antara lain:


  • Membuat kulit bayi terluka
  • Menimbulkan ruam kemerahan
  • Menyebabkan eczema atau eksem pada bayi
  • Menimbulkan reaksi alergi akibat keberadaan bahan kimiawi seperti pemutih.

Jadi, sebaiknya Anda tidak menggunakan handuk orang dewasa untuk bayi.

Cara memilih handuk bayi

Pada bagian ini kami akan menjabarkan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika membeli handuk bayi. Mari kita mulai!

① Pertimbangkan bahan handuk untuk bayi

Poin pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih handuk bayi adalah bahannya. Di pasaran terdapat dua jenis bahan handuk yang bagus untuk bayi yakni katun dan microfiber. Berikut penjelasan lengkapnya.

Bahan katun: Terasa lebih lembut di kulit bayi yang sensitif

Bahan katun: Terasa lebih lembut di kulit bayi yang sensitif


Handuk bayi katun terbuat dari serat kapas asli sehingga mudah menyerap air sekaligus lembut di kulit. Karena itu, pemakaian handuk bayi katun sangat disarankan untuk bayi newborn dengan kondisi kulit yang masih sangat sensitif.

Di antara banyak jenis katun, katun organik paling cocok untuk bayi. Katun organik terbuat dari kapas organik yang ditanam tanpa atau hanya sedikit pemakaian zat kimia dan pestisida. Dengan begitu, kapas yang dihasilkan sangat alami sehingga tidak membahayakan manusia ataupun lingkungan.

Bahan microfiber: Lebih cepat kering serta antibakteri

Bahan microfiber: Lebih cepat kering serta antibakteri

Handuk bayi microfiber terbuat dari serat sintetis campuran antara polyester dan polyamide. Meski tidak berasal dari alam, handuk bayi microfiber menawarkan beberapa kelebihan seperti:

  • Bobotnya ringan
  • Cepat menyerap air sekaligus cepat kering
  • Memiliki sifat antibakteri.

Serat handuk microfiber untuk bayi umumnya juga lembut sehingga tidak merangsang iritasi pada kulit. Setidaknya Anda harus menyediakan satu handuk bayi microfiber, terlebih bila berencana mengajak si kecil bepergian. Jika Anda membutuhkan handuk microfiber, kami punya rekomendasinya di bawah ini.

② Perhatikan tekstur handuk bayi berdasarkan jenis tenunannya

Handuk bayi memiliki tekstur berbeda-beda tergantung pada tenunannya. Sekarang kami akan memperkenalkan empat jenis tenunan handuk baby.

Pile fabric, memiliki tekstur lembut dan enak disentuh

Pile fabric, memiliki tekstur lembut dan enak disentuh

Bila Anda mencari handuk bayi yang menyerap air, lembut, serta bisa dipakai setelah bayi bertumbuh, kami merekomendasikan pile fabric. Teknik tenun pile fabric menghasilkan adanya loop atau lingkaran-lingkaran kecil pada serat kain. Loop itulah yang membuat handuk bayi halus dan elastis. Hal itu juga yang membuat handuk bisa menyerap banyak air.


Anda bisa menggunakan handuk bayi dengan tenunan pile fabric untuk menyeka badan bayi setelah mandi. Saat bayi bertumbuh pun produk ini bisa digunakan untuk handuk orang tua, sarung bantal, atau handuk renang.

Sheared, lembut serta tidak mudah tersangkut saat membungkus bayi

Sheared, lembut serta tidak mudah tersangkut saat membungkus bayi

Jika Anda mencari bahan handuk yang terasa halus, pilihlah produk dengan tenun sheared. Ciri teknik tenun sheared adalah ketika loop pada pile fabric digunting pada bagian ujungnya. Meski daya serapnya tak sebaik pile fabric, Anda tak perlu mengkhawatirkan benang pada handuk akan tersangkut. Anda pun bisa mengeringkan bayi dengan lebih nyaman meski si kecil memakai anting.

Gauze, berdaya serap tinggi dan lebih higienis

Gauze, berdaya serap tinggi dan lebih higienis

Anda mencari handuk bayi yang cepat kering saat dicuci? Kami merekomendasikan handuk anak bayi dengan tenunan gauze. Karena ringan dan lembut, Anda juga bisa memakainya untuk serbet makan atau popok si kecil. 


Gauze memiliki tenunan yang kasar dan pori-pori yang besar sehingga sirkulasi udara lebih lancar. Hal itulah yang membuat handuk bayi cepat kering setelah dicuci. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri pun bisa dicegah.


Sebagian orang berpikir gauze cocok dikenakan saat cuaca panas. Nyatanya, handuk bayi gauze juga pas dipakai ketika cuaca dingin. Anda dapat menumpuknya beberapa lapis untuk menjaga bayi tetap hangat.

Waffle, tetap nyaman dipakai meski cuaca panas

Waffle, tetap nyaman dipakai meski cuaca panas

Waffle sangat direkomendasikan untuk bayi yang lahir saat cuaca panas. Kain ini memiliki desain tenunan yang berjarak sehingga terasa lembut dan nyaman meski kulit bayi sedang berkeringat. Karena memiliki pori-pori yang baik, kain ini pun akan cepat kering setelah dicuci. Kelebihan lain tenun waffle adalah benang kainnya tidak mudah tersangkut dan terurai. 

③ Pastikan bentuk dan ukuran handuk bayi sesuai pemakaian

Handuk untuk bayi umumnya memiliki dua bentuk yaitu persegi dan persegi panjang. Pilihlah bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Persegi dengan ukuran 80 cm x 80 cm, pas untuk membedung

Persegi dengan ukuran 80 cm x 80 cm, pas untuk membedung

Kami merekomendasikan handuk bayi bentuk persegi bila Anda ingin menggunakannya sekaligus untuk membedung. Bentangkanlah handuk menyerupai belah ketupat, lalu letakkan bayi di atasnya. Membedung si kecil jadi terasa lebih mudah.


Handuk bayi bentuk persegi di pasaran ada yang berukuran 60-90 cm. Ukuran handuk bayi yang terlalu kecil mungkin hanya bisa digunakan untuk bayi baru lahir. Karena itu, gunakanlah ukuran 80 cm x 80 cm sebagai panduan. 


Meski tak bisa dipakai untuk seprai, ukuran handuk anak 80 cm x 80 cm bisa dipakai untuk berbagai hal. Contohnya, sebagai alas kursi bayi di mobil, kereta bayi, atau saat dipangku. Dengan memiliki beberapa lembar, Anda bisa menggunakan handuk kecil bayi untuk beragam kegiatan.

Persegi panjang dengan ukuran 70 cm x 120 cm, cocok dijadikan selimut dan seprai

Persegi panjang dengan ukuran 70 cm x 120 cm, cocok dijadikan selimut dan seprai

Handuk bayi berbentuk persegi panjang akan lebih awet digunakan, bahkan saat bayi sudah beranjak besar. Ketika masih bayi, Anda bisa menggunakan handuk berukuran 70 cm x 120 cm untuk seprai dan selimut si kecil. Setelah bayi tumbuh besar, Anda bisa memanfaatkannya sebagai handuk mandi anak.


Rasanya tak masalah memiliki banyak handuk semacam ini karena bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Tentu saja produk ini juga sangat cocok untuk dijadikan hadiah persalinan teman!

④ Cek keberadaan fungsi ekstra

Cek keberadaan fungsi ekstra

Di pasaran tersedia aneka handuk bayi yang dilengkapi fungsi ekstra. Sesuaikanlah dengan tujuan pemakaian. Berikut beberapa contohnya.


  • Handuk bayi bertudung: Jika Anda mencari handuk anak untuk mengeringkan tubuh setelah selesai mandi, pilihlah handuk bayi bertudung. Tudung bisa membungkus kepala bayi, lalu segera membuatnya kering. Produk ini juga bisa dipakai saat berjalan-jalan agar kepala si kecil terlindungi dari panas terik.
  • Handuk bayi dengan perlindungan sinar UV: Bila Anda ingin mengajak bayi ke luar menggunakan stroller, fungsi handuk seperti ini akan berguna. Cukup bentangkan saja handuk bayi di atas stroller.
  • Handuk bayi berbahan tebal dan antiair: Karena teksturnya, Anda bisa menggunakan handuk tebal ini sebagai lapisan seprai. Saat cuaca dingin, handuk ini bisa digunakan untuk membuat bayi tetap hangat.

⑤ Persiapkan minimal 3–4 lembar handuk untuk sehari-hari

Persiapkan minimal 3–4 lembar handuk untuk sehari-hari

Sebaiknya Anda menyiapkan 4–5 lembar handuk bayi untuk penggunaan sehari-hari. Bayi yang baru lahir perlu dimandikan setiap hari, satu lembar handuk tak akan cukup karena harus segera dicuci


Anda juga perlu memakai handuk bayi untuk membedung atau menyelimuti saat tidur. Handuk pun terkadang kotor terkena tumpahan susu atau gumoh bayi. Dengan tersedianya handuk bayi bersih cadangan, Anda tak perlu khawatir bila handuk masih basah setelah dicuci. 


Bila Anda mau menyiapkan beberapa handuk dengan ukuran dan bahan yang sama, belilah produk set yang berisi beberapa handuk. Dengan begitu, bayi akan merasa nyaman karena memakai handuk dengan tekstur yang sama tiap hari. Anda pun akan lebih mudah mencuci, melipat, dan menyimpan handuk karena sudah terbiasa dengan teksturnya.

10 Rekomendasi handuk bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk handuk bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Leleoncare

Handuk Bayi

Leleoncare Handuk Bayi 1枚目

Lebih hemat tempat berkat ukuran handuk bayi yang minimalis

2

Terry Palmer

Little Palmerhaus Bamboo Towel

Terry Palmer Little Palmerhaus Bamboo Towel 1枚目

Bebas bau dan bakteri meski belum kering

3

Kuma Kuma

Pineapple Towel

Kuma Kuma Pineapple Towel 1枚目

Serat handuk tidak mudah rusak dalam jangka panjang

4

Cotton Tree

Handuk Bayi

Cotton Tree Handuk Bayi 1枚目

Tawarkan dua sisi untuk fungsi yang berbeda

5

Sorex

Handuk Mandi Bayi

Sorex  Handuk Mandi Bayi 1枚目

Harga handuk bayi paling ramah di kantong

6

MemoryLife

Croffle Towel

MemoryLife Croffle Towel 1枚目

Ukuran lebih besar, lebih banyak pilihan warna pula!

7

Ecobaby

Handuk Ponco Bayi

Ecobaby Handuk Ponco Bayi 1枚目

Handuk bayi bertudung dengan ukuran lebih besar

8

Einmilk

Newborn Bath Towel

Einmilk Newborn Bath Towel 1枚目

Handuk bayi terbaik untuk kulit sensitif bayi baru lahir

9

Mothercare

Character Cuddle N Dry Bunny

Mothercare Character Cuddle N Dry Bunny 1枚目

Makin unik dengan keberadaan aksen telinga kelinci

10

BC Babycare

Hoodie Towel

BC Babycare Hoodie Towel 1枚目

Handuk bayi multifungsi untuk semua kegiatan si kecil!

Perincian produk
Close
No.1

Lebih hemat tempat berkat ukuran handuk bayi yang minimalis

Kelebihan:

  • Ukurannya termasuk minimalis
  • Bahannya lembut dan halus
  • Jahitannya rapi

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa bahan handuk tergolong tipis

Apabila Anda berencana bepergian dengan si kecil, pastikan untuk tidak lupa membawa handuk bayi lembut ini. Ukuran handuk bayi ini termasuk paling minimalis dibandingkan produk lainnya. Dengan begitu, handuk kecil bayi ini tidak akan memakan terlalu banyak space di tas bawaan Anda. Traveling dengan si kecil pun tak akan terasa merepotkan!

No.2

Terry PalmerLittle Palmerhaus Bamboo Towel

Mulai dari Rp130.000,00

Bebas bau dan bakteri meski belum kering

Kelebihan:

  • Memanfaatkan bahan bamboo cotton yang antibau dan antibakteri
  • Lebih cepat kering
  • Daya serapnya tinggi

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa bahannya agak menerawang

Handuk bayi yang tidak cepat kering berpotensi menimbulkan bau tak sedap. Jika hal tersebut menjadi concern Anda, pertimbangkanlah untuk menggunakan Little Palmerhaus Bamboo Towel.


Handuk bayi keluaran Terry Palmer ini memadukan katun dan serat bambu sebagai bahan baku. Hasilnya, produk ini memiliki sifat antibakteri serta tidak mudah berbau dibandingkan handuk katun biasa. Menurut beberapa review, handuk bayi Palmerhaus ini bahkan cepat kering. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir saat mencuci handuk si kecil kala musim hujan.

No.3

Kuma KumaPineapple Towel

Mulai dari Rp95.000,00

Serat handuk tidak mudah rusak dalam jangka panjang

Kelebihan:

  • Cepat menyerap air sekaligus cepat kering
  • Lebih awet, serat handuk tidak mudah rusak
  • Ukurannya besar

Kekurangan:

  • Bobotnya tergolong berat

Anda merasa sayang kalau harus mengganti handuk bayi setelah si kecil mulai bertambah usia? Handuk bayi merek Kuma Kuma ini adalah solusinya. Serat halus pada bahan handuk mandi bayi ini diklaim tidak mudah muncul dalam jangka waktu panjang. Ditambah ukurannya yang tergolong jumbo, Anda masih bisa menggunakan Kuma Kuma Pineapple Towel saat si kecil memasuki usia toddler.

No.4

Cotton TreeHanduk Bayi

Mulai dari Rp87.500,00

Tawarkan dua sisi untuk fungsi yang berbeda

Kelebihan:
  • Memiliki dua sisi dengan fungsi yang berbeda
  • Dilengkapi angka meteran untuk mengukur tinggi badan bayi

Kekurangan:

  • Bahan handuknya terasa kurang tebal

Handuk bayi katun buatan Jepang ini menawarkan dua sisi berbeda yang mempunyai fungsinya masing-masing. Satu sisi bisa digunakan sebagai handuk, sedangkan sisi lain handuk Cotton Tree ini bermanfaat untuk membungkus bayi.


Salah satu sisi handuk ini juga dilengkapi dengan angka meteran yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi badan bayi. Para orang tua baru yang sering penasaran dengan pertumbuhan si kecil wajib memiliki Cotton Tree handuk.

No.5

Sorex Handuk Mandi BayiHM 884

Mulai dari Rp65.600,00

Harga handuk bayi paling ramah di kantong

Kelebihan:

  • Harga jualnya paling terjangkau
  • Bahannya lembut dan adem di kulit

Kekurangan:

  • Beberapa review menilai bahannya tergolong tipis

Meski memiliki dana terbatas, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebutuhan si kecil. Karena itu, kami merekomendasikan handuk bayi Sorex ini untuk Anda yang sedang menghemat pengeluaran.


Walau harga handuk bayi ini murah, kualitas bahan yang ditawarkan tidak main-main, lho. Anda bisa mendapatkan bahan handuk bayi yang lembut sekaligus adem saat bersentuhan dengan kulit bayi. Motif yang ditawarkan pun cukup beragam.

No.6

MemoryLifeCroffle Towel

Mulai dari Rp197.500,00

Ukuran lebih besar, lebih banyak pilihan warna pula!

Kelebihan:

  • Ukurannya besar
  • Teruji hypoallergenic dan antibakteri
  • Tersedia 12 pilihan warna

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk dibawa bepergian karena besar dan tebal

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tak ada salahnya mengganti handuk harian di rumah dengan produk ini. Handuk bayi ini telah melalui uji alergi sehingga lebih aman untuk kulit bayi ataupun pemilik kulit sensitif. Ditambah ukuran besar dan 12 pilihan warna menarik, seluruh anggota keluarga pun bisa menggunakan handuk bayi bagus ini.

No.7

EcobabyHanduk Ponco Bayi

Mulai dari Rp285.000,00

Handuk bayi bertudung dengan ukuran lebih besar

Kelebihan:

  • Dilengkapi hoodie
  • Ukurannya tergolong besar untuk handuk bertudung
  • Bahannya adem saat bersentuhan dengan kulit

Kekurangan:

  • Mungkin akan cepat terlihat kotor karena warna dasarnya putih

Handuk bayi bertudung biasanya mempunyai ukuran yang kurang besar dibandingkan handuk biasa. Nah, bila Anda sedang mencari handuk bayi bertudung dengan ukuran besar, produk ini cocok untuk dipilih.


Meski ukuran handuk anak ini besar, bahannya tidak terasa gerah saat menyentuh kulit. Hal tersebut karena penggunaan bahan katun yang ditenun dengan teknik gauze 6 lapis.

No.8

EinmilkNewborn Bath Towel

Mulai dari Rp199.000,00

Handuk bayi terbaik untuk kulit sensitif bayi baru lahir

Kelebihan:

  • Materialnya tidak menghasilkan bulu halus
  • Daya serapnya tinggi
  • Proses pencucian membuat handuk makin lembut

Kekurangan:

  • Kotoran akan mudah terlihat karena warna-warnanya cenderung terang

Bulu-bulu halus yang sering dihasilkan dari serat handuk terkadang bisa menimbulkan alergi, terutama bila terhirup oleh bayi. Jika Anda mengkhawatirkan hal tersebut, kami rekomendasikan handuk bayi newborn merek Einmilk.


Selain tidak meninggalkan bulu halus, handuk bayi baru lahir ini diklaim makin lembut seiring banyaknya proses pencucian yang dialami. Anda bisa membayangkan betapa nyamannya handuk bayi lembut dan halus ini saat bersentuhan dengan kulit sensitif si kecil, bukan?

No.9

MothercareCharacter Cuddle N Dry Bunny

Mulai dari Rp399.000,00

Makin unik dengan keberadaan aksen telinga kelinci

Kelebihan:

  • Bentuk hoodie-nya unik karena dilengkapi telinga kelinci

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu macam warna

Keunikan salah satu merek handuk bayi terbaik ini terletak pada aksen telinga kelinci di bagian hoodie-nya. Hal tersebut membuat tampilan handuk bayi karakter kelinci berwarna soft pink ini makin imut saat dipakai oleh si kecil. Apabila Anda mencari kado untuk kolega yang baru saja melahirkan bayi perempuan, handuk bayi lucu ini bisa menjadi alternatif.

No.10

BC BabycareHoodie Towel

Mulai dari Rp459.000,00

Handuk bayi multifungsi untuk semua kegiatan si kecil!

Kelebihan:

  • Multifungsi, dapat digunakan sebagai handuk mandi, selimut, cover stroller, dan play mat
  • Dilengkapi hoodie

Kekurangan:

  • Harganya tergolong premium

Anda menyukai produk yang multifungsi? Pemilihan handuk bayi premium ini merupakan langkah yang tepat. Selain sebagai penyeka tubuh bayi, produk ini dapat digunakan sebagai selimut, cover stroller, sampai play mat, lho.


Meski mempunyai banyak fungsi, merek handuk bayi yang bagus ini tetap memiliki permukaan superlembut serta mudah menyerap air. Itu semua berkat penggunaan 6 lapis katun Pakistan yang ditenun dengan teknik gauze. Pemanfaatan katun Pakistan juga membuat produk ini tidak mudah rusak atau berubah bentuk. Jadi, walaupun harga produk ini tergolong tinggi, masih sangat worth it, bukan?

Tips penggunaan handuk bayi agar kian maksimal

Tips penggunaan handuk bayi agar kian maksimal

Penggunaan handuk bayi ternyata tidak terbatas hanya untuk menyeka tubuh setelah mandi atau membedung saja. Kami akan membagikan beberapa cara penggunaan handuk untuk bayi di bawah ini.


  • Sebagai pembungkus bayi saat tidur

Umumnya bayi akan tidur lebih nyenyak saat tubuhnya terbungkus. Nah, Anda bisa membungkus tubuh si kecil menggunakan handuk bayi yang lembut. Pakailah tiga buah handuk untuk membuat kasur bayi yang nyaman.


Caranya, buat lingkaran menggunakan handuk kesatu. Selanjutnya, lapisi bagian tengah lingkaran tersebut menggunakan handuk kedua. Terakhir, buat handuk ketiga dalam bentuk melingkar sebagai alas kepala bayi. Dengan membuatnya demikian, Anda sudah mendapatkan kasur bayi tanpa perlu khawatir bayi akan berguling dan jatuh dari kasur.


  • Sebagai alas untuk berbagai kegiatan bayi

Anda cukup menaruh handuk bayi di sekitar kepala bayi untuk menggunakannya sebagai tatakan air liur. Anda juga bisa memakai handuk bayi sebagai alas saat mengganti popok. Di samping itu, handuk bayi bisa dimanfaatkan sebagai alas pada stroller untuk menyerap keringat bayi.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mandi lainnya untuk bayi di sini

Selain handuk bayi, masih ada beberapa perlengkapan mandi lainnya untuk bayi yang mungkin Anda butuhkan. Jika Anda memerlukan rekomendasi produk-produk lainnya, jangan ragu untuk membaca artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Sebagai orang tua, tentu Anda menginginkan yang terbaik untuk buah hati, termasuk dalam memilih handuk. Dengan menggunakan handuk bayi yang lembut dan halus, kulit si kecil akan makin nyaman dan terlindungi. Jika bayi senang, orang tua juga akan ikut senang.


Sekian artikel tentang handuk bayi dari kami. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencari handuk bayi yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer