• 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kulit bayi sangatlah halus dan sensitif. Oleh karena itu, handuk yang didesain khusus untuk bayi sangat penting. Handuk bayi bisa terbuat dari berbagai macam bahan dan model. Hal itu mungkin dapat membuat Anda bingung saat memilih produk terbaik untuk buah hati Anda.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih handuk terbaik untuk bayi. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek seperti dari Cotton Tree, Dr bebe, dan Little Palmerhaus. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih produk. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Apakah bayi membutuhkan handuk sendiri?

Apakah bayi membutuhkan handuk sendiri?

Menurut Anda, bolehkah handuk orang dewasa juga dipakai untuk bayi? Bayi memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif. Jika Anda menggunakan handuk orang dewasa sekaligus untuk bayi, bisa-bisa kulit bayi terluka dan menimbulkan ruam kemerahan. Jadi, sebaiknya Anda tidak menggunakan handuk orang dewasa untuk bayi.


Serat handuk yang kasar bisa melukai kulit bayi dan menyebabkan eczema atau eksem pada bayi. Terlebih jika handuk mengandung pemutih kimiawi yang bisa memicu kondisi kulit bayi semakin buruk. Pilihlah handuk khusus bayi karena dibuat dari bahan yang aman, berserat lembut, dan tanpa pemutih. Karena kulit bayi sensitif, Anda harus memilih produk dengan hati-hati.

Cara memilih handuk bayi

Pertama kami akan membagikan beberapa poin penting sebelum memilih handuk bayi. Simak baik-baik, ya!

Pilih bahan katun yang lembut di kulit, terutama katun organik

Pilih bahan katun yang lembut di kulit, terutama katun organik
Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif jadi sebisa mungkin pilihlah handuk berbahan katun yang lembut. Katun terbuat dari serat kapas asli sehingga mudah menyerap air dan lembut di kulit. Tidak hanya handuk, ada banyak produk berbahan dasar katun lainnya, seperti pakaian, selimut, pakaian dalam, dan sebagainya.

Di antara banyak jenis katun, katun organik paling cocok untuk bayi. Katun organik terbuat dari tanaman kapas organik. Kapas organik adalah tanaman agrikultur yang ditanam dalam kondisi pemakaian zat kimia dan pestisida yang sangat dibatasi. Dengan begitu, kapas yang dihasilkan sangat alami dan tidak membahayakan manusia ataupun lingkungan. 

Periksa tekstur handuk berdasarkan jenis tenunannya

Tiap handuk memiliki tekstur berbeda-beda tergantung tenunannya. Kami akan memperkenalkan empat jenis tenunan handuk, mari simak berikut ini.

Pile fabric, memiliki tekstur lembut dan enak disentuh

Pile fabric, memiliki tekstur lembut dan enak disentuh

Bila Anda mencari handuk yang lembut, menyerap air, dan bisa dikenakan bahkan setelah bayi bertumbuh, kami merekomendasikan pile fabric. Ini merupakan teknik tenun yang membuat adanya loop atau lingkaran-lingkaran kecil pada serat kain. Loop itulah yang membuat kain terasa halus dan elastis.


Pile fabric bertekstur lembut dan menyerap banyak air. Anda bisa menggunakannya untuk menyeka badan bayi setelah mandi. Setelah bayi bertumbuh pun handuk ini bisa digunakan untuk handuk orang tua, sarung bantal, atau handuk renang.

Sheared, tidak mudah tersangkut dan membungkus bayi dengan lembut

Sheared, tidak mudah tersangkut dan membungkus bayi dengan lembut

Jika Anda mencari bahan yang terasa halus, lebih baik memilih handuk sheared. Teknik tenun sheared adalah ketika loop pada pile fabric digunting pada bagian ujungnya. Meski daya serapnya tak sebaik pile fabric, Anda tak perlu khawatir benang pada handuk akan tersangkut lagi. Anda pun bisa mengeringkan bayi Anda dengan lebih nyaman meski si kecil memakai anting sekalipun.

Gauze, berdaya serap tinggi dan lebih terjaga kehigienisannya

Gauze, berdaya serap tinggi dan lebih terjaga kehigienisannya

Anda mencari produk yang cepat kering saat dicuci? Kami merekomendasikan handuk dengan tenunan gauze. Karena ringan dan lembut, Anda juga bisa memakainya untuk serbet makan atau popok si kecil. Gauze memiliki tenunan yang kasar, jadi sirkulasi udara pun lancar lewat pori-porinya yang besar. Hal ini juga membuat kain ini cepat kering setelah dicuci sehingga dapat mencegah bakteri bertumbuh.


Meski sebagian orang berpikir gauze cocok dikenakan saat cuaca panas, nyatanya kain ini juga cocok dipakai saat cuaca dingin. Anda dapat menumpuknya beberapa lapis dan menjaga bayi tetap hangat.

Waffle, tetap nyaman dipakai meski cuaca panas

Waffle, tetap nyaman dipakai meski cuaca panas

Waffle sangat direkomendasikan untuk bayi yang lahir saat cuaca panas. Kain ini memiliki desain tenunan yang berjarak sehingga terasa lembut dan nyaman meski kulit bayi sedang berkeringat. Kelebihan lainnya adalah kain ini tidak seperti pile fabric yang benangnya mudah tersangkut dan terurai. Karena memiliki pori-pori yang baik, kain ini pun cepat kering setelah dicuci.

Pilih ukuran dan bentuk sesuai pemakaiannya

Handuk untuk bayi umumnya memiliki dua bentuk, yaitu persegi dan persegi panjang. Pilihlah bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Persegi dengan ukuran 80 cm x 80 cm sangat pas untuk membedung

Kami merekomendasikan handuk berbentuk persegi bila Anda ingin menggunakannya sekaligus untuk membedung bayi. Bentangkanlah handuk menyerupai belah ketupat lalu letakkan bayi di atasnya, Anda pun bisa membedungnya dengan mudah.


Handuk di pasaran ada yang berukuran 60 cm hingga 90 cm. Bila Anda memilih ukuran yang terlalu kecil, mungkin Anda hanya bisa menggunakannya untuk bayi baru lahir. Untuk itu, pilihlah ukuran 80 cm x 80 cm sebagai panduan. 


Meskipun ukurannya kecil dan tak bisa dipakai untuk seprai, produk ini bisa dipakai untuk berbagai hal. Sebagai contoh, Anda bisa memakainya untuk alas kursi bayi di mobil, kereta bayi, atau saat memangku si kecil. Dengan memiliki beberapa lembar, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal.

Persegi panjang dengan ukuran 70 cm x 120 cm sangat cocok dijadikan selimut dan seprai

Persegi panjang dengan ukuran 70 cm x 120 cm sangat cocok dijadikan selimut dan seprai

Pilihlah produk berbentuk persegi panjang jika Anda ingin handuk awet digunakan meski bayi sudah lebih besar. Handuk berukuran 70 cm x 120 cm bisa digunakan untuk seprai maupun selimut si kecil. Setelah bayi tumbuh besar Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai handuk mandi anak.


Rasanya tak masalah memiliki produk ini banyak sekalipun mengingat bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Tentu saja produk ini juga sangat cocok untuk dijadikan hadiah persalinan teman!

Pilih sesuai penggunaan, dengan tudung atau perlindungan sinar UV

Pilih sesuai penggunaan, dengan tudung atau perlindungan sinar UV

Dalam memilih handuk sebaiknya sesuaikan juga dengan tujuan pemakaiannya. Sebagai contoh, jika Anda mencari handuk untuk mengeringkan tubuh saat selesai mandi, pilihlah handuk bertudung. Tudung bisa membungkus kepala bayi dan segera membuatnya kering. Produk ini juga bisa dipakai saat berjalan-jalan agar kepala si kecil terlindungi dari panas terik.


Anda juga bisa memilih produk yang memiliki perlindungan dari sinar UV saat ingin mengajak bayi ke luar menggunakan stroller. Ada pula produk berbahan tebal dan memiliki lapisan antiair, Anda bisa menggunakannya sebagai lapisan seprai. Selain itu, bisa juga digunakan saat cuaca dingin untuk membuat bayi tetap hangat. Multifungsi dan praktis!

Persiapkan minimal 3-4 lembar handuk untuk sehari-hari

Persiapkan minimal 3-4 lembar handuk untuk sehari-hari

Sebaiknya Anda menyiapkan empat sampai lima lembar handuk bayi untuk penggunaan sehari-hari. Akan lebih baik lagi jika Anda menyiapkan hingga lima lembar. Bayi yang baru lahir perlu dimandikan setiap hari, satu lembar handuk tak akan cukup karena harus segera dicuci. 


Anda juga perlu memakai handuk untuk membedung atau menyelimuti saat tidur. Terkadang handuk pun kotor terkena tumpahan susu atau gumoh bayi. Karena itu, lebih baik siapkan dua sampai tiga lembar handuk bersih sebagai cadangan. Jadi, Anda tak perlu khawatir bila handuk masih basah setelah dicuci. 


Bila Anda mau menyiapkan beberapa handuk dengan ukuran dan bahan yang sama, belilah produk set yang terdiri dari beberapa handuk. Bayi akan merasa nyaman karena memakai handuk dengan tekstur yang sama tiap hari. Anda pun akan lebih mudah mencuci, melipat, dan menyimpan handuk karena sudah terbiasa dengan teksturnya.

Pilih produk berkualitas bila ingin dijadikan hadiah

Pilih produk berkualitas bila ingin dijadikan hadiah

Saat memilih produk untuk hadiah, pilihlah handuk dengan kualitas tinggi. Handuk berkualitas tinggi bisa dilihat dari bahan yang digunakan dan kemampuannya dalam menyerap air. Salah satu bahan terbaik untuk membuat handuk adalah katun. Katun memiliki tekstur yang lembut sehingga nyaman digunakan. Anda pun tidak perlu khawatir handuk dapat mengiritasi kulit sensitif si kecil.


Indonesia juga memiliki produk dalam negeri yang kualitasnya mumpuni, yaitu produk keluaran Terry Palmer. Produk Terry Palmer dikenal terbuat dari kapas terbaik asal Mesir sehingga produknya berkualitas tinggi. Kualitas produk Terry Palmer pun sudah diakui dunia, Anda tak perlu ragu memilihnya. Bagi teman Anda baru melahirkan, mendapat hadiah seperti ini pasti akan membuatnya senang.

10 Rekomendasi handuk bayi terbaik

Setelah memaparkan mengenai cara memilih handuk bayi, kini saatnya Anda memilih handuk yang tepat untuk si kecil. Berikut kami akan memberikan rekomendasi handuk bayi terbaik yang telah kami pilih dengan saksama, mari lihat satu-persatu!

10
KatunX
TenunanSheared
BentukPersegi panjang
Ukuran50 cm x 100 cm
9
KatunTidak disebutkan
TenunanTidak disebutkan
BentukPersegi panjang
Ukuran60 cm x 120 cm
8

MybabyHanduk Bayi Bahan Katun Gauze

Mulai dari Rp 64.682,00

Katun✔︎
TenunanGauze
BentukPersegi
Ukuran120 cm x 120 cm
7

Little PalmerhausMason Baby Towel

Mulai dari Rp 65.000,00

Katun✔︎
TenunanPile fabric
BentukPersegi panjang
Ukuran60 cm x 120 cm
6
Katun✔︎
TenunanGauze
BentukPersegi
Ukuran110 cm x 110 cm
5
Katun✔︎
TenunanGauze
Bentuk Persegi panjang
Ukuran35 cm x 80 cm
4
Katun✔︎
TenunanWaffle, pile fabric
BentukPersegi panjang
Ukuran 140 cm x 70 cm
3

Baby KidHanduk Bayi dengan Hoodie

Mulai dari Rp 90.000,00

Katun✔︎
TenunanSheared
BentukPersegi panjang
Ukuran98 cm x 76 cm
2
Katun✔︎
TenunanPile fabric, waffle
BentukPersegi panjang
Ukuran60 cm x 120 cm
1
Katun✔︎
TenunanPile fabric
Bentuk Jubah
UkuranS : 47 cm x 68 cm x 25 cm . M : 53 cm x 74 cm x 28 cm . L : 63 cm x 80 cm x 31 cm

Tabel perbandingan produk handuk bayi terbaik

Gambar produk
1
Shark Bathrobe with Hood 1

2
Cotton Tree Handuk Bayi Motif Jerapah 1

Cotton Tree

3
Baby Kid Handuk Bayi dengan Hoodie 1

Baby Kid

4
IKEA SALVIKEN Handuk Mandi 1

IKEA

5
Dr.Bebe Baby Burb Towel Floral 1

Dr.Bebe

6
Handuk Bayi Katun Gauze 6 Lapis 1

7
Little Palmerhaus Mason Baby Towel 1

Little Palmerhaus

8
Mybaby Handuk Bayi Bahan Katun Gauze 1

Mybaby

9
Gull Handuk Bayi 1

10
Handuk Bayi Microfiber 1

Nama produk

Shark Bathrobe with Hood

Handuk Bayi Motif Jerapah

Handuk Bayi dengan Hoodie

SALVIKEN Handuk Mandi

Baby Burb Towel Floral

Handuk Bayi Katun Gauze 6 Lapis

Mason Baby Towel

Handuk Bayi Bahan Katun Gauze

Gull Handuk Bayi

Handuk Bayi Microfiber

Keunggulan

Hadirkan aksen gigi yang real dan cute untuk si kecil

Produk Jepang yang awet digunakan

Tudung untuk menjaga kepala tetap hangat

Besar dan memiliki dua sisi berbeda

Si handuk mungil yang multifungsi!

Tebal! Membuat bayi tetap hangat saat cuaca dingin

Super halus berkat penggunaan cotton combed

Berpori-pori besar, cepat kering dan bayi tak akan kepanasan

Lembut, menyerap air, plus tidak akan rontok

Motif lucunya membuat si kecil makin ceria

Harga mulai dariRp 140.000,00Rp 85.000,00Rp 90.000,00Rp 163.900,00Rp 59.000,00Rp 156.400,00Rp 65.000,00Rp 64.682,00Rp 65.000,00Rp 39.900,00
Katun✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎Tidak disebutkanX
TenunanPile fabric Pile fabric, waffleShearedWaffle, pile fabricGauzeGauzePile fabricGauzeTidak disebutkanSheared
Bentuk Jubah Persegi panjangPersegi panjangPersegi panjangPersegi panjang Persegi Persegi panjangPersegiPersegi panjangPersegi panjang
UkuranS : 47 cm x 68 cm x 25 cm . M : 53 cm x 74 cm x 28 cm . L : 63 cm x 80 cm x 31 cm60 cm x 120 cm98 cm x 76 cm140 cm x 70 cm35 cm x 80 cm110 cm x 110 cm60 cm x 120 cm120 cm x 120 cm60 cm x 120 cm50 cm x 100 cm
Tautan produk

Tips penggunaan handuk bayi agar kian maksimal

Tips penggunaan handuk bayi agar kian maksimal

Penggunaan handuk bayi tidak hanya untuk mandi dan membedung saja, tetapi Anda pun bisa menggunakannya saat si kecil tidur. Umumnya bayi akan tidur lebih nyenyak saat tubuhnya terbungkus. Nah, Anda bisa membungkus tubuh si kecil menggunakan handuk bayi yang lembut.


Untuk membuat kasur bayi yang nyaman, Anda bisa memakai tiga buah handuk. Pertama, buat lingkaran menggunakan handuk kesatu. Kemudian, lapisi bagian tengah lingkaran tersebut menggunakan handuk kedua. Terakhir, buat handuk ketiga dalam bentuk melingkar sebagai alas kepala bayi. Dengan membuatnya demikian, Anda sudah mendapatkan kasur bayi tanpa perlu khawatir bayi akan berguling dan jatuh dari kasur.


Adanya handuk juga bermanfaat sebagai tatakan liur dengan cara menaruhnya di sekitar kepala bayi Anda. Anda juga bisa memakainya sebagai alas saat mengganti popok bayi. Fungsi lainnya adalah sebagai alas pada stroller untuk menyerap keringat bayi Anda. Dengan banyaknya fungsi tersebut, tidak ada salahnya memiliki banyak handuk lembut untuk si kecil, bukan?

Baca juga rekomendasi saputangan dan baju handuk mandi bayi di sini!

Kami telah memberikan berbagai tips dan merekomendasikan handuk bayi untuk berbagai keperluan pada Anda. Mungkin Anda juga sedang mencari saputangan dan baju handuk mandi bayi. Jika ya, Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini. 

Kesimpulan

Sebagai orang tua tentunya Anda menginginkan yang terbaik untuk buah hati Anda, termasuk dalam memilih handuk untuknya. Pilihlah handuk bayi yang berkualitas baik dan nyaman digunakan oleh bayi Anda. Bayi senang, tentu orang tua pun akan senang juga.


Sekian artikel dari kami. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah membaca dan semoga Anda menemukan handuk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus. Tentunya dengan mempertimbangkan bahan botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek terbaik, seperti Sweety, Baby HUKI, Pigeon, dan lainnya. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Sekarang ini makin banyak jenis gendongan bayi yang dijual di pasaran. Ada beberapa merek gendongan yang mengeluarkan produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi gendongan bayi dari Ergobaby, BabySafe, I-ANGEL, dan lainnya. Tak lupa, kami juga akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi yang tepat. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak sampai selesai, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Jumper Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jumper Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak model baju bayi yang bisa Anda pilih, salah satunya jumper. Model terusan dengan bukaan kancing di bagian selangkangan ini menjadi favorit karena pemakaiannya yang mudah. Selain itu, jumper bayi juga dinilai nyaman terutama untuk bayi yang sudah banyak bergerak. Untuk Anda yang sedang mencari jumper bayi, baik jumper bayi laki-laki maupun perempuan, jangan lewatkan artikel ini. Kami akan membahas macam-macam jumper, seperti jumper lengan panjang, lengan pendek, serta model lainnya. Kami juga akan memberi rekomendasi produk jumper bayi terbaik seperti jumper merek Libby dan Little Palmerhaus. 
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori