10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkah Anda mengalami saat ingin mengendarai kendaraan bermotor, tetapi mesinnya tidak bisa menyala? Setelah diperiksa, ternyata kendaraan Anda memiliki masalah pada akinya yang tidak terisi dengan baik. Aki adalah sumber listrik bagi kendaraan bermotor.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengisi daya aki Anda dengan menggunakan jump starter. Alat ini akan sangat berguna untuk keadaan darurat, terutama bagi Anda yang sering melakukan perjalanan. Lantas, bagaimana cara memilih jump starter terbaik? Jangan bingung, kami akan memaparkannya di artikel ini.

Daftar isi

Siaga di mana saja dengan baterai jump starter portabel

Siaga di mana saja dengan baterai portabel

Saat Anda melakukan perjalanan, terutama perjalanan yang jauh dari daerah perkotaan, ada baiknya Anda menyiapkan jump starter untuk dibawa. Jika kendaraan Anda susah distarter karena akinya bermasalah, jump starter akan menjadi penyelamat. Anda tidak perlu bergantung dengan kendaraan lain atau bahkan mobil derek untuk melanjutkan perjalanan Anda.

Alat ini hadir dalam bentuk yang ringkas dan portabel sehingga praktis digunakan. Selain berfungsi sebagai pengisi aki kendaraan, alat ini juga biasanya dilengkapi beberapa fungsi lain. Beberapa di antaranya adalah pengisi daya baterai gadget dan sebagai senter atau lampu darurat. Dengan baterai jump starter portabel, Anda akan bersiaga dalam berbagai keadaan di manapun.

Cara memilih jump starter terbaik

Ada berbagai macam jump starter dilengkapi fungsi-fungsi lainnya di pasaran. Tidak perlu bingung untuk memilih, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih jump starter terbaik.

Sesuaikan dengan tipe mesin kendaraan Anda

Sesuaikan dengan tipe mesin kendaraan Anda

Kapasitas mesin kendaraan, yang diwakili dengan cc atau liter pada kendaraan, bervariasi sesuai dengan jenis kendaraan. Semakin besar kapasitas mesin, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Maka, jika Anda sedang mencari jump starter, pastikan alat tersebut dapat memenuhi kebutuhan daya kendaraan Anda. Dengan kata lain, pastikan jump starter dapat membantu memenuhi listrik aki kendaraan Anda.

Kapasitas listrik pada jump starter dinyatakan dalam satuan mAh, yang menunjukkan berapa banyak arus listrik (miliampere) yang dapat dikeluarkan jump starter dalam waktu satu jam. Semakin besar kapasitas listrik jump starter, maka semakin besar cc mesin kendaraan yang dapat diisinya. Jika kapasitas mesin kendaraan Anda besar, pastikan jump starter pilihan Anda berdaya besar pula.

Sesuaikan jenis baterai jump starter dengan penggunaannya

Daya listrik pada jump starter ditentukan oleh jenis bahan baterai yang digunakan. Ada empat jenis baterai yang bisa digunakan pada jump starter, masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pastikan Anda mengetahui hal ini agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Jump starter timbal yang murah dan serbaguna

Jump starter timbal yang murah dan serbaguna

Baterai berbahan timbal adalah jenis baterai yang paling banyak ditemukan di dunia. Baterai timbal berkapasitas besar dan dapat diisi ulang, juga dapat didaur ulang sehingga relatif ramah lingkungan. Kapasitas daya listrik yang besar memungkinkannya mengisi berbagai jenis aki kendaraan, mulai sepeda motor hingga truk. Namun, jump starter ini berukuran besar dan berat sehingga cukup sulit untuk membawanya ke mana-mana.

Jump starter litium ion yang ringkas dan berdaya tinggi

Jump starter litium ion yang ringkas dan berdaya tinggi

Jump starter berbahan litium ion atau Li-ion biasanya dibuat berbentuk ringkas, sebagian bahkan tidak lebih berat dari sebuah buku saku. Meskipun kecil, jump starter ini bisa digunakan untuk mengisi daya listrik aki kendaraan Anda dengan baik karena daya listriknya yang tinggi. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengisi ulang gadget, seperti smartphone dan laptop.

Perlu diingat, dengan jump starter litium ion, Anda harus menggunakannya sesuai petunjuk penggunaannya. Alat ini memiliki risiko kerusakan, bahkan sampai meledak apabila terjadi hubungan arus pendek, jika Anda melakukan pengisian ulang berlebih. Pastikan Anda menggunakannya sesuai petunjuk, alat ini akan aman digunakan dan sangat membantu di saat darurat Anda.

Jump starter litium mangan yang mudah dibawa dan aman

Jump starter litium mangan yang mudah dibawa dan aman

Jump starter dengan baterai litium mangan sebenarnya adalah salah satu tipe baterai Li-ion. Jump starter berbahan litium mangan biasanya memiliki bentuk yang lebih tipis dan ringan daripada jump starter Li-ion lainnya. Alat ini dapat dengan mudah Anda bawa di dalam saku baju.

Penggunaan alat ini sangat mudah dan praktis, sehingga para pengemudi yang tidak begitu bagus dalam hal mekanis juga dapat menggunakannya dengan mudah. Namun, harga jump starter dengan Li-ion mangan relatif mahal. Anda perlu mempertimbangkan budget Anda jika ingin membeli alat ini.

Jump starter litium polimer untuk mesin mobil merek Jepang

Jump starter litium polimer untuk mesin mobil merek Jepang

Jump starter dengan baterai litium polimer (LiPo) adalah sumber tenaga listrik yang bisa disimpan dalam kantung. Jump starter dengan baterai LiPo cukup stabil karena hanya sedikit kehilangan daya listriknya jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Alat ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan jump starter litium lainnya.

Meskipun jump starter LiPo memiliki kestabilan yang tinggi, alat ini lebih cocok digunakan untuk mesin mobil merek Jepang yang kebanyakan diproduksi di Indonesia. Mesin mobil buatan Eropa atau negara lainnya, cenderung memiliki kapasitas yang sangat besar sehingga alat ini kurang cocok untuk mengisi daya aki mobil-mobil tersebut.

Jump starter berukuran kecil lebih mudah digunakan

Jump starter berukuran kecil lebih mudah digunakan

Jump starter memiliki berbagai ukuran, tergantung dari tipe baterai yang digunakan dan kapasitas listrik yang dikandungnya. Apapun ukurannya, pastikan Anda bisa dengan mudah membawanya. Anda bisa menyimpannya dalam mobil jika ukuran jump starter besar. Anda bisa menyimpannya dalam saku tas maupun baju jika ukuran jump starter kecil.

Jika Anda bepergian dengan banyak orang dan barang, tentu membawa jump starter berukuran kecil akan lebih praktis. Jika jump starter besar memiliki kapasitas listrik yang sama dengan jump starter kecil, tentu akan lebih praktis membawa yang kecil, bukan? Jump starter berukuran kecil juga akan lebih mudah digunakan untuk hal lain selain mengisi aki kendaraan.

Fungsi lain dari jump starter yang berguna untuk Anda

Fungsi lain dari jump starter yang berguna untuk Anda

Jump starter tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi aki kendaraan yang habis, tetapi juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Peluang terjadinya kendaraan mogok karena aki tidaklah besar, bahkan hal ini jarang terjadi. Jump starter multifungsi lebih berguna untuk Anda.

Anda akan merasa lebih senang jika memiliki jump starter yang berguna dalam keadaan darurat lainnya seperti mengisi ulang daya baterai gadget Anda, berfungsi sebagai lampu darurat, hingga sebagai kompresor mini yang bisa mengisi ban dalam kendaraan Anda dengan angin.

Jump starter yang tahan air

Jump starter yang tahan air

Anda tidak akan pernah tahu kapan kendaraan bermotor Anda akan mogok karena masalah aki. Bisa terjadi saat panas, tetapi bisa juga terjadi saat hujan lebat. Memiliki jump starter yang tahan air merupakan salah satu nilai tambah bagi Anda.

Saat hujan lebat dan kendaraan Anda membutuhkan bantuan jump starter, dengan alat yang tahan air, Anda tidak akan khawatir akan terjadinya korsleting pada jump starter Anda. Dengan begitu, jump starter Anda akan aman dan listrik mobil Anda tetap bisa terisi.

10 Rekomendasi jump starter terbaik

Kami telah memberikan tips mengenai cara memilih jump starter terbaik yang sesuai dengan preferensi Anda. Setelah Anda mengetahui cara memilihnya, Anda bisa memilih jump starter dari rekomendasi kami di bawah ini.

10. Pegatron Powerbank 13600 mAh

10. Pegatron Powerbank 13600 mAh

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 460.143

Jump starter yang mudah diisi ulang lewat soket rokok di dalam mobil

Jump starter dari Pegatron ini merupakan powerbank multifungsi. Dengan kapasitas sebesar 13.600 mAh, alat ini bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone dan tablet Anda dengan USB 5V. Anda juga bisa mengisi ulang baterai laptop dan notebook Anda dengan slot USB 12V/16V/19V. Tentu saja alat ini bisa digunakan untuk mengisi ulang daya aki kendaraan bermotor Anda.

Kendaraan yang bisa diisi adalah kendaraan dengan mesin berkapasitas di bawah 3000 cc. Alat ini bisa diisi ulang dengan menggunakan kabel listrik dan juga bisa diisi ulang di dalam mobil melalui soket rokok pada mobil Anda. Set alat ini terdiri dari powerbank, kabel klem untuk mobil, kabel USB untuk laptop, kabel USB untuk smartphone, kabel listrik, dan juga kartu garansi.

9. Kenmaster Jump Starter KM-020

9. Kenmaster Jump Starter KM-020

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 750.000

5 in 1 jump starter multifungsi

Jump starter satu ini adalah produk buatan Indonesia. Berbahan baterai timbal, alat ini memiliki kapasitas tinggi dengan bentuk besar yang kokoh dan berat. Jika Anda hendak melakukan roadtrip dengan keluarga Anda, alat ini harus Anda bawa untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat. Harga jump starter alat ini terjangkau karena harga produksi baterai timbal tidak besar.

Alat ini memiliki fitur multifungsi yaitu sebagai jump starter kendaraan, powerbank untuk gadget Anda, 8 lampu LED untuk menerangi jalan atau area kerja saat gelap, dan mini kompresor yang dapat mengisi angin ban kendaraan Anda atau alat olahraga lainnya. Alat ini memiliki kemampuan voltase awal 12 Volt, Anda dapat mengisi aki kendaraan apapun dengan alat ini.

8. Bolt Power D11 600 Amp Peak

8. Bolt Power D11 600 Amp Peak

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 927.769

Jump starter untuk kondisi cuaca dengan suhu ekstrim

Bolt Power D11 600 Amp Peak memiliki kapasitas 16.500 mAh dan bisa digunakan untuk lebih dari 1000 kali pengisian ulang aki kendaraan saat baterainya penuh. Dengan kemampuan voltase awal 12 volt, alat ini bisa membantu menyalakan aki hampir seluruh jenis kendaraan bermotor kecuali truk besar. Alat ini dapat digunakan pada kondisi suhu ekstrim, yaitu -20oC hingga 60oC.

Selain mengisi daya aki kendaraan, alat ini juga bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai smartphone, laptop, dan gadget lainnya. Dengan dua slot USB, Anda bisa mengisi dua gadget secara bersamaan. Anda perlu segera mengisi ulang jump starter ini setelah digunakan untuk penggunaan yang lebih tahan lama.

7. Power Jump Starter 16000 mAh

7. Power Jump Starter 16000 mAh

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 780.000

Jump starter serbaguna untuk bertualang di alam bebas

Jump starter ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang, menyukai perjalanan jauh, dan petualangan di alam bebas. Alat ini memiliki kapasitas 16.000 mAh yang bisa digunakan untuk jumper mobil atau motor dan juga sebagai powerbank untuk gadget Anda. Alat ini juga dilengkapi dengan lampu LED terang, sebuah kompas, palu keamanan, dan sebuah pisau di dalamnya.

Tidak sulit untuk mengisi aki kendaraan Anda, alat ini memiliki kabel klem buaya dan Anda hanya perlu memasangnya saat diperlukan. Dengan alat ini, Anda bisa mengisi empat buah gadget sekaligus karena alat ini memiliki empat slot USB. Tenaga masing-masing slot ini 5V/2A sehingga Anda bisa mengisi gadget Anda dengan mudah.

6. Prolink Jump Starter PJS1000

6. Prolink Jump Starter PJS1000

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 824.914

Jump starter untuk kendaraan berkapasitas kurang dari 3000 cc

Prolink Jump Starter PJS1000 merupakan alat dengan tiga fungsi, yaitu sebagai jump starter kendaraan bermotor, powerbank untuk gadget, dan senter LED yang terang. Alat ini memiliki kapasitas ≥5400 mAh dengan bentuk ringkas dan ringan (220 gr). Selain itu, jump starter ini juga memiliki perlindungan terhadap korsleting, arus berlebih, voltase berlebih, dan percikan api.

Jump starter ini bisa digunakan untuk mengisi aki 12 volt kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 3000 cc. Dengan output 5V/2A, alat ini bisa mengisi ulang baterai gadget Anda dengan cepat. Alat ini memiliki lampu LED indikator yang menunjukkan sisa kapasitas dayanya. Set jump starter ini terdiri dari kabel mikro USB, manual, kantung penyimpanan, dan kabel klem.

5. Vivan Jump Starter JP10

5. Vivan Jump Starter JP10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 820.600

Powerbank yang bisa digunakan untuk jump start aki kendaraan

Jump starter ini memiliki kapasitas 10.000 mAh. Bentuknya seperti powerbank, sangat ringkas dan ringan. Alat ini bisa digunakan untuk mengisi daya kendaraan dengan voltase awal 12 volt, baik mobil, motor, yacht, maupun speedboat. Kapasitas mesin kendaraan yang bisa diisi dengan jump starter Vivan JP10 ini adalah mesin dengan kapasitas 3000 cc.

Alat ini bisa digunakan mengisi daya kendaraan hingga 10 kali saat baterai jump starter terisi penuh. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengisi ulang berbagai gadget Anda dengan slot USB 2,1 A. Dalam keadaan kosong, Anda akan membutuhkan waktu 6-7 jam untuk mengisi ulang jump starter ini. Alat ini dilengkapi dengan indikator LED yang menunjukkan berapa banyak isi daya baterainya.

4. Suaoki Jump Starter G7 Plus

4. Suaoki Jump Starter G7 Plus

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.570.000

Jump starter dan powerbank pintar yang bisa mendeteksi kebutuhan Anda

Suaoki G7 Plus adalah jump starter yang bisa digunakan untuk kendaraan bermesin bensin 6 L dan diesel 5 L. Memiliki kapasitas 18.000 mAh dengan baterai litium polimer, alat ini bisa mengisi aki kendaraan apa pun dengan voltase awal 12 volt. Teknologi TIR-C membuat alat ini dapat mengidentifikasi secara otomatis kebutuhan isi ulang gadget Anda antara 0,5-2,1 A pada soket 12V/16V/19V.

Alat ini memiliki lampu LED dengan empat mode: terang, lampu sorot, SOS, dan lampu peringatan berwarna merah. Alat ini juga disertai dengan kompresor mini berkekuatan 800 psi, yang dapat digunakan untuk mengisi angin ban dalam kendaraan Anda. Set jump starter ini dilengkapi dengan wadah berbahan vinyl yang kuat dengan kompartemen untuk masing-masing alat sehingga tidak mudah rusak.

3. Anker PowerCore Car 400A

3. Anker PowerCore Car 400A

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.599.000

 Jump starter multifungsi yang ringkas

Anker PowerCore Car 400A merupakan jump starter yang bisa digunakan untuk mengisi aki kendaraan Anda, bukan hanya mobil, tetapi juga motor dan kendaraan bermotor lainnya. Alat ini memiliki kapasitas listrik sebesar 10.000 mAh, dengan ukuran 18,5 x 8,3 x 4,3 cm dan bobot 387 gram. Sangat ringkas untuk disimpan dalam laci mobil Anda atau bahkan dalam tas. Alat ini juga dilengkapi dengan senter LED.

Alat ini bisa mengisi aki kendaraan dengan kapasitas mesin 2,5 L atau 3 L sampai 20 kali dalam satu kali isi ulang. Dilengkapi dengan dua slot USB, jump starter ini bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone, kamera digital, dan tablet Anda. Perlu diingat, Anda perlu mengisi ulang jump starter ini segera setelah digunakan. Karena bila kapasitas jump starter kurang dari 25%, alat ini tidak bisa digunakan untuk kendaraan Anda.

2. Shell Jump Starter SH990

2. Shell Jump Starter SH990

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.148.721

Jump starter dengan lampu SOS, tidak perlu khawatir saat darurat

Jump starter SH990 dari Shell ini memiliki jenis baterai litium polimer. Dengan kapasitas listrik sebesar 7000 mAh, alat ini bisa mengisi aki berbagai kendaraan seperti mobil bensin 8 silinder 6,8 L, mobil diesel 4 silinder 2,5 L, sepeda motor dan kapal motor dengan aki 12 volt. Selain itu, alat ini juga disertai slot USB sehingga dapat mengisi ulang gadget Anda.

Alat ini sangat aman digunakan. Anda tidak perlu khawatir akan risiko korsleting, pemasangan kabel plus-minus yang terbalik, pengisian ulang yang berlebih dan panas berlebih. Jump starter ini memiliki lampu senter LED yang terang dan lampu SOS yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Alat ini mudah untuk diisi ulang, disertai kabel USB untuk pengisian ulang, dan in-car charger untuk pengisian ulang di dalam mobil.

1. Orico Jump Starter CS3

1. Orico Jump Starter CS3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 1.600.000

Jump starter yang aman, kuat, dan tahan lama

Orico Jump Starter CS3 adalah jump starter dengan desain tangguh, berbahan plastik ABS yang kuat dan anti air. Baterai jump starter ini berbahan litium polimer (LiPo) berkapasitas 18.000 mAh yang stabil, bisa diisi ulang dalam waktu singkat (4 jam), dan bisa didaur ulang. Alat ini sangat praktis, bisa digunakan untuk kendaraan dengan voltase 12 volt seperti mobil diesel dan bensin, motor, dan yacht.

Alat ini memiliki sistem proteksi terhadap kesalahan pemasangan kabel klem, akan berbunyi ‘bip’ saat Anda tidak memasang klem dengan benar. Selain untuk kendaraan, alat ini juga bisa digunakan untuk berbagai gadget: smartphone, laptop, tablet, PSP, dan kamera digital. Saat terisi penuh, alat ini bisa mengisi iPhone hingga 8 kali. Lampu senter LED-nya memiliki fungsi SOS yang dinyalakan dalam satu sentuhan.

Kesimpulan

Sekarang, Anda tidak akan khawatir berada di jalanan dengan mobil mogok karena akinya habis, kan? Anda tentu sudah tahu apa yang Anda perlukan untuk terhindar dari situasi tersebut: sebuah jump starter. Dengan berbagai fungsinya, Anda akan merasa tenang saat bepergian. Penggunaannya pun tidak sulit. Pilihlah jump starter yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!