• 10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Jika Anda sering road trip, jump starter adalah benda wajib yang harus dibawa. Jump starter dapat Anda andalkan saat aki bermasalah atau mobil tidak mau menyala. Selain sebagai jumper aki, jump starter juga dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya pada ponsel Anda.


Ada banyak produk jump starter yang bagus untuk berbagai kendaraan, mulai dari mobil kecil hingga truk. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih jump starter serta merekomendasi produk, seperti Anker, Shell, dan Baseus jump starter. Jika Anda sedang mencari jump starter, silakan baca artikel ini.

  • Pembaharuan terakhir: 24 Februari 2021
Daftar isi

Siaga di mana saja dengan jump starter portabel

Siaga di mana saja dengan jump starter portabel
Saat Anda melakukan perjalanan, terutama perjalanan yang jauh dari daerah perkotaan, ada baiknya Anda menyiapkan jump starter. Jika kendaraan Anda susah di-starter karena akinya bermasalah, jump starter akan menjadi penyelamat. Anda pun tidak perlu bergantung pada kendaraan lain atau bahkan layanan jalan seperti mobil derek. 

Jump starter berguna sebagai aki portabel yang dapat menyalakan kembali tenaga mesin dengan sendirinya saat aki mobil habis. Ini adalah perangkat luar biasa yang membebaskan Anda dari layanan jalan yang cukup mahal.

 
Jika sebelumnya jump starter memiliki ukuran yang besar dan sulit dibawa, saat ini sudah banyak jump starter dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan demikian, ukurannya yang ringkas membuat jump starter menjadi item yang mudah disimpan di dalam mobil. Jika Anda sering bepergian ke tempat dengan lalu lintas sepi, sebaiknya Anda membawa jump starter.

Cara memilih jump starter terbaik

Di pasaran, ada berbagai macam jump starter dengan fungsi yang bervariasi. Anda tidak perlu bingung karena di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips memilih jump starter terbaik.

Pilih jump starter sesuai kapasitas mesin mobil Anda

Pilih jump starter sesuai kapasitas mesin mobil Anda
Kapasitas mesin pada kendaraan sangatlah bervariasi. Dengan demikian, kebutuhan daya tiap-tiap kendaraan juga berbeda-beda. Anda pun perlu memperhatikan kapasitas baterai jump starter dengan arus perpindahannya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan mesin mobil Anda. 

Kapasitas listrik ditunjukkan dengan mAH (milliampere hour). Makin besar nilainya, makin banyak juga listrik yang dapat disimpan. Jika kapasitas dayanya kecil, jump starter hanya bisa digunakan satu kali. Saat percobaan pertama gagal, maka jump starter tidak bisa lagi digunakan karena dayanya sudah habis. Agar aman, sebaiknya Anda memilih produk dengan kapasitas daya yang besar.


Anda juga perlu mengetahui kekuatan arus listrik yang dibutuhkan mesin mobil agar dapat menyala. Arus listrik ini dilambangkan dengan A (ampere) dan menunjukkan banyaknya perpindahan arus yang dibutuhkan. Makin besar perpindah arusnya, makin banyak daya yang dibutuhkan di awal. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk yang memiliki daya keluar yang cukup untuk menghidupkan mesin. 


Kami merekomendasikan jump starter dengan arus 300 A untuk mobil kecil dan 400 A–700 A untuk mobil biasa. Kemudian, untuk mobil besar sebaiknya memilih jump starter dengan arus 800 A atau lebih tinggi.


Selain arus listrik (A), perhatikan jumlah voltase yang disetel pada mesin mobil. Umumnya, besaran voltase yang dibutuhkan mobil biasa adalah 12 V. Untuk kendaraan besar, seperti truk dan bus biasanya memiliki voltase 24 V. Anda pun perlu berhati-hati, jika Anda menggunakan jump starter yang tidak cocok, mesin mobil dapat mengalami kerusakan. Jadi, harap periksa dengan teliti sebelum membeli.

Sesuaikan jenis baterai jump starter dengan kebutuhan penggunaan Anda

Daya listrik pada jump starter ditentukan oleh jenis bahan baterai yang digunakan. Ada empat jenis baterai yang bisa digunakan pada jump starter. Setiap jenis baterai memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan Anda mengetahui hal ini agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Baterai timbal, kapasitas besar dengan harga relatif murah

Baterai timbal, kapasitas besar dengan harga relatif murah

Jika Anda mencari jump starter dengan harga yang terjangkau dan berkapasitas besar, pilihlah yang menggunakan bateraiasam timbal. Jump starter dengan baterai timbal ini sangat serbaguna dan dapat digunakan pada berbagai jenis kendaraan. Mulai dari mobil biasa hingga truk dapat menggunakan jump starter ini. Keunggulan lain yang tak kalah penting, jenis baterai ini sangat aman, bahkan untuk pemula.


Namun, jump starter ini memiliki ukuran yang lebih besar dan bobot lebih berat dari baterai lainnya. Jadi, jika Anda berencana untuk menyimpannya di dalam mobil, pastikan mobil Anda memiliki ruang yang cukup.

Baterai litium ion, bentuk ringkas dengan kapasitas daya listrik tinggi

Baterai litium ion, bentuk ringkas dengan kapasitas daya listrik tinggi

Baterai lithium ion (Li-ion) biasanya memiliki bentuk yang compact dengan kapasitas daya yang besar. Jenis baterai ini berbentuk kecil dan ringan sehingga dapat disimpan di dalam dashboard mobil Anda. Kemudian, kapasitas daya listrik jenis baterai Li-ion ini juga sangat besar. Anda pun tidak perlu khawatir jika proses jump starting pertama tidak berhasil.


Di sisi lain, ada beberapa produk yang memiliki keluaran daya yang lemah. Jenis baterai dengan keluaran daya yang lemah tidak mungkin digunakan untuk mobil dengan daya besar atau mobil diesel. Jadi, Anda perlu berhati-hati untuk memilihnya.

Baterai litium mangan, bobot ringan dan aman digunakan

Baterai litium mangan, bobot ringan dan aman digunakan

Baterai litium mangan memiliki beberapa keunggulan, seperti bobot yang ringan dan juga aman digunakan. Jump starter dengan baterai jenis ini cocok untuk pemula dan wanita. Anda pun tak perlu lagi khawatir mengenai sistem kelistrikan pada mobil. 


Namun, jump starter dengan baterai litium mangan memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis lainnya. Jika Anda memprioritaskan produk dengan harga yang lebih terjangkau, disarankan memilih jump starter dengan jenis baterai lain.

Baterai litium polimer, compact dan ringan, dapat dimasukkan ke dalam saku celana

Baterai litium polimer, compact dan ringan, dapat dimasukkan ke dalam saku celana

Baterai litium polimer (LiPo) direkomendasikan jika Anda mengutamakan portabilitas dan kemudahannya saat disimpan. Baterai ini memiliki bentuk yang compact dengan bobot yang ringan sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku celana. Anda pun dapat dengan mudah membawa baterai jenis ini.


Namun, jenis baterai LiPo ini memiliki nilai output yang rendah. Nilai output tersebut tidak memungkinkan jump starter menghidupkan mobil yang memiliki kapasitas daya besar. Jenis baterai ini juga tidak kompatibel untuk semua jenis mobil. Jadi, Anda harus memastikannya terlebih dahulu.

Pilih jump starter yang memiliki fitur waterproof dan memiliki perlindungan ekstra

Pilih jump starter yang memiliki fitur waterproof dan memiliki perlindungan ekstra

Anda juga perlu mengecek tingkat ketahanan dari jump starter. Sebaiknya Anda memilih jump starter yang antiair dan mempunyi perlindungan ekstra. Perlindungan ekstra ini mencegah adanya arus balik dan pengisian berlebih. Dengan demikian, potensi terjadinya korsleting yang menyebabkan kerusakan unit utama dan baterai dapat dihindari.


Selain itu, penting juga untuk memilih jump starter dengan performa kedap air. Hal ini karena Anda tidak akan pernah tahu kapan mobil Anda akan mogok karena masalah aki. Memilih jump starter yang kedap air ini penting, mengingat adanya risiko korsleting saat mengerjakan sistem kelistrikan di tengah hujan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah produk yang dapat menjamin keamanan di kondisi apa pun.


Kemudian, akan lebih aman jika produk tersebut dilengkapi dengan garansi dan layanan purnajual. Perlengkapan kelistrikan merupakan alat-alat yang tergolong rapuh. Dengan adanya jaminan garansi ini, Anda akan lebih tenang jika sewaktu-waktu jump starter tidak berfungsi.

Periksa juga fitur tambahan lainnya

Periksa juga fitur tambahan lainnya
Jump starter tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi aki kendaraan yang habis. Biasanya, produk-produk jump starter juga mempunyai fungsi tambahan, seperti dapat melakukan charging pada ponsel atau kamera digital. Dengan adanya fungsi tambahan tersebut, jump starter dapat berfungsi sebagai baterai portabel selama bepergian. 

Jika jump starter dapat digunakan untuk melakukan charging, tentu jump starter ini akan digunakan secara berkelanjutan. Dengan demikian, jump starter jenis ini cocok untuk Anda yang mengkhawatirkan frekuensi penggunaan.


Selain itu, ada juga jump starter yang dilengkapi lampu LED dan berfungsi sebagai penerangan di malam hari. Sebenarnya, masih ada banyak fungsi tambahan lainnya yang tersedia pada produk jump starter. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya juga, ya.

10 Rekomendasi jump starter terbaik

Kami telah memberikan tips mengenai cara memilih jump starter yang bisa menjadi panduan Anda sebelum membeli. Untuk memperkaya referensi pilihan, kami memberikan rekomendasi produk jump starter terbaik yang bisa Anda temukan di pasaran. Pilihlah produk dengan fungsi dan fitur yang Anda butuhkan.
10

Taffware Power Bank 69800mAh Car Jump Starter 12V 4 USB Senter TM19B

Mulai dari Rp 533.000,00

Kapasitas69.800 mAH
Output5 V / 4 A
Jenis bateraiTidak disebutkan
Tahan airTidak disebutkan
PelindungTidak disebutkan
Fitur tambahanLampu LED, USB charging, kompas, hammer
UkuranTidak disebutkan
Garansi Tidak disebutkan
9
Kapasitas11.100 mAh
Output5 V / 2,4 A
Jenis bateraiLithium
Tahan airAda
PelindungAda
Fitur tambahanLampu LED, USB charging
Ukuran163 mm x 87 mm x 27 mm
Garansi Tidak disebutkan
8

ORICO CS2 12000 mAh Car Jump Starter

Mulai dari Rp 1.200.000,00

Kapasitas12.000 mAh
Output2*5 V / 2,4 A
Jenis bateraiLitium polimer
Tahan airAda
PelindungAda
Fitur tambahanSenter, USB charging
UkuranTidak disebutkan
Garansi Tidak disebutkan
7
Kapasitas7.500 mAh
Output5 V / 2 A
Jenis bateraiTidak disebutkan
Tahan airTidak disebutkan
PelindungAda
Fitur tambahanLampu LED, USB charging
Ukuran148 mm x 73 mm x 24 mm
Garansi Tidak disebutkan
6

Baseus Power Bank 12000MAH Car Jump Starter Aki Mobil Accu Power

Mulai dari Rp 1.730.000,00

Kapasitas12.000 mAH
Output5 V / 2,4 A
Jenis baterai Litium polimer
Tahan airTidak disebutkan
PelindungAda
Fitur tambahanSenter, USB charging
UkuranTidak disebutkan
Garansi 6 bulan
5

RAVPower 14000mAh Car Jumper Starter

RP-PB063

Mulai dari Rp 1.413.000,00

Kapasitas14.000 mAh
Output3 A / 2,4 A
Jenis bateraiLitium polimer
Tahan airTidak disebutkan
PelindungTidak disebutkan
Fitur tambahanUSB charging
Ukuran200 mm X 50 mm X 50 mm
Garansi 18 bulan
4
Kapasitas7.000 mAH
Output5 V / 2,1 A
Jenis bateraiLitium polimer
Tahan airTidak disebutkan
PelindungAda
Fitur tambahanLampu LED, USB charging
Ukuran 235 mm x 150 mm x 60 mm
Garansi Tidak disebutkan
3

Battery Tender1000A Jump Starter & Portable Power Bank

Mulai dari Rp 2.584.000,00

Kapasitas8.000 mAH
Output5 V / 2,4 A
Jenis bateraiLitium
Tahan airTidak disebutkan
PelindungAda
Fitur tambahanLampu LED, USB charging, wireless charging
Ukuran162,5 mm x 88,9 mm x 31,75 mm
Garansi 12 bulan
2

Baseus Reboost Power Bank Jump Starter 220V/100W

Mulai dari Rp 2.564.000,00

Kapasitas16.000 mAH
Output4,5 V / 5 A; 5 V / 4,5 A; 5 V / 3 A; 9 V / 3 A; 12 V / 2,5 A; 20 V / 1,5 A
Jenis bateraiLitium polimer
Tahan airTidak disebutkan
PelindungAda
Fitur tambahanSenter, USB charging
UkuranTidak disebutkan
Garansi 6 bulan
1

Anker PowerCore Roav Jump Starter

R3110311

Mulai dari Rp 2.200.000,00

Kapasitas 9.000 mAh
Output5 V / 3 A (maks)
Jenis bateraiTidak disebutkan
Tahan airAda
PelindungAda
Fitur tambahanLampu LED, USB charging
Ukuran155 mmx 85 mmx 30 mm
Garansi 18 bulan

Tabel perbandingan produk jump starter terbaik

Gambar produk
1
Anker  PowerCore Roav Jump Starter  1

Anker

2
Baseus  Reboost Power Bank Jump Starter 220V/100W  1

Baseus

3
Battery Tender 1000A Jump Starter & Portable Power Bank 1

Battery Tender

4
Shell  Jump Starter Power Bank  1

Shell

5
RAVPower   14000mAh Car Jumper Starter 1

RAVPower

6
Baseus   Power Bank 12000MAH Car Jump Starter Aki Mobil Accu Power 1

Baseus

7
PROLiNK PJS1001 Jump Starter 7,500 mAh 1

PROLiNK

8
ORICO  CS2 12000 mAh Car Jump Starter 1

ORICO

9
70mai  Jump Starter 1

70mai

10
Taffware  Power Bank 69800mAh Car Jump Starter 12V 4 USB Senter TM19B 1

Taffware

Nama produk

PowerCore Roav Jump Starter

Reboost Power Bank Jump Starter 220V/100W

1000A Jump Starter & Portable Power Bank

Jump Starter Power Bank

14000mAh Car Jumper Starter

Power Bank 12000MAH Car Jump Starter Aki Mobil Accu Power

PJS1001 Jump Starter 7,500 mAh

CS2 12000 mAh Car Jump Starter

Jump Starter

Power Bank 69800mAh Car Jump Starter 12V 4 USB Senter TM19B

Keunggulan

Daya tahan tangguh, siap digunakan kapan saja!

Port output lengkap untuk charging berbagai jenis perangkat

Super praktis dengan fitur wireless charging

Ekstra aman dengan memberikan 10 jenis perlindungan

Baterai ponsel lebih awet berkat fitur iSmart Charging!

Produk berumur lebih lama dengan konsumsi daya yang rendah

Kecil-kecil cabe rawit, bisa jadi window breaker!

Desain elegan dengan tampilan yang gagah

Adaptabel dan mudah digunakan

Multifungsi dan harganya terjangkau

Harga mulai dariRp 2.200.000,00Rp 2.564.000,00Rp 2.584.000,00Rp 2.130.000,00Rp 1.413.000,00Rp 1.730.000,00Rp 1.299.000,00Rp 1.200.000,00Rp 899.000,00Rp 533.000,00
Kapasitas 9.000 mAh16.000 mAH8.000 mAH7.000 mAH14.000 mAh12.000 mAH7.500 mAh12.000 mAh11.100 mAh 69.800 mAH
Output5 V / 3 A (maks)4,5 V / 5 A; 5 V / 4,5 A; 5 V / 3 A; 9 V / 3 A; 12 V / 2,5 A; 20 V / 1,5 A5 V / 2,4 A5 V / 2,1 A3 A / 2,4 A5 V / 2,4 A5 V / 2 A2*5 V / 2,4 A5 V / 2,4 A5 V / 4 A
Jenis bateraiTidak disebutkanLitium polimerLitium Litium polimerLitium polimer Litium polimerTidak disebutkanLitium polimerLithium Tidak disebutkan
Tahan airAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaTidak disebutkan
PelindungAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanAdaAdaAdaAdaTidak disebutkan
Fitur tambahanLampu LED, USB chargingSenter, USB chargingLampu LED, USB charging, wireless chargingLampu LED, USB chargingUSB chargingSenter, USB charging Lampu LED, USB chargingSenter, USB chargingLampu LED, USB charging Lampu LED, USB charging, kompas, hammer
Ukuran155 mmx 85 mmx 30 mmTidak disebutkan162,5 mm x 88,9 mm x 31,75 mm 235 mm x 150 mm x 60 mm200 mm X 50 mm X 50 mmTidak disebutkan148 mm x 73 mm x 24 mmTidak disebutkan163 mm x 87 mm x 27 mmTidak disebutkan
Garansi 18 bulan6 bulan12 bulanTidak disebutkan18 bulan6 bulanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan mobil lainnya di sini

Tidak hanya jump starter, kami juga telah mengulas perlengkapan mobil lainnya, seperti charger, kamera mundur, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari produk-produk tersebut, silakan baca artikelnya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir mobil tiba-tiba mogok di jalan akibat daya aki yang habis. Dengan membawa jump starter, Anda dapat terhindarkan dari hal-hal yang mengganggu perjalanan Anda.

Kami telah mengulas poin-poin untuk memilih jump starter terbaik beserta rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan. Apakah Anda menemukan jump starter yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Pilihlah produk dengan spesifikasi dan fitur yang menunjang aktivitas Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Apalagi, sinar matahari pagi dan sore hari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Artikel ini juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik yang kami rekomendasikan bagi Anda. Sebut saja merk ternama seperti 3M, V-Kool, Solar Gard, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Dengan adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana, pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, Kenwood dan lainnya. Mari temukan speaker mobil yang pas untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Wiper Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wiper Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merk. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, HELLA, dan yang lainnya. Simak informasinya sampai akhir dan selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karpet mobil sangat penting untuk melindungi lantai mobil dari kotoran, seperti debu, pasir, atau tumpahan makanan dan minuman. Selain produk asli buatan pabrikan mobil, ada banyak produsen yang juga menjual karpet dengan berbagai jenis dan ukuran. Supaya Anda tidak bingung, melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih karpet mobil terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek seperti Frontier atau Trapo di sini. Temukan karpet yang tepat supaya mobil Anda tetap terjaga kebersihannya!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Kamera Mundur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mundur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah terkadang Anda kesulitan parkir mundur saat mengendarai mobil? Kamera mundur (rear camera) adalah solusi terbaik untuk membantu permasalahan Anda. Ada banyak merk kamera mundur mobil, seperti KENWOOD, ORCA, dan Pioneer. Produk kamera mundur ini biasanya kompatibel dengan berbagai mobil, seperti Avanza, Innova Reborn, dan lainnya. Beberapa kamera mundur juga biasanya dilengkapi gambar berkualitas HD, wide-angle, maupun night mode. Untuk mengetahui jenis kamera mundur sesuai penggunaannya, kami akan memberikan tips memilih sekaligus mengulas merk kamera mundur yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menemukan kamera mundur yang tepat. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Spion Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Spion Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Spion kamera dikenal juga sebagai spion digital video recorder (DVR). Spion ini dapat dihubungkan ke berbagai perangkat seperti DVD dan kamera belakang. Karena mudah dipasang dan dioperasikan saat mengemudi, spion kamera menjadi populer. Berbagai merk spion kamera dari Lenovo, Pioneer, dan Hiro Automotive pasti membuat Anda bingung memilih.Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih spion kamera yang bagus dan tepat. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi spion kamera yang dapat Anda jadikan referensi. Ayo, temukan spion kamera yang sesuai untuk Anda dan segera memasangnya!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori