10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lilin Aroma Terapi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda merupakan salah satu penyuka lilin aromaterapi? Lilin aromaterapi memang sangat cocok digunakan saat kita lelah dan butuh relaksasi. Biasanya, lilin ini diletakkan di dalam kamar, ruang santai, bakan kamar mandi. Lilin aromaterapi juga dapat menjadi pilihan Anda sebagai hadiah untuk orang terdekat, lho!

Bila Anda masih bingung dalam memilih merek lilin aromaterapi, di artikel ini kami akan memberikan 10 rekomendasi terbaik produk lilin aromaterapi. Namun, sebelumnya Anda perlu tahu apa sebenarnya lilin aromaterapi dan bagaimana cara memilihnya.

Daftar isi

Apa itu lilin aromaterapi?

Lilin aromaterapi adalah lilin yang memiliki aroma harum yang juga dapat digunakan untuk menenangkan hati dan pikiran.

Aroma lembut yang merelaksasi

Aroma lembut yang merelaksasi

Lilin aromaterapi memiliki aroma yang lembut dan dipercaya dapat memberikan sensasi rileks. Lilin aromaterapi ini sangat cocok digunakan pada saat Anda merasa stres atau lelah karena aromanya yang menenangkan. Anda dapat menaruhnya di sudut ruangan Anda dan menikmti aromanya sambil mendengarkan musik maupun duduk santai. Banyak juga orang yang meletakkan lilin aromaterapi di kamar mandi agar dapat menikmati aromanya yang menenangkan sambil berendam.

Cara memilih lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi memiliki wangi yang berbeda-beda. Memilih wewangian dari lilin aromaterapi juga termasuk hal yang mendasar, tetapi memilih merek pun juga tidak kalah penting. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas dan harga produk.

Pilih produk buatan luar negeri untuk aroma yang lebih kuat

Pilih produk buatan luar negeri untuk aroma yang lebih kuat

Sekarang ini, banyak produk lilin aromaterapi buatan dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dari produk impor. Akan tetapi, jika Anda termasuk orang yang menyukai lilin aromaterapi dengan aroma yang kuat, disarankan bagi Anda untuk memilih produk-produk lilin aromaterapi produksi luar negeri.

Biasanya, lilin aromaterapi buatan luar negeri memiliki aroma yang lebih kuat dibanding lilin buatan Indonesia. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua negara memproduksi lilin aromaterapi yang beraroma kuat. Sebaiknya Anda juga mempertimbangkan reputasi merek dan review dari penggunanya.

Pertimbangkan menurut lama pembakarannya, bukan ukurannya

Yang perlu diperhatikan saat memilih lilin aromaterapi adalah lama pembakarannya, bukan ukurannya. Ukuran yang besar tidak menjamin lilin akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan lilin yang berukuran lebih kecil.

Lama pembakaran lilin bergantung pada bahan pembuatnya

Lama pembakaran lilin bergantung pada bahan pembuatnya

Lilin aromaterapi memiliki lama pembakaran yang berbeda-beda tergantung dengan formula atau bahan yang digunakan untuk membuat lilin tersebut. Dikarenakan ukurannya kecil, bukan berarti lilin tersebut memiliki lama pembakaran yang singkat. Jika Anda hendak membeli lilin aromaterapi, lebih efektif bila Anda memperhatikan lama pembakarannya, bukan ukurannya.

Dengan memilih lilin aromaterapi berdasarkan lama pembakarannya, Anda juga telah mempertimbangkan kinerja dan harga lilin tersebut.

Lama pembakaran bisa dipengaruhi oleh kondisi pemakaian

Waktu pembakaran tergantung pada cara pemakaian

Kondisi pemakaian lilin juga mempengaruhi lama pembakarannya. Terutama, jika sumbunya terlalu panjang atau apinya terlalu besar, lama pembakaran akan menjadi lebih pendek dari aslinya. Jadi, perhatikan juga hal tersebut.

Pilih lilin dengan bentuk yang indah

Pilih lilin dengan bentuk yang indah

Kegunaan asli dari lilin aromaterapi adalah untuk menciptakan atmosfer menenangkan melalui aroma dan cahaya yang dihasilkannya. Akan tetapi, banyak juga kegunaan lainnya, seperti menjadi dekorasi atau pajangan pelengkap interior ruangan Anda. Tidak ada salahnya untuk memilih lilin aromaterapi dengan desain yang indah yang dapat menambahkan nilai interior ruangan Anda, bukan?

Pilih dengan wadah atau tanpa wadah

Beberapa lilin aromaterapi disertai wadah seperti gelas, jar, atau mangkuk. Ada pula yang tidak disertai wadah atau hanya lilin saja. Kedua tipe tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Untuk selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Lilin aromaterapi tanpa wadah

Lilin aroma terapi tanpa wadah

Lilin tanpa wadah biasanya lebih murah karena Anda tidak perlu membayar wadahnya. Tentunya hal ini juga menguntungkan untuk Anda, bukan?

Kelemahannya adalah Anda harus menyiapkan tempat lilin tersendiri yang sesuai dengan ukuran lilin tersebut.

Lilin aromaterapi dengan wadah

Lilin aroma terapi dengan wadah

Jika Anda memilih lilin aromaterapi dengan wadah, Anda tidak perlu membuang waktu untuk menyiapkan tempat lilin sendiri. Selain itu, terdapat berbagai jenis wadah yang menyertai lilin aromaterapi, seperti wadah dari kaca, aluminium, dan sebagainya. Wadah tersebut pun dapat menjadi hiasan atau dekorasi ruangan jika lilin sudah habis.

Kelemahannya adalah harga lilin aromaterapi dengan wadah lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak disertai wadah.

Lilin aromaterapi yang wadahnya dapat digunakan kembali

Lilin aroma terapi yang wadahnya dapat digunakan kembali

Wadah lilin umumnya terbuat dari bahan yang tahan panas seperti kaca atau logam. Jika lilin di dalamnya sudah habis digunakan, akan sayang kalau wadahnya dibuang.

Anda dapat menggunakan kembali wadah tersebut setelah membersihkan sisa-sisa lilin di dalamnya. Contohnya, dimanfaatkan sebagai tempat aksesoris ataupun barang lainnya. Bahkan, Anda dapat menaruh lilin tanpa wadah di wadah bekas lilin tersebut. Namun, perhatikan dahulu apakah wadah tersebut masih kuat untuk digunakan atau tidak.

10 Rekomendasi lilin aromaterapi terbaik

Setelah mengerti cara memilih lilin aromaterapi, sekarng saatnya Anda memilih produk yang sesuai dengan Anda. Di bawah ini kami akan merekomendasikan 10 lilin aroma terbaik untuk Anda. Pilih sesuai dengan budget Anda ya!

10. Ikea Fullgod Pink Flower Scented Candle

10. Ikea Fullgod Pink Flower Scented Candle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Lilin berukiran bunga yang cantik

Bila Anda menyukai wewangian yang manis dari bunga-bungaan, lilin aromaterapi dari Ikea ini cocok menjadi pilihan Anda. Lilin ini menggabungkan beberapa aroma, seperti bunga lili, bunga mawar, dedaunan hijau, dan musk. Bahan lilin aromaterapi ini berasal dari tumbuh-tumbuhan dan memiliki lama pembakaran hingga 55 jam.

Tidak hanya memiliki wangi yang manis, lilin aromaterapi ini pun cocok dijadikan dekorasi ruangan karena terdapat ukiran bunga-bunga kecil yang indah di sekelilingnya. Jadi, meskipun tidak disertai wadah, lilin ini pun akan tetap terlihat indah di ruangan Anda.

9. The Body Shop Japanese Camellia Candle

9. The Body Shop Japanese Camellia Candle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Aroma bunga kamelia yang menenangkan

Bila Anda adalah penyuka wewangian yang musky dan lembut, produk ini wajib Anda coba. Produk dari The Body Shop dengan varian aroma Japanese Camellia ini memiliki aroma bunga murni yang lembut dan menenangkan sehingga cocok digunakan pada waktu relaksasi Anda.

The Body Shop Japanese Camellia ini juga sudah disertai dengan wadah gelas sederhana yang terbuat dari kualitas terbaik sehingga tidak mudah terbakar serta tahan lama. Produk ini pun memiliki lama pembakaran yang cukup panjang. Sayangnya, lilin ini hanya membakar bagian tengah lilinnya saja sehingga bagian sekitarnya meleleh lebih lambat.

8. Dorothy Scents Scented Soy Candles Forest Pine

8. Dorothy Scents Scented Soy Candles Forest Pine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Aroma pohon pinus yang bikin rileks

Produk lilin aromaterapi dari Malaysia ini merupakan produk handmade yang terbuat dari 100% kedelai. Berkat komposisi bahan alaminya, produk lilin ini tidak berbahaya untuk pernapasan Anda. Selain itu, aromanya pun bersumber dari 100% essential oil murni.

Bentuk wadahnya unik dan terbuat dari kaca dilengkapi tutup sehingga dapat disimpan tanpa merusak aromanya. Cocok juga untuk digunakan sebagai penghias ruangan Anda. Bila Anda menginginkan aroma dengan suasana alam untuk relaksasi, Anda dapat memilih produk ini.

7. Republic of Soap Natural Candle Essential Oil Bamboo & Teak

7. Republic of Soap Natural Candle Essential Oil Bamboo & Teak

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Natural dan aman digunakan sehari-hari

Lilin aromaterapi asal Bali ini terbuat dari bahan-bahan yang natural dan tanpa parafin sehingga aman untuk segala usia. Lilinnya terbuat dari 100% bahan sayur-sayuran dan sumbunya terbuat dari bahan katun. Lilin ini memiliki aroma bambu dan kayu jati yang akan menimbulkan kesan romantis di ruangan Anda.

Wadah lilin aromaterapi ini terbuat dari bahan kaca yang berkualitas sehingga dapat digunakan kembali. Produk ini juga dilengkapi dengan tutup yang terbuat dari kertas karton yang ramah lingkungan. Bila Anda ingin menikmati lilin aromaterapi bersama keluarga dan aman untuk si kecil, produk ini bisa menjadi pilihan.

6. Bath & Body Works Crème Caramel Scented Candle

6. Bath & Body Works Crème Caramel Scented Candle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 285.000

Aroma caramel manis yang memberikan semangat

Lilin aromaterapi berbahan kedelai ini dilengkapi dengan tiga sumbu yang tidak akan habis terbakar sebelum lilin terbakar habis. Lilin ini memiliki lama pembakaran sekitar 25 hingga 45 jam, tergantung cara penggunaan. Produk ini menyebarkan aroma secara konsisten dan merata ke seluruh ruangan, bahkan untuk ruangan berukuran cukup besar sekalipun.

Lilin aromaterapi dari Bath & Body Works Creme Caramel ini memiliki aroma yang berasal dari perpaduan karamel, vanila, dan gula bubuk. Hasilnya, lilin ini menghasilkan aroma manis yang tidak berlebihan dan membuat Anda lebih semangat. Lilin aromaterapi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai wewangian manis dengan kesan hangat.

5. Diptyque Oliban

5. Diptyque Oliban

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.100.000

Kesan misterius dengan wangi kemenyan

Lilin aromaterapi  high end dari Paris ini memiliki wangi yang misterius tapi mewah. Varian Dityque Oliban ini memiliki wangi kemenyan oriental dengan aksen manis. Di Indonesia, aroma kemenyan sering dikaitkan dengan hal-hal supranatural, tetapi aroma dari Diptyque Oliban ini dapat membantu Anda rileks.

Diptyque Oliban ini dilengkapi dengan wadah mirip gelas yang elegan dan serbaguna. Anda dapat memakainya menjadi tempat aksesoris atau kuas makeup setelah lilinnya telah habis digunakan. Bagi Anda yang menyukai keharuman misterius beraksen manis yang segar, hangat, dan menenangkan, Diptyque Oliban sangat cocok untuk menjadi pilihan.

4. Ikea Lugga Scented Block Candle

4. Ikea Lugga Scented Block Candle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 158.000

Lilin aromaterapi block dengan ukiran yang elegan

Lilin aromaterapi berbentuk block dari Ikea ini dibuat dari sayur-sayuran dan memiliki lama pembakaran sekitar 30 jam. Lilin ini hadir dalam tiga lilin block aromaterapi dalam satu kemasannya dengan warna yang senada. Lilin ini juga dihiasi dengan ukiran abstrak yang elegan sehingga cocok untuk menjadi dekorasi di rumah Anda.

Lilin ini pun memiliki aroma yang lembut dan romantis. Aromanya pun akan tetap sama dan tidak berkurang hingga lilinnya habis. Jika Anda menginginkan lilin sederhana dengan warna yang elegan dan aroma yang berkesan romantis, Anda dapat memiliki lilin aromaterapi dari Ikea ini.

3. Candle-Lite Everyday Fresh Lavender Breeze

3. Candle-Lite Everyday Fresh Lavender Breeze

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 98.200

Lilin tiga sumbu dengan aroma lavender

Lilin aromaterapi bermerek Candle-Lite ini memiliki tiga sumbu lilin yang tidak menimbulkan asap ketika dibakar. Meskipun memiliki tiga sumbu, lilin ini memiliki lama pembakaran yang cukup lama karena terbuat dari parafin berkualitas tinggi. Wanginya lavendernya berasal dari essential oil murni yang mampu menenangkan Anda.

Lilin ini dilengkapi dengan wadah kaca yang kuat sehingga tidak mudah terbakar. Namun, Anda harus mematikan lilin setelah 4 pemakaian jam untuk menghindari wadah menjadi terlalu panas. Jika Anda menyukai lilin beraroma lavender yang tidak menimbulkan asap, Anda dapat memilih produk ini.

2. Colonial Candle Oval Jar Candle Tibetan Sandalwood

2. Colonial Candle Oval Jar Candle Tibetan Sandalwood

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Aroma cendana yang eksklusif

Colonial Candle Tibetan Sandalwood ini memiliki dua sumbu yang terbuat dari kapas dan bebas timbal. Jadi, aman bagi pernapasan Anda. Lama pembakarannya pun cukup panjang, yaitu sampai 50 jam untuk kemasan berukuran 230ml. Wanginya cendana atau sandalwood-nya sangat eksklusif dan kuat, tetapi tetap dapat menenangkan.

Lilinnya terbuat dari bahan-bahan terbaik dan dengan presentase kandungan parfum yang tinggi. Jadi, untuk Anda yang menyukai wewangian kayu, Anda dapat memilih produk Colonial Candle ini. Lilin aromaterapi ini juga dilengkapi dengan wadah kaca yang simple dan dapat digunakan kembali.

1. Yankee Candles Clean Cotton

1. Yankee Candles Clean Cotton

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Aroma clean cotton yang homey

Lilin aromaterapi dari Yankee Candle ini terbuat dari parafin premium sehingga nyala api saat digunakan bisa konsisten dan tidak menghasilkan asap yang membuat pengap ruangan. Sumbunya terbuat dari 100% serat alami yang bebas timbal dan tidak akan menganggu pernapasan Anda.

Yanke Candle Clean Cotton ini memiliki aroma kapas bersih yang menyejukkan dengan perpaduan ekstrak tanaman alami seperti kapas, white flowers, dan aksen kesegaran lemon. Untuk lilin dalam kemasan medium jar, lilin dapat bertahan hingga 65 sampai 90 jam. Bila Anda menyukai aroma homey yang bersih, segar, dan menenangkan, Anda dapat memilih Yankee Candle Clean Cotton ini.

Cara menikmati lilin aromaterapi

Kebanyakan lilin aromaterapi memiliki wewangian lembut yang tidak begitu menyengat seperti parfum. Sebelum Anda membeli, simaklah informasi di bawah ini agar tidak ada penyesalan setelah membeli produk lilin aromaterapi.

Bila perlu, gunakan beberapa lilin sekaligus

Bila perlu, gunakan beberapa lilin sekaligus

Jika lilin aromaterapi yang Anda beli ternyata kurang wangi bagi Anda atau wanginya tidak menyebar ke seluruh ruangan, Anda dapat mencoba menyalakan 2 lilin aromaterapi sekaligus. Hal tersebut akan membuat aroma dari lilin meningkat dan Anda dapat lebih puas menikmatinya. Bila masih kurang wangi, Anda bahkan dapat menyalakan 3 lilin aromaterapi sekaligus!

Kombinasikan beberapa lilin aromaterapi yang berbeda

Kombinasikan beberapa lilin aroma terapi yang berbeda

Jika Anda sudah mulai bosan dengan wewangian dari lilin aromaterapi Anda, jangan terburu-buru membeli yang baru dan membuang yang lama. Anda dapat mengkombinasikan lilin aromaterapi yang memiliki wewangian berbeda untuk dinyalakan secara bersamaan. Hasilnya, Anda akan menemukan berbagai wewangian jenis baru. Salah satunya mungkin akan jadi wangi favorit Anda.

Tidak memiliki fungsi sebagai pengharum ruangan

Tidak memiliki fungsi sebagai pengharum ruangan

Wewangian dari lilin aromaterapi sangat lembut dan tidak sekuat pengharum ruangan. Jadi, lilin aromaterapi tidak direkomendasikan untuk dialihfungsikan sebagai pengharum ruangan. Jika Anda tetap ingin menggunakannya sebagai pengarum ruangan, sebaiknya tidak memilih aromaterapi berbentuk lilin. Pilihlah aromaterapi dengan wangi kuat yang digunakan melalui diffuser, essential oil, maupun perfume.

Hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan

Lilin aromaterapi merupakan sebuah produk yang digunakan dengan memanfaatkan nyala api. Untuk itu, perhatikanlah cara penggunaan yang telah tertera pada produk tersebut.

Pilih tempat yang aman untuk meletakkan lilin aromaterapi

Pilih tempat yang aman untuk meletakkan lilin aroma terapi

Perhatikan pula di mana Anda meletakkan lilin aromaterapi. Usahakan untuk menaruh lilin terapi tersebut di tempat yang rata dan jauh dari benda-benda yang dapat tersulut api. Kemudian, perhatikan juga arah angin agar api tidak menjalar ke segala arah karenanya.

Ketika Anda menggunakannya di dalam kamar mandi, pastikan untuk menyalakan kipas ventilasi agar sirkulasi udara lancar dan tidak pengap.

Perhatikan lama pembakarannya

Perhatikan lama pembakarannya

Kebanyakan lilin aromaterapi memiliki lama pembakaran tertentu hingga lilin habis terpakai. Terutama, bila Anda membeli lilin aromaterapi yang sudah disertai wadah, Anda perlu mengecek ketahan wadah dengan lama pembakaran lilin.

Agar lebih aman, perhatikan juga instruksi penggunaan dari lilin aromaterapi yang Anda beli karena setiap merek memiliki instruksi yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Kami telah memberikan 10 rekomendasi lilin aromaterapi untuk Anda pada artikel ini. Semoga Anda dapat menemukan yang Anda suka.

Lilin aromaterapi biasanya digunakan untuk relaksasi dan melepas stress setelah kegiatan padat yang melelahkan. Memilih varian wangi yang Anda suka dapat membantu menenangkan pikiran Anda lebih cepat. Namun, jangan lupa juga ya untuk membelinya sesuai budget Anda!