10 Rekomendasi Teko Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teko Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sebuah teko kopi dapat memudahkan Anda untuk menikmati kopi di rumah. Saat ini banyak teko kopi yang dijual dengan berbagai macam bentuk dan bahan baku. Secara sekilas, yang membedakan satu teko kopi dengan yang lainnya adalah bentuk cerek, gagang, pegangan, dan lain sebagainya. Bagaimanakah memilih teko kopi yang baik?

Berikut ini akan kami tuliskan mengenai cara memilih teko kopi dengan baik. Pilihlah teko kopi yang sesuai dengan cita rasa kopi selera Anda dan bagaimana Anda ingin mengolahnya pada teko kopi tersebut. Dengan begini, Anda dapat menggunakan teko kopi layaknya seorang barista profesional.

Daftar isi

Cara memilih teko kopi

Secara umum, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sewaktu memilih teko kopi adalah kapasitas teko, bahan baku yang digunakan, dan keunikan pada teko kopi tersebut. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda ingin membeli sebuah teko kopi.

Pilih cerek yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Bentuk cerek dapat berperan dalam mengatur jumlah air panas yang Anda tuangkan pada cangkir kopi. Pilihlah cerek yang sesuai dengan tingkat air panas yang ingin Anda dapatkan pada kopi kesukaan Anda.

Tingkat pemula: teko dengan cerek yang sempit

Tingkat pemula: teko dengan cerek yang sempit

Sebagai pemula, Anda harus dapat mengendalikan dengan mudah jumlah air panas yang Anda tuangkan. Teko kopi dengan cerek yang sempit memiliki ruang kapasitas yang konsisten pada bagian lehernya sehingga Anda dapat menuangkan air panas secara perlahan, untuk mendapatkan rasa kopi yang sesuai dan konsisten.

Untuk dapat mengetahui jumlah air panas yang tersisa pada teko dan untuk lebih mudah mengetahui tingkat kemiringan teko pada saat menuangkan air, pilihlah teko dengan cerek yang sempit dan memiliki ujung yang tajam, seperti bentuk jarum suntik.

Tingkat menengah dan mahir: teko dengan cerek yang lebih besar

Tingkat menengah dan mahir: teko dengan cerek yang lebih besar

Bagi Anda yang sudah berpengalaman, pilihlah teko yang dapat mengeluarkan air panas dalam jumlah yang lebih banyak dan dapat Anda kendalikan jumlahnya dengan memiring-miringkan teko tersebut. Teko kopi ini memiliki cerek seperti leher burung pelikan, dimana ukuran cerek pada bagian bawahnya lebih tebal. Walaupun lebih sulit untuk dikendalikan, teko kopi ini dapat membuat kopi yang ringan dan kopi tubruk. Ketinggian leher cerek yang berbeda pun menjadi pertimbangan yang baik pada saat Anda memilih teko kopi.

Pilih sesuai kapasitas yang dibutuhkan

Pilih sesuai kapasitas yang dibutuhkan

Untuk memilih ukuran teko kopi yang sesuai, pilihlah kapasitas teko kopi sesuai dengan jumlah kopi yang sering Anda buat. Kalau Anda sering menyajikan satu sampai dua cangkir kopi, pilihlah teko kopi dengan kapasitas 700 ml atau yang lebih kecil. Bagi Anda yang sering membuat tiga sampai empat cangkir, pilihlah teko kopi dengan kapasitas sebesar 1 liter.

Teko kopi dengan kapasitas yang lebih besar tentu saja lebih berat sehingga Anda lebih susah untuk mengendalikan jumlah air yang dituang. Maka dari itu, perhatikanlah jumlah kapasitas teko kopi. Apabila Anda tidak dapat mengendalikan teko kopi dengan baik, ada kemungkinan air panas dan cerek akan menimpa saringan serta kopi yang sudah Anda tuang.

Pilih bahan teko berdasarkan ketahanan panasnya

Pilih bahan teko berdasarkan ketahanan panasnya

Secara garis besar, bahan dasar teko terbuat dari tiga jenis material, yaitu stainless steel, tembaga, dan enamel. Ketika Anda memanaskan kopi langsung di atas api, pilihlah teko dengan bahan dasar stainless steel karena bahan ini adalah penghantar panas yang baik.

Bahan dasar enamel tidak baik untuk menghantarkan panas, karena itu teko dengan bahan dasar enamel direkomendasikan untuk anda yang suka menyeduh kopi dengan kapasitas banyak secara perlahan. Bahan dasar tembaga adalah bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik tetapi sulit untuk dibersihkan. Perhatikanlah jenis kompor Anda sebelum membeli teko kopi pilihan Anda, apakah itu kompor gas, kompor listrik, atau kompor induksi. Bahan material teko kopi pilihan Anda harus dapat digunakan pada kompor Anda.

Pilih yang pegangannya nyaman digenggam

Pilih yang pegangannya nyaman digenggam

Pilihlah teko kopi dengan pegangan yang sesuai dan nyaman pada genggaman tangan Anda. Ketika Anda menuangkan air panas, Anda seperti menggantungkan teko pada tangan Anda. Apabila Anda tidak memegangnya dengan baik, tangan Anda bisa merasa tidak nyaman dan air panas tidak tertuang dengan baik pada tempatnya.

Pegangan teko kopi yang tahan panas adalah pilihan yang baik. Pilihlah pegangan yang sudah didesain agar tidak menghantarkan panas, seperti pegangan yang terbuat dari bahan kayu, plastik, atau besi yang dapat dilepas dari teko.

Periksa fungsi yang sesuai dengan penggunaan

Periksa fungsi yang sesuai dengan penggunaan

Pada saat ini, teko kopi yang memiliki berbagai macam fungsi sudah banyak dijual di pasaran. Teko listrik dapat Anda gunakan dengan praktis di berbagai tempat. Teko dengan termometer dapat membantu Anda mengetahui suhu air panas dengan lebih mudah. Teko dengan pengendali suhu juga dapat digunakan oleh Anda yang ingin menyeduh kopi dengan suhu tertentu secara spesifik.

Desain teko yang baik adalah teko yang dapat dengan mudah Anda bersihkan setiap hari. Pilihlah teko kopi yang memiliki fungsi yang sesuai dengan pilihan dan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi teko kopi terbaik

Berikut ini adalah teko kopi yang kami rekomendasikan untuk Anda. Silahkan pilih dan nikmati kopi kesukaan Anda dengan teko kopi yang baru ini.

10. Teko Blurik Enamel

10. Teko Blurik Enamel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.100

Teko jadul untuk menyajikan kopi nikmat Anda

Teko dengan motif abstrak berwarna hijau dan putih ini memiliki ciri khas sebagai teko jadul. Cocok digunakan oleh Anda pecinta kopi yang menyenangi barang-barang vintage dan ingin menyajikan kopi Anda dengan sentuhan jadul. Desain yang menarik ini bisa Anda jadikan koleksi serta pajangan di dapur ketika tidak sedang Anda gunakan.

Bahan dasar teko kopi ini adalah enamel yang kuat untuk menahan suhu panas air yang berada di dalamnya. Ukuran yang dimiliki teko kopi ini adalah 13 cm x 13 cm x 18,5 cm dengan diameter bibir teko sebesar 9 cm sehingga memudahkan Anda untuk membersihkannya. Kapasitas yang dimilikinya adalah sebanyak 1800 ml atau sekitar 9 cangkir kopi.

 9. Teko Kopi Teflon

9. Teko Kopi Teflon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 147.500

Teko kopi elegan yang dapat menyeduh kopi dengan berbagai macam teknik

Teko kopi dengan bentuh cerek leher angsa sangat cocok untuk Anda yang senang menyeduh kopi dengan berbagai macam teknik manual, seperti teknik pour over V60, chemex, clever drip, dan lain sebagainya. Desain teko kopi ini terlihat sangat elegan dengan warna hitam dan adanya cerek leher angsa yang berfungsi untuk dapat mengalirkan air panas hingga 90° saat menyeduh kopi Anda.

Bahan dasar teko kopi ini terbuat dari bahan stainless steel  dengan lapisan teflon yang tahan lama. Kapasitas yang dimilikinya adalah 250 ml, cukup untuk membuat satu cangkir kopi kesukaan Anda. Perawatan teko ini pun tidak sulit, karena bagian atas teko memiliki lubang yang cukup besar, bagian dalam teko mudah untuk dibersihkan setelah Anda gunakan.

8. Diguo Kettle Leher Angsa dengan Pelapis Suede

8. Diguo Kettle Leher Angsa dengan Pelapis Suede

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 550.000

Teko kopi dengan pelapis suede, tangan Anda terlindung dari panasnya teko

Diguo memproduksi teko kopi yang terlihat unik dan mewah. Teko kopi berbahan dasar stainless steel ini memiliki leher angsa yang kecil dilengkapi dengan lapisan kulit suede yang lembut. Pelindung suede ini berfungsi untuk melindungi tangan Anda pada waktu menyeduh kopi sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir akan terkena panasnya teko.

Kapasitas dari teko kopi ini adalah sebanyak 500 ml. Dengan tampilannya yang unik ini, teko kopi ini dapat Anda letakkan pada meja Anda di rumah atau di kantor. Hanya saja teko kopi ini tidak memiliki gagang sehingga ada kemungkinan Anda sedikit kesulitan untuk mengendalikan air yang keluar dari teko ini.

7. Hario Coffee Drip Kettle 800 ml

7. Hario Coffee Drip Kettle 800 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.299.500

Teko kopi minimalis, dapat digunakan pada berbagai macam jenis kompor

Hario mengeluarkan teko kopi dengan desain yang minimalis, memiliki leher angsa yang mengecil pada bagian ujungnya, yang memudahkan Anda dalam menuang air panas. Desain pegangannya juga unik. Bahan dasar pegangan ini berupa kayu akasia yang tahan panas, dengan bentuk yang memudahkan Anda untuk mengendalikan arah penuangan air.

Bahan dasar teko ini sendiri adalah enamel. Karenanya, teko ini dapat Anda gunakan pada kompor gas, kompor listrik, dan kompor induksi. Kapasitas yang dimiliki teko ini adalah sebanyak 800 ml, cukup untuk membuat sampai empat cangkir kopi dalam waktu yang bersamaan.

6. Teko Kopi dengan Termometer

6. Teko Kopi dengan Termometer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 313.000

Tak usah bingung lagi dalam mengecek panasnya air dalam teko

Teko kopi ini berbahan dasar stainless steel  dengan dilapisi teflon dan memiliki pegangan dari bahan silikon. Kapasitas teko ini adalah 600 ml, dapat menyediakan dua cangkir kopi dalam waktu bersamaan. Desain teko ini dilengkapi dengan cerek leher angsa yang kecil, yang cocok untuk Anda yang masih pemula.

Keunggulan dari teko ini adalah terdapat termometer yang dapat diselipkan pada bagian teko sehingga Anda dapat mengukur suhu air dengan lebih tepat. Termometer ini berfungsi bukan hanya dapat mengukur suhu air pada teko ini, tetapi dapat pula Anda gunakan untuk mengukur suhu makanan lainnya, seperti susu, roti, daging, dan lain sebagainya.

5. MisterCopper Teko Kopi Turki

5. MisterCopper Teko Kopi Turki 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 834.000

Dengan teko Turki ini, hadirkan nuansa berkelas untuk coffee time Anda

MisterCopper memproduksi teko kopi yang terbuat dari bahan dasar tembaga yang merupakan konduktor panas yang baik, mudah dalam hal perawatan, dan merupakan pilihan para profesional. Teko buatan turki ini memiliki ukiran-ukiran yang khas pada tampilan luar teko, yang memberikan nuansa berbeda. Teko ini juga dilengkapi dengan pegangan panjang yang terbuat dari kayu sehingga mudah untuk dipegang dan tahan panas.

Kapasitas teko ini adalah 385 ml, bisa untuk membuat dua cangkir kopi. Untuk perawatan teko kopi ini juga tidak susah. Gunakanlah sendok kayu atau plastik ketika mengaduk pada teko ini, dan bilaslah teko ini setelah digunakan agar sisa kopi tidak mengering serta gunakanlah spons yang lembut pada waktu mencucinya.

4. Bonavita Teko Kopi Eletrik 1 Liter

4. Bonavita Teko Kopi Eletrik 1 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.950.000

Teko kopi dengan pemanas elektrik dan pengatur suhu

Bonavita mengeluarkan teko kopi elektrik yang dilengkapi dengan pengatur temperatur air panas yang dihasilkannya. Teko ini juga dilengkapi dengan leher angsa yang dapat memudahkan Anda untuk menyeduh kopi dengan teknik pour over. Temperatur air dapat diatur dengan beberapa pilihan suhu, yaitu 60, 80, 85, 88, 96, dan 98°C. Pengaturan suhu ini juga dapat diatur pada suhu Fahrenheit.

Fungsi lain yang diunggulkan teko ini adalah kemampuannya untuk menjaga suhu sesuai dengan yang Anda inginkan, selama satu jam. Anda hanya perlu menekan sebuah tombol hold untuk mendapatkan suhu yang konsisten ini. Praktis untuk Anda yang ingin mneyeduh kembali kopi Anda dengan suhu yang sama.

3. Coffee Maker Mocha Pot

3. Coffee Maker Mocha Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.000

Teko kopi praktis untuk membuat espresso dengan mudah

Desain teko kopi berupa mocha pot ini memiliki tiga bagian utama, yaitu bagian paling bawah adalah untuk menaruh air, bagian tengah untuk menaruh bubuk kopi, dan bagian paling atas adalah tempat untuk kopi yang sudah jadi. Cukup dipanaskan di atas kompor gas atau kompor listrik hingga air yang berada pada bagian bawah teko habis serta berpindah pada bagian atas dan sudah menjadi kopi.

Dengan desain yang seperti ini, kopi yang dapat Anda nikmati sudah tidak tercampur lagi dengan bubuk kopinya. Bahan dasar teko kopi ini adalah stainless steel yang tahan lama dan terlihat elegan apabila anda letakkan di atas meja. Panaskan air dan langsung nikmati kopinya!

2. Aicok Teko Kopi dengan Leher Angsa

2. Aicok Teko Kopi dengan Leher Angsa

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 906.705

Teko kopi dengan kapasitas 1,2 liter, untuk menjamu tamu Anda

Teko kopi Aicok ini terbuat dari bahan dasar stainless steel yang anti karat dan tidak mengandung BPA. Dengan cerek leher angsa yang kecil, Anda dapat mengendalikan air yang keluar dengan mudah, secara perlahan dan tidak terlalu kencang. Teko kopi ini dapat Anda gunakan pada kompor gas, kompor listrik, dan kompor induksi.

Desain teko kopi ini memiliki pegangan yang sedikit jauh dari bagian teko agar tangan Anda terlindung dari panasnya teko. Kapasitas yang ditawarkan teko ini cukup besar, yaitu 1,2 liter, dapat membuat 6-7 cangkir kopi. Teko kopi ini cocok untuk Anda gunakan di kantor atau rumah Anda, dan dapat menyajikan kopi secara sekaligus untuk tamu-tamu Anda.

1. Miyaco Drip Kettle

1. Miyaco Drip Kettle 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 640.000

Teko kopi dengan pegangan yang nyaman untuk membuat satu cangkir kopi kesukaan Anda

Teko kopi ini memiliki bentuk khusus untuk menyeduh kopi yang desainnya mengadaptasi ritual minum teh di Jepang sehingga bentuknya mirip dengan teko teh Jepang. Biasanya bagian pegangan teko kopi berada pada belakang cerek teko, tetapi pada teko ini pegangannya berada di bagian samping. Teko kopi ini memiliki kapasitas sebanyak 300 ml, cukup untuk membuat dua cangkir kopi.

Bahan dasar yang digunakan adalah stainless steel yang kokoh, higienis, dan berkualitas tinggi. Bagian pegangan teko kopi ini terbuat dari bahan kayu yang halus, nyaman untuk digunakan. Setelah Anda merebus air hingga mendidih, segera pindahkan air tersebut ke dalam teko ini, karena suhu air akan turun hingga 85-90°C, yang merupakan suhu ideal untuk menyeduh kopi.

Cara membuat kopi yang nikmat

Berikut ini kami akan memberikan saran mengenai cara membuat kopi yang nikmat. Kopi yang enak sekarang dapat Anda nikmati di rumah Anda sendiri.

 Air panas 10 ml untuk 1 gram kopi

 Air panas 10 ml untuk 1 gram kopi

Untuk membuat kopi yang nikmat, siapkanlah 15 gram bubuk kopi untuk setiap cangkir dengan kapasitas 150 ml. Air sebanyak 150 ml dapat menghasilkan 120 – 130 ml kopi. Sebagai panduan, ingatlah kalau bubuk kopi sebanyak 1 gram adalah untuk 10 ml air panas.

Apabila ingin membuat dua cangkir kopi atau lebih pada saat yang bersamaan, lebih baik Anda menambahkan kopi sebesar 80% dari takaran per cangkirnya. Untuk dua cangkir kopi, air yang diperlukan adalah 300 ml, dengan kopi sebanyak 27 gram. Sedangkan untuk tiga cangkir kopi, air yang diperlukan adalah 450 ml, dengan kopi sebanyak 36 gram. Hal ini karena penyeduhan kopi lebih efisien ketika jumlah kopi yang diseduh lebih banyak pada waktu yang bersamaan.

Terkadang Anda kesulitan untuk menentukan berapa banyak jumlah kopi yang diperlukan. Lebihkan saja air panas sebanyak 20-30 ml per cangkir kopi yang akan Anda buat.

Panaskan kopi dengan memanaskan wadah kopinya

Panaskan kopi dengan memanaskan wadah kopinya

Apabila cangkir Anda sudah dingin, maka kopi yang berada pada cangkir tersebut pun akan menjadi dingin, Untuk menghangatkan kopi tersebut agar lebih nikmat, rendamlah cangkir Anda pada air panas. Hal ini sangat efektif untuk Anda lakukan, terutama pada saat Anda berada di daerah yang dingin. Bagi Anda yang tidak mau repot untuk menghangatkan cangkir kopi Anda, maka pilihlah cangkir dengan bahan yang dapat menahan panas dalam waktu yang lebih lama, seperti cangkir dengan bahan dasar kaca atau keramik.

Cara menuangkan air panas dengan benar

Bila Anda sudah siap dengan kopi dan air panas, mari kita buat kopi dengan menggunakan teko kopi.

Proses dasarnya adalah mengukus dan menyeduh kopi

Proses dasarnya adalah mengukus dan menyeduh kopi

Proses pembuatan kopi dapat terbagi dari dua kegiatan, yaitu mengukus dan menyeduh kopi. Pengukusan kopi merupakan salah satu hal yang penting untuk menentukan cita rasa kopi yang keluar dari si kopi itu sendiri.

Setelah mengatur alat penyeduh kopi, seperti menaruh saringan dan bubuk kopi di atas cangkir, maka kita harus mengukus kopi terlebih dahulu. Cara pengukusan kopi ini adalah dengan menuangkan air panas sebanyak 20 ml pada bagian tengah bubuk kopi. Pastikanlah bahwa bubuk kopi mengembang dan terkukus selama 30 detik sampai dengan 1 menit.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah menyeduh kopi. Tuangkanlah air panas dengan perlahan pada bagian tengah bubuk kopi. Perhatikanlah jumlah kopi yang telah terseduh. Ketika jumlah kopi yang terseduh sudah sesuai dengan cangkir, maka pindahkanlah saringan secara segera, tidak perlu menunggu sampai tetesan terakhir dari saringan kopi habis.

Mengendalikan air panas dan lakukan drip dengan baik

Mengendalikan air panas dan lakukan drip dengan baik

Salah satu hal yang penting sewaktu menyeduh kopi adalah menuangkan air panas dengan gerakan memutar. Namun, untuk mendapatkan kopi yang nikmat, kecepatan penuangan air dan jumlah kopi yang diseduh juga berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan. Tuangkanlah air panas dengan gerakan memutar sebesar sebuah koin dan perhatikanlah jumlah air yang tertuang, jangan terlalu cepat dan kencang. Dengan menyeduh secara perlahan, pertemuan antara kopi dan air panas akan berlangsung lebih lama sehingga cita rasa kopi yang keluar akan lebih terasa.

Kesimpulan

Begitu banyak ragam pilihan teko kopi pada saat ini. Apalagi, ngopi merupakan salah satu gaya hidup yang semakin digemari akhir-akhir ini di Indonesia.

Setelah membaca rekomendasi teko kopi terbaik menurut kami, sudahkah Anda menemukan pilihan Anda? Segera pilih teko kopi terbaik untuk Anda dan nikmati kopi di rumah Anda sendiri.