10 Rekomendasi Smartphone Holder Terbaik untuk Sepeda (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Smartphone Holder Terbaik untuk Sepeda (Terbaru Tahun 2018)

Navigasi GPS menggunakan smartphone saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan, termasuk bagi para pesepeda. Guna menunjang kebutuhan tersebut, Anda harus memiliki smartphone holder untuk sepeda yang andal di segala situasi.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan saat memilih smartphone holder untuk sepeda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih smartphone holder untuk sepeda beserta 10 rekomendasi produk smartphone holder terbaik yang bisa Anda miliki.

Daftar isi

Cara memilih smartphone holder untuk sepeda

Dalam memilih smartphone holder, stabilitas holder untuk melindungi smartphone adalah hal yang harus Anda utamakan. Selain itu, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut ini!

Perhatikan ukuran frame yang menyangga smartphone

Perhatikan ukuran frame yang menyangga smartphone

Hal paling mendasar yang harus Anda perhatikan adalah memastikan ukuran smartphone dengan holder. Jika ukurannya tidak cocok, smartphone Anda akan mudah terjatuh saat melewati jalanan terjal, atau justru tergores dan rusak karena holder kekecilan.

Saat ini beberapa model holder memiliki frame yang terbuat dari silicon yang dapat disesuaikan ukurannya. Jika Anda termasuk yang sering berganti gawai, ada baiknya memilih tipe ini agar dapat Anda sesuaikan dengan ukuran gawai yang berbeda-beda.

Cek diameter penjepit holder supaya pas pada setang sepeda

Cek diameter penjepit holder supaya pas pada setang sepeda

Jangan sampai holder beserta smartphone Anda terlepas dan terjatuh saat bersepeda di trek berbatu atau pegunungan. Untuk itu, pastikan diameter penjepit holder yang Anda beli sesuai dengan ukuran setang sepeda Anda di rumah.

Beberapa holder memiliki baut yang dapat dikencangkan pada setang. Sangat disarankan untuk memilih holder tipe sabuk karena dapat lebih mudah dipasang dan disesuaikan dengan berbagai ukuran setang sepeda.

Pastikan frame holder dapat menyangga smartphone Anda dengan baik

Pastikan frame holder dapat menyangga smartphone Anda dengan baik

Smartphone holder untuk sepeda harus tahan goncangan. Jangan sampai holder bergeser atau bahkan terjatuh karena tergoncang. Pastikan juga seluruh sisi smartphone Anda terlindungi dalam frame. Jika frame hanya menyangga gawai pada sisi sampingnya saja, kemungkinan gawai terjatuh cukup tinggi.

Pilihlah frame yang menyangga gawai dari kedua sisi samping, atas, dan bawah. Anda juga dapat memilih tipe frame dengan tali silicon yang mengikat keempat sudut gawai Anda.

Memiliki fitur waterproof sehingga tahan menghadapi hujan

Memiliki fitur waterproof sehingga tahan menghadapi hujan

Jika Anda bersepeda di pegunungan atau di alam bebas, kerap kali hujan turun tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Perubahan cuaca yang mendadak ini juga bisa terjadi pada Anda yang sedang bersepeda di jalanan tengah kota. Supaya smartphone tetap aman, Anda terpaksa harus menyimpannya di dalam tas. Jika Anda ingin tetap memakai smartphone saat hujan, ada baiknya untuk memilih holder yang tahan air.

Saat ini beberapa produk smartphone holder telah menambahkan cover waterproof sehingga Anda tetap bisa bersepeda di bawah hujan. Terdapat pula produk holder yang berbentuk kantong transparan tahan air. Namun, perlu Anda sadari bahwa dengan adanya kantong, Anda akan kesulitan mengakses screen smartphone Anda.

Memiliki frame yang bisa diputar maupun diubah posisinya

Memiliki frame yang bisa diputar maupun diubah posisinya

Membaca peta pada smartphone akan jauh lebih mudah jika dilihat dalam orientasi landscape. Untuk itu, Anda perlu memiliki holder dengan frame yang dapat diputar tanpa harus melepas smartphone terlebih dahulu. Akan lebih bagus lagi jika frame dapat diputar hingga 360 derajat sehingga Anda dapat mengubah angle frame tersebut saat layar smartphone Anda tidak jelas terlihat karena efek cahaya atau hal lainnya.

Lebih nyaman jika dilengkapi dengan lubang untuk kabel dan port charger

Lebih nyaman jika dilengkapi dengan lubang untuk kabel dan port charger

Saat menikmati kayuhan demi kayuhan dan terpesona oleh pemandangan sekitar, Anda mungkin tidak menyadari bahwa smartphone Anda mulai kehabisan daya. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk memilih frame holder yang memiliki lubang untuk memasukkan kabel dan port charger, sehingga Anda tetap dapat mengisi daya smartphone selama bersepeda.

Meskipun terlihat sederhana dan nyaris sama, nyatanya tidak semua lubang port charger kompatibel untuk merek smartphone tertentu. Karena itu Anda harus mencocokkan lebih dulu dengan charger ponsel Anda.

10 Rekomendasi smartphone holder terbaik untuk sepeda

Setelah membaca tips dari kami, sekarang saatnya Anda mengintip rekomendasi produk smartphone holder terbaik yang sudah kami rangkum.

10. CS405 Bicycle Mount Holder Cradle for 5’

10. CS405 Bicycle Mount Holder Cradle for 5’

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 122.200

Dilengkapi sistem pengamanan ganda, cocok untuk beragam jenis gawai

Holder ini memiliki sistem pengamanan ganda untuk menjaga ponsel Anda supaya tidak mudah terlempar saat melewati jalanan terjal. Di lapisan luar terdapat frame yang menyangga sisi kanan dan kiri, setelah itu ditambah lagi dengan jaring silicon yang menjaga 4 sudut ponsel.

Tak hanya untuk beragam ukuran smartphone, holder ini juga bisa digunakan untuk memasang GPS, MP4, hingga MP5. Anda bisa mengubah ukuran framenya dari lebar 4,5 cm sampai 10 cm. Anda tidak memerlukan alat khusus untuk meletakkan holder ini pada sepeda sebab cara memasangnya sangatlah mudah. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering berganti gawai, baik smartphone, GPS, atau music player. 

9. Roshwheel Waterproof Bag Holder

9. Roshwheel Waterproof Bag Holder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Memiliki camera hole sehingga tetap bisa digunakan memotret meski ponsel di dalam holder

Bagi Anda yang gemar memotret menggunakan ponsel sembari bersepeda, holder keluaran Roshwheel ini sangat cocok untuk Anda. Dengan lubang kamera di bagian belakang, Anda bisa memotret meski ponsel masih berada di dalam holder. Memotret saat hujan pun bukan lagi masalah karena holder ini waterproof.

Holder ini terdiri dari dua bagian, yakni adapter yang berfungsi sebagai penjepit setang sepeda serta waterproof case sebagai tempat menyimpan ponsel. Karena bisa dibongkar pasang, waterproof case yang memiliki high clear sensitive touch ini bisa digunakan sendiri seperti kantong penyimpan ponsel saat sedang tidak bersepeda.

8. Smartphone Holder Sepeda Handlebar 360

8. Smartphone Holder Sepeda Handlebar 360

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.900

Mekanisme dual lock menjaga ponsel tetap aman

Satu pertanyaan yang kerap melintas di benak para pesepeda, akankah smartphone aman dan tidak terjatuh saat melewati jalanan terjal dan berliku? Psssst, Anda tak usah khawatir. Kini sudah tersedia smartphone holder yang memiliki mekanisme dual lock alias metode penguncian ganda. Selain memiliki penjepit di sisi kanan dan kiri, holder ini juga dilengkapi dengan material plastik elastis yang menjaga smartphone di empat sudutnya. Ponsel Anda dijamin aman!

Dengan harga yang cukup miring, holder ini juga memiliki fitur lain seperti bisa diputar 360 derajat sehingga Anda bisa menentukan posisi penggunaan yang paling nyaman. Holder ini bisa digunakan untuk setang sepeda dengan diameter 7/8 inci (2,22 cm), 1 inci (2,54 cm), dan 1.25 inci (3,18 cm). Untuk Anda yang mengutamakan keamanan, holder ini adalah pilihan yang tepat.

7. CBR Smartphone Bike Pouch Holder

7. CBR Smartphone Bike Pouch Holder

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 92.000

Waterproof holder dengan ultra sensitive touch screen yang memudahkan pengoperasian

Salah satu kendala menggunakan smartphone yang dilapisi pelindung plastik adalah sulitnya pengoperasian karena sensor smartphone Anda menjadi kurang peka saat disentuh. Namun CBR menghapus keraguan tersebut. Dilengkapi dengan ultra sensitive touch screen sehingga Anda bisa mengoperasikan smartphone dengan mudah dan akurat meski smartphone berada di balik kantong pelindung.

Terbuat dari bahan waterproof, holder ini akan membuat smartphone Anda tetap kering, dan Anda tetap bisa melanjutkan aktivitas bersepeda meski hujan mendera. Selain itu, smartphone holder bentuk tas ini juga dilengkapi dengan perekat yang sangat kuat di bagian belakang, dijamin smartphone Anda tidak akan mudah jatuh. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin bersepeda di musim penghujan.

6. MagiDeal Bike Mount Stand

6. MagiDeal Bike Mount Stand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 84.000

Menjaga empat sudut smartphone dengan solid

Jika Anda menginginkan smartphone holder yang ringan dan bisa digunakan untuk beragam merek ponsel, MagiDeal Bike Mount Stand adalah solusinya. Berbahan silicon elastis, holder berwana hitam pekat ini sangat ringan dan mudah menyesuaikan berbagai ukuran ponsel. Bentuknya yang simpel memastikan ke empat sudut smartphone Anda terlindungi dan terjaga sempurna.

Penjepit belakang holder ini pun cukup unik, yakni menyerupai tali jam tangan yang bisa dikencangkan. Kekurangan dari produk ini adalah posisi holder tidak bisa diputar dan diubah sesuka hati. Sebagai tambahan, selain untuk sepeda, holder ini juga bisa dipasang pada sepeda motor dan stroller bayi. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang kerap berganti merek ponsel dan menginginkan smartphone holder yang ringan.

5. Baseus Adjustable Bicycle Holder Stand

5. Baseus Adjustable Bicycle Holder Stand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 105.450

Desain stylish dan ringan

Dengan warna hijau neon serta desain yang stylish, smartphone holder ini sangat cocok untuk kawula muda yang penuh gaya. Modelnya yang ramping dan ringan memudahkan untuk dibawa kemana pun. Ponsel pun akan aman karena ke empat sudutnya terlindungi secara maksimal.

Bagian penjepitnya yang bertipe sabuk akan memudahkan Anda saat memasang pada setang. Meski Anda kerap berganti-ganti sepeda dengan diameter setang yang berbeda, itu bukanlah masalah. Kekurangan holder ini adalah posisi smartphone tidak bisa dirotasi sesuai dengan keinginan kita.

4. WF-429 Lazy Tripod Bicycle Phone Holder

4. WF-429 Lazy Tripod Bicycle Phone Holder

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 31.000

Dengan penjepit dan frame fleksibel, bisa untuk beragam ukuran setang dan smartphone

Sepeda lipat yang biasa digunakan di kawasan urban dengan mountain bike yang biasa dipakai di gunung tentu saja memiliki diameter setang yang berbeda. Jika Anda kerap memakai kedua jenis sepeda tersebut secara bergantian, Anda memerlukan smartphone holder yang kompatibel untuk keduanya. Kini tak perlu khawatir, WF-429 Lazy Tripod Bicycle Phone Holder hadir untuk menjawab keperluan Anda.

Smartphone holder ini memiliki penjepit yang fleksibel, sehingga dapat digunakan untuk setang dengan diameter yang berbeda-beda. Tak hanya itu, frame holder ini juga fleksibel, bisa digunakan untuk smartphone berukuran 3.5 – 5.5 inci. Didukung dengan desain yang tangguh, holder ini akan menjaga smartphone Anda tetap aman.

3. Capdase Bike Mount Phone Holder

3. Capdase Bike Mount Phone Holder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 123.000

Dilengkapi quick release button yang memudahkan mengambil smartphone saat ada panggilan mendadak

Telepon penting sering datang tiba-tiba, bahkan saat Anda sedang bersepeda di jalanan maupun di perbukitan. Karena itu, Anda memerlukan smartphone holder yang memudahkan Anda untuk mengangkat telepon dengan cepat. Holder besutan Capdase memfasilitasi hal ini. Dengan penahan holder hanya tiga sisi, Capdase memiliki sistem quick release button.

Terbuat dari material berkualitas, holder ini memiliki daya tempel yang sangat kuat sehingga ponsel tidak mudah terlepas dan jatuh. Ponsel ini juga memiliki fitur rotasi hingga 360 derajat untuk mendapatkan sudut pandang yang optimal. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sibuk dan sering menerima panggilan telepon mendadak saat bersepeda.

2. IBERL Waterproof Phone Case

2. IBERL Waterproof Phone Case

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 115.409

Waterproof dan bisa diputar 360 derajat dengan mudah

Berbentuk menyerupai dompet atau pouch, holder ini akan menjaga ponsel Anda secara sempurna. Dengan memasukkan ponsel ke wadah yang tersedia, maka ponsel akan aman dari goresan, debu, pasir, lumpur, hingga guyuran air. Bersepeda di kala hujan pun tak lagi menjadi masalah.

Kelebihan lain dari smartphone holder ini adalah penjepitnya bisa diputar hingga 350 derajat sesuai dengan keinginan Anda. Baik posisi portrait maupun landscape, semua bisa diatur dengan mudah. Meskipun berada di balik pouch, dengan memakai holder ini Anda tetap bisa mengoperasikan ponsel dengan nyaman. Untuk Anda yang menginginkan holder yang bisa diputar ke segala arah, produk IBERL adalah pilihan terbaik.

1. Universal Mountain Bike Smartphone Holder

1. Universal Mountain Bike Smartphone Holder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 89.000

Desain cakar elang yang mencengkeram smartphone dengan sempurna

Inilah produk yang menjawab kebutuhan Anda akan holder yang compact dengan fitur nyaris lengkap. Desain smartphone holder universal ini terinspirasi dari kaki burung elang yang bisa menyambar mangsa dengan cepat dan susah untuk melepaskannya lagi. Dengan model yang simpel, holder ini mampu mencengkeram empat sudut ponsel dengan erat serta menjaganya supaya tidak mudah terjatuh.

Dilengkapi dengan silicone cushion mat antiselip di bagian dalam, holder ini akan melindungi casing ponsel Anda dari goresan. Fitur lain yang disematkan pada holder ini adalah kemampuan berotasi hingga 360 derajat sehingga memudahkan Anda untuk menemukan angle terbaik saat melihat GPS atau mengoperasikannya. Jika daya di ponsel Anda melemah, Anda pun bisa memasang charger dengan mudah dan menyambungkan ke sumber daya.

Kesimpulan

Apakah salah satu dari rekomendasi smartphone holder yang kami rangkum tadi merupakan holder yang Anda inginkan? Jika iya, segera miliki dan mulailah petualangan bersama sepeda Anda.

Semoga tips memilih smartphone holder untuk sepeda yang telah kami sampaikan dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat bertualang tanpa takut tersesat!