10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Meskipun terlihat kecil, pick gitar mempunyai peranan penting akan hasil dari permainan seorang gitaris. Menariknya, setiap pick gitar mempunyai karakter masing-masing dilihat dari bentuk, material utama, serta ketebalannya. Pick gitar juga dapat digunakan untuk alat musik petik lainnya seperti banjo, ukulele, gitar akustik, hingga bass.

Pada artikel berikut kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih pick gitar yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Kami juga akan merekomendasikan produk pick gitar terbaik untuk Anda para pemula hingga yang profesional. Jadi, kira-kira pick gitar seperti apa yang cocok untuk Anda?

Daftar isi

Cara memilih pick gitar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada tiga hal utama yang dapat mempengaruhi karakter dari sebuah pick gitar yakni bentuk, ketebalan, serta material. Selain karakter, tiap-tiap pick memiliki kegunaan khusus dalam part-part permainan tertentu.

Bentuk-bentuk pick gitar

Dalam penjelasan berikut, kami akan memperkenalkan karakter dari pick gitar berdasarkan bentuknya. Dilihat dari bentuknya, pick dibagi menjadi enam jenis. Untuk pemain pemula, kami sarankan untuk mengambil pick gitar dengan bentuk teardrop atau segitiga (triangle) yang umum digunakan oleh banyak orang.

Tipe teardrop

Tipe teardrop

Dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai tetesan air mata. Pick gitar model teardrop merupakan pick yang paling populer digunakan oleh para gitaris dari sejak dahulu. Kontak utamanya dengan senar hanya pada satu ujung saja. Sangat fleksibel digunakan dalam berbagai gaya permainan, dari strokes ke cutting, hingga single tone.

Tipe segitiga (triangle)

Tipe segitiga (triangle)

Bentuknya hampir mirip dengan segitiga, maka dari itu pick jenis ini dinamakan triangle. Karena bentuknya yang lebar, penggunaan pick ini lebih cocok digunakan untuk permainan chord serta strokes daripada petikan satu nada. Setiap kali digunakan, pick ini langsung dapat melakukan cutting. Pick berikut lebih ekonomis, karena ketiga sisinya bisa kita manfaatkan. Paling awet saat dipakai dibandingkan dengan jenis yang lain.

Tipe jazz

Tipe jazz

Sesuai namanya, pick berikut sebenarnya dikhususkan untuk para gitaris jazz. Bentuknya lebih kecil daripada pick lain, karena itu cocok dengan permainan semacam arpeggio atau petikan single tone. Petikan yang dihasilkan oleh pick ini lebih soft daripada pick yang memiliki dimensi lebih lebar.

Tipe home base

Tipe home base

Pick segi lima ini mirip dengan home base dari permainan baseball. Nada yang dihasilkan dapat jelas dan nyaring. Makin ke sini, semakin jarang peminat pick dengan bentuk demikian. Namun, dulu The Beatles tercatat pernah menggunakan pick home base yang tebal. Sangat baik untuk Anda yang menginginkan suara yang nyaring.

Circular pick

Circular pick

Circular pick adalah pick yang dirilis oleh pabrikan Ibanez. Pada umumnya, pick ini digunakan untuk ukulele, bass atau gitar akustik yang memiliki suara lebih mild. Di Indonesia, kita akan sangat jarang menemukan pick dengan bentuk semacam ini.

Thumb pick

Thumb pick

Thumb pick adalah jenis pick yang menempel pada ibu jari. Adanya pick jenis berikut tidak lain adalah untuk memperkuat style dari gitaris yang kerap melakukan finger picking. Biasanya pick jenis ini digunakan untuk memainkan gitar-gitar akustik atau keperluan lagu country, klasik atau semacamnya. Namun, jika Anda punya daya jelajah lebih, pick berikut dapat digunakan untuk musik apapun. Selain untuk gitar, thumb pick cocok digunakan untuk memainkan bass. Anda dapat memainkan arpeggio dengan baik lewat pick berikut.

Pick berdasarkan tingkat ketebalannya

Ketebalan pick dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan dari petikan Anda. Pick tipis akan menghasilkan suara kecil dan lembut. Sebaliknya, pick tebal sangat cocok untuk permainan agresif dan menghasilkan suara yang lebih bulat. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya dalam bagian berikut.

Thin (soft) 0,5 mm atau kurang

Thin (soft) 0,5 mm atau kurang

Pick thin atau soft adalah pick yang memiliki tingkat ketebalan 0,5 mm atau kurang. Jika terlalu kuat saat picking, pick akan tertekuk. Karena kelenturannya, pick ini cocok untuk pemula karena mudah untuk digunakan. Ketika petikan terlalu kencang, stroke akan tetap terasa mulus dan yang terpenting pemakaian pick ini tidak mudah membuat jari-jari Anda lelah.

Medium sekitar 0,6 mm sampai 0,8 mm

Medium sekitar 0,6 mm sampai 0,8 mm

Pick dengan ketebalan medium mempunyai ukuran 0,6 mm hingga 0,8 mm. Tidak seperti pick tipis, suara yang dihasilkan lebih nyaring. Pick ini dapat digunakan oleh pemula bahkan para profesional juga ada yang menggunakannya.

Hard (heavy) sekitar 0,9 mm hingga 1 mm

Hard (Heavy) sekitar 0,9 mm hingga 1 mm

Hard (heavy) pick memiliki ketebalan 0,9 mm hingga 1 mm. Penggunaannya sangat populer di kalangan gitaris yang sering memainkan single string playing atau permainan cepat. Suara yang dihasilkan jelas dan bulat. Sedikit kurang cocok digunakan oleh Anda yang baru belajar gitar. Namun,  Anda dapat memakai pick berikut jika sudah dapat menyesuaikan seberapa besar kekuatan petikan yang diperlukan saat bermain gitar.

Extra heavy sekitar 1,15 mm hingga 2 mm

Extra heavy sekitar 1,15 mm hingga 2 mm

Pick extra heavy direkomendasikan untuk gitaris intermediate sampai mahir. Petikannya di senar lebih kuat jika dibanding pick dengan ukuran di bawahnya. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan pick berikut, akan terjadi kekuatan petikan yang dikeluarkan terlalu besar, yang dapat membuat senar gitar menjadi putus.

Suara yang dihasilkan sangat nyaring. Sangat cocok untuk strokes atau permainan gitar yang cepat. Bagi Anda yang bermain musik cepat seperti metal, pick seperti ini sangat mendukung kebutuhan Anda.

Material/bahan utama pick gitar

Dua poin yang patut diperhatikan dalam bagian ini adalah tekstur serta rasa kesat dari sebuah pick. Ada baiknya memilih pick berdasarkan gaya bermain hingga seberapa besar keringat pada tangan Anda ketika bermain. Pick yang paling banyak digunakan oleh pemula adalah pick berbahan utama seluloid serta delrin. Namun, ada baiknya mengetahui detail karakter pick berdasarkan materialnya di bagian berikut.

Seluloid

Seluloid

Seluloid merupakan salah satu resin sintetis (plastik). Bahan tersebut membuat pick berkarakter ringan dan licin. Suara yang dihasilkan datar dan halus. Sangat cocok digunakan untuk memainkan berbagai genre musik. Pick berikut lebih cepat rusak daripada pick jenis lain karena mudah terkikis ketika bergesekan dengan senar.

Totex

Totex

Material totex dikembangkan secara independen oleh pabrikan Jim Dunlop. Permukaannya tidak licin dan kesat, sangat cocok untuk Anda pemilik tangan yang rentan berkeringat. Tidak seperti seluloid, pick berikut memiliki daya tahan yang baik karena tidak mudah terkikis.

Delrin

Delrin

Delrin adalah material yang dikembangkan oleh pabrikan Jim Dunlop di USA. Permukaannya sangat halus, tahan air dan tahan panas. Namun, karena permukaannya yang  licin, pick berikut kurang baik untuk digunakan pemilik tangan yang cukup sering berkeringat.

Nylon

Nylon

Material nylon yang kerap kali digunakan untuk bahan utama baju ternyata juga digunakan sebagai material pick gitar. Karena teksturnya sangat soft, kontak pick berikut dengan senar sangat lemah dan dapat mempengaruhi kebulatan suara yang dihasilkan. Sangat populer digunakan oleh pemain gitar akustik yang menginginkan suara clean.

Ultem

Ultem

Bahan ultem memiliki sifat tahan gesek dan awet. Ultem adalah bahan yang paling mendekati dengan karakter kuku manusia. Anda yang menggunakan pick ini akan mendapatkan hasil nada selayaknya memetik senar gitar dengan kuku. Sangat berguna untuk melibas part arpeggio. Nada yang dihasilkan clean.

Polycarbonate

Polycarbonate

Polycarbonate adalah bahan yang juga digunakan untuk CD serta DVD. Kelebihannya adalah berdaya tahan kuat dan tahan getaran. Karena bahannya mirip kaca organik, Anda dapat menghasilkan suara yang unik ketika melakukan petikan agresif dengan pick berikut.

Tortoise shell

Tortoise shell

Pick berikut terbuat dari bahan alami yakni cangkang kura-kura. Harganya lebih mahal daripada jenis pick yang lain. Banyak gitaris yang menyukai pick ini karena kualitas suara yang dihasilkan unik. Tampilannya juga premium.

Stainless steel (logam)

Stainless steel (logam)

Stainless steel (logam) akan membuat getaran pada senar berkurang ketika dipetikkan. Biasanya, pick berikut dimaksimalkan untuk memberikan efek distorsi /berisik ketika melakukan sliding pick pada senar. Untuk picking, pick berikut menghasilkan suara yang terang dan apik dalam urusan cutting note.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik

Pada bagian berikut, secara khusus kami telah menyiapkan produk-produk pick gitar terbaik untuk Anda miliki. Mohon untuk memilih pick sesuai dengan kebutuhan dan karakter permainan yang Anda inginkan.

10. Alice Stainless Steel

10. Alice Stainless Steel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Kuat di cutting tone dan durability

Stainless steel pick bisa jadi alternatif lain untuk Anda yang menginginkan hasil suara yang terang dan apik dalam urusan cutting note. Kami merekomendasikan Alice Stainless Steel yang memiliki ketebalan 0,3 mm. Termasuk dalam thin pick, ia sangat mendukung digunakan untuk keperluan kocokan cepat.

Produk berikut dijual dalam bentuk paket. Anda akan mendapatkan 3 buah Alice Stainless Steel pick dengan ukuran yang sama. Cocok untuk para pemula ataupun pemain lawas yang ingin mendapatkan karakter suara yang terang.

9. Jim Dunlop Gator Grip

9. Jim Dunlop Gator Grip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Pick dengan grip yang tak mudah selip

Dunlop Gator Grip dibayang-bayangi oleh popularitas pick dari Dunlop lainnya yakni Tortex. Yang membuat pick bertipe teardrop ini lebih spesial daripada Dunlop Turtex adalah pegangannya yang memiliki daya cengkeram sangat baik dan tak mudah selip. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan pick untuk petikan agresif dan tajam.

Anda yang berminat membeli produk berikut dapat memilih ukuran pick yang Anda inginkan dari 0,5 mm sampai 1 mm. Produk ini adalah salah satu pick yang baik untuk pemilik tangan yang mudah berkeringat.

8. D’Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

8. D'Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.999

Pick yang dapat menyala dalam gelap

Produsen kelengkapan gitar Planet Waves menciptakan pick yang dapat bersinar dalam kegelapan. Jika Anda adalah seorang performer dan sering tampil di panggung yang gelap, pick gitar ini bisa menjadi pilihan yang pas karena Anda akan dapat dengan mudah menemukannya jika terjatuh.

Material utamanya terbuat dari seluloid, yang mempunyai pick gitar ini memiliki bobot ringan dan fleksibel ketika digunakan. Untuk ketebalan, pick ini masuk kategori medium yakni 0,7 mm. Sangat cocok untuk Anda yang mempunyai permainan gitar dengan picking model kocokan, stroking serta petikan artikulatif.

7. Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III

7. Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.999

Cocok untuk permainan gitar solo dengan beragam style

Eric Johnson cukup eksploratif dalam permainan gitarnya. Jim Dunlop kemudian menyokongnya dengan sebuah pick khusus yang diberi nama Eric Johnson Jazz III. Pick berikut diklaim dapat mencukupi berbagai macam gaya permainan gitar dari arpeggio, single tone dan lain-lainnya.

Berdasarkan bentuk pick-nya, produk berikut cocok untuk Anda yang fokus dalam part lead guitar. Termasuk extra heavy pick, suara yang dihasilkan akan nyaring. Material utamanya berasal dari nylon sehingga dapat menghasilkan nada yang halus serta pergerakan tangan menjadi lebih fleksibel dan kesat.

6. Ernie Ball Thumb Pick

6. Ernie Ball Thumb Pick

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Sempurna untuk bermain gitar, banjo, ukulele sampai bass

Salah satu produsen barang perlengkapan gitar, Ernie Ball mengeluarkan thumb pick yang didesain ergonomis untuk pas masuk di ibu jari Anda. Thumb pick berikut terbuat dari bahan seluloid yang ringan sehingga cocok untuk Anda yang mencari keluwesan dalam memetik senar.

Produk ini dijual dalam bentuk paket. Satu paketnya berisi 6 buah thumb pick dengan berbagai macam warna. Pick gitar berbahan seluloid ini cocok digunakan untuk bermain gitar, banjo, ukulele, bass serta instrumen petik lainnya.

5. Gravity Classic Standard

5. Gravity Classic Standard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 67.000

Pick klasik untuk suara nyaring dan bersih

Untuk Anda yang menginginkan hasil suara yang nyaring dan bersih, Gravity Classic Standard pick dapat dijadikan pilihan. Pick berikut terbuat dari akrilik tebal yang dapat menghasilkan suara jernih. Untuk urusan umur, Gravity menjamin produk berikut memiliki durability yang cukup baik.

Termasuk dalam tipe teardrop, pick berikut nyaman untuk digenggam oleh penggunanya. Pick dengan ketebalan 1,5 mm ini cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan fleksibilitas serta mengedepankan kualitas suara.

4. Clayton Exotic Blond Wood

4. Clayton Exotic Blond Wood

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.999

Kaya suara khususnya untuk nada rendah

Bentuknya biasa, tapi mengejutkannya Clayton Exotic Blond Wood merupakan pick yang dapat menghasilkan suara yang kaya. Pick berikut terbuat dari bahan kayu blond. Sangat pas untuk Anda yang mengisi part ritmik dengan nuansa suara rendah.

Material kayu yang dipakai sebagai bahan utamanya dapat mengurangi suara tinggi dari senar yang kita petik. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan eksplorasi nada-nada rendah.

3. D’Addario DuraGrip – Super Light

3. D'Addario DuraGrip - Super Light

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.999

Pick dengan sistem DuraGrip, tak mudah terkikis dan tahan lama

Sesuai namanya, pick berikut mempunyai permukaan yang berbeda dengan pick lain. Bagian yang terlihat kasar dipermukaanya membuat pick ini antiselip. Terbuat dari bahan delrin yang terkenal kuat, licin, dan tahan lama, pick ini tidak akan mudah terkikis sehingga dijamin awet dipakai untuk jangka panjang.

Untuk ketebalan, produk berikut memiliki ukuran 0,5 mm yang sangat cocok untuk strokes kencang. Termasuk dalam bentuk teardrop (standar), produk ini nyaman dipakai untuk segala permainan. Untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil suara clean, produk berikut bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. D’Addario Classic Celluloid Wide, Shell-Color

2. D'Addario Classic Celluloid Wide, Shell-Color

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.499

Mudah digunakan pemula, hasilkan ‘suara’ gendut dan jelas

Pick berikut terbuat dari bahan seluloid yang punya sifat sangat smooth ketika bersentuhan dengan senar gitar. Untuk urusan bentuk, pick ini termasuk dalam kategori triangle pick alias segitiga. Jadi, Anda dapat menggunakan ketiga ujungnya untuk memetik senar.

Untuk ketebalan, pick berikut memiliki ketebalan 1,0 mm. Masuk dalam kategori heavy, Anda akan mendapatkan suara yang nyaring ketika menggunakan pick ini. Sebuah pick yang cocok untuk pemula yang banyak berkutat dengan strumming dan stroking.

1. Jim Dunlop Tortex Standard

1. Jim Dunlop Tortex Standard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.000

Fleksibel, dengan hasil suara yang nyaring

Memiliki bentuk teardrop, Dunlop Tortex Standard sangat luwes digunakan untuk berbagai macam gaya permainan. Masuk dalam kategori ketebalan heavy (1 mm) dan berbahan tortex, pick berikut punya karakter tebal dan fleksibel. Sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan petikan agresif dan cepat.

Populer digunakan para gitaris dari pemula sampai profesional, suara yang dihasilkan oleh petikan pick gitar ini sangat nyaring. Produk ini cocok digunakan untuk memainkan gitar listrik, akustik bahkan bass. Dalam satu kemasan ini, Anda akan mendapatkan 12 pick Dunlop Tortex. Produk ini adalah pilihan terbaik untuk para pemain gitar sejati!

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa setiap pick dapat menunjang karakter permainan seorang gitaris. Pastikan Anda membeli pick yang tepat, yang dapat mendukung permainan Anda. Setelah menemukan pick yang tepat, jangan lupa untuk berlatih setiap hari agar permainan gitar Anda semakin maksimal. Selamat memilih!