10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Pick gitar merupakan alat yang sangat penting bagi pemain gitar. Namun, memilih pick gitar yang cocok mungkin akan terasa menyulitkan bagi seorang pemula. Terlebih pick gitar memiliki beragam bentuk, ketebalan, serta material pembuat. Tentu hal tersebut semakin membingungkan Anda, bukan?

Sekarang, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih pick gitar. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi produk pilihan keluaran Jim Dunlop, D’Addario, Gravity, dan sebagainya untuk Anda. Kami harap rekomendasi kami dapat membantu Anda menemukan pick gitar yang pas. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pick gitar

Terdapat tiga poin yang harus diperhatikan dalam pemilihan pick gitar, yaitu bentuk, ketebalan, dan bahan yang digunakan. Namun, untuk pemula sebaiknya pilihlah pick yang mudah digenggam, tipis, dan tidak licin. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Pilih bentuk pick gitar yang paling sesuai

Bentuk pick gitar sangat bervariasi, terlebih jika kami menghitung pick yang bentuknya sudah dimodifikasi. Namun, pada dasarnya bentuk pick gitar dibagi menjadi enam jenis. Bagi pemain gitar level pemula hingga menengah, kami sarankan untuk memilih pick gitar bertipe teardrop atau segitiga (triangle).

Tipe teardrop, tipe standar yang banyak digunakan

Tipe teardrop, tipe standar yang banyak digunakan

Pick ini dinamakan teardrop karena bentuknya menyerupai tetesan air mata. Tipe ini merupakan tipe yang paling populer dan telah digunakan oleh banyak gitaris sejak dulu. Karena area yang bersentuhan dengan senar sangat kecil, Anda bisa memetik gitar atau picking dengan ringan. Pick ini dapat digunakan secara fleksibel dalam berbagai gaya permainan, seperti stroke, cutting, single tone, dan lain-lain.

Tipe segitiga (triangle), ketiga sisinya dapat digunakan

Tipe segitiga (triangle), ketiga sisinya dapat digunakan

Tipe segitiga ini berbentuk segitiga sama sisi. Area yang bersentuhan dengan senar sedikit lebar. Pick ini lebih cocok dimainkan dengan cara memainkan chord atau stroke daripada petikan satu nada. Semakin lama pick digunakan, tentu sisinya akan semakin terkikis. Namun, tipe ini sangat ekonomis karena Anda dapat memakai ketiga ujungnya sehingga tahan lebih lama dibanding tipe lainnya.

Tipe jazz, lebih runcing dari tipe teardrop dan banyak digunakan oleh gitaris jazz

Tipe jazz, lebih runcing dari tipe teardrop dan banyak digunakan oleh gitaris jazz

Sesuai namanya, tipe jazz merupakan jenis pick yang dikhususkan untuk gitaris jazz. Karena ukurannya lebih kecil daripada tipe lain, tipe ini digunakan untuk permainan arpeggio atau petikan single tone.  Selain itu, bentuknya lebih runcing dibanding tipe teardrop sehingga Anda dapat melakukan picking dengan tenaga minim.

Tipe home base, cocok untuk berbagai gaya permainan

Tipe home base, cocok untuk berbagai gaya permainan

Pick ini berbentuk segilima seperti bentuk home base pada permainan baseball. Pick ini tidak mudah mengalami power loss dan mudah memberi aksen pada permainan gitar. Belakangan tipe ini makin jarang peminatnya, tetapi dahulu The Beatles diketahui pernah menggunakan pick ini. Pick ini disarankan bagi Anda yang ingin bermain dengan berbagai gaya.

Circular pick, tidak mudah tersangkut ke senar

Circular pick, tidak mudah tersangkut ke senar

Circular pick adalah pick yang diproduksi oleh lbanez. Pick ini memiliki ciri tidak akan tersangkut ketika Anda sedang memetik gitar. Akan tetapi, jenis ini tidak cocok untuk gitar listrik. Umumnya tipe ini digunakan untuk ukulele, bass, atau gitar akustik yang memiliki suara mild. Sayangnya, di Indonesia sendiri masih sangat jarang ditemukan pick dengan bentuk semacam ini.

Thumb pick, cocok untuk permainan finger picking

Thumb pick, cocok untuk permainan finger picking

Thumb pick merupakan tipe pick yang digunakan dengan cara memasukkan pick pada ibu jari. Pick ini dibuat untuk gitaris yang melakukan permainan dengan cara finger picking. Umumnya, pick ini digunakan untuk permainan musik country. Namun, bila Anda sudah menguasainya, Anda bisa memakainya dalam model permainan lainnya. Anda bisa memainkannya pada senar bass, yaitu senar ke empat sampai ke enam dengan pick yang dipasang di ibu jari. Kemudian, arpeggio dimainkan dengan jari-jari lainnya.

Pilih ketebalan pick gitar yang paling cocok

Ketebalan pada pick sangat berpengaruh pada suara gitar yang akan dihasilkan. Pick yang tipis menghasilkan suara kecil dan lembut. Sebaliknya, pick tebal digunakan pada permainan agresif untuk menghasilkan suara yang besar.

Bagi pemula disarankan untuk menggunakan pick yang tipis. Jika menggunakan pick yang tebal ketika belum terbiasa, Anda bisa kesulitan. Hal ini disebabkan pick dapat tersangkut pada senar atau terpeleset ketika Anda memainkannya. Oleh karena itu, lebih baik Anda mempelajari cara picking yang benar terlebih dahulu.

Thin (soft) : 0,5 mm atau kurang

Thin (soft) : 0,5 mm atau kurang

Pick thin atau soft adalah pick yang memiliki ketebalan 0,5 mm atau kurang. Karena pick-nya cukup lentur, saat Anda melakukan picking hampir tidak terasa adanya resistensi. Bahkan jika Anda terlalu kuat memberi tenaga, stroke yang dihasilkan akan tetap terasa smooth. Anda pun bisa menggunakannya dalam waktu lama tanpa merasa lelah. Jadi, pick ini cocok untuk pemula yang ingin latihan picking.

Hanya saja, suaranya akan terlalu lemah bila gitar disambungkan pada amplifier. Jadi, bila Anda hendak menyambungkan gitar dengan amplifier, pilihlah ketebalan pick medium atau lebih.

Medium : Sekitar 0,6–0,8 mm

Medium : Sekitar 0,6–0,8 mm

Pick medium merupakan pick yang memiliki ketebalan sekitar 0,6-0,8 mm. Berbeda dengan thin, ketika Anda melakukan stroke, pick ini dapat tersangkut. Namun, ketebalan ini dapat dipakai dari tingkat pemula hingga profesional. Meski tidak disambung dengan amplifier, pick medium dapat mengeluarkan suara yang kuat. Jadi, jika Anda sudah cukup terbiasa melakukan picking, Anda bisa memilih ketebalan ini.

Hard (heavy) : Sekitar 0,9–1 mm

Hard (heavy) : Sekitar 0,9–1 mm

Pick dengan ketebalan hard (heavy) menghasilkan tolakan dari senar yang cukup besar. Karena dapat mengeluarkan suara yang jelas, ketebalan ini populer di kalangan gitaris dengan gaya cepat seperti single string playing atau shredding. Jika belum terbiasa, memang akan cukup sulit untuk digunakan sehingga tidak cocok bagi pemula. Gunakan pick ini ketika Anda sudah merasa yakin dapat mengatur tenaga pada permainan picking.

Extra heavy : Sekitar 1,15–2 mm

Extra heavy : Sekitar 1,15–2 mm

Pick extra heavy direkomendasikan untuk para gitaris level menengah sampai profesional. Hal ini dikarenakan tekanan dan beban pada senar lebih kuat ketimbang jenis ketebalan lainnya. Jika Anda tidak terbiasa menggunakannya, bisa-bisa malah dapat memutus senar ketika dimainkan.

Untuk mendapatkan feel saat memainkannya pun cukup sulit. Suara yang dihasilkan juga sangat nyaring dan kuat meski Anda hanya memainkan satu senar. Selain itu, pick ini tidak lentur sehingga diperlukan gerakan yang minim untuk melakukan picking. Bagi Anda yang ingin memainkan shredding dan musik metal, kami sangat merekomendasikan pick dengan ketebalan ini.

Pilih material pick yang nyaman di tangan Anda

Material pick dipengaruhi oleh dua hal, yaitu kelicinan pick dan tekstur ujung pick. Pilihlah pick yang nyaman dengan memperhatikan banyaknya keringat yang keluar dari tangan dan gaya Anda ketika bermain gitar. Bagi Anda yang belum terbiasa melakukan picking, pilihlah pick bermaterial seluloid. Hal ini disebabkan material tersebut bersifat ringan, tidak licin, dan mudah digunakan.

Sebenarnya, material pembuat pick bisa mencapai lebih dari 30 jenis. Akan tetapi, material utamanya adalah delapan macam bahan yang akan kami jelaskan berikut ini.

Seluloid, ringan dan tidak licin, tetapi mudah terkikis

Seluloid, ringan dan tidak licin, tetapi mudah terkikis

Seluloid merupakan jenis dari resin sintetis (plastik). Bahan ini paling umum ditemukan di pasaran serta memiliki ciri ringan dan tidak licin. Sentuhan pada senar dapat dilakukan dengan lancar dan suara yang dihasilkan pun halus. Bahan ini dapat digunakan dalam berbagai macam gaya permainan. Namun, terdapat satu kekurangan pada pick ini, yaitu mudah terkikis. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk membeli satu set saja.

Tortex, untuk pemilik tangan yang banyak berkeringat

Tortex, untuk pemilik tangan yang banyak berkeringat

Tortex merupakan material yang telah dikembangkan oleh Jim Dunlop. Permukaannya kesat dan tidak licin. Material ini populer terutama bagi orang yang tangannya banyak berkeringat. Berbeda dengan seluloid, material ini memiliki daya tahan yang lama dan memiliki keunggulan tidak mudah terkikis.

Delrin, sangat licin serta tahan air dan panas

Delrin, sangat licin serta tahan air dan panas

Delrin adalah material yang dikembangkan oleh DuPont di Amerika Serikat. Permukaannya sangat halus serta memiliki ketahanan tinggi terhadap air dan panas. Namun, karena permukaannya licin, pick berbahan ini kurang cocok untuk digunakan oleh pemilik tangan yang sering berkeringat.

Nylon, bahannya lentur dan cocok untuk permainan akustik

Nylon, bahannya lentur dan cocok untuk permainan akustik

Pick satu ini menggunakan material nylon yang biasa digunakan juga pada produk tekstil. Pick ini bersifat sangat lentur sehingga kekuatan sentuhannya pada senar tergolong lemah. Namun, Anda jadi bisa menghasilkan suara yang lembut dan bulat. Pick ini populer bagi gitaris akustik yang menginginkan suara jernih.

Ultem, karakteristiknya seperti kuku manusia

Ultem, karakteristiknya seperti kuku manusia

Pick yang menggunakan material ultem ini bersifat tahan gesekan dan awet. Material ultem disebut sebagai material yang paling dekat karakteristiknya dengan kuku manusia. Anda dapat menikmati permainan serasa menggunakan kuku sendiri. Jadi, material ini dapat menghasilkan nuansa suara yang halus dan berguna saat Anda bermain arpeggio bersuara jernih.

Polycarbonate, kuat dan tahan getaran

Polycarbonate, kuat dan tahan getaran

Polycarbonate adalah bahan yang juga digunakan untuk membuat CD serta DVD. Kelebihannya adalah keawetan dan ketahanannya terhadap getaran. Karena bahannya mirip kaca organik, Anda dapat menghasilkan suara yang unik ketika melakukan petikan agresif dengan pick ini.

Tortoise shell, tampak mewah dan menghasilkan suara yang khas

Tortoise shell, tampak mewah dan menghasilkan suara yang khas

Pick ini merupakan pick mewah yang terbuat dari bahan cangkang kura-kura. Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis pick yang lain. Banyak gitaris yang menggunakan pick ini karena dapat menghasilkan suara senar yang khas dan terkesan mewah.

Stainless steel (logam), untuk genre hardcore seperti metal atau slash

Stainless steel (logam), untuk genre hardcore seperti metal atau slash

Sesuai namanya, pick ini terbuat dari bahan stainless steel. Biasanya, pick ini digunakan untuk memberikan efek distorsi ketika melakukan sliding pick pada senar. Untuk pickingpick berikut menghasilkan suara yang terang dan apik dalam urusan cutting note. Karena itulah pick ini sangat cocok untuk genre metal atau slash. Sayangnya, senar gitar akan mudah putus jika Anda sering menggunakannya bersama pick berbahan ini.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik

Kami sudah menjelaskan cara pemilihan pick gitar. Kini, saatnya kami merekomendasikan sepuluh pick gitar terbaik. Pilihlah pick gitar yang ingin Anda gunakan.

10. Alice Stainless Steel

10. Alice Stainless Steel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.999

Gaya shredding atau cutting note semakin lantang dengan pick ini

Jika Anda ingin mencoba gaya shredding, cutting note, metal, bahkan rock, pilihlah pick ini sebagai teman belajar Anda. Produk ini dapat menghasilkan suara yang kencang, keras, serta sangat mendukung untuk permainan cepat. Tak hanya dapat digunakan oleh pemula, Anda yang profesional dan ingin mencari pick gitar berbeda juga bisa mencobanya.

Bentuk Teardrop
Material Stainless steel
Ketebalan 0,3 mm
Jumlah pick dalam satu paket Tidak disebutkan

9. Jim Dunlop Gator Grip Guitar Pick

9. Jim Dunlop Gator Grip Guitar Pick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 108.000

Grip yang tak mudah selip dengan permukaan matte

Produk ini memiliki permukaan yang matte sehingga Anda dapat menggenggamnya dengan baik tanpa selip. Tentunya bagi Anda yang memiliki tangan mudah berkeringat, pick antiselip ini cocok di tangan Anda. Selain itu, produk ini mempunyai ketebalan yang beragam sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan gaya bermain Anda.

Bentuk Teardrop
Material Tidak disebutkan
Ketebalan 0,58-2 mm
Jumlah pick dalam satu paket 12 pcs

8. D’Addario Classic Celluloid Pick Cellu-Glo

8. D'Addario Classic Celluloid Pick Cellu-Glo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.999

Dapat menyala dalam gelap, mudah dicari saat terjatuh

D’Addario memproduksi pick gitar unik yang dapat bersinar di kegelapan. Dengan material glow in the dark, pastinya akan memudahkan Anda untuk mencarinya saat pick terjatuh. Pick yang mencolok saat gelap ini pun sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil beda di atas panggung!

Bentuk Teardrop
Material Seluloid
Ketebalan 0,7 mm
Jumlah pick dalam satu paket Tidak disebutkan

7. Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III

7. Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 103.000

Rekonstruksi ulang dari koleksi pick sang legenda jazz Eric Johnson

Jika Anda seorang gitaris atau penggemar dari Eric Johnson, jadikan pick gitar ini sebagai salah satu koleksi Anda. Untuk membuat produk ini, Jim Dunlop me-laser scan versi vintage Jazz III dari koleksi pick Eric Johnson. Pastinya Anda akan merasa seperti seorang Eric Johnson saat sedang menggunakannya bermain gitar!

Bentuk Jazz
Material Tidak disebutkan
Ketebalan 1,34 mm
Jumlah pick dalam satu paket 6 pcs

6. Jim Dunlop Thumbpicks

6. Jim Dunlop Thumbpicks

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.000

Sempurna untuk bermain gitar, banjo, ukulele, sampai bass

Dengan menggunakan Dunlop Thumbpick ini, bermain alat musik petik apa pun menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan saat menggunakan produk ini, Anda dapat lebih mengontrol kekuatan petikan. Anda yang memainkan berbagai instrumen petik seperti gitar, banjo, ukulele, dan bass akan merasakan kemudahan bermain dengan pick ini.

Bentuk Thumb pick
Material Plastik (Seluloid)
Ketebalan Medium
Jumlah pick dalam satu paket Tidak disebutkan

5. PICKBOY Pos-A-Grip Rainbow Jazz

5. PICKBOY Pos-A-Grip Rainbow Jazz

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.999

Adanya permukaan berlubang bikin produk ini makin antiselip

Anda yang ingin tampil mencolok, pilihlah pick ini saat melakukan performa di atas panggung. Dilihat dari penampilannya, pick ini mempunyai bentuk dan warna yang unik. Terdapat dua belas lubang yang mencegah pick ini mudah terlepas dari jari Anda. Selain itu, warna pelanginya membuat pick ini jadi terlihat lebih cantik, bukan?

Bentuk Jazz
Material Polycarbonate
Ketebalan 1,5 mm
Jumlah pick dalam satu paket Tidak disebutkan

4. Clayton Blond Wood

4. Clayton Blond Wood

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.999

Dapat menghasilkan suara yang kaya dan ritme bass yang bagus

Pick ini dapat menghasilkan suara yang kaya dan bersih serta dapat menghilangkan suara kasar pada nada rendah. Tak hanya suaranya saja, bentuknya juga nyaman untuk digenggam. Bagi Anda yang suka memainkan gitar dengan suara rendah, kami sangat merekomendasikan untuk membeli produk ini.

Bentuk Teardrop
Material Kayu
Ketebalan Tidak disebutkan
Jumlah pick dalam satu paket 3 pcs

3. D’Addario DuraGrip – Super Light Gauge

3. D'Addario DuraGrip - Super Light Gauge

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.999

Tidak mudah terkikis dan tahan lama, partnernya gitar listrik

Material pengganti metal ini diklaim tidak mudah terkikis dan tahan lama. Selain itu, grip-nya memiliki permukaan yang kasar sehingga dapat digunakan juga oleh Anda yang tangannya mudah berkeringat. Pick yang tahan lama ini pastinya akan cocok digunakan untuk Anda yang sering memainkan gitar listrik.

Bentuk Teardrop
Material Delrin
Ketebalan 0,5 mm
Jumlah pick dalam satu paket Tidak disebutkan

2. D’Addario Wide Celluloid Pick Shell

2. D'Addario Wide Celluloid Pick Shell

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.499

Mudah digunakan oleh pemula dan menghasilkan suara ‘fat tone’ dan jelas

Pick ini dapat menghasilkan suara yang bernuansa natural, hangat, dan ‘fat tone’. Anda yang pemula dan sedang belajar teknik strumming, pick ini dapat menjadi teman belajar Anda. Selain itu, warnanya yang menyerupai cangkang penyu akan menambah kesan elegan pada pick ini.

Bentuk Segitiga (triangle)
Material Seluloid
Ketebalan 1 mm
Jumlah pick dalam satu paket Tidak disebutkan

1. Jim Dunlop Tortex Standard Guitar Pick

1. Jim Dunlop Tortex Standard Guitar Pick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Favorit semua pemain gitar, mulai dari pemula hingga profesional

Jika Anda mencari pick gitar yang awet dan nyaman saat digenggam maupun digunakan, pilihlah pick ini. Produk ini memiliki karakter tebal dan fleksibel yang dapat menghasilkan suara nyaring. Anda dapat menggunakan pick ini dalam berbagai macam permainan, terutama petikan agresif dan cepat. Tak heran banyak orang yang menjadikan pick ini sebagai favorit!

Bentuk Teardrop
Material Tortex
Ketebalan 0,5-1,14 mm
Jumlah pick dalam satu paket 12 pcs

Baca juga rekomendasi aksesori dan produk gitar lainnya di sini

Selain aksesori seperti pick gitar, ada juga berbagai produk gitar seperti gitar mini dan gitar akustik yang mungkin ingin Anda coba. Anda bisa menyesuaikannya dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Cek rekomendasi aksesori dan produk gitar lainnya pada artikel-artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pick gitar menghasilkan suara yang berbeda-beda berdasarkan material, ketebalan, dan bentuk. Tentu saja tidak apa-apa jika memilih pick gitar yang sama dengan gitaris favorit Anda. Akan tetapi, agar Anda semakin mahir dalam memainkan gitar, pilihlah pick gitar yang cocok untuk Anda. Silakan memilih pick favorit dengan memperhatikan level dan gaya permainan diri sendiri!