1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Bagi pemain gitar, pick menjadi perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Berkat pick gitar, petikan senar terdengar lebih jernih dan jelas. Pick gitar bisa digunakan untuk memainkan beragam jenis gitar, baik gitar listrik maupun gitar akustik. Anda pun harus menemukan pick gitar terbaik.


Saat ini ada beberapa merek yang membuat pick gitar, seperti Jim Dunlop, D’Addario, dan lainnya. Pick gitar ini tentu memiliki bentuk, ukuran, ketebalan, dan harga yang berbeda-beda. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak artikel ini untuk menemukan pick gitar yang bagus!

Diperbaharui 02-06-2023
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan Popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 31 Januari 2023)

Apa guna pick gitar?

Apa guna pick gitar?

Pick adalah peralatan yang digunakan untuk bermain gitar dengan cara diselipkan di antara ibu jari dan telunjuk. Nada petikan senar gitar menjadi lebih akurat bila menggunakan pick. Tidak hanya itu, pergerakan petikan dengan pick gitar dinilai lebih cepat daripada kuku jari.


Alasan lain banyak gitaris menggunakan pick gitar adalah untuk melindungi kuku dan jari mereka. Tidak semua orang dapat bermain gitar dalam waktu yang lama. Hal ini karena jari mereka lelah atau kukunya yang sakit. Berkat pick gitar, kuku jari pun tidak terkikis dan Anda dapat bermain gitar lebih lama. Jika Anda seorang pemain gitar, pick ini menjadi perlengkapan yang harus Anda miliki.

Cara memilih pick gitar

Terdapat tiga poin yang harus diperhatikan dalam pemilihan pick gitar, yaitu bentuk, ketebalan, dan bahan yang digunakan. Bacalah dengan teliti setiap poinnya dan temukan pick gitar yang sesuai dengan kemampuan dan gaya permainan Anda.

① Pilih bentuk pick gitar yang sesuai dengan style permainan Anda

Jika dilihat dari bentuknya, ada empat bentuk yang paling umum pada pick gitar. Bentuk pick gitar ini memengaruhi kenyamanan bermain serta teknik permainan gitar. Mari kita cari tahu satu per satu.

Teardrop pick, pick tipe standar yang banyak digunakan oleh gitaris

Pick ini dinamakan teardrop karena bentuknya yang menyerupai tetesan air mata. Tipe teardrop merupakan pick yang paling populer dan digunakan oleh banyak gitaris sejak dahulu.

Karena area bersentuhan dengan senar sangat kecil, Anda bisa lebih ringan saat memetik gitar atau picking. Pick ini dapat digunakan secara fleksibel dalam berbagai gaya permainan, seperti stroke, cutting, single tone, dan lain-lain.

Triangle pick, lebih awet karena ketiga sisinya dapat digunakan

Triangle pick, lebih awet karena ketiga sisinya dapat digunakan
Sumber: daddario.com
Triangle pick adalah pick gitar yang berbentuk segitiga sama sisi. Area yang bersentuhan dengan senar pada pick ini sedikit lebar. Karena itu, triangle pick lebih cocok untuk memainkan chord atau stroke daripada petikan satu nada.

Perlu diingat, makin lama pick digunakan, maka sisinya akan makin terkikis. Meskipun demikian, tipe ini adalah pick yang ekonomis. Hal ini disebabkan karena Anda dapat memakai ketiga ujungnya sehingga tahan lebih lama dibanding dengan tipe lainnya.

Jazz pick, bentuk lebih runcing dan banyak digunakan oleh gitaris jazz

Jazz pick, bentuk lebih runcing dan banyak digunakan oleh gitaris jazz
Sumber: davapick.com
Sesuai dengan namanya, pick tipe jazz didesain untuk memainkan musik-musik bernuansa jazzy. Anda dapat memainkan teknik arpeggio atau petikan single tone dengan mudah menggunakan pick ini.


Dari sisi ukuran, pick tipe jazz memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jenis lainnya. Kemudian, bentuknya juga lebih runcing dibandingkan tipe teardrop sehingga Anda dapat optimal melakukan picking dengan tenaga minim.

Thumb pick, cocok untuk permainan finger picking

Thumb pick, cocok untuk permainan finger picking
Sumber: daddario.com
Thumb pick digunakan dengan cara memasukkannya di ibu jari. Pick ini dibuat untuk gitaris yang melakukan permainan dengan cara finger picking. Umumnya pick ini digunakan untuk permainan musik country.

 

Namun, apabila sudah menguasainya, Anda bisa memakainya dalam model permainan lainnya. Anda bisa memainkannya pada senar bass (senar keempat sampai keenam) dengan pick yang dipasang di ibu jari. Kemudian, Anda dapat memainkan teknik arpeggio menggunakan jari-jari lainnya.

② Sesuaikan ketebalan pick gitar dengan kemampuan Anda bermain gitar

Ketebalan pick sangat berpengaruh pada suara gitar yang akan dihasilkan. Pick yang tipis menghasilkan suara kecil dan lembut. Sebaliknya, pick tebal digunakan pada permainan agresif untuk menghasilkan suara yang besar. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Thin (≤0,5 mm): Tidak lelah saat bermain gitar dalam waktu lama

Thin (≤0,5 mm): Tidak lelah saat bermain gitar dalam waktu lama
Pick thin atau soft adalah jenis yang memiliki ketebalan 0,5 mm atau kurang. Oleh sebab itu, pick ini cukup lentur sehingga hampir tidak terasa adanya resistensi saat Anda melakukan picking. Bahkan, meskipun Anda terlalu kuat memberi tenaga, stroke yang dihasilkan akan tetap terasa smooth.

 

Anda pun bisa menggunakan pick yang tipis ini dalam waktu lama tanpa merasa lelah. Karena itu, pick ini cocok untuk pemula yang ingin latihan picking. Hanya saja, suaranya akan terlalu lemah bila gitar disambung dengan amplifier. Jadi, bila Anda hendak menyambungkan gitar dengan amplifier, pilihlah ketebalan pick medium atau di atasnya.

Medium (0,6–0,8 mm): Bisa digunakan untuk semua kalangan, dari pemula hingga pro

Medium (0,6–0,8 mm): Bisa digunakan untuk semua kalangan, dari pemula hingga pro
Pick medium merupakan pick yang memiliki ketebalan 0,6–0,8 mm. Berbeda dengan ketebalan thin, pick ini dapat tersangkut ketika Anda melakukan stroke. Jika Anda pemula dan ingin mencoba ukuran ini, sebaiknya perbanyak latihan bermain gitar. Dengan demikian, Anda bisa segera beradaptasi dan mampu mengontrol picking.

 

Meski tidak disambung dengan amplifier, pick medium dapat mengeluarkan suara yang kuat. Jadi, jika Anda sudah cukup terbiasa melakukan picking, silakan memilih pick dengan ketebalan ini.

Heavy (0,9–1 mm): Nyaman melakukan teknik string playing

Heavy (0,9–1 mm): Nyaman melakukan teknik string playing
Pick dengan ketebalan kelas heavy mampu menghasilkan tolakan dari senar yang cukup besar. Oleh sebab itu, pick ini dapat mengeluarkan suara yang jelas. Tipe pick ini populer di kalangan gitaris dengan gaya cepat seperti single string playing atau shredding.

 

Meskipun demikian, bermain gitar menggunakan pick ini cukup rumit, terlebih jika Anda seorang pemula yang belum terbiasa. Gunakanlah jenis pick ini ketika Anda sudah merasa yakin dapat mengatur tenaga pada permainan picking.

Extra heavy (1,15–2 mm): Memudahkan melakukan teknis shredding

Extra heavy (1,15–2 mm): Memudahkan melakukan teknis shredding
Pick dengan ketebalan extra heavy direkomendasikan untuk para gitaris level menengah sampai profesional. Hal tersebut disebabkan karena tekanan dan beban pada senar saat menggunakan pick ini lebih kuat ketimbang jenis lainnya. Jika Anda tidak terbiasa menggunakannya, bisa-bisa malah dapat memutus senar ketika dimainkan.

Untuk mendapatkan feel saat memainkannya pun cukup sulit. Suara yang dihasilkan juga sangat nyaring dan kuat meski Anda hanya memainkan satu senar. Selain itu, pick ini tidak lentur sehingga diperlukan gerakan yang minim untuk melakukan picking. Bagi Anda yang ingin memainkan shredding dan musik metal, kami sangat merekomendasikan pick dengan ketebalan ini.

③ Pastikan ketebalan pick sesuai dengan jenis gitar Anda

Pastikan ketebalan pick sesuai dengan jenis gitar Anda

Setelah mengetahui ketebalan pick, ada baiknya untuk memastikan kecocokan pick dengan gitar Anda. Pick yang tipis lebih pas untuk gitar akustik, terutama jika Anda mencari tone halus dan tipis saat memainkannya. Tipisnya pick juga membuatnya makin enteng ketika diayun menggesek senar. Hal itu tentu amat membantu Anda yang baru belajar bermain gitar menggunakan pick.


Di sisi lain, pick tebal dapat memproduksi suara yang bulat dan nyaring. Untuk Anda yang telah terbiasa memakai pick untuk bermain gitar elektrik dengan tempo cepat, pilihlah pick tebal. Terlebih, jika Anda menyukai genre musik dengan lead agresif yang menggabungkan beragam distorsi. Dengan begitu, tone yang Anda hasilkan makin presisi dan solid.

④ Pastikan ketebalan pick sesuai dengan jenis gitar Anda

Pastikan ketebalan pick sesuai dengan jenis gitar Anda

Material pick memengaruhi kelicinan dan tekstur di bagian ujungnya. Karena itu, Anda perlu memilih pick gitar dengan material yang sesuai dengan karakteristik kulit tangan. Terlebih jika tangan Anda mudah berkeringat. Berikut jenis-jenis material yang sering digunakan untuk membuat pick serta karakteristiknya.


  • Seluloid
  • Bahan pick yang paling umum ditemukan di pasaran ini terbuat dari resin sintetis (plastik) yang ringan dan tidak licin. Suara yang dihasilkan dari sentuhan bahan ini pada senar pun halus. Bahan ini dapat digunakan dalam berbagai macam gaya permainan. Namun, pick ini mudah terkikis sehingga sebaiknya Anda membeli satu set langsung.


  • Tortex
  • Material yang telah dikembangkan oleh Jim Dunlop ini memiliki permukaan yang kesat dan tidak licin. Material ini populer terutama bagi orang yang tangannya banyak berkeringat. Berbeda dengan seluloid, material ini lebih tahan lama karena tidak mudah terkikis.


  • Delrin
  • Delrin adalah material yang dikembangkan oleh DuPont di Amerika Serikat. Permukaannya sangat halus serta memiliki ketahanan tinggi terhadap air dan panas. Namun, karena permukaannya licin, pick berbahan ini kurang cocok untuk digunakan oleh pemilik tangan yang sering berkeringat.


  • Ultem
  • Pick yang menggunakan material ultem bersifat tahan gesekan dan awet. Material ultem disebut sebagai material yang paling dekat karakteristiknya dengan kuku manusia. Jadi, material ini dapat menghasilkan nuansa suara yang halus dan berguna saat Anda bermain arpeggio bersuara jernih.


  • Polycarbonate
  • Polycarbonate adalah bahan yang juga digunakan untuk membuat CD serta DVD. Keawetan dan ketahanannya terhadap getaran adalah kelebihan material ini. Karena bahannya mirip kaca organik, Anda dapat menghasilkan suara unik ketika melakukan petikan agresif dengan pick ini.


  • Tortoise shell
  • Pick ini merupakan pick mewah yang terbuat dari bahan cangkang kura-kura. Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis pick yang lain. Banyak gitaris yang menggunakan pick ini karena dapat menghasilkan suara senar yang khas dan terkesan mewah.


  • Stainless steel
  • Pick berbahan ini biasanya digunakan untuk memberikan efek distorsi ketika melakukan sliding pick pada senar. Pick ini menghasilkan suara terang dan apik dalam urusan cutting note. Karena itulah, pick ini sangat cocok untuk genre metal atau slash. Sayangnya, senar gitar mudah putus jika Anda sering melakukan teknik itu menggunakan pick satu ini.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pick gitar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Jim Dunlop

John Petrucci Signature Jazz III Pick

Jim Dunlop  John Petrucci Signature Jazz III Pick 1枚目

Buat jari makin nyaman saat melody picking ala John Petrucci

2

Alice

Stainless Steel Pick Guitar

Alice Stainless Steel Pick Guitar 1枚目

Cocok untuk pencinta hardcore atau metalcore

3

D'Addario

Duralin Black Ice

D'Addario  Duralin Black Ice  1枚目

Pick gitar yang kukuh, stabil, dan tahan lama

4

Fender

Fender Celluloid Pick Guitar

Fender Fender Celluloid Pick Guitar 1枚目

Fleksibel untuk semua gaya bermain

5

Dunlop

TORTEX® FLEX™ Triangle Pick

Dunlop TORTEX® FLEX™ Triangle Pick 1枚目

Pick gitar kukuh untuk rhythm guitarist

6

Dava

Control Jazz Grips Delrin

Dava  Control Jazz Grips Delrin 1枚目

Didesain khusus untuk melatih skill bermain lagu-lagu jazz

7

PRS

Classic Tortoise Shell Pick (12 pcs)

PRS Classic Tortoise Shell Pick (12 pcs) 1枚目

Dapat menghasilkan efek suara yang lembut

8

D'Addario x Keith Urban

Keith Urban Signature Ultem Pick

D'Addario x Keith Urban Keith Urban Signature Ultem Pick 1枚目

Desain elegan! Membuat Anda makin percaya diri saat manggung

9

Splectrum

THUMP Warm Tone Guitar Pick

Splectrum  THUMP Warm Tone Guitar Pick 1枚目

Jari bebas gerah berkat lubang di tengah pick

10

Fred Kelly

Bumblebee Jazz Thumb Pick

Fred Kelly  Bumblebee Jazz Thumb Pick 1枚目

Sound petikan jadi makin tebal dan kencang

Perincian produk
Close
No.1

Jim Dunlop John Petrucci Signature Jazz III Pick

Mulai dari Rp15.000,00

Buat jari makin nyaman saat melody picking ala John Petrucci

Kelebihan:

  • Finishing matte membuat pick ini antiselip saat tangan Anda basah
  • Dapat menghasilkan tone warm berkat ketebalan dari pick ini

Kekurangan:

  • Bobot lebih berat dari material ultex berdiameter 1,5 mm
  • Tidak cocok untuk pemula yang baru belajar menggunakan pick karena pick cukup tebal saat digenggam

Pencinta John Petrucci tentu gemar mengikuti gaya bermain serta sound yang diciptakannya saat nge-lead, bukan? Agar permainan Anda makin terasa mirip idola, pick ini dapat membantu mewujudkannya. Signature Petrucci dari Jim Dunlop ini didesain detail dengan ujung runcing untuk mengoptimalkan speed saat bermain melodi.


Warnanya yang hitam dengan finishing matte membuat pick ini makin elegan dan keren. Tekstur matte yang agak kesat juga membuat jari basah tidak mudah selip ketika dipegang. Anda jadi makin optimal bermain ala Petrucci tanpa takut pick jatuh terlepas saat manggung. 

No.2

AliceStainless Steel Pick Guitar

Mulai dari Rp4.800,00

Cocok untuk pencinta hardcore atau metalcore

Kelebihan:

  • Pick yang amat tipis, tetapi kukuh dan stabil
  • Tidak mudah patah dan retak

Kekurangan:

  • Karena material stainless steel yang cukup tajam, senar rentan kikis dan putus apabila terlalu kencang menggesekannya

Anda pemain musik rock, seperti metalcore, hardcore, atau sejenisnya? Nah, kami rekomendasikan pick berbahan stainless steel ini agar sound gitar Anda makin gahar. Bahannya yang kukuh memudahkan Anda memainkan beragam teknik permainan musik keras. Anda dapat lebih maksimal dalam melakukan cutting note, shredding, dan sliding pick dengan pick ini, menarik bukan?




No.3

D'Addario Duralin Black Ice

Mulai dari Rp9.000,00

Pick gitar yang kukuh, stabil, dan tahan lama

Kelebihan:

  • Bahannya awet sehingga dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama
  • Permukaan pick halus sehingga nyaman di jari Anda
  • Bentuk teardrop-nya amat ramah untuk pemula yang baru belajar menggunakan pick

Kekurangan:

  • Dapat selip apabila tangan basah karena finishing-nya tidak matte

Bagi seorang pemula yang ingin meng-explore berbagai cara bermain gitar, pick hitam keren ini adalah pilihan tepat. Bahannya juga diklaim awet, tahan lama, dan tidak mudah terkikis. Bentuknya yang teardrop memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi berbagai gaya permainan gitar. Selain itu, teksturnya yang halus makin membuat Anda betah belajar gitar dalam waktu lama.

No.4

FenderFender Celluloid Pick Guitar

Mulai dari Rp4.900,00

Fleksibel untuk semua gaya bermain

Kelebihan:

  • Ada dua ketebalan yang dapat dipilih
  • Tersedia dalam banyak varian warna
  • Bobotnya ringan sehingga membuat Anda lebih luwes ketika menggesek gitar

Kekurangan:

  • Rawan patah apabila tertekuk berlebihan saat menggesek gitar karena material celluloid yang cukup tipis

Anda mencari pick yang dapat digunakan untuk segala gaya bermain? Pick Fender Classic ini dapat jadi pilihan. Bentuknya yang fleksibel cocok untuk segala gaya bermain gitar. Pick ini juga dapat digunakan berbagai kalangan, pemula, menengah, atau pro. Selain itu, terdapat dua ketebalan yang bisa Anda pilih, yakni thin (0,46 mm) dan medium (0,71 mm). 

No.5

DunlopTORTEX® FLEX™ Triangle Pick

Mulai dari Rp9.000,00

Pick gitar kukuh untuk rhythm guitarist

Kelebihan:

  • Sudut pick cukup runcing, cocok untuk menggesek gitar saat memainkan chord penuh
  • Bahannya tidak licin sehingga pas untuk Anda yang memiliki tangan mudah berkeringat

Kekurangan:

  • Kurang pas untuk Anda yang senang memainkan distorsi serta mencari tone noise karena material TORTEX yang padat dan rapat

Untuk seorang rhythm guitarist yang kerap menjaga ritme permainan band, Dunlop Tortex Flex adalah pick yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, bahannya yang kukuh membuat gesekan Anda makin stabil. Terlebih saat Anda memainkan chord penuh saat mengiringi lead guitarist bermain melodi. Dengan begitu, suara gitar yang dihasilkan lebih utuh dan rapat. 


Sumber: Tortex vs Ultex Plectrum Comparison (strongsounds.com)

No.6

Dava Control Jazz Grips Delrin

Mulai dari Rp22.000,00

Didesain khusus untuk melatih skill bermain lagu-lagu jazz

Kelebihan:

  • Terdapat pegangan karet di badan pick membuatnya nyaman saat digenggam serta tidak mudah selip
  • Ujung pick runcing, cocok untuk memainkan lead guitar yang detail

Kekurangan:

  • Karet dapat terkikis seiring dengan pemakaian yang intens

Memainkan lagu jazz dituntut lihai berpindah chord dan notasi, terutama untuk para lead guitarist. Berkat dari pick jazz Dava ini, petikan melodi Anda makin stabil. Desainnya fleksibel dengan grip karet di tengah pick sehingga nyaman digenggam. Selain itu, bentuknya yang ramping dengan ujung pick runcing makin memantapkan petikan melodi jazz Anda. 

No.7

PRSClassic Tortoise Shell Pick (12 pcs)

Mulai dari Rp65.000,00

Dapat menghasilkan efek suara yang lembut

Kelebihan:

  • Materialnya yang apik dapat menghasilkan sound tipis dan lembut saat dipakai memetik gitar
  • Pick ramping dan tipis sehingga amat pas untuk dimainkan bersama gitar akustik bersenar nilon

Kekurangan:

  • Rentan patah apabila terlalu kencang dipakai memetik gitar karena pick ramping dan tipis

Terbuat dari bahan tortoise shell, pick ini dapat menghasilkan efek suara petikan yang tipis dan lembut. Untuk Anda yang mendambakan karakter tone lembut kami rekomendasikan produk ini. Terlebih untuk Anda yang gemar bermain gitar akustik dengan senar nilon. Pick ini pun tersedia dalam tiga tingkat ketebalan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni thin, medium, dan heavy. 

No.8

D'Addario x Keith UrbanKeith Urban Signature Ultem Pick

Mulai dari Rp40.000,00

Desain elegan! Membuat Anda makin percaya diri saat manggung

Kelebihan:

  • Desain elegan dengan tiga pilihan warna yaitu grey, black, dan broken white
  • Ada grip di badan pick yang membuatnya tidak mudah selip saat dipakai

Kekurangan:

  • Kurang pas untuk Anda yang mendambakan tone warm karena pick tidak terlalu tebal

Desain yang elegan dari pick signature Keith Urban ini dapat membuat Anda makin percaya diri saat manggung. Anda juga dapat memilih tiga desain warna agar sesuai dengan gitar kesayangan, yakni grey, black, dan broken white. Selain itu, grip yang ada di badan pick membuat jari tidak mudah selip saat intens memetik gitar. Jika Anda ingin tampil keren di panggung, jangan lewatkan pick gitar ini, ya!

No.9

Splectrum THUMP Warm Tone Guitar Pick

Mulai dari Rp35.000,00

Jari bebas gerah berkat lubang di tengah pick

Kelebihan:

  • Jari bebas gerah karena ada lubang di tengah pick
  • Pas untuk tangan dengan jari yang besar karena dimensinya cukup besar, yakni 3,2 cm x 3,4 cm

Kekurangan:

  • Bobot lebih berat 
  • Diameter pick cukup tebal, yakni 2 mm sehingga kurang pas untuk permainan lambat yang mendambakan sound lembut

Tangan yang mudah berkeringat menyusahkan Anda saat bermain gitar menggunakan pick, bukan? Pick berukuran besar dari Splectrum ini memberikan solusi lewat lubang di tengah pick. Jari Anda jadi mudah menggenggam pick dan tentunya bebas dari rasa gerah.


Selain itu, pick buatan lokal ini amat pas jika Anda mendambakan tone yang lebih warm. Bahan akriliknya memberikan efek suara yang khas saat dipetikkan pada gitar kesayangan. Jadi, untuk Anda yang mencari pick buatan lokal dengan spesifikasi lumayan baik, pilihlah produk ini. 

No.10

Fred Kelly Bumblebee Jazz Thumb Pick

Mulai dari Rp100.000,00

Sound petikan jadi makin tebal dan kencang

Kelebihan:

  • Pemasangannya mudah, hanya perlu dikalungkan di ibu jari Anda
  • Memudahkan permainan petikan pada gitar klasik, akustik, atau elektrik

Kekurangan:

  • Butuh waktu agar terbiasa menggunakan pick jenis ini karena ketika memakainya harus dikalungkan di jari Anda

Anda senang bermain petikan? Nah, kami rekomendasikan pick satu ini. Thumb pick ini terbuat dari bahan delrin yang cukup tebal sehingga membuat sound petikan Anda terasa lebih nyaring. Karena pick ini dikalungkan di ibu jari, penggunaannya memang berfokus pada senar bernada rendah atau bass. Hal itu membuat petikan nada rendah sebagai pengatur tempo menjadi makin tebal terdengar.

Baca juga rekomendasi aksesori gitar lainnya di sini

Selain pick gitar, mungkin Anda juga sedang mencari aksesori gitar lainnya. Nah, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel mengenai aksesori gitar, seperti tuner dan capo. Simak penjelasan selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!


Kesimpulan

Pick membantu Anda mendapatkan suara yang bersih dan detail saat sedang bermain gitar. Pick juga menjaga kuku jari tidak rusak ketika Anda menggunakan gitar string, baik gitar akustik maupun elektrik.

Oleh sebab itu, penting untuk bermain gitar menggunakan pick yang tepat. Jika Anda masih bingung, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih pick gitar yang tepat. Bacalah setiap poinnya dengan saksama dan temukan pick ideal yang Anda butuhkan.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer