• 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pick Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Bagi pemain gitar, pick menjadi perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Berkat pick gitar, petikan senar terdengar lebih jernih dan jelas. Pick gitar bisa digunakan untuk memainkan beragam jenis gitar baik gitar listrik maupun gitar akustik. Anda pun harus menemukan pick gitar terbaik.


Saat ini, ada beberapa merek yang membuat pick gitar, seperti Jim Dunlop, D’Addario, dan lainnya. Pick gitar ini tentu memiliki bentuk, ukuran, ketebalan, dan harga berbeda-beda. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak artikel ini untuk menemukan pick gitar yang bagus!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
  • Pembaharuan terakhir: 22 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Apa guna pick gitar?

Apa guna pick gitar?

Pick adalah peralatan yang digunakan untuk bermain gitar dengan cara diselipkan di antara ibu jari dan telunjuk. Nada petikan senar gitar menjadi lebih akurat bila menggunakan pick. Tidak hanya itu, pergerakan petikan dengan pick gitar dinilai lebih cepat daripada kuku jari.


Alasan lain banyak gitaris menggunakan pick gitar adalah untuk melindungi kuku dan jari mereka. Tidak semua orang dapat bermain gitar dalam waktu yang lama. Hal ini karena jari mereka lelah atau kukunya yang sakit. Berkat pick gitar, kuku jari pun tidak terkikis dan Anda dapat bermain gitar lebih lama. Jika Anda seorang pemain gitar, pick ini menjadi perlengkapan yang harus Anda miliki.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pick gitar

Terdapat tiga poin yang harus diperhatikan dalam pemilihan pick gitar, yaitu bentuk, ketebalan, dan bahan yang digunakan. Bacalah dengan teliti setiap poinnya dan temukan pick gitar yang sesuai dengan kemampuan dan gaya permainan Anda.

Pilih bentuk pick gitar yang sesuai dengan style permainan Anda

Jika dilihat dari bentuknya, ada empat bentuk yang paling umum pada pick gitar. Bentuk pick gitar ini memengaruhi kenyamanan bermain serta teknik permainan gitar. Mari kita cari tahu satu per satu.

Teardrop pick, pick tipe standar yang banyak digunakan oleh gitaris

Pick ini dinamakan teardrop karena bentuknya yang menyerupai tetesan air mata. Tipe ini merupakan tipe yang paling populer dan digunakan oleh banyak gitaris sejak dahulu. Karena area yang bersentuhan dengan senar sangat kecil, Anda bisa memetik gitar atau picking dengan ringan. Pick ini dapat digunakan secara fleksibel dalam berbagai gaya permainan, seperti stroke, cutting, single tone, dan lain-lain.

Triangle pick, lebih awet karena ketiga sisinya dapat digunakan

Triangle pick, lebih awet karena ketiga sisinya dapat digunakan
Triangle pick adalah pick gitar yang berbentuk segitiga sama sisi. Area yang bersentuhan dengan senar pada pick ini sedikit lebar. Karena itu, triangle pick lebih cocok untuk memainkan chord atau stroke daripada petikan satu nada.

Perlu diingat, makin lama pick digunakan, maka sisinya akan makin terkikis. Meskipun demikian, ini adalah pick yang ekonomis. Hal ini karena Anda dapat memakai ketiga ujungnya sehingga tahan lebih lama dibanding tipe lainnya.

Jazz pick, bentuk lebih runcing dan banyak digunakan oleh gitaris jazz

Sesuai namanya, pick tipe jazz didesain untuk memainkan musik-musik bernuansa jazzy. Anda dapat memainkan teknik arpeggio atau petikan single tone dengan mudah menggunakan pick ini. Dari sisi ukurannya, pick tipe jazz memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jenis lainnya. Kemudian, bentuknya juga lebih runcing dibanding tipe teardrop sehingga Anda dapat melakukan picking dengan tenaga minim.

Thumb pick, cocok untuk permainan finger picking

Thumb pick, cocok untuk permainan finger picking
Thumb pick merupakan jenis pick yang digunakan dengan cara memasukkan pick pada ibu jari. Pick ini dibuat untuk gitaris yang melakukan permainan dengan cara finger picking. Umumnya, pick ini digunakan untuk permainan musik country

Namun, bila Anda sudah menguasainya, Anda bisa memakainya dalam model permainan lainnya. Anda bisa memainkannya pada senar bass, yaitu senar ke empat sampai ke enam, dengan pick yang dipasang di ibu jari. Kemudian, Anda dapat memainkan teknik arpeggio menggunakan jari-jari lainnya.

Sesuaikan ketebalan pick gitar dengan kemampuan Anda bermain gitar

Ketebalan pick sangat berpengaruh pada suara gitar yang akan dihasilkan. Pick yang tipis menghasilkan suara kecil dan lembut. Sebaliknya, pick tebal digunakan pada permainan agresif untuk menghasilkan suara yang besar. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Thin (≤0,5 mm), tidak lelah saat bermain gitar dalam waktu lama

Thin (≤0,5 mm), tidak lelah saat bermain gitar dalam waktu lama
Pick thin atau soft adalah pick yang memiliki ketebalan 0,5 mm atau kurang. Maka dari itu, pick ini cukup lentur sehingga hampir tidak terasa adanya resistensi saat Anda melakukan picking. Bahkan, jika Anda terlalu kuat memberi tenaga, stroke yang dihasilkan akan tetap terasa smooth

Anda pun bisa menggunakan pick yang tipis ini dalam waktu lama tanpa merasa lelah. Karena itu, pick ini cocok untuk pemula yang ingin latihan picking. Hanya saja, suaranya akan terlalu lemah bila gitar disambungkan pada amplifier. Jadi, bila Anda hendak menyambungkan gitar dengan amplifier, pilihlah ketebalan pick medium atau di atasnya.

Medium (0,6–0,8 mm), bisa digunakan untuk semua kalangan, dari pemula hingga pro

Medium (0,6–0,8 mm), bisa digunakan untuk semua kalangan, dari pemula hingga pro
Pick medium merupakan pick yang memiliki ketebalan 0,6–0,8 mm. Berbeda dengan ketebalan thinpick ini dapat tersangkut ketika Anda melakukan stroke. Jika Anda pemula dan ingin mencoba ukuran ini, sebaiknya perbanyak latihan bermain gitar. Dengan demikian, Anda bisa segera beradaptasi dan mampu mengontrol picking. 

Meski tidak disambung dengan amplifier, pick medium dapat mengeluarkan suara yang kuat. Jadi, jika Anda sudah cukup terbiasa melakukan picking, Anda bisa memilih pick dengan ketebalan ini.

Heavy (0,9–1 mm), nyaman melakukan teknik string playing

Heavy (0,9–1 mm),  nyaman melakukan teknik string playing
Pick dengan ketebalan kelas heavy mampu menghasilkan tolakan dari senar yang cukup besar. Maka dari itu, pick ini dapat mengeluarkan suara yang jelas. Tipe pick ini populer di kalangan gitaris dengan gaya cepat seperti single string playing atau shredding

Meskipun demikian, bermain gitar menggunakan pick ini cukup rumit, terlebih jika Anda seorang pemula yang belum terbiasa. Gunakanlah jenis pick ini ketika Anda sudah merasa yakin dapat mengatur tenaga pada permainan picking.

Extra heavy (1,15–2 mm), memudahkan melakukan teknis shredding

Extra heavy (1,15–2 mm), memudahkan melakukan teknis shredding
Pick dengan ketebalan extra heavy direkomendasikan untuk para gitaris level menengah sampai profesional. Hal tersebut karena tekanan dan beban pada senar saat menggunakan pick ini lebih kuat ketimbang jenis lainnya. Jika Anda tidak terbiasa menggunakannya, bisa-bisa malah dapat memutus senar ketika dimainkan.

Untuk mendapatkan feel saat memainkannya pun cukup sulit. Suara yang dihasilkan juga sangat nyaring dan kuat meski Anda hanya memainkan satu senar. Selain itu, pick ini tidak lentur sehingga diperlukan gerakan yang minim untuk melakukan picking. Bagi Anda yang ingin memainkan shredding dan musik metal, kami sangat merekomendasikan pick dengan ketebalan ini.

Lihat material pick dan pilih jenis yang nyaman di tangan Anda

Lihat material pick dan pilih jenis yang nyaman di tangan Anda

Material pick memengaruhi kelicinan dan tekstur pada ujung pick. Maka dari itu, Anda perlu memilih pick gitar dengan material yang sesuai dengan karakteristik kulit tangan Anda. Terlebih jika tangan Anda mudah berkeringat. Berikut jenis-jenis material yang sering digunakan untuk membuat pick serta karakteristiknya.


  • Seluloid

Bahan pick yang paling umum ditemukan di pasaran ini terbuat dari resin sintetis (plastik) yang ringan dan tidak licin. Sentuhan pada senar dapat dilakukan dengan lancar dan suara yang dihasilkan pun halus. Bahan ini dapat digunakan dalam berbagai macam gaya permainan. Namun, pick ini mudah terkikis sehingga sebaiknya Anda membeli satu set langsung.


  • Tortex

Material yang telah dikembangkan oleh Jim Dunlop ini memiliki permukaan yang kesat dan tidak licin. Material ini populer terutama bagi orang yang tangannya banyak berkeringat. Berbeda dengan seluloid, material ini lebih tahan lama karena tidak mudah terkikis.


  • Delrin

Delrin adalah material yang dikembangkan oleh DuPont di Amerika Serikat. Permukaannya sangat halus serta memiliki ketahanan tinggi terhadap air dan panas. Namun, karena permukaannya licin, pick berbahan ini kurang cocok untuk digunakan oleh pemilik tangan yang sering berkeringat.


  • Ultem

Pick yang menggunakan material ultem bersifat tahan gesekan dan awet. Material ultem disebut sebagai material yang paling dekat karakteristiknya dengan kuku manusia. Jadi, material ini dapat menghasilkan nuansa suara yang halus dan berguna saat Anda bermain arpeggio bersuara jernih.


  • Polycarbonate

Polycarbonate adalah bahan yang juga digunakan untuk membuat CD serta DVD. Keawetan dan ketahanannya terhadap getaran adalah kelebihan material ini. Karena bahannya mirip kaca organik, Anda dapat menghasilkan suara unik ketika melakukan petikan agresif dengan pick ini.


  • Tortoise shell

Pick ini merupakan pick mewah yang terbuat dari bahan cangkang kura-kura. Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis pick yang lain. Banyak gitaris yang menggunakan pick ini karena dapat menghasilkan suara senar yang khas dan terkesan mewah.


  • Stainless steel 

Pick berbahan stainless steel biasanya digunakan untuk memberikan efek distorsi ketika melakukan sliding pick pada senar. Pick ini menghasilkan suara terang dan apik dalam urusan cutting note. Karena itulah pick ini sangat cocok untuk genre metal atau slash. Sayangnya, senar gitar akan mudah putus jika Anda sering melakukan teknik tersebut menggunakan pick ini.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pick gitar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
BentukTeardrop
MaterialTritan Copolyester
Ketebalan2,5 mm
Pick set6
9

D'Addario x Keith UrbanKeith Urban Signature Ultem Pick

Mulai dari Rp 41.999,00

BentukTeardrop
MaterialUltem
Ketebalan0,7 mm, 1 mm, 1,65 mm
Pick set5
8

Tusq Pick Guitar Teardrop

05-88

Mulai dari Rp 16.000,00

BentukTeardrop
MaterialTidak disebutkan
Ketebalan0,88 mm
Pick setTidak disebutkan
7
BentukJazz
MaterialKomposit polycarbonate
Ketebalan 1,5 mm
Pick setTidak disebutkan
6

D'Addario Duralin Black Ice

3DBK6-10

Mulai dari Rp 16.000,00

BentukJazz
MaterialDuralin/Delrin
Ketebalan0,55 mm, 0,8 mm, 1,1 mm, 1,5 mm
Pick set10, 25, 100
5
BentukJazz
MaterialDelrin
KetebalanTidak disebutkan
Pick setTidak disebutkan
4
BentukTeardrop
MaterialStainless steel
Ketebalan0,3 mm
Pick set12
3

Jim Dunlop Tri Stubby Triangle

473R USA

Mulai dari Rp 14.990,00

BentukTriangle
MaterialLexan
Ketebalan3,0 mm
Pick setTidak disebutkan
2

Alice Set Finger & Thumb Pick Celluloid

Mulai dari Rp 39.999,00

BentukThumb pick
MaterialCelluloid
KetebalanTidak disebutkan
Pick setTidak disebutkan
1

Jim Dunlop John Petrucci Signature Jazz III Pick

427PJP

Mulai dari Rp 37.600,00

BentukJazz
MaterialUltex
Ketebalan1,5 mm
Pick setTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk pick gitar terbaik

Gambar produk
1
Jim Dunlop  John Petrucci Signature Jazz III Pick 1

Jim Dunlop

2
Alice  Set Finger & Thumb Pick Celluloid 1

Alice

3
Jim Dunlop  Tri Stubby Triangle 1

Jim Dunlop

4
Alice Stainless Steel Pick Guitar 1

Alice

5
Dava  Control Jazz Grips Delrin 1

Dava

6
D'Addario  Duralin Black Ice  1

D'Addario

7
Pickboy  Pos-A-Grip Rainbow Jazz 1

Pickboy

8
Tusq  Pick Guitar Teardrop 1

Tusq

9
D'Addario x Keith Urban Keith Urban Signature Ultem Pick 1

D'Addario x Keith Urban

10
Ibanez PJTC1 1

Ibanez

Nama produk

John Petrucci Signature Jazz III Pick

Set Finger & Thumb Pick Celluloid

Tri Stubby Triangle

Stainless Steel Pick Guitar

Control Jazz Grips Delrin

Duralin Black Ice

Pos-A-Grip Rainbow Jazz

Pick Guitar Teardrop

Keith Urban Signature Ultem Pick

PJTC1

Keunggulan

Buat jari makin nyaman saat melody picking ala John Petrucci

Multifungsi untuk berbagai alat musik petik: gitar, banjo, ukulele, dan bass

Temukanlah feel permainan yang nyaman dengan triangle pick

Mainkan musik-musik keras makin lantang dengan pick ini

Didesain khusus untuk melatih skill bermain lagu-lagu jazz

Pick gitar yang kukuh, stabil, dan tahan lama

Jari Anda mudah berkeringat? Gunakan pick antiselip ini

Ketebalan yang pas untuk semua kalangan

Desain elegan! Tidak nanggung saat dipakai manggung

Tingkatkan speed permainan Anda dengan pick yang nyaman

Harga mulai dariRp 37.600,00Rp 39.999,00Rp 14.990,00Rp 5.000,00Rp 22.000,00Rp 16.000,00Rp 28.990,00Rp 16.000,00Rp 41.999,00Rp 130.000,00
BentukJazz Thumb pickTriangleTeardropJazz JazzJazzTeardropTeardropTeardrop
MaterialUltexCelluloidLexanStainless steelDelrinDuralin/DelrinKomposit polycarbonateTidak disebutkanUltem Tritan Copolyester
Ketebalan1,5 mm Tidak disebutkan3,0 mm0,3 mmTidak disebutkan0,55 mm, 0,8 mm, 1,1 mm, 1,5 mm 1,5 mm0,88 mm 0,7 mm, 1 mm, 1,65 mm2,5 mm
Pick setTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan12Tidak disebutkan10, 25, 100Tidak disebutkanTidak disebutkan56
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesori gitar lainnya di sini

Selain pick gitar, mungkin Anda juga sedang mencari aksesori gitar lainnya. Nah, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai aksesori gitar, seperti tuner, capo, stand, dan lainnya. Simak penjelasan selengkapnya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Pick membantu Anda mendapatkan suara yang bersih dan detail saat sedang bermain gitar. Pick juga menjaga kuku jari tidak rusak ketika Anda menggunakan gitar string, baik gitar akustik maupun elektrik.

 

Maka dari itu, penting untuk bermain gitar menggunakan pick yang tepat. Jika Anda masih bingung, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih pick gitar yang tepat. Bacalah setiap poinnya dengan saksama dan temukan pick ideal yang Anda butuhkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suaranya yang merdu dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam sebuah lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai jenis serta seri gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, jika Anda belajar pada tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam berdasarkan bahan, jenis senar, dan pegs-nya.Kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada dan material pembuatnya. kami juga memberikan rekomendasi merek ukulele yang bagus, seperti Mahalo Ukuleles dan Mandalika Music. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori