• 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020)

Kulit kombinasi memang sulit dirawat. Jenis kulit ini mudah terpengaruh oleh cuaca yang tidak bersahabat, gaya hidup tidak sehat, dan kondisi fisik yang menurun. Perawatan yang tepat sangat Anda perlukan demi menjaga kesehatan kulit kombinasi.

Nah, facial foam seerti apakah yang cocok dan aman untuk tipe kulit kombinasi Anda? Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan tips memilih facial foam untuk kulit kombinasi sekaligus merekomendasikan produk terbaik dari merek dari Dove, Laneige, Cetaphil, dan lainnya. Yuk, disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 172.501 Views
Daftar isi

Cara memilih facial foam untuk kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi sering kali kesulitan dalam memilih pembersih wajah. Hal ini wajar karena kulit kombinasi memiliki kondisi kulit yang tidak merata. Bisa saja sebagian kulit terasa kering, sedangkan bagian lainnya berminyak. Selain itu, ada pula kombinasi berupa kulit kering dan kulit normal.
Meskipun sering dianggap wajar, sebenarnya tipe ini merupakan campuran dari beberapa masalah kulit yang keluhannya dapat berbeda-beda untuk tiap orang. Di bawah ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih facial foam untuk kulit kombinasi.

Pilihlah berdasarkan tipe kulit Anda

Secara kasatmata, kulit kombinasi dapat dikenali dengan mudah. Anda dapat melihat sebagian wajah yang tampak berminyak dan sebagian wajah yang tampak kering. Namun, ternyata kulit kombinasi tidak sesederhana itu. Jika diamati lebih saksama, sebenarnya ada banyak tipe kulit kombinasi.
Selanjutnya, kami akan menjelaskan mengenai tipe kulit kombinasi. Kenalilah kulit Anda agar dapat memilih produk yang tepat!

Kulit kombinasi normal dan berminyak: Pilih yang melembapkan sekaligus mengurangi sebum

Kulit kombinasi normal dan berminyak: Pilih yang melembapkan sekaligus mengurangi sebum
Apabila kulit Anda tergolong normal, tetapi berminyak di zona T, sebenarnya Anda memiliki jenis kulit kombinasi normal dan berminyak. Umumnya, zona T memang memiliki banyak kelenjar sebasea, yakni kelenjar yang melepaskan sebum yang berguna untuk melembapkan kulit. Namun, penyebab kelebihan minyak di zona T pada kulit kombinasi tidak hanya terjadi akibat kelenjar sebasea. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kulit yang awalnya terlalu kering.
Pada kondisi kulit yang kering sekaligus berminyak, Anda memerlukan pembersih yang dapat mengurangi sebum, tetapi juga melembapkan. Pilihlah pembersih yang dapat mengangkat sisa sebum yang menyumbat pori-pori secara lembut dan memberikan kelembapan setelah Anda cuci muka. Setelahnya, Anda dapat mengaplikasikan pelembap di bagian kulit Anda yang tidak berminyak. Lalu, untuk bagian kulit yang mudah berminyak, Anda dapat menambahkan sedikit moisture milk pada bagian tersebut.

Kulit kombinasi normal dan kering: Pilih yang daya pembersihnya tidak terlalu kuat

Kulit kombinasi normal dan kering: Pilih yang daya pembersihnya tidak terlalu kuat
Zona T adalah daerah yang berminyak untuk sebagian orang. Namun, untuk kulit kombinasi normal dan kering, zona U Anda akan terasa lebih kering. Untuk zona ini, kekeringan tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kelembapan, tetapi juga kekeringan di lapisan kulit yang lebih dalam. Kondisi yang kering tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum dari yang kulit Anda butuhkan guna menghindari kekeringan yang lebih parah.
Jika itu terjadi, kulit Anda akan mengalami kekeringan sekaligus berminyak. Namun sebelum kulit berubah menjadi berminyak, kulit akan terlihat kering pecah-pecah. Pada tahap ini, jenis kulit Anda adalah kulit kombinasi normal dan kering. Untuk mengatasinya, Anda perlu facial foam yang tidak terlalu kuat daya pembersihnya sehingga tidak menghilangkan lebih banyak sebum. Pilihlah pembersih yang tidak berisiko menghilangkan kelembapan alami. Setelahnya, jangan lupa gunakan produk pelembap untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Kulit kombinasi kering dan berminyak: Pilih yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori

Kulit kombinasi kering dan berminyak: Pilih yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori
Inilah tipe kulit kombinasi yang paling sulit ditangani. Kulit kombinasi perpaduan antara kulit kering dan berminyak cenderung mudah berjerawat, bahkan di zona U yang umumnya memproduksi sebum cukup rendah. Dimulai dengan menurunnya produksi sebum dan tingkat perlindungan kulit, lalu kulit pun menjadi sensitif terhadap rangsangan dari luar. Kondisi kulit Anda akan makin memburuk jika diperparah dengan stres, gangguan keseimbangan hormon, penyakit, dan gaya hidup yang tidak sehat. Alhasil, masalah jerawat akan makin sulit diatasi.
Selain itu, tipe kulit ini biasanya juga mengalami peradangan berikut kulit yang terasa kasar. Untuk kondisi ini, diperlukan pembersih yang dapat membersihkan pori-pori. Kelembapan tambahan pun diperlukan sesuai dengan kondisi kulit di masing-masing bagian. Berikanlah sedikit kelembapan tambahan di zona T dan lebih banyak kelembapan di zona U.

Cek komposisi bahan pembersih wajah Anda

Cek komposisi bahan pembersih wajah Anda
Sebenarnya, kulit kombinasi dikatakan sebagai jenis kulit yang paling bebas masalah, kedua setelah kulit normal. Meskipun begitu, kulit kombinasi tetap memerlukan perawatan khusus yang berbeda dengan kulit normal. Untuk langkah selanjutnya, perhatikanlah bahan yang terkandung dalam pembersih wajah Anda.
Sabun pembersih wajah tipe batangan umumnya mengandung bahan yang lebih alami dibandingkan facial foam. Namun, sabun batangan padat ini memiliki daya pembersih yang kuat sehingga berpotensi mengikis terlalu banyak sebum yang justru diperlukan oleh kulit kombinasi.
Beberapa bahan sintetis dalam facial foam dapat mempertahankan kelembapan kulit. Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi normal dapat memilih tipe sabun pembersih wajah batangan. Namun, jika Anda sangat bermasalah dengan kulit kering sekaligus berjerawat, pilihlah facial foam yang mengandung bahan alami dan pelembap lebih banyak. Untuk itu, periksalah kandungan dari facial foam yang Anda pilih.

Periksa kuantitas busa yang dihasilkan

Periksa kuantitas busa yang dihasilkan
Terlepas dari apa pun tipe kulit Anda, memilih produk kecantikan selalu membutuhkan pertimbangan. Misalnya, saat Anda membutuhkan facial foam dengan scrub, pembersih semacam ini berpotensi menyebabkan ruam di wajah jika tidak dibarengi dengan busa yang melimpah. Maka dari itu, Anda perlu memeriksa apakah facial foam tersebut mampu menghasilkan busa yang cukup. Meski pembersih wajah Anda menghasilkan banyak busa, hindarilah menggosok dengan keras saat mencuci muka.
Banyak atau sedikitnya busa yang dihasilkan suatu pembersih wajah tidak dapat dipastikan hanya dengan mengetahui komposisinya saja. Agar lebih yakin, Anda bisa menyimak ulasan para pengguna yang banyak tersedia secara online. Menggunakan net penghasil busa juga salah satu pilihan untuk menambah kuantitas busa yang dihasilkan produk pilihan Anda.

Pertimbangkan juga ukuran kemasannya

Pertimbangkan juga ukuran kemasannya
Produsen pembersih wajah saat ini cenderung mengurangi sebanyak mungkin zat kimia yang digunakan di dalam produknya. Beberapa produk menggunakan asam amino sebagai bahan pembersihnya. Ada juga yang mengurangi atau tidak menggunakan bahan pengawet sintetis sama sekali. Hal tersebut akan menguntungkan bagi kulit. Namun, produk tersebut cenderung tidak dapat bertahan lama. Solusinya, simpanlah selalu produk di tempat yang dianjurkan agar kualitasnya tetap terjaga.
Untuk menjaga kulit tetap sehat, bersihkanlah wajah secukupnya saja seperti hanya pada pagi atau malam hari. Dalam memilih facial foam, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kemasannya berdasarkan frekuensi Anda mencuci muka. Menyimpan produk dalam kemasan besar dalam jangka waktu yang lama juga berpotensi menurunkan kualitasnya. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah kemasan yang sekiranya dapat habis dipakai dalam 1-2 bulan pemakaian.

10 Rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kombinasi

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kombinasi. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai bagi kulit kombinasi Anda!
10
Jenis kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaPetrolatum, glycerin, dll
BusaBusa mudah dibuat dengan tangan dan mencampurkan air
Isi50 g
9

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Rp 21.200,00

Jenis kulitKombinasi normal dan kering
Bahan utamaTidak disebutkan
BusaTidak disebutkan
Isi50 ml
8
Jenis kulitKombinasi berminyak dan kering
Bahan utamaNeem, turmeric
BusaTidak disebutkan
Isi50 ml
7

Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

Rp 130.000,00

Jenis kulitKombinasi normal dan kering
Bahan utamaSari lidah buaya, petitgrain, lavender, bunga kenanga
BusaTidak disebutkan
Isi220 ml
6
Jenis kulitKombinasi berminyak dan kering
Bahan utamaTriethanolamine myristic acid C9-15, alkyl phosphate, lauric acid glycerin, dll
BusaGosok hingga berbusa lembut di telapak tangan yang basah
Isi100 ml
5
Jenis kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaEkstrak tanaman ayurvedic, panthenol
BusaCampurkan dengan air untuk menghasilkan busa yang lembut menyegarkan
Isi125 ml
4
Jenis kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaBuah lici alami dan air laut dalam
BusaTidak disebutkan
Isi230 ml
3

Sebapharma Sebamed Facial Cleanser For Oily and Combination Skin

Rp 188.000,00

Jenis kulitKombinasi berminyak dan kering
Bahan utamaHamamelis virgiana, panthenol
BusaTidak disebutkan
Isi150 ml
2
Jenis kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaPEG-200 hydrogenated glyceryl palmate, peg-7 glyceryl cocoate, sodium lauroyl sarcosinate, glycerin, panthenol, dll
BusaSedikit busa
Isi125 ml
1
Jenis kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaBahan kompleks Fluidactiv, sulfat zinc, sulfat tembaga
BusaSedikit busa
Isi100 ml

Tabel perbandingan produk facial foam terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
Bioderma Sébium Gel Moussant 1

Bioderma

2
Cetaphil  Oily Skin Cleanser 1

Cetaphil

3
Sebapharma Sebamed  Facial Cleanser For Oily and Combination Skin 1

Sebapharma Sebamed

4
Laneige Fresh Calming Gel Cleanser 1

Laneige

5
Jafra  Advance Dynamics Balancing Cleanser 1

Jafra

6
Johnson & Johnson  Clean & Clear Foaming Face Wash 1

Johnson & Johnson

7
Sensatia Botanicals  Original Soapless Facial Cleanser 1

Sensatia Botanicals

8
Himalaya Herbals  Purifying Neem Face Wash 1

Himalaya Herbals

9
Rohto  Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash 1

Rohto

10
Dove  Deep Pure Facial Foam 1

Dove

Nama produk

Sébium Gel Moussant

Oily Skin Cleanser

Facial Cleanser For Oily and Combination Skin

Fresh Calming Gel Cleanser

Advance Dynamics Balancing Cleanser

Clean & Clear Foaming Face Wash

Original Soapless Facial Cleanser

Purifying Neem Face Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Deep Pure Facial Foam

Keunggulan

Mengatasi kulit kombinasi yang disertai noda

Kadar pH seimbang guna menjaga dan kurangi penuaan dini

Memberikan nutrisi sekaligus menenangkan kulit sensitif

Formula yang menyejukkan dan mengembalikan kesehatan kulit Anda

Membersihkan sekaligus mencerahkan kulit wajah Anda

Kulit kombinasi berjerawat plus berkomedo? Atasi dengan produk ini

Membersihkan tanpa mengikis minyak alami kulit Anda

Pembersih antibakteri tanpa memberi rasa kering berlebih

Total membersihkan tanpa menyebabkan kulit kering

Atasi kotoran dan minyak berlebih hingga ke pori-pori

HargaRp 110.000,00Rp 137.900,00Rp 188.000,00Rp 275.000,00Rp 107.500,00Rp 10.000,00Rp 130.000,00Rp 19.900,00Rp 21.200,00Rp 10.000,00
Jenis kulitKombinasi normal dan berminyakKombinasi normal dan berminyakKombinasi berminyak dan keringKombinasi normal dan berminyakKombinasi normal dan berminyakKombinasi berminyak dan keringKombinasi normal dan keringKombinasi berminyak dan keringKombinasi normal dan keringKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaBahan kompleks Fluidactiv, sulfat zinc, sulfat tembagaPEG-200 hydrogenated glyceryl palmate, peg-7 glyceryl cocoate, sodium lauroyl sarcosinate, glycerin, panthenol, dllHamamelis virgiana, panthenolBuah lici alami dan air laut dalamEkstrak tanaman ayurvedic, panthenol Triethanolamine myristic acid C9-15, alkyl phosphate, lauric acid glycerin, dllSari lidah buaya, petitgrain, lavender, bunga kenangaNeem, turmericTidak disebutkanPetrolatum, glycerin, dll
BusaSedikit busaSedikit busaTidak disebutkanTidak disebutkanCampurkan dengan air untuk menghasilkan busa yang lembut menyegarkanGosok hingga berbusa lembut di telapak tangan yang basahTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanBusa mudah dibuat dengan tangan dan mencampurkan air
Isi100 ml125 ml150 ml230 ml125 ml100 ml220 ml50 ml50 ml50 g
Tautan produk

Baca juga rekomendasi essense dan face emulsion untuk kulit kombinasi di sini!

Jika Anda sudah menemukan facial foam yang tepat bagi kulit kombinasi Anda, saatnya untuk mempertimbangkan produk perawatan setelah pembersihan wajah. Essense dan face emulsion tentu akan cocok untuk memberikan nutrisi dan kelembapan lebih bagi kulit kombinasi Anda setelah mencuci wajah. Tertarik? Bacalah artikel rekomendasi essense dan face emulsion untuk kulit kombinasi di bawah ini!

Kesimpulan

Berhubung setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda, sabun pembersih yang digunakan pun akan berbeda pula. Nah, kami sudah menghadirkan sepuluh pilihan facial foam terbaik yang kami rekomendasikan untuk kulit kombinasi Anda.
Begitu banyak produk pembersih yang dijual di pasaran barangkali membuat Anda galau dalam memilih. Anda bisa menjadikan artikel kami sebagai acuan untuk mendapatkan facial foam yang mampu membersihkan dan merawat wajah Anda secara optimal. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    620.747 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    476.951 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    168.096 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    398.666 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah sedikit saja, kulit malah bisa jadi berjerawat. Untuk menghindarinya, peran toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare Anda. Selain bisa mengembalikan pH kulit menjadi lebih netral, toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner untuk kulit berminyak. Kami juga akan merekomendasikan merek-merek toner wajah terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi. Anda penasaran? Kalau begitu, jangan lewatkan artikel ini hingga akhir! 
    Perawatan wajah
    121.754 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Perawatan wajah
    240.585 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Charcoal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Charcoal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Belakangan ini, penggunaan masker arang atau charcoal mask semakin diminati masyarakat. Masker yang identik dengan warna hitam ini diklaim dapat membersihkan wajah secara lebih mendalam dan menyeluruh. Masker charcoal hadir dalam berbagai jenis dan merek yang mungkin akan membuat Anda bingung. Produk mana yang sebaiknya dipilih?Karena itu, kami akan memberikan tips memilih masker charcoal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik. Anda akan menemukan masker charcoal dari sejumlah merek seperti The Body Shop, Luxcrime, dan Garnier. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
    10.328 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori