10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

Kulit kombinasi memang sulit dirawat. Jenis kulit ini mudah terpengaruh oleh cuaca yang tidak bersahabat, gaya hidup yang tidak sehat, dan kondisi fisik yang menurun. Perawatan yang tepat sangat Anda perlukan demi menjaga kesehatan kulit kombinasi agar selalu tampak sehat.

Ada berbagai jenis facial foam dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Namun, facial foam apakah yang cocok dan aman untuk tipe kulit kombinasi Anda? Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih facial foam untuk kulit kombinasi sekaligus merekomendasikan 10 produk terbaik bagi Anda, seperti produk dari Dove, Laneige, dan Cetaphil.

Daftar isi

Cara memilih facial foam untuk kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi sering kali kesulitan dalam memilih pembersih wajah. Hal ini wajar saja karena pada kulit kombinasi, bisa saja sebagian kulit terasa kering, sementara bagian lainnya berminyak. Selain itu, ada pula kombinasi berupa kulit kering dan kulit normal.

Meskipun sering dianggap wajar, sebenarnya tipe ini merupakan campuran dari beberapa masalah kulit yang keluhannya dapat berbeda-beda pada tiap orang. Untuk merawatnya, Anda memerlukan pembersih yang tepat. Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih facial foam untuk kulit kombinasi.

Pilihlah berdasarkan tipe kulit Anda

Secara kasat mata, kulit kombinasi dapat dikenali dengan mudah. Anda akan melihat sebagian wajah yang tampak berminyak dan sebagian wajah yang tampak kering. Namun, ternyata kulit kombinasi tidak sesederhana itu. Jika diamati lebih seksama sebenarnya ada banyak tipe kulit kombinasi.

Di sini, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tipe kulit kombinasi untuk Anda. Kenalilah kulit Anda agar dapat memilih produk yang tepat!

Untuk tipe kulit kombinasi normal dan berminyak, pilihlah produk yang mampu mengurangi sebum serta melembapkan wajah

Untuk tipe kulit kombinasi normal dan berminyak, pilihlah produk yang mampu mengurangi sebum serta melembapkan wajah

Kulit berminyak di bagian tertentu sebenarnya adalah hal yang normal. Umumnya, wajah akan lebih berminyak di zona T yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Zona T merupakan bagian wajah dengan banyak kelenjar sebasea, yaitu kelenjar yang melepaskan sebum yang berguna untuk melembapkan kulit. Namun, penyebab kelebihan minyak pada kulit kombinasi tidak hanya karena banyaknya kelenjar sebasea, penyebabnya bisa saja karena kulit yang awalnya terlalu kering.

Untuk kondisi ini, Anda memerlukan pembersih yang dapat mengurangi sebum, tetapi juga sekaligus melembapkan. Pilihlah pembersih yang dapat mengangkat sisa sebum yang menyumbat pori-pori secara lembut serta memberikan kelembapan setelah Anda cuci muka. Bila perlu, Anda dapat menambahkan face lotion atau pelembap lainnya pada bagian tertentu yang biasanya lebih berminyak.

Untuk tipe kulit kombinasi normal dan kering, pilihlah produk yang daya pembersihnya tidak terlalu kuat

Untuk tipe kulit kombinasi normal dan kering, pilihlah produk yang daya pembersihnya tidak terlalu kuat

Selanjutnya, amati zona U Anda yang meliputi area luar pipi. Pada kulit kombinasi normal dan kering, zona U Anda akan terasa lebih kering. Pada zona ini, kekeringan tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kelembapan, tetapi juga kekeringan pada lapisan kulit yang lebih dalam. Kondisi yang kering tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi sebum lebih banyak dari yang kulit Anda butuhkan guna menghindari kekeringan yang lebih parah.

Dengan begitu, kulit yang kering pun akan terlihat berminyak juga. Untuk mengatasinya, Anda perlu sabun wajah atau facial foam yang tidak terlalu kuat daya pembersihnya. Pilihlah pembersih yang tidak berisiko menghilangkan kelembapan alami dan bisa tetap menjaga kelembapan kulit Anda. Setelahnya, jangan lupa selalu gunakan pelembap, seperti face lotion.

Untuk tipe kulit kombinasi kering dan berminyak, pilihlah produk yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori

Untuk tipe kulit kombinasi kering dan berminyak, pilihlah produk yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori

Inilah tipe kulit kombinasi yang paling sulit ditangani. Kulit kombinasi perpaduan antara kulit kering dan berminyak cenderung mudah berjerawat, bahkan di zona U yang umumnya memproduksi sebum cukup rendah. Pada tipe ini, tingkat perlindungan kulit juga menjadi lemah karena produksi sebum yang terlalu sedikit di bagian tertentu. Terlebih lagi jika diperparah dengan stres, keseimbangan hormon yang terganggu, kesehatan yang menurun, dan gaya hidup yang tidak sehat, masalah jerawat akan semakin sulit diatasi.

Selain itu, tipe kulit ini biasanya juga mengalami peradangan serta kulit yang terasa kasar. Untuk kondisi ini, diperlukan pembersih yang dapat membersihkan hingga ke pori-pori. Kelembapan tambahan pun diperlukan sesuai dengan kondisi kulit pada masing-masing bagian. Berikan sedikit kelembapan tambahan pada zona T dan lebih banyak kelembapan pada zona U.

Periksa komposisi bahan pembersih wajah Anda

Periksa komposisi bahan pembersih wajah Anda

Jenis kulit kombinasi dikatakan sebagai jenis kulit paling bebas masalah, kedua setelah kulit normal. Meskipun begitu, jenis kulit kombinasi tetap memerlukan perawatan khusus yang berbeda dengan perawatan kulit normal. Langkah selanjutnya, mari perhatikan bahan yang terkandung dalam pembersih wajah Anda. Mana yang Anda pakai saat ini, sabun wajah berwujud padat atau facial foam? Sabun padat umumnya mengandung bahan yang lebih alami dibandingkan dengan facial foam. Namun, sabun padat memiliki daya pembersih yang kuat sehingga berpotensi mengikis terlalu banyak sebum yang justru diperlukan oleh kulit Anda.

Beberapa bahan sintetis dalam facial foam dapat mempertahankan kelembapan kulit Anda. Sebagian orang dengan kulit kombinasi bisa memilih sabun padat. Namun, bagi Anda yang sangat bermasalah dengan kulit kering atau berjerawat, Anda dapat memilih facial foam dengan kandungan bahan alami dan pelembap lebih banyak. Untuk itu, jangan lupa memeriksa kandungan dari facial foam yang Anda pilih.

Periksa kuantitas busa yang dihasilkan pembersih wajah Anda

Periksa kuantitas busa yang dihasilkan pembersih wajah Anda

Terlepas dari apapun tipe kulit Anda, memilih produk kecantikan selalu membutuhkan pertimbangan. Misalnya, saat Anda membutuhkan facial foam dengan scrub, pembersih semacam ini berpotensi menyebabkan ruam di wajah Anda jika tidak dibarengi dengan busa yang melimpah. Maka dari itu, Anda perlu memeriksa apakah facial foam tersebut mampu menghasilkan busa yang cukup. Meski pembersih wajah Anda menghasilkan banyak busa, sebaiknya hindari menggosok wajah dengan keras saat mencuci wajah.

Banyak atau sedikitnya busa yang dihasilkan suatu pembersih wajah tidak dapat dipastikan hanya dengan mengetahui komposisinya saja. Agar lebih yakin, Anda bisa menyimak ulasan para pengguna yang banyak tersedia secara online. Melihat ulasan produk yang akan Anda pilih akan sangat membantu Anda memastikan bahwa itulah produk yang tepat untuk Anda. Menggunakan net penghasil busa juga salah satu pilihan untuk menambah kuantitas busa yang dihasilkan produk pilihan Anda.

Pertimbangkan juga ukuran kemasannya

Perhatikan juga ukuran kemasannya

Produsen pembersih wajah saat ini cenderung mengurangi sebanyak mungkin zat kimia yang digunakan di dalam produknya. Beberapa produk menggunakan asam amino sebagai bahan pembersihnya, ada juga yang mengurangi atau bahkan tidak menggunakan bahan pengawet sintetis sama sekali. Hal tersebut akan menguntungkan bagi kulit Anda, tetapi akibatnya, produk cenderung mudah rusak saat penyimpanan. Solusinya, simpanlah selalu produk di tempat yang dianjurkan agar kualitas produk tetap terjaga dengan baik.

Untuk menjaga kulit tetap sehat, sebaiknya bersihkan wajah secukupnya saja, seperti hanya pada pagi dan malam hari. Dalam memilih facial foam, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kemasannya berdasarkan frekuensi Anda mencuci wajah. Menyimpan produk dalam kemasan besar dalam jangka waktu yang lama juga berpotensi menurunkan kualitasnya. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah kemasan yang sekiranya dapat habis Anda pakai dalam satu atau dua bulan pemakaian.

10 Rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kombinasi

Sekarang, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kombinasi pada Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai bagi kulit kombinasi Anda!

10. Dove Deep Pure Facial Foam

10. Dove Deep Pure Facial Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.000

Atasi kotoran dan minyak berlebih hingga ke pori-pori

Dove menghadirkan facial foam yang efektif merawat kulit berminyak dan kombinasi. Produk ini dapat Anda peroleh dengan mudah di toko terdekat atau online shop dengan harga yang cukup ramah di kantong. Facial foam ini juga mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori dengan micropuff yang 10× lebih kecil dari scrub.

Kotoran dan minyak pun dapat terangkat sempurna tanpa mengurangi kelembapan alami wajah Anda karena adanya formula Nutrium Moisture Beauty Serum. Untuk Anda yang menginginkan kulit halus dan lembap sekaligus senantiasa bebas kilap, Dove Deep Pure Facial Foam ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

9. Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

9. Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.500

Total membersihkan tanpa menyebabkan kulit menjadi kering

Hada Labo memiliki beberapa varian rangkaian face care untuk setiap kebutuhan kulit Anda. Untuk Anda pemilik kulit kombinasi yang cenderung kering, Anda bisa mencoba produk yang satu ini. Facial foam ini mampu mengangkat kotoran serta minyak pada wajah tanpa menyebabkan kering sekaligus menjaga kelembapan kulit Anda.

Keasamannya sesuai dengan pH kulit sehingga menjamin tingkat iritasi kulit yang rendah. Selain itu, produk ini tidak menggunakan zat pewangi, pewarna, mineral oil, dan ethanol, Anda pun tak perlu lagi khawatir dengan keamanan bahannya. Produk ini juga hadir dengan dua pilihan ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan penggunaan Anda.

8. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

8. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 34.000

Pembersih antibakteri tanpa memberi rasa kering berlebih

Kulit Anda tipe kombinasi berminyak dan cenderung berjerawat? Cobalah produk dari Himalaya Herbals berikut. Produk yang terkenal dengan bahannya yang alami ini mampu membersihkan kulit Anda tanpa efek samping. Produk ini pun aman digunakan setiap hari karena tidak mengandung detergen dan bisa membersihkan tanpa rasa kering berlebih.

Produk ini juga mengandung bahan utama alami daun neem dan turmeric yang kaya khasiatnya bagi kulit. Daun neem dikenal sebagai antibakteri yang menjaga kehigienisan kulit agar bebas dari berbagai masalah kulit. Sementara itu, turmeric-nya pun mampu membantu mengontrol jerawat serta menjadikan kulit terasa lembut, bersih, dan segar.

7. Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

7. Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 117.000

Membersihkan tanpa mengikis minyak alami kulit Anda

Bagi Anda yang mencari kosmetik berbahan alami dan bahkan aman digunakan oleh wanita hamil, produk ini menjadi jawaban yang tepat. Produk ini menjawab kebutuhan konsumen akan produk perawatan dengan range spesialisasi yang luas, mulai dari kulit kombinasi, kering, hingga normal. Saat tak tahu pasti jenis kulit Anda, produk ini adalah pilihan bijak.

Produk ini tidak mengandung sabun, tetapi tetap bisa membersihkan minyak berlebih secara efektif tanpa mengikis sebum yang dibutuhkan kulit. Kulit akan terasa segar, halus, dan berkilau karena kandungan bahan alaminya yang sekaligus cocok juga untuk vegan. Berbagai perpaduan bahannya juga memberikan aroma yang bisa membuat Anda rileks.

6. Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Facial Wash

6. Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Facial Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Memiliki kulit kombinasi yang berjerawat plus berkomedo? Atasi dengan produk ini

Merek yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga para remaja, meskipun orang dewasa juga sah-sah saja menggunakannya. Clean and Clear Facial Wash ini cocok untuk Anda dengan kulit kombinasi yang cenderung berminyak disertai komedo serta jerawat. Sungguh sebuah produk yang praktis untuk tiga masalah kulit dengan harga yang sangat terjangkau.

Produk ini juga mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih dengan busa yang lembut tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit pun akan terasa halus serta bebas jerawat dan komedo berkat bahan aktif antibakteri serta formula oil free-nya. Produk ini hadir dengan dua pilihan kemasan, yakni 50 ml dan 100 ml untuk dipilih sesuai kebutuhan.

5. Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser

5. Jafra Advance Dynamics Balancing Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 103.000

Membersihkan sekaligus mencerahkan kulit wajah Anda

Orang dengan tipe kulit kombinasi cenderung mudah berminyak di zona T dan kering di daerah pipi. Penumpukan kotoran dan sel kulit mati di daerah kulit yang berminyak dapat menyebabkan kulit tampak kusam. Jika Anda sedang mencari produk yang dapat mengatasi masalah kulit kombinasi yang disertai kusam, produk ini layak dijadikan pilihan.

Teknologi Equalsmart Complex dalam cleanser ini mampu memperbaiki penampilan kulit dan mengontrol minyak berlebih di zona T Anda. Cukup gunakan dengan pijatan perlahan untuk melancarkan peredaran darah di wajah, maka kulit akan tampak merona. Sel kulit mati terangkat dan kulit pun akan tampak sehat memukau.

4. Laneige Fresh Calming Gel Cleanser

4. Laneige Fresh Calming Gel Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 228.000

Formula yang menyejukan serta mengembalikan kesehatan kulit Anda

Di usia pertengahan 20-an, kulit cenderung mulai kehilangan kelembapan alaminya, begitu pun pada tipe kulit kombinasi. Cleanser dari Laneige ini cocok digunakan bagi Anda pemilik tipe kulit kombinasi dan berminyak. Produk ini tidak hanya akan menghapus minyak dan kotoran, tetapi juga akan menghidrasi sekaligus menyejukan bagi kulit Anda.

Pembersih wajah ini akan membersihkan secara lembut tanpa membuat iritasi dan membantu mengembalikan kesehatan kulit Anda. Formulanya telah melalui uji dermatologi dan uji hypo-allergy, bebas dari bahan mineral oil, bahan dasar hewani, pewarna, dan triethanolamine sehingga Anda dapat menggunakannya dengan tenang setiap hari.

3. Sebapharma Sebamed Facial Cleanser – For Oily and Combination Skin

3. Sebapharma Sebamed Facial Cleanser - For Oily and Combination Skin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 154.999

Memberikan nutrisi sekaligus menenangkan kulit sensitif

Pembersih wajah ini tak hanya ditujukan untuk Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi yang cenderung berminyak, tetapi juga bagi Anda yang memiliki keluhan kulit sensitif. Hal itu karena produk ini mengandung Hamamelis virgiana yang bisa membantu menenangkan kulit yang sensitif serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit Anda.

Produk ini pun tidak mengandung sabun dan alkali, tetapi tetap lembut dan ampuh membersihkan minyak berlebih. Selain itu, produk ini juga disertai provitamin B5 yang menjaga keseimbangan kelembapan kulit Anda. Dengan sensasi dinginnya, Anda akan mendapatkan hasil akhir kulit yang bersih dan segar setiap selesai mencuci wajah.

2. Cetaphil Oily Skin Cleanser

2. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.900

Kadar pH seimbang guna menjaga dan kurangi penuaan dini

Cetaphil Oily Skin Cleanser merupakan pembersih yang mencakup berbagai kebutuhan kulit Anda. Produk ini dapat digunakan untuk Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi dan berminyak hingga Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Selain itu, produk ini juga bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

Produk bebas sabun ini juga secara efektif mengangkat kelebihan minyak, debu kotoran yang menempel, dan sisa makeup tanpa menyebabkan pori-pori tersumbat apalagi iritasi pada kulit Anda. Formula yang lembut dengan kadar pH seimbangnya juga membuatnya mampu mencegah jerawat dan mengurangi penuaan pada kulit Anda.

1. Bioderma Sébium Gel Moussant

1. Bioderma Sébium Gel Moussant

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Mengatasi kulit kombinasi berminyak yang disertai noda

Anda memiliki masalah kulit kombinasi sekaligus noda hitam di kulit? Pembersih dari Bioderma inilah jawaban untuk masalah tersebut. Bioderma menghadirkan gel pembersih yang lembut di kulit Anda sekaligus mengandung bahan fluid active complex yang mampu memperlambat dan mengendalikan munculnya noda gelap di wajah Anda.

Produk ini juga bebas sabun, bebas paraben, bebas pewarna, bebas alergi, dan tidak menimbulkan komedo. Bioderma Sébium Gel Moussant ini pun hadir dalam kemasan berukuran 100 ml dan 200 ml yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Multifungsi, pembersih wajah ini bisa juga digunakan sebagai busa saat bercukur sehingga kulit Anda tidak iritasi.

Baca juga rekomendasi essense dan face emulsion untuk kulit kombinasi di sini!

Bila Anda sudah menemukan facial foam yang tepat bagi kulit kombinasi Anda, saatnya Anda mempertimbangkan produk perawatan pasca pembersihan wajah. Essense dan face emulsion tentu akan cocok untuk memberikan nutrisi dan kelembapan lebih bagi kulit kombinasi Anda setelah mencuci wajah, bukan? Anda bisa membaca artikel rekomendasi essense dan face emulsion untuk kulit kombinasi di bawah ini.

Kesimpulan

Berhubung setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda, sabun pembersih yang digunakan pun akan berbeda pula. Nah, kami sudah menghadirkan 10 pilihan produk facial foam terbaik yang kami rekomendasikan untuk kulit kombinasi Anda.

Begitu banyak produk permbersih yang dijual di pasaran barangkali membuat Anda galau dalam memilih. Anda bisa menjadikan artikel kami sebagai acuan untuk mendapatkan facial foam yang mampu membersihkan dan merawat wajah Anda. Pilihlah pembersih wajah yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Good luck!