• 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Kulit kombinasi merupakan kondisi campuran antara beberapa jenis kulit. Karena itu, Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi harus cermat saat memilih produk perawatan wajah, termasuk facial foam. Namun, sabun cuci muka seperti apa yang cocok untuk kulit kombinasi?


Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih facial foam untuk kulit kombinasi. Kami juga akan memberi sepuluh rekomendasi sabun cuci muka yang bagus untuk kulit kombinasi dari berbagai merek terbaik. Mulai dari Wardah, Senka, sampai Garnier, ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Sonya Kovaleswani
  • Pembaharuan terakhir: 30 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Kenali kondisi kulit kombinasi Anda

Kenali kondisi kulit kombinasi Anda
Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang merupakan gabungan dari beberapa kondisi kulit. Anda yang memiliki kulit kombinasi mungkin sering mendapati area T-zone berminyak, tetapi area pipi terasa kering. Hal ini wajar karena kulit kombinasi memiliki kondisi kulit yang tidak merata. Selain itu, ada pula kombinasi kulit kering dan normal, dan sebagainya.

Dengan kondisi kulit yang bervariasi, tidak heran jika pemilik kulit kombinasi sering kesulitan saat memilih facial foam. Karena itu, Anda perlu mengenali bagian-bagian kulit wajah. Dengan begitu, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk kulit kombinasi yang tepat.


Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kulit sembari bercermin. Sentuhlah bagian-bagian wajah Anda untuk memeriksa apakah kondisinya berminyak, kering, atau normal.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih facial foam untuk kulit kombinasi

Memilih facial foam untuk kulit kombinasi terasa tricky karena Anda tidak bisa menyamaratakan satu produk untuk seluruh bagian kulit. Setelah ini, kami akan memperkenalkan poin-poin yang harus Anda pertimbangkan saat memilih face foam untuk kulit kombinasi.

Sesuaikan kandungan facial foam dengan kondisi kulit Anda

Secara kasat mata, kulit kombinasi bisa dikenali dengan mudah. Anda dapat melihat sebagian wajah yang tampak berminyak dan sebagian wajah yang tampak kering. Jika diamati lebih saksama, sebenarnya ada banyak tipe kulit kombinasi. Kami akan menjelaskan tentang tipe-tipe kulit kombinasi beserta bahan yang cocok untuk dipakai. Mari disimak!

Kulit kombinasi normal dan berminyak, cenderung berminyak di zona T

Kulit kombinasi normal dan berminyak, cenderung berminyak di zona T
Apabila kulit Anda tergolong normal, tetapi berminyak di zona T, berarti Anda memiliki jenis kulit kombinasi normal dan berminyak. Umumnya, zona T memang memiliki banyak kelenjar sebaceous yang melepaskan sebum untuk melembapkan kulit. Namun, penyebab kelebihan sebum di zona T pada kulit kombinasi tidak hanya terjadi akibat kelenjar sebaceous. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kulit yang awalnya terlalu kering.

Pada kondisi kulit yang kering sekaligus berminyak, Anda memerlukan pembersih yang dapat mengurangi sebum sekaligus melembapkan kulit. Pilihlah produk yang dapat mengangkat sisa sebum yang menyumbat pori-pori secara lembut dan memberikan kelembapan setelah Anda mencuci muka.


Selanjutnya, cobalah mengaplikasikan pelembap di bagian kulit yang tidak berminyak. Anda bisa memadukannya dengan moisture milk atau light lotion di bagian wajah yang mudah berminyak.

Kulit kombinasi normal dan kering, terasa kering di zona U

Kulit kombinasi normal dan kering, terasa kering di zona U

T-zone adalah daerah yang berminyak untuk sebagian orang. Nah, untuk kulit kombinasi normal dan kering, kemungkinan zona U (area pipi) akan terasa lebih kering. Untuk zona ini, kekeringan tidak hanya disebabkan rendahnya kelembapan, tetapi juga kekeringan di lapisan kulit yang lebih dalam.


Kondisi kering tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum dari yang dibutuhkan guna menghindari kekeringan lebih parah. Saat hal itu terjadi, kulit akan mengalami kekeringan sekaligus berminyak. Sebelum kulit berubah menjadi berminyak, kulit akan terlihat kering pecah-pecah. Pada tahap ini, jenis kulit Anda adalah kombinasi normal dan kering.


Untuk mengatasinya, pilihlah facial foam yang tidak terlalu kuat daya pembersihnya sehingga tidak menggerus banyak sebum. Pilihlah sabun wajah untuk kulit kombinasi yang tidak berisiko menghilangkan kelembapan alami. Setelahnya, jangan lupa gunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Kulit kombinasi kering dan berminyak, lebih rentan berjerawat

Kulit kombinasi kering dan berminyak, lebih rentan berjerawat

Ini adalah tipe kulit kombinasi yang paling sulit ditangani. Tipe perpaduan kulit kering dan berminyak cenderung mudah berjerawat, bahkan di zona U yang umumnya memproduksi sebum cukup rendah.


Dimulai dengan menurunnya produksi sebum dan tingkat perlindungan kulit, lalu kulit pun menjadi sensitif terhadap rangsangan dari luar. Kondisi kulit akan makin memburuk jika diperparah dengan stres, gangguan keseimbangan hormon, penyakit, dan gaya hidup yang tidak sehat. Alhasil, masalah jerawat akan makin sulit diatasi.


Tipe kulit ini biasanya juga mengalami peradangan berikut kulit yang terasa kasar. Pada kondisi ini, diperlukan pencuci muka untuk kulit kombinasi yang dapat membersihkan pori-pori. Kelembapan tambahan pun diperlukan sesuai dengan kondisi kulit di tiap-tiap bagian. Setelah mencuci muka, gunakan light lotion di zona T dan moisturizer yang lebih rich di zona U.

Carilah yang sudah teruji secara klinis

Carilah yang sudah teruji secara klinis

Sebenarnya, kulit kombinasi dikatakan sebagai jenis kulit kedua yang paling bebas masalah setelah kulit normal. Namun, ada masanya kulit terasa perih dan kemerahan saat menggunakan facial foam tertentu. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah facial foam kulit kombinasi yang telah melalui patch test dan uji alergi.


Anda juga bisa melakukan tindakan preventif lain dengan mewaspadai bahan-bahan yang rawan menyebabkan iritasi sebagai berikut:

  • Etanol sebagai salah satu bahan utama (terletak di bagian atas komposisi)
  • Bahan penyejuk seperti mentol
  • Bahan pewangi dan pewarna
  • Bahan pengawet (paraben*, benzoat)
  • Kandungan essential oil

Catatan:

* Paraben tidak selalu menyebabkan iritasi. Beberapa produsen telah menetapkan standar formulasi yang ketat dengan mempertimbangkan keamanan. Namun, pada kasus-kasus tertentu saat paraben terkandung dalam jumlah banyak, hal ini dapat menjadi penyebab iritasi. Kulit sensitif juga perlu berhati-hati dengan bahan paraben.

Pilihlah sensasi pemakaian yang Anda sukai

Facial foam adalah produk perawatan kulit yang akan Anda pakai setiap hari. Tentunya penting sekali untuk memilih produk yang akan membuat Anda menikmati pemakaiannya.

Cek kuantitas busa yang dihasilkan

Cek kuantitas busa yang dihasilkan
Salah satu ciri khas dari facial foam adalah jumlah busa yang melimpah. Namun, busa yang melimpah mungkin bukanlah preferensi semua orang. Karena itu, pilihlah sabun cuci muka kulit kombinasi dengan jumlah busa yang sesuai selera.

Kuantitas busa yang dihasilkan dari facial foam tidak bisa dipastikan dengan mengecek komposisi bahan saja. Agar lebih yakin, Anda bisa menyimak ulasan para pengguna yang banyak tersedia secara online. Menggunakan foaming net juga bisa dijadikan salah satu pilihan untuk menambah jumlah busa yang dihasilkan.


Jika Anda kurang menyukai sensasi busa pada facial foam, facial wash kulit kombinasi bisa menjadi alternatif. Kami juga telah mengulas tentang face wash kulit kombinasi pada artikel di bawah ini.

Pertimbangkan juga aroma dan kemasan produk

Pertimbangkan juga aroma dan kemasan produk

Facial foam akan dipakai pada wajah, berdekatan dengan hidung. Tentunya Anda tidak ingin memakai produk dengan aroma yang tidak disukai, bukan? Jika menginginkan aroma yang menyegarkan, pilihlah facial foam dengan aroma buah-buahan. Jika Anda sensitif terhadap bau-bauan, silakan memilih produk yang tidak menggunakan wewangian.


Selain itu, pastikan juga apakah kemasan facial foam membuatnya mudah untuk dipakai. Kemasan berbentuk tube banyak digemari karena praktis dan mudah dibawa-bawa. Anda juga bisa mengontrol jumlah foam yang keluar dengan baik. Tipe pump juga cukup banyak ditemui di pasaran, tetapi bentuk ini sedikit sulit dibawa bepergian karena rawan bocor.

10 Rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kombinasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial foam terbaik untuk kulit kombinasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 22 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Neutrogena® Deep Clean Foaming Cleanser menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Senka Perfect White Clay memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Senka Perfect White Clay 1

Senka

2
Wardah Lightening Whip Facial Foam 1

Wardah

3
Innisfree Green Tea Foam Cleanser 1

Innisfree

4
Garnier Sakura Glow Pinkish Glow Whip Foam Facial Cleanser 1

Garnier

5
Viva Cosmetics Red-A Facial Foam For Normal To Dry 1

Viva Cosmetics

6
Johnson & Johnson  Clean & Clear Foaming Face Wash 1

Johnson & Johnson

7
Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam 1

Sebamed

8
CeraVe Foaming Facial Cleanser 1

CeraVe

9
La Roche Posay Effaclar Deep Cleansing Foaming Cream 1

La Roche Posay

10
COSRX AC Collection Calming Foam Cleanser 1

COSRX

Nama produk

Perfect White Clay

Lightening Whip Facial Foam

Green Tea Foam Cleanser

Sakura Glow Pinkish Glow Whip Foam Facial Cleanser

Red-A Facial Foam For Normal To Dry

Clean & Clear Foaming Face Wash

Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Foaming Facial Cleanser

Effaclar Deep Cleansing Foaming Cream

AC Collection Calming Foam Cleanser

Keunggulan

Bersihkan kulit kombinasi dengan busa melimpah

Facial foam yang memberi sensasi deep cleansing

Segarkan kulit sekaligus tenangkan pikiran

Kulit makin kencang dan glowing dengan facial foam Garnier!

Cleanser untuk kulit kombinasi dengan harga paling terjangkau!

Formula facial foam terbaik untuk kulit kombinasi remaja

Bunuh bakteri di kulit wajah dalam lima menit

Bersihkan wajah tanpa mengikis kelembapan alami kulit

Wajah bebas komedo hanya dalam delapan minggu!

Membantu meredakan jerawat meradang dengan lebih cepat

Harga mulai dariRp 35.000,00Rp 23.000,00Rp 137.000,00Rp 21.500,00Rp 8.900,00Rp 13.500,00Rp 200.000,00Rp 190.000,00Rp 320.000,00Rp 195.000,00
Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan berminyakKombinasi normal dan berminyakKombinasi kering dan berminyakKombinasi normal dan keringKombinasi normal dan keringKombinasi normal dan berminyakKombinasi berminyak, berjerawat, dan sensitifKombinasi normal dan berminyakKombinasi normal dan berminyakKombinasi berminyak dan berjerawat
Bahan utamaMineral white clay, white cocoon essence, sodium hyaluronate, sodium acetylated hyaluronateNiacinamideJeju green teaSakura extract, hyaluron serumRed algae, chamomile extractTriethanolamine myristic acid C9-15, alkyl phosphate, lauric acid glycerin, dllAntibakteri montaline C40, panthenolHyaluronic acid, ceramide, niacinamideCoco-glucoside, glycerin, salicylic acidCentella AC-RX, salicylic acid
Bentuk kemasanTubeTubeTubeTubeTubeBotolPumpPumpTubeTube
Isi50 g, 120 g50 ml, 100 ml150 ml50 ml, 100 ml40 g, 80 g50 ml, 100 ml150 ml87 ml, 355 ml50 ml, 125 ml150 ml
Teruji secara klinisTidak disebutkan✔︎Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan✔︎✔︎✔︎✔︎
Tautan produk
10

COSRXAC Collection Calming Foam Cleanser

Mulai dari Rp 195.000,00

Jenis kombinasi kulitKombinasi berminyak dan berjerawat
Bahan utamaCentella AC-RX, salicylic acid
Bentuk kemasanTube
Isi150 ml
Teruji secara klinis✔︎
9

La Roche PosayEffaclar Deep Cleansing Foaming Cream

Mulai dari Rp 320.000,00

Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaCoco-glucoside, glycerin, salicylic acid
Bentuk kemasanTube
Isi50 ml, 125 ml
Teruji secara klinis✔︎
8
Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaHyaluronic acid, ceramide, niacinamide
Bentuk kemasanPump
Isi87 ml, 355 ml
Teruji secara klinis✔︎
7

SebamedClear Face Antibacterial Cleansing Foam

Mulai dari Rp 200.000,00

Jenis kombinasi kulitKombinasi berminyak, berjerawat, dan sensitif
Bahan utamaAntibakteri montaline C40, panthenol
Bentuk kemasanPump
Isi150 ml
Teruji secara klinis✔︎
6

Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Face Wash

Mulai dari Rp 13.500,00

Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaTriethanolamine myristic acid C9-15, alkyl phosphate, lauric acid glycerin, dll
Bentuk kemasanBotol
Isi50 ml, 100 ml
Teruji secara klinisTidak disebutkan
5

Viva CosmeticsRed-A Facial Foam For Normal To Dry

Mulai dari Rp 8.900,00

Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan kering
Bahan utamaRed algae, chamomile extract
Bentuk kemasanTube
Isi40 g, 80 g
Teruji secara klinisTidak disebutkan
4

GarnierSakura Glow Pinkish Glow Whip Foam Facial Cleanser

Mulai dari Rp 21.500,00

Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan kering
Bahan utamaSakura extract, hyaluron serum
Bentuk kemasanTube
Isi50 ml, 100 ml
Teruji secara klinisTidak disebutkan
3
Jenis kombinasi kulitKombinasi kering dan berminyak
Bahan utamaJeju green tea
Bentuk kemasanTube
Isi150 ml
Teruji secara klinisTidak disebutkan
2
Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaNiacinamide
Bentuk kemasanTube
Isi50 ml, 100 ml
Teruji secara klinis✔︎
1
Jenis kombinasi kulitKombinasi normal dan berminyak
Bahan utamaMineral white clay, white cocoon essence, sodium hyaluronate, sodium acetylated hyaluronate
Bentuk kemasanTube
Isi50 g, 120 g
Teruji secara klinisTidak disebutkan

Baca juga rekomendasi perawatan wajah untuk kulit kombinasi lainnya di sini

Jika sudah menemukan facial foam yang tepat bagi kulit kombinasi Anda, saatnya untuk mempertimbangkan produk perawatan wajah lainnya. Essence, serum, dan face emulsion bisa memberikan nutrisi dan kelembapan lebih bagi kulit kombinasi setelah mencuci wajah. Mari simak ulasannya di bawah ini!

Kesimpulan

Tidak meratanya kondisi kulit wajah kombinasi mungkin membuat Anda kebingungan saat mencari facial foam yang paling pas. Di artikel ini, kami telah menghadirkan sepuluh pilihan facial foam terbaik untuk berbagai tipe kulit kombinasi.

Begitu banyaknya produk pembersih yang dijual di pasaran barangkali membuat Anda galau saat memilih. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk mendapatkan facial foam yang mampu membersihkan dan merawat wajah secara optimal.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare La Roche-Posay Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Skincare La Roche-Posay Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    La Roche-Posay adalah merek perawatan kulit yang mengedepankan manfaat serta kualitas. Tidak heran bila merek skincare ini banyak direkomendasikan oleh ahli dermatologi. Rangkaian produk yang disediakan La Roche-Posay juga cukup variatif manfaatnya, mulai dari untuk kulit kering hingga berjerawat.Agar Anda tidak kesulitan memilih produknya, kami telah menyiapkan tips untuk Anda. Di akhir artikel ini kami juga memberikan berbagai rekomendasi produk La Roche-Posay yang bagus. Ada La Roche-Posay Cicaplast Baume B5, Effaclar Purifying Foaming Gel, Hyalu B5 Serum, dan Effaclar Duo (+). Yuk, langsung saja simak selengkapnya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori