• 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)

Quadcopter drone adalah drone dengan empat baling-baling yang berfungsi agar drone dapat terbang lebih stabil. Saat ini quadcopter drone yang bagus memiliki ukuran cukup kecil dan mudah dikendalikan bahkan oleh pemula. Ditambah harga yang murah yakni di bawah 1 jutaan rupiah, permintaan akan quadcopter drone pun meningkat.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi quadcopter drone untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca komentar dari drone specialist, Yosua Surojo. Temukan produk dari berbagai merk yang bagus, seperti JJRC, Syma, Cheersson, dan sebagainya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Drone specialist, Yosua Surojo

Profil pakar: Drone specialist, Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

 
Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih quadcopter drone di bawah 1 juta

Drone dalam rentang harga ini tergolong stabil meski kemampuan navigasinya lebih inferior dibanding drone yang lebih mahal. Namun, Anda tetap bisa menemukan drone yang fungsional dan asyik dikendalikan. Mari simak poin cara memilihnya berikut!

Pilih yang bobotnya ≤200 gram bila ingin yang mudah dikendalikan

Pilih yang bobotnya ≤200 gram bila ingin yang mudah dikendalikan
Bila Anda baru atau ingin belajar mengendalikan drone, kami menyarankan Anda untuk memilih drone dengan berat ≤ 200 gram. Hal tersebut karena drone dengan berat tersebut umumnya berukuran kecil dan lebih mudah dikendalikan.
Karena itu, Anda akan lebih mudah belajar bermanuver menggunakan drone tersebut. Anda bisa belajar bermanuver sebanyak yang Anda mau bahkan di dalam ruangan karena ukurannya yang kecil. Makin banyak Anda belajar, Anda akan makin percaya diri saat hendak mengendalikan drone berukuran lebih besar atau mengendalikan drone di luar ruangan.
Meskipun kecil, drone seperti ini juga sudah ada yang dilengkapi dengan kamera untuk memotret dan lampu LED (light emitting diode) agar Anda makin mudah mengetahui lokasi drone tersebut. Namun, ukurannya yang kecil membuat drone ini lebih mudah tertiup angin sehingga Anda harus berhati-hati saat menggunakannya di luar ruangan.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Quadcopter drone berbobot kurang dari 200 gram memiliki dimensi yang kecil sehingga mudah dikendalikan, terutama di dalam ruangan. Karena keempat motor pada drone ini belum tentu kuat melawan angin, Anda pasti tidak ingin menerbangkannya di ruangan terbuka. 


Meskipun tenaga motornya cukup kuat untuk diterbangkan di luar, baterai drone pasti akan boros karena dipaksa melawan angin. Karena hal ini, Anda hanya akan bisa menerbangkan drone dalam durasi yang sangat pendek. Oleh karena itu, flight time dari drone juga perlu diperhatikan. 


Usahakanlah untuk memilih drone yang ringan dengan flight time yang cukup lama dibandingkan produk sejenis. Quadcopter drone ringan seperti ini, rata-rata juga sudah dilengkapi fitur auto-hold untuk ketinggian. Fitur ini membantu pilot pemula untuk melakukan berbagai manuver drone, seperti pitch, roll, yaw, serta naik turunnya drone.


Berkat fitur ini, Anda juga bisa menjaga ketinggian terbang drone meski sedang tidak dikontrol melalui remote. Jika Anda kesulitan dengan orientasi drone, Anda bisa berhenti menggunakan remote control, lalu mencoba melakukan gerakan basic. Hal ini dapat membantu identifikasi orientasi drone karena ketinggian terbang drone tetap terjaga.

Pilih drone yang tidak mudah rusak bila terbentur

Pilih drone yang tidak mudah rusak bila terbentur
Saat awal digunakan, biasanya drone akan membentur dinding atau benda-benda lainnya akibat pengguna belum terbiasa menggunakannya. Untuk itu, pilihlah drone yang tidak mudah rusak bahkan saat terbentur. Lebih baik lagi, drone tersebut juga memiliki pelindung baling-baling. 


Drone yang harganya lebih tinggi biasanya lebih mudah dikendalikan dan Anda pun akan lebih mudah menghindari berbagai halangan. Akan tetapi, quadcopter drone dengan harga ekonomis di bawah 1 juta rupiah tidaklah demikian. Anda akan lebih sulit bermanuver sehingga sangat wajar bila drone-nya sering membentur dinding atau benda-benda lain.

Bila baling-baling rusak, pecahan baling-baling dapat melukai Anda. Selain itu, drone akan menjadi makin sulit dikendalikan sehingga tentu Anda harus segera menggantinya. Oleh karena itu, akan sangat baik bila Anda memilih drone yang memiliki pelindung baling-baling sebab drone Anda akan lebih aman meski membentur sesuatu.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Memilih quadcopter drone dengan pelindung baling-baling dapat memberikan rasa aman ketika menerbangkan drone. Hal ini penting apalagi ketika menerbangkan drone di area indoor yang memiliki banyak perabot.


Pelindung baling-baling berfungsi untuk menjaga baling-baling yang sedang berputar agar tidak langsung membentur benda di sekitarnya. Berkat pelindung ini, risiko baling-baling patah menjadi lebih kecil. Namun, rata-rata pelindung tersebut hanya melindungi baling-baling dari sisi samping dan bawah.


Jika drone Anda menabrak benda dari atas ataupun jatuh terbalik dan membentur sesuatu, pelindung tersebut tidak akan berguna. Karena itu, usahakanlah untuk mencari drone yang tidak mudah rusak bila terbentur. Selain itu, cobalah memilih produk dengan komponen yang mudah dicari penggantinya jika rusak.

Pilih drone yang memiliki banyak fitur

Pilih drone yang memiliki banyak fitur
Perbedaan antara radio kontrol dengan drone terletak pada fungsi pengendali otomatisnya. Bila Anda menggunakan drone dengan teknologi mutakhir, Anda dapat menentukan titik yang hendak Anda tuju dan secara otomatis drone akan melaju ke sana sambil menghindari penghalang yang ada. 

Fitur ini memang belum ada pada drone dengan rentang harga murah di bawah 1 juta rupiah. Namun, terdapat drone dalam kisaran harga tersebut yang memiliki fitur berputar 360° dan auto-return. Keberadaan fitur-fitur seperti demikian sangat berguna karena dapat menambah kesenangan saat mengendalikan drone


Terlebih lagi, fitur tersebut juga cukup fungsional dan mempermudah pengendalian drone. Dengan begitu, Anda tentu akan makin bersemangat saat mengendalikan drone. Toh, Anda hanya perlu menekan satu tombol saja untuk mengaktifkan fitur tersebut. Hasilnya, Anda akan makin dimudahkan untuk melakukan berbagai manuver.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur yang tersedia pada quadcopter drone dengan harga di bawah 1 juta biasanya adalah fitur auto-hold ketinggian. Quadcopter drone di kelas ini umumnya memiliki lampu LED agar lebih memudahkan Anda menentukan posisi drone pada kondisi gelap. Fitur spesial seperti kemampuan berputar 360 derajat terhadap sumbu vertikal dan auto-return hanya dimiliki oleh beberapa drone saja.


Untuk drone dengan fitur auto-return, Anda perlu memperhatikan kondisi lapangan, apalagi jika menerbangkan drone dalam ruangan. Sebab, fitur ini membuat drone bisa kembali secara otomatis melalui jalur yang paling pendek menuju remote control


Quadcopter drone tidak bisa mendeteksi halangan atau rintangan yang ada di jalur terbangnya saat dalam mode auto-return. Ketika digunakan di dalam ruangan, Anda perlu memastikan bahwa jalur kembali drone tersebut bebas dari halangan. 


Fitur lain yang tidak kalah penting adalah kamera dari quadcopter drone. Dengan adanya fitur kamera, Anda dapat mendokumentasikan pergerakan drone dari sudut pandang first person view (FPV). Perhatikanlah apakah Anda dapat melakukan live feed dari kamera drone agar Anda dapat melihat secara real time. Selain itu, pastikan juga apakah live feed tersebut disiarkan menggunakan Wi-Fi atau gelombang radio. 


Jangan lupa, perhatikan juga fitur penyimpanan rekaman video atau foto dari kamera drone tersebut. Ada drone yang menggunakan microSD card dan ada yang menggunakan storage internal untuk menyimpan data.

10 Rekomendasi quadcopter drone terbaik di bawah 1 juta

Selanjutnya, kami akan merekomendasi sepuluh produk quadcopter drone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10
BobotTidak disebutkan
Ukuran31 cm x 31 cm x 8 cm
Fitur tambahanColorful flashing light, 6-axis gyro, 360° rolling
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol7 menit /tidak disebutkan
Resolusi kamera2 MP
Pelindung baling-balingAda
9

JJRCFoldable Drone With One-Key Folded In Half

H43WH

Mulai dari Rp 223.000,00

BobotTidak disebutkan
Ukuran15 cm x 9,6 cm x 3,8 cm (fold)
Fitur tambahanOne-key folded in half, altitude hold, 6-axis gyro, headless mode, LED light, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol5-7 menit / tidak disebutkan
Resolusi kamera720P atau 0,92 MP
Pelindung baling-balingAda
8
Bobot39 gr
Ukuran11,6 cm x 11,2 cm x 3,4 cm
Fitur tambahanHeight hold, wifi real time transmission
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol6-7 menit / 30 meter
Resolusi kamera0,3 MP
Pelindung baling-balingAda
7
Bobot360 gr (bobot keseluruhan dalam boks)
Ukuran12,5 cm x 7,5 cm x 5 cm
Fitur tambahanTrajectory flight, 6-axis gyro, headless mode, 360° a key roll, gravity sensor, a key take off/landing, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol7-9 menit / 80-100 meter
Resolusi kamera2 MP
Pelindung baling-balingTidak ada
6
Bobot7,9 gr
Ukuran6,8 cm x 6,8 cm x 2,5 cm
Fitur tambahan6-axis gyro, LED light, flip mode
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol5 menit / 25 meter
Resolusi kamera2,1 MP
Pelindung baling-balingTidak ada
5
Bobot158 gr
Ukuran18 cm x 13 cm x 6 cm (fold)
Fitur tambahanOne key return, 360° rotation, G-sensor mode, headless mode, 6-axis gyro, altitude hold mode, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol10 menit / 80-100 meter
Resolusi kamera2 MP
Pelindung baling-balingAda
4
BobotTidak disebutkan
Ukuran13,5 cm x 6,5 cm x 2,5 cm (fold)
Fitur tambahanAltitude hold, headless mode, 3D flips & rolls, wifi FPV, LED light, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol7-8 menit / 40 meter
Resolusi kamera2 MP
Pelindung baling-balingTidak ada
3
Bobot138 gr
Ukuran29,9 cm x 29,5 cm x 10,2 cm
Fitur tambahanLED light, headless mode, one button to return, 6-axis gyro, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol6 menit / 50 meter
Resolusi kamera0,3 MP
Pelindung baling-balingAda
2

JJRCAir&Round Dual-Mode Flying Car H23

Mulai dari Rp 474.000,00

BobotTidak disebutkan
Ukuran23,5 cm x 23,5 cm x 6,5 cm
Fitur tambahanAir&ground dual-mode, LED light, headless mode, 3D flips & rolls, one key return, 6-axis gyro, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol5-8 menit / 200 meter
Resolusi kameraTidak disebutkan
Pelindung baling-balingTidak ada
1
BobotTidak disebutkan
Ukuran33 cm x 33 cm x 11 cm
Fitur tambahanBarometer set height, headless mode, 6-axis gyro, 360° rolling, dll
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol5-7 menit / 30-50 meter
Resolusi kamera0,3 MP
Pelindung baling-balingAda

Tabel perbandingan produk quadcopter drone terbaik di bawah 1 juta

Gambar produk
1
Syma FPV Real-Time 1

Syma

2
JJRC Air&Round Dual-Mode Flying Car H23 1

JJRC

3
Pioneer Ufo 1

4
JJRC Foldable Pocket Drone 1

JJRC

5
Visuo Quadcopter Drone 1

Visuo

6
Hubsan Nano Q4 1

Hubsan

7
Eachine WIFI FPV With 2MP Wide Angle 1

Eachine

8
Chersson Cricket  1

Chersson

9
JJRC Foldable Drone With One-Key Folded In Half 1

JJRC

10
Syma Explorers 1

Syma

Nama produk

FPV Real-Time

Air&Round Dual-Mode Flying Car H23

Pioneer Ufo

Foldable Pocket Drone

Quadcopter Drone

Nano Q4

WIFI FPV With 2MP Wide Angle

Cricket

Foldable Drone With One-Key Folded In Half

Explorers

Keunggulan

Mampu hasilkan gambar kualitas HD secara real-time!

Mainkan drone dengan cara berbeda! Mode darat dan mode terbang

Ukuran besar membuat drone ini tak mudah terhempas angin

Foldable drone untuk selfie dengan harga bersahabat

Wide angle untuk sudut pandang lebih luas

Drone termungil berkualitas mumpuni

Makin mudah dikontrol dengan trajectory flight

Bobotnya ringan, dilengkapi pelindung baling-baling pula!

Makin praktis dengan mekanisme one-key folded

Tahan banting dan asyik digunakan bereksplorasi!

Harga mulai dariRp 599.000,00Rp 474.000,00Rp 700.000,00Rp 415.000,00Rp 533.480,00Rp 335.000,00Rp 640.000,00Rp 450.000,00Rp 223.000,00Rp 481.000,00
BobotTidak disebutkanTidak disebutkan138 grTidak disebutkan158 gr7,9 gr360 gr (bobot keseluruhan dalam boks)39 grTidak disebutkanTidak disebutkan
Ukuran33 cm x 33 cm x 11 cm23,5 cm x 23,5 cm x 6,5 cm29,9 cm x 29,5 cm x 10,2 cm13,5 cm x 6,5 cm x 2,5 cm (fold)18 cm x 13 cm x 6 cm (fold)6,8 cm x 6,8 cm x 2,5 cm12,5 cm x 7,5 cm x 5 cm11,6 cm x 11,2 cm x 3,4 cm15 cm x 9,6 cm x 3,8 cm (fold)31 cm x 31 cm x 8 cm
Fitur tambahanBarometer set height, headless mode, 6-axis gyro, 360° rolling, dllAir&ground dual-mode, LED light, headless mode, 3D flips & rolls, one key return, 6-axis gyro, dllLED light, headless mode, one button to return, 6-axis gyro, dllAltitude hold, headless mode, 3D flips & rolls, wifi FPV, LED light, dllOne key return, 360° rotation, G-sensor mode, headless mode, 6-axis gyro, altitude hold mode, dll6-axis gyro, LED light, flip modeTrajectory flight, 6-axis gyro, headless mode, 360° a key roll, gravity sensor, a key take off/landing, dllHeight hold, wifi real time transmissionOne-key folded in half, altitude hold, 6-axis gyro, headless mode, LED light, dllColorful flashing light, 6-axis gyro, 360° rolling
Perkiraan lama terbang / jarak kontrol5-7 menit / 30-50 meter5-8 menit / 200 meter6 menit / 50 meter7-8 menit / 40 meter10 menit / 80-100 meter5 menit / 25 meter7-9 menit / 80-100 meter6-7 menit / 30 meter5-7 menit / tidak disebutkan7 menit /tidak disebutkan
Resolusi kamera0,3 MPTidak disebutkan0,3 MP2 MP2 MP2,1 MP2 MP0,3 MP720P atau 0,92 MP2 MP
Pelindung baling-balingAdaTidak adaAdaTidak adaAdaTidak adaTidak adaAdaAdaAda
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk drone lainnya di sini

Bila Anda tidak terlalu mempermasalahkan dana, Anda tentu menginginkan drone dengan kualitas sebaik mungkin, bukan? Meski begitu, banyaknya drone berkualitas dengan harga yang cukup tinggi bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Anda bisa membaca artikel berikut agar makin mudah memperoleh drone terbaik.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan quadcopter drone yang Anda inginkan? Dengan kisaran harga cukup terjangkau, Anda bisa memperoleh quadcopter drone dengan berbagai fitur fungsional. Pastikan bobotnya tidak terlalu berat agar makin mudah dikendalikan.
Akan tetapi, ukurannya yang kecil membuat drone jenis ini mudah diterbangkan angin sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Drone memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari udara dengan mudah. Meski dahulu tergolong barang mewah, kini sudah banyak drone lebih murah dengan performa yang mumpuni. DJI, FIMI, dan SYMA adalah sederet merek yang menawarkan drone terbaik.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih drone untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi drone yang bagus. Anda bisa menemukan DJI Mini 2, FIMI X8 Mini, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh drone specialist kami, Yosua Surojo. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami di bawah ini apabila Anda butuh rekomendasi drone terbaik!
    Drone & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan produk lens hood dari berbagai merek yang bagus. Produk dari Phottix, Nikon, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Meike. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    DJI merupakan merk yang sudah diakui kualitasnya. Drone produksinya sudah banyak digunakan orang. Jenis drone DJI pun bervariasi dan spesifikasinya bermacam-macam. Ada drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro. Selain itu, ada drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3. Kira-kira, produk mana yang bagus untuk dipilih?Untuk mengetahuinya, tetaplah membaca artikel ini dan temukan drone DJI terbaru dan terbaik. Ditambah lagi, Anda juga bisa membaca tips dari drone specialist, Yosua Surojo. Ikuti artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi drone profesional terbaik.
    Drone & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menggemari fotografi, mungkin Anda akan memerlukan setidaknya satu buah lensa fix. Selain untuk memotret objek gambar, lensa fix menjadi salah satu lensa yang paling pas untuk membuat konten video. Di pasaran, cukup banyak lensa fix yang dapat Anda jumpai.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih lensa fix terbaik sesuai dengan merek kamera yang Anda gunakan. Lensa fix yang bagus, misalnya merek Canon, Sony, dan Fujifilm akan kami ulas keunggulan dan kekurangannya. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa fix, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam dunia fotografi dan videografi, drone difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaan drone mini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru pertama kali menggunakan drone mungkin akan kesulitan untuk memilih produk terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas rekomendasi drone mini terbaik beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan keunggulan dari drone mini. Merek drone mini yang bagus, seperti DJI, Xiaomi, dan Apex akan Anda jumpai dalam ulasan kami. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
  • Artikel populer

  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Drone memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari udara dengan mudah. Meski dahulu tergolong barang mewah, kini sudah banyak drone lebih murah dengan performa yang mumpuni. DJI, FIMI, dan SYMA adalah sederet merek yang menawarkan drone terbaik.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih drone untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi drone yang bagus. Anda bisa menemukan DJI Mini 2, FIMI X8 Mini, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh drone specialist kami, Yosua Surojo. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami di bawah ini apabila Anda butuh rekomendasi drone terbaik!
    Drone & aksesori
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam dunia fotografi dan videografi, drone difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaan drone mini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru pertama kali menggunakan drone mungkin akan kesulitan untuk memilih produk terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas rekomendasi drone mini terbaik beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan keunggulan dari drone mini. Merek drone mini yang bagus, seperti DJI, Xiaomi, dan Apex akan Anda jumpai dalam ulasan kami. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    DJI merupakan merk yang sudah diakui kualitasnya. Drone produksinya sudah banyak digunakan orang. Jenis drone DJI pun bervariasi dan spesifikasinya bermacam-macam. Ada drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro. Selain itu, ada drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3. Kira-kira, produk mana yang bagus untuk dipilih?Untuk mengetahuinya, tetaplah membaca artikel ini dan temukan drone DJI terbaru dan terbaik. Ditambah lagi, Anda juga bisa membaca tips dari drone specialist, Yosua Surojo. Ikuti artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi drone profesional terbaik.
    Drone & aksesori
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silakan disimak!
    Kamera mirrorless
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori