10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2018)

Microphone pada mulanya merupakan alat yang secara profesional digunakan oleh DJ, penyiar, pengisi suara, dan semacamnya. Namun kini, alat tersebut juga sudah banyak digunakan oleh pengguna umum secara luas. Alasannya dipicu oleh semakin maraknya video yang beredar di internet ataupun rapat-rapat online menggunakan aplikasi Skype dan sebagainya.

Ada banyak jenis microphone, tetapi yang akan kami bahas saat ini adalah microphone untuk laptop. Jadi, apa saja tipe microphone untuk laptop? Simak terus artikel ini untuk mendapatkan gambaran lengkapnya dan jangan lewatkan juga tips untuk memilih microphone yang tepat serta rekomendasi produk pilihan dari kami.

Daftar isi

Cara memilih microphone untuk laptop

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat akan memilih microphone. Biasanya microphone untuk laptop mempunyai plug kecil yang dapat dihubungkan ke laptop. Sambungan ini dapat berupa jack audio port 3,5 mm atau berupa USB.

Microphone biasanya digunakan untuk menelepon dalam fitur chat, berkomunikasi antar pemain dalam game online, dan sebagainya. Microphone ini dirancang khusus untuk laptop sehingga tidak dapat digunakan seperti halnya microphone untuk grup musik. Namun belakangan, microphone laptop mengalami perkembangan sehingga dapat juga digunakan untuk merekam atau mengedit video musik digital. Silakan pertimbangkan tujuan penggunaan agar Anda dapat memilih microphone yang tepat. 

Pilih berdasarkan tipe terminal

Pilih berdasarkan tipe terminal

Jika Anda menghubungkan microphone ke laptop, Anda dapat memilih antara jack audio port berukuran 3,5 mm atau yang menggunakan port USB. Jika hanya memiliki 1 kabel, berarti suara yang dihasilkan adalah mono. Akan tetapi, jika memiliki 2 kabel, suara yang dihasilkan adalah stereo. Sambungan berupa port USB diklaim menghasilkan kualitas suara yang lebih baik.

Pilih berdasarkan arah penerimaan suara

Microphone adalah alat yang dapat menerima suara manusia dan benda lain di sekitarnya. Berdasarkan arah penerimaan suaranya, microphone dibagi menjadi unidirectional (pernerimaan dari satu arah) dan omnidirectional (penerimaan dari banyak arah).

Unidirectional microphone : menerima suara hanya dari satu arah tertentu

Unidirectional microphone : menerima suara hanya dari satu arah tertentu

Unidirectional microphone adalah jenis microphone yang hanya dapat menerima suara dari satu arah tertentu saja. Biasanya jenis ini hanya bisa menerima suara dari arah depan. Oleh karena itu, microphone tipe ini tidak cocok digunakan untuk penerimaan suara yang berasal dari banyak arah atau suara-suara di sekitar microphone. Contoh dari microphone satu arah yaitu microphone yang biasa digunakan oleh pembawa acara dan penyanyi.

Omnidirectional microphone : menerima suara dari segala arah

Omnidirectional microphone : menerima suara dari segala arah

Omnidirectional microphone adalah microphone yang dirancang untuk dapat menerima suara-suara yang ada di sekeliling microphone. Sebagai contoh, microphone tipe ini cocok untuk merekam suara aliran air sungai atau suara anak-anak di dalam kelas. Namun, karena microphone ini dapat menerima semua suara yang ada di sekitarnya, akan ada suara-suara yang tidak Anda inginkan yang juga ikut terekam (misalnya suara bising kendaraan).

10 Rekomendasi microphone terbaik untuk laptop

Sekarang, kami akan merekomendasikan beberapa produk microphone yang populer untuk laptop. Silakan mengacu pada poin-poin yang sudah dijelaskan di atas dan pilihlah microphone yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Long Flexible High Microphone + Ashtray Stand

10. Long Flexible High Microphone + Ashtray Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

2 fungsi dalam 1 produk!

Produk ini memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai microphone dan asbak. Produk ini cocok bagi Anda yang senang memainkan game online atau aplikasi lain sambil merokok atau Anda yang ingin menjaga kebersihan meja kerja Anda. Makanya, bagi Anda yang tidak merokok juga cocok. Asbak yang terdapat pada microphone pun dapat dilepas dengan mudah.

Selain itu, leher microphone-nya panjang dan fleksibel sehingga memudahkan Anda untuk mengatur posisi microphone. Produk berjenis omnidirectional ini memiliki panjang kabel 2,4 m. Sambungan ke laptopnya menggunakan  jack audio port 3,5 mm dan bukan kepala USB sehingga port USB di laptop Anda dapat dipakai untuk yang lain.

9. Table Stand Microphone YW-30

9. Table Stand Microphone YW-30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 64.900

Tidak perlu software tambahan, cukup plug and play

Microphone ini bisa langsung digunakan tanpa harus menggunakan software tambahan. Tidak perlu repot-repot, cukup hanya dengan plug and play (langsung colok saja). Dengan microphone ini, suara Anda akan terdengar lebih jernih saat berkomunikasi via video call atau sebagainya dibandingkan dengan menggunakan microphone bawaan dari laptop.

Microphone ini semakin nyaman dipakai karena dilengkapi dengan holder yang menjadikan Anda bebas berekspresi. Anda dapat menentukan sendiri kapan holder tersebut dibutuhkan. Jenis microphone ini adalah unidirectional, tentunya akan cocok bagi Anda yang menginginkan suara Anda terdengar lebih jelas.

8. Stand Microphone Gaming with On/Off Switch

8. Stand Microphone Gaming with On/Off Switch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Kemudahan lebih dengan adanya tombol on/off

Memiliki tombol on/off membuat produk ini digemari banyak orang. Jika Anda mencari produk yang menawarkan sejumlah kepraktisan, produk ini cocok untuk Anda. Dengan adanya tombol on/off ini, Anda tidak perlu repot-repot mencabut lalu memasangnya lagi ketika Anda hendak mematikannya sejenak.

Produk berjenis omnidirectional ini juga cocok digunakan saat sedang menelepon melalui Skype, bermain game online, karaoke, dan sebagainya. Lehernya yang lentur memudahkan Anda untuk menyesuaikan tinggi dan arah microphone sehingga nyaman bagi Anda.

7. Doitop Professional Condenser Microphone

7. Doitop Professional Condenser Microphone

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Sensitivitas tinggi! Efektif mengurangi suara bising di sekitar

Microphone Doitop yang dilengkapi dengan tripod menjadikan produk ini berdiri stabil saat digunakan. Produk ini efektif menyaring dan mengurangi kebisingan yang dari area disekitarnya karena bahan di bagian jaring terbuat dari logam berkualitas tinggi. Produk ini cocok bagi Anda yang menginginkan hasil suara yang jernih dan berkualitas.

Oleh karena produk ini memiliki tingkat kepekaan yang tinggi, sebisa mungkin jaga produk ini agar tidak terjatuh atau terkena benturan kuat. Produk ini juga tidak cocok diletakkan berdekatan dengan speaker karena dapat menimbulkan suara denging. Jadi, jangan menaruh kedua barang tersebut berdekatan agar tidak mengganggu pemakaiannya, ya!

6. Wireless Bluetooth Karaoke Microphone

6. Wireless Bluetooth Karaoke Microphone

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Koneksi dengan kabel atau bluetooth? Mana saja bisa!

Bosan dengan model dan tipe microphone yang biasa? Tenang, produk ini dapat menjadi solusi tepat bagi Anda. Produk ini memiliki desain dan teknologi baru yang diusung sebuah microphone. Produk ini dapat Anda gunakan dengan kabel ataupun bluetooth. Canggih, bukan?

Produk ini kompatibel untuk semua perangkat mulai dari laptop, PC, tablet, hingga smartphone. Kelebihan lain dari produk ini adalah terdapat speaker yang menjadi satu dengan microphone sehingga tidak perlu speaker tambahan. Dengan berat 200 gram, tinggi 20 cm, dan lebar 7 cm, produk ini relatif kecil dan mudah untuk Anda bawa bepergian.

5. Ovleng Microphone M400

5. Ovleng Microphone M400

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Microphone dengan kaki yang kokoh

Kestabilan suatu microphone dapat menentukan tingkat kenyamanan saat penggunaan. Microphone Ovleng mempunyai fondasi kaki yang mantap sehingga dalam penggunaannya tidak mudah goyang. Dilengkapi dengan leher microphone yang fleksibel sehingga Anda pun dapat menyesuaikan posisi kepala microphone sesuka hati Anda.

Produk ini dapat dengan mudah disambungkan ke laptop Anda menggunakan kabel jack audio port 3,5 mm. Kualitas suara yang dihasilkan pun sangat baik karena Ovleng sudah mengusung teknologi high definity atau Hi-Fi audio. Dengan warna hitamnya, produk ini akan cocok untuk Anda yang menyukai warna-warna netral.

4. Condenser Microphone dengan Stand Holder BM-8000

4. Condenser Microphone dengan Stand Holder BM-8000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 255.700

Fitur pop filter yang memberikan hasil kualitas suara terbaik 

Microphone jenis kondenser memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil daripada dynamic microphone. Sinyal output yang dihasilkan pun lebih kuat dibandingkan dengan microphone model dinamik. Begitu juga dengan condenser microphone ini yang didesain sedemikian rupa sehingga mampu meminimalisir gangguan suara pada suara utama.

Produk ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suara dengan kualitas terbaik. Hal ini dikarenakan fitur pop filter-nya yang memungkinkan microphone ini menerima suara dari arah depan secara fokus dan terpusat. Suara yang dihasilkan akan terdengar lebih besar volumenya dan lebih jelas.

3. Zeepin Profesional Kondensor Mikrofon BM 800

3. Zeepin Profesional Kondensor Mikrofon BM 800

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Teknologi mutakhir dengan berbagai pilihan warna cantik

Dengan jenis microphone yang unidirectional, Zeepin efektif mengurangi noise yang berasal dari sekitarnya. Selain itu, noise juga ditanggulangi berkat adanya fitur shock proof mount pada produk ini. Zeepin sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi suara yang terdengar jernih dan menggelegar.

Jaring baja pada microphone Zeepin membuat suara Anda dapat tertangkap secara sempurna. Terdapat 4 pilihan warna menarik yang dapat Anda pilih sesuai selera, yakni putih, hitam, biru, dan fuchsia. Warna warninya menjadikan microphone ini semakin terlihat trendi dan kekinian.

2. Mini Flexible USB Microphone

2. Mini Flexible USB Microphone

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Microphone berukuran kecil dengan performa mumpuni!

Microphone berikut ini hadir dengan ukuran yang lebih kecil dan dilengkapi dengan port USB. Dengan port USB, Anda akan mendapatkan kualitas suara yang lebih baik. Bila dilihat dari bentuk kepalanya, produk ini termasuk dalam jenis unidirectional microphone yang dapat memfokuskan penangkapan suara kepada 1 suara saja.

Produk ini mempunyai fitur noise cancelling yang dapat menyaring suara-suara di sekitar yang mengganggu. Berdimensi 5,5 cm x 5,5 cm x 13 cm, produk ini tentunya akan cocok untuk Anda yang mencari microphone berukuran kecil namun memiliki performa yang mantap.

1. Gaming Microphone with Smartphone Stand Base

1. Gaming Microphone with Smartphone Stand Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Bodi yang kokoh dan anti slip!

Bagi Anda yang mencari microphone untuk menjadi teman bermain game, produk yang satu ini sangat layak Anda coba. Dengan bodi yang kokoh, Anda tidak perlu khawatir apabila produk ini terjatuh. Struktur bagian bawah dari produk ini juga kuat karena dilengkapi juga dengan bahan anti slip sehingga microphone ini dapat berdiri tegak dengan stabil dan tidak mudah jatuh.

Jenisnya yang omnidirectional membuat microphone ini mampu menambah keriuhan dan keseruan permainan game online Anda. Untuk sambungan ke laptop, produk ini dilengkapi dengan jack audio port 3,5 mm. Sebagai tambahan, produk ini juga memiliki beberapa varian warna menarik yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi microphone untuk laptop yang telah kami rangkum khusus untuk Anda. Bagaimana menurut Anda?

Ada beragam kisaran harga yang dapat Anda pilih, mulai dari yang terjangkau hingga berkelas. Ada juga tipe microphone yang dapat dipilih berdasarkan arah asal suara yang diterimanya. Tentukanlah microphone yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berbelanja!