• 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)

Microphone awalnya merupakan alat yang secara profesional digunakan oleh DJ, penyiar, pengisi suara, dan semacamnya. Namun, belakangan ini alat tersebut juga banyak digunakan oleh pengguna umum. Alasannya dipicu oleh maraknya video yang beredar di internet atau rapat-rapat online menggunakan aplikasi Skype dan sebagainya.

Ada banyak jenis microphone, tetapi yang akan kami bahas saat ini adalah microphone untuk laptop. Kami akan jelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi microphone terbaik untuk laptop. Anda akan menemukan beragam microphone berkualitas dalam artikel ini. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 10.791 Views
Daftar isi

Cara memilih microphone untuk laptop

Microphone biasanya digunakan untuk menelepon dalam fitur chat, berkomunikasi antar pemain dalam game online, dan sebagainya. Microphone ini dirancang khusus untuk laptop sehingga tidak dapat digunakan seperti halnya microphone untuk grup musik. Namun, belakangan ini microphone laptop mengalami perkembangan sehingga dapat juga digunakan untuk merekam atau mengedit video musik digital.
Saat memilih microphone, Anda perlu mengetahui tipe terminalnya. Selain itu, Anda juga perlu mengecek arah penerimaan suaranya. Biasanya microphone untuk laptop mempunyai plug kecil yang dapat dihubungkan ke laptop. Sambungan ini dapat berupa jack audio port 3,5 mm atau berupa USB. Berikut akan kami jelaskan secara rinci untuk Anda.

Pilih berdasarkan tipe terminal

Pilih berdasarkan tipe terminal
Saat memilih microphone untuk laptop, cek terlebih dahulu tipe terminalnya. Anda akan menemukan produk yang terminalnya berupa jack audio port berukuran 3,5 mm. Bila kabelnya hanya satu, produk tersebut akan menangkap suara mono. Di sisi lain, produk yang kabelnya ada dua akan menangkap suara stereo. Selain itu, ada juga produk yang terminalnya berupa port USB. Produk seperti ini diklaim memiliki kualitas suara yang lebih baik. Sebelum memutuskan untuk membeli, kenali dahulu tipe terminalnya, ya!

Pilih berdasarkan arah penerimaan suara

Microphone adalah alat yang dapat menerima suara manusia dan benda lain di sekitarnya. Berdasarkan arah penerimaan suaranya, microphone dibagi menjadi dua. Pertama adalah unidirectional (penerimaan dari satu arah) dan kedua adalah omnidirectional (penerimaan dari banyak arah). Berikut akan kami jelaskan secara detail masing-masing jenisnya.

Unidirectional microphone, menerima suara hanya dari satu arah tertentu

Unidirectional microphone, menerima suara hanya dari satu arah tertentu
Unidirectional microphone adalah jenis microphone yang hanya dapat menerima suara dari satu arah tertentu saja. Biasanya jenis ini hanya bisa menerima suara dari arah depan. Oleh karena itu, microphone tipe ini tidak cocok untuk menerima suara dari banyak arah atau suara-suara di sekitar microphone. Contoh dari microphone satu arah adalah microphone yang biasa digunakan oleh pembawa acara dan penyanyi.

Omnidirectional microphone, menerima suara dari segala arah

Omnidirectional microphone, menerima suara dari segala arah
Omnidirectional microphone adalah microphone yang dirancang untuk dapat menerima suara-suara yang ada di sekeliling microphone. Sebagai contoh, microphone tipe ini cocok untuk merekam suara aliran air sungai atau suara anak-anak di dalam kelas. Namun, karakteristik tersebut membuat microphone ini dapat menerima semua suara yang ada di sekitarnya. Hasilnya, akan ada suara-suara yang tidak Anda inginkan yang juga ikut terekam (misalnya suara bising kendaraan).

10 Rekomendasi microphone terbaik untuk laptop

Sekarang, kami akan merekomendasikan microphone terbaik untuk laptop yang bisa Anda pilih berdasarkan poin-poin di atas. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Tipe terminalUSB
Arah penerimaan suaraOmnidirectional
Frekuensi100 Hz – 16 kHz

9. Ovleng Microphone M-400

Rp 77.000,00

Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraTidak disebutkan
FrekuensiTidak disebutkan
Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraTidak disebutkan
FrekuensiTidak disebutkan
Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraTidak disebutkan
Frekuensi100 Hz – 10 kHz

6. Stand Microphone Gaming with On/Off Switch

Rp 148.500,00

Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraOmnidirectional
Frekuensi100 Hz – 16 kHz
Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraTidak disebutkan
Frekuensi20 Hz – 20 kHz
Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraOmnidirectional
Frekuensi50 Hz – 16 kHz
Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraOmnidirectional
Frekuensi30 Hz – 16 kHz

2. Gaming Microphone with Smartphone Stand Base

Rp 275.000,00

Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraOmnidirectional
Frekuensi100 Hz – 20 kHz
Tipe terminalJack 3,5 mm
Arah penerimaan suaraUnidirectional
Frekuensi20 Hz – 20 kHz

Baca juga rekomendasi berbagai laptop dan aksesori laptop di sini

Tidak hanya microphone, kipas dan stand laptop juga fungsional untuk dimiliki. Selain itu, ada banyak jenis laptop, seperti laptop gaming, 2-in-1 laptop, berharga terjangkau, hingga laptop untuk mahasiswa rumpun sains. Mereknya pun beragam, misalnya Dell, HP, atau Asus. Ingin memperoleh produk terbaik? Silakan baca di sini!

Kesimpulan

Itulah rekomendasi microphone untuk laptop yang telah kami rangkum khusus untuk Anda. Bagaimana menurut Anda? Penting untuk mengecek terlebih dahulu tipe terminalnya saat Anda memilih microphone untuk laptop.
Selain itu, Anda juga perlu mengetahui arah penerimaan suaranya. Baik tipe unidirectional maupun omnidirectional memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan nikmati asyiknya mengobrol atau menyanyi dengan lawan bicara Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    75.482 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    44.373 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    58.632 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    54.139 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    35.379 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para gamer, laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit Anda di rumah atau di mana saja. Laptop gaming mempunyai kemampuan grafis yang tinggi sehingga disukai di antara para gamer dan video editor. Saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda!
    Komputer & kamera
    47.175 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak hanya digunakan untuk kamera digital atau video camera saja, SD Card juga bisa digunakan untuk ponsel karena dapat menyimpan musik atau data multimedia. Ada berbagai macam merek terkenal, seperti Toshiba, SanDisk, Transcend, dan sebagainya yang menawarkan berbagai macam pilihan SD Card. Mungkin Anda akan merasa bingung untuk menentukan mana yang paling pas untuk Anda.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih SD Card, serta memperkenalkan sepuluh SD Card terbaik untuk Anda. Mulai dari yang seimbang antara kapasitas dan harganya, sampai model high-grade berkecepatan tinggi. Selamat memilih!
    Komputer & kamera
    31.952 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori